Bingung pilih Grand livina yang 1,5XV MT atau 1,8XV MT

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

semar.togog
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Apr 10, 2006 2:23
Location: Bandung

Post by semar.togog »

Kasnawi Mursimin wrote:
Menurut temen2 kumaha?

Rugi banget ga sih kalo cuman gara2 indent kelamaan jadinya saya ambil yg 1,8L aja?

Atau tetep lebih worthed ngambil 1,5L walaupun nunggu ampe Januari 2008?
Sekedar sharing aja... dulu saya juga sama bingungnya... beli majalah apa aja yg ada kata "LIVINA" langsung diborong... :-)

1. Saya Test Drive (TD) sampai 2 kali... bukan pada hari yang sama lho.
2. Pada TD ke-2 akhirnya saya ambil keputusan ambil 1.8 XV-MT, karena disini merasakan betul gerungan mesin pada 1.5 XV-MT (gigi 5) Vs 1.8 XV-MT (gigi 6) di RPM 3000 beda banget... Selain itu semua fitur asesoris dicoba.

Berhubung waktu dah mepet...
1. Minta TD lagi aja... (daripada nyesel belakangan)
2. Bawa duit CASH 5 jt (lebih juga boleh) buat indent... ntar kalo lewat transfer bank, lebih lama lagi prosesnya (dari dealer disetor lagi ke NMI-jakarta), ujung-ujungnya dapet no urut lebih gede
3. Pastikan harga mengikat sebelum ada kenaikkan.

Bukannya mau memaksakan ambil 1.8 XV-MT... Apapun yang Bos Kasnawi pilih jangan sampai menyesal dikemudian hari.

Lumayankan 2 juta... kan bisa berwujut jok kulit + karpet dasar... Ultimate a look like :-)

Regards,
DF
Drive Safely
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

Kalo dibanding2in pasti ada trade offnya... yg ketahuan pasti 1.8L lebih/mahal di power, acessories, pajak, BBM dalkot dibandingin 1.5L .. its your decision ... gw sih 1.8L
U/ DP nggak usah bawa cash, bisa debit/credit card kok... gw pk credit card aja..
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

Saya jg indent yg 1.8xv m/t, karena ngeliat yg 1.5xv m/t terlalu "kosong"
apalagi stl autobild ngeluarin harga2 accessories, untuk melengkapi 1.5 spt 1.8 kok sepertinya malah harganya hampir sama (bung maxx kalo ga salah pernah itungin ya) dan kita dapet "kelebihan" tenaga, dan ga usah repot2 bongkar sana-sini lagi untuk menambah accessories tsb.
Lagian juga iritnya beda dikit, plus pengen nyoba 6 speed m/t itu spt apa gitu loh!! crv baru yg m/t juga 6 speed jadi ya utk transmisi sekelas crv baru deh kira-kira :P
just my 2 cents.
drallink
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Apr 23, 2007 15:33

1.8 aja deh

Post by drallink »

