Saya vote ertiga or terios, kalo livina entah knp rv nya agak kurang oke dibanding lawan2nya, meskipun lebih nyaman dan enak disetir dibanding terios. Cuma kalo ngincer durability dan RWD, vote terios, kalo ngincer kenyamanan dan keempukkan bantingan suspensi, vote ertiga. Alternatif lain, bisa lirik Rush G baru or Ertiga GX stock lama, sepertinya harga after discnya masuk budgetanantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 9:51 Misi om om, sehibungan dengan mobil saya sudah laku dan ada rencana upgrade ke lmpv/lsuv baru, mau minta pendapat om om seraya motor lagi.
Sementara yang jadi incaran ada ertiga GL manual 21, terios x manual21, dan ada livina el 2019 matic sisa sumo.
Semuanya di harga 205jt kebawah.
Untuk pemakaian 3-5 tahun dan hanya untuk mudik weekend 200km pp kira2 mana yang paling worthed menurut om om baik dari segi harga+fitur, resale value, dan perawatan kira2 yang mana ya?
Saya sendiri hitung2 yg paling balanced di ertiga, yg bikin kurang sreg kakak jg sudah ambil ertiga jd ada keinginan mobil lain.
Maaf kalau pertanyaannya itu2 saja di range mobil 200jutaan.
Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 886
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Hohohoho, yg ane bold, menurut ane kekurangannya r3 gen 2 ini yg cukup fatal tuh. Tim R&D bener2 begok, masa hal begituan aja gak diperhitungkan. Itu kisi AC yg di antara HU dan speedo bener2 ganggu. Mau diarahin kemanapun pasti tetep nyembur ke tangan. Tangan kiri ane tiap kali kalo bawa mobil jadinya pasti kedinginan...XMTdeluxe wrote: Mon Mar 15, 2021 17:00 Saya kebetulan punya Terios X MT dan Ertiga GX matic, dua2nya tahun 2018, beda bulan, dan dua2nya sudah 46 ribu ke atas.
Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.
ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soakdan sudah ganti.
Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.
Kira-kira begitu pengalaman saya Om![]()

Ide bagus tuh oom kisi AC nya ditutup busa. Nanti ane ikut coba2 ah...
Btw kalo kaki2 bunyi gluduk2 dr km 40K, kenapa gak diklaim garansi aja oom? Toh msh masa garansi ini, wajib dimanfaatkan semaksimal mungkin tuh garansinya

