[ask]Rem Mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

om POS VETT, kalo pake brake pad seperti ini Endless SSS mesti pake DOT brp yah?
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

wah, pos vett kyknya udah jarang ol.. kalo gitu, minta tolong the ussual suspect. PPT piye pak kalo pake aftermarket pad yg tahan panas lebih tinggi mesti DOT piro pak?
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:wah, pos vett kyknya udah jarang ol.. kalo gitu, minta tolong the ussual suspect. PPT piye pak kalo pake aftermarket pad yg tahan panas lebih tinggi mesti DOT piro pak?
Brake Pad yang tahan panas lebih tinggi itu dimaksudkan masih pakem pada temperature tinggi ... untuk ngimbangin dissipasi panas yang terjadi pada brake pad ... (tentunya ini untuk tujuan Performance Street Race Use) ... ya sebaiknya upgrade ke DOT 4 atau DOT5.1

Dry Boiling Point :
DOT3 = 205 oC
DOT4 = 230 oC
DOT5 = 250 oC
DOT5.1 = 270 oC

Wet Boiling Point :
DOT3 = 140 oC
DOT4 = 150 oC
DOT5 = 180 oC
DOT5.1 = 190 oC

Secara Definisi :

Dry Boiling Point adalah Titik Didih Brake Fluid yang diukur pada saat masih baru/fresh ... dalam arti kata kandungan airnya dikatakan 0% (gak ada airnya)

Bahwa sifat Fisik dari Brake Fluid (Ethylene Glycol) adalah mudah Menyerap Uap AIR ... sehingga pada saat penggunaan Brake Fluid ... cairan ini akan menyerap air ... untuk itu diberikan definisi :

Wet Boiling Point ... adalah titik didih Brake Fluid yang diukur dimana kandungan airnya sudah mencapai 3.7% ... biasanya untuk negara-negara yang tingkat kelembabannya tinggi seperti Indonesia ... untuk mencapai kandungan air dalam brake fluid itu diperkirakan 1 tahun.

So adalah bijaksana kalau Rem mau pakem terus ... gak ada problem BRAKE FADE (Rem Blong ... atau ngegluyur) ... ya amannya tiap tahun dikuras dan diganti yang baru.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Catatan :

Untuk DOT3, DOT4 dan DOT5.1 ... bahan dasarnya dari Ethylene Glycol ... kalaulah tercampur gak menimbulkan masalah.

Cuman yang DOT5 ini bahan dasarnya dari SIlikon (Silicon Based Brake Fluid) ... gak boleh dicampur dengan DOT yang lain dan kalaulah mau upgrade ke DOT5 (gak menyerap air) ... semua jalur karet selang sistem Brake mesti di upgrade juga yang kompatible dengan DOT5.
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

uhhmmm.. kalo pad nya tahan sampe 500°C, berarti panas di minyak rem sampe brp °C juga yah? minimal pake DOT brp? ada dampak samping gak pake DOT 4/5.1?

makasih,
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

sekalian gw tanya, yang disc brake sampe merah menyala gitu suhunya berapa derajat ya? kalo uda begini wajib pake pad keramik dan DOT5.1 dong?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:uhhmmm.. kalo pad nya tahan sampe 500°C, berarti panas di minyak rem sampe brp °C juga yah? minimal pake DOT brp? ada dampak samping gak pake DOT 4/5.1?

makasih,
Panas yang terjadi pada pengereman akan terdistribusi ke udara (cooling) dan komponen-komponen sistem rem ... brake pad ... caliper ... brake disk ... dan sebagian ke brake fluid yang ditransfer melalui piston booster. Walaupun pad nya bisa tahan sampai 500oC ... tapi untuk penggunaan sehari-hari (street use) gak sampai segitu. Kalaulah penggunaan nya sebagai performance street dan sering dilakukan hard braking ... maka sistem pendinginan (dissipasi) panasnya mesti disesuaikan supaya panas gak banyak ditransfer ke brake fluid ... misalnya dengan cara membuat lubang-lubang pada brake disk. Yang sampe ke Minyak Rem ... jelas gak akan melebihi boiling point minyak rem ... kalau melebihi jelas akan terjadi gelembung-gelembung (mendidih) ... sehingga rem akan BLONG atau NGGELOYOR ... karena sifat gelembung itu COMPRESSIBLE ... jadi walaupun pedal brake ditekan ampe habis ... ya akan tetap nggeloyor.

