Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
mobil motor makin mahal tapi kendaraan umum yang layak cuma di Jakarta aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 596
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Luar negeri mahal tu cuma Oslo, seporsi NOK 200kendibocor wrote: Sat Jan 20, 2024 15:40
Yg blg luar negeri mahal, jkt murah kurang piknik kayanya. Jkt itu kalo makanan mid-upper class ga kalah mahal sama di sg, jepang. Kelas low-mid lebih mahal dr malay, lebih murah dikit drpd sg.
Blm lg kalo di compare price to weight proteinnya, liat aja tuh ayam di malay sg mengkel2 vs ayam padang disini kurus kering uda 20-35rb kalo di pad*ng "subuh-malem"![]()






Rumah/Apartemen di Jekardah kan gak bisa dibilang murah juga, rumah dgn tanah 60m2 dah 1.5-1.2 M, apartemen 1 kamar juga udah segitu, kecil pulak






-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Selain biaya makan, mungkin anekdot lain yang menarik:
Saya memperhatikan dua komunitas, huruf depann mj dan sxl
Yang satu isinya mercy tua-tua, 90an kebanyakan, bekas operasional dll, ada yang baru tapi ngga banyak, namun sebagian besar anggotanya sejahtera, sangat sejahtera bahkan. Mungkin saya yang mengamati yang paling parah. Di sisi lain yang sxl isinya mobil baru semua, tapi anggotanya kelas menengah yang menurut saya kurang dibandingkan komunitas pertama.
G300 (96) sama XL7 (23)
Entah ini kontekstualisasinya tepat atau tidak, he he
Saya memperhatikan dua komunitas, huruf depann mj dan sxl
Yang satu isinya mercy tua-tua, 90an kebanyakan, bekas operasional dll, ada yang baru tapi ngga banyak, namun sebagian besar anggotanya sejahtera, sangat sejahtera bahkan. Mungkin saya yang mengamati yang paling parah. Di sisi lain yang sxl isinya mobil baru semua, tapi anggotanya kelas menengah yang menurut saya kurang dibandingkan komunitas pertama.
G300 (96) sama XL7 (23)
Entah ini kontekstualisasinya tepat atau tidak, he he
Ron Asheton Forever
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3907
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Yup setuju om, kayanya eropa yg rada2 beda jauh ya eropa2 daerah skandinavian, swiss. Itu baru berasa bedanya. Kalo muter2 asia2 doang mah jkt termasuk mahal. Ke beijing aja berasa apa2 kok kebanyakan lebih murah dr jktBibieight wrote: Sun Jan 21, 2024 2:24Luar negeri mahal tu cuma Oslo, seporsi NOK 200kendibocor wrote: Sat Jan 20, 2024 15:40
Yg blg luar negeri mahal, jkt murah kurang piknik kayanya. Jkt itu kalo makanan mid-upper class ga kalah mahal sama di sg, jepang. Kelas low-mid lebih mahal dr malay, lebih murah dikit drpd sg.
Blm lg kalo di compare price to weight proteinnya, liat aja tuh ayam di malay sg mengkel2 vs ayam padang disini kurus kering uda 20-35rb kalo di pad*ng "subuh-malem"![]()
![]()
![]()
. Kalo Oz/Eropah macam Spanyol-Italia mah relatif, seporsi AUD 15-20/EUR 8-12 dimakan sendirian kebanyakan, berdua cukup tapi belun kenyang
![]()
![]()
, Tokyo kalo low mid malah sama atau lebih murah dr Jkt, udon JPY 300-400 dah dapet, Marugame segituan kan...
Rumah/Apartemen di Jekardah kan gak bisa dibilang murah juga, rumah dgn tanah 60m2 dah 1.5-1.2 M, apartemen 1 kamar juga udah segitu, kecil pulak![]()
![]()
. Udah abis di makan ama rumah, mana kepikir ganti mobil baru tiap 5 taun, kalo dipaksa yang ada juga turun kelas, tadinya Civic, turun City, trakhir Brio Satya
![]()
![]()
![]()

