Honda Odissey

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

DigitALL wrote:
temen saya punya city vtec juga gitu tutup pilar a depan penumpang itu juga kebuka.ngak tau teman2 yg lain
Sejauh ini yg punya temen (jazz, city) n my grandpa (jazz) masih fine2 aja tutup pilar A nya. Tp yg my grandpa pernah kejadian karet di pintu depan kirinya lepas, tinggal dijepit dan dilem sih cuma aneh aja kualitasnya koq gitu pdhal masih baru.
Eh Dig, kayaknya kok Jazz banyak masalah yah?
Kemaren itu gue sempat baca di salah satu majalah yg membahas otomotif (nama majalahnya autobild kalo engga salah), katanya ada Honda Jazz Club yg lebih dari 100 mobil Jazz members-nya itu tidak lulus uji emisi, padahal mayoritas dari mobil-mobil yg di-uji emisi (smog check) itu masih dalam kondisi standard, belum dilakukan modifikasi.
"Who bothers to cook TV dinners? I suck them frozen." ~ Woody Allen
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Chalupa wrote: Eh Dig, kayaknya kok Jazz banyak masalah yah?
Kemaren itu gue sempat baca di salah satu majalah yg membahas otomotif (nama majalahnya autobild kalo engga salah), katanya ada Honda Jazz Club yg lebih dari 100 mobil Jazz members-nya itu tidak lulus uji emisi, padahal mayoritas dari mobil-mobil yg di-uji emisi (smog check) itu masih dalam kondisi standard, belum dilakukan modifikasi.
Kompressi Jazz yg idsi kalau gak salah ingat adalah 10.4 dan yg vtec adalah 10.1.
Kompressi segitu hrs-nya sudah tidak boleh pakai premium dan lagi cc-nya dilepas.
Mungkin kombinasi dua hal itu penyebab emisinya jelek (lepas cc dan setelan pabrik untuk bisa pakai premium).
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

abi wrote:saya udah telpon bengkel resminya, honda kertajaya di pekanbaru (posisi saya di duri, 120 km dari pekanbaru). jawaban mereka saya harus ke bengkel biar diliat dan diperbaiki oleh mereka. Kemungkinan besar harus tune up dan bersihin sistem injeksi. Karena CBU, upah tune up 360 rb (kalo ATPM katanya 180 rb aja). Kata mekaniknya juga premium biasa gpp utk odyssey, tak harus pertamax. Karena belum sempat ke bengkel, sementara ini kalo jalan AC saya matiin aja, kecuali kepepet. Tapi ya itu, saat low speed, AC dimatiken lagi.

Fyi, sebelumnya waktu di pekanbaru udah ke bengkel ini juga trus distel ulang (dinaikin) rpm stasionernya. setelah itu ilang gejala rpm naek turun sampe jalan sekitar 60 km dan saya pake semi manualnya buat nyalip (dan banyak masuk lobang?), lantas tiba-tiba balik lagi penyakitnya malah lebih parah.

Wah,,, jadi rupanya teman-teman ada juga yg mengalami nasib serupa.
Pak saran saya, sebelum melakukan sesuatu yang mahal biayanya :

1. selain bersihin sistem injesksi, sekalian juga kuras dulu tangki bensin dan ganti filter-nya (siapa tahu tankinya sudah karatan).
2. coba tanya apakah di Odyssey ada EGR (exhaust gas ....??? / sensor gas buang). Kata mekanik ATPM Honda yang di Jakarta, jika kita sering pakai premium, sensor ini bisa rusak, jd harus diganti.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Chalupa wrote: Eh Dig, kayaknya kok Jazz banyak masalah yah?
Kemaren itu gue sempat baca di salah satu majalah yg membahas otomotif (nama majalahnya autobild kalo engga salah), katanya ada Honda Jazz Club yg lebih dari 100 mobil Jazz members-nya itu tidak lulus uji emisi, padahal mayoritas dari mobil-mobil yg di-uji emisi (smog check) itu masih dalam kondisi standard, belum dilakukan modifikasi.
promosinya kan mau ikutin suzuki, semua mobil bisa pake premium (kecuali suzuki every).
jadi mau gak mau jazz ckd gak pake cc lagi demi tuntutan premium yang bebas timbal dan yang masih pake timbal di seluruh indo.
Nah resikonya sekarang gak lolos emisi. Jadi pihak honda (jonfis f)berencana akan memakai cc lagi di jazz ckd, tapi saya gak tahu rencana ini bakal realisasinya kapan untuk jazz ckd.
Image
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

