Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by VanzMatic »

maskopat wrote:
AD74YA wrote:Udah ane duga pakai cara itu... Setau ane seh... Cara yang beginian deviasinya guede buanget,,, Karena :

1. Variabel kondisi jalanan, rute, dan cuaca -> deviasi paling besar
2. Akurasi pompa bensin : Untuk pengukuran FC dengan metode manual seperti ini pengisian Wajib menggunakan selang yang sama dari pom bensin yang sama.
3. Konsistensi kondisi tangki: suhu dan konsistensi bahan bakar yang masuk bisa bepengaruh ke pengukuran. Disarankan waktu pengisian ulang +- beda 2 jam dengan waktu saat pengisian pertama; contoh saat pengisian pertama dilakukan jam 12 siang, dianjurkan pengetesan kedua dilakukan jam 12 siang juga.
4. Variabel deviasi odometer
5. Variabel deviasi beban kendaraan..

Dengan MID, deviasi FC disana dengan kondisi real rata-rata pabrikan mengklaim adalah berbeda +- 15%.. Maka kalau MID mengatakan 5,5 km/l, maka idealnya maksimal paling irit itu 6,3 km/l.

Dengan cara manual seperti diatas, beda dari 5,5 ke 7,5 berarti deviasinya 27% donk.. Bener gak?... Sehingga banyak orang yang menyarankan, kalau menggunakan cara ini, harus diulang berkali-kali dan lebih baik hitungan ganjil (minimal 3 kali), dan syarat utamanya adalah, selang pompa bensin yang digunakan harus sama, dan dalam waktu yang serupa (+- 2 jam) saat pengisian sebelumnya. Syarat tambahan lain agar lebih ideal adalah gaya mengemudi yang konsisten, dan tekanan ban yang konsisten.

NB:
So far setau ane cara paling akurat itung FC itu pakai alat seperti contoh yang namanya RaceLogic.. Dia nyambung ke ECU mobil dan GPS. Untuk racelogic basic yang pernah ane liat di klaim deviasinya 3%.. Dan di mobil yang dicoba, hitungannya seinget ane selalu lebih boros ketimbang MID bawaan mobil (ane lihat 2 kali percobaan di mobil yang sama).

CMIIW. :ungg:
jika harus menggunakan pompa yang sama, kira2 berapakah deviasi pompa satu dengan pompa lainnya? apakah lebih dari 10%?
selama ane ngukur fc dengan metoda full to full dan SPBU dimana aja dari produsen di mana aja, untuk rute dominan dalkot, gak lebih dari 15% perbedaannya. kalo banyak di luar kota atau toll, baru bisa 30-50%...
kalo mau perhitungan yang pasti, mau gak mau harus berada dalam lingkungan yang semua terkontrol baik traffic, cuaca, pompa dan lain2.

nah, sekarang mau toleransi berapa persen untuk pengukuran yang diperbolehkan? :ungg:
bentar bentar...

Dari yang ane baca di atas, rasanya malah ada 2 simpulan:
1. Deviasi konsumsi bensin.
2. Deviasi volume bensin.

ad.1: Perbedaan konsumsi bensin dalam 3-5 kali pengisian bensin. Ini wajar. Justru, inilah yang metode yang IMHO, objektif. Menggambarkan kondisi yang 100% real antara pengisian 1,2,3,4 sampai kelima.Terserah mau rute apapun, riilnya segitu, karena terpengaruh traffic, suhu, bobot kendaraan, tekanan ban, tekanan udara sekitar, dll dsb.

ad.2: Perbedaan volume bensin yang masuk ke tangki. Kalo yang dimaksud adalah untuk mendapatkan hasil mendekati objektifitas, memang strongly recommended untuk mengisi pada dispenser bensin yang sama persis, dan tuas bukaan dispenser yang membuka penuh ke atas.
Sering kan, petugas ngisi, baik itu di pertamini, kerang, maupun bola prancis, dispensernya di tahan pada posisi klik pertama?!
Ini yang menyebabkan perbedaan juga, IMO..

