HX8 saya skip dl om, ad pengalaman ga enak ama tuh merk sblom nyarendr wrote: Sun Jul 26, 2020 9:41Hx8 om... 5w30 meet Acea A3/B4.. means HTHS diatas 3.5...DOHC wrote: Sat Jul 25, 2020 14:29 perihal oli
malah saya lg cari oli 5-30 tp yg kekentalan nya jgn yg tralu encer sperti TQ9000 5-30 yg mirip2 buntut 20
lg pengen coba oli 5-30 yg rada "kentel", cuman blom tau merk apa
MB oil 5w30... Meet MB 229.51
Fastron gold 5w30...
Bmw 5w30 oil..
Kriteria2 "gendut" semua..
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
5W30 "kental" :
5W30 HTHS 3.5 utk bensin cari yg meet ACEA A3 / MB 229.x / BMW LL-01 or LL-04
si PTT Euro Syn 5W30 kalo tiap hari Jumat biasa ada diskon (BliBli official/ .......itu MB 229.xx
ada PAO nya juga
5W30 HTHS 3.5 utk bensin cari yg meet ACEA A3 / MB 229.x / BMW LL-01 or LL-04
si PTT Euro Syn 5W30 kalo tiap hari Jumat biasa ada diskon (BliBli official/ .......itu MB 229.xx
ada PAO nya juga
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
btw..
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..
buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..
buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 15:33 btw..
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..
buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??
apa bener mobilnya dibawa ke auto2000 dan olinya diganti?
NR series kan mintanya 0w20, kenapa dikasih 10w40?
kalo cuman sludge kerjain sendiri aja dirumah sambil buka SM buat panduan. gampang, sambil merem juga bisa.
kecuali mesin udah ngebul asap putih dari ujung knalpot...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.marmut wrote: Sun Jul 26, 2020 15:57ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 15:33 btw..
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..
buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??
apa bener mobilnya dibawa ke auto2000 dan olinya diganti?
NR series kan mintanya 0w20, kenapa dikasih 10w40?
kalo cuman sludge kerjain sendiri aja dirumah sambil buka SM buat panduan. gampang, sambil merem juga bisa.
kecuali mesin udah ngebul asap putih dari ujung knalpot...
ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.
ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
ujung knalpot keringSuryaputra wrote: Sun Jul 26, 2020 7:53ceejee wrote: Sun Jul 26, 2020 2:43 Ijin suhu-suhu, newb mau nanya nich, soanya belum ada yg bahas h miring. Hehehe. Kalo mesin theta 2, 2k cc, km 128, biasa pake TQ9000 5-30 sih, kalo udah 5000an agak berat. Kalo diturunin ke 0-20 worthit ga ya ? Apa tetep pake 5-30.
Sama satu lgi suhu2, kalo mesin baru diidupin ada bunyi tektektek emang gara2 oli nya apa gimana ya? Tapi kalo udah agak panas ilang sih.
kalo dimanual book ini sih om, 10/5w30 atau 5w20Suryaputra wrote: Sat Jul 25, 2020 12:27 di manual book, rekomen plg rendah viskositas brp om ?
w30 atau w20 ?
yess theta hyudai om. apa dinaikin aja om ya ke 10w30 ?DOHC wrote: Sat Jul 25, 2020 13:34 Mesin theta hyundai ??
Jgn pake oli tralu encer.. 5-30 ud mentok itu
Sila baca forum2 luar negeri, enjin ini punya piston centil, doyan goyang2 kiri kanan kl odo ud tinggi![]()
in my view.. gakda masalah.copper rod wrote: Sun Jul 26, 2020 6:40Tp umur mesin udah 12th tp km br skitar 75rban omSuryaputra wrote: Sat Jul 25, 2020 15:38
in my view; 0w20 ajah.
biar dalam keadaan dingin gak terlalu kental, jd cepat melumasi bagian dalam internal mesin.
toh klo mesin dah panas sama2 encer.
lbh encer dibanding ketika masih dingin.
amsoil OE 0w20 bagus.
atau klo budget ekonomis bs hajar PTT eco 0w20.
5w20 atau 0w20,
di suhu kerja mesin 90-100 derajat C, sama2 di buntut w20.
Oli makin mahal, makin stabil viskositas di operating temp.
