[Review] Mazda2 AT 2015

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by FRD »

Ada yg bawa2 berat badan dimarih :big_smoking:
















Ahh untungnya ane ga ikut TD M2 sama pasukan kusem beberapa bulan yang lalu, bisa makin terhujat itu mobil gara2 tambah boyo :ngacir:
:big_smoking:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

[Review] Mazda2 AT 2015

Post by ricz »

Mamang555 wrote:
kykyhalim wrote:Koq ane ngerasa nya skyactive cuman gimmick marketing aja ya.. Wkwk.. Belum nemuin kelebihannya si skyactive mazda 2 ini dibanding mbl japan sejenisnya.. Pengalaman 3 bulanan dng mbl istri.. Konsumsi bensin sama2 aja sma jazz, lari nya ya sama2 aja sama jazz, perpindahan giginya ya lemot jg (apa karena ane biasa bawa dsg?), berat total kendaraan ya sama2 juga dng jazz (1050-1100 an kg)

Hanya tampak depan beserta design body keseluruhan dan kualitas interior yg diatas kompetitornya
Yup, imho skyactive memang gimmick marketing

Mirip2 lha sama earthdream Honda.

Realnya make di perkotaan ane yakin sih kons bbm Jazz dan M2 ini dengan gaya berkendara yang sama bakalan mirip2.

Tinggal milih: mau interior super keren tapi sempit di M2 atau akomodasi dewa tapi interior pas2an ala Jazz
Sama juga, menurut drayver nubie kek gw sih mirip mirip aja sama mazda2 yg lama (kebetulan ex user mazda2 lama)

Apa krn skill mengemudi & pemahaman ttg "feel" mobil gw yg agak kurang banding master master khatam bin dewa dimarih yak... :ungg: :ungg:


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by KodokPushUp »

ChZ wrote:yang jelas on paper specnya lebih menjanjikan dari Yaris yang sekarang juga C-segment masuknya :mrgreen:

Seharusnya untuk perkotaan Golf 1.2 enak sih, torsi 175Nm nya di 1550 RPM. Cuma ntah kenapa, gak sreg aja liatnya Golf kalau gak 1.4 TSI minimal atau GTI :mrgreen:

On paper torsinya lebih kecil 5Nm dari Fiesta Ecoboost tapi horsepower lebih kecil 15hp dari Ecoboost.

Penasaran gimana Golf 1.2 DSG diadu dengan Fiesta Ecoboost DSG. Secara Ecoboost bobotnya juga gak bisa dibilang ringan.
Nah iya, ane juga keingetnya sama fiesta ecoboobs
Yup, torsi lebih gede 5 Nm, power lebih kecil 15 hp, dan lebih berat 50 kg
Adu dsg vw vs dsg ford, serta respon lag turbo tsi vs ecoboobs
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by jivos »

ide yg bagus itu om , menarik jg

ane request td review golf yg 1.2tsi dong.

*yg 1.2tsi emang dsg nya ada ya? selain mt nya
*otr berapaan ya om?

klo selisihna nempel dg jazz / m2 / yasir / fiesta, penawaran yg menarik mnrt ane di kelas ini.

dg mesin turbo nya jg potential buat diapgrade, fit finishing yg baik, plus badge vw nya.
alternatif pilihan bagi yg blm cukup dana k 1.4tsi, ato pengin cari hatchbach terjangkau yg tdk mainstream.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by ChZ »

Nah yang menarik ini respon transmisi DSG Ford dan VW ini jelas beda jauh sekali, tapi Golf 1.2 kalah bobot yang lebih berat 50kg.

Golf yang dipasarkan sama VW Indo ada trimline : 1.2 MT, 1.2 DSG, 1.4 DSG, GTI. Untuk trimline non-GTI semua statusnya SKD (yang CBU sudah gak dipasarkan lagi).

Unit tes draip VW di Sby cuma 2 oom, Tiguan 1.4 TSI dan Golf MK.7 1.4 TSI. Secara ini 2 lineup paling laku.

GTI gak ada, Golf 1.2 gak ada :frm_bang_head: Audi gak ada blas.

