Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Wed Jul 11, 2007 15:35
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
saya dulu emang sempat isi premium, sekarang selalu pertamax, bukan karena getaran berkurang kalo pake pertamax, tapi jauh lebih irit kalo diisi pertamax, pake premium konsumsi BBM nya sekitar 1:12 dalam kota, kalo pake pertamax bisa 1: 13 lebih, paling boros 1:12,7 an.... masalah torsi kecil memang salah satunya disebabkan karena ECU disesuaikan menggunakan premium, itu pasti, karena kalo dilihat rasio kompresi maka mesin ini layak mengkonsumsi pertamax. indikasi torsi kecil juga dapat dilihat dari mengoperasian A/C, jika A/C mati, sangat jarang terjadi bunyi bunyian. karena beban mesin ringan, mesin pun responsif nya terhadap injakan pedal bertambah, meskipun tarikan tidak beda jauh.krissandi wrote:Apakah 'power yang berkurang' juga dipengaruhi oleh pemakaian Premium?
Bagaimana masalah getar/bunyi ini di SX4 yang minum Pertamax?
Bung ekokw or bung piterr, sehari-2 isi Premium
atau Pertamax? Dari pertama saya selalu isi Premium, sekarang di KM 4000-an.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Jul 10, 2007 4:45
setelah sx4 saya melewati 4000km, masalah bunyi yg sering terjadi pada saat masuk gigi 1 sudah hilang total. ternyata cara mengatasi masalah ini adalah dengan menekan pedal gas 1 detik sebelum melepas kopling. ini disebabklan respons gas yg telat kira2 1 detik karena teknologi drive by wirenya. untuk masuk ke gigi mundur, pedal kopling harus sedikit ditekan 1/4 dan pedal gas cukup ditekan pada saat jalan agar tidak menimbulkan suara "grk" tsb. informasi ini saya dapat dari forum sx4 di amrik. selamat mencoba! 
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re:
piterr wrote:
kopling confirm pake fluida, kalo masalah disetel sih pasti bisa untuk tinggi rendahnya. yang menjadi permasalahan saya kira berasal dari:
1. drive by wire--> menyebabkan telat respon seperti layaknya dbw di mobil lain
2. mungkin torsi putaran bawahnya agak kurang gede.
dari poin (1) dan (2) didapet hasil, kalo feeling gak tepat, terutama bagi yang biasa pake mobil ber throttle with wire a.k.a konvensional maka nginjek gas mesti lebih dulu dari pada angkat kopling, kalo bersamaan layaknya mobil konvensional, maka RPM akan turun ke 500 an, disitu bunyi bunyian akan mulai keluar, sedikit. saya udah pake sx4 sekitar 2 bulan, sampai sekarang hal itu masih kadang terjadi. yang masih jadi pemikiran, hal ini lebih sering terjadi di siang hari saat kondisi suhu udara panas panasnya (coba perhatiin dech), mungkin memang 'toque issue' berperan dalam hal ini. dimana saat udara panas maka udara yang disedot ke mesin untuk pembakaran mempunyai kerapatan molekul yang renggang, sehingga proses pembakaran kurang bagus, juga mengurangi power dari mesin. sehingga hal tersebut lebih sering terjadi. any comment?
meskipun topik ini sudah agak lama, saya tergelitik untuk meng update perkembangan investigasi saya akan masalah di kopling SX-4 manual. setalah saya amati dan perhatikan, ternyata permasalahan getaran bukan terjadi ayau disebabkan pada kopling mesin M15A ini. TAPI murni pada Manajemen mesin yang memang menyebabkan getaran di kisaran 600 RPM kebawah, kebetulan hal tersebut selama ini terjadi pada saat mobil mulai berjalan, dimana pelepasan kopling dan injakan gas tidak sinkron dan RPM turun mendekati area dibawah 600RPM, dan kita langsung merasakan getaran tersebut serta men suspect kopling nya yang masalah. Kenapa saya menarik kesimpulan tersebut? setelah servis 10.000 di beress, RPM idle mobil saya mulai ada kejanggalan, yakini idle nya naik turun antara 600 - 900 RPM saat AC hidup (saat AC mati kadang masih terjadi, namun jarang) nah, saat RPM ada di area 600 RPM tersebut. meskipun dalam keadaan gigi N (saat di lampu merah) mesin tetep aja geter meski tidak separah kalo start di RPM tersebut, karena tdk ada beban, tapi mesin TETAP bergetar. BINGO.... the problem is found..... saya langsung tarik kesimpulan, memang supply bensin atau campuran udara dan bensin di RPM tersebut bermasalah dan menyebabkan engine bergetar.
Demikian update dari saya, semoga berguna, buat IMNI atau yang punya akses kesana...... mohon di sampaikan ya.... atau mau ke Solo buat ngecek mobil nya hehehehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri May 18, 2007 12:10
Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
sx ni emang aneh, klo ac nyala rpm malah turun, harusnya kan naek buat nambah power
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
- Location: Kelapa Gading
Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
Kalo gitu harusnya suzuki dah bisa ngatasin ya? Kan tinggal di hack engine managementnya.
Tinggal tunggu recall-nya aja nih.
Tinggal tunggu recall-nya aja nih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
hack ecu code tidak mudah, belum tentu bisa tanpa additional piggyback.
spt kasus deceleration-cut xeniavanza yg meng-hentak2 di rpm rendah tidak bisa begitu saja hack ecu codenya, kalo mungkin juga harus akses / kerjasama dgn prinsipalnya.
spt kasus deceleration-cut xeniavanza yg meng-hentak2 di rpm rendah tidak bisa begitu saja hack ecu codenya, kalo mungkin juga harus akses / kerjasama dgn prinsipalnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
gw sih berharap, permasalahan akan terselesaikan dengan di CKD nya SX4 dan Neo Baleno bro.... toh mereka gak akan meluncurkan unit CKD tersebut jika masalah yg terdeteksi di unit CBU belum terselesaikan.... kalo IMNI ngeyel itu bukan masalah ya gw pasang unichip... hehehehe cuma kayaknya pak Gunadi boss nya IOMNI udah test drive ndiri tuh saat permasalahan ini mencuat, cuma memang penyelesaian nya tunggu dari hamamatsu tuh kayaknya... lama banget....
bro Naldo tolong dibantu doonk.....
bro Naldo tolong dibantu doonk.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
pake piggyback unichip aja... bisa terselesaikan pasti.. ha3...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
iya selesai, masalah yg serap biayanya suzuki ya? 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
wakakaka...
ya yang punya lah... sekalian PnP... kalo perlu pake turbo juga... wakakaka.../
ya yang punya lah... sekalian PnP... kalo perlu pake turbo juga... wakakaka.../
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
asyik, sekalian claim ke suzuki