Jenson wrote: Wed Jun 05, 2024 11:50
Kemarin ini main ke dealer ahond pas ambil BPKB, ktnya sih serem, mobil seret banget pada ga kejual Accord lama masih nyisa banyak, CRV Hybrid Nik 23 jga (yg ini, dlu padahal jual mahal, blg inden setengah taun )
accord lama mobil ampir 1m mesin kurcaci siape yang mau
crv hybrid ya laku diawal doank abis itu pada beli turbo bonus 2 bangku lagi siapa yang mau mobil beban keluarga ????
skrg trennya pake mesin cc kecil trus diturboin. CMIIW, mslhnya kadang mesinnya kekecilan jdi biarpun pake turbo ujung2nya tetep kurang ngangkat
kendibocor wrote: Thu Jun 06, 2024 1:48
Beli mopang uda pd overpriced, suka ngibulin data lg.
Beli mocin takut meleduk trus dihujat netijen.
Beli koreya harganya beti ma jepang.
Beli eropa baru ga ada duitnya.
Beli eropa bekas sebelum beli uda ditakut2in ini itu mahal.
Beli jepang bekas lebih susah nyari partnya nanti drpd eropa kalo uda tua, blm lg resiko bekas narik online.
Punya duit bingung, apalagi ga punya duit
saya skrg mikirnya klo msh bagus di keep aja
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 3:13
by ChZ
darrelund wrote: Wed Jun 05, 2024 2:48
klopun ga ngampak masi ada 555
itu kabeng gak paham, soalnya yg ud master pada buka bengkel sendiri
kabeng di beres mah jarang belepotan oli. jabatan karir doank kadang backgroundnya jg bukan dari orang teknik. urusan terima laporan terusin laporan terima gaji.
kalo yang buka bengkel sendiri biasa owner nyambi kabeng nyambi bongkar2 kadang terima wang aja sambil belepotan oli
b0ku wrote: Thu Jun 06, 2024 1:20
noh kayak kasus cherry kena water hammer 5 bulan gak kelar2x
jangan2 part import semua haduh lebih nyusahin lg mending piara BMW
gimana jadi ownernya ya, gw kalo kebanyakan duit tinggalin aja take over dari gw dah 10% harga pasar toh dijual seken jg drop udah 50% duluan silahkan yang mau jadi korban berikutnya.
balik kanan beli mopang lg sambil misuh misuh
AbdulHakim wrote: Thu Jun 06, 2024 1:21
suprisingly saya sekalinya ketemu CRV gen-6 malah yang turbo biasa, bukan yg hybrid
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 3:35
by b0ku
ChZ wrote: Thu Jun 06, 2024 3:13
jangan2 part import semua haduh lebih nyusahin lg mending piara BMW
gimana jadi ownernya ya, gw kalo kebanyakan duit tinggalin aja take over dari gw dah 10% harga pasar toh dijual seken jg drop udah 50% duluan silahkan yang mau jadi korban berikutnya.
balik kanan beli mopang lg sambil misuh misuh
katanya di tawarin di akalin sama kanibal parts terus di bubut segala ud lah puyeng dah loe
mana katanya ongkosnya ud abis 120jt apa estimasi segitu gak tau dah ketawa aja
mamam lah garansi 10thn ini yang oe suka bilang jgn andelin garansi hari apes gak ada di kalender gak tau kan mobil kebanjiran atau laka garansi mana cover mending yang pasti2x aja contohnya pajero turun mesin full 1 bulan kelar di kerjain solo dengan alat sederhana ongkos 15jt semua beres
kalo oe jd owner cherry sekalian aja bawa ke bengkel balap swap K engine atau L15 turbo
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
kendibocor wrote: Thu Jun 06, 2024 1:48
Beli mopang uda pd overpriced, suka ngibulin data lg.
Beli mocin takut meleduk trus dihujat netijen.
Beli koreya harganya beti ma jepang.
Beli eropa baru ga ada duitnya.
Beli eropa bekas sebelum beli uda ditakut2in ini itu mahal.
Beli jepang bekas lebih susah nyari partnya nanti drpd eropa kalo uda tua, blm lg resiko bekas narik online.
