(ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
mesin xeniavanza relatif lebih bersih deh keraknya, secara kalo lewat tol rpmnya deket2 di 5000..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Saran saya, ngegebernya kalo Italian Tuning, gasnya diurut aja, jangan disentak-sentak.
Kalo emang lagi di tol / di jalan yang lengang, main di gigi 3 aja. Gigi satu sampe 3000rpm shift ke dua, gigi dua sampe 3000 rpm shift ke tiga, begitu di tiga diurut sampe 5500 rpm aja trus ditahan di situ selama beberapa menit, kalo emang ngerasa kurang kenceng & mau pindah ke 4, turunin RPM ke 3500-4000an aja dulu baru upshift ke empat. Karena kasian koplingnya kalo disuruh kerjakeras shifting diatas 5000RPM bisa cepet habis. Coba aja kalo pake mobil baru yang koplingnya jarang diajak olahraga, pasti kalo shifting diatas 5000RPM baunya ga keruan.
Kalo emang lagi di tol / di jalan yang lengang, main di gigi 3 aja. Gigi satu sampe 3000rpm shift ke dua, gigi dua sampe 3000 rpm shift ke tiga, begitu di tiga diurut sampe 5500 rpm aja trus ditahan di situ selama beberapa menit, kalo emang ngerasa kurang kenceng & mau pindah ke 4, turunin RPM ke 3500-4000an aja dulu baru upshift ke empat. Karena kasian koplingnya kalo disuruh kerjakeras shifting diatas 5000RPM bisa cepet habis. Coba aja kalo pake mobil baru yang koplingnya jarang diajak olahraga, pasti kalo shifting diatas 5000RPM baunya ga keruan.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
iya bro ddaru, kya accord wktu msh baru, baunya ga ketulung.. kalau saya di 6000 pada third gear..
ketinggian ya rpm nya?
ketinggian ya rpm nya?
Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
6000 cukup bro, ga perlu sampe redline kok, tahan aja 6000rpm di gigi 3 beberapa menit. Ati2 lho, konsentrasi, jangan kelamaan liat takometer & ga perhatiin jalan lho, hehehe....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
okeh bro! trimakasih! tapi saya ga konsen klo ngeliat mobil PJR polisi yang baru (mazda 6) lg ngebut, saya kejar dah.. hehehe..
karena saya naksir sama tuh mobil, klo ga mampu beli paling enggak buntutin aje.. hehehe...
karena saya naksir sama tuh mobil, klo ga mampu beli paling enggak buntutin aje.. hehehe...
Permisii
............................. 


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
lbh baik jgn d kejar bung.....nanti dipikir polisi kita lg balapan liar truz gantian kita yang dikejar, pake mazda 6 lagi...pasti ketangkapnya dong.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Menurut saya ga pasti ketangkep juga, kekejar mungkin iya, kalo ketangkep kayaknya engga juga, begitu dia ngejar udah mepet sama mobil kita, kita bales pepet aja tu mazda 6 punya polisi, dia paling2 takut keserempet. PJR begitu mah paling cocok buat ngawal pejabat, kalo buat kejar2an, polisi yang nyetir mazda 6 kalah mental, takut diserempet. Yang lebih mungkin ketangkep terutama kalo lagi ga di tol tu polisi yang ngejar pake RX-King, ngeri deh kalo dikejar polisi yang dah pake RX-King, hehehe....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
ya ga masalah kl polisi kejar kita pake rx king tp kita naik suzuki B-king yg mesinnya sama kayak punya suzuki hayabusa (1300cc) tp ditambahin supercharger.......bisa bayanginkan.....biar sama2 berakhiran "king" tp hasilnya kan tetap beda.....huahahahahaha 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Maksudnya kalo kita naek mobil dunk, sepinter-pinternya kita bawa mobil kalo kejebak keramaian lalulintas, polisi yang bawa motor pasti gampang nangkepnya. Kalo sama-sama naik motor mah lain cerita, kalo saya pake motor bebek kaya Supra X trus polisinya pake motor dinas Suzuki GSX-400 malah ga bisa ngejar tu polisi kalo saya nyempil2 trus masuk gang-gang sempit. (duh, maap jadi OOT, hehe)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
hehe.. bagus bro, ga rugi beli motor bebek.. udah hemat, bisa nyelip2 lg.. hehehe...
Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
weleh2 mulai OOT
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Yuk balik lagi ke topik...
Sekarang masalah bau hangus ni...
Mobil saya 2-2nya (Yaris E m/t & Swift ST a/t) suka bau hangus kalo saya upshift diatas 5000RPM, baunya sama persis. Menurut saya bau hangus kayak gitu karena mobil emang kondisinya masih tergolong baru & kopling belum sering diajak 'olahraga', tapi saya penasaran aja, harusnya kalo emang sering-sering upshift diatas 5000RPM tar lama-lama bau hangus gitu bakal ilang khan?
Tapi saya heran, Kijang LGX papa saya sejak awal kok ga pernah ngalamin bau hangus gitu ya?
Sekarang masalah bau hangus ni...
Mobil saya 2-2nya (Yaris E m/t & Swift ST a/t) suka bau hangus kalo saya upshift diatas 5000RPM, baunya sama persis. Menurut saya bau hangus kayak gitu karena mobil emang kondisinya masih tergolong baru & kopling belum sering diajak 'olahraga', tapi saya penasaran aja, harusnya kalo emang sering-sering upshift diatas 5000RPM tar lama-lama bau hangus gitu bakal ilang khan?
Tapi saya heran, Kijang LGX papa saya sejak awal kok ga pernah ngalamin bau hangus gitu ya?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
iya, punya saya juga muncul bau hangus kya bro ddaru, padahal mobilnya bukan mobil baru.. tapi klo shift di rpm 6000an muncul bau hangus..
Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Yaris saya nih sekarang yang saya perhatiin dah mulai berkurang baunya, sekarang baru keluar bau kalo di upshift mendekati 6000RPM. Saya coba sering pindah di 4500 sampe 5000 dah ga bau kayak dulu. Berarti bener nih, harus diajak olahraga tu kopling...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
klo saya susah buat ngajak olahraga, macet mlulu dsini..
pindah ke jogja ah.. hehehe..
pindah ke jogja ah.. hehehe..
Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Wah, saya di Jogja aja bisa kenceng cuma kalo malem. Pagi sampe sore jalannya rame terus.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
o'ya bro, waktu msh baru (yaris) ada perlakuan khusus thd mesinnya ga?
klo interval servis setiap berapa km? 10000?
klo interval servis setiap berapa km? 10000?
Permisii
............................. 


