[Bahas] Sedan2 dengan DB rendah (Tingkat Kebisingan)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Dari pengamatan sejauh ini so far yg berpengaruh (dari sisi chassis & body) :
1. Ketebalan plat body / platform, terutama di bagian2 yg critical
2. Kontsruksi suspensi yg dikopel lgs ke body atau dilengkapi subframe (Monocoque)
3. Subframe kopel ke body pake baut atau karet besar ?
4. Disain karet frame pintu
5. Lapisan dalam pintu di balik doortrim
6. Ban yg digunakan, ada ban yg berisik ada juga yg suaranya halus
7. Kualitas & kuantitas material peredam
So daripada musingin mobil yg bukan milik kita kenapa kita nggak diskusi bagaimana meningkatkan kesenyapan mobil yg kita miliki ?
Bagaimana jika kita diskusi tentang :
1. Instalasi peredam yg efektif antara cost vs. result
2. Trik2 pemasangan peredam
3. Type ban yg nggak berisik
4. etc.
Sekedar usul saran.
1. Ketebalan plat body / platform, terutama di bagian2 yg critical
2. Kontsruksi suspensi yg dikopel lgs ke body atau dilengkapi subframe (Monocoque)
3. Subframe kopel ke body pake baut atau karet besar ?
4. Disain karet frame pintu
5. Lapisan dalam pintu di balik doortrim
6. Ban yg digunakan, ada ban yg berisik ada juga yg suaranya halus
7. Kualitas & kuantitas material peredam
So daripada musingin mobil yg bukan milik kita kenapa kita nggak diskusi bagaimana meningkatkan kesenyapan mobil yg kita miliki ?
Bagaimana jika kita diskusi tentang :
1. Instalasi peredam yg efektif antara cost vs. result
2. Trik2 pemasangan peredam
3. Type ban yg nggak berisik
4. etc.
Sekedar usul saran.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
kebetulan mobil aye sih peugeot 406 jadi udah senyap kabinnya.Turboman wrote:Dari pengamatan sejauh ini so far yg berpengaruh (dari sisi chassis & body) :
1. Ketebalan plat body / platform, terutama di bagian2 yg critical
2. Kontsruksi suspensi yg dikopel lgs ke body atau dilengkapi subframe (Monocoque)
3. Subframe kopel ke body pake baut atau karet besar ?
4. Disain karet frame pintu
5. Lapisan dalam pintu di balik doortrim
6. Ban yg digunakan, ada ban yg berisik ada juga yg suaranya halus
7. Kualitas & kuantitas material peredam
So daripada musingin mobil yg bukan milik kita kenapa kita nggak diskusi bagaimana meningkatkan kesenyapan mobil yg kita miliki ?
Bagaimana jika kita diskusi tentang :
1. Instalasi peredam yg efektif antara cost vs. result
2. Trik2 pemasangan peredam
3. Type ban yg nggak berisik
4. etc.
Sekedar usul saran.
kalo mobilnya sekelas avanza, mohon maaf mubazir deh diredam2. kecuali redamannya menyeluruh dan dilapis dua, firewall dilapis dua, dsb. pernah hitung ya 5juta masuk, mungkin lebih utk rata2 1 mobil.
kalo semahal itu kembali ke kantong lebih mending 5jt ato lebih ini buat merawat mobil kelas peugeot-bmw-mercy-ford atau dibelanjakan ke peredaman buat mobil2 niaga macam panther, kijang, avanza???
kembali ke pribadi masing2.
karena desain ini sebenernya R&D dari pabrikan, mobil murah belum tentu murahan, terbukti ada mobil murah tp peredaman baik, tapi ya dari Eropa karena kalo jepun menghemat sisi ini.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
masak sih suara ban di seri 3 dominan sekali? kalo suara mesin pas lagi akselerasi cepat iya tapi kalo suara ban saya rasa setelannya aja yg nggak bener ato bannya udah botak. Saya pakai e46m3 kl lg di US dan e90 320 kl lg di jkt dan nggak pernah tuh denger ban berisik dan kalau lagi dipakai normal i6 bmw tidak berisik yg i4nya berisik agak tapi nggak sampai ganggu.handling wrote:wah...susah kalo diliahat dari harga...gak selallu yang mahal pasti gak berisik....
seri 3 dan odys , masih senyapan odys....menrut penilaian gua....padahal odys lebih murahkan....
yang jelas suara ban itu sangat dominan sekali...
Karakteristik beemer adalah steering yg bener bener translate keadaan jalan(bad buat dipakai di jakarta) dan suara putaran mesin yg bisa untuk tau kira kira kapan untuk upshift (untuk SMG/Manual) dan buat saya mendengar "musik" i6 m3 di tarik dari 2000 ke 8000rpm adalah sesuatu yg fun. Saya pernah baca di bmw magazine bahwa waktu bmw merancang z4 mereka sengaja mencari cara untuk mengalirkan suara mesin ke kabin.
Tapi memang betul harga tidak menjamin ketenangan kabin tergantung jenis mobilnya apa saya rasa pembeli enzo, gallardo and exotic lainnya bakal complain bila mobil mereka setenang lexus

