update my Trajet experience:
kurang lebih sudah 1 bulan saya dan keluarga pakai Trajet XG A/T. Sejauh ini puas dg apa yg didapat dari harga segitu. FC reasonable di 1:7-7,5. Kenyamanan suspensi baik, ngga bikin penumpang mabok, saat menikung juga mantap (monocoque getu lho, ngga kayak mobil2 sejuta umat dari Tyt). Kenyamanan interior juga oke, lega dan easy access ke seluruh baris (2nd row model captain seat). Dan yg menarik adalah performa mesin: siapa bilang lemot? Cukup garang untuk family MVP. Kalo ngga percaya, tanya aja sama 318i E-46 facelift yg keteteran ngejar saya di tol BSD hari sabtu yg lalu

140 kmj diraih dg mudah dan berkat kenyamanan suspensinya ngga terasa sudah sekencang itu. ini pas istri yg lagi nyetir, saya duduk manis di baris 2 dan 3 bersama anak2, pas buru2 nganter saya ke bandara. Steering-nya juga baik, feel-nya pas dan responsif sehingga mudah meliuk2 di kepadatan lalu lintas walau body lebar. Radius putar juga baik mengingat lebarnya mobil.
sisi yang kurang memuaskan: peredam akustik dari area ban kurang optimal sehingga mengganggu keheningan, terutama saat ketemu jalan yg kurang mulus. kalo dari arah ruang mesin sih sudah cukup optimal. Lalu sistem pelipatan kursi, bisa dibilang mengecewakan. karena saya pikir seperti tipe GLS yg masih CBU: baris ketiga bisa dilipat terpisah (1/3:2/3) dan mudah dilepas hanya dg tuas, baris kedua (captain chair) dapat dilipat menjadi meja dan juga dapat dilepas, baris pertama ada meja lipat di bagian punggung kursi (seperti kursi meja pesawat). Well, di tipe XG yg sudah CKD ini, kursinya sepertinya sama seperti punya Krista dulu untuk baris ketiga. Captain seat baris kedua hanya bisa slide dan recline full ke belakang dan sedikit saja ke depan dan ngga bisa dicopot.
Kesimpulannya, worth the money lah. Amat disayangkan dari yg CBU ke CKD dibarengi dengan specdown kursi2nya dan antena radio yg tadinya dari kaca kanan belakang ke antena konvensional model tarik manual di pilar A kanan.
update berikutnya menyusul