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Mon Aug 06, 2007 19:15
- Location: Bandung
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
hmm.. italian tuner dipake di motor bisa juga khan..?
barusan coba di bebek gw.. hasilnya........ biasa2 aja tuh, ga ada bedanya..
apa kurang tinggi rpm nya yah..
oya bro, klo italian tuning tp mobilnya ga dibawa jalan bisa engga? jd diem ditempat tp di gas ampe rpm 6000 gitu..?
barusan coba di bebek gw.. hasilnya........ biasa2 aja tuh, ga ada bedanya..

oya bro, klo italian tuning tp mobilnya ga dibawa jalan bisa engga? jd diem ditempat tp di gas ampe rpm 6000 gitu..?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
inreyen mah penting, masa penyesuaian semua komponen mesin.
biasanya masing-masing kendaraan punya torsi dan HP optimal pada rpm tertentu, menurut saya sih apabila mesin kendaraan tsb sering melakukan kerja optimal maka akan baik jadinya, begitu juga sebaliknya... kasus mobil sering jalan lancar dengan sering kena macet akan berbeda karakternya kelak... biasanya lebih awet dan enak dipakai kendaraan yang berjalan sering lancar daripada sering kena macet.
biasanya masing-masing kendaraan punya torsi dan HP optimal pada rpm tertentu, menurut saya sih apabila mesin kendaraan tsb sering melakukan kerja optimal maka akan baik jadinya, begitu juga sebaliknya... kasus mobil sering jalan lancar dengan sering kena macet akan berbeda karakternya kelak... biasanya lebih awet dan enak dipakai kendaraan yang berjalan sering lancar daripada sering kena macet.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Saya ga ada perlakuan khusus tu bro. Baru 500km dah saya bawa Jogja-Cilacap pulang pergi, ga ada kendala, sampe sekarang mesinnya masih mak nyus.nescafe wrote:o'ya bro, waktu msh baru (yaris) ada perlakuan khusus thd mesinnya ga?
klo interval servis setiap berapa km? 10000?
Kalo servis di bengkel resmi saya tiap 10000KM. Kmaren di KM 1000 udah, trus KM 10000 udah, skarang mobil saya baru 14000KM kok, tar 1000KM lagi ganti oli, kalo ganti olinya saya tiap 5000KM, tapi filter oli tiap 10000KM kayaknya gapapa. Kalo cuma ganti oli ga perlu ke bengkel resmi.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
ooh.. sip2 trimakasih! biasanya khan interval servis tiap 5000 km, tp skrg koq jd 10000 km, makanya saya nanya bro ddaru hehehe..
Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Yang penting tu olinya bro. Mobil kalo rajin ganti oli bakal awet mesinnya. Kalo sering kena macet, harus lebih sering lagi gantinya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
tapi inreyen dah ga ada keknya..
kemarin ada kunjungan ke yamaha, liat motor baru jadi..
baru selesai pasang.. langsung greeeeEEEEEEEEEEENNNGGGGGGgg!!!!!
kemarin ada kunjungan ke yamaha, liat motor baru jadi..
baru selesai pasang.. langsung greeeeEEEEEEEEEEENNNGGGGGGgg!!!!!
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Iya, kayaknya emang ga ada kok, palagi untuk mobil.
Sama salesnya dah langsung disuru ngegeber aja ga masalah. Di manual book ato buku servis juga ga ada aturan yang ngebahas masalah masa break-in. Tapi saya memang percaya kalo mesin butuh 'olahraga', jadi kadang emang bagus kalo kadang digeber di RPM tinggi. Kalo keseringan malah ga baek lho, tar cepet aus komponen2nya.
Sama salesnya dah langsung disuru ngegeber aja ga masalah. Di manual book ato buku servis juga ga ada aturan yang ngebahas masalah masa break-in. Tapi saya memang percaya kalo mesin butuh 'olahraga', jadi kadang emang bagus kalo kadang digeber di RPM tinggi. Kalo keseringan malah ga baek lho, tar cepet aus komponen2nya.