yamaha vs honda - episode : irit
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
yah kita sama-sama tau aja lah. bisa menimbang dan memilih produk yang memang benar-benar kita butuhkan, bukan karena terpaksa (oleh iklan/kata orang/dll) tapi karena memang kita suka.
honda bisa irit karena memang spek mesinnya mendukung untuk irit. Alhasil, bila merk lain disesuaikan spek mesinnya sama seperti itu, gue yakin bisa sama irit. Memangnya apa kelebihan mesin honda? VVT? DSI? Yang injeksi pun terbukti cuma kurang dari seliter lebih irit daripada yang karburator.
honda bisa irit karena memang spek mesinnya mendukung untuk irit. Alhasil, bila merk lain disesuaikan spek mesinnya sama seperti itu, gue yakin bisa sama irit. Memangnya apa kelebihan mesin honda? VVT? DSI? Yang injeksi pun terbukti cuma kurang dari seliter lebih irit daripada yang karburator.
semoga selamat sampai duluan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
huhuh gw pake satria RU isi pertamax plus 1 liter. pp cikarang bekasi mlah masih sisaa dikit, gw isi 1 liter karena duit yang pas2andado wrote:maksudnya apaan sih, ane ngga ngerti pertanyaannya, klo gw pribadi sih pernah naek supra fit isi 1 liter alhasil bisa pulang pergi bekasi-tj prioksu_minson wrote:bro pada ributin irit terus, pernah ngak yang ngerasa motornya irit mampir ke pom bensin trus bilang bang isi bensin satu liter...!

jadi klo gw bilang sih.. honda dan motor merek2 lain.. intinya irit relatif, tergantung lu pada bawanya aja gmn
Turbo Hayabusa


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Tue Nov 14, 2006 12:55
- Location: in front of my laptop
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
masalah irit ga irit sebetulnya ga usah di permasalahkan...setiap spek ada segmen yg ga sengaja tercipta dari kebiasaan, kebutuhan dan keinginan/selera biker...kalo para pekerja yg emang menggunakan motor sbg kendaraan opersional dimana jatah bensin mungkin dibatasi, pastinya ga akan milih ninja atau motor yg katanya ga irit untuk dipakai. bagi mrk mungkin ga penting performa yg tinggi, akselerasi spontan atau pencapaian high speed yg tinggi. yg penting sampe ditempat yg dituju. ya semacam tukang pos, atawa kurir, atawa ojek, or yg lainnya. ngapain pula mrk kebut2an, nah yg begini irit yg dicari....sebaliknya utk anak muda yg kebanyakan mengedepankan performa, ya irit bukan yg utama.
Tp sebetulnya maksud dari topik apa yah?
mencari tau siapa yg paling irit atau siapa yg paling bagus sih????
utk saat ini secara average honda masih unggul dibanding yg lain utk hal irit, dan ini menjadi selling point utama buat mrk. setiap ada saran bagi yg mo beli motor pasti bilangnya "honda aja lebih irit", ga pernah denger "honda aja, lebih kenceng".
tp kalo dicari siapa yg paling bagus secara keseluruhan, sama aja kali yah, ada yg lebih ada yg kurang...intinya balik lagi ke selera ama budget...
kecuali di tanya, bagusan mana honda ama jincheng? kalo itu ga susah cari jawabannya....
Tp sebetulnya maksud dari topik apa yah?


