Gimana konsumsi bensin SX4?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Pke dalam kota terus ya bos? Dah ganti velg? Kalo ganti velg ya jadi lebih boros bos
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Sat May 05, 2007 5:48
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
di dalkot terus pakenya & modif audio doank bos....naldo wrote:Pke dalam kota terus ya bos? Dah ganti velg? Kalo ganti velg ya jadi lebih boros bos
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Wed Jul 09, 2008 6:37
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Kalo yang gw punya SX-4 A/T keluaran July 2008 . KM 1400an . Ratio 1:9,8 emang sih di awal masih 1:9,6 tapi udah diservis 1000 malah tambah irit dikit . Pemakaian sih banyakan di dalam kota en rawan macet . Gimana saran dari bro bro SM'ers ?
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Aug 26, 2008 0:03
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
SX4 gw CKD MT
Udah sebulan lebih gak gw reset, FC nya anteng di 11.7 tuh. Rutenya Kombinasi luar dan dalam kota (sekali ke Bandung lewat Cipularang).
Emang modif audio pengaruh ke FC ya? Padahal baru mo pasang power.
Udah sebulan lebih gak gw reset, FC nya anteng di 11.7 tuh. Rutenya Kombinasi luar dan dalam kota (sekali ke Bandung lewat Cipularang).
Emang modif audio pengaruh ke FC ya? Padahal baru mo pasang power.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Bro tapi mesin kompresi tinggi punya kelebihan FC lebih irit karena pembakaran lebih sempurna.. Cuma memang jadi mahal karena butuh bensin oktan tinggi..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jul 08, 2007 5:30
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Gue pake yaris 2008 matic rata rata dalam kota DPS 12.6km/l.........bagus gak ya?
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Ga di reset, ya terang aja manteng terus. Mau tau irit apa ga, tiap x isi bensin di reset...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
emangnya sx4 lebih kenceng dari jazz/yaris bos? (ini jujur beneran nanya soalnya belom pernah pake SX4, bukan mao memancing di air keruh kekeke....)naldo wrote:Mank jazz or yaris kompresinya segitu tinggi ya? Saya agak kurang yakin, bis mobilnya kurang narik... Apalagi yaris matic, menang di gigi 1 doang, abis itu, boyo... Jazz lemah di putaran rendah...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
SX4 AT gw konsumsi bensin 1:9.8 Km/L. Maklum... Tercatat di GPS, kalau berangkat itu satu jam, setengah jam berhenti, setengah jam jalan dengan kecepatan rata2 26 KpJ. Kalau pulang satu setengah jam, satu jam berhenti, setengah jam jalan dengan kecepatan rata2 sama. Itu juga gw campur dengan perjalanan ke rumah mertua yang lancar2 aja... Kalau gak tanpa reset MID bisa 1:8.8 Km/L cuma murni jalan dari kantor.
Ini mobil paling boros kalau lagi jalan pelan. Maklumlah, bobot kosongnya aja paling berat diantara mobil kompak lainnya.
Ini mobil paling boros kalau lagi jalan pelan. Maklumlah, bobot kosongnya aja paling berat diantara mobil kompak lainnya.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Aug 15, 2008 8:48
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Gw msh ga jelas nih..
Berapa FC SX4 gw?
Abis liat di MID pake yg real time berubah2 tp rata2 10 km/l, kok boros ya?
Kalo pake AVG sekitaran 11.4 ampe 11.8 km/l..
Kalo AVG itu setiap mau jalan perlu direset ga sih? atau dipanteng ajah terus?
Tapi kalau dipanteng terus kyknya angkanya ga beda2 jauh dari angka terakhir..
Bisa dipercaya ga sih nih MIDnya?
Berapa FC SX4 gw?
Abis liat di MID pake yg real time berubah2 tp rata2 10 km/l, kok boros ya?
Kalo pake AVG sekitaran 11.4 ampe 11.8 km/l..
Kalo AVG itu setiap mau jalan perlu direset ga sih? atau dipanteng ajah terus?
