rush boros ya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Tue May 29, 2007 7:15
Memang rush lbh cocok dibikin 5 seater.
Kl ngk salah versi asli-nya memng 5 seater kan?
Tp gara2 u/ disesuaikan ke selera nusantara yah ditambahin baris ke-3.
CRV gen 2, akhirnya balik lagi ke versi asal 5 seater. They should learned!!!! :-)
Back 2 the point, the issue kan rush dibawa kebanyakan di tol dalam kota
(yg biasa juga macet tp jarang paaaarrrraaaaahhhh bgt) konsumsi 1:8.
Padahal mesin yg dipake sama vios sama. & vios terkenal sama iritnya. Mau beda juga ngk parah sampe 1:8 kali, tul ngk?
So: driving style? spbu ngaco? kondisi mesin??
Transimisinya apa sih? MT? or AT?
Kl ngk salah versi asli-nya memng 5 seater kan?
Tp gara2 u/ disesuaikan ke selera nusantara yah ditambahin baris ke-3.
CRV gen 2, akhirnya balik lagi ke versi asal 5 seater. They should learned!!!! :-)
Back 2 the point, the issue kan rush dibawa kebanyakan di tol dalam kota
(yg biasa juga macet tp jarang paaaarrrraaaaahhhh bgt) konsumsi 1:8.
Padahal mesin yg dipake sama vios sama. & vios terkenal sama iritnya. Mau beda juga ngk parah sampe 1:8 kali, tul ngk?
So: driving style? spbu ngaco? kondisi mesin??
Transimisinya apa sih? MT? or AT?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Fri Jun 08, 2007 7:42
- Location: rawamangun, jakarta, indonesia
yuhi bos satiragi..setau saya mah rush versi asli 5 seater...ya dasar orang indonesia aj nyari mobil suv tp ngarep penumpang bisa banyak...
iy..vios terkenal iritnya..emng g beda jauh siy..tp bos satiragi..kan terasa yang harusnya misalkan 1:10 jd 1:8..lumayan 2 liter kalo minum pertamax bos...
kalo di bawa`ngebut ya boros..kalo g salah m/t ato a/t jaman sekarang beda tipis banget..bahkan hampir g ngaruh,,bener g?..ada yang punya info lengkap?
iy..vios terkenal iritnya..emng g beda jauh siy..tp bos satiragi..kan terasa yang harusnya misalkan 1:10 jd 1:8..lumayan 2 liter kalo minum pertamax bos...
kalo di bawa`ngebut ya boros..kalo g salah m/t ato a/t jaman sekarang beda tipis banget..bahkan hampir g ngaruh,,bener g?..ada yang punya info lengkap?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Tue May 29, 2007 7:15
Hehheehe, maksud saya juga gitu, mestinya ngk sampe separah gitu. Masa sampe 1:8
Tebakan saya mah kalo segala2nya normal 1:10 buat dipake tol dalam kota mah bisa.
Padahal mbl 7seater juga mostly dipake 2 seater kali yah? Like mine! :-)
Temen saya yg bawa innova AT bisa 1:9 loh, mostly dalam kota :-O.
Ada yg bilang u/ mbl tertentu AT lbh irit dibanding MT.
Tebakan saya mah kalo segala2nya normal 1:10 buat dipake tol dalam kota mah bisa.
Padahal mbl 7seater juga mostly dipake 2 seater kali yah? Like mine! :-)
Temen saya yg bawa innova AT bisa 1:9 loh, mostly dalam kota :-O.
Ada yg bilang u/ mbl tertentu AT lbh irit dibanding MT.
Kalo di SUV yg kecil...baris ke-3 memang tujuannya buat occasional use. Sekali2 kalo kakek nenek cucu dan pembantu perlu ikut, bisa diangkut. Jadi dapet gagahnya SUV, tapi kalo sekali2 perlu jadi angkot pun bisa. Kalo gak perlu ya lipet aja kursinya, cohtohnya Captiva bisa fold flat baris ketiganya...keliatannya kaya 5-seater jadinya.
Dan kemampuan sekali2 ini berguna sekali. BMW X5 generasi terbaru naik kursi juga jadi 7-seater, dan tetap tujuannya buat occasional use (masih kecil juga). Jangankan SUV kecil, MPV kecil juga begitu - sempit juga baris ke-3 nya.