Pada posisi klik pertama, bensin yang mengucur tidak sederas pada posisi klik ketiga / paling atas. Sialnya, meteran bensin berputar sama saja, alias, pada posisi klik pertama, kita rugi, karena volume bensin yang masuk tidak sama / lebih sedikit dibanding yang tertera di meteran dispenser.

Silakan dibuktikan sendiri. Saat klik penahan dispenser digeser mentok ke atas, kerasa banget, kucuran bensinnya jadi jauh lebih deras.

Saya sudah sering, saat isi premium 100rb, petugas pertamini, maupun dulu saat isi Super 92 tjap kerang, petugasnya menahan di klik pertama. Itu langsung saya naikin lagi klik dispensernya ke posisi paling pol.

Variabel di pom bensin inilah yang menyebabkan beda FC. Di meteran bensin pom sudah tertera keluar 20 liter, tapi kenyataannya yang masuk di tangki engga sampai 20liter.

So, bisa diperhatikan kembali variabel akal-akalan dari petugas pom yang kayak gitu.


Just share kok..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by maskopat »

VanzMatic wrote:
maskopat wrote:
AD74YA wrote:Udah ane duga pakai cara itu... Setau ane seh... Cara yang beginian deviasinya guede buanget,,, Karena :

1. Variabel kondisi jalanan, rute, dan cuaca -> deviasi paling besar
2. Akurasi pompa bensin : Untuk pengukuran FC dengan metode manual seperti ini pengisian Wajib menggunakan selang yang sama dari pom bensin yang sama.
3. Konsistensi kondisi tangki: suhu dan konsistensi bahan bakar yang masuk bisa bepengaruh ke pengukuran. Disarankan waktu pengisian ulang +- beda 2 jam dengan waktu saat pengisian pertama; contoh saat pengisian pertama dilakukan jam 12 siang, dianjurkan pengetesan kedua dilakukan jam 12 siang juga.
4. Variabel deviasi odometer
5. Variabel deviasi beban kendaraan..

Dengan MID, deviasi FC disana dengan kondisi real rata-rata pabrikan mengklaim adalah berbeda +- 15%.. Maka kalau MID mengatakan 5,5 km/l, maka idealnya maksimal paling irit itu 6,3 km/l.

Dengan cara manual seperti diatas, beda dari 5,5 ke 7,5 berarti deviasinya 27% donk.. Bener gak?... Sehingga banyak orang yang menyarankan, kalau menggunakan cara ini, harus diulang berkali-kali dan lebih baik hitungan ganjil (minimal 3 kali), dan syarat utamanya adalah, selang pompa bensin yang digunakan harus sama, dan dalam waktu yang serupa (+- 2 jam) saat pengisian sebelumnya. Syarat tambahan lain agar lebih ideal adalah gaya mengemudi yang konsisten, dan tekanan ban yang konsisten.

NB:
So far setau ane cara paling akurat itung FC itu pakai alat seperti contoh yang namanya RaceLogic.. Dia nyambung ke ECU mobil dan GPS. Untuk racelogic basic yang pernah ane liat di klaim deviasinya 3%.. Dan di mobil yang dicoba, hitungannya seinget ane selalu lebih boros ketimbang MID bawaan mobil (ane lihat 2 kali percobaan di mobil yang sama).

CMIIW. :ungg:
jika harus menggunakan pompa yang sama, kira2 berapakah deviasi pompa satu dengan pompa lainnya? apakah lebih dari 10%?
selama ane ngukur fc dengan metoda full to full dan SPBU dimana aja dari produsen di mana aja, untuk rute dominan dalkot, gak lebih dari 15% perbedaannya. kalo banyak di luar kota atau toll, baru bisa 30-50%...
kalo mau perhitungan yang pasti, mau gak mau harus berada dalam lingkungan yang semua terkontrol baik traffic, cuaca, pompa dan lain2.

nah, sekarang mau toleransi berapa persen untuk pengukuran yang diperbolehkan? :ungg:
bentar bentar...