Golf kalau di-reflash saja torsi nya bisa nambah cukup banyak. Tapi untuk versi MK.7 ane rasa penambahannya gak akan sebanyak MK.6 karena yang MK.6 masih pakai supercharger. MK.6 TSI di tweak dikit akselerasinya gak kalah sama GTI MK.7, sekitar 6.5secs. Kebetulan teman ane ada yang punya Golf TSI MK.6 yang sudah di tweak. Stock 7.8secs. Buas ini TSI MK.6

Cuma dengan selisih bobot 100kg lebih ringan ane rasa MK.7 kalau di tweak at least dragrace 400 meter masih bisa imbang lah.

Memang bener gak bisa nilai mobil dari spec sheet doang, on paper nya secara teori bisa imbang, tapi gak tau kenyataannya gimana. Kurva torsi nya masing - masing gimana.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by jivos »

ChZ wrote:Nah yang menarik ini respon transmisi DSG Ford dan VW ini jelas beda jauh sekali, tapi Golf 1.2 kalah bobot yang lebih berat 50kg.

Golf yang dipasarkan sama VW Indo ada trimline : 1.2 MT, 1.2 DSG, 1.4 DSG, GTI. Untuk trimline non-GTI semua statusnya SKD (yang CBU sudah gak dipasarkan lagi).

Unit tes draip VW di Sby cuma 2 oom, Tiguan 1.4 TSI dan Golf MK.7 1.4 TSI. Secara ini 2 lineup paling laku.

GTI gak ada, Golf 1.2 gak ada :frm_bang_head: Audi gak ada blas.

Golf kalau di-reflash saja torsi nya bisa nambah cukup banyak. Tapi untuk versi MK.7 ane rasa penambahannya gak akan sebanyak MK.6 karena yang MK.6 masih pakai supercharger. MK.6 TSI di tweak dikit akselerasinya gak kalah sama GTI MK.7, sekitar 6.5secs. Kebetulan teman ane ada yang punya Golf TSI MK.6 yang sudah di tweak. Stock 7.8secs. Buas ini TSI MK.6

Cuma dengan selisih bobot 100kg lebih ringan ane rasa MK.7 kalau di tweak at least dragrace 400 meter masih bisa imbang lah.

Memang bener gak bisa nilai mobil dari spec sheet doang, on paper nya secara teori bisa imbang, tapi gak tau kenyataannya gimana. Kurva torsi nya masing - masing gimana.
nais inpo om,
*tetep ada k'terbatasa apgrade ya di mk7 1.2 tsi ini
*ergggggg mk6 1.4ts vs mk7 1.4 tsi ........pilihan yg sulit
yg lama punya potential upgrade power yg gila
yg baru punya refinement xterior interior yg halus memikat.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
kykyhalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Mon Sep 14, 2009 12:35

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by kykyhalim »

Hehe. Kaget jg abis ngelempar statement nyentil dikit ternyata banyak pro kontra nya ya.. :)

Hmm.. Karena ini threat m2 ya maksudnya skyactive m2.. Bukan cx5.. Jadi klo ada yg bandingin sama cx5 ya saya ga tau karena ga pernah pakai cx5 juga.. Cuma tau dari komentar bokap yg pakai.. Dia bilang enak.. Ohh ya udah.. Berarti enak..

Untuk m2 sky punya bini, ane kadang bawa ketika pulang kantor tengah malem perjalanan tol jkt serpong dan pendapat nubie ane ya seperti yg udah ane tulis sebelumnya.. Ane bukan pembalap master atau gimana sih.. Cuma nubie yg ga tau terlalu dalem ttg istilah2 teknologi kaki2 atau engine beserta spec sheet nya (lebih ringan brp kilo, lebih rigid berapa persen, kompresi tinggi dsb dsb) dan pendapat ane murni berdasarkan feel dari end user yg mungkin beda dng master2 disini.. Hehe..
Last edited by kykyhalim on Fri Apr 17, 2015 19:41, edited 1 time in total.
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by Fiz »

^^
ya gpp om, wajar kan apalagi diforum otomotif gini yang emang salah satu tujuannya untuk ajang diskusi dan tukar pikiran :big_smile]

kalo untuk m2 skyactive, imo, yg jelas japan car of the year bukan isapan jempol semata :big_smoking:
gak bisa dibandingin sama award2an media lokal :mky_03:
kykyhalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Mon Sep 14, 2009 12:35

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by kykyhalim »

Hehe.. Setuju om..