Properti disini sering dianggap instrumen yg gampang bwat melipat-gandakan asset. Mungkin iya tp itu jaman 10-15 thn lalu. Sekarang mah boleh aja developer iklan harga naik hari senin. Begitu dibeli, mo jual setengah mati krn tetangga2 mikirnya sama beli rumah bwat invest, akhirnya banting2an harga

Ane aja pernah beli apt 2nd hand tp belinya via developer, lebih murah drpd pricelist mereka. Pake 10 thn, jual malah rugi. Ya itung2 untung pake aja sih

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
newrubble wrote: Sat Jan 20, 2024 16:36 angka penjualan menunjukkan betapa dubai nya kita
terlebih saat sdh argumen mahal murah nya di negara lain juga menunjukkan betapa terjangkau nya idup di negri lain
apalagi kalo udah urusan makan
cukup bikin saya tersenyum / terhibur

Dah ah om…
Nanti ane ada rencana trip ke reykjavik nih. Pasti worthy to go yahh. Om aja betah disono wkekekek
—————
Back to topic
Sama ky yg temen2 bilang diatas. Kaga ada yg worth to spend your hard work money klo di sini (indon)
Mulai dari harga mobil yg kemahalan, pajaknya gila. Harga property naek gila2an ga ngotak. Food quality jg ampas, lalu lintas chaos. Banyak ormas2 mabok agama bikin rusuh. Maling dimana2 apalagi menjelang lebaran, preman tukang palak berbalut ormas, kang parkir maksa minta duit. Penegakan hukum kg jelas. Yaaaa klo disebutin smua kejelekan ini negara bisa berjilid2 ngalahin tebelnya kitab suci bahahaha

Paling kalo ane sehhh cari duit di third world indon trus hidup disini biasa-biasa aja hemat2 ky orang biasa. Ga usah terlalu menonjol lahh. Hari2 pake kijang tua isi biosolarrr sampe tumpah muncratt sambil ngumpulin duit

Tapi nikmatin hasil kerja keras (buang duitnya) di negara first world.
Lebih worthed & wise decision

Ya ga ?


S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Asuransi di malay sama indo mahalan mana?teppey wrote: Fri Jan 19, 2024 23:18 Coba cek road tax Malaysia sama PKB Indo, PKB bisa 5-10x lipat hahaha jalanan sana masih lebih bagus. BBM Indo 2x Malay. Cuma asuransi yg mahal di sana.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Nah ini yang kacau. Padahal selama ini pajak kendaraan banyak, larinya kemana tuh?rajapb wrote: Sat Jan 20, 2024 19:21 mobil motor makin mahal tapi kendaraan umum yang layak cuma di Jakarta aja.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Singapur rate ownershipnya masih diatas indo, indo 100an kecil singapur 180an gedekendibocor wrote: Sat Jan 20, 2024 2:24Ini CMIIW ya,AbdulHakim wrote: Sat Jan 20, 2024 1:51 di Malaysia dan Singapura itu mobil di atas 5/10 tahun di-junk gak? sehingga cycle beli mobilnya lebih cepat dibanding Indonesia.
di sini motuba masih bebas berkeliaran, lha wong masih enak dipakenya.
Di sg CoE 10thn, selesai itu mbl harus di scrap atau bisa perpanjang lg tp ratenya lebih mahal lg. CoE sekarang aja sekitar 1M kalo di rupiahin, bayangin CoE kedua dan seterusnya. Jd bener2 kaum the have doang yg punya mbl. Di malay ga ada batas max pake kendaraan, pernah mau dibikin tp diprotes.
Tp ga apple to apple kalo bandingin sama indo, ngurus sg jauh lebih gampang karena cuman segede jkt doang. Mo bikin apa2 gampang, duit banyak. Malay jg cuman 2 daratan gede doang. Disini mau bikin massive infrastructure susah. Duit ga ngedableg, apa2 dijadiin gorengan politik sampe ngibulin masyarakat terang2an soal data. Kalo mo wakandah maju kaya negara laen tuh birokrat dari paling atas sampe paling bawah musti dipecat semua ganti yg baru dan kalo korupsi hukum mati![]()
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Memang kacau negeri ini. Pajak kendaraan mahal, harusnya transumnya bagus eh malah buruk (udah mendingan tapi di daerah ane masih naudzubillah). Udah gitu enthusiast public transport masih ngeluh orang terlalu banyak beli mobil dan harganya masih kemurahan cuma gara2 liat jalanan macet, padahal aslinya harga indo udah termasuk mahal dan banyak pajak. Justru kalau jalanan makin macet di kota besar padahal harga udah segitu, perlu dipertanyakan kualitas public transportnya.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Perlu dipertanyakan : uangnya kemanaDLM wrote: Sun Jan 21, 2024 7:58 Memang kacau negeri ini. Pajak kendaraan mahal, harusnya transumnya bagus eh malah buruk (udah mendingan tapi di daerah ane masih naudzubillah). Udah gitu enthusiast public transport masih ngeluh orang terlalu banyak beli mobil dan harganya masih kemurahan cuma gara2 liat jalanan macet, padahal aslinya harga indo udah termasuk mahal dan banyak pajak. Justru kalau jalanan makin macet di kota besar padahal harga udah segitu, perlu dipertanyakan kualitas public transportnya.

