[Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
abis baca2 lagi, beda vigas dan CNG.
vigas itu cair, seperti LPG tapi untuk kendaraan. kalau CNG berupa gas ringan. jadi kalau ada kebocoran, CNG langsung terdispersi dan keluar ke udara bebas. kalau vigas dia akan ngumpul dibawah, jadi vigas tdk cocok untuk mobil yg disimpan di dalam ruangan kecil tertutup seperti garasi tertutup, dan juga bahaya kalau pas ada kebocoran ada api dibawah seperti puntung rokok yg masih nyala.
tapi enaknya vigas ini low pressure, jadi tabungnya ringan dan isinya bisa banyak, tdk seperti CNG yg tabungnya harus tebal (jadi berat) dan isinya juga dikit, cepat habis.
tapi ya kembali lagi ke keberlanjutan, sepertinya CNG masih lebih berjalan daripada si vigas. dan perhitungan balik modalnya memang harus untuk penggunaan km tinggi per bulannya krn invest di converter kit yg masih mahal dan resiko penggantian kit apabila ada kerusakan.
vigas itu cair, seperti LPG tapi untuk kendaraan. kalau CNG berupa gas ringan. jadi kalau ada kebocoran, CNG langsung terdispersi dan keluar ke udara bebas. kalau vigas dia akan ngumpul dibawah, jadi vigas tdk cocok untuk mobil yg disimpan di dalam ruangan kecil tertutup seperti garasi tertutup, dan juga bahaya kalau pas ada kebocoran ada api dibawah seperti puntung rokok yg masih nyala.
tapi enaknya vigas ini low pressure, jadi tabungnya ringan dan isinya bisa banyak, tdk seperti CNG yg tabungnya harus tebal (jadi berat) dan isinya juga dikit, cepat habis.
tapi ya kembali lagi ke keberlanjutan, sepertinya CNG masih lebih berjalan daripada si vigas. dan perhitungan balik modalnya memang harus untuk penggunaan km tinggi per bulannya krn invest di converter kit yg masih mahal dan resiko penggantian kit apabila ada kerusakan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
r1409 wrote: Mon Jan 09, 2023 4:50 abis baca2 lagi, beda vigas dan CNG.
vigas itu cair, seperti LPG tapi untuk kendaraan. kalau CNG berupa gas ringan. jadi kalau ada kebocoran, CNG langsung terdispersi dan keluar ke udara bebas. kalau vigas dia akan ngumpul dibawah, jadi vigas tdk cocok untuk mobil yg disimpan di dalam ruangan kecil tertutup seperti garasi tertutup, dan juga bahaya kalau pas ada kebocoran ada api dibawah seperti puntung rokok yg masih nyala.
tapi enaknya vigas ini low pressure, jadi tabungnya ringan dan isinya bisa banyak, tdk seperti CNG yg tabungnya harus tebal (jadi berat) dan isinya juga dikit, cepat habis.
tapi ya kembali lagi ke keberlanjutan, sepertinya CNG masih lebih berjalan daripada si vigas. dan perhitungan balik modalnya memang harus untuk penggunaan km tinggi per bulannya krn invest di converter kit yg masih mahal dan resiko penggantian kit apabila ada kerusakan.
CNG jadi program energi zero net emission kedepannya oleh pemerintah. Liat berita sih program kedepan beberapa kendaraan mau dikonversi ke CNG salah satunya motor. Truk distribusi bbm di plumpang kan udah beberapa dikonversi jadi DDF (diesel dual fuel) tuh sama pertamina. Pemasangan konverter di 1 truk butuh hampir 1 minggu tuh. Kedepannya pasti lebih cerah lah untuk CNG, karna sekarang PGN udah jadi satu dengan pertamina jadi Pertamina Gas Negara.. Bagian gasnya udah lebih rampinglah dipegang pgn.
Kitnya itu sebenernya bisa diservis asal beli yg merknya bagus, lifetimenya lama kok sampai ratusan ribu kilometer (ada sparepart untuk perawatan seperti seal, gasket dan filternya).
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Salut om,
sampeyan real Petrolhead,
real engineer,
dan risk taker,
harusnya bikin kursus, biar bisa di duplikasi ilmunya,
sehingga tumbuh lagi semangat clean energy selain EV
btw, lulusan teknik mana om? penasaran smgnt nguliknya tinggi...
sampeyan real Petrolhead,
real engineer,
dan risk taker,
harusnya bikin kursus, biar bisa di duplikasi ilmunya,
sehingga tumbuh lagi semangat clean energy selain EV
btw, lulusan teknik mana om? penasaran smgnt nguliknya tinggi...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 187
- Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: ANF
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
ada isue di sistem pendinginan mesin standar harus dimodifikasi juga?wicaksono99 wrote: Mon Jan 09, 2023 6:23r1409 wrote: Mon Jan 09, 2023 4:50 abis baca2 lagi, beda vigas dan CNG.
vigas itu cair, seperti LPG tapi untuk kendaraan. kalau CNG berupa gas ringan. jadi kalau ada kebocoran, CNG langsung terdispersi dan keluar ke udara bebas. kalau vigas dia akan ngumpul dibawah, jadi vigas tdk cocok untuk mobil yg disimpan di dalam ruangan kecil tertutup seperti garasi tertutup, dan juga bahaya kalau pas ada kebocoran ada api dibawah seperti puntung rokok yg masih nyala.
tapi enaknya vigas ini low pressure, jadi tabungnya ringan dan isinya bisa banyak, tdk seperti CNG yg tabungnya harus tebal (jadi berat) dan isinya juga dikit, cepat habis.
tapi ya kembali lagi ke keberlanjutan, sepertinya CNG masih lebih berjalan daripada si vigas. dan perhitungan balik modalnya memang harus untuk penggunaan km tinggi per bulannya krn invest di converter kit yg masih mahal dan resiko penggantian kit apabila ada kerusakan.
CNG jadi program energi zero net emission kedepannya oleh pemerintah. Liat berita sih program kedepan beberapa kendaraan mau dikonversi ke CNG salah satunya motor. Truk distribusi bbm di plumpang kan udah beberapa dikonversi jadi DDF (diesel dual fuel) tuh sama pertamina. Pemasangan konverter di 1 truk butuh hampir 1 minggu tuh. Kedepannya pasti lebih cerah lah untuk CNG, karna sekarang PGN udah jadi satu dengan pertamina jadi Pertamina Gas Negara.. Bagian gasnya udah lebih rampinglah dipegang pgn.
Kitnya itu sebenernya bisa diservis asal beli yg merknya bagus, lifetimenya lama kok sampai ratusan ribu kilometer (ada sparepart untuk perawatan seperti seal, gasket dan filternya).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Pemakai transportasi bbg kebanyakan disini hanya pemakai om, ada masalah di sistem bbgnya tinggal panggil teknisi yg masangnya trus setting ecu lewat laptop. Kit bbg memang termasuk investasi mahal & mungkin bisa dibilang eksklusif (penggunanya hanya tertentu doang), orang DIYer & pakai bbg ya bisa diitung jari disini jadi kalau mau duplikasi ilmu agak susah nyebarnya...mastom wrote: Wed Jan 11, 2023 0:06 Salut om,
sampeyan real Petrolhead,
real engineer,
dan risk taker,
harusnya bikin kursus, biar bisa di duplikasi ilmunya,
sehingga tumbuh lagi semangat clean energy selain EV
btw, lulusan teknik mana om? penasaran smgnt nguliknya tinggi...
Teknisi bbg pun mereka kebanyakan (maaf) gak punya mobil atau tidak pakai dimobilnya sendiri. Rasa memilikinya udah pasti beda dengan kalau masang di kendaraan sendiri.. Kalau pakai di kendaraan sendiri pasti terasa dimana kurangnya & bisa diimprove dimana. Gak cuma disini, di india pun yg pengguna CNGnya lebih banyak disini pun teknisinya banyak yg ga ngerti permasalahan di sistem bbgnya... Kalau ada masalah pasti yg dicek cuma busi, koil, bersihin TB, ganti filter udara trus kalau mentok bilangnya emang udah begini ga bisa diapa2in.
Teknisi yang masang bbg di mobil saya untungnya dia memang kerjaan sehari2nya masang & servis kendaraan CNG termasuk pasang instalasi dedicated CNG (murni CNG tanpa bbm) di kendaraan truk besar. Instalasi dia udah diluar kepala lah untuk semua kendaraan.. Saya tinggal nyempurnain aja supaya lebih halus delivery tenaganya di kendaraan.
Lulusan kampus sebelah semanggi om.. Ngulik mah tergantung interest orangnya masing2, gak linier sama lulusan mananya
Untuk CNG ga ada om, soalnya ga perlu pakai warmer radiator untuk sistem bbgnya karna sudah bentuk gas. Beda dengan LPG yg gampang banget beku di sistem bbgnya jadi harus buat cabang sistem pendingin mobil sebagai warmer.bimzbim wrote: Wed Jan 11, 2023 4:52ada isue di sistem pendinginan mesin standar harus dimodifikasi juga?wicaksono99 wrote: Mon Jan 09, 2023 6:23r1409 wrote: Mon Jan 09, 2023 4:50 abis baca2 lagi, beda vigas dan CNG.
vigas itu cair, seperti LPG tapi untuk kendaraan. kalau CNG berupa gas ringan. jadi kalau ada kebocoran, CNG langsung terdispersi dan keluar ke udara bebas. kalau vigas dia akan ngumpul dibawah, jadi vigas tdk cocok untuk mobil yg disimpan di dalam ruangan kecil tertutup seperti garasi tertutup, dan juga bahaya kalau pas ada kebocoran ada api dibawah seperti puntung rokok yg masih nyala.
tapi enaknya vigas ini low pressure, jadi tabungnya ringan dan isinya bisa banyak, tdk seperti CNG yg tabungnya harus tebal (jadi berat) dan isinya juga dikit, cepat habis.
tapi ya kembali lagi ke keberlanjutan, sepertinya CNG masih lebih berjalan daripada si vigas. dan perhitungan balik modalnya memang harus untuk penggunaan km tinggi per bulannya krn invest di converter kit yg masih mahal dan resiko penggantian kit apabila ada kerusakan.
CNG jadi program energi zero net emission kedepannya oleh pemerintah. Liat berita sih program kedepan beberapa kendaraan mau dikonversi ke CNG salah satunya motor. Truk distribusi bbm di plumpang kan udah beberapa dikonversi jadi DDF (diesel dual fuel) tuh sama pertamina. Pemasangan konverter di 1 truk butuh hampir 1 minggu tuh. Kedepannya pasti lebih cerah lah untuk CNG, karna sekarang PGN udah jadi satu dengan pertamina jadi Pertamina Gas Negara.. Bagian gasnya udah lebih rampinglah dipegang pgn.
Kitnya itu sebenernya bisa diservis asal beli yg merknya bagus, lifetimenya lama kok sampai ratusan ribu kilometer (ada sparepart untuk perawatan seperti seal, gasket dan filternya).
Pakai bbg yg penting sistem radiator normal aja.. Setingan standarpun sudah cukup gak perlu modifikasi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
tabungnya boleh dipasang di atap mobil?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Tidak boleh om, sudah ada peraturan mentri perhubungan mengenai pemasangan komponen bbg di kendaraan. Semua sistem pengisian bahan bakar gas mengikuti jalurnya bahan bakar bawaan mobilnya. Jadi nilai keamanannya menyerupai/mirip standar bawaan mobil.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Gak apa2 Om, jelasin aja pake bahasa yang om biasa.. nambah2 ilmu utk yang lain..wicaksono99 wrote: Thu Jan 05, 2023 11:25Sebenernya banyak yg mau dilimpahkan isi kepala ini om.. Tapi panjang bener ngejelasinnyamaskopat wrote: Thu Jan 05, 2023 7:00 pantes... orang teknik yaak. bahasanya teknis sekali... hehehe..