Saya juga menghadapi dilematika yg sama , yaitu mau pilih ukuran mesin 1,5 atau 1,8. Menurut saya , keputusan untuk menentukan pilihan varian harus dipertimbangan berdasarkan kebutuhan penggunaan dominan. Yg saya lakukan pada saat menentukan pilihan adalah :
1. Tentukan pilihan Matic atau Manual , mempertimbangkan reute penggunaan sehari-hari setir sendiri dijakarta yang padat macet maka untuk mendapatkan tingkat kenyamanan mengemudi yg optimal saya memilih transmisi Matic tic tic...., bagi rekan rekan yang memilih transmisi manual pasti ada pertimbangan dan alasan kuat juga , jadi ini memang tergantung preferensi yg dipengaruhi faktor dailly driving nya masing masing .
2. Baru kemudian memilih mau pakai mesin 1.5 atau 1.8 , untuk ini saya lakukan beberapa kali pengetesan (TD) kedua pilihan tersebut . Pada saat pengetesan ini kita dapat merasakan "perbedaan" tipikal dan power masing masing mesin tersebut . Dan akhirnya saya memilih 1.8 dengan pertimbangan :
1. power mesin terasa penuh , sehingga saya tidak perlu kuatir kehabisan nafas jika melalui medan yg berat (tanjakan2) dengan beban muatan full passenger dan bawaan .
2. berhubung saya menggunakan transmisi matic maka saya memilih mesin dengan tenaga yg lebih besar dan penuh karena transmisi matic tidak seperti manual yang lebih fleksible dimainkan giginya. Selain itu untuk transmisi maticnya sendiri memakan daya dan lebih berat .
3. Perhitungkan juga adanya penurunan performa setelah pemakaian 1-2tahun tergantung perawatan (anggap saja 3-5% power mesin). Maka menurut saya untuk kenyamanan penggunaan jangka panjang dan endurance mesin saya prefer mesin 1.8 .
4. Belum diperhitungkan biasanya mobil jika dipakai sehari hari maka beban akan bertambah karena pemasangan accesories , soundsistem dll dll ...
5. Saya juga mempertimbangkan faktor efisiensi konsumsi bahan bakar , yg setelah saya pelajari dari sumber2 majalah dan internet akhir nya saya yakin bahwa mesin 1.8 cukup efisien walau pun kalah irit dibanding yg 1.5 tapi saya merasa cukup sepadan perbandingannya .

So gitulah pengalaman saya bro, menurut saya mesin 1.5 nya GL sudah ok kok....apalagi kalo pakai transmisi manual , kalo yg milih transmisi matic sih mesin 1.5 nya menurut saya pas-pasan , jika mau lebih penuh tenaga ya ambil aja yg 1.8

Setelah itu baru silahkan bandingkan feature2 dan optional lainnya....yg tentu saja unit 1.8 menawarkan lebih lengkap dan banyak dibanding unit 1.5 , setelah itu ya back to wallet....silahkan pilih mau yg mana ....yg penting sesuai dan pas .....hehehehe yg pas itu yg enak khan ?
Kasnawi Mursimin
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue May 22, 2007 5:27

Post by Kasnawi Mursimin »

Temen2,

Saya sudah TD yang 1,5XV MT kemaren. Rasanya ya sama seperti yang temen2 pada bilang, sama juga yg katanya majalah AutoBild. Suspensi empuk, rasa nyaman, tarikan ok. Cuman saya nda bisa bandingin power ama yg 1,8L soalnya dealer Nissan Veteran Bandung, ga punya stock1,8L yg bisa buat TD.

Tapi ada beberapa hal yg bisa saya dapet saat TD yg 1,5L salah satunya masalah blower AC yg kata majalah AutoBild suaranya bising banget, well...saya rasa ga begitu bising kok. Kecuali kalo di puter ke nomer 2, kerasa emang dengungannya. Kalo pake yg nomer 1 sih suara normal lah.

Overall, 1,5L enak2 aja sih sebenernya. Pokokne apa yg di bilang majalah rata2 bener dah.

Mas Semar Togog, di Bandung dealer Nissan mana nih yang punya 1,8L bisa buat TD?

Bung Maxx, Top speed 0-100Km GL 1,8L kalah cepet ama yg 1,5L mungkin ga itu dikarenakan berat bodi keseluruhan 1,8L lebih berat dari 1,5L?

Status pilihan saat ini : masih rada binun...walo sudah rada condong ke 1,8L
semar.togog
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Apr 10, 2006 2:23
Location: Bandung

Post by semar.togog »

Kasnawi Mursimin wrote: Mas Semar Togog, di Bandung dealer Nissan mana nih yang punya 1,8L bisa buat TD?
Mas Kasnawi
Coba hubungi Nissan Soekarno Hatta, kalau masih nggak ada coba hubungin yg Abd Rahman Saleh.
Waktu itu masih ada mobil yg buat TD, malahan waktu TD ditawarin limpahan (yg batal indet) 1.5 XV-MT, 3 hari langsung bawa mobil, tapi berhubung dg berbagai pertimbangan akhirnya tetap 1.8 XV-MT... walaupun indent laaamaaaaaa bangeeettt :-(