Apakah salah sebuah bisnis menyesuaikan diri dengan selera pasar lokal? Kenyataannya org kita suka angkut banyak orang, tapi daya beli rata2 relatif kecil, dan SUV sedang trendy. Masa orang gak boleh keliatan gagah? gak boleh angkut banyak orang? Kalo mau angkut org mesti gaya ibu rumah tangga dgn MPVnya? TAM pinter baca pasar...kalo mau gagah dgn SUV, tapi masih ada kemampuan angkut org dgn harga terjangkau bermerek Toyota, ada Rush. Mau MPV sekelasnya, beli Avanza. Laku keras, laris manis.
Sama kaya mobil coupe 2+2, Ferrari pun ada yg 2+2 nya. Tapi kursi belakang ya most of the time buat pajangan - tapi kalo perlu angkut cewe 2 biji lagi...bisa!
Memang pasar Indonesia unik, tapi bukan berarti itu sesuatu yg lebih buruk. Just different. Apa gunanya kita menjelek2kan bangsa sendiri?
Dan kemampuan sekali2 ini berguna sekali. BMW X5 generasi terbaru naik kursi juga jadi 7-seater, dan tetap tujuannya buat occasional use (masih kecil juga). Jangankan SUV kecil, MPV kecil juga begitu - sempit juga baris ke-3 nya.
Apakah salah sebuah bisnis menyesuaikan diri dengan selera pasar lokal? Kenyataannya org kita suka angkut banyak orang, tapi daya beli rata2 relatif kecil, dan SUV sedang trendy. Masa orang gak boleh keliatan gagah? gak boleh angkut banyak orang? Kalo mau angkut org mesti gaya ibu rumah tangga dgn MPVnya? TAM pinter baca pasar...kalo mau gagah dgn SUV, tapi masih ada kemampuan angkut org dgn harga terjangkau bermerek Toyota, ada Rush. Mau MPV sekelasnya, beli Avanza. Laku keras, laris manis.
Sama kaya mobil coupe 2+2, Ferrari pun ada yg 2+2 nya. Tapi kursi belakang ya most of the time buat pajangan - tapi kalo perlu angkut cewe 2 biji lagi...bisa!
ya dasar orang indonesia aj nyari mobil suv tp ngarep penumpang bisa banyak...
Memang pasar Indonesia unik, tapi bukan berarti itu sesuatu yg lebih buruk. Just different. Apa gunanya kita menjelek2kan bangsa sendiri?
Last edited by FortunerMan on Wed Aug 29, 2007 15:55, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Fri Jun 08, 2007 7:42
- Location: rawamangun, jakarta, indonesia
iy tuw bos himmia29..itu ngitung dari mana?apa pake meteran khusus apa ngeliat jarum bahan bakar?
coz hati2..cacat produksi kan bisa terjadi..kadang literan bbm suka ngaco...makanya coba cek ke toyota langsung aja bos himmia29....
bwat bos satiragi...lum tidur niy jam segini?saya aj dah mw tdur...kayaknya emng tuk sementar (khususnya innova) lebih irit matik,,coz temen2 saya yang manual ngeluh bensia 1:8..padahal rumah ada yang bogor lewat tol speed rata2 80-90km/j...tetep aja 1:8..mana tenaga loyo lg...kata temen saya gituw..
coz hati2..cacat produksi kan bisa terjadi..kadang literan bbm suka ngaco...makanya coba cek ke toyota langsung aja bos himmia29....
bwat bos satiragi...lum tidur niy jam segini?saya aj dah mw tdur...kayaknya emng tuk sementar (khususnya innova) lebih irit matik,,coz temen2 saya yang manual ngeluh bensia 1:8..padahal rumah ada yang bogor lewat tol speed rata2 80-90km/j...tetep aja 1:8..mana tenaga loyo lg...kata temen saya gituw..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
1:8 ke 1:10 artinya bukan ngirit 2 liter bensin brograndispratama wrote:iy..vios terkenal iritnya..emng g beda jauh siy..tp bos satiragi..kan terasa yang harusnya misalkan 1:10 jd 1:8..lumayan 2 liter kalo minum pertamax bos...


