Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by blloewy »

Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung :big_biglaugh:
nubie in all things - still need to learn
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ViPerRed »

blloewy wrote: Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung :big_biglaugh:
itu fan apa sales mbah?
klo org lain buat kesimpulan tanpa data, yo wes tinggal aja

biasanya klo ga sales, bocah, ato org tua yg sering baca artikel2 yg ga ada kredibilitas.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26964
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

blloewy wrote: Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung :big_biglaugh:
Sini fan base nya suru samperin saya

Ta adu lawan the mighty DGO :big_smoking:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Spies »

blloewy wrote: Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung :big_biglaugh:
5w40 kerang hx7 bukan mbah? :big_think:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

FYI

seluruh outlet Giant akan tutup di July 2021

siapa tahu ada oli2 yg di Fire sale ama mrk ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

blloewy wrote:Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung :big_biglaugh:
suru test bandingin aja ama

Shell Astra 5W30 / HX8 - 5W30

Grin :D
* Bukan ajakan Beli *
bryanguppiez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by bryanguppiez »

blloewy wrote: Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung :big_biglaugh:
hx7 bukan mbah? kyk liat di grup fb kmrn
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2924
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

blloewy wrote: Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung :big_biglaugh:
Hehe namanya fans garis keras ya gitu...

Dulu d kuskus n disini pernah aktif bentar tp ga tahan ama komen2 pedas di mari, namanya curry30u* kalau ada yg jelekin pertamina fastron lgsg sewot... Terus sempet jd fans garis keras liquimoly molygen atau shell apa ya, ada yg komen miring, sewot lg... si om turbo bahas ptt d kuskus, lgsg mencak2 bilang om turbo sales ptt :big_biglaugh:

Anw, balik lg masalah shell. Cobain yg Ultra deh um, saya lg pake SHU ultra 0w-20 api SN biasa sih ya oke2 aja ya ga kek saudaranya si HX-8. Ngeliat UOA ni ultra 0w20 di oilclub.ru tbn rerata >2.5 pas sentuh 9-10k KM.

Kalau yg api sn+ sih harganya ngajak gelut memang.. :big_biglaugh:
Image
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by blloewy »

josomba wrote: Wed May 26, 2021 12:25 Hehe namanya fans garis keras ya gitu...

Dulu d kuskus n disini pernah aktif bentar tp ga tahan ama komen2 pedas di mari, namanya curry30u* kalau ada yg jelekin pertamina fastron lgsg sewot... Terus sempet jd fans garis keras liquimoly molygen atau shell apa ya, ada yg komen miring, sewot lg... si om turbo bahas ptt d kuskus, lgsg mencak2 bilang om turbo sales ptt :big_biglaugh:

Anw, balik lg masalah shell. Cobain yg Ultra deh um, saya lg pake SHU ultra 0w-20 api SN biasa sih ya oke2 aja ya ga kek saudaranya si HX-8. Ngeliat UOA ni ultra 0w20 di oilclub.ru tbn rerata >2.5 pas sentuh 9-10k KM.

Kalau yg api sn+ sih harganya ngajak gelut memang.. :big_biglaugh:
kayanya saya pernah liat itu id di kuskus :big_grin:
problemnya Shell yg disini blending marunda kl ngga salah ya? :weekk:
tp liat harganya mendingan ke si Anu sekalian dah atau TQ9000 aja msh lbh ramah di kantong u 6 bulanan aja :big_grin:

Btw...ini thread kagak dilock gegara ngomongin si Anu kayanya :big_biglaugh:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

Barang unik

spt nya menarik

spt nya bukan buatan Marunda, krn Marunda dulu bikinnya HX8 - 0W20

CMIIW

Beli SHELL HELIX ULTRA 0W20 1LT
https://tokopedia.link/d7RBuPc1ygb di toko Cakra Motor 11 Rp145.000
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

Buat yg mau ganti oli pake 0W20 harga ekonomis & "suasana berbeda"....

Oli ini di USA review & testi nya segambreng (BITOG & forum2 lain)......akankah versi Indo nya sebaik versi USA nya ?

yg di USA buatan USA & Belanda

yg Indo buatan Sing

eniwei ini barang Distrib resmi

Beli OLI MESIN 0W20 VALVOLINE SYN POWER
https://tokopedia.link/GHikkAtHzgb di toko td motor Rp89.500


* Bukan ajakan Beli *
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2924
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

blloewy wrote: Wed May 26, 2021 12:53
josomba wrote: Wed May 26, 2021 12:25 Hehe namanya fans garis keras ya gitu...

