BRV? Bukan.. Jawabannya adalah Honda Brio RS.. hehe.. lho koq?? Katanya strictly seven seater jadi 5 seater lagi?
![Police [emo-police]](./images/smilies/2017-police.gif)
Thread dibuat pada awal Januari dengan pemikiran, kami belum akan ambil rumah dulu,karena masih mencari cari yang cocok. Jadi kami rencana nya akan pergunakan COP untuk peremajaan unit. Agya kami sudah mulai memasuki tahun ke 7, apakah ada problem signifikan? Gak koq,baik2 aja, masi bisa lari sana sini dan konsumsi bbm yang wajar(1:9-11 karena jadi genset).
Pertengahan Februari ada tawaran dari sales rumah n kita rasanya sreg dgn lokasi,harga,dll. Dan setelah galau galau ria, kita putuskan untuk ampir KPR dulu. Untuk kendaraan, kita akan perpanjang aja usia pakai nya,paling tidak sampe 1-2 tahun kedepan, toh gak ada problem signifikan.
Akhirnya dimulai lah project refreshment parts buat Agya, hampir semua parts kaki kaki diganti, 3 buah Engine Mounting ikut diganti. Harapannya agar bisa nyaman 1-2 tahun kedepan.
Amankah? Ternyata gak. Suatu hari pada saat mau parkir di depan rumah, mesin mati mendadak. Feelnya mirip sekali sama kalau kita menggunakan manual,tapi lepas kopling dan injek gas nya kurang sinkron.
Lama kelamaan masalah makin bertambah,mulai susah cold start, lampu check engine nyala (problem di vehicle speed sensor menurut pembacaan via obd),gak bisa pindah ke gigi 2, lagi jalan anteng2,tau2 drop ke gigi 1 n engine brake (bahaya ini) sampe pada akhirnya gak bisa di start sama sekali dan harus di towing ke auto 2000.

Sebelum di towing, beberapa bulan sebelumnya dah pindah2 bengkel,mulai dari Bengkel langganan yang vonis ECU nya,udah beli ECU sendiri n udah pasang,malah masalah tetep masih ada. Ke Plaza Toyota udah, bilang nya no issue. Ke bengkel spesialis matic, langsung vonis matic masalah n minta 15 juta buat OH transmisi tanpa cek lebih lanjut. WTF??!! Situ dukun? Gak nyalain mesin mobil,gak tes drive,cm liat sekilas n lgsg vonis.


Singkat cerita, kami putuskan untuk ganti unit aja sekalian,daripada waktu di weekend + uang kebuang sia sia cuma untuk memperbaiki unit yang entah bisa normal lagi atau gak, kami dah agak hopeless sebenernya.

Mulai lah hunting2, kriteria tetep sama, harus baru, nambah gak banyak n lbih nyaman dari Agya. 7 seater kalo budget masuk gpp,tapi gak ngoyo harus ambil 7 seater. Option nya apa?
1. Raize
Temen kantor istri di bulan agustus 2022 baru aja ambil ini,ambil GR Sports non TSS. Harga nya skitar 270an udah sama diskon. Pribadi gak terlalu suka raize, mesin nya kasar (3 silinder). Tetangga depan rumah saya adalah head sales Daihatsu Mampang, jadi mereka ada 1 unit rocky. Tiap pagi dengerin cold start n idle nya. Terlalu kasar menurut saya,n dah puas juga dengerin 3 silinder agya,pengen ganti yang 4 silinder aja. Nombok nya kebanyakan n ditambah kasus gak bisa nanjak raize/rocky, jadi mundur teratur.
2. Stargazer
Temen kantor istri nawarin Stargazer karena iklannya dari 240jutaan. Walah, ini mah dapet paling bawah,manual pula. Kalo buat bawa anter jemput gpp.

