oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Sun Apr 09, 2006 11:05
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
mobil 10w-40
gw sih udah pernah pake (mobil 1)10w-40 fully syntetic di Zx-130, memang buat akselerasi makin enteng daripada oli semi sintetik cuman barangnya agak susah. gw belinya bukan melalui mlm. gw belinya ditoko sentra otomotif jalan Latumenten. dari arah citraland menuju pluit sebelah kiri. harganya 100rb. lumayan tahan sampe 8000km. mesin motor lebih bersih tanpa kerak.
no one's perfect
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
buat bung andika...
kalo gw sih ngak bakalan mau coba pake oli mesin fully sintetik ke motor 2-tak. kecuali ente pake oli samping (2t) yang fully sintetik. soalnya
oli mesin hanya melumasi persenelingnya saja. walaupun oli mesin satria diganti pake oli mesin murahan atau literan juga ngak apa-apa. lebih baik anda pake 2t(oli samping) yang fully sintetik. bagus buat mesin enggak bagus buat dompet anda.
oli mesin hanya melumasi persenelingnya saja. walaupun oli mesin satria diganti pake oli mesin murahan atau literan juga ngak apa-apa. lebih baik anda pake 2t(oli samping) yang fully sintetik. bagus buat mesin enggak bagus buat dompet anda.
no one's perfect
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sun Jan 01, 2006 15:37
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
buat 4-tak!!!!!
buat motor 4-tak ada oli yang bagus gw rekomendasikan kepada bro semua, setelah gw coba pakai selama 5 bulan. motor 4tak dengan spek oli yang dianjurkan 10w-40. bisa pakai oli (mobil 1) 10w-40 super s (semi sintetik)
oli ini memang buat mobil tapi setelah gw pakai tarikan motor gw lebih bagus daripada pake oli racing 4t mobil 1 yang fully sintetik.
oli ini memang buat mobil tapi setelah gw pakai tarikan motor gw lebih bagus daripada pake oli racing 4t mobil 1 yang fully sintetik.
no one's perfect
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
- Location: Depok City
Bro Nichol, Motul 5100 ester kan? Ane bru make 3 minggu nih, motor ane udah jadi kaya waktu belum ganti oli... Apa yang salah yaa... ato oli yang ane beli itu palsu, soalnya ane beli di toko oli pinggir jalan + ganti oli disitu juga.
Dari kemasannya sih kayanya asli, ane liat buat buka botolnya pake ditarik ke atas, trus keluar belalainya..
Ane beli oli di pinggir jalan bukan tanpa alasan, soalnya di mal di depok ga ada yang jual oli Motul 5100.
Ada saran ga, beli oli yg 'ga palsu' dimana?
Thx./
Dari kemasannya sih kayanya asli, ane liat buat buka botolnya pake ditarik ke atas, trus keluar belalainya..
Ane beli oli di pinggir jalan bukan tanpa alasan, soalnya di mal di depok ga ada yang jual oli Motul 5100.
Ada saran ga, beli oli yg 'ga palsu' dimana?
Thx./
1+1 = ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sun Aug 08, 2004 8:08
- Location: Bandung
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sun Aug 08, 2004 8:08
- Location: Bandung
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
sependapat, saya sudah alami sendiri, saya pake tigi cw 2007, oli standart pake federal supreme biasa, kemudian saya ganti pake shell helix SAE 15-50, emang tarikan jadi lebih enteng tapi itu tadi suka slip kopling, kemudian saya ganti oli federal supreme XX, untuk tarikan lumayan dan masalah slip kopling nggak lagi, padahal supreme XX direkomendasikan bisa untuk motor atawa mobil. Kalo Oli khusus motor mah udah banyak, tinggal pilih, sebaiknya sih untuk motor jangan pake oli khusus mobil, kecuali emang tertera bisa untuk motor juga...zepprut wrote:Mesin mobil menganut sistem Kopling Kering artinya kopling tidak terendam Oli, sedangkan Sepeda Motor kebanyakan menganut sistem Kopling Basah yaitu kopling /kampas kopling-nya terendam Oli.
