istilah bengkel aja, sori klo misleading. "1 mata" seperti di gbr yg gw attach bro.eNeR wrote:maksudnya 1 ini bagaimana? kalau 1 pasang (2 gigi) itu wajar, kalo cuma 1 gigi kyaknya gak mungkin deh, coba liat rantaimu sekali lg, kan dirantai ada yg di dalam dan diluar,yoyoyo wrote:setelah longgar banget ngga bisa ditarik lagi, gw buang 2 mata (1 mata juga bisa, tergantung rekomen bengkelnya)
rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
sjamsul wrote:saat ganti rante, ane tanya ama pemilik bengkelnye kenapa rante ane sering kendor. Trus dia jawab kemungkinannye tuh mtr sering ditarik2, shg membuat rante jadi cepat kendor. Ane pikir2 emang benar juga, krn ane bawanye suka ditarik2 tuh mtr, krn pengaruh dari knalpot yg bacotnye agak kenceng. Jadi ane maklumin aja klo rante di mtr ane sering kendor, makanye ane ganti ama yg lbh lebar rantenye. Mudah2an dg cara pake yg sama tuh rante kaga gampang kendor.
lho....oom sjamsul beda sendiri ya bawa motornya?

klo sy biasanya d naekin trus d gas........bukan d tarik kmana2.......cape atuh....




