Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
gw yang bingung trit kaya gini dibuat isinya obrolannya muter sama-sama aja... ts nya juga orang yang sama padahal. gak bosen apa. wkwkwkwkkw...
di SM jg blom ada actual user. yg review jg blom ada. wkwkwkwkw. jd poinnya apa dong thread gini dibuat...
di SM jg blom ada actual user. yg review jg blom ada. wkwkwkwkw. jd poinnya apa dong thread gini dibuat...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
Bikin bunker bwat nuclear/zombie apocalypse omb0ku wrote: Thu Feb 24, 2022 3:37pilih aja sesuai budgetkendibocor wrote: Thu Feb 24, 2022 3:24
Kalo ngomong mbl yg tahan armagedon kok cuman keinget sama toyota hilux ya. Di top gear udah dicemplungin ke laut, dibakar, tabrak sana sini, dijatohin dari gedung bertingkat segala masih tetep bisa jalan.
Otw ke dealer toyota dlu![]()
![]()
kelas sultan J80 land cruiser diesel budget 500jtan
kelas pengusaha fotuner D4D/HILUX d4d/l200 1st gen budget 180jt +++
kelas executive INNOVA D4D budget 150jt+++
kelas rakyat jelata kijang kapsul diesel/panther budget 50jt+++
ketika semua sudah komat kamit tinggal nyari kebon dan pengolahan kelapa sawit buat tempat tinggal![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6203
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
nyari pulau sawit bikin pengolahan sama pasang genset diesel terus taro hilux sama landcuiser bodo dah dunia mau jungkir balik

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6203
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
maklum lah fanboy EV kebanyakan mimpi mentang2x di dukung pemerintahChZ wrote: Thu Feb 24, 2022 4:28 gw yang bingung trit kaya gini dibuat isinya obrolannya muter sama-sama aja... ts nya juga orang yang sama padahal. gak bosen apa. wkwkwkwkkw...
di SM jg blom ada actual user. yg review jg blom ada. wkwkwkwkw. jd poinnya apa dong thread gini dibuat...

gw mau liat itu kata presiden ikn gak boleh lewat mobil bbm fosil mang bisa nyingkirin diesel dipake buat logistik sama bangun gedung buat excavator masa mau pake excavator listrik kapan kelarnya

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
ya lagian thread begini isinya obrolan gak ada ujung isinya debat kusir sama sama gak tau juga kiprah mobil listrik gimana. yang pro EV akan tetep pro EV, yang kontra akan tetep kontra. wong sama sama gak ngerti. wkwkwkwkw.b0ku wrote: Thu Feb 24, 2022 5:09
maklum lah fanboy EV kebanyakan mimpi mentang2x di dukung pemerintah![]()
gw mau liat itu kata presiden ikn gak boleh lewat mobil bbm fosil mang bisa nyingkirin diesel dipake buat logistik sama bangun gedung buat excavator masa mau pake excavator listrik kapan kelarnya![]()
klo di forum ini aja ada yang nanya mobil masih mayoritas saranin duo gajah + 1 kijang peminum biosolar ya EV mah kapan kapan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6203
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
lah ngemengnya kan selalu push EV, tapi kenyataannya lagi RND sawit buat dipake mobil bensinChZ wrote: Thu Feb 24, 2022 6:41
ya lagian thread begini isinya obrolan gak ada ujung isinya debat kusir sama sama gak tau juga kiprah mobil listrik gimana. yang pro EV akan tetep pro EV, yang kontra akan tetep kontra. wong sama sama gak ngerti. wkwkwkwkw.
klo di forum ini aja ada yang nanya mobil masih mayoritas saranin duo gajah + 1 kijang peminum biosolar ya EV mah kapan kapan...

https://oto.detik.com/berita/d-5915218/ ... lapa-sawit
keliatannya dari mereka sendiri juga tau EV susah buat berkembang, tapi ngemeng aja biar banyak yang switch kalo gak di encorage gak bakalan laku soalnya apalagi di negara +62

