Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1925
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
itu fan apa sales mbah?blloewy wrote: ↑Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
klo org lain buat kesimpulan tanpa data, yo wes tinggal aja
biasanya klo ga sales, bocah, ato org tua yg sering baca artikel2 yg ga ada kredibilitas.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26964
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Sini fan base nya suru samperin sayablloewy wrote: ↑Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
Ta adu lawan the mighty DGO
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
5w40 kerang hx7 bukan mbah?blloewy wrote: ↑Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
-
- SM Specialist
- Posts: 22042
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
FYI
seluruh outlet Giant akan tutup di July 2021
siapa tahu ada oli2 yg di Fire sale ama mrk ?
seluruh outlet Giant akan tutup di July 2021
siapa tahu ada oli2 yg di Fire sale ama mrk ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22042
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
suru test bandingin aja amablloewy wrote:Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
Shell Astra 5W30 / HX8 - 5W30
Grin
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Vario
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
hx7 bukan mbah? kyk liat di grup fb kmrnblloewy wrote: ↑Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2924
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Hehe namanya fans garis keras ya gitu...blloewy wrote: ↑Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
Dulu d kuskus n disini pernah aktif bentar tp ga tahan ama komen2 pedas di mari, namanya curry30u* kalau ada yg jelekin pertamina fastron lgsg sewot... Terus sempet jd fans garis keras liquimoly molygen atau shell apa ya, ada yg komen miring, sewot lg... si om turbo bahas ptt d kuskus, lgsg mencak2 bilang om turbo sales ptt
Anw, balik lg masalah shell. Cobain yg Ultra deh um, saya lg pake SHU ultra 0w-20 api SN biasa sih ya oke2 aja ya ga kek saudaranya si HX-8. Ngeliat UOA ni ultra 0w20 di oilclub.ru tbn rerata >2.5 pas sentuh 9-10k KM.
Kalau yg api sn+ sih harganya ngajak gelut memang..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1925
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
kayanya saya pernah liat itu id di kuskusjosomba wrote: ↑Wed May 26, 2021 12:25 Hehe namanya fans garis keras ya gitu...
Dulu d kuskus n disini pernah aktif bentar tp ga tahan ama komen2 pedas di mari, namanya curry30u* kalau ada yg jelekin pertamina fastron lgsg sewot... Terus sempet jd fans garis keras liquimoly molygen atau shell apa ya, ada yg komen miring, sewot lg... si om turbo bahas ptt d kuskus, lgsg mencak2 bilang om turbo sales ptt
Anw, balik lg masalah shell. Cobain yg Ultra deh um, saya lg pake SHU ultra 0w-20 api SN biasa sih ya oke2 aja ya ga kek saudaranya si HX-8. Ngeliat UOA ni ultra 0w20 di oilclub.ru tbn rerata >2.5 pas sentuh 9-10k KM.
Kalau yg api sn+ sih harganya ngajak gelut memang..
problemnya Shell yg disini blending marunda kl ngga salah ya?
tp liat harganya mendingan ke si Anu sekalian dah atau TQ9000 aja msh lbh ramah di kantong u 6 bulanan aja
Btw...ini thread kagak dilock gegara ngomongin si Anu kayanya
nubie in all things - still need to learn
-
- SM Specialist
- Posts: 22042
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Barang unik
spt nya menarik
spt nya bukan buatan Marunda, krn Marunda dulu bikinnya HX8 - 0W20
CMIIW
Beli SHELL HELIX ULTRA 0W20 1LT
https://tokopedia.link/d7RBuPc1ygb di toko Cakra Motor 11 Rp145.000
spt nya menarik
spt nya bukan buatan Marunda, krn Marunda dulu bikinnya HX8 - 0W20
CMIIW
Beli SHELL HELIX ULTRA 0W20 1LT
https://tokopedia.link/d7RBuPc1ygb di toko Cakra Motor 11 Rp145.000
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22042
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Buat yg mau ganti oli pake 0W20 harga ekonomis & "suasana berbeda"....
Oli ini di USA review & testi nya segambreng (BITOG & forum2 lain)......akankah versi Indo nya sebaik versi USA nya ?
yg di USA buatan USA & Belanda
yg Indo buatan Sing
eniwei ini barang Distrib resmi
Beli OLI MESIN 0W20 VALVOLINE SYN POWER
https://tokopedia.link/GHikkAtHzgb di toko td motor Rp89.500
Oli ini di USA review & testi nya segambreng (BITOG & forum2 lain)......akankah versi Indo nya sebaik versi USA nya ?
yg di USA buatan USA & Belanda
yg Indo buatan Sing
eniwei ini barang Distrib resmi
Beli OLI MESIN 0W20 VALVOLINE SYN POWER
https://tokopedia.link/GHikkAtHzgb di toko td motor Rp89.500
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2924
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Hehehehe sedikit banyak pernah lihat kan manusia yg dimaksud?blloewy wrote: ↑Wed May 26, 2021 12:53kayanya saya pernah liat itu id di kuskusjosomba wrote: ↑Wed May 26, 2021 12:25 Hehe namanya fans garis keras ya gitu...