Jalan masih rusak (aspal mulus makin langka), transum cuma bagus di ibukota, kerja tetep susah (pdhl bayangin pajak tambah naik kualitas hidup kita harusnya makin bagus jg, gmn2 pajak kan harusnya balik ke kita kita juga).
Gmn gak makin ngilu bayar pajak kalo gini mah
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3907
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Kalo low income agak sulit mau jalan2 ke luar negeri, ke mall aja udah cukup senang lah. Kaum high income yg uda jd konglomerat sih ya ga usah dingomongin lah mo besok ke eropa jg tinggal ambil paspor. Yg susah middle-income yg jd kebanyakan dari kita. Mau nyisihin duit bwat jalan2 keburu abis digerogotin bayar cicilan kpr, cicilan mbl, cicilan hp, uang sekolah anak, uang jajan anak, tabungan pendidikan anak, biaya berobat orang tua, asuransi, dll. Abis lah kalo gaji 10-20 jt doang boro2 mikir duit jalan2 bwat sebulan cukup aja udah bagusKielConstantine wrote: Sun Jan 21, 2024 5:48
Paling kalo ane sehhh cari duit di third world indon trus hidup disini biasa-biasa aja hemat2 ky orang biasa. Ga usah terlalu menonjol lahh. Hari2 pake kijang tua isi biosolarrr sampe tumpah muncratt sambil ngumpulin duit![]()
Tapi nikmatin hasil kerja keras (buang duitnya) di negara first world.
Lebih worthed & wise decision
Location: Eisriesenwelt Werfen, Republik Österreich
Ya ga ?![]()
![]()