Dari yang ane baca di atas, rasanya malah ada 2 simpulan:
1. Deviasi konsumsi bensin.
2. Deviasi volume bensin.

ad.1: Perbedaan konsumsi bensin dalam 3-5 kali pengisian bensin. Ini wajar. Justru, inilah yang metode yang IMHO, objektif. Menggambarkan kondisi yang 100% real antara pengisian 1,2,3,4 sampai kelima.Terserah mau rute apapun, riilnya segitu, karena terpengaruh traffic, suhu, bobot kendaraan, tekanan ban, tekanan udara sekitar, dll dsb.

ad.2: Perbedaan volume bensin yang masuk ke tangki. Kalo yang dimaksud adalah untuk mendapatkan hasil mendekati objektifitas, memang strongly recommended untuk mengisi pada dispenser bensin yang sama persis, dan tuas bukaan dispenser yang membuka penuh ke atas.
Sering kan, petugas ngisi, baik itu di pertamini, kerang, maupun bola prancis, dispensernya di tahan pada posisi klik pertama?!
Ini yang menyebabkan perbedaan juga, IMO..

Pada posisi klik pertama, bensin yang mengucur tidak sederas pada posisi klik ketiga / paling atas. Sialnya, meteran bensin berputar sama saja, alias, pada posisi klik pertama, kita rugi, karena volume bensin yang masuk tidak sama / lebih sedikit dibanding yang tertera di meteran dispenser.

Silakan dibuktikan sendiri. Saat klik penahan dispenser digeser mentok ke atas, kerasa banget, kucuran bensinnya jadi jauh lebih deras.

Saya sudah sering, saat isi premium 100rb, petugas pertamini, maupun dulu saat isi Super 92 tjap kerang, petugasnya menahan di klik pertama. Itu langsung saya naikin lagi klik dispensernya ke posisi paling pol.

Variabel di pom bensin inilah yang menyebabkan beda FC. Di meteran bensin pom sudah tertera keluar 20 liter, tapi kenyataannya yang masuk di tangki engga sampai 20liter.

So, bisa diperhatikan kembali variabel akal-akalan dari petugas pom yang kayak gitu.


Just share kok..
:big_peace:
untuk deviasi volume pengisian bensin, berapa persen sih pompa satu dengan lainnya?
trus apakah ketika klik pertama dan kedua akan berbeda hitungan meteran pompa bensin? kalau deras sih iya. karena klik pertama mungkin bisa 30L/menit. tapi klik kedua cuman 10L/menit. tapi apakah meteran bensin akan berbeda? kalau iya, ini bisa dituntut secara hukum...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by VanzMatic »

maskopat wrote: untuk deviasi volume pengisian bensin, berapa persen sih pompa satu dengan lainnya?
trus apakah ketika klik pertama dan kedua akan berbeda hitungan meteran pompa bensin? kalau deras sih iya. karena klik pertama mungkin bisa 30L/menit. tapi klik kedua cuman 10L/menit. tapi apakah meteran bensin akan berbeda? kalau iya, ini bisa dituntut secara hukum...
Klik pertama itu yang angkatan tuasnya paling bawah om.. Makin naik tuasnya kan makin 'kebuka' itu untuk lewatnya bensin.
Sedangkan, meteran bensin putarannya tetep aja ngeikut yang posisi tuas kalo ditarik paling pol.

Perumpamaannya sih, dari posisi klik paling bawah, misal 10l/mnt, tarik lagi tuasnya, tahan di klik kedua, misal 15l/mnt, tarik lagi tuasnya, tahan di klik ketiga, misal 20l/mnt.

Gimana kalo om kopat coba aja dulu, di pom yang bagusan aja, biar kalo om Kopat 'reseh' narik ndiri tuas penahannya ke paling pol bukaannya, petugasnya juga ngga ikutan reseh.

Bandingin aja, sama2 isi bensin 100rb ya. Kalo hanya isi premium 50rb, terlalu bentar om, entar dispensernya udh CKLEK sendiri karena bensinnya udh naik ampe dispenser.


