Cara Halus dengan Transmisi Matik

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mazonka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32

Post by mazonka »

waduh buku manualnya ga tau ke mana tuh om penyu.
kira2 biasanya kalo buat toyota di kecepatan brp yah, buat corona 1997 ?
Atau kalo ngga di RPM berapa yah kalo lg di gear 4 trus di overdrive off supaya turun ke gear 3.
Kecepatan maximum pake gear 3 kalo ga salah sekitr 165Kmh 6000rpm kalo ga salah.
Std abis

bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
mas_hengki
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Jun 27, 2007 1:20

Post by mas_hengki »

salam kenal... baru gabung nih.. :)
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

Ternyata transmisi matik tidak menjadi lebih mudah yah, malah dilihat dari postingan di atas jadi lebih rumit tuh, tingkat kerusakan dan umur pakainya kelihatannya lebih pendek daripada sistem transmisi manual, apalagi pemakaian untuk di Kota jakarta yg sering macet. Tapi informasi di atas sangat bermanfaat loh, khususnya buat saya hehehe... tapi kayaknya lebih enak pake tranmisi manual saja....lebis responsif dan lebih awet kayaknya, cuman agak repot dan capek kalo jalan macet, kaki kiri lebih gede dan berotot dibanding kanan hehehe.....
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

tergantung sih bro, kl kata org, sekali kita pindah dr mobil manual ke matic, kita gak bkl mau blk lg ke manual (apalagi pemakaian dlm kota Jakarta), once you go matic, you'll never go back..hehehe.. tau deh bener nggaknya.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

para senior2..mohon pencerahannya...
transmisi X-trail itu aisin warner ato apa merknya?:)
koq mobil saya jerking mulu yah...waduh..ganti oli spek pabrik bisa diganti merk laen kah?ada yg blg oli AT itu bersifat netral..ada yg berpendapat laen...mohon pencerahannya..enlighten me pls...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

ZombiEE wrote:para senior2..mohon pencerahannya...
transmisi X-trail itu aisin warner ato apa merknya?:)
koq mobil saya jerking mulu yah...waduh..ganti oli spek pabrik bisa diganti merk laen kah?ada yg blg oli AT itu bersifat netral..ada yg berpendapat laen...mohon pencerahannya..enlighten me pls...
Di buku manualnya tulisannya butuh ATF type apa ?

Setahu saya di toko2 oli banyak dijual ATF khusus Nissan, type D.

emang ente pake oli ATF apa ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

mansetha wrote:Ternyata transmisi matik tidak menjadi lebih mudah yah, malah dilihat dari postingan di atas jadi lebih rumit tuh, tingkat kerusakan dan umur pakainya kelihatannya lebih pendek daripada sistem transmisi manual, apalagi pemakaian untuk di Kota jakarta yg sering macet. Tapi informasi di atas sangat bermanfaat loh, khususnya buat saya hehehe... tapi kayaknya lebih enak pake tranmisi manual saja....lebis responsif dan lebih awet kayaknya, cuman agak repot dan capek kalo jalan macet, kaki kiri lebih gede dan berotot dibanding kanan hehehe.....
Ah masa ???

LS AT saya dulu kadang suka diajak narik, kadang2 engine brake dgn memencet tombol O/D off, ketika mobil dijual usia 5,5 tahun & KM 94 rb. trans A/T nya fine2 aja.

Yg paling penting kalau mobil suka dipake hard driving, muatan berat, engine brake dgn memainkan tombol O/D, selalu monitor kondisi oli A/T nya, semakin berat beban kerja A/T unit ya oli ATF nya ganti lebih cepat aja, beres !! :D

Ganti oli ATF juga idealnya pakai ATF changer, jadi tuntas, dulu LS AT saya oli ATF pake Shell Donax TX semi synth., ganti tiap 30 - 35 rb. Km sekali, transmisi tetap mak nyussss !! :D
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

o gitu, eh kalo begitu lagi, mobil balap pake transmisi matic aja...........hehehe..., sorry just kidding, kalo untuk yang sering kena macet dan malas over-over perseneling gigi ya enak pake transmisi matic aja...... kalo saya sih belum butuh bener pake transmisi matic selain kurang responsif terutama di tanjakan/turunan juga lebih boros BBM kalo pake transmisi matic.....
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

bung turbo..gw skg pake oli nissan ATF type D...itu kalo ga salah dexron III?
thanks for the enlightment...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

mansetha wrote:o gitu, eh kalo begitu lagi, mobil balap pake transmisi matic aja...........hehehe..., ..
Utk race application yg saat ini paling populer adalah semi Auto dgn double clutch atau Dog drive.

