Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

RCMN
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 232
Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by RCMN »

freaksha wrote: Tue May 28, 2024 0:48 matur tengkyu atas semua saran-sarannya agan-agan semua, akhirnya kemarin memutuskan ambil G.Livina 2013, tapi kayaknya jadi pelajaran buat saya juga sih. Meski udah bawa inspector tapi baru aja bawa pulang langsung overheat dan disarankan turun mesin :big_cry:
penyebabnya karena mobil jarang dipake, dan air radiator pake air biasa, makanya bikin karat di radiator, curiganya emang dah ada masalah sebelumnya tapi gak diceritain ke kami, yg jual padahal bilang "ini mobil perfect, ada PR dikit tapi bisa langsung dipakai keluar kota", dan montir yg kami sewa buat inspeksi jg bilang masih ga ada masalah, tapi ada bagian-bagian yg perlu diperhatikan. Nah, bagian yg perlu diperhatikan itu yg gak ada penekanan seberapa urgent :beer:
Ya ampun... semoga segera terselesaikan om.
Btw congrats utk mobil barunya ya.
kemalmakbar
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by kemalmakbar »

freaksha wrote: Tue May 28, 2024 0:48 matur tengkyu atas semua saran-sarannya agan-agan semua, akhirnya kemarin memutuskan ambil G.Livina 2013, tapi kayaknya jadi pelajaran buat saya juga sih. Meski udah bawa inspector tapi baru aja bawa pulang langsung overheat dan disarankan turun mesin.
penyebabnya karena mobil jarang dipake, dan air radiator pake air biasa, makanya bikin karat di radiator, curiganya emang dah ada masalah sebelumnya tapi gak diceritain ke kami, yg jual padahal bilang "ini mobil perfect, ada PR dikit tapi bisa langsung dipakai keluar kota", dan montir yg kami sewa buat inspeksi jg bilang masih ga ada masalah, tapi ada bagian-bagian yg perlu diperhatikan. Nah, bagian yg perlu diperhatikan itu yg gak ada penekanan seberapa urgent.
Selamat atas mobilnya, om. Mudah-mudahan semua masalah pada mobil bisa segera teratasi dengan baik
Pororo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by Pororo »

freaksha wrote: Tue May 28, 2024 0:48 matur tengkyu atas semua saran-sarannya agan-agan semua, akhirnya kemarin memutuskan ambil G.Livina 2013, tapi kayaknya jadi pelajaran buat saya juga sih. Meski udah bawa inspector tapi baru aja bawa pulang langsung overheat dan disarankan turun mesin :big_cry:
penyebabnya karena mobil jarang dipake, dan air radiator pake air biasa,
Turut prihatin Om
Baru beli mau pake-pake eh belok ke bengkel dia
Pas cek mobil emang isinya udah air radiator air biasa om?

Ada petuah suhu disini yang pernah bersabda: cari mobil seken, buka tutup radiator, isinya air biasa CORETTT
Sekarang ane semakin paham kristal rule nya tsb
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by zonepublic »

freaksha wrote: Tue May 28, 2024 0:48 matur tengkyu atas semua saran-sarannya agan-agan semua, akhirnya kemarin memutuskan ambil G.Livina 2013, tapi kayaknya jadi pelajaran buat saya juga sih. Meski udah bawa inspector tapi baru aja bawa pulang langsung overheat dan disarankan turun mesin :big_cry:
penyebabnya karena mobil jarang dipake, dan air radiator pake air biasa, makanya bikin karat di radiator, curiganya emang dah ada masalah sebelumnya tapi gak diceritain ke kami, yg jual padahal bilang "ini mobil perfect, ada PR dikit tapi bisa langsung dipakai keluar kota", dan montir yg kami sewa buat inspeksi jg bilang masih ga ada masalah, tapi ada bagian-bagian yg perlu diperhatikan. Nah, bagian yg perlu diperhatikan itu yg gak ada penekanan seberapa urgent :beer:
Wahh itu otospektornya ga jelas itu,ga punya standar2 baku
Kalo sudah sampe turun mesin berarti ada yg bengkok di blok mesinnya
Susah emang orang indo tidak teredukasi,kemarin nyariin adek xpander masih tahun 2021 juga malah coolantnya dikuras diganti air biasa sm ownernya padahal dia beli dari baru,ntah bisanya sebodoh itu pemikirannya
Kebetulan orang kampung sih
itu yg bikin ragu ambil meskipun kmnya baru 13ribu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by ChZ »

Pororo wrote: Tue May 28, 2024 3:08
Ada petuah suhu disini yang pernah bersabda: cari mobil seken, buka tutup radiator, isinya air biasa CORETTT
Sekarang ane semakin paham kristal rule nya tsb
palagi ada embel embel "jarang dipake". kebayang tuh aer diem berapa lama.

klo sering dipake minimal aernya sirkulasi
Last edited by ChZ on Tue May 28, 2024 4:05, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by ChZ »

freaksha wrote: Tue May 28, 2024 0:48 matur tengkyu atas semua saran-sarannya agan-agan semua, akhirnya kemarin memutuskan ambil G.Livina 2013, tapi kayaknya jadi pelajaran buat saya juga sih. Meski udah bawa inspector tapi baru aja bawa pulang langsung overheat dan disarankan turun mesin :big_cry:
penyebabnya karena mobil jarang dipake, dan air radiator pake air biasa, makanya bikin karat di radiator, curiganya emang dah ada masalah sebelumnya tapi gak diceritain ke kami, yg jual padahal bilang "ini mobil perfect, ada PR dikit tapi bisa langsung dipakai keluar kota", dan montir yg kami sewa buat inspeksi jg bilang masih ga ada masalah, tapi ada bagian-bagian yg perlu diperhatikan. Nah, bagian yg perlu diperhatikan itu yg gak ada penekanan seberapa urgent :beer:
selamat dan turut prihatin om...