Oh ya, mau melakukan tuntutan secara hukum?
Kalau ada effort dana, waktu, tenaga yang berlebih, monggo2 aja om, tapi buat ane, mending ane mengamankan diri sendiri aja. Yang penting saya sudah berusaha mendapatkan yang menjadi hak saya sesuai rupiah yang saya tarik dari dompet.
Petugasnya mau reseh, pokoknya saya akan ngotot tetep tarik itu tuas sampe pol, dan sampe bunyi CKLEK. Titik.

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1169
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by iamwewe »

VanzMatic wrote:
maskopat wrote: untuk deviasi volume pengisian bensin, berapa persen sih pompa satu dengan lainnya?
trus apakah ketika klik pertama dan kedua akan berbeda hitungan meteran pompa bensin? kalau deras sih iya. karena klik pertama mungkin bisa 30L/menit. tapi klik kedua cuman 10L/menit. tapi apakah meteran bensin akan berbeda? kalau iya, ini bisa dituntut secara hukum...
Klik pertama itu yang angkatan tuasnya paling bawah om.. Makin naik tuasnya kan makin 'kebuka' itu untuk lewatnya bensin.
Sedangkan, meteran bensin putarannya tetep aja ngeikut yang posisi tuas kalo ditarik paling pol.

Perumpamaannya sih, dari posisi klik paling bawah, misal 10l/mnt, tarik lagi tuasnya, tahan di klik kedua, misal 15l/mnt, tarik lagi tuasnya, tahan di klik ketiga, misal 20l/mnt.

Gimana kalo om kopat coba aja dulu, di pom yang bagusan aja, biar kalo om Kopat 'reseh' narik ndiri tuas penahannya ke paling pol bukaannya, petugasnya juga ngga ikutan reseh.

Bandingin aja, sama2 isi bensin 100rb ya. Kalo hanya isi premium 50rb, terlalu bentar om, entar dispensernya udh CKLEK sendiri karena bensinnya udh naik ampe dispenser.


Oh ya, mau melakukan tuntutan secara hukum?
Kalau ada effort dana, waktu, tenaga yang berlebih, monggo2 aja om, tapi buat ane, mending ane mengamankan diri sendiri aja. Yang penting saya sudah berusaha mendapatkan yang menjadi hak saya sesuai rupiah yang saya tarik dari dompet.
Petugasnya mau reseh, pokoknya saya akan ngotot tetep tarik itu tuas sampe pol, dan sampe bunyi CKLEK. Titik.

:big_peace:
wew.. baru tau saya ginian om vanz.. biasa sih saya minta isi bensin: penuh ya pak. dia colok, abis itu ditarik pentok, trus ditinggal sama petugasnya, dia layanin mobil2 lain. pas punya saya udh bunyi klik, dia baru balik ke tmpt saya, trus dia manual deh ngisinya, kaya ditahan setengah jari nya dia gitu sampe penuh.

nah berarti kalo menurut om vanz, saya harusnya pas udh bunyi klik ya stop aja gitu ngisinya. karena yg pas dia ngisi manual nahan setengah jari dia gitu, kucuran bensin ngucurnya sdkt, tapi di layar tetep hitungnya kucuran bensin normal. gitu yak?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by VanzMatic »

iamwewe wrote:-cut-
wew.. baru tau saya ginian om vanz.. biasa sih saya minta isi bensin: penuh ya pak. dia colok, abis itu ditarik pentok, trus ditinggal sama petugasnya, dia layanin mobil2 lain. pas punya saya udh bunyi klik, dia baru balik ke tmpt saya, trus dia manual deh ngisinya, kaya ditahan setengah jari nya dia gitu sampe penuh.

nah berarti kalo menurut om vanz, saya harusnya pas udh bunyi klik ya stop aja gitu ngisinya. karena yg pas dia ngisi manual nahan setengah jari dia gitu, kucuran bensin ngucurnya sdkt, tapi di layar tetep hitungnya kucuran bensin normal. gitu yak?
Kalo nda salah inget, kata kakak teman yang ambil S2 di Jepang sana, disana modelnya gitu om. Kalo udh bunyi KLEK otomatis stop, ya sudah, engga ditambahin sampai ke mulut tangki.. Ini juga katanya siiih...
:mky_01:

Karena disini kebiasaan isi sampe full mulut tangki, yaa anggap aja loss kita ada di ngisi manualnya itu. Biasanya, antara CKLEK ampe full mulut tangki, sekira 2 literan kecil, or even less..kira2 1,8 literan.

