Drift
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
Jazz nya Vtec ato IDS-i..
kalo Vtec sih biasanya dah disc kan..
di disc nya ada tromolnya juga pada jazz mangnya?..
cek deh..
soal tromol sama disc jgn salah pengertian.., tromol itu lebih kuat dari pada disc.. , cuman disc lebih cepet ngelepas panas dan kotoran ajah..
truk2 semua ajah pake tromol.. kalo pake disc ga kuat ngeremnya...
kalo Vtec sih biasanya dah disc kan..
di disc nya ada tromolnya juga pada jazz mangnya?..
cek deh..
soal tromol sama disc jgn salah pengertian.., tromol itu lebih kuat dari pada disc.. , cuman disc lebih cepet ngelepas panas dan kotoran ajah..
truk2 semua ajah pake tromol.. kalo pake disc ga kuat ngeremnya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
VTEC
ada drum in-disc nya, mungkin karena khusus buat parking doang, rem tangan gk pakem2 amat, musti ditarik amp maksimum dlu... cape bo'
so? bagusnya diapain? bengkel mana yg bisa?
ada drum in-disc nya, mungkin karena khusus buat parking doang, rem tangan gk pakem2 amat, musti ditarik amp maksimum dlu... cape bo'
so? bagusnya diapain? bengkel mana yg bisa?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
- Location: SoErAbAjA
over/under...