makanya saya tuh gak percaya inspektor2an krn ngecek mobil cuma centangin checklist berapa item padahal tiap mobil itu specific ngga bisa modal daftar checklist terus kita cek 1-1 fiturnya nyala apa nggak. maaf lbh banyak ilmunya kita ngobrol di sini daripada ilmunya inspektor mobil om.

kalo karat di radiator harusnya tinggal ganti radiator kelar sekalian kuras aja om.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

tengkyu tengkyu gan, tapi ngga jadi selametan :big_slap:
niat mo ambil cuti njuk surprise visit ke ortu di Jabar malah kepentok ini, asem tenan om
yah jadi pelajaran jg jangan terlalu percaya sama inspektor mobil, sama dia cuma scan OBS doang, liat2 radiator, karet2 dan kaki2, testdrive 5 menit, dan bilang masi mobil masih OK tapi emang perlu ganti2 karet karena udah aus
harga yg ditawarkan masih worth it kata inspektornya, 93jt masih berani dan kami tawar bawah itu dikit, eh malah pas dibawa pulang ngepasi radiator bocor dan kurangnya ilmu ane digas jalan dikit, jadilah kena ini :mky_05:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by ChZ »

freaksha wrote: Tue May 28, 2024 4:17
harga yg ditawarkan masih worth it kata inspektornya, 93jt masih berani dan kami tawar bawah itu dikit, eh malah pas dibawa pulang ngepasi radiator bocor dan kurangnya ilmu ane digas jalan dikit, jadilah kena ini :mky_05:
anyway ini 2013 udah 93juta ya... ancur juga tuh harganya lipindut skrg jadi mayan worth perbaikan juga nggak susah. udah model yg ganti lampu belom yah apa masih model lama?

ga salah ane saranin di pejwan pan :big_peace: jarang2 ane saranin nissan tp kalo liat harganya semurah ini sih sbenernya oke juga peer paling radiator (dan beneran ternyata malah langsung kena)
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by zonepublic »

freaksha wrote: Tue May 28, 2024 4:17 tengkyu tengkyu gan, tapi ngga jadi selametan :big_slap:
niat mo ambil cuti njuk surprise visit ke ortu di Jabar malah kepentok ini, asem tenan om
yah jadi pelajaran jg jangan terlalu percaya sama inspektor mobil, sama dia cuma scan OBS doang, liat2 radiator, karet2 dan kaki2, testdrive 5 menit, dan bilang masi mobil masih OK tapi emang perlu ganti2 karet karena udah aus
harga yg ditawarkan masih worth it kata inspektornya, 93jt masih berani dan kami tawar bawah itu dikit, eh malah pas dibawa pulang ngepasi radiator bocor dan kurangnya ilmu ane digas jalan dikit, jadilah kena ini :mky_05:
Sebenernya ada kok inspektor yang lebih teliti dari itu anda bawa ke olx autos/diler2 aja inspektor mrk lebih lebay dari itu,apalagi cuma radiator itu buka tutup aja kelihatan keraknya kok kalo dia mau buka,itu padahal prosedur standar,saya kok curiga inspektornya dikasi duit sm seller buat mulusin
,saya sendiri kalo lihat mobil bekas ga pernah bawa alat apalagi modal scanner cek2 sampe obd segala :big_biglaugh:

Tapi nissan itu paling rewel sama pendinginan mesin memang,mesinnya cepet panas daripada mobil yg lain entah kenapa,udah gitu minumnya juga ga bisa ron90,temen saya punya gran livina facelift udah sejak sebelum covid sampe sekarang masih aman tapi ya dia tahu cara peliharannya dan ga berani kasih minum ron 92 setelah dikasi tahu bengkel spesialisnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Tue May 28, 2024 7:44 Tapi nissan itu paling rewel sama pendinginan mesin memang,mesinnya cepet panas daripada mobil yg lain entah kenapa,udah gitu minumnya juga ga bisa ron90,temen saya punya gran livina facelift udah sejak sebelum covid sampe sekarang masih aman tapi ya dia tahu cara peliharannya dan ga berani kasih minum ron 92 setelah dikasi tahu bengkel spesialisnya
penyebab utamanya ada 2 : compression ratio tinggi + operating temp krn mesin HR15 nissan litu diset untuk efficient dan top speednya jg tinggi. HR15DE itu mirip dgn mobil yurop. jadi panas = gelitik. walau sbenernya untuk case negara non-tropis ini bkn masalah malah bagus krn mesinnya jadi irit. inget livina series itu RnD nya di china.

terus oli mesinnya ? cuma pake 3 liter. akhirnya yang jadi korban pasti radiator dan kipas buat dinginin. makanya miara GL itu sebenernya anggep aja miara BMW M43 tapi versi lebih ramah budget.

krn oli pake 3 liter ya jangan yg tipis2 dan jgn pake oli murah buat kurangin gelitik. coolant uda pasti wajib. kayaknya skrg bengkel2 nissan udah ngerti kok antisipasinya apa. makanya sy berani saranin GL di depan krn mobilnya relatif common di kalangan mekanik.

di ANGL yg udah double injector itu udah ngga gelitik soalnya injektor tambahan bisa semprot buat dinginin ruang bakar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by trebla88 »

Lipindut L11 ok kok.... :big_biglaugh:
Cuma banyak bekasnya salah urus
Oli dikasi kentel² ama radiator asal isi air biasa
Cari L11 mesin mr18 paling ok sebenernya

Ati² aja beli mobil grand lipindut intinya
Perilakunya sadis2 meliharanya apalagi yg uda tangan keberapa
Bisa² cvt nya yg mungkin jebol bukan mesinnya