Regards,
DF
Drive Safely
Kasnawi Mursimin
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue May 22, 2007 5:27

Post by Kasnawi Mursimin »

semar.togog wrote:
Kasnawi Mursimin wrote: Mas Semar Togog, di Bandung dealer Nissan mana nih yang punya 1,8L bisa buat TD?
Mas Kasnawi
Coba hubungi Nissan Soekarno Hatta, kalau masih nggak ada coba hubungin yg Abd Rahman Saleh.
Waktu itu masih ada mobil yg buat TD, malahan waktu TD ditawarin limpahan (yg batal indet) 1.5 XV-MT, 3 hari langsung bawa mobil, tapi berhubung dg berbagai pertimbangan akhirnya tetap 1.8 XV-MT... walaupun indent laaamaaaaaa bangeeettt :-(

Regards,
DF
Mas Semar...
Ternyata di Bandung di semua dealer Nissan, baik yg Veteran, Ar Saleh maupun SK Hatta mereka sudah nda punya 1,8L buat di TD. Yang ada cuman 1,5L MT atau A/T doang. Katanya kalo mau TD yg 1,8L musti ke Jakarta.

Yahh, mau TD aja musti ke Jakarte.
javascript:emoticon(':?')
Confused

Kalo belum ngerasain sendiri power & torsinya GL 1,8L kumaha atuh?
Kasnawi Mursimin
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue May 22, 2007 5:27

Post by Kasnawi Mursimin »

Temen2 semua yang udah bantuin kasih saran & pendapat serta ajakan maupun pemaksaan, saya ucapken MAKASIH BANGET ya..:e-clap:

Sungguh, saya Kasnawi, merasa terbantu sekali dengan comment2 kalian semua. Sudah pasti temen2 saya di kampung yg sekarang ini juga lagi bingung nentuin pilihan, seperti Ngatijo, Tukimin, Mukidi, Juminten, Ngatinem & Fransiska Angelina :lol: , pasti bakal saya kasih liat forum ini. Semoga aja mereka2 juga jadi terbantu.

Antara 1,5L & 1,8L biar nanti saya akan tentuken sendiri melalui semedi khusus dalam 1-2 hari kedepan... (dukun kali semedi)

Tapi jujur aja, comment2 kalian semua sudah pasti saya jadiken tambahan data untuk memilih. Nanti kalo sudah bulet hati memilih, saya akan sharingken lagi ama temen2, dan juga mungkin temen2 yg lain di masa depan yg nantinya bisa aja mengalami hal yg sama kayak sama sekarang ini...

Sekali lagi...makasih ya temen2 semua... :e-clap:

Saya mau ketemu dulu ama temen2 saya Ngatijo, Tukimin, Mukidi, Juminten, Ngatinem & Fransiska Angelina :lol:

Eits :e-naughty: , buat yg masih mau kasih saran & pendapatnya, masih boleh kok. Kan ngga cuman saya aja yg butuh, sapa tau ada pembaca laen jg yg butuh...
Faizra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu May 10, 2007 6:32

Post by Faizra »

Bung Kasnawi,...kalo anda masih ragu, spt kata anda saya pikir semedi juga mjd cara yg ampuh :lol:

Kalo belum yakin,..bisa lihat di polling corner (ask the audience).

Kalo belum yakin juga,...bisa "phone a friend".

