Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Engine brake gak ngaruh kali ama kampas + pelat kopling, selama oli yang dipakai masih sesuai anjuran (oli dengan anti-slip kopling). Saat engine brake khan kopling masih dalam kondisi mencengkeram erat. Kecuali engine brake-nya sambil main2in kopling sekalian, baru deh tuh pelat + kampas kopling bakalan cepat habis.
Handy wrote:klo soal engine brake di mobil yang paling hebat tuh di F1. perhatiin deh klo nonton F1 turun giginya.
klo motor di GP500 2tak. jaman masih 500cc 2tak gw liat Biaggi di ujung trek lurus sepang dari gigi enam turun ke gigi 2 cuma dalam tempo 2 detik suara mesin nya mantap soalnya pas onboard camera jadi suaranya jelas bgt. coba klo motor or mobil harian gitu mungkin udah rontok kali gear box nya
ha3x...
ya lah bro..
tapi ada lagi pasti kita ngepot ga karuan..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Engine break perlu lah. Biar ga kebanyakan ngerem plus untuk jaga tenaga mesin tetap ngisi saat nge-gas lagi. Kalu ga diturunin ke gear rendah, saat akselerasi bukaan gas harus lebih besar. Ujung2nya bikin boros.
Betul jg seperti yg udah disebut di atas, perlu juga utk jalanan menurun. Apalagi turunan tajam. Biar aja mesin teriak sampe 3000rpm, yg penting mobil/motor ga sampe nyelonong khan? Lagipula ga ada masalah koq...
LowSpeed wrote:kalau motor di turunan curam, pasang gigi 1 ngandelin engine break, sampai knalpotnya kayak batuk2 keluar api sekali2, tapi jarang.
itu normal gak? keliatannya ruang bakar terlalu vakum kali , atau busi ikutan jerit ?
ane jg kadang ngalamin knalpot batuk2 pas lagi engine break, paling puter2 setelan angin udah ilang tuh batuk2nya, maklum secara motor masih carbu, mgkn ada yg bisa nambahin, monggo....
LowSpeed wrote:kalau motor di turunan curam, pasang gigi 1 ngandelin engine break, sampai knalpotnya kayak batuk2 keluar api sekali2, tapi jarang.
itu normal gak? keliatannya ruang bakar terlalu vakum kali , atau busi ikutan jerit ?
ane jg kadang ngalamin knalpot batuk2 pas lagi engine break, paling puter2 setelan angin udah ilang tuh batuk2nya, maklum secara motor masih carbu, mgkn ada yg bisa nambahin, monggo....
maksudnya gimana bro... apakah motor yang pake karbu konvensional walopun sudah diseting pas tetep batuk2 ? kalo injection gmn bro..? apakaah sudah perfect tanpa batuk ?
Engine brake tuh memperlambat laju kendaraan dengan mengandalkan turunnya rpm dari mesin saat gas dilepas/turun gear untuk memperingan kerja rem. Bisa diterapkan pada kendaraan roda-2 maupun roda-4 yang menganut sistem kopling (manual atau otomatis).
oo ic.
berarti emang sering g pake teknik ini donk ya tiap kali mo belok di turunan, dsb.
cm emang dasarnya newbie ga ngarti istilah engine brake.
thx bro infonya.
btw, kl terlalu sering mainin kopling setengah cepet rusak kampas kopling ya?
pdhl kl macet kan emang sering bgt mainin kopling.
======<<<PRIDES>>>====== ___Unbreakable Brotherhood Spirit___ [=[=[=[Running with the Dark Ray ]=]=]=]
engine brake klo buat sy pas lg perlu aja biasanya klo ada angkot yg tau2 ngerem dadakan didepan..lbh enakan engine brake ban ga ngunci..ga kya injek rem abis ban blkg bs ngepot.
Ada yg bs share Gimana cara engine break yg efektif? Pernah ada yg nyoba field test apakah dgn engine break bisa memperpendek jarak pengereman? Misal di trek lurus set titik braking. Kalo normal dg rem dpn blkg tanpa EB. Sekian meter tapi kalo dengan cara EB. Jadi sekian meter.
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.
coba aja, ngebut 100 km/h pake gigi 3 dibandingin ma ngebut 100 km/h pake gigi 4, trus ngerem mendadak, mana yang lebih enak? yak, itulah maksudnya engine brake,
Motor injeksi lebih enak lagi, engine brake nggak ada bensin yang dikeluarkan ke ruang bakar, jadi bensin tetep irit.
Manual lebih enak lagi EB-nya. Tinggal mainin tuas kopling aja tanpa perlu turunin gigi. Tuas kopling ditekan mesin nyelonong, dilepas baru EB-nya bekerja. Tinggal diatur dan dikombinasikan dengan rem tangan + kaki supaya EB-nya benar2 halus gak nyentak.
td aku uber2an bareng vega R, aku ada di depan terus, xe xe xe
trus yg jd masalah, td pas nikung ( leter L tp gak tajam) (aku pake gigi 4, 90kpj keatas kali ya? pokoknya td ada di kirasan 90kpj-100kpj), trus aku turunin langsung ke gigi 3+gas, alhasil mesin meraung keras (kira2 yg di vega cengar-cengir liat aku paksain mesin, padahal gak maksa, cuma turun gigi, xi xi xi), nah yang bikin aku penasaran, ada masalah gak ya? maksudnya mesinnya ntar kenapa-kenapa ato kagak ya?
bro, kira kira apa ada masalah di kemudian hari bila kita keseringan maenin EB?
trus barusan td pas udah gg 2 udah mau masuk gg 3 (60kpj), eh gak sengaja ng0per ke belakang (gigi 1), kira2 ntar ada efek negatif ke mesin kagak ya?
thanks sebelumnya
yang benar, jangan sampai bikin mesin teriak hingga redline. lebih mudah pada motor yang pake takometer. kalo yang gk pake takometer, dikira2. misal, gigi 2 biasanya maksimal 60, kalo engine brake ke gigi 2 maksimal kecepatannya 60, ato lebih rendah dari 60.
yang lebih bagus lagi (buat mesin), gak langsung pindah gigi begitu aja, tapi digas dulu (pas injak persneling/dikopling) kira2 kecepatan mesin mampu mengimbangi, jadi enggak ada hentakan, tapi setelahnya bisa mengurangi laju.