Kmungkinan ts ambil yg tipe L10
Ati² aja itu sering karatan juga di tutup tangki bensin
Siap² beresin EGR ama flap di manifold juga :big_weee:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by zonepublic »

trebla88 wrote: Tue May 28, 2024 9:47 Lipindut L11 ok kok.... :big_biglaugh:
Cuma banyak bekasnya salah urus
Oli dikasi kentel² ama radiator asal isi air biasa
Cari L11 mesin mr18 paling ok sebenernya

Ati² aja beli mobil grand lipindut intinya
Perilakunya sadis2 meliharanya apalagi yg uda tangan keberapa
Bisa² cvt nya yg mungkin jebol bukan mesinnya

Kmungkinan ts ambil yg tipe L10
Ati² aja itu sering karatan juga di tutup tangki bensin
Siap² beresin EGR ama flap di manifold juga :big_weee:
Jujur saya pribadi kok ga tertarik pelihara mobil2 umum nissan di indo kalo bukan GT-R sih :big_biglaugh:
Kalo ada dana piara salah 1 dari 2 pilihan itu saya akan cari tahu gimana pemeliharaannya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by Pboyz97 »

freaksha wrote: Tue May 28, 2024 0:48 matur tengkyu atas semua saran-sarannya agan-agan semua, akhirnya kemarin memutuskan ambil G.Livina 2013, tapi kayaknya jadi pelajaran buat saya juga sih. Meski udah bawa inspector tapi baru aja bawa pulang langsung overheat dan disarankan turun mesin :big_cry:
penyebabnya karena mobil jarang dipake, dan air radiator pake air biasa, makanya bikin karat di radiator, curiganya emang dah ada masalah sebelumnya tapi gak diceritain ke kami, yg jual padahal bilang "ini mobil perfect, ada PR dikit tapi bisa langsung dipakai keluar kota", dan montir yg kami sewa buat inspeksi jg bilang masih ga ada masalah, tapi ada bagian-bagian yg perlu diperhatikan. Nah, bagian yg perlu diperhatikan itu yg gak ada penekanan seberapa urgent :beer:
selamat atas mobil barunya & turut prihatin. semoga mobilnya dapat normal kembali seperti sedia kala. btw pake inspektornya dmn kalo boleh tau? harusnya kalo emg pake inspektor, semestinya bisa memberitahu minus2 mobil & memiliki pemahaman dalam permobilan serta permesinan, lebih bagus lg kalo bisa memberitahu estimasi perbaikkan dari PR2 mobil tersebut ada di kisaran berapa, jd kita ada gambaran, pengalaman saya cek mobil seken kalo pake inspektor, selalu memuaskan, at least kalo emg hasilnya kurang baik, saya gak perlu capek2 ke lokasi yg emg mohon maaf kondisi jalan, lalu lintas & jaraknya ga menentu, kalo hasil inspeksi bagus saja dan minim pr baru saya beranikan diri untuk menego dan datang ke lokasi untuk mengecek mobil tersebut secara langsung .

pertanyaan saya, pas dicek oleh inspektornya di bagian tutup olinya dibuka ngga? terus suara mesinnya kasar apa ngga? soalnya kalo emg kudu vonis turun mesin, gejala awalnya sepengalaman saya hunting mobil seken, suara mesinnya agak kasar, terus juga kadang2 keluar asap putih atau hitam dari kenalpot (in case livina ini), padahal mobil dalam keadaan diam & gasnya juga ga terlalu dalam, serta dalam tutup olinya juga ada kerak or ada bekas kerak, tapi sudah dibersihkan , jd di dalem mesinnya keliatan "seolah- olah bersih" tapi pas dibalik tutupnya ada semacam lumpur bekas kerak yg mungkin lupa dibersihkan oleh owner sblmnya / penjual mobil tsb. sm turun mesin itu ga selalu harus bongkar full. ada juga overhaul atau bongkar separo. tergantung kerusakannya. kalo kerusakkannya bagian atas, tp blm nyentuh piston dll, mungkin bongkar separo bs, tp kalo udh kena piston or metal jalan or metal duduknya, itu kemungkinan harus bongkar mesin total alias diturunin semuanya, which is akan memakan biaya yg cukup besar, apalagi ini mobil livina which is setau saya biaya perawatannya termasuk "lumayan" dibanding lmpv or lsuv sekelasnya di rentang harga yg sama. om gatau bisa pm atau gk. tp kalo emg pm, dan mau tau bengkel yg cukup berpengalaman serta recomended + inspektor yg memang recomended , jika om domisili jogja or jateng, bisa kontak om st mobi tv. beliau bekas mekanik d**h**s*, yg kebetulan buka bengkel spesialis jg di daerah jateng & cukup besar menurut saya buat ukuran bengkel non resmi & beliau juga cukup ahli dalam menyimpulkan permasalahan dari setiap mobil yg dateng ke bengkelnya, termasuk dalam case "turun mesin ini" , mungkin bisa jadi refrensi, kebetulan saya pernah ketemu langsung dengan beliau, orangnya cukup recomended, cukup profesional di bidangnya, rendah hati, ramah, baik hati & ga pelit ilmu, serta kalo inspektor yg saya gunakan adalah inspektor mobil, saya kenal juga sm ownernya, cukup dapat dipercaya & diandalkan kalo cek mobil, saya kebetulan sering pake jasa tersebut & hasilnya memuaskan . semoga bermanfaat ya, sorry kalo malah promosi & OOT
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by t105erd »

mirip kaya dulu kakak saya ambil sx4 low kilometer, reservoirnya dah kuning2 kaya bekas pake air mineral, udah gitu ga buru2 di servis cooling systemnya, overheat juga, bau gosong, pipa2 air radiator yg dari besi itu keropos (ga tau namanya), jadi air radiator abis/rembes. Abis 4 jt kalo ga salah.
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