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Tue May 29, 2007 7:15
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
dari 1:8 ke 1:10 bukannya 25% tuh bedanya?
my ride: MB G300
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Tue May 29, 2007 7:15
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
what the? Rush TIDAK PAKAI mesin vios.. vios pake mesin toyota 1NZ-FE.. Rush pake 3SZ-VE.. yang emang udah jelas kalah irit dari mesin vios bahkan walaupun dipasang di sedan.. Vios G M/T 1020 kg, rush S M/T 1185 kg.. Ya jelas aja orang yang sama dengan cara menyetir yang sama akan merasa pake vios lebih irit.. Vios pun gak segitu iritnya koq.. di kaki gw vios dalkot pake pertamax plus cuman bisa 1:9.. padahal ama sopir gw bisa 1:11.. Tol ama gw bisa 1:11, ama sopir gw bisa 1:18.. Gimana rush?satiragi wrote:Memang rush lbh cocok dibikin 5 seater.
Kl ngk salah versi asli-nya memng 5 seater kan?
Tp gara2 u/ disesuaikan ke selera nusantara yah ditambahin baris ke-3.
CRV gen 2, akhirnya balik lagi ke versi asal 5 seater. They should learned!!!! :-)
Back 2 the point, the issue kan rush dibawa kebanyakan di tol dalam kota
(yg biasa juga macet tp jarang paaaarrrraaaaahhhh bgt) konsumsi 1:8.
Padahal mesin yg dipake sama vios sama. & vios terkenal sama iritnya. Mau beda juga ngk parah sampe 1:8 kali, tul ngk?
So: driving style? spbu ngaco? kondisi mesin??
Transimisinya apa sih? MT? or AT?
Bener kata oom Fortunerman.. coba selidiki dulu di website aslinya..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Anggap aja itu price for style..
Kalo nggak puas jg, bisa aja ganti Avanza. Tinggal ganti ban yg lebih gede, buat ngejar ground clearance. Lg pula, kalo di mata gw lama2 Avanza lebih bagus dari Ruster. Lebih simple. Ruster pas pertama2 liat doang yg keliatan gagah. Lama2 jadi aneh.. (sorry, cuman taste doang).
BTW, Bukannya Rush = 5 Seater, Terios = 7 seataer...?
Sorry kalo kurang gaul...


Kalo nggak puas jg, bisa aja ganti Avanza. Tinggal ganti ban yg lebih gede, buat ngejar ground clearance. Lg pula, kalo di mata gw lama2 Avanza lebih bagus dari Ruster. Lebih simple. Ruster pas pertama2 liat doang yg keliatan gagah. Lama2 jadi aneh.. (sorry, cuman taste doang).
BTW, Bukannya Rush = 5 Seater, Terios = 7 seataer...?
Sorry kalo kurang gaul...


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Tue May 29, 2007 7:15
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Rush ada option u/ tambah jok baris ke 3 spt Teriosuch wrote:Anggap aja itu price for style..![]()
Kalo nggak puas jg, bisa aja ganti Avanza. Tinggal ganti ban yg lebih gede, buat ngejar ground clearance. Lg pula, kalo di mata gw lama2 Avanza lebih bagus dari Ruster. Lebih simple. Ruster pas pertama2 liat doang yg keliatan gagah. Lama2 jadi aneh.. (sorry, cuman taste doang).
BTW, Bukannya Rush = 5 Seater, Terios = 7 seataer...?
Sorry kalo kurang gaul...![]()
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
vios juga bodinya jauh lebih aerodinamis dari rush yang tinggi.....tentunya hambatan angin jg berpengaruh pada konsumsi bahan bakardatsu wrote:what the? Rush TIDAK PAKAI mesin vios.. vios pake mesin toyota 1NZ-FE.. Rush pake 3SZ-VE.. yang emang udah jelas kalah irit dari mesin vios bahkan walaupun dipasang di sedan.. Vios G M/T 1020 kg, rush S M/T 1185 kg.. Ya jelas aja orang yang sama dengan cara menyetir yang sama akan merasa pake vios lebih irit.. Vios pun gak segitu iritnya koq.. di kaki gw vios dalkot pake pertamax plus cuman bisa 1:9.. padahal ama sopir gw bisa 1:11.. Tol ama gw bisa 1:11, ama sopir gw bisa 1:18.. Gimana rush?satiragi wrote:Memang rush lbh cocok dibikin 5 seater.
Kl ngk salah versi asli-nya memng 5 seater kan?
Tp gara2 u/ disesuaikan ke selera nusantara yah ditambahin baris ke-3.
