Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalo yang dobel muffler setau gw saringan tengah ditaro deket2 sama ujung mufflernya kan? jadi dari mesin dua2sebetulnya dempetan... di deket ujungnya setelah lewat tangki baru dipisah dan dikasih saringan gede itu...[/quote]
r3ynard wrote:iseng-iseng nih tadi waktu lagi isi bensin koq terbesit pertanyaan kecil
ada yang tahu gak kenapa sih mobil ada yang tutup bensinnya sebelah kiri atau sebelah kanan??memang ngaruhnya gara-gara apa??
kalo dari gw liat sih tutup tangki bensin tuh berlawanan letaknya sama tabung knalpot, misal tabung di kiri maka tutup bensin di kanan, juga sebaliknya. Misal Honda Jazz tabung knalpot di kanan, tapi tutup bensinnya di kiri, BMW E46 tutup bensin di kanan dan knalpot di kiri. Sejauh ini dan seingat gw, hanya Honda Civic 1988-1992 (Grand Civic-Grand Civic Nouva) yg moncong knalpot dan tutup tangki bensinnya di sebelah kiri, tetapi kalo dilihat, sebenarnya knalpotnya melintang dari kanan ke kiri.
Dan, kebanyakan mobil Jepang tutupnya berada di kiri, sedangkan mobil Eropa di sebelah kanan. Mobil Amerika dan Korea tidak spesifik berada di sebelah mana. Toyota saat ini kebanyakan berada di sebelah kiri, sedangkan Honda semua produknya berada di kiri.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Saya sih berharap lobang tanki adanya di spakbor depan aja ah kaya VW jaman dulu. Enak kalo beli bensin ga usah turun. Bayangin aja, kalo seminggu beli bensin sekali berarti setaun bisa beli 52 kali. Kalo mobil kita punya biasanya 5 taun, berarti selama masa pakai mobil kita udah jalan bolak balik ke tanki kiri belakang dari tempat supir sejauh 2.6 KM.
Buang2 tenaga aja. Udah lah diseragamin aja kek di depan. Huehuehuehue
leadingedge wrote:Saya sih berharap lobang tanki adanya di spakbor depan aja ah kaya VW jaman dulu. Enak kalo beli bensin ga usah turun. Bayangin aja, kalo seminggu beli bensin sekali berarti setaun bisa beli 52 kali. Kalo mobil kita punya biasanya 5 taun, berarti selama masa pakai mobil kita udah jalan bolak balik ke tanki kiri belakang dari tempat supir sejauh 2.6 KM.
Buang2 tenaga aja. Udah lah diseragamin aja kek di depan. Huehuehuehue
kalo ga mau turun ganti motor aja yg tangkinya persis didepan anda (bukan bebek lho ya) hwhehe....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
WP wrote:iya..... masi mending dikasih tutup.... coba kalo harus buka kap mesin sgala hehehhe.........
jd inget temen gw jaman dulu pinjem RX King gw... balik2 mukanya merah padam.. dia cerita di SPBU dia sibuk mau buka jok tuh motor ga bisa2. ampe pegawai SPBUnya bantuin segala dan bertanya "emangnya mau ambil apa mas?". temen gw baru mau jawab kebetulan lirik tangkinya... dia kontan jwb "ga koq... ga jd deh... isi 2 liter mas.." sambil buka tutup bensinnya
WP wrote:iya..... masi mending dikasih tutup.... coba kalo harus buka kap mesin sgala hehehhe.........
jd inget temen gw jaman dulu pinjem RX King gw... balik2 mukanya merah padam.. dia cerita di SPBU dia sibuk mau buka jok tuh motor ga bisa2. ampe pegawai SPBUnya bantuin segala dan bertanya "emangnya mau ambil apa mas?". temen gw baru mau jawab kebetulan lirik tangkinya... dia kontan jwb "ga koq... ga jd deh... isi 2 liter mas.." sambil buka tutup bensinnya
Punya pengalaman yang mirip walaupun nggak selucu di atas.
Di pom bensin ada anak ABG sibuk mo buka jok (motornya bebek), tapi bingung nyari lubang kuncinya. Ada bapak2 yang ngantri di belakangnya ngeledek: "Lubang kuncinya di pentil ban 'kali?" Tuh ABG sempat juga pengen nyari di pentil.
Akhirnya karena malu, tuh ABG ngeloyor pergi, nggak jadi isi bensin.
Habis itu, bapak2 yang ngeledekin tadi nyeletuk: "Ketahuan tuh motor boleh minjem. Nyari lubang kunci aja susah, apalagi nyari lubang yang laen?"
Kemaren baca buku ttg Daimler (pendiri Daimler Mercedez). Mobil pertama yang beliau buat awalnya tidak memperhatikan posisi tangki dgn mesin (termasuk knalpot). Waktu itu posisi tanki dibawah jok, dan di atas mesin. Akibatnya mobil pertama tersebut terbakar joknya. Untung ga sampe kebakar abis.
Btw sepertinya alasan posisi lobang pengisian jelas menjauhi mesin dan knalpot. Karena bensin sangat mudah terbakar, atau bahkan tergolong kategori flammable. Jadi harus dijauhkan dari sumber panas. Trus kenapa vw kodok di depan? Ya karena mesinnya di belakang.
Yang rada mengkuatirkan itu adalah motor sport. Karena posisi mesin persis di bawah tangki bbm. Sekali bocor atau luber, maka bahaya kebakaran udah di depan mata tuh. Yang bagus bebek jaman sekarang, yang pasang tangki di bawah jok belakang. Jelas jauh dari posisi mesin. Jadi relatif aman dari kebakaran.
Btw kenapa lobangnya mobil F1 di deket mesin? Karena posisi tangkinya di bawah jok pengemudi. Jadi kalau lobangnya deket tangki, proses pengisian lebih cepat. Kalau resiko kebakaran jelas di atasi dengan penggunaan material dan design dari tangki itu sendiri. Biar terjadi kebocoran, yang terbakar hanya yang di luar. Bbm yang di dalam tangki tetap aman.