Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mobil biasa banget, sparepart melebihin pelihara euro. Skalian aja pelihara bmw serie-3
itu bukan harga dealer? ngeri juga sih. jangan2 krn mobil uda gak produksi harga parts jadi seenak jidat gitu. lampu depannya cakep bener sebiji 15juta.
gw kalo mobil body repair makanya lebih suka minta cari copotan ajah... toh sama sama cacat juga dijual dibenerin sebagus apapun tetep ketauan bekas repair / bukan cat ori. itu kl partnya copotan biayanya bisa pangkas tinggal 25% nya aja
Pernah piara OS PX 2012-2019. Tahun kelima overhaul kaki2 abis sekitar 5-6 jutaan, lupa listnya apa aja. Mesin transmisi aman sampe 80rb km. 50rb km kuras oli transmisi, oli mesin ganti rutin interval 7000rb km pake 0w20 soalnya dipake istri tiap hari pp kerja cuma 12km. Overall mobilnya medioker, ga ada yg spesial2 amat. Kenyamanan bangku belakang agak kurang, peforma untuk mesin 2000cc jg so-so aja. Cvt cenderung lemot kalo dibanding hondo.
kendibocor wrote: Sat Mar 19, 2022 13:49
Pernah piara OS PX 2012-2019. Tahun kelima overhaul kaki2 abis sekitar 5-6 jutaan, lupa listnya apa aja. Mesin transmisi aman sampe 80rb km. 50rb km kuras oli transmisi, oli mesin ganti rutin interval 7000rb km pake 0w20 soalnya dipake istri tiap hari pp kerja cuma 12km. Overall mobilnya medioker, ga ada yg spesial2 amat. Kenyamanan bangku belakang agak kurang, peforma untuk mesin 2000cc jg so-so aja. Cvt cenderung lemot kalo dibanding hondo.
Sebagai pengguna OS dan GK5, bener banget CVT Jatco OS ini lebih lemot dibanding CVT GK5 di rumah. Di rpm bawah terasa lebih selip dan ga selincah Honda punya, performa agak terbantu di tarikan atasnya aja, kalau soal seruntulan jauh enakan Honda padahal cc lebih kecil. Enaknya OS ini untuk highspeed cruising santai karena suspensi independennya.
Kelemahan :
Kaki-kaki depan ga kuat-kuat amat
Suara mesin tergolong kasar
Fitur canggih di jamannya tapi kurang untuk zaman now
Spare part mahal
Kabin belakang ga enak
Tergolong boros untuk dalkot, luar kota “cuma” 1:14-15 itu pun nyetir santai di tol
CVT, Jatco? Hmmmm
Kalau mau cari kenyamanan, hemat bahan bakar, dan peace of mind merk toyota, go for Altis
alexand wrote: Sat Mar 19, 2022 17:29
mending piara toyota altis sih lebih reliable
kalo budget up to 200 bisa juga kalo piara brio satya dari baru ketahuan bebas masalah, bensin irit dan pajak stnk murah jadi gak bebanin si anak
mau nambahin opsi om, kalo gak kasih jalan tengah aja, GK5 RS CVT 2017-2018 sepertinya masuk budget atau HRV 1.5 E CVT 2015-2016, atau GK5 RS CVT 2018-2019 or HRV 2018-2019 kalo bisa di stretch ke 300jtan wkwk , lebih lega, lebih fun to drive dan lebih tinggi kelasnya dibanding brio satya atau city car baru lain di range harga segitu tapi maintenancenya masih termasuk lebih murah lah dibanding altis or OS menurut saya + irit bbm juga wkwk
Ini saya subjektif banget, tapi kurang suka desain dan interior altis gen 11 (termasuk yang 2017 ini udah FLnya kan ya). Malah saya sukanya altis gen 10 yang masih berasa mini camry instead of bigger vios
Saya masih pakai OS FL tahun 2016, ya rasanya sih ga ada yang spesial cuma berasa solid dan berat aja (berasa nyetir dodge journey ), biasanya kan mobil jepang berasa lincah dan agile ya. Thanks to suspensi independen mobil berasa stabil.
Performa biasa, konsumsi bbm biasa, interior meh, tapi eksterior ganteng ga bosen liatnya
Saya vote OS aja deh, atau ya sekalian aja subaru XV
Nyari OS yang cvt nya gak jeduk atau delay susah banget om
pernah punya setaun doang karena masuk R dan D delay + 2 detikan, sebelum escalated any further akhirnya dijual aja.
sebelum dijual cari OS lain keliling showroom dan pemakai dulu siapa tau ada yang cvt masih fit..ternyata gaada
Beresnya sih suka tunda ganti oli cvt..jadinya ya gitu.