Utk Double clutch macam DSG

Kalau Dog drive macam transmisinya ProDrive atau buatan Zeroshift (http://www.zeroshift.com)

Gw berharap bgt. di masa datang kedua sistem ini akan diterapkan sebagian besar pabrikan mobil, suatu sistem yg convenient, bernuansa sport & efisiensi lebih baik krn tidak menggunakan Torque Converter.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Kalau kebiasaan gue pakai XL_7
1. Normal driving D
2. Kecepatan rata (cruising speed) 60-80 km/j mau nyusul, matikan O/D sebentar atau kickdown.
3. Di luar kota, aktifkan Power A/T mode.
4. Jalan macet yang panjang shift ke 2
5. Berhenti lama N, kalau cuma lampu merah tetap di D.

Waktu 20.000 km pernah ganti transmisi (masih garansi)
Belum lama ini service 80.000 km ganti ATF.. dan sudah jelek sekali. Jadi berikutnya harus lebih pendek intervalnya.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Post by v4ldi5 »

Kalo tranmisi manual gimana tuh apa ganti oli juga kaya A/T
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

ganti kok, MTF namanya... setiap 40,000km sekali bro
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

plasworld88 wrote:tergantung sih bro, kl kata org, sekali kita pindah dr mobil manual ke matic, kita gak bkl mau blk lg ke manual (apalagi pemakaian dlm kota Jakarta), once you go matic, you'll never go back..hehehe.. tau deh bener nggaknya.
hahaha.....

saya pakai dua2nya okay2 aja tuh...

tapi emank kalo pas lagi macet tuh sengsara banget bawa manual di jakarta...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

gue bangunin nih ini thread berhubung baru pertama gue mau beli boil matic. kenapa pilih matic? karena wuenak tenan.

btw, pada para pakar matic, gue ada pertanyaan, mohon dijelasin :
1. kalo boil jarang dipake dan setahun < 5rb km. apa mesti ganti oli ATF?
2. pada saat mogok (amit2) itu bisa nggak tuas dipindahin ke 'N' biar bisa didorong? atau kalo mesin mati itu tuas udah terkunci ya?
3. ceritain dong apa aja penyebab boil mogok selain accu dan bensin habis ya :-)

thanks
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

dion wrote:gue bangunin nih ini thread berhubung baru pertama gue mau beli boil matic. kenapa pilih matic? karena wuenak tenan.

btw, pada para pakar matic, gue ada pertanyaan, mohon dijelasin :
1. kalo boil jarang dipake dan setahun < 5rb km. apa mesti ganti oli ATF?
2. pada saat mogok (amit2) itu bisa nggak tuas dipindahin ke 'N' biar bisa didorong? atau kalo mesin mati itu tuas udah terkunci ya?
3. ceritain dong apa aja penyebab boil mogok selain accu dan bensin habis ya :-)

thanks
IMHO, nih jawaban gw pribadi:
1. kalo beli mobilnya dari baru atau yakin odometernya gak pernah di roll-back, ganti ATF sesuai dgn petunjuk buku manualnya aja. gak perlu ganti per 5rb km.
2. Bisa. maksudnya "gak bisa didorong" itu adalah gak bisa di "start dorong" kaya mobil manual.
3. penyebab mobil mogok? ya banyak lha bro....mesinnya rusak, transmisi rusak, mesin overheat, dinamo stater,dll :D
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

Risol1 wrote:ganti ATF sesuai dgn petunjuk buku manualnya aja. gak perlu ganti per 5rb km.
berarti efek pengembunan/penguapan kecil dan bisa diabaikan ya.
Risol1 wrote: 2. Bisa. maksudnya "gak bisa didorong" itu adalah gak bisa di "start dorong" kaya mobil manual.
:D
gakngunci ya berarti. siiip. eh...gue pernah baca artikel, katanya pada kondisi tersebut (mogok), mobil masih bisa diderek asal kecepatannya <30 kpj dan max 80km ke bengkel dan gakperlu digendong cukup jalan seperti biasa. bener gaktuh?
gue bingung juga euy, berarti mitos gakbisa didorong itu maksudnya 'didorong untuk starter kan?'
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

dion wrote:berarti efek pengembunan/penguapan kecil dan bisa diabaikan ya.
Hhmmmm, oli transmisi udah dikasi seal sama produsen mobil jadinya kalaupun penguapan terjadi, jumlahnya sangat insignifikan. :D di bbrp merek mobil tertentu, oli transmisinya udah lifetime jadi gak perlu diganti dalam jangka waktu yg cukup lama (>100rb miles)
dion wrote: gakngunci ya berarti. siiip. eh...gue pernah baca artikel, katanya pada kondisi tersebut (mogok), mobil masih bisa diderek asal kecepatannya <30 kpj dan max 80km ke bengkel dan gakperlu digendong cukup jalan seperti biasa. bener gaktuh?
gue bingung juga euy, berarti mitos gakbisa didorong itu maksudnya 'didorong untuk starter kan?'
betul, mobil matik gak bisa distarter sambil dorong dan ini bukan "mitos" tapi fakta :D

kalo tongkat transmisi pada posisi "N", pastilah mobil matik bisa didorong/diderek karena kondisi ini sama saja dengan mobil manual pada posisi netral/prey. kalo untuk syarat2: "<30 kpj dan max 80km" gw gak tau deh, mungkin yg ini baru bisa disebut "mitos" hehehe :D
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