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jun 18, 2008 7:51
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
sedikit sharing mengenai rante dan sprocket sepeda motor : ( kebetulan bidang saya mengimport item2 ini)
1. Kemasan Astra (AHM) tidak menjamin kualitas barang orisinil. Klo memang yang bro sjamsul beli orisinil dari AHM, kualitasnya top dan tahan lama. Tapi, sekarang byk pemalsuan, yg menjadi sasaran utama adalah produk2 AHM. Sepengetahuan saya, cukup banyak importir dan reseller lokal yg mengemas ulang barang abal2 dari cina dengan kemasan AHM maupun Aspira, bahkan Indopart. Tentunya mereka mengemas dengan rante+sprocket berkualitas rendah sekali.
2. Banyak yg meniru kemasan asli Honda maupun AHM.Jadi end user harus teliti sekali, walaupun mereknya berbeda, tetapi dibuat warna dibuat sama dan hurufnya hanya beda 1 karakter.
3. Bengkel resmi seperti Ahass pun byk yg nakal dengan menjual barang "aspal". Saya sering mendengar cerita2 mengenai penjualan brang palsu ke bengkel Ahass. Untuk soal ini, sulit mengkonfirmasikan, karena penjual dan pembeli pun sama2 tertutup untuk menjaga kerahasiaan.
4. Untuk menjaga keawetan rantai dan sprocket, selain pelumasan rantai, harus diperhatikan kinerja part2 laen yg berhubungan dengan sentrisnya putaran roda seperti Bearing/laher, karet tromol dll yg dapat menyebabkan roda oblak. Seperti contoh : Bila bearing sudah mulai oblag, yang akan menjadi korban adalah rante dan sprocket krn pada saat roller rantai menarik ujung gigi sprocket, kondisi oblag menyebabkan penyebaran tekanan pada permukaan sprocket tidak sama.
5. Rantai kendor ada 3 faktor utama:
a. Ada banyak kasus rante kendor, sebenarnya bukan disebabkan kualitas material rantai itu jelek. Pada saat selesai assembling komponen rantai yaitu link plate, roller, bush dan pin menjadi rantai, rantai biasanya akan ditarik dengan beban tertentu, misal 1 ton untuk "mengencangkan" assembly tsb biar jarak renggang antar komponen menjadi rapat. Nah banyak pabrik yg hanya menarik beban kecil. Jadi setelah dipasang pada motor, rantai akan mendapat beban tarikan yg alami sehingga molor. Solusinya ya potong mata seperti yg sudah di kemukakan SM-er lainnya.
b. Keausan akibat pemakaian. Roller dan bush yg terus bergesek akan mengecil sehingga jarak antar komponen jadi renggang.
c. Material rantai yang digunakan berkualitas jelek, proses " hardening " tidak bisa mencapai hasil maksimal. Kualitas material jelek ini sering menyebabkan rante putus saat pemakaian. (link plate/ plat berbentuk angka 8, patah). Umumnya material ini dari carbon steel. Mata awam akan sulit sekali membedakan. Harus dites tingkat kekerasannya.
6. Kualitas sprocket dibedakan dari :
Material untuk sprocket juga dapat dibedakan dari material, proses pengerjaan dan kepresisian. Yang paling menentukan keawetan adalah material dan proses pengerjaan. Saat ini material yang terbaik adalah AHM. merk laen semuanya pake material murah dibawah AHM, termasuk I*d*p**t. Tingkat kekerasan / hardness suatu sprocket menentukan kuat tidaknya / tahan lama suatu sprocket. Cara tes paling baik dan praktis : Adu Ketok antara sprocket dengan sprocket ( yg diketok adalah bagian giginya), atau digergaji dengan gergaji besi (yg warna biru dan tipis). Setelah diketok akan ketahuan mana yg empuk dan mana yang keras.
Nah Silahkan dicoba.
Ada beberapa produk impor dari cina dgn merek lokal yang meningkatkan kekuatan sprocket dgn cara hardening pada sprocket belakang. FYI, sprocket depan sudah pasti hardening krn bebannya sangat berat. Solusi ini cukup membantu kantong cekak tetapi keawetan bisa lebih dari 1 thn.
Saran saya utk end user, harus sangat teliti dalam membeli produk2 asli Honda/AHM. sprocket dan rantai palsu susah dibedakan dengan mata awam, tapi kalo sudah terbiasa ngutak-ngatik motor, saat meraba permukaan sprocket dan rantai, kehalusan, ketajaman logam, hasil akhir dari barang palsu akan sangat berbeda dengan orisinil.
1. Kemasan Astra (AHM) tidak menjamin kualitas barang orisinil. Klo memang yang bro sjamsul beli orisinil dari AHM, kualitasnya top dan tahan lama. Tapi, sekarang byk pemalsuan, yg menjadi sasaran utama adalah produk2 AHM. Sepengetahuan saya, cukup banyak importir dan reseller lokal yg mengemas ulang barang abal2 dari cina dengan kemasan AHM maupun Aspira, bahkan Indopart. Tentunya mereka mengemas dengan rante+sprocket berkualitas rendah sekali.
2. Banyak yg meniru kemasan asli Honda maupun AHM.Jadi end user harus teliti sekali, walaupun mereknya berbeda, tetapi dibuat warna dibuat sama dan hurufnya hanya beda 1 karakter.
3. Bengkel resmi seperti Ahass pun byk yg nakal dengan menjual barang "aspal". Saya sering mendengar cerita2 mengenai penjualan brang palsu ke bengkel Ahass. Untuk soal ini, sulit mengkonfirmasikan, karena penjual dan pembeli pun sama2 tertutup untuk menjaga kerahasiaan.
4. Untuk menjaga keawetan rantai dan sprocket, selain pelumasan rantai, harus diperhatikan kinerja part2 laen yg berhubungan dengan sentrisnya putaran roda seperti Bearing/laher, karet tromol dll yg dapat menyebabkan roda oblak. Seperti contoh : Bila bearing sudah mulai oblag, yang akan menjadi korban adalah rante dan sprocket krn pada saat roller rantai menarik ujung gigi sprocket, kondisi oblag menyebabkan penyebaran tekanan pada permukaan sprocket tidak sama.
5. Rantai kendor ada 3 faktor utama:
a. Ada banyak kasus rante kendor, sebenarnya bukan disebabkan kualitas material rantai itu jelek. Pada saat selesai assembling komponen rantai yaitu link plate, roller, bush dan pin menjadi rantai, rantai biasanya akan ditarik dengan beban tertentu, misal 1 ton untuk "mengencangkan" assembly tsb biar jarak renggang antar komponen menjadi rapat. Nah banyak pabrik yg hanya menarik beban kecil. Jadi setelah dipasang pada motor, rantai akan mendapat beban tarikan yg alami sehingga molor. Solusinya ya potong mata seperti yg sudah di kemukakan SM-er lainnya.
b. Keausan akibat pemakaian. Roller dan bush yg terus bergesek akan mengecil sehingga jarak antar komponen jadi renggang.
c. Material rantai yang digunakan berkualitas jelek, proses " hardening " tidak bisa mencapai hasil maksimal. Kualitas material jelek ini sering menyebabkan rante putus saat pemakaian. (link plate/ plat berbentuk angka 8, patah). Umumnya material ini dari carbon steel. Mata awam akan sulit sekali membedakan. Harus dites tingkat kekerasannya.
6. Kualitas sprocket dibedakan dari :
Material untuk sprocket juga dapat dibedakan dari material, proses pengerjaan dan kepresisian. Yang paling menentukan keawetan adalah material dan proses pengerjaan. Saat ini material yang terbaik adalah AHM. merk laen semuanya pake material murah dibawah AHM, termasuk I*d*p**t. Tingkat kekerasan / hardness suatu sprocket menentukan kuat tidaknya / tahan lama suatu sprocket. Cara tes paling baik dan praktis : Adu Ketok antara sprocket dengan sprocket ( yg diketok adalah bagian giginya), atau digergaji dengan gergaji besi (yg warna biru dan tipis). Setelah diketok akan ketahuan mana yg empuk dan mana yang keras.
Nah Silahkan dicoba.
Ada beberapa produk impor dari cina dgn merek lokal yang meningkatkan kekuatan sprocket dgn cara hardening pada sprocket belakang. FYI, sprocket depan sudah pasti hardening krn bebannya sangat berat. Solusi ini cukup membantu kantong cekak tetapi keawetan bisa lebih dari 1 thn.
Saran saya utk end user, harus sangat teliti dalam membeli produk2 asli Honda/AHM. sprocket dan rantai palsu susah dibedakan dengan mata awam, tapi kalo sudah terbiasa ngutak-ngatik motor, saat meraba permukaan sprocket dan rantai, kehalusan, ketajaman logam, hasil akhir dari barang palsu akan sangat berbeda dengan orisinil.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
doq wrote:sjamsul wrote:saat ganti rante, ane tanya ama pemilik bengkelnye kenapa rante ane sering kendor. Trus dia jawab kemungkinannye tuh mtr sering ditarik2, shg membuat rante jadi cepat kendor. Ane pikir2 emang benar juga, krn ane bawanye suka ditarik2 tuh mtr, krn pengaruh dari knalpot yg bacotnye agak kenceng. Jadi ane maklumin aja klo rante di mtr ane sering kendor, makanye ane ganti ama yg lbh lebar rantenye. Mudah2an dg cara pake yg sama tuh rante kaga gampang kendor.
lho....oom sjamsul beda sendiri ya bawa motornya?![]()
klo sy biasanya d naekin trus d gas........bukan d tarik kmana2.......cape atuh....![]()
![]()
![]()







