Minggu lalu, di Tegal kota, ane lewat dealer Ford Mitra Tegal. ada ditongkoring ecosport dengan tulisan TEST DRIVE gede2 lagi dijemur di luar
kaget juga, bused, unitnya aja belum pernah liat, eh tau2 nongol yang versi test drive dijemur pula.apalagi baca2 di firum sebelah yang kondang itu

, rata2 kaya di PHP sales dan sales di PHP pabrik untuk indent unit
iseng mampir d, ada salesnya samperin, langsung test.
Impresi
Titanium grade transmisi AT, warna putih. Model kunci sudah smart key, jadi kantongin, pencet tombol di handle, tarik kebuka d. lucunya ane pencet unlock, tarik handle sisi driver ga bisa buka pintu, sampe panggil salesnya, pas liat itu handle baru sadar eh ini kan smart key cuma agak aneh juga, seinget ane toyota kalau unlock, tetep buka pintu normal ga usah pencet tombol atau lupalah
buka pintu, langsung terasa, built like a tank, jauh beda dari jepang, walau panel pintu diketok tetep berasa tipis dan diteken berasa tipis, tapi buka tutup berasa solid. Dan kasihan kaum hawa, karena berat dan gede ditutup, bleg, langsung nutup, okelah.
Duduk di driver side, bingung liat transmisi, hari gini type tinggi masih ada manual, aneh juga, dan ane yang kagok belasan tahun ga nyetir manual, manual aja cuma pas belajar abis itu loncat ke matik, jadilah kagok, akhirnya cuma muter2 di parkiran yang sepi.
pencet tombol start, sambil injek rem. nyari handle parking brake kok ga ketarik, ternyata jauh dibawah, atau ane yang ketinggian atau posisi duduk disetel tinggi? ga tau juga. start mesin, hmmm bunyi mesin ga berasa, alus dan getaran ga ada, normal 1500cc 4 silider. injek kopling, agak berat tapi mantep, pertanda hidrolik biasanya, masukin gigi 1, agak jauh tapi ga jauh2 banget yang pasti menurut ane kurang pendek, tapi ya selera, lepas kopling tanpa injek gas, eh bisa ga mati mesin, pertanda baik pas merayap jadi ga endut2an, lepas kopling barengin gas (dah lama ga bawa jadi kagok ), berasa di rpm 2000 mesin dah meraung, shifting ke gigi dua, injek lepas kopling pelan, hmm mesin masih mau diajak jalan di gigi 2 kasih gas dikit, berarti gear ratio pendek2, penasaran kalau high speed akan ngeraung di kecepatan berapa.
puter2 steer, agak enteng dan kopong, khas EPS, puter balik, mentog, radius putar ga terlalu kecil, jadi mundur, liat spion dalem kaget buset kecil amat dan posisi ban serep ga keliatan sama sekali, agak bahaya kalau lagi ga konsentrasi, di center cluster nongol sensor parkir punya indicator, ada empat bagian terpisah semua, lumayan canggih
sampe ke parkiran, abis muter2, ngobrol sebentar dengan sales sambil pencet2 sana sini. AC cepet dingin, abis dijemur panas terik, AUTO AC, ga 5 menit dah berasa adem, lumayan cepet walau ga double blower. liatin center cluster, asli mabok, tombol semua turun dari jok baru berasa, joknya agak keras tapi ya ini relatif ya. sudah kulit tapinya, yang ane suka, apa2 serba "chunky" atau besar atau gemuk, kaya tombol2 itu bentuknya enak semua, cocok buat orang jarinya jempol semua tapi ga ramah yang tangan kecil atau kaum hawa, itu steer aja gede ditambah jarak ke tuas sign/wiper jauh2
masuk ke ruangan dealer, eh ada 2 unit dipajang type trend m/t semua cuma beda warna buka pintu2 intip interior, ternyata itu lampu DRL di headlamp nyala, dan lampu kecil belakang juga nyala, unik juga, kaya follow me home. muter2 pegang2 pintu sampe takjub dengan solidnya, perasaan fiesta ga segininya d
coba pintu bagasi, nyari handle dimana, salesnya kasih tau di pojok kanan atas, berarti ga beda denagn yang dipajang di IIMS 2013, yang ane komplain: ini berasa steer kiri bukan steer kanan, karena buka pintu kok di kanan, bukan kiri, biasanya kan kalau pintu bagasi buka samping itu bukanya ke arah kanan karena di sini kan steer kanan , dan dibuka seperti biasa, pintu buka samping itu lebih makan tempat jadinya, dorongan sok hidrolik lumayan mantap. intip bagasi gede dan tinggi, bibir bagasi rendah dan ga ada tonjolan bumper enak buat naik turunin barang. sudah dikasi Tonneau Cover/tutup bagasi yang modelnya lumayan mewah ga cuma plastik biasa selembar.
overall, menurut ane sayang ini merek Ford bukan Jepang :p btw, hari senin ditelpon, akan ada pengadaan unit Trend AT untuk tegal, alamat jakarta ga masalah, data kan di sentral jadi tinggal ngikutin pajak asal ktp aja, surat2 bisa dikirim ke tegal. sakti juga ford