@atas2 yg bingung golf apa m2.. Imho.. Jauh om rasanya.. Ga bisa dibandingin.. Beda kelas beda kasta (meskipun harga nett yg m2 gt dng mk7 1.2 tsi emang bisa mirip2 ya?).. Ane bukan ngomongin model atau kelengkapan fitur, tipe engine dll nya ya.. Kebetulan dirumah ada golf dan m2.. Dari feel nya aja dulu.. Coba duduk trus rasain aura and feelnya udah beda.. Its a different language.. Coba test drive yg jauh and i bet u will not consider m2 anymore.. Hehe.. Tapi yg pasti klo mau minang vw harus siap sama yg nama nya problem dan maintenance.. Apapun engine nya apapun transmisinya.. Tetep aja problem pasti lebih sering intervalnya dibanding jap car dan lebih menguras kantong (apalagi kalo warranty udah abis) Hehe..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by ChZ »

jivos wrote: nais inpo om,
*tetep ada k'terbatasa apgrade ya di mk7 1.2 tsi ini
*ergggggg mk6 1.4ts vs mk7 1.4 tsi ........pilihan yg sulit
yg lama punya potential upgrade power yg gila
yg baru punya refinement xterior interior yg halus memikat.
weight reduction nya oom, jangan lupa. Gak sampai 10% tapi dampaknya luar biasa besar.

Bawa MK.6 itu kerasa kayak bawa mobil gede compared to MK.7. Kalau MK.6 kerasa kayak bawa Honda Jazz karena dampak dari torsinya besar tapi bobot berat, MK.7 malah kerasa kayak bawa hatchback sekelas Brio atau Agya, buat manuver enak dan intuitif sekali, mobilnya kerasa kecil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by ChZ »

kykyhalim wrote:Hehe. Kaget jg abis ngelempar statement nyentil dikit ternyata banyak pro kontra nya ya.. :)

Hmm.. Karena ini threat m2 ya maksudnya skyactive m2.. Bukan cx5.. Jadi klo ada yg bandingin sama cx5 ya saya ga tau karena ga pernah pakai cx5 juga.. Cuma tau dari komentar bokap yg pakai.. Dia bilang enak.. Ohh ya udah.. Berarti enak..

Untuk m2 sky punya bini, ane kadang bawa ketika pulang kantor tengah malem perjalanan tol jkt serpong dan pendapat nubie ane ya seperti yg udah ane tulis sebelumnya.. Ane bukan pembalap master atau gimana sih.. Cuma nubie yg ga tau terlalu dalem ttg istilah2 teknologi kaki2 atau engine beserta spec sheet nya (lebih ringan brp kilo, lebih rigid berapa persen, kompresi tinggi dsb dsb) dan pendapat ane murni berdasarkan feel dari end user yg mungkin beda dng master2 disini.. Hehe..
Sebetulnya main principle dari SKYACTIV, mau itu Mazda2, Mazda3, CX-5, Mazda6, semuanya sama kok. Whole improvement. Tapi dalam level improvement saja jadi paling efisiensi meningkat 10-20% yang mana gak terlalu bisa kita rasakan dalam kondisi normal driving.

Kalau saya dulu pernah coba Mazda2 R lama dan Mazda2 GT terbaru, menurut ane cukup terasa peningkatannya. 2 terbaru gak kerasa akselerasinya meledak-ledak memang, ya wajar tenaga cuman 115 bhp dan torsinya sama Honda Jazz juga gak beda jauh. Tapi kalau dibawa manuver feels a lot quicker. Pindah jalur tinggal sentil aja. Mazda2 lama jadi terkesan berat.

Transmisi juga ane rasakan cukup fine dan perpindahannya lebih cepat dari 2 lama, kalau throttle delay yang sering dipermasalahkan disini ya gitu deh, ane rasa ini bukan cuma masalah di 2, tapi masalah di semua mobil baru karena mostly pakai DBW :mrgreen:

Yang menurut ane stupid di 2 terbaru ini ya penggunaan ban Dunlop Enash*t nya. Bikin understeer terasa sekali dalam low speed sekalipun dan sangat noisy.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by lawyerone »

kykyhalim wrote:Hehe.. Setuju om..