3. Daihatsu Sirion
Sirion masuk di radar,tapi begitu liat tampilan, istri gak suka. Secara mesin sih sama dengan xenia 1.3 dan body lebih kecil,jadi harusnya oke sparepart n keiritan nya. Harga juga 236jutaan belum diskon. Nambah nya gak terlalu banyak. Harusnya oke,tapi krn istri bilang gak sreg, mundur teratur.
4. Daihatsu Xenia
Bisa dapet yang 1.3 X CVT. Tapi less money spent on car, the better.
5. Ertiga
istri gak tertarik ama cap S dari dulu. Entah kenapa.. Dari produknya sendiri, diluar budget,281 jutaan buat GX Matic (belum diskon) n gak sreg sama mild hybrid nya. N mild hybrid nya koq gak berefek banyak ke kons bbm / performa.. jd mendingan gak lirik lebih lanjut
6. Brio
Mobil paling banyak yang dipake disekitar istri. 3 temen kantor istri pake brio Satya E CVT. Ade Ipar istri tahun lalu ambil brio RS. Mertua saya jg seneng naik itu,meskipun kecil tapi dalemnya lega. Jadi ya sudah, karena pengalaman sekitar istri saya pada puas pake nya, ambil lah Brio. Tipe apa? RS CVT aja. Kenapa gak Urbanite? Terlalu Ricer n nombok nya kebanyakan,toh barang sama aja kaya RS,beda body kit doang. Kenapa gak satya? Istri prefer dgn warna plafon nya RS yang warna item n dah kesengsem sama punya ipar nya istri.
Jadi, Brio RS warna abu nih? yuppie,bungkuss..

Lalu gimana dgn agya? Masalahnya dimana? Setelah di rawat inap di auto2000, ternyata baru ketemu masalahnya. Masalah utama nya adalah di kabel grounding yang dibaut ke salah satu bagian deket mesin gak di baut secara proper ke tempat nya,jadi si kabel bisa main naik-turun. Hal ini jadi buat arus listrik gak stabil n itu ngaruh ke semua system kelistrikan mobil. Bener aja setelah diganti baut yang lebih pas, si kabel balik secure n gak ada problem apapun. Gak ada check engine atau apapun,normal aja gitu.

Ya ampun.. kluar duit ganti sensor, beli ECU, sampe towing ke beres semua gara2 hal sepele. Kluar uang buat benerin agya kalau tau problem dari awal? 300ribuan aja. Di rumah sisa ECU n bbrp barang agya, kalau ada yang mau PM ya.. maap mod sedikit jualan..

Long story short, kejual lah agya n brio RS sampe dirumah. Impresi nya bagaimana?
Ini first impression selama kurleb 300km pertama dari pandangan user agya selama 7 tahun.
1. Driving position
Meski cuma bisa tilt steering, gak terlalu susah buat ngepasin sama badan ane (178cm/73kg). Yang paling bikin happy, posisi duduk nya itu enak. Kaki ane gak kena bagian bawah setir. Haha.. di agya, bagian plastik jadi alus gr2 sering kena dengkul ane.. wakakakak.. Dashnya agak low buat sy yang lumayan tinggi,jadi masih bisa liat kedepan, great views to the front n side. Visibilitas ke belakang gak terlalu, pilar C nya agak tebel n kaca belakang yg agak round,jadi buat pandangan lebih sempit. Plus ada side bolster yang lumayan tebel di kiri n kanan jok.
Simply put, I feel like I’m IN a car, not ON a car.

2. The Ride
Baru jalan pake brio ini sekitar 300km, n smua bagian kaki2 pasti masih baru jadi rasanya enak. Bantingan nya teredam dgn baik n gak ada bunyi2 aneh2.. moga2 aja begitu seterusnya.. haha.. Dibanding sama Jazz RS (GE) lebih enak ini.. Pas awal masuk kantor, selama hampir 1 tahun setiap hari ane ditebengin bos ane pake Jazz GE ini.. Bantingan Jazz GE lebih kesannya kaku n agak keras.
Klo Brio ini lebih mantep, gak ada kesan ngayun berlebih, agya ane juga dah ganti kaki2 n semua shock, tapi tetep gak bisa imbangin bantingan brio.
3. The Engine + Gearbox
Yang pasti lebih halus (3 cylinder vs 4 cylinder). Jelas lah ya. So far sih irit. Amaze juga liat angka kons bbm nya, H+1 ambil dari dealer, isi full tank di Shell n pake buat anter anak les n jadi sempet jadi genset. Awal drop ke 9.1 km/l. Tapi semakin lama di kendarai, angka kons bbm nya makin turun, jadi skitar 12.0 kpl. Beda sama agya yang kalau dah dapet 9an, ya good luck bisa balik ke angka 12an kpl,kecuali naik ke tol. Mungkin krn gearbox nya CVT kali ya, diliat2, gak pernah lebih dari 2000 rpm waktu jalan di komplek, skitar 1500an rpm aja mainnya.
Untuk power belum bisa explore,lum brani bejek2 n lari kenceng. Top speed bawa di tol dari Alam Sutera (Dealer) ke Kelapa Gading cuma berani 80kph. Tapi yang ane rasain, power delivery nya smooth. Cukup injek perlahan, speed creeping naik. Begitu dah sampe desired speed? Tahan aja gas nya. Lari 60kph? Rpm dibawah 2000 saja.