CRV gen 2, akhirnya balik lagi ke versi asal 5 seater. They should learned!!!! :-)
Back 2 the point, the issue kan rush dibawa kebanyakan di tol dalam kota
(yg biasa juga macet tp jarang paaaarrrraaaaahhhh bgt) konsumsi 1:8.
Padahal mesin yg dipake sama vios sama. & vios terkenal sama iritnya. Mau beda juga ngk parah sampe 1:8 kali, tul ngk?
So: driving style? spbu ngaco? kondisi mesin??
Transimisinya apa sih? MT? or AT?
Bener kata oom Fortunerman.. coba selidiki dulu di website aslinya..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
kenapa gak langsung aja beli terios ya kalo pengen kursi 3 baris...wong kembar koq...maxx wrote:Rush ada option u/ tambah jok baris ke 3 spt Teriosuch wrote:Anggap aja itu price for style..![]()
Kalo nggak puas jg, bisa aja ganti Avanza. Tinggal ganti ban yg lebih gede, buat ngejar ground clearance. Lg pula, kalo di mata gw lama2 Avanza lebih bagus dari Ruster. Lebih simple. Ruster pas pertama2 liat doang yg keliatan gagah. Lama2 jadi aneh.. (sorry, cuman taste doang).
BTW, Bukannya Rush = 5 Seater, Terios = 7 seataer...?
Sorry kalo kurang gaul...![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Emblem Toyota vs emblem Daihatsu ..Risol1 wrote:kenapa gak langsung aja beli terios ya kalo pengen kursi 3 baris...wong kembar koq...maxx wrote:Rush ada option u/ tambah jok baris ke 3 spt Teriosuch wrote:Anggap aja itu price for style..![]()
Kalo nggak puas jg, bisa aja ganti Avanza. Tinggal ganti ban yg lebih gede, buat ngejar ground clearance. Lg pula, kalo di mata gw lama2 Avanza lebih bagus dari Ruster. Lebih simple. Ruster pas pertama2 liat doang yg keliatan gagah. Lama2 jadi aneh.. (sorry, cuman taste doang).
BTW, Bukannya Rush = 5 Seater, Terios = 7 seataer...?
Sorry kalo kurang gaul...![]()


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: rush boros ya
gak kebangetan lah, bukannya rush emang konsumsi nya berkisar di 1:8 - 10 an, dalkot? meskipun 1500cc, tapi rush itu penggerak roda belakang. jadi koefisien gesek nya tinggi, beda ama sx4, meskipun sx4 lebih berat dibanding rush tapi dia penggerak roda depan. jadinya lebih ngirit. cuma balik baliknya sih tetep aja perilaku pengemudinya pegang peranan penting banget di masalah boros kagaknya.imsus2c wrote:1:8himmia29 wrote:mau sharing aja ya, saya baru pake rush yang s man mulai awal agustus 07. Setelah isi bensin beberapa kali & sambil dihitung-hitung kok boros ya. Pemakaian sering di tol dlm kota mentoknya cuman 1:8 doang. Paling mentok 1:8.5. Sebelumnya pake suzuki sidekick 01 1600cc konsumsinya kok sama saja.Pakenya premium, kl dibanding temen pake grand vitara 2000cc a/t aja dapetnya sama lho 1:8.
Ada yang nisa sharing pengalaman pake rush.Nyesel deh, awalnya mau ambil sx4 tp berhubung di media katanya rush bisa 1:10 ternyata kagak. Tau gini mending sx4 ya lebih ngirit.![]()
![]()
, ah yg beneer boss?
Itu mesin kan cuma 1500cc doang? Apalagi sudah injeksi plus embel2 VVT-i? Kalo dapetnya segitu kebangetan deh![]()
![]()
![]()
Ato jgn2 dapet yg cacat produksi nech? Atau mungkin bro_himmia29 udah mdif tuh boil plus suka angkut max capacity or nyetirnya agresif? Kan itu semua juga ngaruh ke konsumsi BBM tuh?
Tapi emang sih, kayaknya si Rush ini terlalu dipaksain, mesin cuma 1500cc dipasang di SUV, biasanya penggemar SUV kan pinginnya power besar, BBM nomor 2 deh (CMIIW).
Kayaknya emang mendingan SX4, dia ga ngaku full SUV, tapi crossover alias silangan he..he.. Jadi ada excuse kalo ga senyaman sedan dan ga setangguh SUV, kan dia ada diantara keduanya.