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
blm lama seorang bernama raja (first name) datang ksini .... dia terliat duit berlimpah (duit ayah ... emang duit sapa lagi) ... tapi krn paspor indo maka dia masa tinggal di skitaran sini terbatas n dia bilang skrg ini kalo apply schengen hrs ada duit yg parkir beneran ga bisa di utik-utik selama kunjungan (beda jaman sy masih indo dulu abis apply bs langsung tarik) .... sy liat paspor sbg freedom of mobility instrument n paspor indo holders (mo seberapa kaya pun dia) hal itu menjadi sangat sangat terbatas trus sy tanya dia .... emang brapa lama di kasih .... trus dia sebut masa wkt nya n sy mulai ngitung kalo ybs punya duit di rekening (yg di parkir bukan yg muter) satu milyar rupiah n pergi ber6 maka dia di kasih tempoh sepuluh hari .... oh artinya duit dia ada ..kendibocor wrote: Sun Jan 21, 2024 11:36 ....
Kalo low income agak sulit mau jalan2 ke luar negeri, .....Kaum high income yg uda jd konglomerat sih ya ga usah dingomongin lah mo besok ke eropa jg tinggal ambil paspor...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
datang sebagai imigran ilegal aja ya , dapet duit , tempat tinggal , bisa selamanya pulakendibocor wrote: Sun Jan 21, 2024 11:36Kalo low income agak sulit mau jalan2 ke luar negeri, ke mall aja udah cukup senang lah. Kaum high income yg uda jd konglomerat sih ya ga usah dingomongin lah mo besok ke eropa jg tinggal ambil paspor. Yg susah middle-income yg jd kebanyakan dari kita. Mau nyisihin duit bwat jalan2 keburu abis digerogotin bayar cicilan kpr, cicilan mbl, cicilan hp, uang sekolah anak, uang jajan anak, tabungan pendidikan anak, biaya berobat orang tua, asuransi, dll. Abis lah kalo gaji 10-20 jt doang boro2 mikir duit jalan2 bwat sebulan cukup aja udah bagusKielConstantine wrote: Sun Jan 21, 2024 5:48
Paling kalo ane sehhh cari duit di third world indon trus hidup disini biasa-biasa aja hemat2 ky orang biasa. Ga usah terlalu menonjol lahh. Hari2 pake kijang tua isi biosolarrr sampe tumpah muncratt sambil ngumpulin duit![]()
Tapi nikmatin hasil kerja keras (buang duitnya) di negara first world.
Lebih worthed & wise decision
Location: Eisriesenwelt Werfen, Republik Österreich
Ya ga ?![]()
![]()
![]()