Dulu d kuskus n disini pernah aktif bentar tp ga tahan ama komen2 pedas di mari, namanya curry30u* kalau ada yg jelekin pertamina fastron lgsg sewot... Terus sempet jd fans garis keras liquimoly molygen atau shell apa ya, ada yg komen miring, sewot lg... si om turbo bahas ptt d kuskus, lgsg mencak2 bilang om turbo sales ptt :big_biglaugh:

Anw, balik lg masalah shell. Cobain yg Ultra deh um, saya lg pake SHU ultra 0w-20 api SN biasa sih ya oke2 aja ya ga kek saudaranya si HX-8. Ngeliat UOA ni ultra 0w20 di oilclub.ru tbn rerata >2.5 pas sentuh 9-10k KM.

Kalau yg api sn+ sih harganya ngajak gelut memang.. :big_biglaugh:
kayanya saya pernah liat itu id di kuskus :big_grin:
problemnya Shell yg disini blending marunda kl ngga salah ya? :weekk:
tp liat harganya mendingan ke si Anu sekalian dah atau TQ9000 aja msh lbh ramah di kantong u 6 bulanan aja :big_grin:

Btw...ini thread kagak dilock gegara ngomongin si Anu kayanya :big_biglaugh:
Hehehehe sedikit banyak pernah lihat kan manusia yg dimaksud?
:big_weee:

Nahh om turbo d atas share link tempat saya beli ntuh. Khusus yg d link ntuh masi made in Yu Es Ei
Screenshot_20210526-210642_Gallery.jpg
Saya punya dapet produksi 2018, yah masih 3 tahun dah, aman. Wkwk.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9900
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

klo shell ultra emg bukan made in marunda.

macam2 ada yg dr thai, hongkong dan impor lah
tergantung importirnya suka2 dia mau dr mana

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9900
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

josomba wrote: Wed May 26, 2021 14:07
blloewy wrote: Wed May 26, 2021 12:53
josomba wrote: Wed May 26, 2021 12:25 Hehe namanya fans garis keras ya gitu...

Dulu d kuskus n disini pernah aktif bentar tp ga tahan ama komen2 pedas di mari, namanya curry30u* kalau ada yg jelekin pertamina fastron lgsg sewot... Terus sempet jd fans garis keras liquimoly molygen atau shell apa ya, ada yg komen miring, sewot lg... si om turbo bahas ptt d kuskus, lgsg mencak2 bilang om turbo sales ptt :big_biglaugh:

Anw, balik lg masalah shell. Cobain yg Ultra deh um, saya lg pake SHU ultra 0w-20 api SN biasa sih ya oke2 aja ya ga kek saudaranya si HX-8. Ngeliat UOA ni ultra 0w20 di oilclub.ru tbn rerata >2.5 pas sentuh 9-10k KM.

Kalau yg api sn+ sih harganya ngajak gelut memang.. :big_biglaugh:
kayanya saya pernah liat itu id di kuskus :big_grin:
problemnya Shell yg disini blending marunda kl ngga salah ya? :weekk:
tp liat harganya mendingan ke si Anu sekalian dah atau TQ9000 aja msh lbh ramah di kantong u 6 bulanan aja :big_grin:

Btw...ini thread kagak dilock gegara ngomongin si Anu kayanya :big_biglaugh:
Hehehehe sedikit banyak pernah lihat kan manusia yg dimaksud?
:big_weee:

Nahh om turbo d atas share link tempat saya beli ntuh. Khusus yg d link ntuh masi made in Yu Es Ei

Screenshot_20210526-210642_Gallery.jpg
Saya punya dapet produksi 2018, yah masih 3 tahun dah, aman. Wkwk.
_____________

noh ditulis.
expiration date = 4 years from mfd date :big_weee:

asumsikan shell nakut2in biar beli oli baru, plus 1-2 thn.
jd 5-6 thn lahh jd oli basi.

ambil aman aja :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1536
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by MSU »

blloewy wrote: Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung :big_biglaugh:
oli mesin jaman sekarang bukannya selalu dual purpose ya om..
selalu saya liat api service-nya Sx / Cx...ga ada yang Sx doank..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9900
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

MSU wrote: Thu May 27, 2021 0:05
blloewy wrote: Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung :big_biglaugh:
oli mesin jaman sekarang bukannya selalu dual purpose ya om..
selalu saya liat api service-nya Sx / Cx...ga ada yang Sx doank..
gak semua.
bnyk jg oli spesifik khusus mesin diesel atau bensin.
dan populasinya makin bnyk.