Pboyz97 wrote: Tue May 28, 2024 16:52
freaksha wrote: Tue May 28, 2024 0:48 matur tengkyu atas semua saran-sarannya agan-agan semua, akhirnya kemarin memutuskan ambil G.Livina 2013, tapi kayaknya jadi pelajaran buat saya juga sih. Meski udah bawa inspector tapi baru aja bawa pulang langsung overheat dan disarankan turun mesin :big_cry:
penyebabnya karena mobil jarang dipake, dan air radiator pake air biasa, makanya bikin karat di radiator, curiganya emang dah ada masalah sebelumnya tapi gak diceritain ke kami, yg jual padahal bilang "ini mobil perfect, ada PR dikit tapi bisa langsung dipakai keluar kota", dan montir yg kami sewa buat inspeksi jg bilang masih ga ada masalah, tapi ada bagian-bagian yg perlu diperhatikan. Nah, bagian yg perlu diperhatikan itu yg gak ada penekanan seberapa urgent :beer:
selamat atas mobil barunya & turut prihatin. semoga mobilnya dapat normal kembali seperti sedia kala. btw pake inspektornya dmn kalo boleh tau? harusnya kalo emg pake inspektor, semestinya bisa memberitahu minus2 mobil & memiliki pemahaman dalam permobilan serta permesinan, lebih bagus lg kalo bisa memberitahu estimasi perbaikkan dari PR2 mobil tersebut ada di kisaran berapa, jd kita ada gambaran, pengalaman saya cek mobil seken kalo pake inspektor, selalu memuaskan, at least kalo emg hasilnya kurang baik, saya gak perlu capek2 ke lokasi yg emg mohon maaf kondisi jalan, lalu lintas & jaraknya ga menentu, kalo hasil inspeksi bagus saja dan minim pr baru saya beranikan diri untuk menego dan datang ke lokasi untuk mengecek mobil tersebut secara langsung .

pertanyaan saya, pas dicek oleh inspektornya di bagian tutup olinya dibuka ngga? terus suara mesinnya kasar apa ngga? soalnya kalo emg kudu vonis turun mesin, gejala awalnya sepengalaman saya hunting mobil seken, suara mesinnya agak kasar, terus juga kadang2 keluar asap putih atau hitam dari kenalpot (in case livina ini), padahal mobil dalam keadaan diam & gasnya juga ga terlalu dalam, serta dalam tutup olinya juga ada kerak or ada bekas kerak, tapi sudah dibersihkan , jd di dalem mesinnya keliatan "seolah- olah bersih" tapi pas dibalik tutupnya ada semacam lumpur bekas kerak yg mungkin lupa dibersihkan oleh owner sblmnya / penjual mobil tsb. sm turun mesin itu ga selalu harus bongkar full. ada juga overhaul atau bongkar separo. tergantung kerusakannya. kalo kerusakkannya bagian atas, tp blm nyentuh piston dll, mungkin bongkar separo bs, tp kalo udh kena piston or metal jalan or metal duduknya, itu kemungkinan harus bongkar mesin total alias diturunin semuanya, which is akan memakan biaya yg cukup besar, apalagi ini mobil livina which is setau saya biaya perawatannya termasuk "lumayan" dibanding lmpv or lsuv sekelasnya di rentang harga yg sama. om gatau bisa pm atau gk. tp kalo emg pm, dan mau tau bengkel yg cukup berpengalaman serta recomended + inspektor yg memang recomended , jika om domisili jogja or jateng, bisa kontak om st mobi tv. beliau bekas mekanik d**h**s*, yg kebetulan buka bengkel spesialis jg di daerah jateng & cukup besar menurut saya buat ukuran bengkel non resmi & beliau juga cukup ahli dalam menyimpulkan permasalahan dari setiap mobil yg dateng ke bengkelnya, termasuk dalam case "turun mesin ini" , mungkin bisa jadi refrensi, kebetulan saya pernah ketemu langsung dengan beliau, orangnya cukup recomended, cukup profesional di bidangnya, rendah hati, ramah, baik hati & ga pelit ilmu, serta kalo inspektor yg saya gunakan adalah inspektor mobil, saya kenal juga sm ownernya, cukup dapat dipercaya & diandalkan kalo cek mobil, saya kebetulan sering pake jasa tersebut & hasilnya memuaskan . semoga bermanfaat ya, sorry kalo malah promosi & OOT
inspektornya lokal jogja om, kayake ane blm bisa DM dan posting foto/video deh. Kejadian ini kayaknya akumulasi dari beberapa faktor om:
1. penjual bilang unit perfect dari penilaian feelingnya penjual pribadi tanpa ukuran objektif
2. inspektor mobil udah ngecek sesuai listnya dia, udah mention juga perkara radiator mobil pake air biasa dan udah berkarat.
3. ane yg kurang ilmu, ngga tau arti dari panel" di dasbor mobil dan cuma percaya aja sama kata-kata inspektor dan penjual
4. nasib karena partnya brokedown pas banget waktu ane bawa pulang, kurleb 1 tahun dibawa yg jual ga masalah, malah belum lama sebelumnya dibawa ke Solo dan pulang dengan selamat

pas inspeksi udah dicek tutup oli sama jumlah oli, emang menghitam dan disarankan langsung ganti tapi jumlah oli masih acceptable. Perkaranya di radiator, sama inspektor dibuka doang tutup radiatornya, nyalain mesin, dan mereka lanjut ngecekin unit. Setelah mesin mobil dimatiin, ada suara angin ssssshhhhhhhh a la panci presto, disini ane belum tau apa2 dan inspektor jg cuma bilang ini ada suara ssssh setelah mesin mati, jadi bagian pendinginan perlu diperhatikan. Selanjutnya mobil dibawa muter buat ngecek kaki-kaki, hasilnya dirasa mobil masih relatif sehat dibagian sini. Setelah muter dan matiin mesin mobil, suara sssshhh itu masih keluar, tapi inspektor tetep bilang ada suara ssshhh, gak bilang kl itu indikasi awal radiator bocor. Karena hasil initial check oke dan inspektor bilang itu mobil worth dengan harga yg ditawarkan, maka ane beranikan aja nego harga dan transaksi. Abis itu mobil langsung ane bawa, awalnya masih aman dibawa jalan 7km (menurut gmaps) sampe rumah sodara, setelah jalan mesin mobil tetep bersuara sssshhh setelah mati. Pas ane berangkat perjalanan pulang, belum ada 10km mobil mulai ngga normal karena tiba-tiba AC panas dan tenaga abis dan ada suara grrrkkkk waktu jalan, disitu kondisi jalan sempit dan rame jadi ane nyari pom bensin terdekat. Berhenti di pom ane buka kap depan dan keluarlah kemebul asap. Untung ada ipar yg ngikutin dan lebih tau dari ane, dia langsung ngecek oli dan radiator, ternyata air radiator dah kosong dan menurut dia olinya agak kurang, jadi sementara dinginin dulu aja mesinnya, isi radiator dan coba bawa jalan pelan" tanpa AC. Gak lama jalan setelah itu mesinnya overheat lagi, istri sama ipar langsung cari oli sampe jalan gede karena dikira olinya kurang, sedangkan ane nungguin mobil dingin sambil coba ngisi radiator. Disini baru ketauan kl radiator ternyata bocor dan airnya ngucur gede, makanya dari overheat pertama ane isi air radiator pake 2 botol aqua 1.5L gak penuh".

Awalnya ane ga tau apa" soal panel di dashbor mobil kecuali speedo, odo, fuel gauge jadi ga sadar kalo ada indikator OH yg nyala. Baru tau setelah overheat kedua, ane baru engeh kl itu lampu berbentuk termometer warna merah nyala pertanda overheat. Jadi perjalanan yg seharusnya cuma setengah jam, molor sampe hampir 3 jam karena beberapa kali berhenti nunggu mesin dingin. Ane langsung cari kontak bengkel deket rumah dan paginya langsung bawa ke bengkel spesialis nissan yg kebetulan deket dari rumah.

Karena mesin terlanjur OH, jadi sama tim bengkel pertama diobatin dulu radiatornya, dikorok segala rupa dan ternyata emang udah mampet parah baru ketauan pas disitu, ini ane udah kena bill 2,5jt termasuk ada ganti waterpump yg udah karatan. Cooling system beres, tim mekanik lanjut ngecek kompresi mesin, dan ketauan ada bocor kompresi yg kemarin ane ceritain. Tadi pagi udah dikasih estimate kalo turun setengah berapa, dan turun full berapa. Ane minta buat cek dulu sebelum eksekusi overhaul, kalo problem cuma di bagian atas, turun setengah aja. Tapi eh tapi ternyata atas mlengkung bawah jg mlengkung, jadi tetep aja full overhaul. :capede: Jadi dari awal pas inspektor ngecek sebetulnya mobil emang masih posisi aman om, cuman radiator aja mereka luput kalo itu radiator udah bocor. Mobil ga aman setelah ane bawa gegara OH akibat radiator rusak.

iya gapapa om malah makasih lho jadi referensi, ini kan udah masanya mau ga mau harus belajar wkekekeke
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

ChZ wrote: Tue May 28, 2024 7:12
freaksha wrote: Tue May 28, 2024 4:17
harga yg ditawarkan masih worth it kata inspektornya, 93jt masih berani dan kami tawar bawah itu dikit, eh malah pas dibawa pulang ngepasi radiator bocor dan kurangnya ilmu ane digas jalan dikit, jadilah kena ini :mky_05:
anyway ini 2013 udah 93juta ya... ancur juga tuh harganya lipindut skrg jadi mayan worth perbaikan juga nggak susah. udah model yg ganti lampu belom yah apa masih model lama?

ga salah ane saranin di pejwan pan :big_peace: jarang2 ane saranin nissan tp kalo liat harganya semurah ini sih sbenernya oke juga peer paling radiator (dan beneran ternyata malah langsung kena)
lha harusnya brp om?ane baru ngecekin harga kali ini jadi gatau history nya bejimane wakakakka
bener, langsung kena radiatornya, eh dan karena ane ga tau apa2 jg malah kena ke mesinnya jadi mlengkung
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »


Sebenernya ada kok inspektor yang lebih teliti dari itu anda bawa ke olx autos/diler2 aja inspektor mrk lebih lebay dari itu,apalagi cuma radiator itu buka tutup aja kelihatan keraknya kok kalo dia mau buka,itu padahal prosedur standar,saya kok curiga inspektornya dikasi duit sm seller buat mulusin
,saya sendiri kalo lihat mobil bekas ga pernah bawa alat apalagi modal scanner cek2 sampe obd segala :big_biglaugh:

Tapi nissan itu paling rewel sama pendinginan mesin memang,mesinnya cepet panas daripada mobil yg lain entah kenapa,udah gitu minumnya juga ga bisa ron90,temen saya punya gran livina facelift udah sejak sebelum covid sampe sekarang masih aman tapi ya dia tahu cara peliharannya dan ga berani kasih minum ron 92 setelah dikasi tahu bengkel spesialisnya
iya paling, ini bermodal search instagram dan cek lokasi inspektor yg deket aja sih, makanya agak random jg dapet inspektornya.
nah tambah lagi, ni GL dikasih pertalit dan air sumur buat radiator, dobel kena wkwwk
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

ChZ wrote: Tue May 28, 2024 8:08
zonepublic wrote: Tue May 28, 2024 7:44 Tapi nissan itu paling rewel sama pendinginan mesin memang,mesinnya cepet panas daripada mobil yg lain entah kenapa,udah gitu minumnya juga ga bisa ron90,temen saya punya gran livina facelift udah sejak sebelum covid sampe sekarang masih aman tapi ya dia tahu cara peliharannya dan ga berani kasih minum ron 92 setelah dikasi tahu bengkel spesialisnya
penyebab utamanya ada 2 : compression ratio tinggi + operating temp krn mesin HR15 nissan litu diset untuk efficient dan top speednya jg tinggi. HR15DE itu mirip dgn mobil yurop. jadi panas = gelitik. walau sbenernya untuk case negara non-tropis ini bkn masalah malah bagus krn mesinnya jadi irit. inget livina series itu RnD nya di china.