@atas2 yg bingung golf apa m2.. Imho.. Jauh om rasanya.. Ga bisa dibandingin.. Beda kelas beda kasta (meskipun harga nett yg m2 gt dng mk7 1.2 tsi emang bisa mirip2 ya?).. Ane bukan ngomongin model atau kelengkapan fitur, tipe engine dll nya ya.. Kebetulan dirumah ada golf dan m2.. Dari feel nya aja dulu.. Coba duduk trus rasain aura and feelnya udah beda.. Its a different language.. Coba test drive yg jauh and i bet u will not consider m2 anymore.. Hehe.. Tapi yg pasti klo mau minang vw harus siap sama yg nama nya problem dan maintenance.. Apapun engine nya apapun transmisinya.. Tetep aja problem pasti lebih sering intervalnya dibanding jap car dan lebih menguras kantong (apalagi kalo warranty udah abis) Hehe..

Siiip, thanks info om :D
**ini ane yang nanya, account lama mau di delete aja haha.

harga mirip om, ane compare sama mk7 taun 2014, diskonnya lumayan. Kalo ane bandingin sama price diff, yahhh cukup oke lahh buat naik kasta dari B ke C

Cuman yahh, karna yang mk7 nya 1.2, yah ga mungkin kan ane bandingin sama C class hatch yang lain, secara on paper engine output sama M2 beda tipis. Jadi ane considernya antara dua itu haha
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by imingwahyudi »

ChZ wrote:
imingwahyudi wrote: DSG would pair with the GTI's sharper handling to provide a daily, get-the-blood-pumping drive. I just recently had that sort of drive in a PDK-equipped Porsche Boxster, which proved there are instances where an automatic is the way to go.

For the GTI, however, I remain firmly in the camp of the traditional, six-speed manual as equipped in a short-term GTI test car I drove recently. When driven as most people do around town or on the highway, it provides that extra, ample dollop of constant engagement that the GTI needs to warrant buying one over a regular old Golf (which has a 170-horsepower peach of a turbocharged engine, by the way). Plus, it is just about the easiest manual transmission to drive on the planet. Yes, even in traffic. Clutch effort and engagement is spot on, if a bit long in travel, and the shifter glides through its gates with ease. If anything, it errs on side of daily driving rather than performance.


lets forgo abt the GTI badges, the transmission itself is one of the easiest to drive :big_grin:


*biar makin bingung :ngacir:
Kalau GTI, Golf R, atau Porsches i'd prefer DSG/PDK than the Manuals. Sayang beli Porsche gak bisa ngerasain PDK goodness, atau beli VW gak ngerasain DSG at its finest... IMO. Kalau Evo atau STi, go for manuals :big_smoking:

Back to Golf 1.2 MT vs Mazda2 GT.

Kalau buat daily drive lebih prefer Mazda2 sih. Easy to maintain dan yang pasti itu lebih reliabel. Yang ane gak suka di Golf 1.2 itu headlights nya, jelek amit-amit, beda banget sama yang 1.4 TSI apalagi GTI, garang abis. :cupss:

Nah ini yang jadi buah simalakama :big_dunno:

Milih trademark dari si VW tersebut, atau milih old fashioned way yang sebetulnya dua duanya punya benefit masing masing..

Cuma ya itu... Lampu depannya :big_slap: *Felixz_Yaris mana Felisxz_Yaris ( loh jadi mirip Felixia Yeap ya :ngacir: )
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by imingwahyudi »

winzev wrote:
Wahhh sial nambah nambahin aja -____-

Tetep set, Golf MT atau M2 A/t wkwk

Jadi intinya pertanyaan ane ga terjawab kan yaa? wakakkakak

Harian jakarta pasti gw ambil M2GT... Weekend use...well...less gimmicks means better fun leh? :mky_03:
hurricane168
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 164
Joined: Mon Mar 16, 2015 17:13
Location: jakarta

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by hurricane168 »

imingwahyudi wrote:
winzev wrote:
Wahhh sial nambah nambahin aja -____-

Tetep set, Golf MT atau M2 A/t wkwk

Jadi intinya pertanyaan ane ga terjawab kan yaa? wakakkakak

Harian jakarta pasti gw ambil M2GT... Weekend use...well...less gimmicks means better fun leh? :mky_03:


Daily use sih emang m2 sky worth juga om hehe lebih fun2drive sih hehehe ...
JASA INTERNET PROVIDER
UNTUK PERUSAHAAN , HOTEL
INSTANSI DLL
( QuicRespons )

Bayu Pradana
081283057748 ( call , wa , text )
[email protected]
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by lawyerone »

imingwahyudi wrote:
Nah ini yang jadi buah simalakama :big_dunno:

Milih trademark dari si VW tersebut, atau milih old fashioned way yang sebetulnya dua duanya punya benefit masing masing..

