Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Fri Mar 18, 2022 5:11

Thats an outlander for you :mky_03:

Mobil biasa banget, sparepart melebihin pelihara euro. Skalian aja pelihara bmw serie-3 :big_weee:
itu bukan harga dealer? ngeri juga sih. jangan2 krn mobil uda gak produksi harga parts jadi seenak jidat gitu. lampu depannya cakep bener sebiji 15juta.

gw kalo mobil body repair makanya lebih suka minta cari copotan ajah... toh sama sama cacat juga dijual dibenerin sebagus apapun tetep ketauan bekas repair / bukan cat ori. itu kl partnya copotan biayanya bisa pangkas tinggal 25% nya aja :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by kendibocor »

Pernah piara OS PX 2012-2019. Tahun kelima overhaul kaki2 abis sekitar 5-6 jutaan, lupa listnya apa aja. Mesin transmisi aman sampe 80rb km. 50rb km kuras oli transmisi, oli mesin ganti rutin interval 7000rb km pake 0w20 soalnya dipake istri tiap hari pp kerja cuma 12km. Overall mobilnya medioker, ga ada yg spesial2 amat. Kenyamanan bangku belakang agak kurang, peforma untuk mesin 2000cc jg so-so aja. Cvt cenderung lemot kalo dibanding hondo.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 392
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by slapnuts »

kendibocor wrote: Sat Mar 19, 2022 13:49 Pernah piara OS PX 2012-2019. Tahun kelima overhaul kaki2 abis sekitar 5-6 jutaan, lupa listnya apa aja. Mesin transmisi aman sampe 80rb km. 50rb km kuras oli transmisi, oli mesin ganti rutin interval 7000rb km pake 0w20 soalnya dipake istri tiap hari pp kerja cuma 12km. Overall mobilnya medioker, ga ada yg spesial2 amat. Kenyamanan bangku belakang agak kurang, peforma untuk mesin 2000cc jg so-so aja. Cvt cenderung lemot kalo dibanding hondo.
Sebagai pengguna OS dan GK5, bener banget CVT Jatco OS ini lebih lemot dibanding CVT GK5 di rumah. Di rpm bawah terasa lebih selip dan ga selincah Honda punya, performa agak terbantu di tarikan atasnya aja, kalau soal seruntulan jauh enakan Honda padahal cc lebih kecil. Enaknya OS ini untuk highspeed cruising santai karena suspensi independennya.
Kelemahan :
Kaki-kaki depan ga kuat-kuat amat
Suara mesin tergolong kasar
Fitur canggih di jamannya tapi kurang untuk zaman now
Spare part mahal
Kabin belakang ga enak
Tergolong boros untuk dalkot, luar kota “cuma” 1:14-15 itu pun nyetir santai di tol
CVT, Jatco? Hmmmm


Kalau mau cari kenyamanan, hemat bahan bakar, dan peace of mind merk toyota, go for Altis
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by alexand »

mending piara toyota altis sih lebih reliable

kalo budget up to 200 bisa juga kalo piara brio satya dari baru ketahuan bebas masalah, bensin irit dan pajak stnk murah jadi gak bebanin si anak
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4908
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by Pboyz97 »

alexand wrote: Sat Mar 19, 2022 17:29 mending piara toyota altis sih lebih reliable

kalo budget up to 200 bisa juga kalo piara brio satya dari baru ketahuan bebas masalah, bensin irit dan pajak stnk murah jadi gak bebanin si anak
mau nambahin opsi om, kalo gak kasih jalan tengah aja, GK5 RS CVT 2017-2018 sepertinya masuk budget atau HRV 1.5 E CVT 2015-2016, atau GK5 RS CVT 2018-2019 or HRV 2018-2019 kalo bisa di stretch ke 300jtan wkwk , lebih lega, lebih fun to drive dan lebih tinggi kelasnya dibanding brio satya atau city car baru lain di range harga segitu tapi maintenancenya masih termasuk lebih murah lah dibanding altis or OS menurut saya + irit bbm juga wkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by adty »