Tentang dampak samping pakai DOT4/5.1 ? ... Dari segi Boiling Point yang lebih tinggi dari DOT3 ... secara fungsi gak ada dampak samping ... cuman kantongnya yang akan lebih tipis (lebih mahal harganya).
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

StRaDe_Jazz wrote:sekalian gw tanya, yang disc brake sampe merah menyala gitu suhunya berapa derajat ya? kalo uda begini wajib pake pad keramik dan DOT5.1 dong?
Kalau sampai merah itu sudah mencapai 1000 oC ... untuk formula 1 ... dan operating temperaturnya adalah 400oC s/d 800 oC. Kalau udah begitu ya mau-gak mau mesti makai Disc Brake dan Brake Pad dari Carbon Composite dan Brake Fluidnya mesti diambil yang Boiling Poinnya Tinggi (DOT5.1). Untuk jalanan ... kan gak perlu.
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

sip deh.. DOT 4 is a go.
ada recommend merk? ato sami mawon?
minyak rem gak pake aditif khan yah?
hehehe,
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:sip deh.. DOT 4 is a go.
ada recommend merk? ato sami mawon?
minyak rem gak pake aditif khan yah?
hehehe,
Gak ada additive ... merek apa aja asal dikenal ... hehehehhehehe ...
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

wah.. kudu kenalan dulu dong?
*hehe, OOT.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

BelRay ... Silkolene ... BP Brake ... Well-Worth ... Wurth ... Delphi ... Galfer ... EBC ... de el el ...
Image
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

ooo gitu, thx infonya. trus gimana dengan reputasi Prestone? STP punya gimana?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
antonio_sbam
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Sat Oct 13, 2007 11:34

Post by antonio_sbam »

klo pake kampas rem yg ga asli emang banyak kadar logamnya, yg akhirnya menimbulkan bunyi krn gesekan dengan disc.klo mau repot dikit, bongkar aja kempas rem dan congkel sisa loga yg muncul di kampas rem. smoga membantu..
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

abang2...ane lagi pusing nic..mobil ane asal di rem narik ke kiri steering nya....uda bolak balik ke bengkel tapi dun seems like getting better....apa yang salah yah kira2?thanks atas input nya...

ps. rotor depan saya sudah pernah dibubut oleh BeRes(sebelumnya bergetar abis dibubut narik kiri):(
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Kayaknya bubutnya ga rata..
Beli baru aja.. Kan ga mahal2 amat..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

ZombiEE wrote:abang2...ane lagi pusing nic..mobil ane asal di rem narik ke kiri steering nya....uda bolak balik ke bengkel tapi dun seems like getting better....apa yang salah yah kira2?thanks atas input nya...

ps. rotor depan saya sudah pernah dibubut oleh BeRes(sebelumnya bergetar abis dibubut narik kiri):(
boilnya apa? :roll:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

mobilnya x-trail bang hansen...sudah bolak balik bengkel resmi...tapi masi tetep aza begitu..:(

bang r1210g,,,beli baru mah mahal kena jutaan tuh...ga sanggup de...

any suggestions are appreciated, thanks.
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

barangkali tekanan minyak rem antara kanan dan kiri tidak sama/tidak seimbang, .. jadi terasa lebih mengigit duluan yg sebelah kiri/kanan.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Ada kemungkinan mesti ngganti TENSION BAR pada CALIPER.
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

bisa dijelaskan lebih jauh tension bar itu apa bang PPT? thank you..