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Yg pst harga kenailan hrga mobil, pajak bbm dll nya lebih cepat dari kenaikan income rata2 karyawan.
Pjk lmpv uda 5 jt an, asuransi jg segitu. Bbm, perawtan dll nya ud berapa. Mungkin total perlu 2 jt sebulan buat cost of ownership mobil, or 24 jt setahun. Mobil baru makin jauh dr jangkauan rata2 masyarakat jelata.
Pjk lmpv uda 5 jt an, asuransi jg segitu. Bbm, perawtan dll nya ud berapa. Mungkin total perlu 2 jt sebulan buat cost of ownership mobil, or 24 jt setahun. Mobil baru makin jauh dr jangkauan rata2 masyarakat jelata.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 419
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
nyotsaeba wrote: Mon Jan 22, 2024 3:41 Yg pst harga kenailan hrga mobil, pajak bbm dll nya lebih cepat dari kenaikan income rata2 karyawan.
Pjk lmpv uda 5 jt an, asuransi jg segitu. Bbm, perawtan dll nya ud berapa. Mungkin total perlu 2 jt sebulan buat cost of ownership mobil, or 24 jt setahun. Mobil baru makin jauh dr jangkauan rata2 masyarakat jelata.
Sempat menempuh S2 dan punya mobil di luar negeri tepatnya negara adidaya USA. Pajak tahunan Accord $150 x 10 rb atau 1.5 juta. Pajak tahunan BMW/Mercy/Lexus $250 x 10 rb atau 2.5 juta.
Harga mobil seperti CRV dulunya $25.000. Skrg CRV udah naik $30.000. Ada kenaikan gak terlalu banyak $5.000.
Highway atau jalan tol gratis mau kemana aja tidak kena biaya mau ke Las Vegas, ke San Fransisco, San Diego, dll. Parkir ke swalayan, mall, restoran juga gratis. Tidak ada Pak ogah nyebrang jalan, bantu belok atau putar balik.
Semua mobil taat peraturan dan nyetir sesuai jalurnya masing2. Kecepatan semua sama sesuai speed limit. Nyetir sangat rileks bisa nikmati banget.
Penegakan hukum benar2 dilaksanakan. Setiap 10-15 menit pasti ada aja mobil patroli polisi (bukan voorijder).
Plat nomor, pajak kendaraan, ujian SIM dilakukan di Department of Motor Vehicle (DMV) atau semacam Dishub. Ujian SIM ada teori dan praktek. Ujian prakteknya langsung turun di jalan raya. Ada kesalahan fatal (tidak nyalakan sein saat belok/ganti jalur, mobil terlalu lambat/cepat, nyetir di dua jalur sekaligus, tailgating tidak jaga jarak) ya langsung gagal harus jadwal ulang.
Mungkin faktor ujian SIM yg bikin lalu lintasnya jadi teratur.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
ini mah faktor mental mbahhhh....Andhyka wrote: Mon Jan 22, 2024 3:59nyotsaeba wrote: Mon Jan 22, 2024 3:41 Yg pst harga kenailan hrga mobil, pajak bbm dll nya lebih cepat dari kenaikan income rata2 karyawan.
Pjk lmpv uda 5 jt an, asuransi jg segitu. Bbm, perawtan dll nya ud berapa. Mungkin total perlu 2 jt sebulan buat cost of ownership mobil, or 24 jt setahun. Mobil baru makin jauh dr jangkauan rata2 masyarakat jelata.
Sempat menempuh S2 dan punya mobil di luar negeri tepatnya negara adidaya USA. Pajak tahunan Accord $150 x 10 rb atau 1.5 juta. Pajak tahunan BMW/Mercy/Lexus $250 x 10 rb atau 2.5 juta.
Harga mobil seperti CRV dulunya $25.000. Skrg CRV udah naik $30.000. Ada kenaikan gak terlalu banyak $5.000.
Highway atau jalan tol gratis mau kemana aja tidak kena biaya mau ke Las Vegas, ke San Fransisco, San Diego, dll. Parkir ke swalayan, mall, restoran juga gratis. Tidak ada Pak ogah nyebrang jalan, bantu belok atau putar balik.
Semua mobil taat peraturan dan nyetir sesuai jalurnya masing2. Kecepatan semua sama sesuai speed limit. Nyetir sangat rileks bisa nikmati banget.
Penegakan hukum benar2 dilaksanakan. Setiap 10-15 menit pasti ada aja mobil patroli polisi (bukan voorijder).
Plat nomor, pajak kendaraan, ujian SIM dilakukan di Department of Motor Vehicle (DMV) atau semacam Dishub. Ujian SIM ada teori dan praktek. Ujian prakteknya langsung turun di jalan raya. Ada kesalahan fatal (tidak nyalakan sein saat belok/ganti jalur, mobil terlalu lambat/cepat, nyetir di dua jalur sekaligus, tailgating tidak jaga jarak) ya langsung gagal harus jadwal ulang.
Mungkin faktor ujian SIM yg bikin lalu lintasnya jadi teratur.
kalo otaknya masih pada bener sih ga bakal nyetir malah nempel2....sengaja oleng2 ala2
yang kalo udh tabrakan baru ngeles "ini musibah yang ga bisa dihindari"
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
ngga salah kalo stunting dibilang masih tinggi, efeknya berasa sekarang. bocil2 yang masih balita 10-15 thn lalu udah pada remaja dikasi motor. udah gitu kalo naik jadi lanehogger sama temennya malah ngobrol ketawa ketiwi jalan 20 km/jam di jalur cepat.MSU wrote: Mon Jan 22, 2024 4:16
ini mah faktor mental mbahhhh....
kalo otaknya masih pada bener sih ga bakal nyetir malah nempel2....sengaja oleng2 ala2
yang kalo udh tabrakan baru ngeles "ini musibah yang ga bisa dihindari"
trs nyetir pake standing2 pengen wa bikin kaget biar jatoh palanya bocor tapi gimana yak... definisi tolol dipiara : zaman sekarang kalo anaknya kecelakaan karena ketololan sendiri, emak nya malah belain. bukan malah ngajarin anaknya biar gak tolol. salah2 yang kena pasal kite kan males. mental keroyokannya masih kenceng. aparat mana berani lawan yang keroyokan gini ujungnya kita tetep salah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
pasar mobil 2nd isinya gorengan semuanyotsaeba wrote: Mon Jan 22, 2024 3:41 Yg pst harga kenailan hrga mobil, pajak bbm dll nya lebih cepat dari kenaikan income rata2 karyawan.
Pjk lmpv uda 5 jt an, asuransi jg segitu. Bbm, perawtan dll nya ud berapa. Mungkin total perlu 2 jt sebulan buat cost of ownership mobil, or 24 jt setahun. Mobil baru makin jauh dr jangkauan rata2 masyarakat jelata.