apalagi klo mesinnya diesel atau bensin turbo,
itu khusus hrs pake oli mesin bensin atau diesel turbo.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
koboiy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Feb 08, 2017 2:58
Location: jogja
Daily Vehicle: be er pe X be at

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by koboiy »

om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.

kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali

apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.

kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.

saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN

makasih
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9900
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.

kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali

apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.

kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.

saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN

makasih
cb cek timing pengapiannya om, di bengkel rekomen temen2 sini

setelah itu ganti pk PTT Eco 0w20 dulu.
ganti 6 bln or 5rb km.

oli api sn+ atau api sp, pk buat mesin bensin biasa?
ya bagus mbah.
proteksi lbh baik...

sesekali biasakan pedal to carpet, bagus buat buang kerak karbon dan bikin mesin tetap lbh bersih.
berkendara gaya eco (nyiksa diri) terbukti membuat endapan carbon lbh banyak.
Last edited by Suryaputra on Thu May 27, 2021 3:13, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.

kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali

apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.

kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.

saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN

makasih
- terakhir/saat ini pakai oli apa om?
- stelan busi gimana?
- sudah cobs tune up+carbon clean?
- keadaan filter udara gimana?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11101
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.

kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali

apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.

kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.

saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN

makasih

transmisi manual?
coba cara mengemudinya diperbaiki.
itu mesin twincam, dan mesin twincam di desain untuk RPM tinggi. kalau seneng main RPM bawah, ganti mesin disel.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9900
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Thu May 27, 2021 3:00
koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.

kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali

apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.

kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.

saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN

makasih

transmisi manual?
coba cara mengemudinya diperbaiki.
itu mesin twincam, dan mesin twincam di desain untuk RPM tinggi. kalau seneng main RPM bawah, ganti mesin disel.
nah ini nih.. nyetir gaya eco ini nyiksa mesin emang :big_biglaugh:
nyiksa diri jg.

irit gak seberapa. tp mesin ngumpulin kerak ocarbon
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1536
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Thu May 27, 2021 0:58
MSU wrote: Thu May 27, 2021 0:05
blloewy wrote: Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung :big_biglaugh:
oli mesin jaman sekarang bukannya selalu dual purpose ya om..
selalu saya liat api service-nya Sx / Cx...ga ada yang Sx doank..
gak semua.
bnyk jg oli spesifik khusus mesin diesel atau bensin.
dan populasinya makin bnyk.

apalagi klo mesinnya diesel atau bensin turbo,
itu khusus hrs pake oli mesin bensin atau diesel turbo.
om...pls sebut contohnya..sy baru tau..
menarik ini
koboiy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Feb 08, 2017 2:58
Location: jogja
Daily Vehicle: be er pe X be at

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by koboiy »

marmut wrote: Thu May 27, 2021 3:00
koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.

kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali

apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.

kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.

saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN

makasih

transmisi manual?
coba cara mengemudinya diperbaiki.
itu mesin twincam, dan mesin twincam di desain untuk RPM tinggi. kalau seneng main RPM bawah, ganti mesin disel.
matik om, ganti giginya metik di sekitaran 1800 trus drop ngelitik.
sekarang pake shell lcgc 0w-20
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by iwansiagian »

koboiy wrote:
marmut wrote: Thu May 27, 2021 3:00
koboiy wrote: Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.

kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali

apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.

kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.

saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN

makasih

transmisi manual?
coba cara mengemudinya diperbaiki.
itu mesin twincam, dan mesin twincam di desain untuk RPM tinggi. kalau seneng main RPM bawah, ganti mesin disel.
matik om, ganti giginya metik di sekitaran 1800 trus drop ngelitik.
sekarang pake shell lcgc 0w-20
Coba ganti dulu om oli yang agak bagusan jangan yang eco eco, apalagi agak aneh sih baru 8k km udah ngelitik, plus pake partamax n Turbo masih ngelitik juga.

Kalo masih ngelitik juga walau udah pake BBM pertamax dan Turbo dan oli yang 0-20 yang bagus, coba klaim ke beres siapa tau ECU error.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11101
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

koboiy wrote: Thu May 27, 2021 3:46
matik om, ganti giginya metik di sekitaran 1800 trus drop ngelitik.
sekarang pake shell lcgc 0w-20

coba kondisi mesin secara keseluruhan diperiksa dulu.