Tapi seenggaknya, kita udh berusaha engga loss di pengisian awalannya...
:mky_01:

Oia, emang udh yakin kalo itu ditarik mentok? Bisa diliatin lagi deh, kebanyakan sih hanya ngangkatin / narikin tuasnya dikit, klik sekali gitu.. malah kalau dia tinggal, bagus tuh, kita bisa tarik lagi tuasnya sampai pol.

Tapi nariknya harus liat jenis nozzle nya om...

Coba liat disini,

Kalau Nozzlenya kayak gini:
Image

penahan nya ada di bawah om, yang dilingkarin itu. Disitu keliatan banget. Tinggal angkat tuasnya, jari telunjuk om nggeser penahannya ke arah moncong nozzle.

Kalo nozzle nya kayak gini:
Image

penahannya ada di belakangnya yang ane lingkarin itu om..
Om harus narik lagi tuasnya di posisi belakang itu. Kalau nariknya di posisi seperti gambar pertama, dijamin nozzlenya langsung berhenti.
Pegang bagian belakangnya, tarik aja pelan pelan, klik kedua, klik ketiga.

Nah, silakan rasakan sendiri perbedaan kucuran bensinnya.. :big_peace:





Ni kok jadi ke pengisian bensin yak?!?!
:big_slap:
:big_slap:
:big_slap:
:big_slap:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by JESKONENG »

tadi sore di thamrin - sudirman membuntuti Teana baru, ternyata mobil kedutaan Amerika Serikat (CD 12 03), dan kalok no. 03 mgkn pejabat ranking ke-3 di kedutaan.. kok gak pake BMW/Merc ya ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1169
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by iamwewe »

VanzMatic wrote:
iamwewe wrote:-cut-
wew.. baru tau saya ginian om vanz.. biasa sih saya minta isi bensin: penuh ya pak. dia colok, abis itu ditarik pentok, trus ditinggal sama petugasnya, dia layanin mobil2 lain. pas punya saya udh bunyi klik, dia baru balik ke tmpt saya, trus dia manual deh ngisinya, kaya ditahan setengah jari nya dia gitu sampe penuh.

nah berarti kalo menurut om vanz, saya harusnya pas udh bunyi klik ya stop aja gitu ngisinya. karena yg pas dia ngisi manual nahan setengah jari dia gitu, kucuran bensin ngucurnya sdkt, tapi di layar tetep hitungnya kucuran bensin normal. gitu yak?
Kalo nda salah inget, kata kakak teman yang ambil S2 di Jepang sana, disana modelnya gitu om. Kalo udh bunyi KLEK otomatis stop, ya sudah, engga ditambahin sampai ke mulut tangki.. Ini juga katanya siiih...
:mky_01:

Karena disini kebiasaan isi sampe full mulut tangki, yaa anggap aja loss kita ada di ngisi manualnya itu. Biasanya, antara CKLEK ampe full mulut tangki, sekira 2 literan kecil, or even less..kira2 1,8 literan.

Tapi seenggaknya, kita udh berusaha engga loss di pengisian awalannya...
:mky_01:

Oia, emang udh yakin kalo itu ditarik mentok? Bisa diliatin lagi deh, kebanyakan sih hanya ngangkatin / narikin tuasnya dikit, klik sekali gitu.. malah kalau dia tinggal, bagus tuh, kita bisa tarik lagi tuasnya sampai pol.

Tapi nariknya harus liat jenis nozzle nya om...