mencari tau siapa yg paling irit atau siapa yg paling bagus sih????
utk saat ini secara average honda masih unggul dibanding yg lain utk hal irit, dan ini menjadi selling point utama buat mrk. setiap ada saran bagi yg mo beli motor pasti bilangnya "honda aja lebih irit", ga pernah denger "honda aja, lebih kenceng".
tp kalo dicari siapa yg paling bagus secara keseluruhan, sama aja kali yah, ada yg lebih ada yg kurang...intinya balik lagi ke selera ama budget...
kecuali di tanya, bagusan mana honda ama jincheng? kalo itu ga susah cari jawabannya....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
- Location: Pasar Rebo, Jak-Tim
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
klo menurut topik "yamaha vs honda" lebih irit mana? klo menurut sy jawaban yg benar klo benar2 di compare dengan motor2 yg sekelas sudah pasti lebih irit honda ambil contoh, vega r dengan supra fit klo benar2 di compare pasti lebih irit honda, memang bedanya pasti tidak terlalu banyak.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Nov 08, 2006 12:30
PermiSi SemuA nya!!!maO nUmPanK nAnya niH,,!!!
PasaRan F1Z R th'03 bRp yAh??
kL adA yG JuaL F1Z R th'03 Rp 3,8 jT mUraH/StandArd/mAhaL tUh??
kAtanyA Si dA di mOdiF tP di kS bAranG2 yG aSLi nya jG!!!uDa mOnO shOck, aRm bEda, SayaP beDa, UndErbOunD & taU da aPa Lg???kAtanYa Si dA anAk mUda bAnGgEt gitU,,,ZzzZzzz,,,
mOhOn PEndApaT & SarAn dR SemUa nya,,,,
tLg di bLs SeCepAtnya, tRimA kSi!!
PasaRan F1Z R th'03 bRp yAh??
kL adA yG JuaL F1Z R th'03 Rp 3,8 jT mUraH/StandArd/mAhaL tUh??
kAtanyA Si dA di mOdiF tP di kS bAranG2 yG aSLi nya jG!!!uDa mOnO shOck, aRm bEda, SayaP beDa, UndErbOunD & taU da aPa Lg???kAtanYa Si dA anAk mUda bAnGgEt gitU,,,ZzzZzzz,,,
mOhOn PEndApaT & SarAn dR SemUa nya,,,,
tLg di bLs SeCepAtnya, tRimA kSi!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
maaf out of topic tapi baca postingannya Om TUFF jadi pgn cerita : gw pernah ngisi bensin 12000 doank.. duitnya kebetulan lecek kelipet2, kliatannay cuma cebanan ama ribu2an, salahnya tuh tukang pom bensin, gw udah bilang 12000 plus pake isyarat tangan, dia malah setel 15000 pas sambil ngisi dia ngitung tuh duit lecek :TUFF Stough wrote:Gw pribadi pernah sih minta cuma 1 liter, soalnya di pom bensin tsb nggak jual pertamax, alhasil gw kudu pake premium biasa.
Teman gw malah lebih parah, pernah cuma minta diisi 2000 perak.
"Mas, cuma 12 rb yah?"
"Iya kan juga tadi saya bilang 12 rb"
akhirnya tuh tukang bensin mukanya rada kesel gitu sambil nyetop pompa, di meteran gw liat udah 13rb lewat he3x....
gw setuju ama om aziz, irit/boros semuanya relatif. semua merek punya kelebihan dan kekurangan, masing2 udah punya standarnya.
Klo gw lebih kepada faktor pengendara yang mempengaruhi urusan irit/borosnya BBM trutama yang suka modif2 (pernah juga kok dibahas di M+) klo ga salah :
1. CDI Unlimiter (bikin orang terpancing utk tahan RPM tinggi sebelum oper gigi, istilahnya suka maen2in gas.. ini faktor pengendara juga)
2. knalpot racing
3. karbu gambot
4. ban tapak lebar
masih ada lagi tapi gw lupa saya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Buntut dari perbedaan harga pertamax dan premium yg tipis, sptnya sekarang tukang jaga pom bensin suka menghambur-hamburkan pertamax dgn sengaja mengisi sampai luber ke mana2. Jadinya kita hrs bayar lebih utk bensin yg diluberkan tsb. Aku sudah bbrp kali mengalaminya pada bbrp pom bensin yg berbeda. Utk mensiasatinya sekarang aku isi selalu dgn uang pas walaupun jadinya nggak pernah penuh.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
Siapapun yang mencari irit, takkan melihat faktor lain, apakah performa atau nyaman. Nah, segmen irit walaupun bagaimana masih dibutuhkan sampai kiamat sekalipun. Dan dari setiap tes yang dilakukan media massa, terbukti Honda adalah paling irit. Dan untuk saat ini , bolehlah kita akui, Honda itu irit. (jangan lagi diperdebatkan faktor lainnya, itulah image)
semoga selamat sampai duluan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Yamaha setahu saya mesinnya menganut jarak stroke yg lebih pendek dgn bore yg lebih lebar, sehingga perputaran cam-nya lebih cepat, baik pada 2-tak maupun 4-tak. Jadinya konsumsi bbm-nya juga lebih banyak dibanding Honda maupun Suzuki.
Namun dgn kombinasi bore dan stroke tsb, tarikan bawahnya menjadi lebih bertenaga.
Kalau seandainya Honda maupun Suzuki dipaksakan utk mengejar tarikan bawahnya Yamaha, kemungkinan konsumsi bbm-nya juga nggak jauh beda.
Yang penting tergantung cara pembawaan motornya, lha!
Namun dgn kombinasi bore dan stroke tsb, tarikan bawahnya menjadi lebih bertenaga.
Kalau seandainya Honda maupun Suzuki dipaksakan utk mengejar tarikan bawahnya Yamaha, kemungkinan konsumsi bbm-nya juga nggak jauh beda.
Yang penting tergantung cara pembawaan motornya, lha!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
Honda bebek 4 tak 100cc kan mesin nya masih pake teknologi jaman batu :-D<br/><br/>Kalo yg bilang Honda bebek 4 tak 100cc yg paling irit itu masih agak berpikiran sempit n kolot, lha cc nya cuma 97, sementar kompetitor nya 102cc & 110cc, gak selevel donk :-D<br/><br/>/ygantiahm<br/><br/><br/><i>.
osted via WAP:.</i>