Skrg pk oli amsoil high performance 5-30 dan jauh lbh enak dibandinh sblmnya pake TQ9000...
Tdnya kl dah waktunya ganti mau coba amsoil SS 5-30
Cm penasaran dan tergoda aja kl dipakein 0-20 gmn ya mengingat umur mesin udah tua
sikat lah 0w20
start mulai dari amsoil OE ajah dulu untuk daily usage.
ujung knalpot kering kan ?
radiator masih prima kan ?
jika oli sampai nguap, masalahnya ada di internal mesin nya.
bisa dari ring piston, kemampuan radiator dan radiator fan nya, dsb.
radiator masih prima om
Btw kl pake 0-20
Pengaruh ke tarikan dan konsumsi bensin gmn,lbh enteng n lbh irit atau sebaliknya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..marmut wrote: Sun Jul 26, 2020 15:57ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 15:33 btw..
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..
buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??
apa bener mobilnya dibawa ke auto2000 dan olinya diganti?
NR series kan mintanya 0w20, kenapa dikasih 10w40?
kalo cuman sludge kerjain sendiri aja dirumah sambil buka SM buat panduan. gampang, sambil merem juga bisa.
kecuali mesin udah ngebul asap putih dari ujung knalpot...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
lbh enteng mesinnya.copper rod wrote: Sun Jul 26, 2020 16:45ujung knalpot keringSuryaputra wrote: Sun Jul 26, 2020 7:53ceejee wrote: Sun Jul 26, 2020 2:43 Ijin suhu-suhu, newb mau nanya nich, soanya belum ada yg bahas h miring. Hehehe. Kalo mesin theta 2, 2k cc, km 128, biasa pake TQ9000 5-30 sih, kalo udah 5000an agak berat. Kalo diturunin ke 0-20 worthit ga ya ? Apa tetep pake 5-30.
Sama satu lgi suhu2, kalo mesin baru diidupin ada bunyi tektektek emang gara2 oli nya apa gimana ya? Tapi kalo udah agak panas ilang sih.
kalo dimanual book ini sih om, 10/5w30 atau 5w20
yess theta hyudai om. apa dinaikin aja om ya ke 10w30 ?![]()
in my view.. gakda masalah.copper rod wrote: Sun Jul 26, 2020 6:40
Tp umur mesin udah 12th tp km br skitar 75rban om
Skrg pk oli amsoil high performance 5-30 dan jauh lbh enak dibandinh sblmnya pake TQ9000...
Tdnya kl dah waktunya ganti mau coba amsoil SS 5-30
Cm penasaran dan tergoda aja kl dipakein 0-20 gmn ya mengingat umur mesin udah tua
sikat lah 0w20
start mulai dari amsoil OE ajah dulu untuk daily usage.
ujung knalpot kering kan ?
radiator masih prima kan ?
jika oli sampai nguap, masalahnya ada di internal mesin nya.
bisa dari ring piston, kemampuan radiator dan radiator fan nya, dsb.
radiator masih prima om
Btw kl pake 0-20
Pengaruh ke tarikan dan konsumsi bensin gmn,lbh enteng n lbh irit atau sebaliknya?
dan pelumasan optimal ketika cold start.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
nah ini yg ane pertanyakan om..yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..marmut wrote: Sun Jul 26, 2020 15:57ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 15:33 btw..
mobil harian kantor ane, avanza 1nr. KM 137rb.
selalu ganti oli 3-5rb KM, service always auto 2000 dan ga prnh telat, max 6 bulan psti service rutin.. selalu di pakein oli TMO 10w40..
buka cover mesin. full sludge, parah banget.
BeRes ksh pilihan turun stengah mesin atau coba flush
ada apa nih dgn TMO??
apa bener mobilnya dibawa ke auto2000 dan olinya diganti?
NR series kan mintanya 0w20, kenapa dikasih 10w40?
kalo cuman sludge kerjain sendiri aja dirumah sambil buka SM buat panduan. gampang, sambil merem juga bisa.
kecuali mesin udah ngebul asap putih dari ujung knalpot...
bahkan ada beberapa mobil dsni yg kena sludge, avanza mesin K3 jg ada yg kena.. smua pake 10w40. kebetulan mobil dinas ane kena prank jg, pemakaian normal banget.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 16:37
bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.
ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.
ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.
yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53
Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..
mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.
dari keterangan yang ada ;
1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan
secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Jun 05, 2015 6:28
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Yang nu engine bisa pakai oli 0w-20 atau tetap buntut 30?DOHC wrote: Sun Jul 26, 2020 12:02nu engine saya ga tau om
cuman yg theta 2, apalagi yg GDI santer ad kasus nya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Jun 05, 2015 6:28
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Bisa juga oli tidak diganti walaupun di notanya ada pembelian oli. Krn ada teman punya bengkel sering ditawarin TMO ama oknum beresmarmut wrote: Mon Jul 27, 2020 2:17ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 16:37
bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.
ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.
ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.
yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53
Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..
mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.
dari keterangan yang ada ;
1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan
secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Namanya juga BeRes. Suka membuat asumsi sendiri, Mobil "murah" dipakein oli yang murah juga ngga perlu yang mahal-mahal, pake oli murah juga bikin terlihat biaya service berkala nya jadi murah. Udah lumrah banget terjadi hal kayak gitu sih.marmut wrote: Mon Jul 27, 2020 2:17ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 16:37
bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.
ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.
ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.
yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53
Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..
mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.
dari keterangan yang ada ;
1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan
secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
Menurut saya sih ada itu sludge bukan murni karena TMO 10w-40 nya, tp ada faktor lain kayak yg om bilang. Kalo beneran tiap 3-5rb diganti sih rasanya lumayan bersirkulasi itu oli. Faktor utama ya gaya mengemudi sih yg bikin oli cepet 'jenuh'
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
anggaran GA/GS no limit disini mbah, berhub ini kantor perusahaan FMCG besar di indo jd transport wajib siaptempurmarmut wrote: Mon Jul 27, 2020 2:17ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 16:37
bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.
ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.
ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.
yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53
Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..
mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.
dari keterangan yang ada ;
1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan
secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
bkn menjelek2an BeRes, tp 1nz pribadi ane dlu jg di isi 10w40 pas baru, pas ane req baru di isi 5w30. HR15 ane dr baru di isi 10w40 jg dan BeRes ngelarang di isi w30, joss kan.. cuma BeRes M15A yg selalu ikutin buku manual..
ini ane lg usut sendiri..
ada data, pas ane dinas luar provinsi mobil pernah 2x telat ganti oli sampe KM 8rb dan 9rb lbh tp semua msh dibawah 6 bulan.
klo oli AC/DC keknya mustahil mbahh..
Last edited by ViPerRed on Mon Jul 27, 2020 4:18, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
nahh ini paling memungkinkan..c3sfandro wrote: Mon Jul 27, 2020 2:51Bisa juga oli tidak diganti walaupun di notanya ada pembelian oli. Krn ada teman punya bengkel sering ditawarin TMO ama oknum beresmarmut wrote: Mon Jul 27, 2020 2:17ViPerRed wrote: Sun Jul 26, 2020 16:37
bener, yakin ane service di BeRes, invoice dr dealer selalu ane cek juga. MoU di mari ketat bgt soalnya, no issue harusnya.
ntahh mbah, emg dr dealernya isiin oli ini.
puluhan unit 1NR dsni di isi 10w40 sama BeRes dari mobil msh baru beli. ane sih sebodo aja krn bkn aseet pribadi.
ane ga paham bersih2 sludge.
apa lg udh parah bgt itu mbah smpe full slugde bahkan ttup oli nya jg.. VVT isi nya full sludge juga.. barusan ane pake pp 217 KM, ada bau angus dari lobang isi oli nya.
yanuarra wrote: Sun Jul 26, 2020 16:53
Mbah emg bisa ya hanya krn minta 0w20 dituang 10w40 nyebabkan sludge parah? Apalagi historisnya selalu ganti di 3-5rb km. Servis di a2000 ya asumsinya dpt TMO asli. Aneh nggak sih mbah? Jujur ane pernah pake TMO 10w40 pemakean smpe >10rb km lebih/1 tahunan. Gak lama sempet dibuka jg yaaa no sludge tuh mbah...kbtulan seal dah rembes jd dibuka..mklum dah umur..wkwk. Yang kelihatan cuma varnish aja mbah. Nggak ada sludge..
mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.