-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
"pendapatan per-kapita naik", iya naik karena yg konglomerat makin kaya,
tapi rakjel ya segitu-gitu aja, makanya ga kebeli itu mobil.
disclaimer, nyangkut dikit politik, karena kemarin googling nama "tom lembong", dia show data terkait penjualan motor sebagai tolok ukur batas kaum bawah dan menengah, dari tahun ke tahun trendnya menurun. Juga data pembelian barang elektronik (kulkas, tv dst) sama menurun. Menurut analisanya terlihat masyarakat umumnya memakai barang lebih lama (di-eman kl bhs jawa), sehingga menghindari beli baru, karena berkaitan kalau beli baru ya mahal / ngabisin duit. Mungkin dari situ indikator kalangan menengah sebagai volume-buyer mobil di Indo lebih milih eman mobilnya, ga mau buru-buru beli baru.
Anyway, jadi inget, ada trit frugal living juga kan ya di SM, yg intinya hindari beli mobil baru, the depreciation cost kill mid-income family wealth
tapi rakjel ya segitu-gitu aja, makanya ga kebeli itu mobil.
disclaimer, nyangkut dikit politik, karena kemarin googling nama "tom lembong", dia show data terkait penjualan motor sebagai tolok ukur batas kaum bawah dan menengah, dari tahun ke tahun trendnya menurun. Juga data pembelian barang elektronik (kulkas, tv dst) sama menurun. Menurut analisanya terlihat masyarakat umumnya memakai barang lebih lama (di-eman kl bhs jawa), sehingga menghindari beli baru, karena berkaitan kalau beli baru ya mahal / ngabisin duit. Mungkin dari situ indikator kalangan menengah sebagai volume-buyer mobil di Indo lebih milih eman mobilnya, ga mau buru-buru beli baru.
Anyway, jadi inget, ada trit frugal living juga kan ya di SM, yg intinya hindari beli mobil baru, the depreciation cost kill mid-income family wealth
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Masalahnya om mobil second jg isinya gorengan semua. Pdg mobkas ngepush harga kredit supaya dapat komisi. Begitu nanya harga cash lgs ketok tinggi. Mobil second sm mobil baru setelah dipotong diskon jadinya gak jauh beda. Yah ngapain beli mobkas kalau gitu. Harus mobkas yg tahun lama baru harga turun lumayan (umur 10 tahun up) tapi biasanya PR nya udah banyak karena orang kita kl pakai mobil kan sembarangan maintenancenya. Jadi entahlah baiknya beli mobil yg mana haha. Jadinya yah keep mobil sekarang selama mungkin wkwkKrucilatoz wrote: Mon Jan 22, 2024 9:09 "pendapatan per-kapita naik", iya naik karena yg konglomerat makin kaya,
tapi rakjel ya segitu-gitu aja, makanya ga kebeli itu mobil.
disclaimer, nyangkut dikit politik, karena kemarin googling nama "tom lembong", dia show data terkait penjualan motor sebagai tolok ukur batas kaum bawah dan menengah, dari tahun ke tahun trendnya menurun. Juga data pembelian barang elektronik (kulkas, tv dst) sama menurun. Menurut analisanya terlihat masyarakat umumnya memakai barang lebih lama (di-eman kl bhs jawa), sehingga menghindari beli baru, karena berkaitan kalau beli baru ya mahal / ngabisin duit. Mungkin dari situ indikator kalangan menengah sebagai volume-buyer mobil di Indo lebih milih eman mobilnya, ga mau buru-buru beli baru.
Anyway, jadi inget, ada trit frugal living juga kan ya di SM, yg intinya hindari beli mobil baru, the depreciation cost kill mid-income family wealth
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
pajaknya jg dimari berlapis lapis tapi gitu" aja ini negara, emg ud masalah strukturalKielConstantine wrote: Sun Jan 21, 2024 5:48
Mulai dari harga mobil yg kemahalan, pajaknya gila. Harga property naek gila2an ga ngotak. Food quality jg ampas, lalu lintas chaos. Banyak ormas2 mabok agama bikin rusuh. Maling dimana2 apalagi menjelang lebaran, preman tukang palak berbalut ormas, kang parkir maksa minta duit. Penegakan hukum kg jelas. Yaaaa klo disebutin smua kejelekan ini negara bisa berjilid2 ngalahin tebelnya kitab suci bahahaha![]()
kasarnya dimari, kita orang keluar rumah aja ud kena palak pajak tuh

