Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
tsu81 wrote:pabrik2 perakitan mocin IMO ambruk bukan karena kehilangan kepercayaan... tapi emang nggak bisa merebut kepercayaan kebanyakan masyarakat Indo yang udah terlanjur fanatik ama Honda/ Suzu/ Yamaha, terutama Honda tuh....
klo di Jawa timur, apalagi di desa2, yang namanya sepeda motor itu Honda, jadi klo ada orang nanya "eh mas, honda mu nang endi ? " (Eh mas, honda mu dimana ?) padahal si empunya mtr punya nya Yamaha hehehehe ^^
terus klo soal kualitas..... IMO itu sangat2 tergantung si user, pernah liat motor2 polisi yang Loncin 250 ? AFAIK itu motor2 udah ada semenjak 2003/2004, dan sejauh yang gw liat masih mulus2 tuh semua
terus juga.... ada temen gw yang make Jialing (model Grand 95) buset... masih kinclong kaya baru
Betul itu, orang indonesia sudah terlanjur fanatik dengan merek merek jepang termasuk bung desuk , sudah terlanjur fanatik dengan Shogunnya
gini aja deh bro-bro sekalian,negara cina namanya juga lagi belajar,industrinya juga lagi belajar terus menerus...lah kan lama kelamaan pinter tuh, jadi siapa tahu dengan perkembangan jaman tekhnologi sekarang,kualitas motor made in cina makin baik.trus soal masalah jiplak-menjiplak,ya kan ga ada hak paten.jadi yo sah-sah wae,hehehe...pernah baca nih,di cina sono,perusahaan mopang sampe ngajak kerjasama mocin dalam produksi motor,bahkan berlaku pula dalam pembuatan mobil,yah daripada dimusuhi,lebih baik dijadikan sekutu...art of war kali ya..lebih efisien
kebetulan adik punya hokaido flash,tahun 2002,sampe sekarang masih mulus-mulus aja,catnya juga ga busem,kinclong,udah gitu kemaren sempet ikut kontes,ga menang sih,tapi pede aja lagi.mesin juga ga trouble...jadi mungkin juga tergantung ama si pemakainya juga..sifat bikers dapat dilihat dari tunggangannya,kalo motornya ancur...b'arti ga prnh dirawat tuh motor,cuma asal pake doang.b'arti ga sayang motor dong....murah sih murah,tapi belum tentu yang murah tu jelek...trims ....
bener bro swift, ga cuman mopang aja lho, harley aja yang sempet mo mempermasalahkan masalah tirumeniru ga jadi krn hal tsb malah hanya akan merugikan, akhirnya kerjasamalah dia ama zongshen utk pemasaran harley di china. kalo main frontal dgn menyerang industri cina secara langsung ga akan menang, krn mereka menguasai mungkin sepertiga pasar otomotif dunia(mungkin lho, jadi bisa salah, hehehe). bayangkan kalo sampe cina memboikot produk tertentu, berapa kerugian yg bakal didapat....gitu kira2...
om-om , suhu" sekalian, kt bokap saya nih (yg ngerti ekonomi gini)
dia flashback awal kejayaan produk jepang..
ktnya,dulu produk jepang juga mengalami 3 MASA seperti cina saat ini, dimana:
1.MENCONTEK ABIS MODEL
2.MENGEMBANGKAN MODEL
3.MEMBUAT SENDIRI MODEL
ingat toshiba dan merk kulkas yg brasal dr jepang(duh lupa nama merknya apa, hehe)
dulu jg mengalami siklus hidup cina sprti skarang
produk jepang, dulunya, tidak langsung CROTT keluar model" terkenal dan punya image brand kuat...tapi, sama spt cina, mereka membeli langsung barang sprti kulkas, TV, etc dr amerika sanah(CMIIW)..dan mereka meniru ABIS model" itu dan menjualnya ke pasaran....tp apa yg didapat??produk jepang saat itu terkenal yg paling buruk kualitasnya(CMIIW), nah krn dicap jelek itu lah mereka mulai BELAJAR untuk membuat produk yg lebih baik(memasuki tahap ke-2) menganalisa sumber kelemahan, mengupgrade kualitas bahan, mendatangkan insinyur dr luar u/ pengembangan...
dr hasil pengembangan model tersebut, kualitas produk jepang mulai disegani dunia...
dan pada akhirnya(hingga sekarang), mereka telah memasuki tahap ke-3, dimana mereka sudah bisa membuat produk mereka sendiri dengan model mereka sendiri pula, dengan kualitas yg bagus dan memimpin pasar produk di dunia(CMIIW)...
dan, menurut bokap ane nih, hehe...
cina sekarang sudah memasuki tahap ke-2, dimana perkembangan ekonominya sedang giat digencarkan, yg semula hanya MENYONTEK, sekarang sudah memasuki tahap pengembangan, krn banyak investor asing membuat barang disanah, otomatis kualitas masyarakatnya meningkat dong, dan banyaknya populasi manusia disana, membuat banyak orang cina yg ingin mendapat pekerjaan,hehe, contohnya:nokia, dll, produk jepang pun sudah banyak yg diproduksi disana(CMIIW BOS)hehe..
liat kan banyak produk bermerk jepang diproduksi di china???(thailand jg sih contohnya honda, hehe)hehe...
Nah, kita tinggal menunggu waktu saja TAHAP KE-3 CHINA itu datang...dan bukan tak mungkin bahwa SUATU SAAT produk CHINA bakal memimpin pasar...
