nescafe wrote:maxx wrote:nescafe wrote:hmm.. memang torsi GL 1.5 dan 1.8 beda jauh kah?

GL 1.5 >> Mesin HR15DE
Displacement = 1498cc
Bore x Stroke = 78 x 78.4
Compression ratio = 10.5 : 1
Max. output (PS/rpm) = 109 / 6000
Max Torque (Kgm/rpm) = 15.1 / 4400
GL 1.8 >> Mesin MR18DE
Displacement = 1798cc
Bore x Stroke = 84 x 81.1
Compression ratio = 9.9 : 1
Max. output (PS/rpm) = 126 / 5200
Max Torque (Kgm/rpm) = 17.7 / 4800
Torsi GL 1.5 >> 15.1/4400 sebenernya cukup besar .. tp gear ratio yg digunakan lebih diperuntukan buat track lurus (makanya bisa 200kph) tp sptnya terlalu halus u/ tanjakan >30 derajat dg beban full load mulai ditengah2 tanjakan.. pasti melorot, tp ga terlalu masalah kalo ambil ancang2 trus jaga putaran mesin 3000rpm
hmm.. i see,, it's a matter of gear ratio tho.. semakin jelas buat gw..
nah, apakah pada GL 1.8 gear rationya juga berkarakter se[erti GL 1.5 ini?
trimkasih pak maxx..

TRANSMISSION HR15DE MR18DE
A/T 4-speed A/T 4-speed A/T
Gear Ratios 1st 2.861 2.861
Gear Ratios 2nd 1.562 1.562
Gear Ratios 3rd 1.000 1.000
Gear Ratios 4th 0.697 0.697
Gear Ratios Rev. 2.310 2.310
Final Gear Ratio 4.072 4.072
M/T 5-speed M/T 6-speed M/T
Gear Ratios 1st 3.727 3.727
Gear Ratios 2nd 2.048 2.105
Gear Ratios 3rd 1.393 1.452
Gear Ratios 4th 1.029 1.171
Gear Ratios 5th 0.821 0.971
Gear Ratios 6th 0.811
Gear Ratios Rev. 3.545 3.687
Final Gear Ratio 4.067 3.933
Dilihat dari spec final gear ratio malah yg 1.8 lebih kecil.. tp krn torsi lebih besar dan bore lebih besar dari stroke maka bisa lebih nyaman untuk nanjak dari pada yg 1.5