4. THe Sound Insulation
Honda berisik? agak sih IMO. Kemarin sempet ujan sebentar di kantor ane, suara nya koq ya bgini amat ya..

Untuk Vibration? Mendingan Brio ini juga.. well mungkin krn agya 3 cyl vs brio ini 4 cyl,jadi gak ada getaran berlebih ala 3 cyl. Sebelum agya ane lepas, ane sempet ganti 3 Engine Mounting di beres, jadi bisa langsung bandingin seberapa geter nya 3cyl ane. Begitu ganti ke 4cyl? Getaran di tuas transmisi bener2 gak ada getaran sama skali..

5. Fitur
Hm.. fitur sih kalau dibanding agya ya jelas lebih lengkap brio ini. HU langsung dapet Kenwood 418BT,ada tweeter, ada audio steering switch, kaca di balik sunvisor penumpang depan (yang driver juga dapet).
Tapi come on honda, knapa masi ada fitur2 yang gak mahal tapi di sunat. Contoh, lampu di bagian transmisi, ini gak nyala waktu kita nyalain lampu kecil, agya aja dah nyala dari pabrik. Auto up di driver, ini juga gak ada. Console box juga gak ada. Kita dah terbiasa ada console box di agya (bagian tengah), bisa simpen barang2 kecil, eh ini gak ada. Untuk 3 fitur ini, terpaksa kita nambah sendiri.
Yang paling gak enak dilihat, banyak slot kosong di sebelah kanan. Itu sepertinya buat tombol start stop button, VSA, entah apa lagi. Padahal RS ini termasuk yang cukup mahal dikelasnya, tapi fitur gak maksimal,atau kelihatan seperti di tahan2,maybe buat ultimate edition sblum pindah gen?

6. The Mods
Modifikasi yang dilakukan hanya seputar fungsional aja, tambah karpet, console box, ganti klakson, modul auto up n nyalain lampu di gear shift indicator. Di eksterior cuma ganti shark fin aja. Sisanya standar. Next project? Ada rencana Coating, Jok Kulit (req istri), n Audio.
7. The Knick knacks
There’s no such thing as a perfect car. Jadi ya buat sy pribadi ada hal yang mengganggu
a. Ukuran radiator koq kecil n tipis amat ya. Kemarin waktu pasang klakson,sempet buka bemper depan sedikit n sy liat radiator nya tipis amat dibanding agya.
b. Waktu idle n nyalain AC, jeda antara fan AC nyala n mati koq cepet banget. N bunyi nya mayan annoying. Kalo dari dalem gak kedengeran,tapi dari luar kedengeran banget. Apa ada hubungannya sama yang diatas ya?
c. Coolant radiator type 2 mahal. Rp. 100.000 seliter, ini type 2 yang warna biru. mirip ama harga oli mesin. haha. Katanya sih ada bahan anti freeze. Baca2 di thread coolant, harus kuras habis radiator kalau mau ganti coolant. Tapi ini bisa dilakukan nanti. Punya ipar nya istri malah dapet nya yg type 1, warna ijo, seliter Cuma 35rb.

8. The verdict
Pada Thread awal tahun ,kami menginginkan mobil baru yang lebih lega (7 seater), lebih irit dan bertenaga (kons bbm seimbang), sparepart masuk akal n long term ownership gak bikin repot. Apakah terpenuhi? Lumayan terpenuhi, meskipun bukan 7 seater, dan poin long term ownership gak bikin repot harus dibuktikan dgn berjalannya waktu. Apakah so far puas pake Brio? Puas.
Untuk kami pribadi,mobil ini cukup untuk memenuhi kebutuhan mobil kami untuk daily drive. Mungkin ada yang bilang Brio terlalu keras,dsb, tapi buat kami yang berangkat dari Agya, bisa di katakan Brio RS ini lebih enak. Mengingat kelegaan kabin dan kehematan yang ditawarkan, rasanya cukup untuk mengantar kami aktivitas sehari hari.
Terima Kasih sudah membaca.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)