Tapi kalau dipanteng terus kyknya angkanya ga beda2 jauh dari angka terakhir..
Bisa dipercaya ga sih nih MIDnya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Kalo ada yang ga bisa ngalahin SX4 pake new jazz.. Sini ane pinjem jazznya buat ngalahin SX4.. secara teoritis bentuk bodi, power mesin dll.. Jazz diatas angin so kalau kalah dari sx4 cuma kalah nyali..qiqiqiqi Kompor mode : on
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
klo ente ane tantang ane pake soluna ente pake new jazz berani terima tantangan gue ga?aldy wrote:Kalo ada yang ga bisa ngalahin SX4 pake new jazz.. Sini ane pinjem jazznya buat ngalahin SX4.. secara teoritis bentuk bodi, power mesin dll.. Jazz diatas angin so kalau kalah dari sx4 cuma kalah nyali..qiqiqiqi Kompor mode : on
Gue di surabaya tp gue punya temen yg punya soluna di jakarta yg bisa ane pinjem,.Gmana?
Serius,.mau di ASAF atau di diponegoro bandung atau klo mau jalan lebih bagus lagi di by pass juanda surabaya?
Gerah gue denger omongan fanatisan kayak elu,.
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Irit gw akuin Jazz baru menang.. Kalo urusan performa, belom tentu... HP lebih gede belom tentu lebih kenceng... Jangan ngomong maticnya ya, gw akuin matic kurang kenceng di SX4... Kalo manual, gw berani adu performa...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Cuma mau kasih data, ini si diatas kertas ya, kebeneran ane koleksi brosur mobil.
1. Jazz lama (MK1) VTEC M/T (pake jazz lama, soalnya di brosur new jazz, ga ada ukuran beratnya)
Berat kosong = 1060kg
Tenaga = 110ps / 5800rpm
Torsi = 14,6 kgm / 4800rpm
Power-to-weight ratio = 9,63 (artinya 1 ps digunakan untuk membawa 9,63 kg)
2. SX4 M/T
Berat kosong = 1195kg
Tenaga = 100 ps / 6000rpm
Torsi = 13,6 kgm / 4000rpm
Power-to-weight ratio = 11, 95 (1 ps untuk membawa 11,95 kg)
3. Yaris E M/T
Berat kosong = 1035kg
Tenaga = 109 ps / 6000rpm
Torsi = 14,4 kgm / 4200 rpm
Power-to-weight ratio = 9,49 (1 ps untuk membawa 9,49 kg)
4. Swift (mesin sama dengan SX4)
Berat kosong = 1000 kg
Power-to-weight ratio = 10 (1 ps untuk membawa 10kg)
Semoga bisa memberi masukan yang berguna.
1. Jazz lama (MK1) VTEC M/T (pake jazz lama, soalnya di brosur new jazz, ga ada ukuran beratnya)
Berat kosong = 1060kg
Tenaga = 110ps / 5800rpm
Torsi = 14,6 kgm / 4800rpm
Power-to-weight ratio = 9,63 (artinya 1 ps digunakan untuk membawa 9,63 kg)
2. SX4 M/T
Berat kosong = 1195kg
Tenaga = 100 ps / 6000rpm
Torsi = 13,6 kgm / 4000rpm
Power-to-weight ratio = 11, 95 (1 ps untuk membawa 11,95 kg)
3. Yaris E M/T
Berat kosong = 1035kg
Tenaga = 109 ps / 6000rpm
Torsi = 14,4 kgm / 4200 rpm
Power-to-weight ratio = 9,49 (1 ps untuk membawa 9,49 kg)
4. Swift (mesin sama dengan SX4)
Berat kosong = 1000 kg
Power-to-weight ratio = 10 (1 ps untuk membawa 10kg)
Semoga bisa memberi masukan yang berguna.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
kalo dari data diatas logisnya seperti ini :
untuk keiritan BBM
pada rute dalkot teririt akan jadi milik yaris kemudian swift
dan pada performance
untuk rute dalkot, main di RPM rendah paling ideal yaris kemudian swift
tapi untuk rute tol, main di RPM tinggi paling ideal jazz atau yaris
semua analisis saya hanya berdasarkan data diatas yah
ketepatan analisis masih diperlukan tes real, karena masih banyak hal lain yang berpengaruh
untuk keiritan BBM
pada rute dalkot teririt akan jadi milik yaris kemudian swift
dan pada performance
untuk rute dalkot, main di RPM rendah paling ideal yaris kemudian swift
tapi untuk rute tol, main di RPM tinggi paling ideal jazz atau yaris
semua analisis saya hanya berdasarkan data diatas yah
ketepatan analisis masih diperlukan tes real, karena masih banyak hal lain yang berpengaruh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 348
- Joined: Mon May 19, 2008 4:17
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Kalo yang real time, itu PASTI berubah - ubah karena tergantung dari cara bro tarik gasnya.Prijek wrote:Gw msh ga jelas nih..