sama ya balik lagi, pemerintahan daerah jg kyk gada longterm goalnya, berubah orang berubah kepentingan
apalagi banyak tuh daerah yg jalannya kyk medan perang/ ga aspal samsek tapi mobil govt local sana bagus" kyk LC, palised etc etc

kapan lalu oe liat tuh orang poto plat merah PNS tapi mobilna ioniq 6

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
mungkin nanti lama2 mobil seperti rokok ya
yang konglomerasi mati, tapi yg kecil2 non cukai / linting dhewe diy / yang bikin cv atau pt kecil2 supaya terpisah2 entitasnya, itu bisa bertahan & malah mungkin berkembang karena bisa ambil celah pajak
contoh kasus, saya bukan perokok, tp di kampung saya sini saya lihat lower class rata2 sekarang sudah jarang sekali yang merokok surya, rata2 rokok hariannya merk2 yg (dari view saya) itu merk2 kecil dan beli surya kalau pas ada duit saja, padahal jaman dulu yang merokok surya yang ekonomi menengah bawah. di kondangan nikah rokok yang disediakan (kalau dulu) masih minimal surya, lalu berangsur turun jadi grendel yg gambarnya biru, dan sekarang rata2 malah dibawahnya lagi (yg jelas saya tidak familiar)
jaman om2 saya muda (om2 saya sekarang rata2 usia akhir 40 sampai akhir 50 an), sepenglihatan saya lower class yang bukan miskin sekali, masih ada yg merokok marlboro original (original = yg bungkusnya merah putih) dan belajar merokok nya menggunakan marlboro itu jg. tahun 2010 an saya remaja, saya lihat teman2 sebaya yg mampu merokok marlboro original rutin tanpa mengirit2 uang saku itu hampir bisa dipastikan kalangan middle up, sekarang malah mungkin lebih turun lg karena di kalangan teman2 kerja, saya jarang sekali melihat orang yg merokok marlboro original rutin tanpa mengirit2 (kecuali mungkin benar2 banyak duit atau seumuran om2 saya yg sekarang sudah mapan)
mungkin kalau mobil kemahalan akan jadinya begitu ya, yg bisa ambil celah pajak paling sedikit dan bisa dimaintain without special skills / tools, itu yg akan sukses di indonesia, karena diapa2 kan orang pasti tetap butuh mobil karena personal transportation itu termasuk essential untuk increase wealth (apalagi di negara tanpa public transport)
yang konglomerasi mati, tapi yg kecil2 non cukai / linting dhewe diy / yang bikin cv atau pt kecil2 supaya terpisah2 entitasnya, itu bisa bertahan & malah mungkin berkembang karena bisa ambil celah pajak
contoh kasus, saya bukan perokok, tp di kampung saya sini saya lihat lower class rata2 sekarang sudah jarang sekali yang merokok surya, rata2 rokok hariannya merk2 yg (dari view saya) itu merk2 kecil dan beli surya kalau pas ada duit saja, padahal jaman dulu yang merokok surya yang ekonomi menengah bawah. di kondangan nikah rokok yang disediakan (kalau dulu) masih minimal surya, lalu berangsur turun jadi grendel yg gambarnya biru, dan sekarang rata2 malah dibawahnya lagi (yg jelas saya tidak familiar)
jaman om2 saya muda (om2 saya sekarang rata2 usia akhir 40 sampai akhir 50 an), sepenglihatan saya lower class yang bukan miskin sekali, masih ada yg merokok marlboro original (original = yg bungkusnya merah putih) dan belajar merokok nya menggunakan marlboro itu jg. tahun 2010 an saya remaja, saya lihat teman2 sebaya yg mampu merokok marlboro original rutin tanpa mengirit2 uang saku itu hampir bisa dipastikan kalangan middle up, sekarang malah mungkin lebih turun lg karena di kalangan teman2 kerja, saya jarang sekali melihat orang yg merokok marlboro original rutin tanpa mengirit2 (kecuali mungkin benar2 banyak duit atau seumuran om2 saya yg sekarang sudah mapan)
mungkin kalau mobil kemahalan akan jadinya begitu ya, yg bisa ambil celah pajak paling sedikit dan bisa dimaintain without special skills / tools, itu yg akan sukses di indonesia, karena diapa2 kan orang pasti tetap butuh mobil karena personal transportation itu termasuk essential untuk increase wealth (apalagi di negara tanpa public transport)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Dipikir2 bener juga sih
Mau innova laris manis setiap tahun
Tapi penjualan 1juta setahun = 10juta 10 tahun
Cycle 10 tahun stuck di angka 10juta
Yg beli mobil baru cuma 10juta orang doank
Sisanya 10juta orang punya mobil usia 11-20 tahun
Termasuk saya dan sodara saya
Outlander 2012 dan hrv 2013
Tapi berhubung 1 orang bisa punya 3 mobil kayanya pemilik mobil yg real ga sampai 10juta
Mau innova laris manis setiap tahun
Tapi penjualan 1juta setahun = 10juta 10 tahun
Cycle 10 tahun stuck di angka 10juta
Yg beli mobil baru cuma 10juta orang doank
Sisanya 10juta orang punya mobil usia 11-20 tahun
Termasuk saya dan sodara saya
Outlander 2012 dan hrv 2013