that's the different under/over...
intinya,
understeer saat kamu mo belikin mobil, tapi mobil ga' nurut en malah lurus..
oversteer saat kamu belokin mobil, traksi ban blakang lepas en bikin mobil menceng...
aq anak kuliahan jg kok, tapi taon ini lulus sih khehe... en udah punya kerja'an dewe...
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
Instruksi buat nyoba oversteer:
1. pergi ke tukang ban, isiin angin amp 42psi belakang (FF diutamakan)
2. naik ke pintu tol terdekat, kalo bisa sekitar jam 5 ato 6 pagi, traffic gak boleh terlalu rame ato terlalu sepi)
3. bayar 4500, abis itu berdoa bentar dalam hati
4. ngebut lah, jalan minimal 120
5. waktu mo nyalip, jangan ngerem, tapi langsung banting setir, trus dalam sekejab countersteer (lakukan secepat mungkin!!!)
6. mobil akan sliding melewati mobil yang didepan
7. trus banting stir sekali lagi (mobil akan sliding membentuk huruf S)
disclaimer : jangan diturutin kalo gak punya nyali, nyawa taruhannya bro. kalo belon2 aja tangan uda keringetan mending nggak usah nyoba, sekali lagi nyawa taruhannya
hanya terjadi pada kecepatan di atas 90 (konsep weight transfer)
1. pergi ke tukang ban, isiin angin amp 42psi belakang (FF diutamakan)
2. naik ke pintu tol terdekat, kalo bisa sekitar jam 5 ato 6 pagi, traffic gak boleh terlalu rame ato terlalu sepi)
3. bayar 4500, abis itu berdoa bentar dalam hati
4. ngebut lah, jalan minimal 120
5. waktu mo nyalip, jangan ngerem, tapi langsung banting setir, trus dalam sekejab countersteer (lakukan secepat mungkin!!!)
6. mobil akan sliding melewati mobil yang didepan
7. trus banting stir sekali lagi (mobil akan sliding membentuk huruf S)
disclaimer : jangan diturutin kalo gak punya nyali, nyawa taruhannya bro. kalo belon2 aja tangan uda keringetan mending nggak usah nyoba, sekali lagi nyawa taruhannya
hanya terjadi pada kecepatan di atas 90 (konsep weight transfer)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
nyalip? berarti ada mobil lain dunk? kalo ga berhasil, melibatkan mobil lain dunk? bahaya kan?StRaDe_Jazz wrote:Instruksi buat nyoba oversteer:
5. waktu mo nyalip, jangan ngerem, tapi langsung banting setir, trus dalam sekejab countersteer (lakukan secepat mungkin!!!)
6. mobil akan sliding melewati mobil yang didepan
7. trus banting stir sekali lagi (mobil akan sliding membentuk huruf S)
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
haiyaaa owee baca ni punya tulisan, sudah kelingat dinginn huuehuehuehStRaDe_Jazz wrote:Instruksi buat nyoba oversteer:
1. pergi ke tukang ban, isiin angin amp 42psi belakang (FF diutamakan)
2. naik ke pintu tol terdekat, kalo bisa sekitar jam 5 ato 6 pagi, traffic gak boleh terlalu rame ato terlalu sepi)
3. bayar 4500, abis itu berdoa bentar dalam hati
4. ngebut lah, jalan minimal 120
5. waktu mo nyalip, jangan ngerem, tapi langsung banting setir, trus dalam sekejab countersteer (lakukan secepat mungkin!!!)
6. mobil akan sliding melewati mobil yang didepan
7. trus banting stir sekali lagi (mobil akan sliding membentuk huruf S)
disclaimer : jangan diturutin kalo gak punya nyali, nyawa taruhannya bro. kalo belon2 aja tangan uda keringetan mending nggak usah nyoba, sekali lagi nyawa taruhannya
hanya terjadi pada kecepatan di atas 90 (konsep weight transfer)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
- Location: SoErAbAjA
wakakaka... gilaaa, cari mati juga tu strada-san... sekali keseimbangan countersteer ilang langsung munting2 ga' karuan trus nabrak pembatas jalan de... malaikat maut tinggal sorak2 bergembira... bwehehe... wahai saudara2ku kalo blom pernah nyoba' sekalipun, mending ga' usah dulu de... cari aj lapangan yg luaaaas banget, trus main2 aj disitu... sampe' ngerasa'in feel mobilnya, baru turun ke jalan raya... khehehe... ngajarin ga' bener juga' aq...
GaMbAtEeEe!!!
GaMbAtEeEe!!!
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
bukanya jazz vtek kita dari dulu sudah double cakram ?, bayangkan Fit spoon aja rem belakangnya masih pake drum, itu aja cuma dimodif drumnya dikasih sirip-sirip jadi ventilated drumdeadwood wrote:kalo jazz si emang parah rem std`nya .. distribusi rem dpn ama blakang`nya jg kontras banget , yg blkng kaya ngga kerja gt ... makanya fit yg baru di jepun sono di upgrade rem`nya , disc ama kaliper`nya digedein dikit ... syg kita2 ngga bisa menikmati

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
hehe, sering tuh keliatan kalo lagi di sebelah truk... ketawa-ketiwi tuh "benda" XD (becanda coi, amit2 dah)DriFtHiNkiNg wrote:wakakaka... gilaaa, cari mati juga tu strada-san... sekali keseimbangan countersteer ilang langsung munting2 ga' karuan trus nabrak pembatas jalan de... malaikat maut tinggal sorak2 bergembira... bwehehe... wahai saudara2ku kalo blom pernah nyoba' sekalipun, mending ga' usah dulu de... cari aj lapangan yg luaaaas banget, trus main2 aj disitu... sampe' ngerasa'in feel mobilnya, baru turun ke jalan raya... khehehe... ngajarin ga' bener juga' aq...
GaMbAtEeEe!!!
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Feb 24, 2007 9:14
halo semua. sy baru ikutan nih
. dulu saya biasanya nongkrong di thread otomotif kaskus, tapi karna skr akses kesana diblok dari kampus saya (inet murah ~ gratis
), jd skr baru ikutan forum2 otomotif lagi.
mohon bantuan dan pencerahannya ya.
. . .
saya pake jazz vtec manual thn 2005 buat harian, dan bokap pake mobil kantor (?!) toyota corolla altis..
dan dua2nya masih standar pabrik.
heran saya, rem belakang jazz yg sy pake kok gak pakem ya?? sudah bolakbalik komplen ke bengkel resmi honda nya pun, tidak ada bedanya (cuman dipendekin doang tarikan rem tangannya). saya pikir cuman mobil saya aja, eh ternyata temen2 disni juga ngerasain ya
jadi kurang asik kalo mau main2 oversteer.
selain itu juga kalo di tanjakan, ngerem, lalu mau jalan lagi, wow keringat dingin bercucuran ** karna rem tangan gak pakem **
tapi beda kalo saya nyoba corolla altis buat oversteer. sepertinya lebih asik, (belum pernah pol2an, blm berani sih
), selain hp nya lebih besar (+-130HP), juga rem belakang lebih pakem (pake teromol). dari 30-40kmh pun, ketika tarik handbrake langsung ngepot, walau dikit.
** ga berani eskrim2 karna mobil kantor
**
tapi kalau dipikir2, kok rasanya kalo mobil FWD dipake "drift" itu kurang asik ya, memangnya keadaan oversteer nya mobil FWD bisa dipertahankan se-lama mobil RWD ya?. dan istilah "drift" buat FWD menurut saya lebih cocok diganti sama istilah "ass dragging"
CMIIW ya.
-- just my 2cents --


mohon bantuan dan pencerahannya ya.

. . .
saya pake jazz vtec manual thn 2005 buat harian, dan bokap pake mobil kantor (?!) toyota corolla altis..
dan dua2nya masih standar pabrik.
heran saya, rem belakang jazz yg sy pake kok gak pakem ya?? sudah bolakbalik komplen ke bengkel resmi honda nya pun, tidak ada bedanya (cuman dipendekin doang tarikan rem tangannya). saya pikir cuman mobil saya aja, eh ternyata temen2 disni juga ngerasain ya

jadi kurang asik kalo mau main2 oversteer.

tapi beda kalo saya nyoba corolla altis buat oversteer. sepertinya lebih asik, (belum pernah pol2an, blm berani sih

** ga berani eskrim2 karna mobil kantor

tapi kalau dipikir2, kok rasanya kalo mobil FWD dipake "drift" itu kurang asik ya, memangnya keadaan oversteer nya mobil FWD bisa dipertahankan se-lama mobil RWD ya?. dan istilah "drift" buat FWD menurut saya lebih cocok diganti sama istilah "ass dragging"

CMIIW ya.
-- just my 2cents --
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
beruntung aja buat jazz yang FF itu rem belakang gak begitu ngaruh (apa karena gak ngaruh jadi disetel kayak gitu? gk ngerti deh maksud mekaniknya honda)
oversteer nya FR lama dari dari FF, bahkan bisa dibuat jauh lebih lama lagi dengan clutch kicking, overpower, dan input dari steering. sedangkan pada FF yang bisa dilakukan untuk memperlama oversteer adalah engine brake dan braking, yang sesuai namanya menghentikan laju mobil. penjelasan agak ribet tapi begitulah adanya
oversteer nya FR lama dari dari FF, bahkan bisa dibuat jauh lebih lama lagi dengan clutch kicking, overpower, dan input dari steering. sedangkan pada FF yang bisa dilakukan untuk memperlama oversteer adalah engine brake dan braking, yang sesuai namanya menghentikan laju mobil. penjelasan agak ribet tapi begitulah adanya
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
- Location: SoErAbAjA
hai
halo halo... "ass dragging" adalah kata yang tepat buat FF, khehe... mang selama kita nahan handbrake+full throttle, bokong mobil FF nyeret... tapi kalo kelamaan handbrake ditahan, mobilnya brenti... kalo FR main gas... kalo gas kebanyakan malah spin... yah, kalo menurutku siy, karena aq bukan ahlinya jazz dan altis, mungkin karena jazz ga' punya bokong en altis punya bokong... jadi oversteernya lebih berasa, kheheheh... sori-sori... cma pake' logika niy... no hard feeling laaah...
yah, mungkin kapan2 qta bisa bertemu di suatu tempat di surabaya untuk melakukan drift bersama...
GaMbAtEeE!!!
yah, mungkin kapan2 qta bisa bertemu di suatu tempat di surabaya untuk melakukan drift bersama...
GaMbAtEeE!!!
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
halo juga DK-san, tar rame2 ngedrift, kalo ada kesempatan bawa mobil sendiri ke timur jauh... hehehe
btw DK-san musti ajarin gw dulu cara ngedrift yg bener biar gk ada urusan ama asuransi,
btw DK-san musti ajarin gw dulu cara ngedrift yg bener biar gk ada urusan ama asuransi,

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
Re: hai
saya cukup nonton aja ama si CR-V 4 wd saya heheheDriFtHiNkiNg wrote:halo halo... "ass dragging" adalah kata yang tepat buat FF, khehe... mang selama kita nahan handbrake+full throttle, bokong mobil FF nyeret... tapi kalo kelamaan handbrake ditahan, mobilnya brenti... kalo FR main gas... kalo gas kebanyakan malah spin... yah, kalo menurutku siy, karena aq bukan ahlinya jazz dan altis, mungkin karena jazz ga' punya bokong en altis punya bokong... jadi oversteernya lebih berasa, kheheheh... sori-sori... cma pake' logika niy... no hard feeling laaah...
yah, mungkin kapan2 qta bisa bertemu di suatu tempat di surabaya untuk melakukan drift bersama...
GaMbAtEeE!!!
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
- Location: SoErAbAjA
asuransi?
yah... itulah gunanya asuransi bagi drifter... seharusnya para drifter mobilnya diasuransi'in semua, jadi kalo ada apa2 bisa ngeklaim, wakakakaka... JuWaHaT Pe'... ngomongnya "pak, mo klaim asuransi, saya nyetir ngantuk, trus nabrak trotoar de..."
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
haha, lucu banget... kalo asuransi nya punya orang yang ng-drift juga, pasti senyam-senyum sendiri, pikirnya "halah, kalo mau belajar nge-drift di sirkuit, jangan di jalan [cencored]"



Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
updated: tekanan ban belakang maksimum 40, kecepatan yang diperbolehkan maksimum 130kph, kalo gak mobil akan kehilangan kendali.StRaDe_Jazz wrote:Instruksi buat nyoba oversteer:
1. pergi ke tukang ban, isiin angin amp 42psi belakang (FF diutamakan)
2. naik ke pintu tol terdekat, kalo bisa sekitar jam 5 ato 6 pagi, traffic gak boleh terlalu rame ato terlalu sepi)
3. bayar 4500, abis itu berdoa bentar dalam hati
4. ngebut lah, jalan minimal 120
5. waktu mo nyalip, jangan ngerem, tapi langsung banting setir, trus dalam sekejab countersteer (lakukan secepat mungkin!!!)
6. mobil akan sliding melewati mobil yang didepan
7. trus banting stir sekali lagi (mobil akan sliding membentuk huruf S)
disclaimer : jangan diturutin kalo gak punya nyali, nyawa taruhannya bro. kalo belon2 aja tangan uda keringetan mending nggak usah nyoba, sekali lagi nyawa taruhannya
hanya terjadi pada kecepatan di atas 90 (konsep weight transfer)
yah, ini cuman perhatian buat orang senekat gw yang mo nyobain deh, tapi mending gw doang yang ngelakuin ini


Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 360
- Joined: Sun Feb 25, 2007 9:53
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
160? di track mah gak perlu takut kesenggol ama truk or mobil lain 

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 360
- Joined: Sun Feb 25, 2007 9:53
tapi kalo di circuit harusnya lebih cepet belajarnya karena bisa nanya ama yang lebih jago kecuali kalo pelit ilmu semua wkakakak
learn about LSD
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5520
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5520