Berapa FC SX4 gw?
Abis liat di MID pake yg real time berubah2 tp rata2 10 km/l, kok boros ya?
Kalo pake AVG sekitaran 11.4 ampe 11.8 km/l..
Kalo AVG itu setiap mau jalan perlu direset ga sih? atau dipanteng ajah terus?
Tapi kalau dipanteng terus kyknya angkanya ga beda2 jauh dari angka terakhir..
Bisa dipercaya ga sih nih MIDnya?
Kalo AVG, itu rata2nya, dan yang AVG itulah yang paling real (bisa dijadikan patokan dengan rute yang loe lalui.
AVG ini boleh di-reset sesuai kebutuhan.
Misal, mau coba tol JKt-Bdg brp FC-nya, reset dulu, pas nyampe liat hasilnya.
Atau mau coba dalkot aja macet2an, coba reset lagi, cuma jangan kaget sama angkanya kalo cuma dibawa macet2an doank
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 348
- Joined: Mon May 19, 2008 4:17
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Mesin, mungkin OK (kalo seperti yang digembar-gemborkan), tapi kalo udah masalah track panjang, bukan cuma drag race, kestabilan itu sangat pengaruh bro.aldy wrote:Kalo ada yang ga bisa ngalahin SX4 pake new jazz.. Sini ane pinjem jazznya buat ngalahin SX4.. secara teoritis bentuk bodi, power mesin dll.. Jazz diatas angin so kalau kalah dari sx4 cuma kalah nyali..qiqiqiqi Kompor mode : on
Jazz di atas 140 udah kaya gempa di mobil. SX4 apalagi yang sedan sampe 170 masih anteng2 aja.
Jadi bukan cuma masalah nyali, tapi artinya semakin tinggi kec. jazz maka faktor angin semakin berpengaruh.
Nah kalo 0-100 mungkin jazz menang, karena bodynya yang kecil dan mesinnya juga cukup ok.
Jadi sebaiknya perhatikan juga faktor2 eksternal (kondisi jalan, angin, dll) bukan hanya mesin saja. Angin yang sama bisa memberikan efek yang berbeda pada tiap mobil (tergantung dari bentuk body dan kestabilan).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 348
- Joined: Mon May 19, 2008 4:17
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Betul bro, gw setuju.Midi_Amp wrote:SX4 AT gw konsumsi bensin 1:9.8 Km/L. Maklum... Tercatat di GPS, kalau berangkat itu satu jam, setengah jam berhenti, setengah jam jalan dengan kecepatan rata2 26 KpJ. Kalau pulang satu setengah jam, satu jam berhenti, setengah jam jalan dengan kecepatan rata2 sama. Itu juga gw campur dengan perjalanan ke rumah mertua yang lancar2 aja... Kalau gak tanpa reset MID bisa 1:8.8 Km/L cuma murni jalan dari kantor.