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
iya gw selama ini liatnya jg antara implementasi lapangan sama retorika nya gak sejalan itu makanya dibicarain jg percuma ini masih jauh bangetb0ku wrote: Thu Feb 24, 2022 7:03
lah ngemengnya kan selalu push EV, tapi kenyataannya lagi RND sawit buat dipake mobil bensin![]()
https://oto.detik.com/berita/d-5915218/ ... lapa-sawit
keliatannya dari mereka sendiri juga tau EV susah buat berkembang, tapi ngemeng aja biar banyak yang switch kalo gak di encorage gak bakalan laku soalnya apalagi di negara +62![]()

ICE phase out di beberapa negara jg masih banyak yang wacana waktunya maju mundur terus. gak ada yang bener bener yakin bisa phase out 100%

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
Di SM belum ada yg pake mobil ev ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
Hmmm suka tak suka memang harus diakui kalau transisi dari bahan bakar fosil ke BEV (Battery Electric Vehicle) adalah keniscayaan dan celakanya harga mobil fosil yang akan terus semakin mahal adalah keniscayaan juga dengan sikon ekonomi saat ini.
Harga LMPV yang tembus Rp 300 juta sudah diluar batas kemampuan finansial MAYORITAS konsumen otomotif Indo DM yang di range harga Rp 100 -220 juta. Sehingga euforia peluncuran AN AvXen FWD 2021sama sekali tak terjadi. Tanpa volume maker Plant CKD Indo DM tinggal countdown mengikuti jejak AUDM. Oleh karena itu brand otomotif yang masih mengoperasikan Plant CKD jangan dicela-cela daripada tinggal tambah huruf D=Distribution nantinya.
Krisis chip hanya salah satu faktor tapi tak dominan karena dampak pandemi sangat merusak rantai pasok global yang berakibat kiamat container dan naiknya ongkos kargo kapal yang tak masuk akal lagi. Cost yang tentu saja dibebankan pada konsumen tanpa basa basi. Ditambah faktor cost manufacturing mobil fosil yang terus naik karena banyaknya part-part komponen di dalamnya dengan kata lain mempercepat ICE menuju fase sunset.
ASEAN DM except SG kemungkinan paling lambat memasuki transisi ini kecuali ada KLB. Sama sekali bukan Tesla tapi dipastikan Republik Rakyat Cina sebagai pelaku yang paling agresif mendorong transisi ini globally secara Cina sudah menyiapkan Blueprint BEV dan pengamanan SDA bahan bakunya dari awal dekade 2000an.
Harga LMPV yang tembus Rp 300 juta sudah diluar batas kemampuan finansial MAYORITAS konsumen otomotif Indo DM yang di range harga Rp 100 -220 juta. Sehingga euforia peluncuran AN AvXen FWD 2021sama sekali tak terjadi. Tanpa volume maker Plant CKD Indo DM tinggal countdown mengikuti jejak AUDM. Oleh karena itu brand otomotif yang masih mengoperasikan Plant CKD jangan dicela-cela daripada tinggal tambah huruf D=Distribution nantinya.
Krisis chip hanya salah satu faktor tapi tak dominan karena dampak pandemi sangat merusak rantai pasok global yang berakibat kiamat container dan naiknya ongkos kargo kapal yang tak masuk akal lagi. Cost yang tentu saja dibebankan pada konsumen tanpa basa basi. Ditambah faktor cost manufacturing mobil fosil yang terus naik karena banyaknya part-part komponen di dalamnya dengan kata lain mempercepat ICE menuju fase sunset.
ASEAN DM except SG kemungkinan paling lambat memasuki transisi ini kecuali ada KLB. Sama sekali bukan Tesla tapi dipastikan Republik Rakyat Cina sebagai pelaku yang paling agresif mendorong transisi ini globally secara Cina sudah menyiapkan Blueprint BEV dan pengamanan SDA bahan bakunya dari awal dekade 2000an.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6203
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
dikira itu bahan baku batre dari nambang sampe jadi gak bolak balik pake kapal kaliMichaelktp wrote: Fri Feb 25, 2022 5:06 Hmmm suka tak suka memang harus diakui kalau transisi dari bahan bakar fosil ke BEV (Battery Electric Vehicle) adalah keniscayaan dan celakanya harga mobil fosil yang akan terus semakin mahal adalah keniscayaan juga dengan sikon ekonomi saat ini.
Harga LMPV yang tembus Rp 300 juta sudah diluar batas kemampuan finansial MAYORITAS konsumen otomotif Indo DM yang di range harga Rp 100 -220 juta. Sehingga euforia peluncuran AN AvXen FWD 2021sama sekali tak terjadi. Tanpa volume maker Plant CKD Indo DM tinggal countdown mengikuti jejak AUDM. Oleh karena itu brand otomotif yang masih mengoperasikan Plant CKD jangan dicela-cela daripada tinggal tambah huruf D=Distribution nantinya.
Krisis chip hanya salah satu faktor tapi tak dominan karena dampak pandemi sangat merusak rantai pasok global yang berakibat kiamat container dan naiknya ongkos kargo kapal yang tak masuk akal lagi. Cost yang tentu saja dibebankan pada konsumen tanpa basa basi. Ditambah faktor cost manufacturing mobil fosil yang terus naik karena banyaknya part-part komponen di dalamnya dengan kata lain mempercepat ICE menuju fase sunset.
ASEAN DM except SG kemungkinan paling lambat memasuki transisi ini kecuali ada KLB. Sama sekali bukan Tesla tapi dipastikan Republik Rakyat Cina sebagai pelaku yang paling agresif mendorong transisi ini globally secara Cina sudah menyiapkan Blueprint BEV dan pengamanan SDA bahan bakunya dari awal dekade 2000an.