Sisi plusnya mobil ini ya panoramic roof, model timeless dan ac yang dingin banget.
marr wrote: Wed Mar 16, 2022 18:45
1-4 altis checklist
Outlander buat gw ga masuk kriteria 2 dan 4
Ngerawatnya ga mudah2 amat, even temen gw jual gara gara jajannya banyak (AC, racksteer, kaki2, dsb) + borossss. apalagi udah discontinued. Jarak jauh juga ga nyaman, jok belakangnya terlalu tegak
Altis lebih make sense. After all, its a corolla, mobil terlaris di seluruh dunia. Mesin bandel & aftersales merem (its a toyota dude) dan buat nyetir jarak jauh preference gw lebih suka naik sedan. Lebih nyaman dan stabil
Bener banget ini hahaha...
AC harus service yg bagus...
Aaya ganti ac murah 6juta ga nyamoe 6bulan rusak
Terpaksa ganti ac ori 12jutaan awet sampai sekarang.
Kaki2 mau ganti 6jutaan...
Jok belakang harus dimodif biar makin rebah
Sekarang dah make 10 tahun males jual kemurahan...
Memding pake terus aja dah... Mau jajan juga gapapa toh kualitas mobil 300an mau dipake lama tetap kerasa mobil 300an
mhbbi wrote: Thu Mar 24, 2022 14:27
Nyari OS yang cvt nya gak jeduk atau delay susah banget om
pernah punya setaun doang karena masuk R dan D delay + 2 detikan, sebelum escalated any further akhirnya dijual aja.
sebelum dijual cari OS lain keliling showroom dan pemakai dulu siapa tau ada yang cvt masih fit..ternyata gaada
Beresnya sih suka tunda ganti oli cvt..jadinya ya gitu.
Sisi plusnya mobil ini ya panoramic roof, model timeless dan ac yang dingin banget.
Gua udah 2x minta ganti oli cvt di beres ditolak terus odo 75k umur 10 tahun
Parah emang ini beres mitsu pake alasan oli cvtnya yg tahan lama ga usah diganti... Bingung kenapa mau ganti aja ditolak padahal gua siap bayar
mhbbi wrote: Thu Mar 24, 2022 14:27
Nyari OS yang cvt nya gak jeduk atau delay susah banget om
pernah punya setaun doang karena masuk R dan D delay + 2 detikan, sebelum escalated any further akhirnya dijual aja.
sebelum dijual cari OS lain keliling showroom dan pemakai dulu siapa tau ada yang cvt masih fit..ternyata gaada
Beresnya sih suka tunda ganti oli cvt..jadinya ya gitu.
Sisi plusnya mobil ini ya panoramic roof, model timeless dan ac yang dingin banget.
Gua udah 2x minta ganti oli cvt di beres ditolak terus odo 75k umur 10 tahun
Parah emang ini beres mitsu pake alasan oli cvtnya yg tahan lama ga usah diganti... Bingung kenapa mau ganti aja ditolak padahal gua siap bayar
Perasaan oli transmisi beres pd males ganti ya. Kemaren kebo saya servis rutin sampe 70rb km ternyata ga pernah diganti oli transmisinya (bini yg pake jd saya ga perhatiin history servis rutinnya), Akhirnya ganti di om b8099ok pas odo 85rb km. Untung emang dasarnya mobil badak jd masih aman2 aja. M2 terakhir servis 25rb (3 thn) jg blm disuruh ganti. Baling2 apalg, olinya lifetime sampe transmisi jebol
Ganti oli ditolak om, soalnya kalo ganti transmisi cuannya lebih gede
planned obsolescence itu om, beres jepangan yang terjadwal ganti oli matic dari pengalaman saya cuma honda dan suzuki, 20rb km cek, 40rb km ganti..kalau saya sendiri ya ganti setiap 20rb km aja.
btw oot sedikit utk mitsubishi yang keluaran baru kaya xpander aja udah ada yang jebol maticnya saya cek di grup fb gara-gara gak pernah ganti oli matic..mana oli maticnya spek baru lagi MA1 cuma ada motul atf VI yang baru bisa comply MA1 berdasarkan datasheet.
itu baru torque converter padahal, xpander facelift with cvt ini kayanya bakal banyak ko cvtnya 3-4 taun lagi
mhbbi wrote: Mon Mar 28, 2022 1:09
planned obsolescence itu om, beres jepangan yang terjadwal ganti oli matic dari pengalaman saya cuma honda dan suzuki, 20rb km cek, 40rb km ganti..kalau saya sendiri ya ganti setiap 20rb km aja.
btw oot sedikit utk mitsubishi yang keluaran baru kaya xpander aja udah ada yang jebol maticnya saya cek di grup fb gara-gara gak pernah ganti oli matic..mana oli maticnya spek baru lagi MA1 cuma ada motul atf VI yang baru bisa comply MA1 berdasarkan datasheet.
itu baru torque converter padahal, xpander facelift with cvt ini kayanya bakal banyak ko cvtnya 3-4 taun lagi
eh beneran ada xpander udah jebol maticnya? xpander bokap terakhir servis blm ganti oli matic. wkwkkwkwkwkw. odo sudah 47k padahal.
secara itung itungan bisnis sih kayaknya ngeliat dari pola orang +62 yang pake mobil ganti tiap 5 thn sekali bakal kecil sekali yang sampe jebol jd ga diganti ya udah gpp. sementara orang beli bekas, dikomplen, nanti tinggal bilang aja oh ya itu pasti tergantung pemakaian user sebelumnya.
secara branding, ini seperti juga usaha menepis stigma zaman dulu kalo mitsubishi rawatannya mahal. jadi rawatannya murah. bener murah, tapi cutting corners caranya. ampe 100rb cuma ganti oli mesin. menang banyak soalnya 3 thn pertama kan servis gratis, tapi di "bundling" sama harga jual mobilnya jd pembenaran harganya mahal. gw ngga pernah di mitsubishi servis dilakuin pengerjaan selain ganti olmes, filter ac, ama bebersih. udah itu aja.
klo liat cara mainnya sodara satu aliansinya ya gak heran cara mainnya sama.
jujur, liat bengkel resmi yang suka promoin kerjaan model quick service itu ane jd curiga itu demi ngejar target perhari aja sebenernya. krn klo ngerjain kelamaan sampe detil2 pasti gak kekejar targetnya.
mhbbi wrote: Mon Mar 28, 2022 1:09
planned obsolescence itu om, beres jepangan yang terjadwal ganti oli matic dari pengalaman saya cuma honda dan suzuki, 20rb km cek, 40rb km ganti..kalau saya sendiri ya ganti setiap 20rb km aja.
btw oot sedikit utk mitsubishi yang keluaran baru kaya xpander aja udah ada yang jebol maticnya saya cek di grup fb gara-gara gak pernah ganti oli matic..mana oli maticnya spek baru lagi MA1 cuma ada motul atf VI yang baru bisa comply MA1 berdasarkan datasheet.
itu baru torque converter padahal, xpander facelift with cvt ini kayanya bakal banyak ko cvtnya 3-4 taun lagi
eh beneran ada xpander udah jebol maticnya? xpander bokap terakhir servis blm ganti oli matic. wkwkkwkwkwkw. odo sudah 47k padahal.
secara itung itungan bisnis sih kayaknya ngeliat dari pola orang +62 yang pake mobil ganti tiap 5 thn sekali bakal kecil sekali yang sampe jebol jd ga diganti ya udah gpp. sementara orang beli bekas, dikomplen, nanti tinggal bilang aja oh ya itu pasti tergantung pemakaian user sebelumnya.
secara branding, ini seperti juga usaha menepis stigma zaman dulu kalo mitsubishi rawatannya mahal. jadi rawatannya murah. bener murah, tapi cutting corners caranya. ampe 100rb cuma ganti oli mesin. menang banyak soalnya 3 thn pertama kan servis gratis, tapi di "bundling" sama harga jual mobilnya jd pembenaran harganya mahal. gw ngga pernah di mitsubishi servis dilakuin pengerjaan selain ganti olmes, filter ac, ama bebersih. udah itu aja.
klo liat cara mainnya sodara satu aliansinya ya gak heran cara mainnya sama.
jujur, liat bengkel resmi yang suka promoin kerjaan model quick service itu ane jd curiga itu demi ngejar target perhari aja sebenernya. krn klo ngerjain kelamaan sampe detil2 pasti gak kekejar targetnya.
Ijin nimbrung. Kalo di fb ane kurang paham sih ya, tapi ane pernah liatnya di IG. Ada satu orang owner yutub konten in depth tour yg punya xpander, pernah kebetulan numpang lewat di IG nya, beberapa kali dia ngeshare di storynya perkara transmisi ini, mulai dari nyangkut di gigi 1, gak mau masuk gigi 1, nyangkut di gigi 3, dll. Odo emg udah agak tinggi, udah 70 apa 80k gitu. Yg pasti keliatan instrumen cluster udah kayak pohon natal. Lampu ABS on, lampu ESC on, lampu traction control on, ada logo warning di MID juga. Perawatan transmisi, ane gatau karena cuma liat sekilas di storynya doang. Kalo mau liat, bahkan seinget ane sampe dimasukkin di salah story highlight jd harusnya msh bisa diliat. Nama ig nya rayshanto2701.
Perkara perawatan ini, bahkan di avxen baru jg katanya itu oli rekomendasi gantinya jg longdrain, 100k km itupun kalo perlu. Jadi ya kalo usernya model manut sama beres, siap2 aja nanti di masa mendatang bakal banyak case cvt nya rontok berjamaah. Nanti lipindut L11 tidak sendirian lagi. Ada avanza veloz xenia sama xpander yg menemani.
Btw itu sepander better gas ganti lah mbah udah 47k itu. Ganti dgn yg murah2 pun jg tak apa, yg penting asli. Better jg kuras pake mesin biar maksimal kegantinya. Demi kesehatan transmisi dan tentunya kantong pemiliknya juga.
rakyatwkwkland wrote: Mon Mar 28, 2022 3:36
Ijin nimbrung. Kalo di fb ane kurang paham sih ya, tapi ane pernah liatnya di IG. Ada satu orang owner yutub konten in depth tour yg punya xpander, pernah kebetulan numpang lewat di IG nya, beberapa kali dia ngeshare di storynya perkara transmisi ini, mulai dari nyangkut di gigi 1, gak mau masuk gigi 1, nyangkut di gigi 3, dll. Odo emg udah agak tinggi, udah 70 apa 80k gitu. Yg pasti keliatan instrumen cluster udah kayak pohon natal. Lampu ABS on, lampu ESC on, lampu traction control on, ada logo warning di MID juga. Perawatan transmisi, ane gatau karena cuma liat sekilas di storynya doang. Kalo mau liat, bahkan seinget ane sampe dimasukkin di salah story highlight jd harusnya msh bisa diliat. Nama ig nya rayshanto2701.
Perkara perawatan ini, bahkan di avxen baru jg katanya itu oli rekomendasi gantinya jg longdrain, 100k km itupun kalo perlu. Jadi ya kalo usernya model manut sama beres, siap2 aja nanti di masa mendatang bakal banyak case cvt nya rontok berjamaah. Nanti lipindut L11 tidak sendirian lagi. Ada avanza veloz xenia sama xpander yg menemani.
Btw itu sepander better gas ganti lah mbah udah 47k itu. Ganti dgn yg murah2 pun jg tak apa, yg penting asli. Better jg kuras pake mesin biar maksimal kegantinya. Demi kesehatan transmisi dan tentunya kantong pemiliknya juga.
barusan kepoin eh bener... odonya 84k alias hampir 2x punya ane pdhl punya ane jalan setaun 20rebu brarti taon depan bau baunya bisa kena kl dibiarin
service berikutnya mungkin ane bakal ganti mbah. makanya kenapa udah jalan segitu serpis terakhir diem diem bae si mitsu. kl 2 honda berkeong ane, ane udah rewel minta ganti tiap 2 taun berhubung ini kan 4AT yang katanya p4st1 l3b1h r0bu5t.
Koq OS ane awet ya keluaran 2012. Dari baru belum pernah ganti sesuatu yg hubungan ama suspensi, odo mid 70k. Cm taon lalu ganti evaporator & kondensor, total 2jt plus ganti karet support taon lalu & belt tensioner. 2 taon lalu ganti minyak CVT, minta kuras cm diganti 6L.
Sisanya cm ganti oli & tune-up (kadang2). Kemarin cek di bengkel non beres, ud bilang shockbreaker depan perlu diganti (ini murah plg 800rb an) & rack steer (tapi saya pakai belum bunyi klutuk2 kalau dibelok2in) - ini bisa di servis 1jt-an. Rem semua dicek msh OK belum pernah ganti apa2. Sedangkan ANF ane ud ganti brakepad awal taon ini, odo 60k. Pdhl si OS ini dipake cukup brutal kalau di tol karena keenakan main rpm 4k keatas. Setiap pake ANF ada mbl kecil salip2 cm bs bersabar, kalau pake OS lgsg tgn kiri otomatis downshift 2x.
CVT OS ini seharusnya robust karena di OZ, masih top seller di kelas compact SUV terus dari 2012 sampai 2021 (laku sama rental). Kalau rent mobil disana yg kelas compact SUV pasti dapet Mitsu OS/ASX. CMIIW.