Ini mobil paling boros kalau lagi jalan pelan. Maklumlah, bobot kosongnya aja paling berat diantara mobil kompak lainnya.
Kalo dibawa diem2-an mobil ini emang agak boros
Kalau dalam kondisi jalan normal memang sama iritnya dengan yang lain, cuma kalo udah dibawa ke tempat yang macetnya berlebihan, emang kerasa agak boros.
Mungkin karena beratnya itu ya.
Cuma bingungnya kalo dah dibawa jalan koq jadi irit banget ya setara mobil2 kecil
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Bos, kalo diliat HANYA dari data diatas bukannya swift yg mustinya paling irit? secara beratnya paling enteng?evolution21 wrote:untuk keiritan BBM
pada rute dalkot teririt akan jadi milik yaris kemudian swift
Ini gw juga cuma liat dari angka diatas kertas doang lho ya, gak bener2 rasain realnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Kalo SX4 yg hatch gimana bos apakah sama kestabilannya dengan yg sedan? Yg sedan wajarlah lebih stabil kan belakangnya ada bagasi jadi menambah downforce. Soalnya gw jg yakin bahwa city pasti lebih stabil dari saudaranya jazz.ShadowLenZ wrote: Jazz di atas 140 udah kaya gempa di mobil. SX4 apalagi yang sedan sampe 170 masih anteng2 aja.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Memang SX4 lebih stabil di kecepatan tinggi ya karena bodynya yg plg berat itu & ban-nya yg plg lebar juga (205/60/R16), sedangkan jazz mk1 (185/55/R15), yaris & swift (185/60/R15). Tp suka ato nga, pemakaian ban lebih besar, (pasti) berpengaruh ke FC yg jd lbh boros. SX4 lebih lebar 2cm x 4 roda = menambah gesekan 8cm ke jalan.
Dan juga ukuran mobil bagus ato nga, bukan cm bisa nyaman di kec. 170 ato akselerasi 0-100 aja misalnya. Seberapa sering /lama si kita pake mbl (apalagi city car or mini MPV) di kec. segt??
Tapi yg jg penting adl bgmn handlingnya, remnya, stabilitasnya, FC-nya, kenyamanan-nya, kelegaan kabin, respon/kesigapan mesin, dll.
Nah yg susah bgmn membuat mobil yang bisa mengakomodasi semua itu dalam kondisi seimbang (ideal/balance), bukan lebih di salah satu sisi aja. Untuk urusan ini, saya pribadi masih megang Jazz (sy sendiri ngak punya jazz lho, pernah nyetir aja, malah rencana mau ambil yaris, soalnya new jazz mahal...hiks..hiks..).
KL SMers sering browse ke web2 luar, SX4 di luar mesinnya 2000cc, nga ada yg 1500. Jd agak2 underpower si SX4 yg disini. Apalagi mesin M15A yg dipake, teknologi dari thn 2002. Dan kebetulan di rmh jg ada Aerio, mau share aja, salah satu kelemahan dr mesin ini adl getaran mesin yang cukup besar.
regards,
Dan juga ukuran mobil bagus ato nga, bukan cm bisa nyaman di kec. 170 ato akselerasi 0-100 aja misalnya. Seberapa sering /lama si kita pake mbl (apalagi city car or mini MPV) di kec. segt??
Tapi yg jg penting adl bgmn handlingnya, remnya, stabilitasnya, FC-nya, kenyamanan-nya, kelegaan kabin, respon/kesigapan mesin, dll.
Nah yg susah bgmn membuat mobil yang bisa mengakomodasi semua itu dalam kondisi seimbang (ideal/balance), bukan lebih di salah satu sisi aja. Untuk urusan ini, saya pribadi masih megang Jazz (sy sendiri ngak punya jazz lho, pernah nyetir aja, malah rencana mau ambil yaris, soalnya new jazz mahal...hiks..hiks..).