Maaf, saya bukan pemakai keduanya but this is quite usefull sharing, thanks
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
Rush dan Vios mesinnya beda. yang mirip, ini "mirip" lho ya, cuma kapasitas mesinnya aja. sama sama 1500ccsatiragi wrote:Memang rush lbh cocok dibikin 5 seater.
Kl ngk salah versi asli-nya memng 5 seater kan?
Tp gara2 u/ disesuaikan ke selera nusantara yah ditambahin baris ke-3.
CRV gen 2, akhirnya balik lagi ke versi asal 5 seater. They should learned!!!! :-)
Back 2 the point, the issue kan rush dibawa kebanyakan di tol dalam kota
(yg biasa juga macet tp jarang paaaarrrraaaaahhhh bgt) konsumsi 1:8.
Padahal mesin yg dipake sama vios sama. & vios terkenal sama iritnya. Mau beda juga ngk parah sampe 1:8 kali, tul ngk?
So: driving style? spbu ngaco? kondisi mesin??
Transimisinya apa sih? MT? or AT?
nah kalo mesinnya rush dan avanza yg 1.5 memang sama plek. sama-sama bikinan daihatsu.
Vios----> 1nz-fe
Rush----> 3sz-ve
seperti yg bro datsu bilang.
dari kode mesinnya ada udah beda, udah pasti jeroannya beda, dan pastinya outputnya juga pasti beda.
kalo menurut gw, TAM terlalu maksa ngeluarin produk dari daihatsu. udah harga jual lebih mahal (toyota gitu lho), tapi QC kurang. menurut saya Rush, avanza kaga mencerminkan toyota sama sekali.
cobain d bedanya, yg udah pernah bawa mobil toyota yg bener2 dibuat sama toyota (eg. corolla). sama yg di rebadge dari daihatsu. beda jauh bgt qualitynya.
TAM terlalu pede sama nama besarnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: rush boros ya
@boss piterr
iya deh boss...mungkin emang ga kebangetan
peace!
Soalnya saya ngebandingin sama penegeluaran saya ngasih minum santi saya sebagai sesama SUV (2400cc, thn 2001, dan kayaknya belum pake teknologi vvt ato vvti ato cvvt ato apalah...), dapetnya 1:6 ~ 1:7.5 pake premium (pake dalkot plus tol dikit; porong-sidoarjo-surabaya, dulu sih sampe exit gempol).
Makanya saya agak bingung tuh
, kan mesin hampir separuhnya (1500cc vs. 2400cc), sama - sama SUV tp dgn teknologi rush yg lebih modern (vvt-i
kan teknologi ini katanya supaya efisien BBM, eh..maksudnya efisien itu berarti irit ga sih? CMIIW, kok rasanya agak2 menyesatkan gitu), dan dari testi bro himmia29 diawal thread; dapetnya ga beda - beda jauh. Itu aja sih...
Kijang Kapsul milik kantor (2000 cc EFI, tahun 2000) aja 1:7 - 1:8an, padahal yg namanya mobil kantor kan yg naik rame-rame (pemakaian dalkot surabaya) dan sama-sama rwd meskipun bukan kasta SUV.
Tapi emang karakter pengemudi cukup berpengaruh terhadap konsumsi BBM, yg ini saya setuju sekali...
@bro himmia29, gimana nech? udah join di http://forum.teruci.org ?
iya deh boss...mungkin emang ga kebangetan


Soalnya saya ngebandingin sama penegeluaran saya ngasih minum santi saya sebagai sesama SUV (2400cc, thn 2001, dan kayaknya belum pake teknologi vvt ato vvti ato cvvt ato apalah...), dapetnya 1:6 ~ 1:7.5 pake premium (pake dalkot plus tol dikit; porong-sidoarjo-surabaya, dulu sih sampe exit gempol).
Makanya saya agak bingung tuh


Kijang Kapsul milik kantor (2000 cc EFI, tahun 2000) aja 1:7 - 1:8an, padahal yg namanya mobil kantor kan yg naik rame-rame (pemakaian dalkot surabaya) dan sama-sama rwd meskipun bukan kasta SUV.
Tapi emang karakter pengemudi cukup berpengaruh terhadap konsumsi BBM, yg ini saya setuju sekali...
@bro himmia29, gimana nech? udah join di http://forum.teruci.org ?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
( 10-8 ) / 8 = 25%
Last edited by shochu on Fri Aug 31, 2007 1:50, edited 1 time in total.
my ride: MB G300
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0