Ini saya subjektif banget, tapi kurang suka desain dan interior altis gen 11 (termasuk yang 2017 ini udah FLnya kan ya). Malah saya sukanya altis gen 10 yang masih berasa mini camry instead of bigger vios :big_biglaugh: :big_peace:

Saya masih pakai OS FL tahun 2016, ya rasanya sih ga ada yang spesial cuma berasa solid dan berat aja (berasa nyetir dodge journey :big_chicken:), biasanya kan mobil jepang berasa lincah dan agile ya. Thanks to suspensi independen mobil berasa stabil.

Performa biasa, konsumsi bbm biasa, interior meh, tapi eksterior ganteng ga bosen liatnya :big_love:

Saya vote OS aja deh, atau ya sekalian aja subaru XV :glodak:
Penikmat roti tawar beroda
mhbbi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Mon Dec 19, 2016 0:19

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by mhbbi »

Nyari OS yang cvt nya gak jeduk atau delay susah banget om
pernah punya setaun doang karena masuk R dan D delay + 2 detikan, sebelum escalated any further akhirnya dijual aja.
sebelum dijual cari OS lain keliling showroom dan pemakai dulu siapa tau ada yang cvt masih fit..ternyata gaada
Beresnya sih suka tunda ganti oli cvt..jadinya ya gitu.

Sisi plusnya mobil ini ya panoramic roof, model timeless dan ac yang dingin banget.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by Duvebriliant0 »

vote altis deh, sy make yg 2012 aja masih enak kok sampe skrg, fitur jg ga kalah kalah bgt dibanding mobil sekarang wkwk
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by Salvanost »

marr wrote: Wed Mar 16, 2022 18:45 1-4 altis checklist
Outlander buat gw ga masuk kriteria 2 dan 4
Ngerawatnya ga mudah2 amat, even temen gw jual gara gara jajannya banyak (AC, racksteer, kaki2, dsb) + borossss. apalagi udah discontinued. Jarak jauh juga ga nyaman, jok belakangnya terlalu tegak

Altis lebih make sense. After all, its a corolla, mobil terlaris di seluruh dunia. Mesin bandel & aftersales merem (its a toyota dude) dan buat nyetir jarak jauh preference gw lebih suka naik sedan. Lebih nyaman dan stabil
Bener banget ini hahaha...
AC harus service yg bagus...
Aaya ganti ac murah 6juta ga nyamoe 6bulan rusak
Terpaksa ganti ac ori 12jutaan awet sampai sekarang.

Kaki2 mau ganti 6jutaan...

Jok belakang harus dimodif biar makin rebah

Sekarang dah make 10 tahun males jual kemurahan...
Memding pake terus aja dah... Mau jajan juga gapapa toh kualitas mobil 300an mau dipake lama tetap kerasa mobil 300an
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by Salvanost »

mhbbi wrote: Thu Mar 24, 2022 14:27 Nyari OS yang cvt nya gak jeduk atau delay susah banget om
pernah punya setaun doang karena masuk R dan D delay + 2 detikan, sebelum escalated any further akhirnya dijual aja.
sebelum dijual cari OS lain keliling showroom dan pemakai dulu siapa tau ada yang cvt masih fit..ternyata gaada
Beresnya sih suka tunda ganti oli cvt..jadinya ya gitu.

Sisi plusnya mobil ini ya panoramic roof, model timeless dan ac yang dingin banget.
Gua udah 2x minta ganti oli cvt di beres ditolak terus :big_bored: odo 75k umur 10 tahun

Parah emang ini beres mitsu pake alasan oli cvtnya yg tahan lama ga usah diganti... Bingung kenapa mau ganti aja ditolak padahal gua siap bayar
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by kendibocor »

Salvanost wrote: Thu Mar 24, 2022 19:41
mhbbi wrote: Thu Mar 24, 2022 14:27 Nyari OS yang cvt nya gak jeduk atau delay susah banget om
pernah punya setaun doang karena masuk R dan D delay + 2 detikan, sebelum escalated any further akhirnya dijual aja.
sebelum dijual cari OS lain keliling showroom dan pemakai dulu siapa tau ada yang cvt masih fit..ternyata gaada
Beresnya sih suka tunda ganti oli cvt..jadinya ya gitu.