KL SMers sering browse ke web2 luar, SX4 di luar mesinnya 2000cc, nga ada yg 1500. Jd agak2 underpower si SX4 yg disini. Apalagi mesin M15A yg dipake, teknologi dari thn 2002. Dan kebetulan di rmh jg ada Aerio, mau share aja, salah satu kelemahan dr mesin ini adl getaran mesin yang cukup besar.
regards,
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 261
- Joined: Sat Sep 20, 2008 10:37
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
@the takeshi : wah boros jg bro 1 : 9,8
"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."
- William Shakespeare
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."
- William Shakespeare
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 348
- Joined: Mon May 19, 2008 4:17
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Pernah coba M15Anya SX4 bro ??abenk80 wrote:Memang SX4 lebih stabil di kecepatan tinggi ya karena bodynya yg plg berat itu & ban-nya yg plg lebar juga (205/60/R16), sedangkan jazz mk1 (185/55/R15), yaris & swift (185/60/R15). Tp suka ato nga, pemakaian ban lebih besar, (pasti) berpengaruh ke FC yg jd lbh boros. SX4 lebih lebar 2cm x 4 roda = menambah gesekan 8cm ke jalan.
Dan juga ukuran mobil bagus ato nga, bukan cm bisa nyaman di kec. 170 ato akselerasi 0-100 aja misalnya. Seberapa sering /lama si kita pake mbl (apalagi city car or mini MPV) di kec. segt??
Tapi yg jg penting adl bgmn handlingnya, remnya, stabilitasnya, FC-nya, kenyamanan-nya, kelegaan kabin, respon/kesigapan mesin, dll.
Nah yg susah bgmn membuat mobil yang bisa mengakomodasi semua itu dalam kondisi seimbang (ideal/balance), bukan lebih di salah satu sisi aja. Untuk urusan ini, saya pribadi masih megang Jazz (sy sendiri ngak punya jazz lho, pernah nyetir aja, malah rencana mau ambil yaris, soalnya new jazz mahal...hiks..hiks..).
KL SMers sering browse ke web2 luar, SX4 di luar mesinnya 2000cc, nga ada yg 1500. Jd agak2 underpower si SX4 yg disini. Apalagi mesin M15A yg dipake, teknologi dari thn 2002. Dan kebetulan di rmh jg ada Aerio, mau share aja, salah satu kelemahan dr mesin ini adl getaran mesin yang cukup besar.
regards,
Jangan disamakan langsung lho..coba dulu yang SX4, di mana saat idle itu tenang sekali, dan JAUH di atas Jazz Idsi (kalo new jazz belum coba..he he)
Betul bro, justru faktor2 yang bro sebut di ataslah ada beberapa point SX4 masih menang (bukan semuanya).
Itulah mengapa di kec. tinggi Jazz lebih ga stabil.
Jangan dibandingkan dengan aerio semata bro, FYI, SX4 ini beda JAUH SEKALI dengan Aerio, baik dari segi akselerasi, kenyamanan, handling, getaran mesin, persneling, dll.
Oh ya, catatan record Neo Baleno yang (in theory) lambat berakselrasi juga ga bisa disebut lambat juga lho pada prakteknya.
Ini video gw sendiri, berisi 2 orang (86kg + 56kg), n FYI, gw coba ini di kompleks deket rumah gw, Batununggal, bukan di Jalan tol. So kalo rem ga bagus, dijamin tuh mobil dah nabrak trotoar karena jarak pengereman pendek sekali dan setalah drag gw masih harus belok sekali jadi karena dah mentok (ga bisa di-rem sampe berhenti karena emang jarak yang tersisa tinggal dikit). Kalo remnya ato handlingnya ga bagus, gw ga akan berani untuk drag di tempt tsb. he he.