Cuma ya itu... Lampu depannya :big_slap: *Felixz_Yaris mana Felisxz_Yaris ( loh jadi mirip Felixia Yeap ya :ngacir: )

Iya lampu depannya si Golep 1.2 jelek kann :')
Kalau ganti headlightnya kena berapa duit ya kira kira sepasang gitu? hmmm
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by lawyerone »

Ehhh iya, nanya dong


Untuk Road Noise dan Stability seperti apa ya??

Compare dong dibanding Innova sama Captiva begimana (ane gatau mobil lain begimana soalnya, sehari2 adanya disituh wakakak)

Kalo dibanding sama Juke kira2 begimana yahh ini unit?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by ChZ »

Kemaren bareng bro kodokpushup liat Golf 1.2 kebetulan lagi pameran di Ciputra World.

Ntah kenapa finishing nya beda sekali dengan 1.4 yang ane coba dulu. Sekitar head unitnya bukan piano finish kayak di 1.4, tapi cuma silver finish kasar gitu :e-wall: 1.4 CBU dan CKD dapet piano finish yang rapi dan keliatan mewah sekali.

Blom lagi karet-karet jendelanya masangnya gak bener juga. nasib SKD, finishingnya tetep jauh sama CBU. Gak meratiin karet-karet pintu di unit 1.4 SKD yang display dulu sih, tapi yang CBU sih gak ada cela dah.

Setau ane juga Golf SKD yang dirakit disini pintu pintu sama ban kayaknya. Gak heran karet-karet pintunya jelek masangnya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by KodokPushUp »

Panel gap lumayan bagus si di golf 1.2, cuma bahan plastik interior-nya kok ngingetin sama stoples mika ya.
Dan tanya ke si sales batangan, harga setelah diskon masih 355 otr sby.
Itu karet pintu motongnya pake cutter kali, masih lebih rapi kerajinan tangan ane waktu sd
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by jivos »

@um um diatas

makasih atas waktu &sharenya golf 1.2

hmmmm after disc gap harga dg sub hatch tetap jauh ya.
en jd terasa tdk worthed buat migrasi sub hatch k golep 1.2ini
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by imingwahyudi »

jeleknyo :ungg:


*gggggrrrrrrrrr 30 characters :frm_bang_head: :big_cat: :big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by roadtrain99 »

Image

kebetulan lagi hunting mobil compact. Tadinya kepikiran hanya antara all new jazz atau yaris atau hrv. Tau2 pas iseng2 browse review org2 di youtube, jadi penasaran mazda 2. Waktu liat interior nya (walaupun on youtube) langsung berasa WOW. Padahal nih mobil tiap ada pameran di mall, gak terlalu keen utk melihat. Namun waktu di dalam gedung parkir (kondisi malam cahaya lampu) warna merahnya memang bagus.

menurut saya design luar nya terutama depan sangat jauh berbeda dari m2 lama. Kalau belakang hampir mirip. Imho keren lah, seperti galak face nya ditambah drl nya.
lalu setelah liat lsg di show room nya, interior nya terkesan memang ini mobil utk org yg doyan nyetir. stir nya, area speedo/tacho, audio, hud & paddleshift (gt version), menurut saya sih sangat ok dibanding jazz/yaris. door trim dan beberapa part di dash sudah kulit asli. Dalamnya terkesan memang mewah..bisa dibilang mirip2 merci / bmw. Lalu di tengah ada mzd connect? tombol button pemilih seperti ada di mobil mewah biasanya.
Cuma memang tempat duduk belakang dan bagasi memang agak pelit mobil ini. kelegaan ruang belakang saya kasih 2 (skala 1-5) dan di gt version ada serep nya. Seperti nya ini karena ruang mesin yg cukup besar dan panjang dibanding mobil lain sekelasnya.