Sisi plusnya mobil ini ya panoramic roof, model timeless dan ac yang dingin banget.
Gua udah 2x minta ganti oli cvt di beres ditolak terus :big_bored: odo 75k umur 10 tahun

Parah emang ini beres mitsu pake alasan oli cvtnya yg tahan lama ga usah diganti... Bingung kenapa mau ganti aja ditolak padahal gua siap bayar
Perasaan oli transmisi beres pd males ganti ya. Kemaren kebo saya servis rutin sampe 70rb km ternyata ga pernah diganti oli transmisinya (bini yg pake jd saya ga perhatiin history servis rutinnya), Akhirnya ganti di om b8099ok pas odo 85rb km. Untung emang dasarnya mobil badak jd masih aman2 aja. M2 terakhir servis 25rb (3 thn) jg blm disuruh ganti. Baling2 apalg, olinya lifetime sampe transmisi jebol :upss:

Ganti oli ditolak om, soalnya kalo ganti transmisi cuannya lebih gede :upss:
mhbbi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Mon Dec 19, 2016 0:19

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by mhbbi »

planned obsolescence itu om, beres jepangan yang terjadwal ganti oli matic dari pengalaman saya cuma honda dan suzuki, 20rb km cek, 40rb km ganti..kalau saya sendiri ya ganti setiap 20rb km aja.

btw oot sedikit utk mitsubishi yang keluaran baru kaya xpander aja udah ada yang jebol maticnya saya cek di grup fb gara-gara gak pernah ganti oli matic..mana oli maticnya spek baru lagi MA1 cuma ada motul atf VI yang baru bisa comply MA1 berdasarkan datasheet.

itu baru torque converter padahal, xpander facelift with cvt ini kayanya bakal banyak ko cvtnya 3-4 taun lagi :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by ChZ »

mhbbi wrote: Mon Mar 28, 2022 1:09 planned obsolescence itu om, beres jepangan yang terjadwal ganti oli matic dari pengalaman saya cuma honda dan suzuki, 20rb km cek, 40rb km ganti..kalau saya sendiri ya ganti setiap 20rb km aja.

btw oot sedikit utk mitsubishi yang keluaran baru kaya xpander aja udah ada yang jebol maticnya saya cek di grup fb gara-gara gak pernah ganti oli matic..mana oli maticnya spek baru lagi MA1 cuma ada motul atf VI yang baru bisa comply MA1 berdasarkan datasheet.

itu baru torque converter padahal, xpander facelift with cvt ini kayanya bakal banyak ko cvtnya 3-4 taun lagi :big_dunno:
eh beneran ada xpander udah jebol maticnya? :big_chicken: xpander bokap terakhir servis blm ganti oli matic. wkwkkwkwkwkw. odo sudah 47k padahal.

secara itung itungan bisnis sih kayaknya ngeliat dari pola orang +62 yang pake mobil ganti tiap 5 thn sekali bakal kecil sekali yang sampe jebol jd ga diganti ya udah gpp. sementara orang beli bekas, dikomplen, nanti tinggal bilang aja oh ya itu pasti tergantung pemakaian user sebelumnya.

secara branding, ini seperti juga usaha menepis stigma zaman dulu kalo mitsubishi rawatannya mahal. jadi rawatannya murah. bener murah, tapi cutting corners caranya. ampe 100rb cuma ganti oli mesin. menang banyak soalnya 3 thn pertama kan servis gratis, tapi di "bundling" sama harga jual mobilnya jd pembenaran harganya mahal. gw ngga pernah di mitsubishi servis dilakuin pengerjaan selain ganti olmes, filter ac, ama bebersih. udah itu aja.

klo liat cara mainnya sodara satu aliansinya ya gak heran cara mainnya sama.

jujur, liat bengkel resmi yang suka promoin kerjaan model quick service itu ane jd curiga itu demi ngejar target perhari aja sebenernya. krn klo ngerjain kelamaan sampe detil2 pasti gak kekejar targetnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 886
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: Mon Mar 28, 2022 3:02
mhbbi wrote: Mon Mar 28, 2022 1:09 planned obsolescence itu om, beres jepangan yang terjadwal ganti oli matic dari pengalaman saya cuma honda dan suzuki, 20rb km cek, 40rb km ganti..kalau saya sendiri ya ganti setiap 20rb km aja.

btw oot sedikit utk mitsubishi yang keluaran baru kaya xpander aja udah ada yang jebol maticnya saya cek di grup fb gara-gara gak pernah ganti oli matic..mana oli maticnya spek baru lagi MA1 cuma ada motul atf VI yang baru bisa comply MA1 berdasarkan datasheet.

itu baru torque converter padahal, xpander facelift with cvt ini kayanya bakal banyak ko cvtnya 3-4 taun lagi :big_dunno:
eh beneran ada xpander udah jebol maticnya? :big_chicken: xpander bokap terakhir servis blm ganti oli matic. wkwkkwkwkwkw. odo sudah 47k padahal.

secara itung itungan bisnis sih kayaknya ngeliat dari pola orang +62 yang pake mobil ganti tiap 5 thn sekali bakal kecil sekali yang sampe jebol jd ga diganti ya udah gpp. sementara orang beli bekas, dikomplen, nanti tinggal bilang aja oh ya itu pasti tergantung pemakaian user sebelumnya.

secara branding, ini seperti juga usaha menepis stigma zaman dulu kalo mitsubishi rawatannya mahal. jadi rawatannya murah. bener murah, tapi cutting corners caranya. ampe 100rb cuma ganti oli mesin. menang banyak soalnya 3 thn pertama kan servis gratis, tapi di "bundling" sama harga jual mobilnya jd pembenaran harganya mahal. gw ngga pernah di mitsubishi servis dilakuin pengerjaan selain ganti olmes, filter ac, ama bebersih. udah itu aja.

klo liat cara mainnya sodara satu aliansinya ya gak heran cara mainnya sama.

jujur, liat bengkel resmi yang suka promoin kerjaan model quick service itu ane jd curiga itu demi ngejar target perhari aja sebenernya. krn klo ngerjain kelamaan sampe detil2 pasti gak kekejar targetnya.
Ijin nimbrung. Kalo di fb ane kurang paham sih ya, tapi ane pernah liatnya di IG. Ada satu orang owner yutub konten in depth tour yg punya xpander, pernah kebetulan numpang lewat di IG nya, beberapa kali dia ngeshare di storynya perkara transmisi ini, mulai dari nyangkut di gigi 1, gak mau masuk gigi 1, nyangkut di gigi 3, dll. Odo emg udah agak tinggi, udah 70 apa 80k gitu. Yg pasti keliatan instrumen cluster udah kayak pohon natal. Lampu ABS on, lampu ESC on, lampu traction control on, ada logo warning di MID juga. Perawatan transmisi, ane gatau karena cuma liat sekilas di storynya doang. Kalo mau liat, bahkan seinget ane sampe dimasukkin di salah story highlight jd harusnya msh bisa diliat. Nama ig nya rayshanto2701.