dari keterangan yang ada ;
1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan
secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
krn prnh ada cerita jugaa dari tmn soal issue gini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Fix ini yg bagian urus mobil perush ga beres om, kasarannya bs jadi duitnya diambil dia ato ga di nota ketulis tmo tp diganti pake mesran misalnya om (kalo memang beneran ke beres ya, dan nota begituan bisa dibuat kl udah sekongkol), krn ga mungkin banget pake tmo 10w40 servisnya on time bs sludge begitu.ViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:06nahh ini paling memungkinkan..c3sfandro wrote: Mon Jul 27, 2020 2:51Bisa juga oli tidak diganti walaupun di notanya ada pembelian oli. Krn ada teman punya bengkel sering ditawarin TMO ama oknum beresmarmut wrote: Mon Jul 27, 2020 2:17
mungkin diisi 10w40 karena anggaran mepet atau ada faktor lain.
dari keterangan yang ada ;
1. oli asli
2. dikerjakan di bengkel resmi
3. jarak penggantian oli setiap 3-5rb KM atau maksimal 6 bulan
secara teori nggak akan ada masalah pakai SAE 10w40, paling cuma akselerasi lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros. tapi ya musti diusut lebih lanjut (kalau mau) kenapa bisa sampe jadi sludge.
karena umumnya sludge timbul karena :
1. jarak tempuh maksimal oli sudah terlampaui
2. bukan oli asli
3. gangguan di cooling system
4. gabungan dari semuanya
krn prnh ada cerita jugaa dari tmn soal issue gini
Saya pake innova bensin 2010 dr baru pake oli sama dan kdg gantinya sktr 7-8rb km (di kertu servis tiap 5rb km) daleman masih bener2 kinclong kl buka tutup pengisian oli. Skrg km 153rb
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
klo internal dijamin aman omrudyzanetti wrote: Mon Jul 27, 2020 2:57 Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena
ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
gini aja...sampling dari mobil2 yg barusan servis...warna oli kl mobil bensin mestinya ttp bening pas abis ganti oli walaupun udh jalan bbrp kmViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:16klo internal dijamin aman omrudyzanetti wrote: Mon Jul 27, 2020 2:57 Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena
ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
itu di dipstick warna apa...
satu lagi ambil oli dari mobil yang akan servis...bawa ke lab...tar kan ketahuan parameter2nya cocok ga dgn oli yg dipakai 5rb km..suhu di sini siap bacain koq
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
but its ok om..erwinign wrote: Mon Jul 27, 2020 4:13Fix ini yg bagian urus mobil perush ga beres om, kasarannya bs jadi duitnya diambil dia ato ga di nota ketulis tmo tp diganti pake mesran misalnya om (kalo memang beneran ke beres ya, dan nota begituan bisa dibuat kl udah sekongkol), krn ga mungkin banget pake tmo 10w40 servisnya on time bs sludge begitu.
Saya pake innova bensin 2010 dr baru pake oli sama dan kdg gantinya sktr 7-8rb km (di kertu servis tiap 5rb km) daleman masih bener2 kinclong kl buka tutup pengisian oli. Skrg km 153rb
terkait jawaban mbah2 dsni, spertinya no issue di kualitas oli yaa.. mgkn ada faktor X yg harus di cari tau.
btw.. suzuki aerio ane dulu pas kuliah
ane isiin 15w40.. klo ga ada duit di isi mesran API SG.
50rb KM an ane lakuin begitu..
turun mesin di 101rb krn mobil di pake temen tanpa air radiator, liat jeroan. bersih. wkwkwk..
Last edited by ViPerRed on Mon Jul 27, 2020 4:34, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
oke om terima kasih sarannya..MSU wrote: Mon Jul 27, 2020 4:23gini aja...sampling dari mobil2 yg barusan servis...warna oli kl mobil bensin mestinya ttp bening pas abis ganti oli walaupun udh jalan bbrp kmViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:16klo internal dijamin aman omrudyzanetti wrote: Mon Jul 27, 2020 2:57 Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena
ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
itu di dipstick warna apa...
satu lagi ambil oli dari mobil yang akan servis...bawa ke lab...tar kan ketahuan parameter2nya cocok ga dgn oli yg dipakai 5rb km..suhu di sini siap bacain koq
krn spt nya kualitas oli no issue ya.