-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
@ESF:
mungkin yg ane beli di ahass itu brg palsu yah. Jadi ane agak binun neh mo beli dimana yg benar2 asli. Ada saran?. tengkyu.
mungkin yg ane beli di ahass itu brg palsu yah. Jadi ane agak binun neh mo beli dimana yg benar2 asli. Ada saran?. tengkyu.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
di Bandung sih, ada AHASS yang lega pajang sparepart palsu & asli (side by side) , memang sih perbedaannya di detail packaging.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
agar supaya konsumen bisa membedakan antara yg asli n palsu. good.yoyoyo wrote:di Bandung sih, ada AHASS yang lega pajang sparepart palsu & asli (side by side) , memang sih perbedaannya di detail packaging.


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
juga yg murah dan mahal, xe xe xesjamsul wrote:agar supaya konsumen bisa membedakan antara yg asli n palsu. good.yoyoyo wrote:di Bandung sih, ada AHASS yang lega pajang sparepart palsu & asli (side by side) , memang sih perbedaannya di detail packaging.![]()
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
ada cara jitu bwat ngatasin bantalan karet teromol yg udah rada "oblak" alias uda perlu d ganti
caranya tinggal ganjel pake karet dr ban dalem yg g kepake,d ukur n d potong sesuai kebutuhan......... ini bsa meminimalisir hentakan rante motor yg terjadi pd saat motor d gas.....ujung2nya bikin rante tambah awet lho

caranya tinggal ganjel pake karet dr ban dalem yg g kepake,d ukur n d potong sesuai kebutuhan......... ini bsa meminimalisir hentakan rante motor yg terjadi pd saat motor d gas.....ujung2nya bikin rante tambah awet lho