Coba liat disini,

Kalau Nozzlenya kayak gini:
Image

penahan nya ada di bawah om, yang dilingkarin itu. Disitu keliatan banget. Tinggal angkat tuasnya, jari telunjuk om nggeser penahannya ke arah moncong nozzle.

Kalo nozzle nya kayak gini:
Image

penahannya ada di belakangnya yang ane lingkarin itu om..
Om harus narik lagi tuasnya di posisi belakang itu. Kalau nariknya di posisi seperti gambar pertama, dijamin nozzlenya langsung berhenti.
Pegang bagian belakangnya, tarik aja pelan pelan, klik kedua, klik ketiga.

Nah, silakan rasakan sendiri perbedaan kucuran bensinnya.. :big_peace:





Ni kok jadi ke pengisian bensin yak?!?!
:big_slap:
:big_slap:
:big_slap:
:big_slap:
behh.. sadis.. pantes aja kadang suka mikir kok ini mobil saya misal 2bar baru, tapi di SPBU A isi full tank bisa 140rb, SPBU B isi full tank 150rb.. taunya gitu toh.. enw soal oot, ini yg saya suka dari serayamotor, di threadnya nggak terlalu kaku, bisa oot sedikit hihihi :big_peace: nice info om, thx a lot :cupss:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by andy1800 »

VanzMatic wrote:
iamwewe wrote:-cut-
wew.. baru tau saya ginian om vanz.. biasa sih saya minta isi bensin: penuh ya pak. dia colok, abis itu ditarik pentok, trus ditinggal sama petugasnya, dia layanin mobil2 lain. pas punya saya udh bunyi klik, dia baru balik ke tmpt saya, trus dia manual deh ngisinya, kaya ditahan setengah jari nya dia gitu sampe penuh.

nah berarti kalo menurut om vanz, saya harusnya pas udh bunyi klik ya stop aja gitu ngisinya. karena yg pas dia ngisi manual nahan setengah jari dia gitu, kucuran bensin ngucurnya sdkt, tapi di layar tetep hitungnya kucuran bensin normal. gitu yak?
Kalo nda salah inget, kata kakak teman yang ambil S2 di Jepang sana, disana modelnya gitu om. Kalo udh bunyi KLEK otomatis stop, ya sudah, engga ditambahin sampai ke mulut tangki.. Ini juga katanya siiih...
:mky_01:

Karena disini kebiasaan isi sampe full mulut tangki, yaa anggap aja loss kita ada di ngisi manualnya itu. Biasanya, antara CKLEK ampe full mulut tangki, sekira 2 literan kecil, or even less..kira2 1,8 literan.

Tapi seenggaknya, kita udh berusaha engga loss di pengisian awalannya...
:mky_01:

Oia, emang udh yakin kalo itu ditarik mentok? Bisa diliatin lagi deh, kebanyakan sih hanya ngangkatin / narikin tuasnya dikit, klik sekali gitu.. malah kalau dia tinggal, bagus tuh, kita bisa tarik lagi tuasnya sampai pol.

Tapi nariknya harus liat jenis nozzle nya om...

Coba liat disini,

Kalau Nozzlenya kayak gini:
Image

penahan nya ada di bawah om, yang dilingkarin itu. Disitu keliatan banget. Tinggal angkat tuasnya, jari telunjuk om nggeser penahannya ke arah moncong nozzle.

Kalo nozzle nya kayak gini:
Image

penahannya ada di belakangnya yang ane lingkarin itu om..
Om harus narik lagi tuasnya di posisi belakang itu. Kalau nariknya di posisi seperti gambar pertama, dijamin nozzlenya langsung berhenti.
Pegang bagian belakangnya, tarik aja pelan pelan, klik kedua, klik ketiga.