Feature nya sangat banyak terutama yg gt version, cuma kalau bagi saya seperti nya yg type R sudah sangat sangat cukup.
btw tadi juga saya liat ada button I stop off, ini sepertinya utk disactivate istop. Sempet juga nanya, apakah istop mazda suka ok dalam artian gak merusak krn kondisi jakarta kan bolak balik stop. sales nya menjawab sudah ada pengaman dideket aki nya. Dan mengenai aki, pakai merk GS, dan ternyata khusus mazda istop. lalu saya tanya, jika aki nya sudah soak, apa bisa ganti merk lain, jawabannya bisa tapi istop nya tidak berfungsi.

tempat duduk nya enak, jahitan rapih, bahan fabrique. cuma ini saya agak ragu, apakah bahan fabrique nya tahan lama, karena terasa seperti tipis. GT version seat nya blm electric, tapi ini sih buat saya gak terlalu pentinglah. Gak semanja itulah hehehe.

sempet nanya juga mengenai service besar, seperti tune up / ganti belt etc...sekitar 2-3jutaan kata nya. Gak tau nih, mungkin ada owner nya di SM yg bisa share mengenai maintenance cost, spare part stock nya...dsb.

cuma belum sempet test drive. mobil ini sangat menarik, feature2 safety nya banyak dibanding pesaingnya. Mobil ini juga ternyata cbu thailand, sedangkan pesaing nya sudah ckd. Design dash nya minimalist bagus, kekurangannya ya mengenai space itu, agak sempit bagian belakang dan bagasi.
swag7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by swag7 »

Ikut nimbrung. Saya penggemar hatchback, mantan pengguna Mazda2 2011, Fiesta Ecoboost, Swift Sport dan Golf GTI MK6. Skrg hatchback yg lg nongkrong di garasi ada Golf 1.4 TSI MK7, New Mini Cooper dan New Swift (kendaraan perang sehari2). Yg saya share tentu pengalaman pribadi selama pake mobil itu.

Membandingkan DSG Ford dan DSG VW sangat jauh rasanya. Responsiveness, Smoothness dan Power delivery jauh bro. VW mmg terbaik di transmisi DSG. Klo pingin ngerasain lsg coba test drive ada Ecoboost sama Golf (unit TD Golf ada koq di dealer Sby). Wong harganya aja memang beda jauh. Kelasnya beda.

Sedangkan membandingkan Golf dgn Mazda2 itu seperti membandingkan Agya dengan New Yaris. Saya tau Mazda2 yg baru jauh lbh refined Ext-Interior, engine dan tranny nya dibandingkan yg lama, dan saya sempat TD juga. Tp bener2 gak bisa dibandingkan dgn VW Golf MK7 bahkan yg cuma versi 1.2 sekalipun, apalagi yg 1.4 TSI. Build Quality, Aura begitu duduk di dalamnya, Handling, Performance.. semua jauh lbh baik VW Golf. Soal desain exterior mungkin selera beda2, Mazda2 terkesan active dan dinamis (lbh cocok buat ABG) dan Golf kesannya Mature. Interior di Mazda2 punya byk gimmick dan fitur, sedangkan di VW interiornya refined dan mewah. Memang di Golf 1.2 ekterior terganggu sm model head lights yg jelek dan finishing interior yg selevel dibawah 1.4 TSI. Lagipula membandingkan Mazda2 dgn Golf 1.2 pun rasanya kurang fair krn selisih harga yg jauh (sktr 100jt setelah diskon), apalagi selisih dgn yg 1.4 TSI (lebih dr 225jt). BUT New Mazda2 memang terbaik di kelas hatchback jepangan yg ada saat ini.

Klo ada agan yg bingung pilih Golf GTI MK6 atau Golf 1.4 TSI MK7 saran saya gak usah bingung lagi, lsg ambil yg MK7. GTI MK6 mmg punya power yg jauh lebih besar, apalagi yg sdh di tuning (APR, dll). Tapi agility/swiftness, handling, comfort dan build quality (eksterior-interior) jauh lbh bagus MK7. Emg beli mobil cm buat dipake drag 400 m? Pun misalnya diadu di rute harian (kombinasi dlm kota-toll) saya berani jamin klo MK7 1.4 TSI lebih cepat waktunya drpd GTI MK6. Krn alasan itu saya jual GTI MK6. Semua mengakui klo Golf MK7 is the best Golf. Dulu rencana ingin meminang yg GTI tp akhirnya pilih yg 1.4 TSI krn mnrt saya itu sudah lbh dr cukup (bahkan tanpa tuning sekalipun).