https://oto.detik.com/berita/d-5953704/ ... ugi-rp-4-t
apalagi ud kejadian kek gini sampe 6 Hari kebakar gara2x lithiumnya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
How about this ompcx wrote: Wed Feb 23, 2022 13:36+1KielConstantine wrote: Tue Feb 22, 2022 15:50 Gw vote masa depan
For some reason, yg pernah ane bilang . Kita semua digiring kesana nantinya .. trus semua serba autonomous. Man di ganti machine. Full total control & so on. So be ready…
Yg pasti gw bakal simpen beberapa mobil ICE yg reliable & tahan armagedon . Jadi bisa kabur klo ada apa2
Agreed![]()
Quote ot the day by Um@Kielconstantine![]()
Semoga agenda busuk mereka akan gagal dan kiamat Armagedon menyapu tuntas mereka sampe ke akar2na
![]()

Hanya dalam beda waktu 3 hari sejak postingan tanggal
22/2/2022 keadaan jadi begini

So embrace yourself

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
Memang serem tapi trend EV tetap menuju ke B (Battery)b0ku wrote: Fri Feb 25, 2022 5:26dikira itu bahan baku batre dari nambang sampe jadi gak bolak balik pake kapal kaliMichaelktp wrote: Fri Feb 25, 2022 5:06 Hmmm suka tak suka memang harus diakui kalau transisi dari bahan bakar fosil ke BEV (Battery Electric Vehicle) adalah keniscayaan dan celakanya harga mobil fosil yang akan terus semakin mahal adalah keniscayaan juga dengan sikon ekonomi saat ini.
Harga LMPV yang tembus Rp 300 juta sudah diluar batas kemampuan finansial MAYORITAS konsumen otomotif Indo DM yang di range harga Rp 100 -220 juta. Sehingga euforia peluncuran AN AvXen FWD 2021sama sekali tak terjadi. Tanpa volume maker Plant CKD Indo DM tinggal countdown mengikuti jejak AUDM. Oleh karena itu brand otomotif yang masih mengoperasikan Plant CKD jangan dicela-cela daripada tinggal tambah huruf D=Distribution nantinya.
Krisis chip hanya salah satu faktor tapi tak dominan karena dampak pandemi sangat merusak rantai pasok global yang berakibat kiamat container dan naiknya ongkos kargo kapal yang tak masuk akal lagi. Cost yang tentu saja dibebankan pada konsumen tanpa basa basi. Ditambah faktor cost manufacturing mobil fosil yang terus naik karena banyaknya part-part komponen di dalamnya dengan kata lain mempercepat ICE menuju fase sunset.
ASEAN DM except SG kemungkinan paling lambat memasuki transisi ini kecuali ada KLB. Sama sekali bukan Tesla tapi dipastikan Republik Rakyat Cina sebagai pelaku yang paling agresif mendorong transisi ini globally secara Cina sudah menyiapkan Blueprint BEV dan pengamanan SDA bahan bakunya dari awal dekade 2000an.
https://oto.detik.com/berita/d-5953704/ ... ugi-rp-4-t
apalagi ud kejadian kek gini sampe 6 Hari kebakar gara2x lithiumnya![]()
Bukan H (Hybrid) atau FC (Fuel Cell/Hydrogen)
Hybrid berat di cost bagi konsumen secara punya 2 dapur pacu (ICE + Battery) juga tidak ada pajak otomotif yang bersahabat untuk.HEV.
1 dapur pacu saja sudah buat mayoritas konsumen ngos-ngosan untuk biaya maintenancenya apalagi 2 dapur pacu sehingga tak logis bisa eksis dalam waktu lama.
Sementara saat ini malah bermunculan rencana LMPV HEV yang sudah konfirmasi Xpander dan Ertiga untuk tahun depan sementara AvXen HEV pasti segera menyusul juga.
Juga lagi ramai spy shot AN Innova FWD HEV di Thai.
In my opinion daripada R&D HEV sebenarnya itu produsen better R&D platform mesin mini diesel turbo modern tho sama sama buang duit banyak buat R&D.
Apalagi untuk ASEAN DM (except SG) yang kontrol emisinya masih sangat longgar. Sesuai dengan penghematan cost operasional secara FC irit sekali juga bisa tembus 1:20 bahkan waktu baru sering 1:25 km seperti.SpinDies saya dulunya. Cukup 1 dapur pacu tak perlu diback up baterai untuk mengejar keiritan FC dan surprisingly malah lebih irit dari HEV hahaha. Juga jauh lebih efisien pastinya di segi maintenance daripada HEV. No Dohbt.
Sementara FC / hidrogen bahaya juga kalau melihat tragedi Hindenburg. Lebih cocok diaplikasikan pada kendaraan berat seperti bus, truck, kapal kargo dan pesawat
Last edited by Michaelktp on Fri Feb 25, 2022 7:06, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
mesin mini diesel turbo modern sih bagus tapi lebih bagus lagi kalo bisa minum solar goceng 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