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
boleh2, good idea. Itung2 buat penghematan.....doq wrote:ada cara jitu bwat ngatasin bantalan karet teromol yg udah rada "oblak" alias uda perlu d ganti
caranya tinggal ganjel pake karet dr ban dalem yg g kepake,d ukur n d potong sesuai kebutuhan......... ini bsa meminimalisir hentakan rante motor yg terjadi pd saat motor d gas.....ujung2nya bikin rante tambah awet lho![]()


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
asal jangan d ganjel pake aki ya oom......
bukannya apa2.....cuma takut g muat aja

bukannya apa2.....cuma takut g muat aja





-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
pernah ga nt dengar berita klo ada orang nyang rambutnye ampe keriting, gara2 disetroom pake aki....................doq wrote:asal jangan d ganjel pake aki ya oom......
bukannya apa2.....cuma takut g muat aja![]()
![]()
![]()
![]()



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
rambut keriting gara2 d setroom pk aki??
lah!!!.............berarti oom nes......
................


lah!!!.............berarti oom nes......

................







-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
apakah rambut nt mo spt ituuuuu.............., nt tinggal sebut aja n datang ke tempat ane. Disene tersedia strooman aki nyang bisa bikin rambut nt spt mas bro nes ato klo badan nt lagi kaga enak ato kurang enak badan tinggal dateng aja, ntar ane bantuin setromin, pasti deh beressssss.........................doq wrote:rambut keriting gara2 d setroom pk aki??![]()
lah!!!.............berarti oom nes......![]()
................![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()






-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
kesetrum aki bisa bikin keriting rambut?
wah boleh juga tuh, soalnya emak juga pengin keriting, ntar disetrum aja beres dah, xe xe xe
wah boleh juga tuh, soalnya emak juga pengin keriting, ntar disetrum aja beres dah, xe xe xe
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
husss........... jadi pada OOT neh........... hehehe...........eNeR wrote:kesetrum aki bisa bikin keriting rambut?
wah boleh juga tuh, soalnya emak juga pengin keriting, ntar disetrum aja beres dah, xe xe xe
hayoo back to topic again, sebelon ditegor ama mods............. hehehe........

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
siap ndan, 86
ngemeng2 seumpama rantenya putus, dan beli lg, apakah juga harus beli 1 set?
ngemeng2 seumpama rantenya putus, dan beli lg, apakah juga harus beli 1 set?
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
poooaaannnnn anammmmm, dikopi gitu ganti.................... heheheeNeR wrote:siap ndan, 86
ngemeng2 seumpama rantenya putus, dan beli lg, apakah juga harus beli 1 set?
klo rante ampe putus sih amit2 deh, krn bisa bahaya.........
ane klo ganti rante spd mtr klo dah kaga bisa dikencengin lagi alias itu rante dah mulur (setelannya dah abis), jadi sebaiknya memang diganti 1 set ama gearnya........

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
Dilihat dulu kondisi gear-nya. Kalo dah pada runcing bin tajam, diganti sekalian sama gear-set-nya. Tapi kalo masih tumpul dan tebal, cukup rantenya aja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
klo sy biasa pake rumusan = 2 kali ganti rante, 1 kali ganti gear set(dpn-belakang)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
mmmm, gt yah...
aku kan ngelumasinnya pake oli baru, nah pas ngolesinnya yg diolesin yg penampang tengah atau yg samping (diliat dari belakang)?
kalo aku cuma melumasi di bagian tengah doank
aku kan ngelumasinnya pake oli baru, nah pas ngolesinnya yg diolesin yg penampang tengah atau yg samping (diliat dari belakang)?
kalo aku cuma melumasi di bagian tengah doank
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
betul juga yah. Ane biasanye klo rante dah abis setelannya, maka langsung ganti aja 1 set, tapi sekarang pikir2 dulu deh, itung2 buat penghematan. tengkyuTUFF Stough wrote:Dilihat dulu kondisi gear-nya. Kalo dah pada runcing bin tajam, diganti sekalian sama gear-set-nya. Tapi kalo masih tumpul dan tebal, cukup rantenya aja.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: rante spd mtr gampang kendor / cepat aus
nt pake yg asli ato aspiradoq wrote:klo sy biasa pake rumusan = 2 kali ganti rante, 1 kali ganti gear set(dpn-belakang)
