[ask]Rem Mobil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
om POS VETT, kalo pake brake pad seperti ini Endless SSS mesti pake DOT brp yah?
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
wah, pos vett kyknya udah jarang ol.. kalo gitu, minta tolong the ussual suspect. PPT piye pak kalo pake aftermarket pad yg tahan panas lebih tinggi mesti DOT piro pak?
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Brake Pad yang tahan panas lebih tinggi itu dimaksudkan masih pakem pada temperature tinggi ... untuk ngimbangin dissipasi panas yang terjadi pada brake pad ... (tentunya ini untuk tujuan Performance Street Race Use) ... ya sebaiknya upgrade ke DOT 4 atau DOT5.1alim ulama wrote:wah, pos vett kyknya udah jarang ol.. kalo gitu, minta tolong the ussual suspect. PPT piye pak kalo pake aftermarket pad yg tahan panas lebih tinggi mesti DOT piro pak?
Dry Boiling Point :
DOT3 = 205 oC
DOT4 = 230 oC
DOT5 = 250 oC
DOT5.1 = 270 oC
Wet Boiling Point :
DOT3 = 140 oC
DOT4 = 150 oC
DOT5 = 180 oC
DOT5.1 = 190 oC
Secara Definisi :
Dry Boiling Point adalah Titik Didih Brake Fluid yang diukur pada saat masih baru/fresh ... dalam arti kata kandungan airnya dikatakan 0% (gak ada airnya)
Bahwa sifat Fisik dari Brake Fluid (Ethylene Glycol) adalah mudah Menyerap Uap AIR ... sehingga pada saat penggunaan Brake Fluid ... cairan ini akan menyerap air ... untuk itu diberikan definisi :
Wet Boiling Point ... adalah titik didih Brake Fluid yang diukur dimana kandungan airnya sudah mencapai 3.7% ... biasanya untuk negara-negara yang tingkat kelembabannya tinggi seperti Indonesia ... untuk mencapai kandungan air dalam brake fluid itu diperkirakan 1 tahun.
So adalah bijaksana kalau Rem mau pakem terus ... gak ada problem BRAKE FADE (Rem Blong ... atau ngegluyur) ... ya amannya tiap tahun dikuras dan diganti yang baru.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Catatan :
Untuk DOT3, DOT4 dan DOT5.1 ... bahan dasarnya dari Ethylene Glycol ... kalaulah tercampur gak menimbulkan masalah.
Cuman yang DOT5 ini bahan dasarnya dari SIlikon (Silicon Based Brake Fluid) ... gak boleh dicampur dengan DOT yang lain dan kalaulah mau upgrade ke DOT5 (gak menyerap air) ... semua jalur karet selang sistem Brake mesti di upgrade juga yang kompatible dengan DOT5.
Untuk DOT3, DOT4 dan DOT5.1 ... bahan dasarnya dari Ethylene Glycol ... kalaulah tercampur gak menimbulkan masalah.
Cuman yang DOT5 ini bahan dasarnya dari SIlikon (Silicon Based Brake Fluid) ... gak boleh dicampur dengan DOT yang lain dan kalaulah mau upgrade ke DOT5 (gak menyerap air) ... semua jalur karet selang sistem Brake mesti di upgrade juga yang kompatible dengan DOT5.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
uhhmmm.. kalo pad nya tahan sampe 500°C, berarti panas di minyak rem sampe brp °C juga yah? minimal pake DOT brp? ada dampak samping gak pake DOT 4/5.1?
makasih,
makasih,
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
sekalian gw tanya, yang disc brake sampe merah menyala gitu suhunya berapa derajat ya? kalo uda begini wajib pake pad keramik dan DOT5.1 dong?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Panas yang terjadi pada pengereman akan terdistribusi ke udara (cooling) dan komponen-komponen sistem rem ... brake pad ... caliper ... brake disk ... dan sebagian ke brake fluid yang ditransfer melalui piston booster. Walaupun pad nya bisa tahan sampai 500oC ... tapi untuk penggunaan sehari-hari (street use) gak sampai segitu. Kalaulah penggunaan nya sebagai performance street dan sering dilakukan hard braking ... maka sistem pendinginan (dissipasi) panasnya mesti disesuaikan supaya panas gak banyak ditransfer ke brake fluid ... misalnya dengan cara membuat lubang-lubang pada brake disk. Yang sampe ke Minyak Rem ... jelas gak akan melebihi boiling point minyak rem ... kalau melebihi jelas akan terjadi gelembung-gelembung (mendidih) ... sehingga rem akan BLONG atau NGGELOYOR ... karena sifat gelembung itu COMPRESSIBLE ... jadi walaupun pedal brake ditekan ampe habis ... ya akan tetap nggeloyor.alim ulama wrote:uhhmmm.. kalo pad nya tahan sampe 500°C, berarti panas di minyak rem sampe brp °C juga yah? minimal pake DOT brp? ada dampak samping gak pake DOT 4/5.1?
makasih,
Tentang dampak samping pakai DOT4/5.1 ? ... Dari segi Boiling Point yang lebih tinggi dari DOT3 ... secara fungsi gak ada dampak samping ... cuman kantongnya yang akan lebih tipis (lebih mahal harganya).

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kalau sampai merah itu sudah mencapai 1000 oC ... untuk formula 1 ... dan operating temperaturnya adalah 400oC s/d 800 oC. Kalau udah begitu ya mau-gak mau mesti makai Disc Brake dan Brake Pad dari Carbon Composite dan Brake Fluidnya mesti diambil yang Boiling Poinnya Tinggi (DOT5.1). Untuk jalanan ... kan gak perlu.StRaDe_Jazz wrote:sekalian gw tanya, yang disc brake sampe merah menyala gitu suhunya berapa derajat ya? kalo uda begini wajib pake pad keramik dan DOT5.1 dong?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
sip deh.. DOT 4 is a go.
ada recommend merk? ato sami mawon?
minyak rem gak pake aditif khan yah?
hehehe,
ada recommend merk? ato sami mawon?
minyak rem gak pake aditif khan yah?
hehehe,
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
ooo gitu, thx infonya. trus gimana dengan reputasi Prestone? STP punya gimana?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sat Oct 13, 2007 11:34
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Kayaknya bubutnya ga rata..
Beli baru aja.. Kan ga mahal2 amat..
Beli baru aja.. Kan ga mahal2 amat..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
boilnya apa?ZombiEE wrote:abang2...ane lagi pusing nic..mobil ane asal di rem narik ke kiri steering nya....uda bolak balik ke bengkel tapi dun seems like getting better....apa yang salah yah kira2?thanks atas input nya...
ps. rotor depan saya sudah pernah dibubut oleh BeRes(sebelumnya bergetar abis dibubut narik kiri):(


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20