Pada Oli yg didesign utk Motor yg menganut sistem kopling basah biasanya diberikan campuran/aditif yg dapat melindungi kopling dari SLIP, dan aditif ini tidak terdapat pada Oli untuk Mobil.
jadi kalo oli utk mesin mobil dipake-kan ke mesin motor, kemungkinan besar kopling akan mudah Slip.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
Kecuali motor matic x ya,aman2 aja pake oli mobilzepprut wrote:Mesin mobil menganut sistem Kopling Kering artinya kopling tidak terendam Oli, sedangkan Sepeda Motor kebanyakan menganut sistem Kopling Basah yaitu kopling /kampas kopling-nya terendam Oli.
Pada Oli yg didesign utk Motor yg menganut sistem kopling basah biasanya diberikan campuran/aditif yg dapat melindungi kopling dari SLIP, dan aditif ini tidak terdapat pada Oli untuk Mobil.
jadi kalo oli utk mesin mobil dipake-kan ke mesin motor, kemungkinan besar kopling akan mudah Slip.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
Kalau buat 2 tak, mending pake oli sesuai spek pabrik, misal 20 w 50 ya, pake itu, jangan lebih encer. masalah mineral ato synthetic, gak masalah, tapi yang lebih bagus sintetis. untuk motor lama, mending pake mineral, kopling lebih aman dari slip. kalo motor baru, silakan pake sintetis yang punya formulasi anti slip kopling.
kalo pake yang lebih encer, dari kasus yang biasa terjadi, gigi rasio atau gigi primer akan berkurang masa pakainya, bahkan kemarin ada kasus as rasio patah (memang bukan sebab langsung), namun as rasio itu pake bantalan kuningan (bukan bearing), jadi kemungkinan ada ketidak sesuaian celah oli dengan keenceran oli.
2 tak silakan coba oli sintetis yang buat oli samping, dijamin langsung terasa perbedaannya, terutama asapnya, dan ketahanan mesinnya.
kalo pake yang lebih encer, dari kasus yang biasa terjadi, gigi rasio atau gigi primer akan berkurang masa pakainya, bahkan kemarin ada kasus as rasio patah (memang bukan sebab langsung), namun as rasio itu pake bantalan kuningan (bukan bearing), jadi kemungkinan ada ketidak sesuaian celah oli dengan keenceran oli.
2 tak silakan coba oli sintetis yang buat oli samping, dijamin langsung terasa perbedaannya, terutama asapnya, dan ketahanan mesinnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
Kalo ane sky wave pake oli matic enduro matic 10w 30 bgm omCloud wrote:Kalau buat 2 tak, mending pake oli sesuai spek pabrik, misal 20 w 50 ya, pake itu, jangan lebih encer. masalah mineral ato synthetic, gak masalah, tapi yang lebih bagus sintetis. untuk motor lama, mending pake mineral, kopling lebih aman dari slip. kalo motor baru, silakan pake sintetis yang punya formulasi anti slip kopling.
kalo pake yang lebih encer, dari kasus yang biasa terjadi, gigi rasio atau gigi primer akan berkurang masa pakainya, bahkan kemarin ada kasus as rasio patah (memang bukan sebab langsung), namun as rasio itu pake bantalan kuningan (bukan bearing), jadi kemungkinan ada ketidak sesuaian celah oli dengan keenceran oli.
2 tak silakan coba oli sintetis yang buat oli samping, dijamin langsung terasa perbedaannya, terutama asapnya, dan ketahanan mesinnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
skywave bisa pake 10w 30, tapi sebaiknya jangan yang 10w30, pake yang rangenya lebih lebar, 10w40, atau sedikit lebih kental, 20w 40,
soalnya spek standarnya 20w50 (mesin skywave masih sejenis spin). kecuali dari baru langsung pake 10w30,
soalnya spek standarnya 20w50 (mesin skywave masih sejenis spin). kecuali dari baru langsung pake 10w30,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
Mantap tarikannya om,lumayanlah tumben kuda cuki eh pertamina produknya bagus,salutlahCloud wrote:skywave bisa pake 10w 30, tapi sebaiknya jangan yang 10w30, pake yang rangenya lebih lebar, 10w40, atau sedikit lebih kental, 20w 40,
soalnya spek standarnya 20w50 (mesin skywave masih sejenis spin). kecuali dari baru langsung pake 10w30,