terus oli mesinnya ? cuma pake 3 liter. akhirnya yang jadi korban pasti radiator dan kipas buat dinginin. makanya miara GL itu sebenernya anggep aja miara BMW M43 tapi versi lebih ramah budget.

krn oli pake 3 liter ya jangan yg tipis2 dan jgn pake oli murah buat kurangin gelitik. coolant uda pasti wajib. kayaknya skrg bengkel2 nissan udah ngerti kok antisipasinya apa. makanya sy berani saranin GL di depan krn mobilnya relatif common di kalangan mekanik.

di ANGL yg udah double injector itu udah ngga gelitik soalnya injektor tambahan bisa semprot buat dinginin ruang bakar.
emang saran mekanik kasih minimal pertamax sih, sebelumnya dikasih pertalite tapi masih alhamdulilah belum ada oil sludge.
noted gan tengkyu soal oli, oli kasih 3 liter berarti yak, ntar tak cek deh abis pulang bengkel, kayaknya ga bisa diperlakukan kayak motor Supra X deh ni mobil, gaboleh telat serpis wakkakaka

oiya btw baru aja motor Supra X ane rotasi odometer, dari 99999.9 balik ke 0, itu motor ane pake fresh dari dealer sampe sekarang lho wkwkwkwk :big_smoking:
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

trebla88 wrote: Tue May 28, 2024 9:47 Lipindut L11 ok kok.... :big_biglaugh:
Cuma banyak bekasnya salah urus
Oli dikasi kentel² ama radiator asal isi air biasa
Cari L11 mesin mr18 paling ok sebenernya

Ati² aja beli mobil grand lipindut intinya
Perilakunya sadis2 meliharanya apalagi yg uda tangan keberapa
Bisa² cvt nya yg mungkin jebol bukan mesinnya

Kmungkinan ts ambil yg tipe L10
Ati² aja itu sering karatan juga di tutup tangki bensin
Siap² beresin EGR ama flap di manifold juga :big_weee:
Betul kecelik jg ambil L10, kirain bedanya cuman di bentuk luar grille doang om, balik lagi sih ane yg kurang ilmu. Niatnya cuman cari mobil bekas bagus yg masuk budget, jadi ane ga spesifik merhatiin sejarah GL waktu kemarin. Ketauan kl ini L10 malah pas ngecek sama inspektor yg ngeliat kode rangka atau kode mesin gitu yg bilang L10, padahal ane jg nyarinya yg L11.

tutup tanki bensin?wah kudu bersihin itu jg om?pencegahan nya gimana?
Last edited by freaksha on Wed May 29, 2024 13:12, edited 1 time in total.
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

t105erd wrote: Tue May 28, 2024 22:11 mirip kaya dulu kakak saya ambil sx4 low kilometer, reservoirnya dah kuning2 kaya bekas pake air mineral, udah gitu ga buru2 di servis cooling systemnya, overheat juga, bau gosong, pipa2 air radiator yg dari besi itu keropos (ga tau namanya), jadi air radiator abis/rembes. Abis 4 jt kalo ga salah.
kl ane cuman korok radiator sama nambal saluran yg bocor aja sih om, cuma 2 saluran, dan termasuk ganti waterpump yg ikut karatan, dah kena bill 2.5jtan. Ini belum termasuk overhaul yg lagi digarap sekarang.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by trebla88 »

freaksha wrote: Wed May 29, 2024 13:08
trebla88 wrote: Tue May 28, 2024 9:47 Lipindut L11 ok kok.... :big_biglaugh:
Cuma banyak bekasnya salah urus
Oli dikasi kentel² ama radiator asal isi air biasa
Cari L11 mesin mr18 paling ok sebenernya

Ati² aja beli mobil grand lipindut intinya
Perilakunya sadis2 meliharanya apalagi yg uda tangan keberapa
Bisa² cvt nya yg mungkin jebol bukan mesinnya

Kmungkinan ts ambil yg tipe L10
Ati² aja itu sering karatan juga di tutup tangki bensin
Siap² beresin EGR ama flap di manifold juga :big_weee:
Betul kecelik jg ambil L10, kirain bedanya cuman di bentuk luar grille doang om, balik lagi sih ane yg kurang ilmu. Niatnya cuman cari mobil bekas bagus yg masuk budget, jadi ane ga spesifik merhatiin sejarah GL waktu kemarin. Ketauan kl ini L10 malah pas ngecek sama inspektor yg ngeliat kode rangka atau kode mesin gitu yg bilang L10, padahal ane jg nyarinya yg L11.

tutup tanki bensin?wah kudu bersihin itu jg om?pencegahan nya gimana?
Cek youtube karat bensin livinia kata kuncinya
L11 uda ga harusnya
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by trebla88 »

zonepublic wrote: Tue May 28, 2024 11:30
trebla88 wrote: Tue May 28, 2024 9:47 Lipindut L11 ok kok.... :big_biglaugh:
Cuma banyak bekasnya salah urus
Oli dikasi kentel² ama radiator asal isi air biasa
Cari L11 mesin mr18 paling ok sebenernya

Ati² aja beli mobil grand lipindut intinya
Perilakunya sadis2 meliharanya apalagi yg uda tangan keberapa
Bisa² cvt nya yg mungkin jebol bukan mesinnya