Dulu d kuskus n disini pernah aktif bentar tp ga tahan ama komen2 pedas di mari, namanya curry30u* kalau ada yg jelekin pertamina fastron lgsg sewot... Terus sempet jd fans garis keras liquimoly molygen atau shell apa ya, ada yg komen miring, sewot lg... si om turbo bahas ptt d kuskus, lgsg mencak2 bilang om turbo sales ptt
Anw, balik lg masalah shell. Cobain yg Ultra deh um, saya lg pake SHU ultra 0w-20 api SN biasa sih ya oke2 aja ya ga kek saudaranya si HX-8. Ngeliat UOA ni ultra 0w20 di oilclub.ru tbn rerata >2.5 pas sentuh 9-10k KM.
Kalau yg api sn+ sih harganya ngajak gelut memang..
problemnya Shell yg disini blending marunda kl ngga salah ya?
tp liat harganya mendingan ke si Anu sekalian dah atau TQ9000 aja msh lbh ramah di kantong u 6 bulanan aja
Btw...ini thread kagak dilock gegara ngomongin si Anu kayanya
Nahh om turbo d atas share link tempat saya beli ntuh. Khusus yg d link ntuh masi made in Yu Es Ei
Saya punya dapet produksi 2018, yah masih 3 tahun dah, aman. Wkwk.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9900
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
klo shell ultra emg bukan made in marunda.
macam2 ada yg dr thai, hongkong dan impor lah
tergantung importirnya suka2 dia mau dr mana
macam2 ada yg dr thai, hongkong dan impor lah
tergantung importirnya suka2 dia mau dr mana
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9900
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
_____________josomba wrote: ↑Wed May 26, 2021 14:07Hehehehe sedikit banyak pernah lihat kan manusia yg dimaksud?blloewy wrote: ↑Wed May 26, 2021 12:53kayanya saya pernah liat itu id di kuskusjosomba wrote: ↑Wed May 26, 2021 12:25 Hehe namanya fans garis keras ya gitu...
Dulu d kuskus n disini pernah aktif bentar tp ga tahan ama komen2 pedas di mari, namanya curry30u* kalau ada yg jelekin pertamina fastron lgsg sewot... Terus sempet jd fans garis keras liquimoly molygen atau shell apa ya, ada yg komen miring, sewot lg... si om turbo bahas ptt d kuskus, lgsg mencak2 bilang om turbo sales ptt
Anw, balik lg masalah shell. Cobain yg Ultra deh um, saya lg pake SHU ultra 0w-20 api SN biasa sih ya oke2 aja ya ga kek saudaranya si HX-8. Ngeliat UOA ni ultra 0w20 di oilclub.ru tbn rerata >2.5 pas sentuh 9-10k KM.
Kalau yg api sn+ sih harganya ngajak gelut memang..
problemnya Shell yg disini blending marunda kl ngga salah ya?
tp liat harganya mendingan ke si Anu sekalian dah atau TQ9000 aja msh lbh ramah di kantong u 6 bulanan aja
Btw...ini thread kagak dilock gegara ngomongin si Anu kayanya
Nahh om turbo d atas share link tempat saya beli ntuh. Khusus yg d link ntuh masi made in Yu Es Ei
Screenshot_20210526-210642_Gallery.jpg
Saya punya dapet produksi 2018, yah masih 3 tahun dah, aman. Wkwk.
noh ditulis.
expiration date = 4 years from mfd date
asumsikan shell nakut2in biar beli oli baru, plus 1-2 thn.
jd 5-6 thn lahh jd oli basi.
ambil aman aja
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1536
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
oli mesin jaman sekarang bukannya selalu dual purpose ya om..blloewy wrote: ↑Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
selalu saya liat api service-nya Sx / Cx...ga ada yang Sx doank..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9900
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
gak semua.MSU wrote: ↑Thu May 27, 2021 0:05oli mesin jaman sekarang bukannya selalu dual purpose ya om..blloewy wrote: ↑Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
selalu saya liat api service-nya Sx / Cx...ga ada yang Sx doank..
bnyk jg oli spesifik khusus mesin diesel atau bensin.
dan populasinya makin bnyk.
apalagi klo mesinnya diesel atau bensin turbo,
itu khusus hrs pake oli mesin bensin atau diesel turbo.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Wed Feb 08, 2017 2:58
- Location: jogja
- Daily Vehicle: be er pe X be at
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9900
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
cb cek timing pengapiannya om, di bengkel rekomen temen2 sinikoboiy wrote: ↑Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
setelah itu ganti pk PTT Eco 0w20 dulu.
ganti 6 bln or 5rb km.
oli api sn+ atau api sp, pk buat mesin bensin biasa?
ya bagus mbah.
proteksi lbh baik...
sesekali biasakan pedal to carpet, bagus buat buang kerak karbon dan bikin mesin tetap lbh bersih.
berkendara gaya eco (nyiksa diri) terbukti membuat endapan carbon lbh banyak.