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
saya domisili jkt pak.. kmrn belinya di suzuki pantai indah kapukanantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 23:55Murah banget om, domisili mana ya?adrianwill wrote:kmrn sempet galau mau livina atau ertiga sport atau xl7
awalnya tertarik livina yg diskon 55 jt.. karna sbelumnya juga sudah pakai nissan dan modelnya livina yg cantik tp setelah test drive ternyata b aja.. tarikannya lelet.. dibawa belok2 yg agak ugal rada kayak kapal soalnya pernya empuk.. tp klo kena jeglokan bantingannya mnurut saya agak keras trutama yg dpn.... dan mobil testdrivenya kaki2 dpnnya rada berisik klo kena lobang2 dan dashboard agak rattle.. odo mobil testdrive baru jln 7000 km
mampir ke suzuki sebelahnya td ertiga dan xl7
beda jauh lbh enak untuk saya yg suka gaya nyetir ugal dan suka ngebut.. mesinnya enak ga lemot untuk ukuran 1.500 cc.. kalo di bawa belok2 ugal juga masih lbh enak, handlingnya enak dan chasisnya jg rasanya lbh enak juga rigid.
kaki2 hajar jalanan jelek dan conblock ga ada bunyi sama sekali.. dan untuk ertiga perasaan lbh empuk dan lbh pas bantingannya untuk saya yah..
expander saya ga test drive .. soalnya yakin bgt sama aja persis kayak livina.. dan diskonnya kecil.
yaudah akhirnya dp lah ertiga sport.. matic
xl7 udah diliat2 tetep gak bisa cerna dan ga gitu sreg dengan designnya exteriornya.
ga dpt ppnbm sih tapi (belinya bulan feb awal) tp dpt disc cukup besar.
untuk sehari2 saya pakai nissan march manual
untuk weekend pakai mazda mx5 nc
kedua mobil ini sangat enak tarikannya dibawa ngebut dan nyetir ugal dan selap selip.
jd percayalah.. ertiga lbh nikmat dibawa dibanding xpander.
xpander hanya menang design exterior yg futuristik dan interior yg lbh kliatannya lbh mewah.. untuk urusan mesin chassis dan handling dan rasa berkendara ertiga lbh baik.
jd ya gak heran knp xpander lbh laku... ya karna kbykan org liat dr luarnya dulu
first impressionnya jujur lbh menarik jauh expander livina drpd ertiga yg b ajah..
oh ia kmrn jd dpt net hrgnya
untuk ertiga sport matic 2020 229.5 jt disc 33 jt
untuk livina ve matic 2019 205 jt disc 55 jt klo ga salah
untuk skrg mungkin ertiga nik 2020 uda abis
dan livina sisa nik 2020 aja
Di jatim sepertinya harga ppnbm 11 12 selisih dikit sekali.
Malah lebih mahal dibanding punya om
Ertiga sport at sekarang 236 nik 21
Livina ini yg nyebelin, salesnya masih aja jual mahal, sisa 2019 el matic di 205. Kalau ve sisa 2020 katanya di 240an
yg el matic nik 2019 bisa kali itu di bawah 200
nissan emang suka jual mhal.. nti biasanya klo gak laku yg nik lamanya baru obral diskon gede2 an.
hrg stelah ppnbm jatonya sbnernya hampir sama aja
ertiga sport pot ppnbn 13.850
disc awal tahun lbh kecil cuman 23 jt
otrnta jkt naik dr 2020 262 jt
nik 2021 266 jt
klo diitung 266 jt pot ppnbm
pot disc jadi otrnya 229. 2 jt
sama aja kayak nik 2020 yg disc gede
menang di nik dpt yg lbh baru aja
jadi ya sama aja kan.. BIASALAH
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
soal semburan AC, saya sih tutup pakai kertas hitam, lalu selotip bagian atas dan bawah..jadi angina dari blower kena ke kertas, lalu nembak ke kiri dan kanan..tidak ke arah tangan atau data penumpangā¦rakyatwkwkland wrote: Tue Mar 16, 2021 5:59Hohohoho, yg ane bold, menurut ane kekurangannya r3 gen 2 ini yg cukup fatal tuh. Tim R&D bener2 begok, masa hal begituan aja gak diperhitungkan. Itu kisi AC yg di antara HU dan speedo bener2 ganggu. Mau diarahin kemanapun pasti tetep nyembur ke tangan. Tangan kiri ane tiap kali kalo bawa mobil jadinya pasti kedinginan...XMTdeluxe wrote: Mon Mar 15, 2021 17:00 Saya kebetulan punya Terios X MT dan Ertiga GX matic, dua2nya tahun 2018, beda bulan, dan dua2nya sudah 46 ribu ke atas.
Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.
ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soakdan sudah ganti.
Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.
Kira-kira begitu pengalaman saya Om![]()
![]()
Ide bagus tuh oom kisi AC nya ditutup busa. Nanti ane ikut coba2 ah...
Btw kalo kaki2 bunyi gluduk2 dr km 40K, kenapa gak diklaim garansi aja oom? Toh msh masa garansi ini, wajib dimanfaatkan semaksimal mungkin tuh garansinya![]()
kenapa gak disumpel aja ?
supaya jangan lembab / berair di dalam saluran ducting
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Terima kasih kepada om om semua yang sudah ikut berdiskusi terutama om@XMTdeluxe yang karena replynya saya iseng ke dealer daihatsu.XMTdeluxe wrote:Saya kebetulan punya Terios X MT dan Ertiga GX matic, dua2nya tahun 2018, beda bulan, dan dua2nya sudah 46 ribu ke atas.
Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.
ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soakdan sudah ganti.
Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.
Kira-kira begitu pengalaman saya Om
Akhirnya saya spk terios x mt 2021 di 195jt hanya dalam waktu 1 jam simply karena mobil ini paling worth every penny. Harganya bener2 turun dari akhir 2020 yang saya tanya waktu itu msh 205 dan bonusnya juga lumayan banyak. Saya bandingkan dengan suzuki dan batumakam yang tipu2 uruhan harga.
Untuk kenyamanan sepertinya saya msh bisa memerima terbayar dengan tampilan eksterior yang gagah menurut saya dan interior yang cukup lah untuk mobil weekend perjalanan 2-3 jam mudik sekali jalan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4361
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
ah sori, salah ingat, ingatnya Terios X itu tertinggi.anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 13:25Type x paling bawah kayaknya belum camera 360 om, karena harganya d bawah 200 skrg net nya
tapi ya tetap saja unggul Terios kalau hanya bicara durabilitas, RV dan perawatan. gimana juga, dua hal pertama saja sudah menang DaiToyo.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Congrats om buat mobil barunya, semoga awet dan sesuai ekspektasianantairraz wrote: Tue Mar 16, 2021 12:28Terima kasih kepada om om semua yang sudah ikut berdiskusi terutama om@XMTdeluxe yang karena replynya saya iseng ke dealer daihatsu.XMTdeluxe wrote:Saya kebetulan punya Terios X MT dan Ertiga GX matic, dua2nya tahun 2018, beda bulan, dan dua2nya sudah 46 ribu ke atas.
Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.
ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soakdan sudah ganti.
Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.
Kira-kira begitu pengalaman saya Om
Akhirnya saya spk terios x mt 2021 di 195jt hanya dalam waktu 1 jam simply karena mobil ini paling worth every penny. Harganya bener2 turun dari akhir 2020 yang saya tanya waktu itu msh 205 dan bonusnya juga lumayan banyak. Saya bandingkan dengan suzuki dan batumakam yang tipu2 uruhan harga.
Untuk kenyamanan sepertinya saya msh bisa memerima terbayar dengan tampilan eksterior yang gagah menurut saya dan interior yang cukup lah untuk mobil weekend perjalanan 2-3 jam mudik sekali jalan.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
slamat Om,anantairraz wrote: Tue Mar 16, 2021 12:28Terima kasih kepada om om semua yang sudah ikut berdiskusi terutama om@XMTdeluxe yang karena replynya saya iseng ke dealer daihatsu.XMTdeluxe wrote:Saya kebetulan punya Terios X MT dan Ertiga GX matic, dua2nya tahun 2018, beda bulan, dan dua2nya sudah 46 ribu ke atas.
Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.
ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soakdan sudah ganti.
Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.
Kira-kira begitu pengalaman saya Om
Akhirnya saya spk terios x mt 2021 di 195jt hanya dalam waktu 1 jam simply karena mobil ini paling worth every penny. Harganya bener2 turun dari akhir 2020 yang saya tanya waktu itu msh 205 dan bonusnya juga lumayan banyak. Saya bandingkan dengan suzuki dan batumakam yang tipu2 uruhan harga.
Untuk kenyamanan sepertinya saya msh bisa memerima terbayar dengan tampilan eksterior yang gagah menurut saya dan interior yang cukup lah untuk mobil weekend perjalanan 2-3 jam mudik sekali jalan.
dapat bonusan apa aja dari sales?
itu harganya kaya pas review pertama x di B channel. masih under 200 jt