http://www.youtube.com/watch?v=dBeEOfbB9us
Neo Baleno Standard, tanpa ubahan apapu, I.H.E juga standard, yang ga standard cuma pasang stiker dikit..ha ha
Oh ya, itu video kurang ok soalnya adek gw yang pegang hpnya, cewe..n ga stabil duduknya karena kena hentakan mobil.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 348
- Joined: Mon May 19, 2008 4:17
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Ga beda jauh bro, walau ada perbedaan (katanya).Risol1 wrote:Kalo SX4 yg hatch gimana bos apakah sama kestabilannya dengan yg sedan? Yg sedan wajarlah lebih stabil kan belakangnya ada bagasi jadi menambah downforce. Soalnya gw jg yakin bahwa city pasti lebih stabil dari saudaranya jazz.ShadowLenZ wrote: Jazz di atas 140 udah kaya gempa di mobil. SX4 apalagi yang sedan sampe 170 masih anteng2 aja.
City ga beda jauh soal kestabilan sama jazz. Malah di forum sebelah pernah ada yang bilang City di kec. 150-an udah limbung n kurang enak. Ingat bahwa Honda itu jago mesin, tapi masalah stabilitas belum tentu.
Saya bukan pembela produk Suzuki bro, dulu Escudo 1.6 juga IMHO masih kurang memuaskan. Tapi SX4 / SX4 Sedan ini emang MANTABH
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52
Re: Gimana konsumsi bensin SX4?
Udah pernah nyetir Neo Baleno om ShadowLenz...Kl mbl masih baru semua, sy yakin semua keheningannya krg lbh samalah. Ga bisa bedain kl ga pake alat. Baru ketahuan kl udah long term use.
Tipe mesin SX4 dan Aerio sama, sedikit-bnyk (pasti) mewarisi sifat2 yg lama. Oya, 1 pertanyaan saya, karena ga nemu di brosurnya, untuk maticnya SX4/neo baleno/swift udah pakai elektronik seperti: Grade Logic Control di Honda atau Super ECT di Toyota ga ya??
Seperti yg udah dibilang, yg susah adalah meracik komposisi yg pas untuk sebuah mbl jalanan (road car). Bukan cm kecepatan akselerasi 0-100 aja. 0-100 boleh kenceng, tp respon dan akselerasi pertengahannya lambat, percuma.
Ilustrasinya begini, Lambo Murcialago akselerasi 0-100 boleh menang dari Nissan GTR. Tp kl udah terjun ke sirkuit ato jalan biasa, dimana sebuah mobil dikerahkan semua kemampuannya secara utuh (baik itu mesin, transmisi, suspensi, chasis, dsb), GTR jauh lebih cepat dr Lambo. (note: GTR mengalahkan catatan waktu Lambo di sirkuit nurburging).
Oya ada tambahan info, di Tes Jalan Majalah Au**Bi**, New jazz matic 0-100= 10,5 dtk. Dan Yaris matic= 11,1dtk. Sayang Suzuki ga ada di komparasi.
Tipe mesin SX4 dan Aerio sama, sedikit-bnyk (pasti) mewarisi sifat2 yg lama. Oya, 1 pertanyaan saya, karena ga nemu di brosurnya, untuk maticnya SX4/neo baleno/swift udah pakai elektronik seperti: Grade Logic Control di Honda atau Super ECT di Toyota ga ya??
Seperti yg udah dibilang, yg susah adalah meracik komposisi yg pas untuk sebuah mbl jalanan (road car). Bukan cm kecepatan akselerasi 0-100 aja. 0-100 boleh kenceng, tp respon dan akselerasi pertengahannya lambat, percuma.
Ilustrasinya begini, Lambo Murcialago akselerasi 0-100 boleh menang dari Nissan GTR. Tp kl udah terjun ke sirkuit ato jalan biasa, dimana sebuah mobil dikerahkan semua kemampuannya secara utuh (baik itu mesin, transmisi, suspensi, chasis, dsb), GTR jauh lebih cepat dr Lambo. (note: GTR mengalahkan catatan waktu Lambo di sirkuit nurburging).
Oya ada tambahan info, di Tes Jalan Majalah Au**Bi**, New jazz matic 0-100= 10,5 dtk. Dan Yaris matic= 11,1dtk. Sayang Suzuki ga ada di komparasi.