Punya duit bingung, apalagi ga punya duit
ya om sebenernya majority cuma nyari mobil yang always works jd mopang mau busuk gimane juga tetep aja orang bakalan milih yang itu, kalo concern sama safety regulasi dan tetek bengek gak jelas laen oe jamin itu mopang ud pada gulung tiker 10-20taon lalu terutama triple elips yang mobilnya sbenernya kagak ada enak2xnya dan suka nyunat chasis
Sebenernya dengan harga jauh lebih mahal drpd di amrik harusnya konsumen di indo bisa dapet standar yg lebih sih. Cuman emang settingan disini dari dulu rakyat dikasi barang busuk, dicekokin barang busuk mulu lama2 terpaksa nerima dan biasa. Apalagi regulatornya jg gampang “diatur”. Sama pemain baru aja nurut apalagi gajah yg dari dulu uda anteng disini. Makanya bener sih kasian rakyat disini, dipelihara biar bodoh terus dan disuruh terbiasa dengan standar hidup yg rendah. Gawsa ngomong harga disini mahal karena pajak, pemainnya jg matok untung ga kira2 kok
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 3:43
by b0ku
lexnic wrote: Thu Jun 06, 2024 2:05
skrg trennya pake mesin cc kecil trus diturboin. CMIIW, mslhnya kadang mesinnya kekecilan jdi biarpun pake turbo ujung2nya tetep kurang ngangkat
seenernya yang malesin itu di kawininnya sama CVT
6AT gitu
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 3:51
by ChZ
kendibocor wrote: Thu Jun 06, 2024 3:36
Gawsa ngomong harga disini mahal karena pajak, pemainnya jg matok untung ga kira2 kok
krn margin ga kira kira itu juga ujungnya buat nutup operasional, mbah.
skrg tanah makin mahal (initial investment utk bangun dealers), labourcost naik, blom supply chain nggak efisien krn pabriknya di jakarta. kenapa pabriknya di jakarta dan sekitarnya ya gimana serapan pasar terbesar di sono mayan bisa push cost terbesar utk >50% pasar.
tapi
serapan pasar rendah (dan semakin menurun).
ujungnya ane merasa kalo ane jadi bos ATPM ya akan main margin besar terutama di premium lineups tapi push cost beneran di "low cost" lineups walau tau nggak untung (ini beneran).
masalah domino dari semua lini bisnis wakanda selalu op cost tinggi tapi serapan rendah. cara nutupnya ya harus kasih item B yg marginnya 20-30% tp slow moving harus diitung minimal harus kejual 1 dari si item A yg marginnya cuma 1%. dalam hal ini ya mobil high end akan dikasih margin besar. CRV 800 juta itu pasti uda diitung dari sekian biji brio kejual harus kejual CRV 1 kalo ngga mereka ga nutup operasionalnya.
cara ngepush kebijakan pemerintah ya harus ada force majeure macem covid kemaren sehingga pemain besar ikut bersuara. gol deh tuh ppnbm 0%.
ya aneh tapi nyata nya bisnis di wakanda. margin besar tp masih rugi. monopoly jg masih rugi. entah salah siapa.
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 4:59
by Suryaputra
buat warga yg butuh info dan knowledge secara visual
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Michaelktp wrote: Wed Jun 05, 2024 2:08
Dari negara matahari terbit segera menjadi matahari terbenam. Ngenes
Kemarin ini main ke dealer ahond pas ambil BPKB, ktnya sih serem, mobil seret banget pada ga kejual Accord lama masih nyisa banyak, CRV Hybrid Nik 23 jga (yg ini, dlu padahal jual mahal, blg inden setengah taun )
Michaelktp wrote: Wed Jun 05, 2024 2:08
Dari negara matahari terbit segera menjadi matahari terbenam. Ngenes
Kemarin ini main ke dealer ahond pas ambil BPKB, ktnya sih serem, mobil seret banget pada ga kejual Accord lama masih nyisa banyak, CRV Hybrid Nik 23 jga (yg ini, dlu padahal jual mahal, blg inden setengah taun )
Di surabaya 2 dealer besar Honda (1 grup) tutup. Padahal dua2nya sambung sama bengkel, dan gede bengkel nya. Skrg bangunan dealer nya majang Chery .
Kayanya d daerah Jatim Ahond lumayan kehit ya, pas saya hunting2 ada deaaler d Solo mau kasi diskon HRV open 70++. Saya cmn mager ribet msti ksana dan urus2 surat jdi gajadi, tp berani diskon segitu keliatan barang ud macet lama ya...
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 5:42
by lemonadelovers
klo beli mopang baru beli tipe terendah ajalah ga kebanyakan fitur atau mobil basic sekalian
d pikiran ane: sijuki espresso (India spec), luksio n hyace premiyo aja
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 6:15
by KielConstantine
lemonadelovers wrote: Thu Jun 06, 2024 5:42
klo beli mopang baru beli tipe terendah ajalah ga kebanyakan fitur atau mobil basic sekalian
d pikiran ane: sijuki espresso (India spec), luksio n hyace premiyo aja
Piara lesus bekas aj om, buat daily drive
Ane liat banyak yg masih pada jalan tuh di jepang odo jg tinggi2.
Malah sempet ktemu jg nih LS600h tuir dijadiin operasional taxi di ginza
Naek 10 menit, jarak 3 kilo bayarnya 1500 yen alias 150rb
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
lemonadelovers wrote: Thu Jun 06, 2024 5:42
klo beli mopang baru beli tipe terendah ajalah ga kebanyakan fitur atau mobil basic sekalian
d pikiran ane: sijuki espresso (India spec), luksio n hyace premiyo aja
Piara lesus bekas aj om, buat daily drive
Ane liat banyak yg masih pada jalan tuh di jepang odo jg tinggi2.
Malah sempet ktemu jg nih LS600h tuir dijadiin operasional taxi di ginza
Naek 10 menit, jarak 3 kilo bayarnya 1500 yen alias 150rb
masih om mayan lah buat touring mudik kemarin
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
kendibocor wrote: Thu Jun 06, 2024 3:36
Gawsa ngomong harga disini mahal karena pajak, pemainnya jg matok untung ga kira2 kok
krn margin ga kira kira itu juga ujungnya buat nutup operasional, mbah.
skrg tanah makin mahal (initial investment utk bangun dealers), labourcost naik, blom supply chain nggak efisien krn pabriknya di jakarta. kenapa pabriknya di jakarta dan sekitarnya ya gimana serapan pasar terbesar di sono mayan bisa push cost terbesar utk >50% pasar.
tapi
serapan pasar rendah (dan semakin menurun).
ujungnya ane merasa kalo ane jadi bos ATPM ya akan main margin besar terutama di premium lineups tapi push cost beneran di "low cost" lineups walau tau nggak untung (ini beneran).
masalah domino dari semua lini bisnis wakanda selalu op cost tinggi tapi serapan rendah. cara nutupnya ya harus kasih item B yg marginnya 20-30% tp slow moving harus diitung minimal harus kejual 1 dari si item A yg marginnya cuma 1%. dalam hal ini ya mobil high end akan dikasih margin besar. CRV 800 juta itu pasti uda diitung dari sekian biji brio kejual harus kejual CRV 1 kalo ngga mereka ga nutup operasionalnya.
cara ngepush kebijakan pemerintah ya harus ada force majeure macem covid kemaren sehingga pemain besar ikut bersuara. gol deh tuh ppnbm 0%.
ya aneh tapi nyata nya bisnis di wakanda. margin besar tp masih rugi. monopoly jg masih rugi. entah salah siapa.
Entah ya kenapa jualan di wakanda ga bisa efisien. Emang ga kuat ya daya beli disini. Pemain gede aja mungkin makin ngos2an jg. Gw gw bingung kalo kaya di SG itu mereka jualan super low volume kan. Entah gmn cara untungnya. Apa gara2 itu mbl si SG super overpriced ya.
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 7:22
by ChZ
kendibocor wrote: Thu Jun 06, 2024 6:54
Entah ya kenapa jualan di wakanda ga bisa efisien. Emang ga kuat ya daya beli disini. Pemain gede aja mungkin makin ngos2an jg. Gw gw bingung kalo kaya di SG itu mereka jualan super low volume kan. Entah gmn cara untungnya. Apa gara2 itu mbl si SG super overpriced ya.
sbenernya bisnis mobil di wakanda itu mirip bisnis coffee shop krn overheadnya besar ya marginnya harus besar buat nutup op costnya
pernah di spill salah 1 mantan bos diler legend di sini cash cow HPM itu ya CRV (sekarang mungkin HRV soalnya CRV udah akte CBU). besar kemungkinan duo as*ra cash cownya bukan elcigici tapi malah fortuner / innova. ya bayangin aja konstruksi ladder suspensi solid axle gitu costnya paling berapa dijual berapa, makanya karena si rebon masih enak buat jadi cash cow ya masih di produksi. life span model ginian pasti dibuat lama sekali skali kejual fortuner mungkin dah nutup kerugian 10 biji agya.
mengingat policy di SG sangat nggak pro ke car ownership kayaknya itu secara logika bisnisnya juga main margin besar. dan barangkali knp kok brands tetep mau jualan di SG jangan2 malah lebih cuan jualan di SG yang mahal daripada di wakanda yang nembusin regulasinya sulit tapi serapannya dikit
di wakanda otomotif itu ya masih motor. lihat banyak bengkel motor pinggir jalan aja rame, dugaan ane ini jangan2 omset sehari bisa jauh lebih gede daripada omset bengkel mobil
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 8:31
by darrelund
KielConstantine wrote: Thu Jun 06, 2024 6:15
Piara lesus bekas aj om, buat daily drive
Ane liat banyak yg masih pada jalan tuh di jepang odo jg tinggi2.
Malah sempet ktemu jg nih LS600h tuir dijadiin operasional taxi di ginza
Naek 10 menit, jarak 3 kilo bayarnya 1500 yen alias 150rb
LS460 ud 600an tuh um
bagasi gede, lari enak, empuk
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 8:36
by darrelund
kendibocor wrote: Thu Jun 06, 2024 3:36
Sebenernya dengan harga jauh lebih mahal drpd di amrik harusnya konsumen di indo bisa dapet standar yg lebih sih. Cuman emang settingan disini dari dulu rakyat dikasi barang busuk, dicekokin barang busuk mulu lama2 terpaksa nerima dan biasa. Apalagi regulatornya jg gampang “diatur”. Sama pemain baru aja nurut apalagi gajah yg dari dulu uda anteng disini. Makanya bener sih kasian rakyat disini, dipelihara biar bodoh terus dan disuruh terbiasa dengan standar hidup yg rendah. Gawsa ngomong harga disini mahal karena pajak, pemainnya jg matok untung ga kira2 kok
liat kurs & skala ekonomi juga um
idr ud payah sekarang
sebenernya klo diitung kurs tok, mobil di amrik sama disini ga beda jauh" amat harganya
masda aja skrg ud mahal" semua kan
dan liat jg
mahal krn nilai tukar / mahal krn mobilnya full spec
seenggaknya semua mobil dari 10 taun lalu ud naik hampir 50% harganya
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 14:49
by newrubble
mobil paling aman yg sesuai standar keamanan di indo adalah L300 terbaru krn kalo nubruk atau jungkir balik sering x dummy nya gpp
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Thu Jun 06, 2024 15:03
by darrelund
ChZ wrote: Thu Jun 06, 2024 3:51
krn margin ga kira kira itu juga ujungnya buat nutup operasional, mbah.
skrg tanah makin mahal (initial investment utk bangun dealers), labourcost naik, blom supply chain nggak efisien krn pabriknya di jakarta. kenapa pabriknya di jakarta dan sekitarnya ya gimana serapan pasar terbesar di sono mayan bisa push cost terbesar utk >50% pasar.
naini um, kyknya emg berat di op costnya. biaya banyak jualan ga seberapa, palagi bikin mobil
klo dibilang ngejer margin ya itu emg tiap taun pasti dikejer, namanya jg bisnis , liat aja kan mobil baru semua plastiknya tambah kasar.
sebenernya klo dipikir pikir, bikin pabrik disini ya buntung
mending full impor aja dah
ud dibikinin pabrik eh rubah lg aturan
dan emg utk mayoritas org kondisi ekonomi ga memungkinkan amat utk gonta ganti mobil trs kyk dulu
ya aneh tapi nyata nya bisnis di wakanda. margin besar tp masih rugi. monopoly jg masih rugi. entah salah siapa.
rugi trs karena kondisinya jg berubah rubah mulu
pingin mobil, ud set target budget brp
pas ud ada duit eh ga kejangkau krn naik jauh, ya mikir lagi lah
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Fri Jun 07, 2024 4:08
by ChZ
darrelund wrote: Thu Jun 06, 2024 15:03
naini um, kyknya emg berat di op costnya. biaya banyak jualan ga seberapa, palagi bikin mobil
klo dibilang ngejer margin ya itu emg tiap taun pasti dikejer, namanya jg bisnis , liat aja kan mobil baru semua plastiknya tambah kasar.
sebenernya klo dipikir pikir, bikin pabrik disini ya buntung
mending full impor aja dah
ud dibikinin pabrik eh rubah lg aturan
dan emg utk mayoritas org kondisi ekonomi ga memungkinkan amat utk gonta ganti mobil trs kyk dulu
rugi trs karena kondisinya jg berubah rubah mulu
pingin mobil, ud set target budget brp
pas ud ada duit eh ga kejangkau krn naik jauh, ya mikir lagi lah
hrs diakui gak bakal kekejer bakar duitnya china mau di tax 100% sekalipun. china kan buat invest ke luar dia kasi subsidy ke companies. dihajar pajak ya dia hajar balik kocorin subsidi kalo emang marketnya bagus. kalau ga bagus ya dibuang tinggalin. prinsipnya mereka siap rugi.
wakanda ga penting2 banget kan cm ngincer smelter nikel
blm ya tau sendiri lah kebijakan otomotif wakanda lambat dan berubah2... utk market yang sangat kecil ya pada males
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Fri Jun 07, 2024 4:38
by mobilover
Sebenarnya untuk wilayah ASEAN, penjualan mobil domestic indonesia tinggi kok sekitar 1 juta. Thailand bahkan di bawah itu, tapi yang jadi isu yg laku di indonesia itu mobil murah, mobil yg marginnya tipis ? Mobil model global yg marginnya lbh besar penjualannya gak seberapa. Kalau lihat model yg laku di thailand dan model yg laku di indo tuh kita jomplang. Civic aja di thailand bisa masuk top 10 sales. Kalau di indo civic penjualannya kecil dan imut kan.
Isunya yah memang daya beli masyarakat kecil dan cenderung gak merata di semua daerah. Yg kaya luar biasa kaya, yg miskin beli motor aja nyicil, yg menengah mampunya beli agya brio.
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Fri Jun 07, 2024 6:11
by b0ku
BELI mobil winnie kebakaran
ini lebih parah lagi daler ud kebakaran 10x alesannya selalu wiring dealer mulu
nutup2xinnya lebih ngerik dari mopang
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Fri Jun 07, 2024 6:19
by ChZ
mobilover wrote: Fri Jun 07, 2024 4:38
Sebenarnya untuk wilayah ASEAN, penjualan mobil domestic indonesia tinggi kok sekitar 1 juta. Thailand bahkan di bawah itu, tapi yang jadi isu yg laku di indonesia itu mobil murah, mobil yg marginnya tipis ? Mobil model global yg marginnya lbh besar penjualannya gak seberapa. Kalau lihat model yg laku di thailand dan model yg laku di indo tuh kita jomplang. Civic aja di thailand bisa masuk top 10 sales. Kalau di indo civic penjualannya kecil dan imut kan.
Isunya yah memang daya beli masyarakat kecil dan cenderung gak merata di semua daerah. Yg kaya luar biasa kaya, yg miskin beli motor aja nyicil, yg menengah mampunya beli agya brio.
1 juta berbanding brp luas daerah? Brp jumlah penduduknya?
Itu yg dilihat investors. 1 juta cuma penuh di pulau jawa doank. Investors maunya ya 3 juta minimal penduduk ente 270 juta kok dari zaman harto turun jualan sejuta aja ngos ngosan.
Disuruh ngalah terus murahin mobil terus mpe kapan? Udah susah2 masih ditelikung china yg logistik wang nya gak kebendung dan dikasi red carpet.
Bisnis di wakanda itu cenderung high cost... Semua yg jalanin bisnis pasti stuju.
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
mobilover wrote: Fri Jun 07, 2024 4:38
Sebenarnya untuk wilayah ASEAN, penjualan mobil domestic indonesia tinggi kok sekitar 1 juta. Thailand bahkan di bawah itu, tapi yang jadi isu yg laku di indonesia itu mobil murah, mobil yg marginnya tipis ? Mobil model global yg marginnya lbh besar penjualannya gak seberapa. Kalau lihat model yg laku di thailand dan model yg laku di indo tuh kita jomplang. Civic aja di thailand bisa masuk top 10 sales. Kalau di indo civic penjualannya kecil dan imut kan.
Isunya yah memang daya beli masyarakat kecil dan cenderung gak merata di semua daerah. Yg kaya luar biasa kaya, yg miskin beli motor aja nyicil, yg menengah mampunya beli agya brio.
1 juta berbanding brp luas daerah? Brp jumlah penduduknya?
Itu yg dilihat investors. 1 juta cuma penuh di pulau jawa doank. Investors maunya ya 3 juta minimal penduduk ente 270 juta kok dari zaman harto turun jualan sejuta aja ngos ngosan.
Disuruh ngalah terus murahin mobil terus mpe kapan? Udah susah2 masih ditelikung china yg logistik wang nya gak kebendung dan dikasi red carpet.
Bisnis di wakanda itu cenderung high cost... Semua yg jalanin bisnis pasti stuju.
Setuju bisnis di indo high cost. Biaya silumannya banyak, pasar jg daya belinya cenderung rendah. Walau diimbangi dengan peluang yang besar juga karena masih banyak kebutuhan masyarakat yg belum terpenuhi dibandingkan pasar yg udah jenuh macam pasar negera maju. Makanya masih ada investor yang mau masuk ke indo, yah walaupun kenyataan belum sesuai harapan dgn tingkah laku our government yg kayak abg suka berubah pikiran dan haluan
Kalau mau pemerataan income, industri manufaktur harus maju supaya banyak working class yg sejahtera. Kalau ngandalin bisnis komoditas yang kaya yah yg itu2 aja. Yg punya lahan tambang, yang punya lahan hutan yah gitu2. Kayak jaman penjajahan yg kaya cuma landlord, kuli2nya dapat ampas aja
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Sat Jun 08, 2024 4:56
by ChZ
mobilover wrote: Fri Jun 07, 2024 8:35
Makanya masih ada investor yang mau masuk ke indo, yah walaupun kenyataan belum sesuai harapan dgn tingkah laku our government yg kayak abg suka berubah pikiran dan haluan
ya investors masuk... ntah investors grade apa. grade cacing kan tetep investors.
yg nggak masalah dipermainkan ... atau jgn2 mereka malah yg mempermainkan regulasinya... pan di sini raja wakanda yg penting masuk dulu... regulasi bisa nanti. sampe hrs "melunakkan" dgn bilang gak perlu dalam bentuk products dan dikasih remahan sama apel kroak saja udah seneng... di saat negara sebelah yg katanya commie dikasih beratus ratus lebih besar.
investors yg legit udah invest lama sj ancang2 cabut.
walahualam.
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Posted: Sat Jun 08, 2024 7:20
by Bibieight
Urusan Boyota, bulan lalu mobil temen, Yarcot baru umur 4 bulan kena tabrak belakang di tol, nah dramanya, ndak lama lampu2 sensor dashboard nyala semua, terus mobil matot.
Lucunya beres, diagnosanya sensor parkir belakang kena, seminggu diubek2 tu sensor tetep mobil gak idup. Naah, akhirnya ketemu masalahnya, sekering HV putus (bingung juga, batere juga cuma 2.8 kWh, mau berapa voltase ama ampere sampe kena tumbur didesain buat putus).
Becandaan lagi, dah jalan sebulan itu sekring belun juga datang
Perkara kabeng dodol, emejing juga kabeng sekelas A2K ngurusin hibrid yarcrot kagak gape, belum lagi onderdil, sekelas sekring aja sebulan belun kemana2