Nah, silakan rasakan sendiri perbedaan kucuran bensinnya.. :big_peace:





Ni kok jadi ke pengisian bensin yak?!?!
:big_slap:
:big_slap:
:big_slap:
:big_slap:

dlm bahasa lumrahnya di SPBU, ane biasa bilang: "sampai cetrek, gigi satu yak."
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by maskopat »

JESKONENG wrote:tadi sore di thamrin - sudirman membuntuti Teana baru, ternyata mobil kedutaan Amerika Serikat (CD 12 03), dan kalok no. 03 mgkn pejabat ranking ke-3 di kedutaan.. kok gak pake BMW/Merc ya ?
mobil pasangan resmi dubes kali om... :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by andy1800 »

sygnya bro everster ga pernah nongol lg yak.
pdhl pengen denger nih. reviewnya stlh pakai longterm. dah hampir 2 th nih teana nya.

infinity FX nya jg dah saatnya diulas lg
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
everester
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: Sat May 29, 2010 2:49

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by everester »

halo pak Andy...

:cupss:
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by andy1800 »

pdhl ane manggil2nya dah teriak kenceng loh, tetep aja lama bener nolehnya, pak everester :off_lazy: hahaa
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by iwang »

pernah disupirin teana baru, jalan sama temen, duduk blakang, enak, empuk, mesin juga enak (v6) , cuman ya itu inteliornya terang.beige, kebayang dekil dan leceknya dah kalo ga ati2
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by andy1800 »

secara general, bisa disimpulkan utk passenger car nya, Nissan mmg mengutamakan keempukan suspensi ya?
ada siiih yg stiff jg klo utk kelas berat kaya GTR gitu.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by maskopat »

andy1800 wrote:secara general, bisa disimpulkan utk passenger car nya, Nissan mmg mengutamakan keempukan suspensi ya?
ada siiih yg stiff jg klo utk kelas berat kaya GTR gitu.
bernah test jalan om pake GTR? :e-pray:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by Abu2 »

serena GTR?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by andy1800 »

maskopat wrote:
andy1800 wrote:secara general, bisa disimpulkan utk passenger car nya, Nissan mmg mengutamakan keempukan suspensi ya?
ada siiih yg stiff jg klo utk kelas berat kaya GTR gitu.
bernah test jalan om pake GTR? :e-pray:
kenapa tidak? :e-pray:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by maskopat »

andy1800 wrote:
maskopat wrote:
andy1800 wrote:secara general, bisa disimpulkan utk passenger car nya, Nissan mmg mengutamakan keempukan suspensi ya?
ada siiih yg stiff jg klo utk kelas berat kaya GTR gitu.
bernah test jalan om pake GTR? :e-pray:
kenapa tidak? :e-pray:
review dong om... kenyamanan, handling, akselerasi, deselerasi...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by andy1800 »

maskopat wrote:
andy1800 wrote:
maskopat wrote: bernah test jalan om pake GTR? :e-pray:
kenapa tidak? :e-pray:
review dong om... kenyamanan, handling, akselerasi, deselerasi...
selowww z...
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
everester
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: Sat May 29, 2010 2:49

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by everester »

Image

Serena GTR - The Family Sports Car :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
everester
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: Sat May 29, 2010 2:49

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by everester »

andy1800 wrote:pdhl ane manggil2nya dah teriak kenceng loh, tetep aja lama bener nolehnya, pak everester :off_lazy: hahaa
maklum pak, kuping sudah mulai congek nih :ungg:
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
King Joe
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Oct 12, 2012 5:31
Location: Di hatimu

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by King Joe »

My first post.. Permisi nubie Numpang tanya...

Teana tu bisa dikasi pertamax? Atau harus P+?

Sy ada rencana minang teana cuma kota tempat saya tinggal cuma ada SPBU pertamina dan mentok di pertamax.. G ada yg jual pertamax plus
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by andy1800 »

King Joe wrote:My first post.. Permisi nubie Numpang tanya...

Teana tu bisa dikasi pertamax? Atau harus P+?

