Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote:betul menner... selaen carb jet itu agak abrasif... keseringan dipakai jg tidak bagus karena rontokan2 kerak tsb masih dalam ukuran besar... dan apalagi biasanya shabis di semprot carb jet tsb, mesin di hajar2 dgn rpm tinggi... resiko bikin baret jg cukup tinggi tuh di dinding mesin... tp tenang aja, bentar lagi ritual carb jet dan sejenis nya bakal kaga laku, scara mobil2 uda wajib pertamax
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
nah bearti carbon spirit jg termasuk abrasif lebi parah dari carb jet yah meenner... kan di claim bisa rontokin kerak yg uda tebel skalipun...
btw knapa tiap beres skrg pake tuh carbjet utk servis berkala mereka yahh.. malah kalo di nissan itu uda "diwajibkan" ama SA nya utk tiap kali servis berkala...
tapi kan tetap aja perlu cleaner juga. bisa jadi ECU salah ngasih timing pembakaran, yang mengakibatkan nglitik. tetap aja jadi penumpukan carbon di ruang bakar yang perlu di-purging... cmiiw.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC wrote:btw SL nya om kopat perna di purging atau carb jet ??
purging kayaknya gak pernah. yang pernah oversized dan ganti piston...
kalo bersihin karburator, ane pake carburetor cleaner. trus disemprot di karbu. tapi ini jarang juga ane lakuin.
paling 2x ganti oli, ane minta tune up sekalian.
waktu miara kijang super sih, sering semprot sendiri. kalo udah brebet2, mulai bersih2 karbu...
tapi bener lho, yang ane rasa, mobil tua itu lebih gampang ngerawatnya dan lebih bandel terhadap kerusakan...
oli pake prima xp, oli gardan dan perseneling pake rored. brebet, tinggal semprot karbu...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
kijang super box ane malah cuman modal ganti oli pake mesran, ganti busi tiap 15 rebu, stel karbu kalo uda mulai ga ada tenaga doank... uda cuman itu doank... odo nya aja uda ga jlas berenti di angka brapa.. kaga rese kaya mobil2 skrg..
mangkenye om dohc.. seperti ane bilang, mobil sekarang tuh teknologinya buat nyusahin penggunanye aje... rewel, banyak maunya..
harus pake oli spek tinggi, gak boleh kecipratan aer...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
tapi om dohc, kalo minyak diesel sudah euro 4 semua, kayaknya panther ente semua harus ganti mesin deh...
secara yang ane denger nih, kalo minyak diesel modern gak cocok untuk mesin diesel jadoel....
kayak mesin bensin jadoel, bisa bermasalah pake bensin tanpa timbal... tapi untungnya rasio kompresi SL ane kecil banget. jadi gak masalah pake yang tanpa timbal....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ga cocok karena kurang sulphur yah om... kalo yg ane denger sehh emang gt katanya... scara sulphur itu berguna melumasi plunger di sistem supply solar utk diesel2 jadul kaya d panther, atau elsape... solusi nya sehh tinggal campur aditif doank atau oli 2tak yg low smoke... ujung2 nya yahh tetep aja diesel jadul masi bisa beradaptasi ama minyak solar generasi baru..
btw kalo uda jaman minyak diesel std euro 4 di terapkan di indo mahh uda kburu panther ane jadi kaleng bekas kali tuh... lah mo standard euro 2 aja ampe skrg blom jadi gt...
DOHC wrote:nah bearti carbon spirit jg termasuk abrasif lebi parah dari carb jet yah meenner... kan di claim bisa rontokin kerak yg uda tebel skalipun...
btw knapa tiap beres skrg pake tuh carbjet utk servis berkala mereka yahh.. malah kalo di nissan itu uda "diwajibkan" ama SA nya utk tiap kali servis berkala...
mangkanya hanya dipakai dengan interval "berkala", bukan suka-suka
mungkin sudah diperhitungkan, dengan jarak segitu, perbandingan kotoran dan daya kikis cleaner-nnya sudah pas
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC wrote:ga cocok karena kurang sulphur yah om... kalo yg ane denger sehh emang gt katanya... scara sulphur itu berguna melumasi plunger di sistem supply solar utk diesel2 jadul kaya d panther, atau elsape... solusi nya sehh tinggal campur aditif doank atau oli 2tak yg low smoke... ujung2 nya yahh tetep aja diesel jadul masi bisa beradaptasi ama minyak solar generasi baru..