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Tue Nov 14, 2006 12:55
- Location: in front of my laptop
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
Anzie wrote:tapi banyak pemakai honda mengklaim bahwa tunggangannya itu irit banget (mmg betul) tapi lebih bertenaga dari motor2 lain sekelasnya, misalnya, rekan kerja gw bilang motor karismanya lebih bertenaga daripada jupie mxnya, itu gw msh blm bisa percaya seh, apa bener emang?
ah itu hanya perasaan kali,, u knowlah brand image

Turbo Hayabusa


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
bukan bertenaga, tapi enteng.Anzie wrote:tapi banyak pemakai honda mengklaim bahwa tunggangannya itu irit banget (mmg betul) tapi lebih bertenaga dari motor2 lain sekelasnya, misalnya, rekan kerja gw bilang motor karismanya lebih bertenaga daripada jupie mxnya, itu gw msh blm bisa percaya seh, apa bener emang?
setau gue (belum sempet ngetes), cuma tau dari pendapat orang, jupie mx tarikannya agak berat. tetapi karisma, seperti halnya bebek lain, tarikannya lebih enteng. jadi, mungkin menurut riding impression orang tersebut, karisma lebih bertenaga daripada jupie mx.
padahal tenaga tidak sama dengan tarikan (akselerasi). coba deh tes motor anda, bawa beban yang lebih berat. bila tarikan tidak langsung drop, berarti tenaga motor itu besar.
semoga selamat sampai duluan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kayaknya emang perasaan doang. Saya ganti Kharisma 2003 dgn Vega R 2005, atas bawah perasaan lebih enak dan lebih narik VEGA R. Tapi ya itu, mungkin perasaan doang kali.Anzie wrote:tapi banyak pemakai honda mengklaim bahwa tunggangannya itu irit banget (mmg betul) tapi lebih bertenaga dari motor2 lain sekelasnya, misalnya, rekan kerja gw bilang motor karismanya lebih bertenaga daripada jupie mxnya, itu gw msh blm bisa percaya seh, apa bener emang?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Tue Nov 14, 2006 12:55
- Location: in front of my laptop
padahal vega r ccnya lbh kecil dari kharisma ya ... hehe, tp tmn gw masih teguh dgn pendapatnya bahkan setelah membaca jawaban dr bros sekalian .... hehe, biarlah, dia mmg paling cocok ama honda kok. katanya honda biarpun model kayak tunggangan bapak2 tapi tenaga paling yahud, mx cuma menang di tampang doang, gitu katanya, dia pake mx cuma buat nampang aja katanya, jadi dia sering pake kharisma bokapnya, gitu ceritanya bros.