Last edited by Suryaputra on Thu May 27, 2021 3:13, edited 2 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
- terakhir/saat ini pakai oli apa om?koboiy wrote: ↑Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
- stelan busi gimana?
- sudah cobs tune up+carbon clean?
- keadaan filter udara gimana?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11101
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
koboiy wrote: ↑Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
transmisi manual?
coba cara mengemudinya diperbaiki.
itu mesin twincam, dan mesin twincam di desain untuk RPM tinggi. kalau seneng main RPM bawah, ganti mesin disel.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9900
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
nah ini nih.. nyetir gaya eco ini nyiksa mesin emangmarmut wrote: ↑Thu May 27, 2021 3:00koboiy wrote: ↑Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
transmisi manual?
coba cara mengemudinya diperbaiki.
itu mesin twincam, dan mesin twincam di desain untuk RPM tinggi. kalau seneng main RPM bawah, ganti mesin disel.
nyiksa diri jg.
irit gak seberapa. tp mesin ngumpulin kerak ocarbon
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1536
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
om...pls sebut contohnya..sy baru tau..Suryaputra wrote: ↑Thu May 27, 2021 0:58gak semua.MSU wrote: ↑Thu May 27, 2021 0:05oli mesin jaman sekarang bukannya selalu dual purpose ya om..blloewy wrote: ↑Wed May 26, 2021 0:31 Hbs ketemu fan base kerang.
Ngeyel banget euy....
Padahal temen saya cm nanya knp lipindutnya lbh berat tarikannya setelah ganti kerang 5W-40 yg dual engine (diesel and bensin).
Saya jawab aja krn itu olinya kekentelan soalnya bisa dipakai di mesin bensin dan diesel.
Krn sdh terlanjur tuang ya pake aja ntar juga mendingan setelah jalan 2000-3000 km.
Kl kapok ya ganti aja berikurnya jgn pake itu...
Datanglah fan base kerang dari temen saya itu yg ngotot itu HOAX dan oli kerang itu ngga ada yg buat tarikan berat.
Ditanya datanya mana dan bla bla bla...
Yo wes tak tinggal pergi aja lah....sembari tak suruh cari PDS nya dan bandingkan viskositasnya ama oli khusus bensin di 5W-40.
Temen yg pake oli kerang kentel tadi pun makin bingung
selalu saya liat api service-nya Sx / Cx...ga ada yang Sx doank..
bnyk jg oli spesifik khusus mesin diesel atau bensin.
dan populasinya makin bnyk.
apalagi klo mesinnya diesel atau bensin turbo,
itu khusus hrs pake oli mesin bensin atau diesel turbo.
menarik ini
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Wed Feb 08, 2017 2:58
- Location: jogja
- Daily Vehicle: be er pe X be at
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
matik om, ganti giginya metik di sekitaran 1800 trus drop ngelitik.marmut wrote: ↑Thu May 27, 2021 3:00koboiy wrote: ↑Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
transmisi manual?
coba cara mengemudinya diperbaiki.
itu mesin twincam, dan mesin twincam di desain untuk RPM tinggi. kalau seneng main RPM bawah, ganti mesin disel.
sekarang pake shell lcgc 0w-20
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Coba ganti dulu om oli yang agak bagusan jangan yang eco eco, apalagi agak aneh sih baru 8k km udah ngelitik, plus pake partamax n Turbo masih ngelitik juga.koboiy wrote:matik om, ganti giginya metik di sekitaran 1800 trus drop ngelitik.marmut wrote: ↑Thu May 27, 2021 3:00koboiy wrote: ↑Thu May 27, 2021 1:15 om mohon rekomendasi oli untuk ayla 1200 AT, mesin setara calsig.
kilometer baru 8000 ngelitik for life di rpm dibawah 1500 berasa bawa lipina, mo pake bbm pertamax , pertamax turbo atopun pertalite sama aja ngelitik ga berkurang sama sekali
apa ada hubungan kualitas oli dengan ngelitik? kali aja ada om2 yang bisa share pengalaman.
kalo di buku manual ditulis ngelitik emang wajar, cuman berasa di kuping sama di ati ga sreg. biasa bawa inova mo isi premium juga ga ngelitik.
saya baca API SN+ sama api SP bisa ngilangin LSPI , tapi ditulis untuk mesin turbo, kalo mesin NA jelata kaya 3NR ngaruh apa engga dikasih oli api SN+ / SP. secara oli bawaan beres cuman daihatsu genuine 0w-20 API SN
makasih
transmisi manual?
coba cara mengemudinya diperbaiki.
itu mesin twincam, dan mesin twincam di desain untuk RPM tinggi. kalau seneng main RPM bawah, ganti mesin disel.
sekarang pake shell lcgc 0w-20
Kalo masih ngelitik juga walau udah pake BBM pertamax dan Turbo dan oli yang 0-20 yang bagus, coba klaim ke beres siapa tau ECU error.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11101
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan