@mulsanne : thanks om. emang sih,kaya dah beda kelas.
gak tau nih,kelas Honda yang model global (civic,accord,CRV) itu gimana naikannya.
Kalo ada dana nganggur,pengen sh punya accord buat weekend car, sekalian nostalgia,dulu alm papa sy pake cielo thn 94,aebelum ganti ke kijang LGX
Plus kebetulan bini demen ama accord CR2.
@pboyz, @escaflowne :
Jujur aja, beli merek honda itu dah agak gak terlalu bagus kesan pertama nya.
Ada pengalaman mantan bos di kantor yang beli Jazz itu susah banget kluar unit nya,padahal dia udah bayar lunas.
Sampe sampe si bos ini dateng ke dealer n "gebrak meja" dulu baru kluar unit nya.
nah si bos ini cerita ke sy n sy dapet first impression,"waduh, barang bagus tp kalo admin atau sales nya melintir omongannya ya males juga dong ya."
Nah,berbekal dengan first impression tadi,sy berusaha cari sales yang bisa dipegang omongannya.
Saya cari sales itu yang kenal,atau paling gak, saudara atau siapapun udah pernah ambil dari si sales.
Semua sales sy kontak di rentang waktu 20-24 Oktober.
Awalnya sy dapet sales A di dealer 1. Sales ini adalah sales dimana ipar istri ambil mobil.
Karena sy butuh cepet,saya tanya, "ready gak? kalo sy spk sekarang,kapan kluar unit atau paling gak,kapan dapet nomor rangka?"
Sales nya jawab, ready. tapi untuk Nomor Rangka belum bisa dipastiin nih kapan dapetnya.
Di pikiran saya,ready stock adalah ya unit ada di stockyard si dealer,jadi incase ada customer yang mau,ya bisa langsung info nomor rangka n lanjut proses pembiayaan.
Karena sales A gak bisa kasi kepastian kapan dapet unit n diskon juga standar, sy cek ke sales lain.
Sales B di dealer 2. Sales ini sales dimana temen kuliah sy beli Brio Satya E CVT.
Temen sy cerita,dia bisa dapet unit cepet banget karena dibantuin sama si sales B. Dia pesen Satya E CVT warna Silver. silver itu susah buanget dicari waktu itu n harusnya temen sy itu inden 2 bulan. tapi sales B ini gercep,calling sana sini,apa ada stock di tempat lain. N akhirnya dia dapet unitnya cuma 4 hari dari sejak SPK,karena kebetulan ada unit cancel an orang lain.
Saya kontak sales B, nah ternyata unit yang saya mau gak ready. Di stockyard mereka ada urbanite.Seperti sy cerita sebelumnya, urbanite buat sy terlalu ricer n gak worth the money untuk nambah dari RS,kecuali ada penambahan fitur yang signifikan,misalnya VSA atau nambah airbag.
nah si sales ini berusaha upsell ke urbanite CVT, tp sy bilang,gak tertarik plus warna nya ready yg orange. Duh,istri mana mau warna begitu.
Karena sales B gak bisa kasi kepastian kapan ada unit RS CVT,ya sy mundur meskipun diskon nya lebih gede daripada sales A.
Sales C di dealer 3. Sales ini adalah sales langganan bos-bos di kantor istri.
Si sales di call sama bos istri n lgsg ditembak, diskon sekian juta ya. Secara diskon lebih gede dari sales B.
Pertanyaannya tinggal unit ready gak nih. Si sales C jawabnya fair,"sy gak bisa pastiin kapan dapet unit,tapi ini udah mau akhir bulan, biasanya kantor pusat akan sebar data siapa aja yang dapet unit itu di akhir bulan
plus antrian RS CVT warna abu2 saya orang pertama."
Wah,ini pada brio satya CVT semua, lari ke HRV, lari ke BRV atau kesengsem WRV nih, jadi pada hold spk. Karena kebetulan sy deal itu WRV dah mau launch.
oke lah,kami braniin diri SPK ama sales C. SPK tgl 25 Oktober, tgl 2 Nov siang di WA nomor rangka nya,jadi sekitar 8 hari udah dapet unitnya.
Selang hampir 2 mingguan,baru deh sy bungkus pulang. Sy titip aja di dealer selama pngurusan stnk.
@Chz : noted om. sy cb cari ukuran ban yang lebih tinggi,brati 60 lah ya. Standarnya 185/55 R15.
sy uda pesen coolant type 2,mau sy full in,krn dari dealer juga gak full, masi ditengah2 jd biar safe aja lah. better safe than sorry..
Jujur agak kaget sh liat radiator brio,yang menurut mata awam,terlalu tipis untuk cc nya. 1200cc koq kecil ya. agya yg 1000cc aja gak sekecil itu.
Entah apa pertimbangannya, atau ya emang cost cutting aja gitu.
Padahal dulu sy paling abai soal coolant, pokoknya sy tinggal isi aja pake coolant tgmo sampe ampir full, dah beres, gak pernah kuras,dll. kayanya kalau modelnya tipis begini, gak bisa abai lagi dah soal radiator.
@abdulhakim : menurut analisa sotoy saya begitu sih om. mohon masukan dari suhu sekalian ya.
Dicase saya, ada beberapa hal yang berbeda.
a. 1000cc 3cyl vs 1200cc 4 cyl (punya sy agya G thn 2015,jadi belum pake VVTi segala macem)
b. 4AT Torque Converter vs CVT
c. Bobot (800kg di Agya vs 935kg di brio) ini berdasarkan berat kosong di wikipedia
d. Kabel gas vs Throttle input
rute sama,kondisi traffic hampir sama (sy brangkat dari rumah jam 6an),bensin sama (shell super), cara nyetir yang sama pula. Tapi konsumsi bbm bisa beda. Ini yg ngefek jauh, sy hitung rata2 full to full dengan aplikasi My Car dapet 12.3 Hasil di screenshot adalah hasil selama 2 minggu. sy isi di pom bensin Shell yang sama pula. Apakah hasil segitu puas? Belum.. sy harus sekolah lagi kakinya.. haha..
Agya? rata2 palingan 10an kpl.
Yang saya perhatikan selama hampir 400km ini, saat kita lepas rem, Brio akan jalan perlahan2 terlebih dahulu,malahan saya harus injek gas perlahan buat keep up sama depan. Ini bagus? mnrt sy bagus,kita jadi gak perlu injek rem lagi. Mungkin bahasa yang lebih tepat adalah creeping. Awal2 sy pake Brio,sering di klakson di lampu merah,karena jarak sy n depan itu terlalu jauh.
Kalau di Agya, begitu lepas rem, speed akan naik juga perlahan, tapi lebih cepat naiknya daripada Brio. Kalo bahasa sehari - harinya, lebih nyelonong.
Sy pikir sh krn cara penyaluran tenaga nya yang beda. 4AT lebh agresif dalam pnyaluran tenaga, sedangkan CVT lebih smooth.
Dalam kasus stop n go dalam kota,pnyaluran tenaga yg agresif tadi agak mubazir (di kasus saya, sy bukan org yg seruntulan kalo nyetir),krn ujung2nya kita harus rem supaya gak nabrak obyek didepan kita. N kalau udah rem? speed mulai dari 0 lagi.
Artinya bensin yang kita kluarin tadi jadi gak guna,krn toh kita harus berhenti lagi.
Ditambah, input gas Agya masih menggunakan kabel, sedangkan Brio dah menggunakan Throttle By Wire.
Dari yang saya baca,Throttle by wire ini diatur oleh ECU untuk kasi bukaan gas yang tepat di rpm skian plus brp bensin yang dikeluarin.
Kalau Kabel gas? suka2 kita yang injek gas. Tapi apakah input gas nya optimal? entahlah.
Ini sih cuma analisa sotoy saya aja,tapi ini yang saya rasakan kemudian sy analisa perbedaan teknis diantara keduanya.
Feel free to discuss n CMIIW