Sy ada rencana minang teana cuma kota tempat saya tinggal cuma ada SPBU pertamina dan mentok di pertamax.. G ada yg jual pertamax plus
yg mau dipinang Teana yg brp cc? model yg mana?
tp mau model lama yg bykan beredar adlh J31 2300cc 230JM ataupun model baru J32 2500cc 250XV, klo ga salah pakainya kan mesin VQ23DE, yg baru VQ25DE. itu kompresi msh dibawah 10... 9.6 smpe 9.8 lah. klo menengok dr faktor kompresi aja, antara 9-10 tsb mintanya ron dibwh 92 aja. pertamax cukup, gak hrs plus. bahkan terpaksanya premium sesekali jg gpp.
klo tega mau premium terus, utk mesin dbwh kompresi 10 nissan tu bisa minta ke beres utk disetting ecu nya pakai Consult, mgkin parameter voor nya pengapian kali, diset supaya oke-oke aja klo minum ron 88. ngelitik? ya tetep ada skali2 klo blm biasa, tp lama2 telinga n kaki bs menyesuaikan supaya ngegasnya ngurut jd gak ngelitik lg. tp klo ecu dah disetting premium, trus dikasih pertamax ya mlh jd srg ngelitik jg atau gak enak idle nya.

klo yg lama 350JM 3500cc mesin VQ35DE itu barulah kompresi diatas 10.
yg baru 350XV ga dijual sm NMI kan ya?

yg lbh bikin concern tu sebenernya lbh pada kebersihan BBM nya itu. tanki SPBU nya seberapa bersih. supaya aman tentram mgkin perlu srg bersih2 jalur injektor. klo perlu agak srg check/ganti saringan bensin.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
King Joe
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Oct 12, 2012 5:31
Location: Di hatimu

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by King Joe »

andy1800 wrote:yg mau dipinang Teana yg brp cc? model yg mana?
tp mau model lama yg bykan beredar adlh J31 2300cc 230JM ataupun model baru J32 2500cc 250XV, klo ga salah pakainya kan mesin VQ23DE, yg baru VQ25DE. itu kompresi msh dibawah 10... 9.6 smpe 9.8 lah. klo menengok dr faktor kompresi aja, antara 9-10 tsb mintanya ron dibwh 92 aja. pertamax cukup, gak hrs plus. bahkan terpaksanya premium sesekali jg gpp.
klo tega mau premium terus, utk mesin dbwh kompresi 10 nissan tu bisa minta ke beres utk disetting ecu nya pakai Consult, mgkin parameter voor nya pengapian kali, diset supaya oke-oke aja klo minum ron 88. ngelitik? ya tetep ada skali2 klo blm biasa, tp lama2 telinga n kaki bs menyesuaikan supaya ngegasnya ngurut jd gak ngelitik lg. tp klo ecu dah disetting premium, trus dikasih pertamax ya mlh jd srg ngelitik jg atau gak enak idle nya.

klo yg lama 350JM 3500cc mesin VQ35DE itu barulah kompresi diatas 10.
yg baru 350XV ga dijual sm NMI kan ya?

yg lbh bikin concern tu sebenernya lbh pada kebersihan BBM nya itu. tanki SPBU nya seberapa bersih. supaya aman tentram mgkin perlu srg bersih2 jalur injektor. klo perlu agak srg check/ganti saringan bensin.
Rencananya Yg versi 250 XV Pak..

Pas ngobrol sm sales nya, tanya soal harga and diskon...
Di kota saya, Harganya 510.. Dpt diskon 20jt + KF V kool 60% samping and 20% depan.

Trus Iseng tanya sales nissan jakarta, nissan jaksel kalo gak salah, dpt hrg 496.. Diskon 25jt.. Tp hrs punya KTP jakarta

Jauhhhh amat beda hrgnya....
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by andy1800 »

ic. the brand new :off_good_job:
jd total selisih deal price akan mencapai 19 jtan? gede juga ya.
dimana? sumbar-riau kah?...klo msh di jatim2 aja, max price list 505 jtan. sdgakn klo kalimantan-sulawesi dah diatas 525 jtan.
klo merk2 lain yg sekelas selisihnya akan segitu jg gak disana?

anyway knp milihnya Teana? gak prefer Accord atau Camry misalnya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image