handling wrote: promosinya kan mau ikutin suzuki, semua mobil bisa pake premium (kecuali suzuki every).
jadi mau gak mau jazz ckd gak pake cc lagi demi tuntutan premium yang bebas timbal dan yang masih pake timbal di seluruh indo.
Nah resikonya sekarang gak lolos emisi. Jadi pihak honda (jonfis f)berencana akan memakai cc lagi di jazz ckd, tapi saya gak tahu rencana ini bakal realisasinya kapan untuk jazz ckd.
Kali tahun 2007, kalau gak diundur, semua harus mengikuti standard Euro2 ?
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Kalo pake Cat-Con, berarti harus nenggak Pertamax..
Image
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Wah, surprise juga. Selama ini I kirain Jazz bebas masalah, selain dulu kasus Fit siapa saya lupa.


Ngak tau ini design flaw, tapi takutnya biasa spec down di Indonesia. Cause saudara pakai Jazz bilang, suspensinya ngak enak dan dia ngotot itu pasti HPM specdown. Dia ngak percaya Jazz di Jepang itu suspensinya seperti yang dia alami sekarang.


Abt uji emisi. Kalau ada CC, angka COnya enol. Pasti lulus ujian, seperti C24 ku. Tapi Stream saya yang tanpa CC, pertama kali uji, saya kaget. COnya lebih dari 3 % kalau ngak salah. Fail test.


Terus bawa ke Honda, ngak tau di kotak atik gimana, eh, langsung lulus lagi, meskipun ngak enol.


Kelihatannya peraturan uji emisi / sticker belum di enforce dengan ketat. Tapi I sudah ready. 2 mobil ku sudah ada sticker lulus uji emisi. Cause I ngak mau satu hari polisi stop saya, alasan ngak ada sticker nanti I di mintain uang sogokan. So sudah ada sticker, polisi ngak ada alasan mau macam macam ama saya lagi...


Memang mobil baru saja kadang ada penyakit, apalagi beli mobkas. Thats why saya juga pikir, meskipun harga mobkas itu murah banget saat ini, tapi jika dapat yang jelek banget, pusing nanti dan ngak nikmat.


I guess mungkin I tunggu beli mobil baru saja, asal harga barunya ngak lebih dari 200 juta. Dan rawat dengan baik sejak lahir. Kalau tetap rewel, ya I tinggal ribut ama ATPM !


But so far my car yang I rawat sejak lahir bebas masalah. Hope it stays that way....


Mobkas itu madu dan racun. Madu cause murah, tapi bisa racun cause kalau previous ownernya sembarangan, dapat mesin terlanjur ngak benar, gimana ? Mau ganti mesin juga ngak mungkin. So stuck with bad car kecuali mau jual lagi. Repot lagi.


Quite a dilemma sometimes....
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@sithlord, biasanya masing2 mobil ada tombol yang bisa diputar untuk menyetel co, letak nya masing2 mobil berbeda2.
Jadi bisa dalam sekejap , gak sampe 3 menit , co nya bisa langsung diubah.
tapi istilah montir maunya diservis dulu, tune up, ganti busi segala....ini lah itulah .... supaya bisa mengeruk untung sebanyak mungkin.
kalo bengkelnya main stel aja, dan tidak mempergunakan kesempatan ini buat servis mobil pelanggannya, bisa bakalan cepet tutup tuh bengkelnya.
setelan co ini kadang bisa berubah2, jadi misalkan hari ini stel, minggu depan/bulan depan udah berubah lagi.

misalkan tiap bulan kita stel, dan sampe 6x stel (6bulan).
pada saat kita tune up pada bulan ke 7, setelah tune up , coba deh di cek lagi. pasti setelannya akan ngaco, alias jauh melebihi ambang batas. padahal sebelum kita tune up, nilai co nya masih normal.
Tapi setelah di tune up, nilai co nya akan jadi melebihi ambang batas. Nah kalo melebihi ambang batas. ya tinggal diputer aja tombol tadi.....

hal ini lumrah kok, karena hasil kompensasi dari 6bulan (6x penyetelan sebelumnya).
Last edited by handling on Mon May 22, 2006 4:01, edited 1 time in total.
Image
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Kalau tanpa CC di setel, CO bisa turun, tapi apakah pengaruh tenaga, konsumsi BBMnya ?