Plus A/Talexand wrote: Fri Feb 25, 2022 7:06 mesin mini diesel turbo modern sih bagus tapi lebih bagus lagi kalo bisa minum solar goceng![]()
Nah apalagi kalau bisa begini dijamin inden sampai 2 tahun lebih itu LMPV hahaha
Sekarang LMPV mesin 1.5L saja sudah tak terjangkau masih akan ditambah baterai jadi AN LMPV HEV start 2023
#gagalpaham
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6203
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
kalo menurut saya hidrogen malah gak sebahaya petrol kenapa karena hidrogen kena api langsung meledak hilang gak terbakar ditambah penyimpanannya juga pake tabung tebel kalo hidenburg dulu kan beneran balon lagian hidenburg pas meledak korbannya banyak selamet lompat dari kapal di banding kecelakaan pesawat jaman sekarang dimana korban 99% meninggal, kalo hidenburg pas jatoh juga pelan banget banyak korban masih selamet pas kapal ud nyentuh tanah , kenapa heboh karena jaman segitu kecelakaan udara paling parah tapi sebenernya jaman sekarang satu boeing ancur aja korbannya ud berapa kali lipet lebih parah dari hidenburgMichaelktp wrote: Fri Feb 25, 2022 6:55
Memang serem tapi trend EV tetap menuju ke B (Battery)
Bukan H (Hybrid) atau FC (Fuel Cell/Hydrogen)
Hybrid berat di cost bagi konsumen secara punya 2 dapur pacu (ICE + Battery) juga tidak ada pajak otomotif yang bersahabat untuk.HEV.
1 dapur pacu saja sudah buat mayoritas konsumen ngos-ngosan untuk biaya maintenancenya apalagi 2 dapur pacu sehingga tak logis bisa eksis dalam waktu lama.
Sementara saat ini malah bermunculan rencana LMPV HEV yang sudah konfirmasi Xpander dan Ertiga untuk tahun depan sementara AvXen HEV pasti segera menyusul juga.
Juga lagi ramai spy shot AN Innova FWD HEV di Thai.
In my opinion daripada R&D HEV sebenarnya itu produsen better R&D platform mesin mini diesel turbo modern tho sama sama buang duit banyak buat R&D.
Apalagi untuk ASEAN DM (except SG) yang kontrol emisinya masih sangat longgar. Sesuai dengan penghematan cost operasional secara FC irit sekali juga bisa tembus 1:20 bahkan waktu baru sering 1:25 km seperti.SpinDies saya dulunya. Cukup 1 dapur pacu tak perlu diback up baterai untuk mengejar keiritan FC dan surprisingly malah lebih irit dari HEV hahaha. Juga jauh lebih efisien pastinya di segi maintenance daripada HEV. No Dohbt.
Sementara FC / hidrogen bahaya juga kalau melihat tragedi Hindenburg. Lebih cocok diaplikasikan pada kendaraan berat seperti bus, truck, kapal kargo dan pesawat
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
menurut saya batre ini banyak masalahnya suatu hari nanti ada titik jenuhnya belom kalo di indonesia, saya sih cuma nungguin satu ev kebakar aja terus pemadam pusing tujuh keliling buat madamin pasti lsg heboh dan viral dari situ imagenya bisa hancur di indonesia yang orang2xnya latah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
opini pribadi: yang tahan armagedon itu kecoak, nokia 3310 sama kijang dieselKielConstantine wrote:Gw vote masa depan
For some reason, yg pernah ane bilang . Kita semua digiring kesana nantinya .. trus semua serba autonomous. Man di ganti machine. Full total control & so on. So be ready…
Yg pasti gw bakal simpen beberapa mobil ICE yg reliable & tahan armagedon . Jadi bisa kabur klo ada apa2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
semoga solar goceng tetep goceng wkwkwkKielConstantine wrote:How about this ompcx wrote: Wed Feb 23, 2022 13:36+1KielConstantine wrote: Tue Feb 22, 2022 15:50 Gw vote masa depan
For some reason, yg pernah ane bilang . Kita semua digiring kesana nantinya .. trus semua serba autonomous. Man di ganti machine. Full total control & so on. So be ready…
Yg pasti gw bakal simpen beberapa mobil ICE yg reliable & tahan armagedon . Jadi bisa kabur klo ada apa2
Agreed![]()
Quote ot the day by Um@Kielconstantine![]()
Semoga agenda busuk mereka akan gagal dan kiamat Armagedon menyapu tuntas mereka sampe ke akar2na
![]()
Hanya dalam beda waktu 3 hari sejak postingan tanggal
22/2/2022 keadaan jadi begini
So embrace yourself
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6203
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
https://ekonomi.bisnis.com/read/2020120 ... solar-tapi
ntar juga kalo dah kepepet B100nya di keluarin tungguin aja