Kmungkinan ts ambil yg tipe L10
Ati² aja itu sering karatan juga di tutup tangki bensin
Siap² beresin EGR ama flap di manifold juga :big_weee:
Jujur saya pribadi kok ga tertarik pelihara mobil2 umum nissan di indo kalo bukan GT-R sih :big_biglaugh:
Kalo ada dana piara salah 1 dari 2 pilihan itu saya akan cari tahu gimana pemeliharaannya
Teana series mayan kok
Xtrail ama terra juga :big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by Pboyz97 »

freaksha wrote: Wed May 29, 2024 12:52

inspektornya lokal jogja om, kayake ane blm bisa DM dan posting foto/video deh. Kejadian ini kayaknya akumulasi dari beberapa faktor om:
1. penjual bilang unit perfect dari penilaian feelingnya penjual pribadi tanpa ukuran objektif
2. inspektor mobil udah ngecek sesuai listnya dia, udah mention juga perkara radiator mobil pake air biasa dan udah berkarat.
3. ane yg kurang ilmu, ngga tau arti dari panel" di dasbor mobil dan cuma percaya aja sama kata-kata inspektor dan penjual
4. nasib karena partnya brokedown pas banget waktu ane bawa pulang, kurleb 1 tahun dibawa yg jual ga masalah, malah belum lama sebelumnya dibawa ke Solo dan pulang dengan selamat

pas inspeksi udah dicek tutup oli sama jumlah oli, emang menghitam dan disarankan langsung ganti tapi jumlah oli masih acceptable. Perkaranya di radiator, sama inspektor dibuka doang tutup radiatornya, nyalain mesin, dan mereka lanjut ngecekin unit. Setelah mesin mobil dimatiin, ada suara angin ssssshhhhhhhh a la panci presto, disini ane belum tau apa2 dan inspektor jg cuma bilang ini ada suara ssssh setelah mesin mati, jadi bagian pendinginan perlu diperhatikan. Selanjutnya mobil dibawa muter buat ngecek kaki-kaki, hasilnya dirasa mobil masih relatif sehat dibagian sini. Setelah muter dan matiin mesin mobil, suara sssshhh itu masih keluar, tapi inspektor tetep bilang ada suara ssshhh, gak bilang kl itu indikasi awal radiator bocor. Karena hasil initial check oke dan inspektor bilang itu mobil worth dengan harga yg ditawarkan, maka ane beranikan aja nego harga dan transaksi. Abis itu mobil langsung ane bawa, awalnya masih aman dibawa jalan 7km (menurut gmaps) sampe rumah sodara, setelah jalan mesin mobil tetep bersuara sssshhh setelah mati. Pas ane berangkat perjalanan pulang, belum ada 10km mobil mulai ngga normal karena tiba-tiba AC panas dan tenaga abis dan ada suara grrrkkkk waktu jalan, disitu kondisi jalan sempit dan rame jadi ane nyari pom bensin terdekat. Berhenti di pom ane buka kap depan dan keluarlah kemebul asap. Untung ada ipar yg ngikutin dan lebih tau dari ane, dia langsung ngecek oli dan radiator, ternyata air radiator dah kosong dan menurut dia olinya agak kurang, jadi sementara dinginin dulu aja mesinnya, isi radiator dan coba bawa jalan pelan" tanpa AC. Gak lama jalan setelah itu mesinnya overheat lagi, istri sama ipar langsung cari oli sampe jalan gede karena dikira olinya kurang, sedangkan ane nungguin mobil dingin sambil coba ngisi radiator. Disini baru ketauan kl radiator ternyata bocor dan airnya ngucur gede, makanya dari overheat pertama ane isi air radiator pake 2 botol aqua 1.5L gak penuh".

Awalnya ane ga tau apa" soal panel di dashbor mobil kecuali speedo, odo, fuel gauge jadi ga sadar kalo ada indikator OH yg nyala. Baru tau setelah overheat kedua, ane baru engeh kl itu lampu berbentuk termometer warna merah nyala pertanda overheat. Jadi perjalanan yg seharusnya cuma setengah jam, molor sampe hampir 3 jam karena beberapa kali berhenti nunggu mesin dingin. Ane langsung cari kontak bengkel deket rumah dan paginya langsung bawa ke bengkel spesialis nissan yg kebetulan deket dari rumah.

Karena mesin terlanjur OH, jadi sama tim bengkel pertama diobatin dulu radiatornya, dikorok segala rupa dan ternyata emang udah mampet parah baru ketauan pas disitu, ini ane udah kena bill 2,5jt termasuk ada ganti waterpump yg udah karatan. Cooling system beres, tim mekanik lanjut ngecek kompresi mesin, dan ketauan ada bocor kompresi yg kemarin ane ceritain. Tadi pagi udah dikasih estimate kalo turun setengah berapa, dan turun full berapa. Ane minta buat cek dulu sebelum eksekusi overhaul, kalo problem cuma di bagian atas, turun setengah aja. Tapi eh tapi ternyata atas mlengkung bawah jg mlengkung, jadi tetep aja full overhaul. :capede: Jadi dari awal pas inspektor ngecek sebetulnya mobil emang masih posisi aman om, cuman radiator aja mereka luput kalo itu radiator udah bocor. Mobil ga aman setelah ane bawa gegara OH akibat radiator rusak.