sebentar, masih mencerna tulisan Om Wicak nih..![]()
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Setuju sama om Kopat, silahkan dilanjut aja om Wicak, biar kayak ane dan om kopat ini ngerti dan nambah pengetahuanmaskopat wrote: Mon Jan 16, 2023 1:35Gak apa2 Om, jelasin aja pake bahasa yang om biasa.. nambah2 ilmu utk yang lain..wicaksono99 wrote: Thu Jan 05, 2023 11:25Sebenernya banyak yg mau dilimpahkan isi kepala ini om.. Tapi panjang bener ngejelasinnyamaskopat wrote: Thu Jan 05, 2023 7:00 pantes... orang teknik yaak. bahasanya teknis sekali... hehehe..
sebentar, masih mencerna tulisan Om Wicak nih..![]()

---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Baiklah.. Mungkin pas ada yg bisa saya share langsung saya tulis aja disini ya om..r12qiSonH4ji wrote: Mon Jan 16, 2023 2:26Setuju sama om Kopat, silahkan dilanjut aja om Wicak, biar kayak ane dan om kopat ini ngerti dan nambah pengetahuanmaskopat wrote: Mon Jan 16, 2023 1:35Gak apa2 Om, jelasin aja pake bahasa yang om biasa.. nambah2 ilmu utk yang lain..wicaksono99 wrote: Thu Jan 05, 2023 11:25
Sebenernya banyak yg mau dilimpahkan isi kepala ini om.. Tapi panjang bener ngejelasinnya![]()
![]()
Kebetulan saya punya diagram pneumatik untuk sistem bbg. Atas untuk LPG bawah untuk CNG. Yang ngebedain LPG butuh coolant warmer pada reducernya karna LPG akan beku ketika laju alirnya sangat cepat. Reducernya cukup single stage karna tekanan LPG rendah hanya sekitar 10-20bar. Kalau CNG gak butuh coolant warmer karna CNG sudah dalam bentuk gas tapi perlu dual stage reducer karna tekanannya tinggi diatas 200bar sedangkan yg dibutuhkan hanya 2bar.
Kalau mau pasang bbg harus ngelubangin bagian intake manifold untuk dipasang jalur selang gas (semakin dekat dengan injektor bawaan mobil akan semakin sedikit power lossnya).
Diagram diatas termasuk sistem bbg sequential (yang paling advance karna semua sinkron dengan ECU mobil), dibawah itu ada sistem open loop & closed loop. Sistem sequential memang mahal tapi tenaga dan iritnya paling bagus, kebanyakan di forum bbg lokal maunya murah & mobil asal jalan pakai gas LPG jadi belilah alat mixer untuk genset dipasang di mobil.. Alatnya murah cuma kisaran 400rb tapi nyetingnya setengah mati, rpm bawah dapet rpm atasnya gak dapet begitu kebalikannya.. Dan buat mereka itu sesuatu yg irit padahal tidak demikian. Konsumsi LPG melon 1 tabung pernah pasang di geely panda bisa untuk 45km, itu boros banget.. Loh kenapa boros? 1 tabung LPG melon 3kg itu setara 6 liter bahan bakar bensin. Kalau pakai sistem sequential bisa dapet 2x lipat iritnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
yg ribet ini implementasi, trial and error nyawicaksono99 wrote: Thu Jan 26, 2023 3:16Baiklah.. Mungkin pas ada yg bisa saya share langsung saya tulis aja disini ya om..r12qiSonH4ji wrote: Mon Jan 16, 2023 2:26Setuju sama om Kopat, silahkan dilanjut aja om Wicak, biar kayak ane dan om kopat ini ngerti dan nambah pengetahuanmaskopat wrote: Mon Jan 16, 2023 1:35
Gak apa2 Om, jelasin aja pake bahasa yang om biasa.. nambah2 ilmu utk yang lain..