Perkara perawatan ini, bahkan di avxen baru jg katanya itu oli rekomendasi gantinya jg longdrain, 100k km itupun kalo perlu. Jadi ya kalo usernya model manut sama beres, siap2 aja nanti di masa mendatang bakal banyak case cvt nya rontok berjamaah. Nanti lipindut L11 tidak sendirian lagi. Ada avanza veloz xenia sama xpander yg menemani. :mky_03:

Btw itu sepander better gas ganti lah mbah udah 47k itu. Ganti dgn yg murah2 pun jg tak apa, yg penting asli. Better jg kuras pake mesin biar maksimal kegantinya. Demi kesehatan transmisi dan tentunya kantong pemiliknya juga. :weekk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Mon Mar 28, 2022 3:36
Ijin nimbrung. Kalo di fb ane kurang paham sih ya, tapi ane pernah liatnya di IG. Ada satu orang owner yutub konten in depth tour yg punya xpander, pernah kebetulan numpang lewat di IG nya, beberapa kali dia ngeshare di storynya perkara transmisi ini, mulai dari nyangkut di gigi 1, gak mau masuk gigi 1, nyangkut di gigi 3, dll. Odo emg udah agak tinggi, udah 70 apa 80k gitu. Yg pasti keliatan instrumen cluster udah kayak pohon natal. Lampu ABS on, lampu ESC on, lampu traction control on, ada logo warning di MID juga. Perawatan transmisi, ane gatau karena cuma liat sekilas di storynya doang. Kalo mau liat, bahkan seinget ane sampe dimasukkin di salah story highlight jd harusnya msh bisa diliat. Nama ig nya rayshanto2701.

Perkara perawatan ini, bahkan di avxen baru jg katanya itu oli rekomendasi gantinya jg longdrain, 100k km itupun kalo perlu. Jadi ya kalo usernya model manut sama beres, siap2 aja nanti di masa mendatang bakal banyak case cvt nya rontok berjamaah. Nanti lipindut L11 tidak sendirian lagi. Ada avanza veloz xenia sama xpander yg menemani. :mky_03:

Btw itu sepander better gas ganti lah mbah udah 47k itu. Ganti dgn yg murah2 pun jg tak apa, yg penting asli. Better jg kuras pake mesin biar maksimal kegantinya. Demi kesehatan transmisi dan tentunya kantong pemiliknya juga. :weekk:
barusan kepoin eh bener... odonya 84k alias hampir 2x punya ane :ungg: pdhl punya ane jalan setaun 20rebu brarti taon depan bau baunya bisa kena kl dibiarin :upss:

service berikutnya mungkin ane bakal ganti mbah. makanya kenapa udah jalan segitu serpis terakhir diem diem bae si mitsu. kl 2 honda berkeong ane, ane udah rewel minta ganti tiap 2 taun :big_biglaugh: berhubung ini kan 4AT yang katanya p4st1 l3b1h r0bu5t. :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by y_anjasrana »

partnya gila2an ya? ga jadi minta otlendernya temen deh kalau gitu....... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 735
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Need Advice: Outlander PX 2017-18 atau Altis V 2017-18an

Post by bensinsolar »

Koq OS ane awet ya keluaran 2012. Dari baru belum pernah ganti sesuatu yg hubungan ama suspensi, odo mid 70k. Cm taon lalu ganti evaporator & kondensor, total 2jt plus ganti karet support taon lalu & belt tensioner. 2 taon lalu ganti minyak CVT, minta kuras cm diganti 6L.
Sisanya cm ganti oli & tune-up (kadang2). Kemarin cek di bengkel non beres, ud bilang shockbreaker depan perlu diganti (ini murah plg 800rb an) & rack steer (tapi saya pakai belum bunyi klutuk2 kalau dibelok2in) - ini bisa di servis 1jt-an. Rem semua dicek msh OK belum pernah ganti apa2. Sedangkan ANF ane ud ganti brakepad awal taon ini, odo 60k. Pdhl si OS ini dipake cukup brutal kalau di tol karena keenakan main rpm 4k keatas. Setiap pake ANF ada mbl kecil salip2 cm bs bersabar, kalau pake OS lgsg tgn kiri otomatis downshift 2x.

CVT OS ini seharusnya robust karena di OZ, masih top seller di kelas compact SUV terus dari 2012 sampai 2021 (laku sama rental). Kalau rent mobil disana yg kelas compact SUV pasti dapet Mitsu OS/ASX. CMIIW.