DOHC wrote:btw kalo uda jaman minyak diesel std euro 4 di terapkan di indo mahh uda kburu panther ane jadi kaleng bekas kali tuh... lah mo standard euro 2 aja ampe skrg blom jadi gt...
betul...itulah faktanya...
makanya buat pemerintah/pertamina, mau ganti diesel fuel 100% euro2 atau yg sulphurnya rendah, jadi pilihan sulit dan simalakama.... secara mesin diesel yang beredar di indonesia masih butuh sulfur
jadi, solusinya pelan-pelan...seleksi alam gitu loh
maksudnya, mobil diesel baru (thn 2007 up) sudah musti euro2...
kelak, 10-15 tahun lagi saat mesin diesel non euro sudah non-aktif, barulah seluruh bahan bakar diperbarui spek-nya...cmiiw
kasusnya mirip-mirip sama dengan motor 2 tak vs 4 tak
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC wrote:nah bearti carbon spirit jg termasuk abrasif lebi parah dari carb jet yah meenner... kan di claim bisa rontokin kerak yg uda tebel skalipun...
btw knapa tiap beres skrg pake tuh carbjet utk servis berkala mereka yahh.. malah kalo di nissan itu uda "diwajibkan" ama SA nya utk tiap kali servis berkala...
mangkanya hanya dipakai dengan interval "berkala", bukan suka-suka
mungkin sudah diperhitungkan, dengan jarak segitu, perbandingan kotoran dan daya kikis cleaner-nnya sudah pas
rasanya menurut saya aman2 saja, memang rontok keraknya, tapi terbuang ke pembakaran. Justru, dengan cara ini, harus digunakan beberapa kali dengan interval tune up berkala, sampai asap pembuangan bersih, nah setelah itu tidak perlu digunakan kembali...
carb jet dan sejenisnya digunakan jika diperlukan, bukan utk servis berkala...
maskopat wrote:mangkenye om dohc.. seperti ane bilang, mobil sekarang tuh teknologinya buat nyusahin penggunanye aje... rewel, banyak maunya..
harus pake oli spek tinggi, gak boleh kecipratan aer...
Ibaratnya power window kalo kena air se ember ya rusak vs sistem engkol - tp bukan berarti bikin susah. Kalo power window rusak ya repot perbaikinya sekali2 - tapi sehari2 tangan santai. Kalo engkol tiap hari...ya...ngengkol terus. Rusak sih nggak..tp nyaman juga nggak.
maskopat wrote:mangkenye om dohc.. seperti ane bilang, mobil sekarang tuh teknologinya buat nyusahin penggunanye aje... rewel, banyak maunya..
harus pake oli spek tinggi, gak boleh kecipratan aer...
Ibaratnya power window kalo kena air se ember ya rusak vs sistem engkol - tp bukan berarti bikin susah. Kalo power window rusak ya repot perbaikinya sekali2 - tapi sehari2 tangan santai. Kalo engkol tiap hari...ya...ngengkol terus. Rusak sih nggak..tp nyaman juga nggak.
enakan engkol lah. tangan olah raga. apalagi kalo berat. bisa kaya ade rai lengan ane...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Innova D4D tahun 2010 bulan 2.....KM.680 (service 1000 aja blom)
bakal jadi barang koleksi nih kayaknya...
hahaha.....iya bro maskopat, ini mobil keluarnya cuma sabtu, minggu dan hari libur lainnya, kalo hari biasa pake ipah bensin (kebalik yak seharusnya hari2 pake diesel)
Innova D4D tahun 2010 bulan 2.....KM.680 (service 1000 aja blom)
bakal jadi barang koleksi nih kayaknya...
hahaha.....iya bro maskopat, ini mobil keluarnya cuma sabtu, minggu dan hari libur lainnya, kalo hari biasa pake ipah bensin (kebalik yak seharusnya hari2 pake diesel)
Hemm...
memang aneh....
Tapi bisa dimengerti koq...
Lha wong mobil anyar, ya pasti lebih disayang....
DOHC wrote:nah bearti carbon spirit jg termasuk abrasif lebi parah dari carb jet yah meenner... kan di claim bisa rontokin kerak yg uda tebel skalipun...
btw knapa tiap beres skrg pake tuh carbjet utk servis berkala mereka yahh.. malah kalo di nissan itu uda "diwajibkan" ama SA nya utk tiap kali servis berkala...
mangkanya hanya dipakai dengan interval "berkala", bukan suka-suka
mungkin sudah diperhitungkan, dengan jarak segitu, perbandingan kotoran dan daya kikis cleaner-nnya sudah pas
rasanya menurut saya aman2 saja, memang rontok keraknya, tapi terbuang ke pembakaran. Justru, dengan cara ini, harus digunakan beberapa kali dengan interval tune up berkala, sampai asap pembuangan bersih, nah setelah itu tidak perlu digunakan kembali...
carb jet dan sejenisnya digunakan jika diperlukan, bukan utk servis berkala...
nah tuh...sudah ditambahi infonya sama pak poetic
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking