Drift

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

Jazz nya Vtec ato IDS-i..
kalo Vtec sih biasanya dah disc kan..
di disc nya ada tromolnya juga pada jazz mangnya?..
cek deh..

soal tromol sama disc jgn salah pengertian.., tromol itu lebih kuat dari pada disc.. , cuman disc lebih cepet ngelepas panas dan kotoran ajah..

truk2 semua ajah pake tromol.. kalo pake disc ga kuat ngeremnya...
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

VTEC
ada drum in-disc nya, mungkin karena khusus buat parking doang, rem tangan gk pakem2 amat, musti ditarik amp maksimum dlu... cape bo'
so? bagusnya diapain? bengkel mana yg bisa?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
DriFtHiNkiNg
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
Location: SoErAbAjA

over/under...

Post by DriFtHiNkiNg »

Image
Image
that's the different under/over...
intinya,
understeer saat kamu mo belikin mobil, tapi mobil ga' nurut en malah lurus..
oversteer saat kamu belokin mobil, traksi ban blakang lepas en bikin mobil menceng...

aq anak kuliahan jg kok, tapi taon ini lulus sih khehe... en udah punya kerja'an dewe...
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"

need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

Instruksi buat nyoba oversteer:
1. pergi ke tukang ban, isiin angin amp 42psi belakang (FF diutamakan)
2. naik ke pintu tol terdekat, kalo bisa sekitar jam 5 ato 6 pagi, traffic gak boleh terlalu rame ato terlalu sepi)
3. bayar 4500, abis itu berdoa bentar dalam hati
4. ngebut lah, jalan minimal 120
5. waktu mo nyalip, jangan ngerem, tapi langsung banting setir, trus dalam sekejab countersteer (lakukan secepat mungkin!!!)
6. mobil akan sliding melewati mobil yang didepan
7. trus banting stir sekali lagi (mobil akan sliding membentuk huruf S)

disclaimer : jangan diturutin kalo gak punya nyali, nyawa taruhannya bro. kalo belon2 aja tangan uda keringetan mending nggak usah nyoba, sekali lagi nyawa taruhannya
hanya terjadi pada kecepatan di atas 90 (konsep weight transfer)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

StRaDe_Jazz wrote:Instruksi buat nyoba oversteer:

5. waktu mo nyalip, jangan ngerem, tapi langsung banting setir, trus dalam sekejab countersteer (lakukan secepat mungkin!!!)
6. mobil akan sliding melewati mobil yang didepan
7. trus banting stir sekali lagi (mobil akan sliding membentuk huruf S)
nyalip? berarti ada mobil lain dunk? kalo ga berhasil, melibatkan mobil lain dunk? bahaya kan?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

StRaDe_Jazz wrote:Instruksi buat nyoba oversteer:
1. pergi ke tukang ban, isiin angin amp 42psi belakang (FF diutamakan)
2. naik ke pintu tol terdekat, kalo bisa sekitar jam 5 ato 6 pagi, traffic gak boleh terlalu rame ato terlalu sepi)
3. bayar 4500, abis itu berdoa bentar dalam hati
4. ngebut lah, jalan minimal 120
5. waktu mo nyalip, jangan ngerem, tapi langsung banting setir, trus dalam sekejab countersteer (lakukan secepat mungkin!!!)
6. mobil akan sliding melewati mobil yang didepan
7. trus banting stir sekali lagi (mobil akan sliding membentuk huruf S)

disclaimer : jangan diturutin kalo gak punya nyali, nyawa taruhannya bro. kalo belon2 aja tangan uda keringetan mending nggak usah nyoba, sekali lagi nyawa taruhannya
hanya terjadi pada kecepatan di atas 90 (konsep weight transfer)
haiyaaa owee baca ni punya tulisan, sudah kelingat dinginn huuehuehueh
User avatar
DriFtHiNkiNg
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
Location: SoErAbAjA

Post by DriFtHiNkiNg »

wakakaka... gilaaa, cari mati juga tu strada-san... sekali keseimbangan countersteer ilang langsung munting2 ga' karuan trus nabrak pembatas jalan de... malaikat maut tinggal sorak2 bergembira... bwehehe... wahai saudara2ku kalo blom pernah nyoba' sekalipun, mending ga' usah dulu de... cari aj lapangan yg luaaaas banget, trus main2 aj disitu... sampe' ngerasa'in feel mobilnya, baru turun ke jalan raya... khehehe... ngajarin ga' bener juga' aq...

GaMbAtEeEe!!!
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"

need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

kalo jazz si emang parah rem std`nya .. distribusi rem dpn ama blakang`nya jg kontras banget , yg blkng kaya ngga kerja gt ... makanya fit yg baru di jepun sono di upgrade rem`nya , disc ama kaliper`nya digedein dikit ... syg kita2 ngga bisa menikmati :P
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

deadwood wrote:kalo jazz si emang parah rem std`nya .. distribusi rem dpn ama blakang`nya jg kontras banget , yg blkng kaya ngga kerja gt ... makanya fit yg baru di jepun sono di upgrade rem`nya , disc ama kaliper`nya digedein dikit ... syg kita2 ngga bisa menikmati :P
bukanya jazz vtek kita dari dulu sudah double cakram ?, bayangkan Fit spoon aja rem belakangnya masih pake drum, itu aja cuma dimodif drumnya dikasih sirip-sirip jadi ventilated drum :e-clap:
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

fit 2006 disc brake depan`nya di upgrade ... 257mm ... kita punya 240mm
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

DriFtHiNkiNg wrote:wakakaka... gilaaa, cari mati juga tu strada-san... sekali keseimbangan countersteer ilang langsung munting2 ga' karuan trus nabrak pembatas jalan de... malaikat maut tinggal sorak2 bergembira... bwehehe... wahai saudara2ku kalo blom pernah nyoba' sekalipun, mending ga' usah dulu de... cari aj lapangan yg luaaaas banget, trus main2 aj disitu... sampe' ngerasa'in feel mobilnya, baru turun ke jalan raya... khehehe... ngajarin ga' bener juga' aq...

GaMbAtEeEe!!!
hehe, sering tuh keliatan kalo lagi di sebelah truk... ketawa-ketiwi tuh "benda" XD (becanda coi, amit2 dah)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

deadwood wrote:fit 2006 disc brake depan`nya di upgrade ... 257mm ... kita punya 240mm
oalah, arigatou gozaimasu atas infonya :P
homer
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Feb 24, 2007 9:14

Post by homer »

halo semua. sy baru ikutan nih :). dulu saya biasanya nongkrong di thread otomotif kaskus, tapi karna skr akses kesana diblok dari kampus saya (inet murah ~ gratis :lol: ), jd skr baru ikutan forum2 otomotif lagi.

mohon bantuan dan pencerahannya ya. :)


. . .
saya pake jazz vtec manual thn 2005 buat harian, dan bokap pake mobil kantor (?!) toyota corolla altis..
dan dua2nya masih standar pabrik.

heran saya, rem belakang jazz yg sy pake kok gak pakem ya?? sudah bolakbalik komplen ke bengkel resmi honda nya pun, tidak ada bedanya (cuman dipendekin doang tarikan rem tangannya). saya pikir cuman mobil saya aja, eh ternyata temen2 disni juga ngerasain ya :lol:

jadi kurang asik kalo mau main2 oversteer. :( selain itu juga kalo di tanjakan, ngerem, lalu mau jalan lagi, wow keringat dingin bercucuran ** karna rem tangan gak pakem **

tapi beda kalo saya nyoba corolla altis buat oversteer. sepertinya lebih asik, (belum pernah pol2an, blm berani sih :lol:), selain hp nya lebih besar (+-130HP), juga rem belakang lebih pakem (pake teromol). dari 30-40kmh pun, ketika tarik handbrake langsung ngepot, walau dikit.
** ga berani eskrim2 karna mobil kantor :lol: **

tapi kalau dipikir2, kok rasanya kalo mobil FWD dipake "drift" itu kurang asik ya, memangnya keadaan oversteer nya mobil FWD bisa dipertahankan se-lama mobil RWD ya?. dan istilah "drift" buat FWD menurut saya lebih cocok diganti sama istilah "ass dragging" :lol:

CMIIW ya.

-- just my 2cents --
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

beruntung aja buat jazz yang FF itu rem belakang gak begitu ngaruh (apa karena gak ngaruh jadi disetel kayak gitu? gk ngerti deh maksud mekaniknya honda)
oversteer nya FR lama dari dari FF, bahkan bisa dibuat jauh lebih lama lagi dengan clutch kicking, overpower, dan input dari steering. sedangkan pada FF yang bisa dilakukan untuk memperlama oversteer adalah engine brake dan braking, yang sesuai namanya menghentikan laju mobil. penjelasan agak ribet tapi begitulah adanya
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
DriFtHiNkiNg
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
Location: SoErAbAjA

hai

Post by DriFtHiNkiNg »

halo halo... "ass dragging" adalah kata yang tepat buat FF, khehe... mang selama kita nahan handbrake+full throttle, bokong mobil FF nyeret... tapi kalo kelamaan handbrake ditahan, mobilnya brenti... kalo FR main gas... kalo gas kebanyakan malah spin... yah, kalo menurutku siy, karena aq bukan ahlinya jazz dan altis, mungkin karena jazz ga' punya bokong en altis punya bokong... jadi oversteernya lebih berasa, kheheheh... sori-sori... cma pake' logika niy... no hard feeling laaah...

yah, mungkin kapan2 qta bisa bertemu di suatu tempat di surabaya untuk melakukan drift bersama...

GaMbAtEeE!!!
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"

need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

halo juga DK-san, tar rame2 ngedrift, kalo ada kesempatan bawa mobil sendiri ke timur jauh... hehehe
btw DK-san musti ajarin gw dulu cara ngedrift yg bener biar gk ada urusan ama asuransi, :D
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: hai

Post by Yusaku »

DriFtHiNkiNg wrote:halo halo... "ass dragging" adalah kata yang tepat buat FF, khehe... mang selama kita nahan handbrake+full throttle, bokong mobil FF nyeret... tapi kalo kelamaan handbrake ditahan, mobilnya brenti... kalo FR main gas... kalo gas kebanyakan malah spin... yah, kalo menurutku siy, karena aq bukan ahlinya jazz dan altis, mungkin karena jazz ga' punya bokong en altis punya bokong... jadi oversteernya lebih berasa, kheheheh... sori-sori... cma pake' logika niy... no hard feeling laaah...

yah, mungkin kapan2 qta bisa bertemu di suatu tempat di surabaya untuk melakukan drift bersama...

GaMbAtEeE!!!
saya cukup nonton aja ama si CR-V 4 wd saya hehehe
User avatar
DriFtHiNkiNg
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
Location: SoErAbAjA

asuransi?

Post by DriFtHiNkiNg »

yah... itulah gunanya asuransi bagi drifter... seharusnya para drifter mobilnya diasuransi'in semua, jadi kalo ada apa2 bisa ngeklaim, wakakakaka... JuWaHaT Pe'... ngomongnya "pak, mo klaim asuransi, saya nyetir ngantuk, trus nabrak trotoar de..."
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"

need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

haha, lucu banget... kalo asuransi nya punya orang yang ng-drift juga, pasti senyam-senyum sendiri, pikirnya "halah, kalo mau belajar nge-drift di sirkuit, jangan di jalan [cencored]" :lol: :lol:
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

StRaDe_Jazz wrote:Instruksi buat nyoba oversteer:
1. pergi ke tukang ban, isiin angin amp 42psi belakang (FF diutamakan)
2. naik ke pintu tol terdekat, kalo bisa sekitar jam 5 ato 6 pagi, traffic gak boleh terlalu rame ato terlalu sepi)
3. bayar 4500, abis itu berdoa bentar dalam hati
4. ngebut lah, jalan minimal 120
5. waktu mo nyalip, jangan ngerem, tapi langsung banting setir, trus dalam sekejab countersteer (lakukan secepat mungkin!!!)
6. mobil akan sliding melewati mobil yang didepan
7. trus banting stir sekali lagi (mobil akan sliding membentuk huruf S)

disclaimer : jangan diturutin kalo gak punya nyali, nyawa taruhannya bro. kalo belon2 aja tangan uda keringetan mending nggak usah nyoba, sekali lagi nyawa taruhannya
hanya terjadi pada kecepatan di atas 90 (konsep weight transfer)
updated: tekanan ban belakang maksimum 40, kecepatan yang diperbolehkan maksimum 130kph, kalo gak mobil akan kehilangan kendali.
yah, ini cuman perhatian buat orang senekat gw yang mo nyobain deh, tapi mending gw doang yang ngelakuin ini :e-naughty: :e-naughty:
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

ehehe.. anak2 di sentul pada maen di kecepatan 160 tuh kalo lagi maen drift2....
D-SOUL
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 360
Joined: Sun Feb 25, 2007 9:53

Post by D-SOUL »

tracknya sentul kaya gimana sich banyak lurus ato banyak corner? mrip ama daytona circuit ato apa gitu? sorry pertanyaan orang awam
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

160? di track mah gak perlu takut kesenggol ama truk or mobil lain :D
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

StRaDe_Jazz wrote:160? di track mah gak perlu takut kesenggol ama truk or mobil lain :D
ah belun tentu bos, nanti nyenggol ban bekas heuehueh
D-SOUL
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 360
Joined: Sun Feb 25, 2007 9:53

Post by D-SOUL »

tapi kalo di circuit harusnya lebih cepet belajarnya karena bisa nanya ama yang lebih jago kecuali kalo pelit ilmu semua wkakakak