Tapi berhubung 1 orang bisa punya 3 mobil kayanya pemilik mobil yg real ga sampai 10juta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Long term goal? Apa itu?darrelund wrote: Mon Jan 22, 2024 11:23
pajaknya jg dimari berlapis lapis tapi gitu" aja ini negara, emg ud masalah struktural
kasarnya dimari, kita orang keluar rumah aja ud kena palak pajak tuh
sama ya balik lagi, pemerintahan daerah jg kyk gada longterm goalnya, berubah orang berubah kepentingan
apalagi banyak tuh daerah yg jalannya kyk medan perang/ ga aspal samsek tapi mobil govt local sana bagus" kyk LC, palised etc etc![]()
kapan lalu oe liat tuh orang poto plat merah PNS tapi mobilna ioniq 6![]()
Selama "sponsor" pilkada masih minta jatah proyek jangan harap long term goal bisa jalan.
Jadi teringat kepala daerah di Wakanda yang beli mobil dinas Jeep Wrangler dengan justifikasi karena "kondisi geografis" alias jalan di daerahnya jelek

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
sy ingat itu pak yuliyatmono (bgitu tulisan di ktp nya) warga dusun ngijo yg jadi bupati karanganyar ga jauh dr solo ... dulu dia bekas ketua dprd karanganyar dari golkar .... dulu ayahnya kerja bagian celup di fabriek tekstil kakek sy. ahirnya dia beli 'jip' yg hibrida. satu milyar sembilan ratus juta rupiah tanpa pajak krn plaat peemrintah. dulu emang sy tinggalin dia (hibah) m151 hardtop u naik turun bukit kampanye.faizzz wrote: Mon Jan 22, 2024 17:54
.... kepala daerah di Wakanda yang beli mobil dinas Jeep Wrangler dengan justifikasi karena "kondisi geografis" alias jalan di daerahnya jelek![]()