![]()
Kebetulan saya punya diagram pneumatik untuk sistem bbg. Atas untuk LPG bawah untuk CNG.
IMG_20230119_124224.jpg
Yang ngebedain LPG butuh coolant warmer pada reducernya karna LPG akan beku ketika laju alirnya sangat cepat. Reducernya cukup single stage karna tekanan LPG rendah hanya sekitar 10-20bar. Kalau CNG gak butuh coolant warmer karna CNG sudah dalam bentuk gas tapi perlu dual stage reducer karna tekanannya tinggi diatas 200bar sedangkan yg dibutuhkan hanya 2bar.
Kalau mau pasang bbg harus ngelubangin bagian intake manifold untuk dipasang jalur selang gas (semakin dekat dengan injektor bawaan mobil akan semakin sedikit power lossnya).
Diagram diatas termasuk sistem bbg sequential (yang paling advance karna semua sinkron dengan ECU mobil), dibawah itu ada sistem open loop & closed loop. Sistem sequential memang mahal tapi tenaga dan iritnya paling bagus, kebanyakan di forum bbg lokal maunya murah & mobil asal jalan pakai gas LPG jadi belilah alat mixer untuk genset dipasang di mobil.. Alatnya murah cuma kisaran 400rb tapi nyetingnya setengah mati, rpm bawah dapet rpm atasnya gak dapet begitu kebalikannya.. Dan buat mereka itu sesuatu yg irit padahal tidak demikian. Konsumsi LPG melon 1 tabung pernah pasang di geely panda bisa untuk 45km, itu boros banget.. Loh kenapa boros? 1 tabung LPG melon 3kg itu setara 6 liter bahan bakar bensin. Kalau pakai sistem sequential bisa dapet 2x lipat iritnya.
krn fine tuningnya gak sembarangan ini.
terbaik mbah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Mar 28, 2022 2:33
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Vario
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
semalem lagi baca2 forum indihe tentang grand vitara yg mau launch disini
eh ternyata ada varian CNG nya ya





eh ternyata ada varian CNG nya ya





-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Iya ada om.. Di india mah banyak model yg sudah CNG, dari mobil murah sampai mid. SPBGnya juga banyakan disana dibanding disini tapi kebersihan CNGnya masih bersih disini.. Disana nyari alat2 bbg gampang, disini agak susah terutama alat buat majuin pengapiannya.masnandha wrote: Mon Jan 30, 2023 2:18 semalem lagi baca2 forum indihe tentang grand vitara yg mau launch disini
eh ternyata ada varian CNG nya ya
![]()

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Roadmap 300 Mobil Tangki Pertamina pakai DDF (Diesel Dual Fuel) di tahun 2025. 3 MT sudah diuji coba sukses diakhir tahun 2022 kemarin. Tahun ini target 89 MT
CNG cocok kan dikawinkan dengan diesel (Pertamina Dex), buat angkut sampe 24 ton juga kuat tuh truk tangki ... Murah, Irit, Bertenaga & ramah lingkungan anti ngebul2
Beberapa truk logistik jarak jauh milik swasta ada yg sudah pakai DDF, salah satunya karna kalau hanya ngandelin biosolar stoknya ga nentu & kuotanya terbatas sedangkan jarak tempuhnya dalam sehari melebihi kuota solarnya.. Jadi dengan tambahan CNG jarak tempuh lebih jauh, murah & jalur logistiknya melewati SPBG jadi aman.

CNG cocok kan dikawinkan dengan diesel (Pertamina Dex), buat angkut sampe 24 ton juga kuat tuh truk tangki ... Murah, Irit, Bertenaga & ramah lingkungan anti ngebul2

Beberapa truk logistik jarak jauh milik swasta ada yg sudah pakai DDF, salah satunya karna kalau hanya ngandelin biosolar stoknya ga nentu & kuotanya terbatas sedangkan jarak tempuhnya dalam sehari melebihi kuota solarnya.. Jadi dengan tambahan CNG jarak tempuh lebih jauh, murah & jalur logistiknya melewati SPBG jadi aman.

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Aug 27, 2020 9:38
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
ijin gabung. baru makai mobil CNG, katanya OEM.
seneng aja karena harga cngnya murah 4500. bisa dapet 1:10.
tapi belum tau gimana cara merawatnya.
seneng aja karena harga cngnya murah 4500. bisa dapet 1:10.
tapi belum tau gimana cara merawatnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Pakai mobil apa om? OEM aftermarket atau bawaan pabrik? Setau saya bawaan pabrik hanya dimasukin model camry CNG disini dan hanya beberapa yg punya, city sedan CNG juga hanya dimasukin untuk riset BPPT. Mungkin bisa ditunjukin foto kitnya nanti coba saya liat kira2 merk apa..tehtawaranget wrote: Tue Jan 31, 2023 3:43 ijin gabung. baru makai mobil CNG, katanya OEM.
seneng aja karena harga cngnya murah 4500. bisa dapet 1:10.
tapi belum tau gimana cara merawatnya.
Untuk perawatan hanya pergantian filter low pressure & high pressure.
Yes murah, biasanya kalau udah ngerasain hematnya CNG males beli bensin kalau gak terpaksa gak ketemu SPBG.. Walaupun bensin tenaganya lebih padet.

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Aug 27, 2020 9:38
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Corolla Altis CNG om.
Ngisi CNGnya colokannya di tempat bensin bukan di kap mesin.
Ngisi CNGnya colokannya di tempat bensin bukan di kap mesin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Oh iya altis ada juga.. Rata2 OEMnya mobil pakai konkit bbg buatan italy kok. Filter low pressure di housingnya yg perlu diganti sih.. Kalau udh lama flownya suka nyendat2. Ada keluhan ga pas mode bbgnya om?tehtawaranget wrote: Tue Jan 31, 2023 7:53 Corolla Altis CNG om.
Ngisi CNGnya colokannya di tempat bensin bukan di kap mesin.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Xpanther
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
oot, kalo diamatin sepertinya CNG ini di india sono lumayan populer, bahkan mobil baru rata2 sudah tersedia dengan opsi mesin CNG dan cukup banyak juga pengguna mobil yg retrofit mobil lamanya dengan tangki CNG
entah knp disini malah kek yg kurang diminati, faktor terbatasnya lokasi SPBG mungkin?
entah knp disini malah kek yg kurang diminati, faktor terbatasnya lokasi SPBG mungkin?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Di india CNG banyak diminati karna harganya murah & walaupun SPBGnya banyak tapi gak linier dengan banyaknya jumlah kendaraan CNG disana, makanya disana antrian untuk ngisi di SPBG lebih lama karna panjang antriannya (yg dikeluhkan juga di india sana)..loid wrote: Thu Feb 09, 2023 7:06 oot, kalo diamatin sepertinya CNG ini di india sono lumayan populer, bahkan mobil baru rata2 sudah tersedia dengan opsi mesin CNG dan cukup banyak juga pengguna mobil yg retrofit mobil lamanya dengan tangki CNG
entah knp disini malah kek yg kurang diminati, faktor terbatasnya lokasi SPBG mungkin?
Disini CNG kurang diminati faktor utama adalah karna SPBGnya sedikit & invest alatnya mahal. Lebih lengkapnya saya udah pernah ulas di quora (https://id.quora.com/Mengapa-kendaraan- ... ype=answer )
Tapi sedikit2nya SPBG disini, masih bisa melayani pengisian CNG tanpa terjadinya antrian yang sangat panjang di SPBG seperti di india sana (kecuali SPBG di jkt khusus untuk ngisi bus TJ & bajaj).