Kalo belum yakin juga,...hitung kancing baju./ 50 : 50, setelah itu pilihan habis, anda kalah dan harus bayar 2 jt lagi karena kelamaan pesan.. :2gunfire:

1.5 XV,..memang reasonable for Jabotabek. 8)
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

gue belum punya Livina, tapi kalo suruh milih manual 1.5 atau 1.8. Kalo gue milih yg manual 1.5XV saja deh... Gua udah test drive juga, pindah transmisinya enteng & asyik banget. Tarikan bahkan lebih galak ketimbang 1.8 menurut Autobild loh...

kenapa gue pilih 1.5XV : (objektif banget loh...)
- lebih irit
- berpeluang punya resale value yg lebih baik (depresiasi lebih kecil)
- gue gak terlalu gila ngebut... maksimum 120 km/j saja di tol sudah sangat cukup, dalam kota? paling2 juga cuma 60 km/j.
- persneling cuma 5, kayak mobil biasa, kalo 6 persneling masih gamang cara pakainya.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

Nah, kalo matic, gue pilih 1.8XV
Buat matic, sebaiknya power mesin harus mumpuni. Gue sudah coba mesin MR18DE-nya Nissan, gileee coy halus dan kuat! Karakternya mirip mesin QR25DE-nya XTrail.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
Faizra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu May 10, 2007 6:32

Post by Faizra »

sangat justified bung soraksorai argumennya,....akur dah
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

maxx wrote:Soal 0-100kph, itu juga yg smp skrg gw masih bertanya2, kok bisa2nya hasil di autobild yg 1.5L lebih cepat.

Tapi kalo bicara top speed.. pasti yg 1.8L lebih tinggi pencapaian top speednya, begitu juga soal torsi untuk nanjak yg 1.8L lebih unggul.


Chaser wrote:Tapi kok menurut Autobild sprint 0-100 Km/h kok kencengan yang 1.5 yah daripada 1.8? 9.6 sec VS 10.0 sec tuh..
rasanya tadi gw baca di mobil motor jg emang kenceng yg 1.5... ga ngerti deh

bokap gw jg minat.. tp binun antara 1.5 dan 1.8 ultimate

di 1 sisi.. 1.5 mesinnya lebi irit n efisien + kencang jg

sisi lain 1.8 penuh fitur.. yg 1.5 parah bgt.. masa electric mirror aja kaga ada ???
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

ada gak GL pake SR20DET ya?

:D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

1.8 aja biar puas2 biar perlu yang ultimate
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

hwaaah aha ha... bos satyr mo beli GL juga neh? tertarik pula rupanya.

Udah dehhh.. tetap aja uang bisa ngomong! kalo dana cukup.. yg 1.8 pilihan terbaik, accesories sudah lengkap ga usah pusing2 lagi nyari2 accesories tambahan.. belum lagi soal resiko ilang garansi krn elektrika rusak bila teknisi toko salah pasang!

Emang tuh toko mo tanggung jawab ilangnya garansi?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

yg minat bokap gw.

gw sih lebi minat latio kalo suru milih (gw lebi suka sedan dan hatch)

masi mikir2 bro. hehehe
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Jgn mikir kelamaan bos satyr... GL naik 2jt per tgl 1 JUNI!!!

Ambil yg 1.8L lebih minim masalah sptnya. Krn asalnya mungkin GL memang didesign dg mesin 1.8L, liat aja tuh di China Livina Geniss pake 1.8L, ga ada tuh yg 1.5L dijual di China.

Gw yakin banget saat didesign seluruh konstruksi mobil sampe kaki2 ditujukan untuk mesin yg 1.8L, NMI tinggal nyomot bulet2 konstruksi Livina Geniss yg ada di China tanpa perubahan apapun. so.. pasti ada beda experience deh (spt suara shock glodak2) saat dimasukkin mesin 1.5L yg bobotnya lebih ringan.
satyr wrote:yg minat bokap gw.

gw sih lebi minat latio kalo suru milih (gw lebi suka sedan dan hatch)

masi mikir2 bro. hehehe
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

gw masi mikir..kali aja kalo facelift byk improvement.. kayak avanza.

selain itu gw pengen liat jg kecenderungannya.. kuat yg 1.5 apa 1.8 harganya. hehhe

lagian yg minat tuh bokap.. gw sih lebi minat latio (tp pasti harganya anjlok)
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE