ChZ wrote: Thu Jun 06, 2024 3:51
krn margin ga kira kira itu juga ujungnya buat nutup operasional, mbah.
skrg tanah makin mahal (initial investment utk bangun dealers), labourcost naik, blom supply chain nggak efisien krn pabriknya di jakarta. kenapa pabriknya di jakarta dan sekitarnya ya gimana serapan pasar terbesar di sono mayan bisa push cost terbesar utk >50% pasar.
naini um, kyknya emg berat di op costnya. biaya banyak jualan ga seberapa, palagi bikin mobil
klo dibilang ngejer margin ya itu emg tiap taun pasti dikejer, namanya jg bisnis

, liat aja kan mobil baru semua plastiknya tambah kasar.
sebenernya klo dipikir pikir, bikin pabrik disini ya buntung
mending full impor aja dah
ud dibikinin pabrik eh rubah lg aturan
dan emg utk mayoritas org kondisi ekonomi ga memungkinkan amat utk gonta ganti mobil trs kyk dulu
ya aneh tapi nyata nya bisnis di wakanda. margin besar tp masih rugi. monopoly jg masih rugi. entah salah siapa.
rugi trs karena kondisinya jg berubah rubah mulu
pingin mobil, ud set target budget brp
pas ud ada duit eh ga kejangkau krn naik jauh, ya mikir lagi lah