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Bro risol1, jaman sekarang banyak produsen mobil bikin mobil rame2 untuk hening. Kalau mau denger suara mesin pas akselerasi, ya beli muscle car aja bro. Suara pasti mantap banget, tapi bensin keok.hehehe... But, LS 460 memang bisa ngebandingin S-class w211. Harga sama, fitur lebih banyak. Mau tampil beda, gw ambil lexus(kalau punya duit)...hehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
@Naldonaldo wrote:Bro risol1, jaman sekarang banyak produsen mobil bikin mobil rame2 untuk hening. Kalau mau denger suara mesin pas akselerasi, ya beli muscle car aja bro. Suara pasti mantap banget, tapi bensin keok.hehehe... But, LS 460 memang bisa ngebandingin S-class w211. Harga sama, fitur lebih banyak. Mau tampil beda, gw ambil lexus(kalau punya duit)...hehehe
muscle car kaya dodge viper gitu? hahahaha..........gak pengen segitu kencengnya tuh bunyi mesin lah bro.
pernah dibonceng temen naik viper, lagi idle aja tape musti agak dikerasin volumenya, kalo lagi narik di highway, gak kedengeran apa2....semuanya bunyi mesin doang.......ngomong aja musti teriak2

mungkin lebih pengen kaya bunyi mesin infinity G35 coupe, atau 6 inlinenya BMW gitu.....

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Wed May 09, 2007 12:12
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Hehe, sama bro, gw udah begitu get used to mobil yg suaranya berisik, begitu duduk di mobil yg lebih senyap, kayaknya kok hidup gw ini jd incomplete*.Risol1 wrote:mbl yang paling hening yg pernah gw naekkin (nebeng doang) itu 07 Lexus LS......tapi denger2 udah bisa disaingin sama new S class W221
tapi menurut gw terlalu hening juga gak gitu enak ......pengen juga gw denger suara deruan mesin apalagi kalo lagi akselerasi
Sptnya memang udah takdir gw utk naek mobil mobil berisik, hehe

Kalo gw punya lexus, mungkin gw akan bawa ke dealernya utk di tune supaya suaranya berisik, hehe

*Kampungan mode: on
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
miemie88 wrote:saya kira mobil HENING adl andalannya premium-brand car.
antara lain BMW, Merc, Audi, Lexus, Acura, dst
meskipun dari jerman sendiri mercy lah yg terkenal paling berat (banyak) peredaman kabinnya diantara BMW dan Audi.
sedangkan merk2 non-premium kaya Toyota Honda dst apalagi yg kelas 100jtan ya jangan diharapkan noisenya rendah sebab: 1. peredaman nyaris tidak ada, adapun sekenanya (yg murah). karena kita tahu peredaman yg baik harganya mahal
dan teknik pembuatannya costly
2. mobil jepang identik plat bodi tipis, nah dari sini juga peredaman itu otomatis berkurang, apalagi apabila
FIREWALLnya tipis dan tidak disertai peredam / peredam yg tipis2 wae, pastinya suara mesin masuk ke kabin.
Honda bilang sih sensasi mobil balap, tp saya bilang mereka cuma pengen menghemat pengeluaran peredam
kabin sehingga profit lebih banyak.
peredaman yg baik adl 1. tebal dan berkualitas sehingga bobot berat
2. material peredaman yg istimewa
3. pelat bodi yg tebal juga significant mengurangi noise (tau khan pintu Mercy E-klasse / BMW seri 5
yg berat dan tebal, hening nian kabin dalamnya)
dari cuplikan di atas saya bisa berpendapat bahwa NOISE MANAGEMENT & DESIGN dari sebuah Ford melalui tipe Focus jauh lebih mutakhir&matang daripada Honda melalui LEGEND nya.
Bro, berhubung pengetahuan otomotif gw kurang dalam, yg dimaksud dgn 'firewall' itu bagian mana sih?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
hehehe...berarti kelas kita bukannya lexus bro......sy mah cukup vios aja deh hehehehe.....TiongBahru_Ahbeng wrote:Hehe, sama bro, gw udah begitu get used to mobil yg suaranya berisik, begitu duduk di mobil yg lebih senyap, kayaknya kok hidup gw ini jd incomplete*.Risol1 wrote:mbl yang paling hening yg pernah gw naekkin (nebeng doang) itu 07 Lexus LS......tapi denger2 udah bisa disaingin sama new S class W221
tapi menurut gw terlalu hening juga gak gitu enak ......pengen juga gw denger suara deruan mesin apalagi kalo lagi akselerasi
Sptnya memang udah takdir gw utk naek mobil mobil berisik, hehe
Kalo gw punya lexus, mungkin gw akan bawa ke dealernya utk di tune supaya suaranya berisik, hehe
*Kampungan mode: on

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Vios di ganti dgn emblem Lexus ya? HeheRisol1 wrote:hehehe...berarti kelas kita bukannya lexus bro......sy mah cukup vios aja deh hehehehe.....TiongBahru_Ahbeng wrote:Hehe, sama bro, gw udah begitu get used to mobil yg suaranya berisik, begitu duduk di mobil yg lebih senyap, kayaknya kok hidup gw ini jd incomplete*.Risol1 wrote:mbl yang paling hening yg pernah gw naekkin (nebeng doang) itu 07 Lexus LS......tapi denger2 udah bisa disaingin sama new S class W221
tapi menurut gw terlalu hening juga gak gitu enak ......pengen juga gw denger suara deruan mesin apalagi kalo lagi akselerasi
Sptnya memang udah takdir gw utk naek mobil mobil berisik, hehe
Kalo gw punya lexus, mungkin gw akan bawa ke dealernya utk di tune supaya suaranya berisik, hehe
*Kampungan mode: on

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Wed Sep 26, 2007 16:00
Re: [Bahas] Sedan2 dengan DB rendah (Tingkat Kebisingan)
Konon.. Bnyk yg bilang sedan eropa kualitasnya selalu diatas jepang....... faktanya...???? gak selalu....
Begini ceritanya:
Januari 2008 kmrn, Gue coba sedan New Lexus LS460 2007 dan New Mercy S-350 W211 (nebeng... hehehehe) pny tmn yang kebanyakan duit.
Kesimpulannya LEXUS heniiiiiiing bgt.... jalan 160km/jam disepanjang tol Slipi - Pondok Gede, gue gak denger suara angin, ban, mesin, dsb (kalaupun ada, suara klakson mobil.. itupun kecil bgt suaranya)...
Giliran gw naek mercy s-class yg diklaim plg kedap dikelasnya jalan 150km/jam di tol Pd Gede - Senayan, gue mendengar sedikit suara angin dikaca... memang sih beda tipis.. tp membuktikan Lexus adalah mobil jepang yg bener-bener beda bung
....
Dan lagi kualitas interor si Lexus bener-bener satu tingkat diatas S-class, mulai dari detail interior, kulit disekujur dashboard, DVD, Tv, Sound system Mark Levinson, dsb, ciri khas lexus deh pokoknya...
Cm ada satu kejanggalan; switch electric mirror masih ciri khas toyota bgt...
So between s-class vs lexus; cm beda kekedapan kabin doang, fasilitas interior & kenyamanan suspensi sama aja kurang lebih, bisa distel tingkat kekerasannya koq...
Regards...
Begini ceritanya:
Januari 2008 kmrn, Gue coba sedan New Lexus LS460 2007 dan New Mercy S-350 W211 (nebeng... hehehehe) pny tmn yang kebanyakan duit.
Kesimpulannya LEXUS heniiiiiiing bgt.... jalan 160km/jam disepanjang tol Slipi - Pondok Gede, gue gak denger suara angin, ban, mesin, dsb (kalaupun ada, suara klakson mobil.. itupun kecil bgt suaranya)...
Giliran gw naek mercy s-class yg diklaim plg kedap dikelasnya jalan 150km/jam di tol Pd Gede - Senayan, gue mendengar sedikit suara angin dikaca... memang sih beda tipis.. tp membuktikan Lexus adalah mobil jepang yg bener-bener beda bung

Dan lagi kualitas interor si Lexus bener-bener satu tingkat diatas S-class, mulai dari detail interior, kulit disekujur dashboard, DVD, Tv, Sound system Mark Levinson, dsb, ciri khas lexus deh pokoknya...

Cm ada satu kejanggalan; switch electric mirror masih ciri khas toyota bgt...

So between s-class vs lexus; cm beda kekedapan kabin doang, fasilitas interior & kenyamanan suspensi sama aja kurang lebih, bisa distel tingkat kekerasannya koq...
Regards...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [Bahas] Sedan2 dengan DB rendah (Tingkat Kebisingan)
kalo engga salah W211 itu bukan S class bro.....tapi "cuma" E class thn prod 2002 sampe sekarangbudi_gentle wrote:Konon.. Bnyk yg bilang sedan eropa kualitasnya selalu diatas jepang....... faktanya...???? gak selalu....
Begini ceritanya:
Januari 2008 kmrn, Gue coba sedan New Lexus LS460 2007 dan New Mercy S-350 W211 (nebeng... hehehehe) pny tmn yang kebanyakan duit.
Kesimpulannya LEXUS heniiiiiiing bgt.... jalan 160km/jam disepanjang tol Slipi - Pondok Gede, gue gak denger suara angin, ban, mesin, dsb (kalaupun ada, suara klakson mobil.. itupun kecil bgt suaranya)...
Giliran gw naek mercy s-class yg diklaim plg kedap dikelasnya jalan 150km/jam di tol Pd Gede - Senayan, gue mendengar sedikit suara angin dikaca... memang sih beda tipis.. tp membuktikan Lexus adalah mobil jepang yg bener-bener beda bung....
Dan lagi kualitas interor si Lexus bener-bener satu tingkat diatas S-class, mulai dari detail interior, kulit disekujur dashboard, DVD, Tv, Sound system Mark Levinson, dsb, ciri khas lexus deh pokoknya...![]()
Cm ada satu kejanggalan; switch electric mirror masih ciri khas toyota bgt...![]()
So between s-class vs lexus; cm beda kekedapan kabin doang, fasilitas interior & kenyamanan suspensi sama aja kurang lebih, bisa distel tingkat kekerasannya koq...
Regards...
tapi bener sih LS bener2 hening....tapi gw pernah nebeng S class W221....itu juga hening banget...beda2 tipis lah

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Wed Sep 26, 2007 16:00
Re: [Bahas] Sedan2 dengan DB rendah (Tingkat Kebisingan)
to: Risol1
Yup, sorry bro... I mean W221 a.k.a S-Class..
iye sih beda tipis... tapi tetep aja.. ibarat gue pny duit mending gw pilih lexus...
kalo...
Anyway..Durability-nya japanese car lbh terjamin, cocok untuk iklim indonesia tercinta....
Yup, sorry bro... I mean W221 a.k.a S-Class..
iye sih beda tipis... tapi tetep aja.. ibarat gue pny duit mending gw pilih lexus...

Anyway..Durability-nya japanese car lbh terjamin, cocok untuk iklim indonesia tercinta....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: [Bahas] Sedan2 dengan DB rendah (Tingkat Kebisingan)
soal hening ga selalu mahal = hening
tergantung jg karakter mesin, exhaust, peredaman, ketebalan body, dll
tergantung jg karakter mesin, exhaust, peredaman, ketebalan body, dll
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Fri Jan 11, 2008 7:08
- Location: Jakarta
Re: [Bahas] Sedan2 dengan DB rendah (Tingkat Kebisingan)
Maaf ngangkat topik lama nih... tapi emang jadi penasaran sama bunyi-bunyian yang keluar dari ban dan lingkunngan sekitar kala mobil jalan... gw pake Accord Cielo 97, menurut bos-bos disini peredaman dan bising yang ditimbulkan Cielo ini udah bagus ato belom? dan apa yg harus dilakukan untuk meredam bunyi2 itu? Thanks atas pencerahannya...
Thanks & Regards,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [Bahas] Sedan2 dengan DB rendah (Tingkat Kebisingan)
ke valugard / tuff kote dinol, di "PSP": paint & sound protection.