SUATU SAAT, hehe..
motor cina sebenernya nmggak jelek2 amat lho......apalagi yang produksi sana.....apesnya yang dibawa ke indo itu banyakan produk home industry.....emang dodol nih para spekulan yag cuma mau ambil untung gede karena banjir motor cina..........
tapi kita sekarang2 ini juga bersyukur karena motor cina masuk ke indo.....bayangkan betapa honda, suzuki dan yamaha kebakaran jenggot, terutama honda........akhirnya mereka berani juga ngeluarin motor murah (akibatnya juga kualitas dikurangi) yang mengambil basis thailand........dan bodohnya kita juga mau beli karena ngeliat merek.........semua nggak bakal terjadi kalo motor cina nggak masuk indo........selama ini kita terbuat ama merek2 jepang yang sebenernya dah ngambil untung gede banget buat motor2 yg diproduksinya...........
kalo gue pikir sih.. jepang kan udah lama bikin motor (otomotif), jadi segala seluk beluknya mungkin juga udah mahir lah. daripada cina yang masih belajar tahap 2 (kata postingan di atas), pastilah belum semahir jepang. berpengaruh terhadap hasil produknya yang gue nilai masih tidak sebagus jepang, apalagi yang versi murahnya (produk cina juga ada berkelas loh).
jadi fungsi image juga sedikit berguna, untuk melihat seberapa pengalamannya sih tuh pembuat produk. Kalo pengalaman sudah tinggi kan, produknya juga semestinya dan sepatutnya adalah bagus.
tapi lain hal dgn disini, makin tinggi image kok tidak bisa mempertahankan kualitas, malah semakin lama semakin menurun, alih2/mentang laku keras jadi kurang memperhatikan kualitas, semakin murah tapi memotong kualitas. dan gue menilai, produk jepang pun mengalami penurunan kualitasnya (gak bicara merk, pokoknya produk yang ngaku buatan atau afiliasi jepang)
jadi, sahkah mocin meniru mopang, mungkin boleh2 saja asal tidak merugikan yang lain (model bisa mirip2, tapi merknya harus mandiri, ini gak, kadang2 merk plesetan). seperti pepatah si tukul; biar muka jelek dan bodo, tapi tidak merugikan orang lain.. hehe.
back to leptop, alias to topic....
tp gw ngerasa mocin melakukan strategi meniru merk kemungkinan karena terpaksa... itu krn konsumen yg udah terbuai ama merk tp ngelupain kualitas. Jd mocin ngemirip-miripin merk motor biar konsumen merasa familiar dgn motor keluaran mocin.
Dan kompetisi bisnis untuk masalah nama ato merk itu udah gak tabu lg di jaman globalisasi skrg, skrg kan konsumen udah pada jago ngenilai product2 mana yang sesuai ama kebutuhan... terutama SM'ers :D
Diriku memakai Mocin Hokaido Rider 110 bekas taun 2001, dibeli Des 2004 dg harga 2.3jt....
Lumayan lah dibanding naek angkot. Motor jarang dimandiin, jarang diservis kecuali kalo udah susah diidupin. Yg penting ngga telat ganti oli. Aku pake shell advance SX4.
memang sih kalo kenyamanan ngga bisa dibilang enak...
yg penting buatku bisa dipake pulang pergi ke tempat kerja. dan sampai sekarang masih bisa dipake rada2 ngebut walaupun tanpa pake gigi3 (kayaknya stelannya atau apaannya deh... ngga ngerti), gigi 3 cuman dilewatin aja.
Simotor juga sering bawa beban yg kelewat batas,:
1. bawa jam dinding 100pcs dari Senen ke Sawangan
2. bawa Keluarga (aku+istri+2anak+PRT) dari rumah di kampung ke jalan depan.
bujug dah...!! ente udah termasuk pemain acrobat ato free styler lho kalo ngebawa keluarga (5 org) cuman make motor bebek... hebat2... tp ttp hrs safety first lho bro...
Pengalaman saya pake Tossa Optima waktu beli tahun 2002, waktu dibawa pertama kali rasanya enak banget, dan kalau dibanding dengan motor motor bebek jepang, terasa beda sekali tarikannya, Optima terasa banget tarikannya, pernah ngetes sama motor GL Pro Neotech, Motor Tossa saya langsung maju paling depan, cuma waktu itu kalah nafas, mungkin karena perbedaan CCnya ya,
Setelah saya ganti Silinder bloknya dengan punya Cina juga dan ganti pistonnya dengan punya gl pro CDI yg OS 1 (krn memang harus pake piston itu krn yg paling sesuai Piston GL PRO CDI OS 1.00) merek aspira Optima saya jadi 150cc, ngetes sama TIGER, Optima saya bisa lumayan jauh ninggalin TIGER apalagi Mega Pro. Ngetes sama Satria FU standar juga menang juga.
Memang betul kata bro adjokasep, Tossa Optima paling bagus, tapi produk produk tossa yang lain juga bagus juga, terbukti teman saya pake Tossa model bebek supra, sampe sekarang itu motor masih mulus lus lusssss banget
mungkin karena sudah terbiasa dengan doktrin montor2 jepang, yang dibilang bagus, tp klo menurut gw sih, gak usah liat mereklah, liat kualitas dan kenyamanan serta kemudahan sparepart aja,... klo mocin emang memadai seperti itu.. gw jamin mocin jg pasti laku, itupun klo orang indonesia sudah bisa berubah total dari doktrin2 montor2 pendaulu cmiw..
ahardo wrote:mungkin karena sudah terbiasa dengan doktrin montor2 jepang, yang dibilang bagus, tp klo menurut gw sih, gak usah liat mereklah, liat kualitas dan kenyamanan serta kemudahan sparepart aja,... klo mocin emang memadai seperti itu.. gw jamin mocin jg pasti laku, itupun klo orang indonesia sudah bisa berubah total dari doktrin2 montor2 pendaulu cmiw..