Semalem saya iseng ngecek hasil sisa pembakaran di knalpot mobil, ini knalpot ujungnya ga pernah dibersihin sejak pakai bensin.. Terakhir ngecek kalau diusap pakai tisu masih tebel karbonnya, eh tapi kemarin malah jadi tipis banget kotornya padahal sampe saya puter2 usapan tisunya ngelilingin ujung dalam knalpotnya... Odometer sudah 96xxx km (pakai CNG sudah jalan 14rb km lebih)

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Sudah lama tidak review lagi... Dan improvement terbaik yang sudah diaplikasikan di mobil ertiga CNG adalah penambahan alat Timing Advance Processor.
- konsumsi CNG lebih irit diatas 10% (biasa 1 tabung rekor paling irit 230-240km..setelah pakai advancer naik ke 265km).
- tenaga CNG bertambah by feeling sekitar 20% dibanding CNG tanpa advancer (dari responsifnya mesin, injekan gas yg hanya sedikit sudah melaju ringan, semuanya lebih enak dibanding pakai bensin), tanjakan curam udah gak perlu ngegas dalem lagi.
- suhu mesin cenderung lebih rendah dibanding CNG tanpa advancer, sekitar 2°C lebih rendah. Sekarang sudah lupakan bensin kalau bukan karna kepepet gak ada CNG. Fun to drivenya lebih enak CNG sekarang, kapan lagi gaspol gak mikirin harga bbg mahal, 4500 rupiah per lsp
Gak sia2 impor sendiri & pasang sendiri, sekarang pakai CNG tenaga, torsi & responsifnya bisa melebihi bensin. Serius? Kok bisa? Paling advance yang sekarang saya pakai dengan memajukan timing pengapian 15° (program 15° tapi gak flat 15°, peaknya 15° di rpm 2500an kalau gak salah).. Itu mobil udah ringan sangat, gas ditekan dikit udah ngehentak. Sampai harus di mapping ulang supaya gasnya gak terlalu agresif (respon gas diturunkan 80%), mapping gas time injection dilebarin sampai 21ms (tadinya 12ms sudah cukup, tapi pas pengapian dimajukan di rpm 4000 udah ga sanggup injektornya/brebet), linier calibration dilebarin pakai mapping turbo (karna sebelumnya sensor MAP ngebaca kisaran 1,1bar..setelah majukan pengapian sensor MAP CNG ngebaca kisaran 1,6bar).
Benefitnya : - konsumsi CNG lebih irit diatas 10% (biasa 1 tabung rekor paling irit 230-240km..setelah pakai advancer naik ke 265km).
- tenaga CNG bertambah by feeling sekitar 20% dibanding CNG tanpa advancer (dari responsifnya mesin, injekan gas yg hanya sedikit sudah melaju ringan, semuanya lebih enak dibanding pakai bensin), tanjakan curam udah gak perlu ngegas dalem lagi.
- suhu mesin cenderung lebih rendah dibanding CNG tanpa advancer, sekitar 2°C lebih rendah. Sekarang sudah lupakan bensin kalau bukan karna kepepet gak ada CNG. Fun to drivenya lebih enak CNG sekarang, kapan lagi gaspol gak mikirin harga bbg mahal, 4500 rupiah per lsp

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
harusnya sih, orang2 coba project menyelamatkan mobil bensin yg harga jualnya anjlok krn boros bbm, coba dipasang CNG, supaya bisa dapet kelebihan asli mobilnya tapi tetep dapet iritnya tanpa harus pake versi diesel. mobil yg boros2 tapi nyaman dipake dan harga bekas anjlok, seperti innova dan evalia.
sy sendiri tertarik pasang, tapi berhubung SPBG aktif di surabaya cuma ada 1 dan agak jauh dari rute harian saya... lewat deh.
sy sendiri tertarik pasang, tapi berhubung SPBG aktif di surabaya cuma ada 1 dan agak jauh dari rute harian saya... lewat deh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Review setelah 1 bulan lebih pakai ertiga CNG dengan tambahan alat Timing Advance Processor(TAP).
Ini video menggunakan murni CNG + TAP advance 15°, video diambil di tanjakan flyover nontol casablanca :
Ini perbandingan video sebelumnya yang pakai CNG + kombinasi bensin 10% di 3500 rpm keatas tanpa TAP dijalur yang sama :
Sekarang udah bisa nanjak2 napas panjang dari bekasi ke bandung lewat cipularang pakai CNG dengan derajat pengapian maju 15°. Nanjak 100km/jam mudah, kalau jalan datar cepet banget dapet kecepatan 150km/jam.
Overall CNG itu lebih enak dibanding bensin karna potensi oktan tingginya bisa dioptimalkan melampaui bensin (dengan timing advance processor, tapi kalau gak pakai TAP ya memang lemot dibanding bensin
)
Di awal2 sempet ada kendala di rpm 4000an mesin ke limit brebet.. Di mapping ulang injection timenya tetap brebet & suka balik ke bensin. Ternyata karna salah pilih sensor di program bbgnya (sensor yang enak buat CNG tanpa advancer, pas dipakai pakai advancer langsung terlalu sensitif peaknya jadi tekanan pressure manifold terlampau tinggi seperti tekanan mesin turbo.. Jadi harus dibalikin ke sensor PTMAP default). Setelah dikembalikan, tekanan MAP sudah normal tapi pas dibejek spontan rpm tinggi mesin masih ngelimit.. Ternyata pas dicek gas injection time di 20ms ketika petrol injection timenya di 10ms. Terlalu rich jadi mesin gak bisa ngebakar bbg (komposisi CNG harus 5-15% biar bisa terbakar). Karna udah tau langsung turunin mapping gas injection time jadi sekitar 18an ms dan normal. Sudah normal bisa sampai rpm 6000 tapi masih bisa dioptimalkan lagi, karna entah karakteristik CNG malah makin enak kalau tidak terlalu rich.. Makanya afr optimal CNG di 17 beda dengan bensin butuh afr 14,7. Ini video menggunakan murni CNG + TAP advance 15°, video diambil di tanjakan flyover nontol casablanca :
Ini perbandingan video sebelumnya yang pakai CNG + kombinasi bensin 10% di 3500 rpm keatas tanpa TAP dijalur yang sama :
Sekarang udah bisa nanjak2 napas panjang dari bekasi ke bandung lewat cipularang pakai CNG dengan derajat pengapian maju 15°. Nanjak 100km/jam mudah, kalau jalan datar cepet banget dapet kecepatan 150km/jam.
Overall CNG itu lebih enak dibanding bensin karna potensi oktan tingginya bisa dioptimalkan melampaui bensin (dengan timing advance processor, tapi kalau gak pakai TAP ya memang lemot dibanding bensin

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Sun Aug 07, 2016 7:56
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Saya pernah baca postingan pak Wicak di Quora dan sangat mencerahkan. Karena selama ini saya hanya tahu taksi BB yang pakai dual fuel bensin-CNG. Dan keluhannya hanya sebatas tenaga yg kurang.
Semoga dengan pengalaman ngoprek pak Wicak, semakin banyak yg tertarik pakai CNG dan ketersediaan SPBG juga semakin banyak. Truk2 diesel perlu jadi prioritas utama untuk program konversi ke CNG ini.
Semoga dengan pengalaman ngoprek pak Wicak, semakin banyak yg tertarik pakai CNG dan ketersediaan SPBG juga semakin banyak. Truk2 diesel perlu jadi prioritas utama untuk program konversi ke CNG ini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
- kapasitas bagasi mengecil karena tabung masuk bagasi.garduinduk wrote: Sun Nov 05, 2023 13:52 Saya pernah baca postingan pak Wicak di Quora dan sangat mencerahkan. Karena selama ini saya hanya tahu taksi BB yang pakai dual fuel bensin-CNG. Dan keluhannya hanya sebatas tenaga yg kurang.
Semoga dengan pengalaman ngoprek pak Wicak, semakin banyak yg tertarik pakai CNG dan ketersediaan SPBG juga semakin banyak. Truk2 diesel perlu jadi prioritas utama untuk program konversi ke CNG ini.
- CNG hanya cocok untuk kendaraan yang besar yang sanggup antri lama atau punya pool sendiri.