klo dibawa ke lab, ane kyknya jgn deh
krn biaya di tanggung ane pastinya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
menurut saya...kalo servis udh sesuai panduan, di beres pula tp ditemukan sludge..ViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:32oke om terima kasih sarannya..MSU wrote: Mon Jul 27, 2020 4:23gini aja...sampling dari mobil2 yg barusan servis...warna oli kl mobil bensin mestinya ttp bening pas abis ganti oli walaupun udh jalan bbrp kmViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:16
klo internal dijamin aman om
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena
ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
itu di dipstick warna apa...
satu lagi ambil oli dari mobil yang akan servis...bawa ke lab...tar kan ketahuan parameter2nya cocok ga dgn oli yg dipakai 5rb km..suhu di sini siap bacain koq
krn spt nya kualitas oli no issue ya.
klo dibawa ke lab, ane kyknya jgn deh
krn biaya di tanggung ane pastinya..
bisakah minta TAM juga turun tangan? karena mgkn ada cacat di engine...
kayaknya sy hampir ga pernah dengar NR engine nge-sludge
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Saya kalo K3 malah pernah sludge di km 200 ribuan, cuma belum parah pakein oli bagus ilang.ViPerRed wrote:klo internal dijamin aman omrudyzanetti wrote: Mon Jul 27, 2020 2:57 Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena
ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
Kalo NR belum pernah sih, ada yang 179 ribu dan ada yang 96 ribu. Tapi yang NR udah beli oli sendiri sih ga pernah pakai oli beres.
Kalo Om rawatan beres terus dan oli dari beres terus coba klaim aja kenapa gitu bisa sludge
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
harusnya bisa omMSU wrote: Mon Jul 27, 2020 4:40menurut saya...kalo servis udh sesuai panduan, di beres pula tp ditemukan sludge..ViPerRed wrote: Mon Jul 27, 2020 4:32oke om terima kasih sarannya..MSU wrote: Mon Jul 27, 2020 4:23
gini aja...sampling dari mobil2 yg barusan servis...warna oli kl mobil bensin mestinya ttp bening pas abis ganti oli walaupun udh jalan bbrp km
itu di dipstick warna apa...
satu lagi ambil oli dari mobil yang akan servis...bawa ke lab...tar kan ketahuan parameter2nya cocok ga dgn oli yg dipakai 5rb km..suhu di sini siap bacain koq
krn spt nya kualitas oli no issue ya.
klo dibawa ke lab, ane kyknya jgn deh
krn biaya di tanggung ane pastinya..
bisakah minta TAM juga turun tangan? karena mgkn ada cacat di engine...
kayaknya sy hampir ga pernah dengar NR engine nge-sludge
ane mau ada wacana buka cover semua mobil station
sekaian ganti seal atas. klo cuma 2-3 yg sludge, ane asumsiin lg kena sial, cacat mesin, human error dll.. klo byk yg sludge mgkn prlu tindakan lebih lanjut.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
asumsi sementara karena interval prnh lewat 5rbiwansiagian wrote: Mon Jul 27, 2020 5:32Saya kalo K3 malah pernah sludge di km 200 ribuan, cuma belum parah pakein oli bagus ilang.ViPerRed wrote:klo internal dijamin aman omrudyzanetti wrote: Mon Jul 27, 2020 2:57 Sejelek2nya oli murah asal original apalagi ganti 3rb-5rb km, kayaknya ga bakal segitu gampangnya bikin sludge.
Apalagi untuk ukuran avanza kantor , 137rb km itu masih "muda".
Coba itu di audit dl yg ngurusin masalah servis mobilnya. Hehe.
ane yg handle lgsg ke BeRes soalnya.
ada K3 2014 dsni yg odo 310rb, buka cover. no sludge
malah NR muda yg kena
ada 1 K3 yg sludge jg parah, metal malah udh kena, mkan oli banyak. lg siap2 turun mesin di BeRes estimasi 20jt.
Kalo NR belum pernah sih, ada yang 179 ribu dan ada yang 96 ribu. Tapi yang NR udah beli oli sendiri sih ga pernah pakai oli beres.
Kalo Om rawatan beres terus dan oli dari beres terus coba klaim aja kenapa gitu bisa sludge
pdhl cm 2x lwat. ganti oli di 8rb dan 9rb, dan ini di bawah 6 bulan.. harusnya msh aman kan ya..