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
memangnya memungkinkan BBM pakai B100 ?b0ku wrote: Fri Feb 25, 2022 12:00https://ekonomi.bisnis.com/read/2020120 ... solar-tapi
ntar juga kalo dah kepepet B100nya di keluarin tungguin aja![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6203
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
kan ada link artikelnya lagian kalo diesel noncommonrail jgnkan b100 minyak goreng bekas pake di saring sampe murni juga jalan
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Wed Feb 17, 2010 11:29
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
Masih jauh, ICE sudah proven. Kalau saya pribadi nunggu Mobil listrik sudah proven, Terjangkau, Sparepart KW banyak, Resale Value masih lumayan , Batere nya Murah, dan yang pasti Yang bikin harus grup nya Astra dan Indomobil
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
Dapat berita hari ini bea masuk mobil listrik jadi 0%.
Harusnya akan lumayan ngurangi harga kalau atpm nya niat jualan, karena mobil kan kena bea masuk 50%.
https://nasional.kontan.co.id/news/hore ... is-baterai
Harusnya akan lumayan ngurangi harga kalau atpm nya niat jualan, karena mobil kan kena bea masuk 50%.
https://nasional.kontan.co.id/news/hore ... is-baterai
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
+ bengkel dan partsnya ada dimana mana, se Indonesia ada, minimal tiap kota ada, baik ori maupun KWnya, jangan cuma di kota besar aja hehehe, karena pengalaman saya jual beli mobil 2 tahunan ini mayoritas orang Indo nyari mobil yg kaya om bilang. lega , muat banyak, irit, perawatan murah, part gampang banyak tersedia dimana mana mau ori mau KW ada semua, RV gak jatoh2 amat, bisa make oli apa aja dan bbm apa ajasekitar_dago wrote: Fri Feb 25, 2022 23:28 Masih jauh, ICE sudah proven. Kalau saya pribadi nunggu Mobil listrik sudah proven, Terjangkau, Sparepart KW banyak, Resale Value masih lumayan , Batere nya Murah, dan yang pasti Yang bikin harus grup nya Astra dan Indomobil

Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6203
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
lagian bongkar batre EV gampang kalo ada lift lah kalo cuma modal dongkrak buaya sama jack stand gimane cobaPboyz97 wrote: Sat Feb 26, 2022 7:59
+ bengkel dan partsnya ada dimana mana, se Indonesia ada, minimal tiap kota ada, baik ori maupun KWnya, jangan cuma di kota besar aja hehehe, karena pengalaman saya jual beli mobil 2 tahunan ini mayoritas orang Indo nyari mobil yg kaya om bilang. lega , muat banyak, irit, perawatan murah, part gampang banyak tersedia dimana mana mau ori mau KW ada semua, RV gak jatoh2 amat, bisa make oli apa aja dan bbm apa aja![]()

itulah yang saya gak suka sama mobil modern kebanyakan tools dan parts yang gak umum buat benerin akhirnya bikin cepet jadi besi tua apalagi kalo pabrikan ud gak support partsnya

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil ICE semakin mahal, mobil Listrik di Indonesia: Masa Depan atau Angan-angan?
iya makin lama kan makin dibuat supaya sistem di mobil makin interconnected antara user dan bengkel. mobil makin susah repairnya di third party. apa apa dikit mesti pake software bengkel resmib0ku wrote: Sat Feb 26, 2022 11:39 lagian bongkar batre EV gampang kalo ada lift lah kalo cuma modal dongkrak buaya sama jack stand gimane coba![]()
itulah yang saya gak suka sama mobil modern kebanyakan tools dan parts yang gak umum buat benerin akhirnya bikin cepet jadi besi tua apalagi kalo pabrikan ud gak support partsnya![]()

dan nanti kampretnya mobil listrik bakal lbh bergantung lagi. repair di unauthorized third party warranty void. beli batre ntar pake garansi resmi resmian. nanti lama lama dibuat ban kurang angin aja kita mesti ke dealer krn ngisinya hrs pake password yg cuma bisa dibuka pake software pabrikan

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7