Pilihan lain buat penggemar hatcback dan mobil compact yg suka tambil beda ya pake Mini Cooper. Meskipun Mini yg baru menurut saya kehilangan nilai-nilai original MINI tapi jujur malah harus diakui lebih refined, comfort dan practical.

Sorry klo ada yg gak setuju, ini pendapat pribadi dari pemakai langsung dan pasti juga subyektif.
Improvise, Adapt and Overcome!
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by KodokPushUp »

roadtrain99 wrote:cuma belum sempet test drive. mobil ini sangat menarik, feature2 safety nya banyak dibanding pesaingnya. Mobil ini juga ternyata cbu thailand, sedangkan pesaing nya sudah ckd. Design dash nya minimalist bagus, kekurangannya ya mengenai space itu, agak sempit bagian belakang dan bagasi.
Haha ane juga sebenernya ga terlalu suka tampilan eksterior mazda 2
Sensasi fun to drive juga ga ada yg spesial, jauh dibawah ekspektasi ane
Cbu thailand parah banget kualitas perakitannya.
Potongan panel ga rata, masang miring, cat belangnya parah

Cuma begitu dibandingin pesaingnya...
Ternyata yg lain lebih ancur :frm_bang_head: :frm_bang_head:
swag7 wrote:Ikut nimbrung. Saya penggemar hatchback, mantan pengguna Mazda2 2011, Fiesta Ecoboost, Swift Sport dan Golf GTI MK6. Skrg hatchback yg lg nongkrong di garasi ada Golf 1.4 TSI MK7, New Mini Cooper dan New Swift (kendaraan perang sehari2). Yg saya share tentu pengalaman pribadi selama pake mobil itu.
Yg ane bilang ngadu dsg ford vs vw
DSG ford dan vw kan disuplay sama perusahaan yg sama
Tapi kenapa respon nya bisa beda banget ya..
Di ford, respon nya bahkan lebih lambat dari a/t konvensional yg biasa ane pake

Di antara Mazda2 2011, Fiesta Ecoboost, Swift Sport, Golf GTI MK6, Golf 1.4 TSI MK7, New Mini Cooper, dan New Swift
Menurut om yg mana yg paling baik feel mekanikalnya?
Handling terbaik tanpa bantuan sensor aneh2
Karena buat pemikiran ane yg aneh, less electronic control = more fun to drive
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
swag7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10

Re: [Review] Mazda2 AT 2015

Post by swag7 »

KodokPushUp wrote:
Di antara Mazda2 2011, Fiesta Ecoboost, Swift Sport, Golf GTI MK6, Golf 1.4 TSI MK7, New Mini Cooper, dan New Swift
Menurut om yg mana yg paling baik feel mekanikalnya?
Handling terbaik tanpa bantuan sensor aneh2
Karena buat pemikiran ane yg aneh, less electronic control = more fun to drive
Diantara mobil diatas yg intervensi sensor2 dan elektronik paling sedikit adalah si Swift Sport. Fun to drive tapi cepet bikin capek. Saya punya Swift Sport pas GTI MK6 juga ada, keduanya fun to drive tapi GTI MK6 jauhh lebih powerfull dgn tranny yg jauh lbh canggih, dual turbo dan seabreg sensor di ECU-nya. Otomatis Swift Sport-nya saya jual krn jarang dipake. Begitu MK7 keluar dan saya beli saya jadi ngerasa gak ada gunanya melihara GTI MK6 (nih mobil doyan banget ke bengkel, terutama krn tranny-nya).

Tapi.. sering kangen juga sensasi nyetir Swift yg trondolan.. temperament.. dan free. Akhirnya akhir tahun kmrn beli lagi Swift tp yg GX MT. Cocok buat jadi kendaraan perang :)

Nah.. sekarang klo BUDGET TERBATAS tapi mau mobil hatchback yg performance bagus, build quality bagus, practical, good looking dan cukup nyaman sebenernya pilihannya Fiesta Ecoboost :)
Di ecoboost hampir semua aspek nilainya 6.5-7 (skala 10). Jadi semua aspek bagus tapi gak ada yg menonjol, dsini letak masalahnya buat saya :p
Improvise, Adapt and Overcome!