iya gapapa om malah makasih lho jadi referensi, ini kan udah masanya mau ga mau harus belajar wkekekeke
inspektornya udh ada pengalaman blm, sm apakah om udh cek reputasinya , baik di media sosial ataupun ratingnya, kalo di saya, kalo mau pilih inspektor, pasti yg saya liat media sosialnya dulu, akan keliatan bagaimana dia mengecek mobil, feedback dari customernya, cara menyajian hasilnya kaya gmn & kalo perlu cek youtubenya juga, jd ga buang2 waktu dan buang2 biaya, berkali2 saya pake untuk cek mobil seken yg akan saya beli baik untuk pake sendiri maupun buat dagangan, hasilnya so far memuaskan, yg kedua, usahakan cari yg independen, netral, bagus bilang bagus, biasa aja bilang biasa aja, kurang dibilang kurang. setau saya kalo area lokal jogja, inspektor yg emg cukup bagus menurut saya ada 3, m*s w*h*d, g*s, s* m**i, saya gatau om pake jasa salah 1 dari mereka atau gak. kalo emg bukan salah 1 dari mereka, saya no komen deh

terus poin 2 yg saya bold. kalo inspektor udh bilang gitu, saya bakal putar balik, karena ada indikasi mobil tersebut mohon maaf "asal pake saja" + cenderung kurang terawat. pengalaman saya hunting mobil seken, yg pertama mobil MPV merek T yg julukannya sejuta umat, kedua crossover dari merek h tegak yg basisnya sama kaya jazz + terakhir innova reborn, saya pernah menjumpai mobil yg dari foto baik exterior dan interiornya mulus, dan km nya "rendah" untuk ukuran jenis mobil dan tahunnya, tp pas diliat langsung kondisi kaya yg no 2, saya gasampe 15 menit langsung balik kanan om, mending cari unit lain yg emg mesinnya sehat & terawat, walaupun ketiga mobil yg saya liat minusnya kalo dari bodi & interior cuma baret2 pemakaian aja, saran saya, om sblm hunting mobil, cari tau dulu mengenai plus minus mobil yg akan om ambil , kalo di daerah tempat tinggal om, mobil yg om akan beli adalah mobil yg nonmainstream di daerah tersebut, ada baiknya gabung ke komunitasnya , minimal bs nambah ilmu & nambah pengetahuan serta koneksi hehe, pengalaman saya ambil mobil seken baik mobil sejuta umat, sampe duo ladder diesel sekalipun, saya pasti akan melakukan riset, entah dari komunitas, maupun forum or youtube, mengenai kelebihan, kekurangan & biaya perawatan mobil itu buat jangka panjang + kendala yg akan dihadapi pas hunting unit mobil tsb, jd kalopun ada kendala yg "gak biasa saya alami" saya sudah siap, makanya saya berani ambil mobil itu, kalo saya blm siap, saya gak akan hunting, karena percayalah, cari mobil seken ga gampang, saya udh ngalamin sendiri, apalagi yg umurnya 1 angkatan kaya mobil om TS

no 3 sama, alangkah baiknya om riset dulu sblm ambil, minimal fitur vital dari mobil tsb termasuk indikator dasbor, krn dari situ jg bisa menjadi salah 1 faktor akan kondisi mobil tsb yg sebenernya

no 1 & 4 mohon maaf saya gabisa jelasin disini, kalo mau via pm aja , trims :big_peace:

dari diskripsi yg om jelasin, krn celotehan saya udh terlalu panjang, sorry OOT :big_peace: , intinya, kalo saya jadi om, saya gak akan ambil mobil tsb. dari semua indikasi yg saya bold, udh jelas mengarah ke indikasi yg emg mohon maaf bisa keluar biaya yg lumayan besar, apalagi buat mobil kaya livina ini. poin terakhir itu bukan overhaul, kl yg melengkung atas bawah itu bagian piston atau ring sahernya atau metal jalan metal duduk, ya itu bukan overhaul lagi, tapi jatohnya udh turun mesin total. which is bakal keluar biaya besar, bukan saya nakut2in, saya cuma mau om belajar dari pengalaman ini jd om ga mengalami nasib yg sama dikemudian hari, saya jg pernah ada di posisi tsnya & rasanya sakit bgt. overhaul itu = turun 1/2. kalo udh bongkar total ya turun mesin full= mesin diangkat dari mobil, diturunin semua, dibongkar, terus dicek part2nya, yg rusak seberapa banyak & penggantian partnya apa aja, total biaya berapa & berapa lama. kalo bengkel juga saran saya jangan asal , apalagi kalo udh soal mesin, bukan saya mau jelek2in bengkel manapun, tp pilih bengkel yg emg punya reputasi bagus, at least udh berpengalaman dalam menangani mobil tsb, apalagi mobil om ts di daerah tempat tinggalnya termasuk mobil "non mainstream" , alangkah baiknya liat dulu rating di medsos, atau pun googlenya entah ig or youtube. semoga bermanfaat
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by ChZ »

freaksha wrote: Wed May 29, 2024 12:59

lha harusnya brp om?ane baru ngecekin harga kali ini jadi gatau history nya bejimane wakakakka
bener, langsung kena radiatornya, eh dan karena ane ga tau apa2 jg malah kena ke mesinnya jadi mlengkung
kalau ane memantau terakhir pasaran lipindut itu 70-80an tp early models macem 2008-2010 an gitu tapi kalau om bilang L10 2013 last model berarti bener di 90an. kalo L11 udah 93juta kok murah bener

lah serius sampe block mesinnya melengkung om :ungg: skalian overhaul total ganti mesin aja cari mesin MR18 yg 1.8 :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2080
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by alvin23 »

ChZ wrote: Tue May 28, 2024 4:00
Pororo wrote: Tue May 28, 2024 3:08
Ada petuah suhu disini yang pernah bersabda: cari mobil seken, buka tutup radiator, isinya air biasa CORETTT
Sekarang ane semakin paham kristal rule nya tsb
palagi ada embel embel "jarang dipake". kebayang tuh aer diem berapa lama.

klo sering dipake minimal aernya sirkulasi
Betul nih, ane juga kemaren gambling pas ambil freed, catatan inspektornya, radiator isi air biasa. Setelah ngobrol dengan inspektor, dia berkesimpulan, tp kayaknya belum lama ini pak pake airnya, gaada karat kok.

Oke deh, bungkus sambil doa.

Ga berapa lama, saya ganti2 fluida di Mbah Marmut. Eh dipanggil ama mbah, "Ini kayaknya coolant kok, cuma udh lama ga diganti aja mungkin dari baru, warnanya udh gaada :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Terselamatkan dah
Rocky R ADS CVT 2021