Kalau ada CC, enaknya gitu. Sudah ada green filter, CC di stop, jadi mesinnya ngak usah di akal akalin, perform as normal dan setiap saat pasti lulus uji emisi.

Takutnya Stream saya lulus, tapi seperti anda bilang, nanti 3 bulan di stop di jalan. Sudah ada stiker, tapi fail COnya, saat itu wah, muka saya mau di taro di mana di depan polisi ? Nanti saya di tertawai " Sticker lu palsu ya ? "

Meskipun ada yang bilang proyek sticker ini cuman orang pemda mau proyek, duit, komisi etc, tapi dalam hal ini saya sih dukung saja. Cause benar, sudah jutaan mobil tua di Indo ngak ada CC, kalau ngak keluar new rules, udara kita mau jadi apa ?

So its time rules are changed supaya mobil baru semua pasang CC nanti. Supaya makin banyak mobil lulus uji emisi. For all our common good anyway.

Trendnya sudah jelas ke situ. Its a matter of time. So I suggest mau beli baru beli yang ada CCnya. Supaya masa depan ngak sulit lolos uji emisi yang akan makin ketat berapa tahun ke depan nanti.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

setelan co kalo posisi kecil 1-1.5. kadang ada yang stel sampe 0.75, mobil akan irit, tapi tenaganya akan kurang.
tapi kalo saya malah gak mau gitu. saya stel di 2.1 , udah mendekati ambang batas (kalo dirata2kan kurang lebih 2.5) supaya tenaganya lebih mantap, tapi resiko bensin agak boros*.

Karena pengalaman saya selama ini, dengan setelan co yang kecil, logikanya memang mobil lebih irit, tapi kekurangan tenaga. Mau gak mau kita main tambah bejek gas, finally jadi boros lagi....seperti jazz idsi aja....yang di klaim irit, tapi tenaganya gak ada. mau gak mau orang malah tambah injek gas....akhirnya jadi boros juga.
Jadi saya pilih, co nya saya stel gede (toh masih dalam batas yang diperbolehkan oleh atpm), dan dengan begini saya gak perlu injek gas dalam2. Tenaga selalu tersedia kapan saja, gak usah injek gas dalam2. jadi bisa irit seperti kondisi normal. Memang hal ini bisa dibilang terbalik dari asumsi biasanya, tapi buktinya mobilnya jadi bertenaga dan irit karena saya gak perlu injek gas dalam.
Daripada saya stel irit, tapi mesti injek gas dalam2, malah tambah boros bensinnya.

Ini sih pengalaman saya. boleh di coba , boleh tidak.
Image
abi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Dec 25, 2004 8:07
Location: duri

Post by abi »

Bung TomS, saran Anda make sense & I'll do it timely.
Anyway, alhamdulillah sejak kemaren pagi odyssey saya problemnya hilang sendiri sebelum sempat dibawa ke bengkel !
Karena itu paling ntar aja saat jadwal ganti oli saya akan minta utk buka filter bensin dan bersihin sistem injeksi, mungkin sekalian sama kuras tangki BBM.
Kesimpulan saya mungkin ada sumbatan di sistem injeksi karena kualitas BBM yg kotor atau filter BBM yg perlu diganti.
Info tambahan, saat kejadian, indikator fuel tank posisi separoh kurang dikit. Baru kemaren siang saya isi bensin lagi dari < 10% sampe full tank. Saya duga ada juga kemungkinan bensin tercampur air.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Chalupa wrote:
DigitALL wrote:
temen saya punya city vtec juga gitu tutup pilar a depan penumpang itu juga kebuka.ngak tau teman2 yg lain
Sejauh ini yg punya temen (jazz, city) n my grandpa (jazz) masih fine2 aja tutup pilar A nya. Tp yg my grandpa pernah kejadian karet di pintu depan kirinya lepas, tinggal dijepit dan dilem sih cuma aneh aja kualitasnya koq gitu pdhal masih baru.
Eh Dig, kayaknya kok Jazz banyak masalah yah?
Kemaren itu gue sempat baca di salah satu majalah yg membahas otomotif (nama majalahnya autobild kalo engga salah), katanya ada Honda Jazz Club yg lebih dari 100 mobil Jazz members-nya itu tidak lulus uji emisi, padahal mayoritas dari mobil-mobil yg di-uji emisi (smog check) itu masih dalam kondisi standard, belum dilakukan modifikasi.
Yup mungkin QC-nya kurang bagus, terutama versi lokal dan yg masalah emisi, orang HPM suka maen asal cabut aja tuh ! Survey dulu donk ... jadi masalah deh dibelakang hari. Kalo ngga bisa premium ya jangan dipromosikan pake Premium, bilang aja Pertamax :roll:

Dulu juga pernah masalah oli mesinnya ada yg bocor sampe2 dikomplain di surat pembaca ... :? Tp untungnya dia masih mau tanggung jawab karena masih dalam masa garansi.
frontier

Post by frontier »

Aku ngikutin aja... beruntung, so far there's no problem with my Jazz VTEC Matic, dan memang suspensi standarnya terlalu cepet "rebound" nya sehingga banyak pengguna yang mengeluh... Salah satu solusinya, menurut kawan2 di milis Jazz Fit Club, shock belakang diganti merk Boge (Sachs) yang aslinya untuk Mercy.... Kalo punyaku, selain shock kuganti Boge, juga per-nya kuganti dengan Eibach pro kit lowering springs... nyaman sih, bantingan mantap, cuma harus hati2 kalo ada lobang gede atau polisi tidur gendut.... bagian bawah mobil bisa mentok...
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

frontier wrote:Aku ngikutin aja... beruntung, so far there's no problem with my Jazz VTEC Matic, dan memang suspensi standarnya terlalu cepet "rebound" nya sehingga banyak pengguna yang mengeluh... Salah satu solusinya, menurut kawan2 di milis Jazz Fit Club, shock belakang diganti merk Boge (Sachs) yang aslinya untuk Mercy.... Kalo punyaku, selain shock kuganti Boge, juga per-nya kuganti dengan Eibach pro kit lowering springs... nyaman sih, bantingan mantap, cuma harus hati2 kalo ada lobang gede atau polisi tidur gendut.... bagian bawah mobil bisa mentok...
bntar lagi gosipnya maw ganti airsus neh,bung frontier.. :Pp

waktu it kayaknya pernah liat jeskoneng di permaisuri ya?minta linknya dunk, bung frontier..saya maw comment.. hehehe
frontier

Post by frontier »

Wah... Bung Skullkid, aku blum pernah upload foto Jeskoneng di Permaisuri.. Yang ada di Modifikasi.com (thread show off -> jeskoneng : foto2 lengkap di bbrp halaman) itu forumnya kebanyakan anak2 muda, seru soal modifikasi macem2.... Atau di forum Honda Fit Forum USA (thread pics and video -> my yellow Jazz VTEC) tapi rasanya sama aja kok dengan foto2 yang ada di forum ini, thread foto mobil SMers...... Rencana sih mau update foto Jeskoneng... dengan CF hood, Mugen pedal set, emblem "H" merah punya Integra Type R... Airsus ? gak deh.. itu kan gaya pimps hehehehe....
abi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Dec 25, 2004 8:07
Location: duri

Post by abi »

just for ur info:
ada milis bagus buat pemakai odyssey, tapi punya amrik sana. Walaupun ody versi amrik beda ama versi Jepang (yg diimpor ke Indonesia), permasalahannya saya rasa sih sama aja.


ini dia link-nya: http://www.odyclub.com/