Risol1 wrote:
dion wrote:berarti efek pengembunan/penguapan kecil dan bisa diabaikan ya.
Hhmmmm, oli transmisi udah dikasi seal sama produsen mobil jadinya kalaupun penguapan terjadi, jumlahnya sangat insignifikan. :D di bbrp merek mobil tertentu, oli transmisinya udah lifetime jadi gak perlu diganti dalam jangka waktu yg cukup lama (>100rb miles)
dion wrote: gakngunci ya berarti. siiip. eh...gue pernah baca artikel, katanya pada kondisi tersebut (mogok), mobil masih bisa diderek asal kecepatannya <30 kpj dan max 80km ke bengkel dan gakperlu digendong cukup jalan seperti biasa. bener gaktuh?
gue bingung juga euy, berarti mitos gakbisa didorong itu maksudnya 'didorong untuk starter kan?'
betul, mobil matik gak bisa distarter sambil dorong dan ini bukan "mitos" tapi fakta :D

kalo tongkat transmisi pada posisi "N", pastilah mobil matik bisa didorong/diderek karena kondisi ini sama saja dengan mobil manual pada posisi netral/prey. kalo untuk syarat2: "<30 kpj dan max 80km" gw gak tau deh, mungkin yg ini baru bisa disebut "mitos" hehehe :D
kl mobil saya lagi diderek.. saya jg berharap ngga dibawa ngebut lah.. pelan2 aja.. hehehe..

mnurut saya ya disesuai'in aja deh fwd ato rwd.. kl fwd ya yg diangkat depan.. vice versa.. 4wd mesti derek cara gendong?
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

bro john, emang mobil derek2 ditol (jasa marga) itu bisa gendong ya?
nah gmn kalo enggak sementara mobil kita matic FWD, aman nggak kalo ditarik biasa dg 4 roda diaspal dan tuas diposisi 'N' ?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

dion wrote:bro john, emang mobil derek2 ditol (jasa marga) itu bisa gendong ya?
nah gmn kalo enggak sementara mobil kita matic FWD, aman nggak kalo ditarik biasa dg 4 roda diaspal dan tuas diposisi 'N' ?
biasanya kalo mobil derek itu jarang ada yang derek dengan 4 roda diaspal. either roda depan naik atau roda belakang yg naik.
sebaiknya sih kalo mobil FF, roda depan yang naik (moncong mobil searah dengan mobil derek), kalo mobil FR roda belakang yang naik (moncong mobil membelakangi mobil derek).
:D

kayaknya gak semua mobil2 derek bisa "gendong", yang penting posisikan tuas transmisi di "N" kalo mao diderek :D
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

dion wrote:bro john, emang mobil derek2 ditol (jasa marga) itu bisa gendong ya?
nah gmn kalo enggak sementara mobil kita matic FWD, aman nggak kalo ditarik biasa dg 4 roda diaspal dan tuas diposisi 'N' ?
mmh.. dari yang saya tau, *baca dari manual book dll* sebaik nya ngga ditarik dengan 4 roda diaspal bro.. walaupun posisi N.. sedangkan kalo kita di jalan turun2an aja.. asal mobil jalan kaga bole di taruh N.. so i think.. better kl fwd roda depan naek deh.. ato digendong sekalian.. that's the best way..
aho
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jul 23, 2009 19:57

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by aho »

Bos, numpang tanya nih.

Tadi malem soluna matic saya pas lampu merah, transmisi dari d mo ke n tiba2 keras ( kaya ngelawan gitu deh ) trus dipaksain ke n, dia balik lg ke d,

udah di coba berapa kali gitu jg, power & ganti gigi sih normal ga ada loss apapun.

Pas ampe rumah dipaksain ke r trus ke P ( pas p ada bunyi 'tak' sedikit )

Nah anehnya abis itu normal semua transmisinya dr p ke d kaga keras lg.

Kenapa tuh bos ? oli transmisi baru jalan 7ooo km, pake shell helix atf mulu

Tolong di bantu

Thanks
Daniel
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by Cloud »

mungkin belum direm, jadi roda masih gerak, coba direm sampai mobil berhenti sempurna.
aho
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jul 23, 2009 19:57

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by aho »

Cloud wrote:mungkin belum direm, jadi roda masih gerak, coba direm sampai mobil berhenti sempurna.
Sudah, bos.
lg macet di lampu merah & handbrake udah di tarik

gimana, ada saran apanya yg di cek ? takutnya bawa ke toyota dibongkar semua lagi sama mereka

Thanks