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1378
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
terios X ini kayak nya 1-1 nya mobil yg walopun varian terbawah tapi ngga keliatan kayak varian terbawah..
sayang aja yg X ngga ada matic nya, tapi klo ada matic nya rasa nya X deluxe nya bisa ngga laku

sayang aja yg X ngga ada matic nya, tapi klo ada matic nya rasa nya X deluxe nya bisa ngga laku

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
- Daily Vehicle: RU1
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
iya lha wong selisih 10 jt dapetnya printilan2 gajelaskenop wrote: Wed Mar 17, 2021 4:53 terios X ini kayak nya 1-1 nya mobil yg walopun varian terbawah tapi ngga keliatan kayak varian terbawah..![]()
sayang aja yg X ngga ada matic nya, tapi klo ada matic nya rasa nya X deluxe nya bisa ngga laku![]()

bener2 menarik sih kalo liat dari harganya, mepet 200 udah dapet 1500cc, ABS airbag lengkap, HU udah 2din touchscreen lumayan, daripada avanza 1.3 mah jauh ini kemana2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1378
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Daihatsu emg plg seneng bikin trim banyak2, beda nya ya bener cm di printilan dan krom2analbertusac wrote: Wed Mar 17, 2021 6:02iya lha wong selisih 10 jt dapetnya printilan2 gajelaskenop wrote: Wed Mar 17, 2021 4:53 terios X ini kayak nya 1-1 nya mobil yg walopun varian terbawah tapi ngga keliatan kayak varian terbawah..![]()
sayang aja yg X ngga ada matic nya, tapi klo ada matic nya rasa nya X deluxe nya bisa ngga laku![]()
![]()
bener2 menarik sih kalo liat dari harganya, mepet 200 udah dapet 1500cc, ABS airbag lengkap, HU udah 2din touchscreen lumayan, daripada avanza 1.3 mah jauh ini kemana2


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Bener om, saya jg langsung keinget harga jakarta tahun 2018 di yutub di kisaran 195 juga. Makanya saya yakin diskonnya gak tipu2. Sebulan sebelumnya mentok di 205 sih...satriakarisma wrote:slamat Om,anantairraz wrote: Tue Mar 16, 2021 12:28Terima kasih kepada om om semua yang sudah ikut berdiskusi terutama om@XMTdeluxe yang karena replynya saya iseng ke dealer daihatsu.XMTdeluxe wrote:Saya kebetulan punya Terios X MT dan Ertiga GX matic, dua2nya tahun 2018, beda bulan, dan dua2nya sudah 46 ribu ke atas.
Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.
ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soakdan sudah ganti.
Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.
Kira-kira begitu pengalaman saya Om
Akhirnya saya spk terios x mt 2021 di 195jt hanya dalam waktu 1 jam simply karena mobil ini paling worth every penny. Harganya bener2 turun dari akhir 2020 yang saya tanya waktu itu msh 205 dan bonusnya juga lumayan banyak. Saya bandingkan dengan suzuki dan batumakam yang tipu2 uruhan harga.
Untuk kenyamanan sepertinya saya msh bisa memerima terbayar dengan tampilan eksterior yang gagah menurut saya dan interior yang cukup lah untuk mobil weekend perjalanan 2-3 jam mudik sekali jalan.
dapat bonusan apa aja dari sales?
itu harganya kaya pas review pertama x di B channel. masih under 200 jt
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Makasih om om semua. G sabar nunggu unit msh rebutan.
Untuk bonusnya
-Pemadam
- kaca film cpf1
- talang air
- karpet bludrue
- paint protection ( psp )
- anti karat
- tatakan plat nomor
- peredam kap mesin
- pengiriman free
- Free pertamax/pertalite
- dongkrak
- tool kit
- segitiga pengaman
- kotak P3K
- Free jasa service 0 - 50.000 km
- perlengkapan cuci mencakup :
1. Kit ban
2. Kit body
3. Kanebo
4. Lap handuk kecil
5. Kit interior
Ini yg saya rangkum buat ceklis nanti.
Untuk bonusnya
-Pemadam
- kaca film cpf1
- talang air
- karpet bludrue
- paint protection ( psp )
- anti karat
- tatakan plat nomor
- peredam kap mesin
- pengiriman free
- Free pertamax/pertalite
- dongkrak
- tool kit
- segitiga pengaman
- kotak P3K
- Free jasa service 0 - 50.000 km
- perlengkapan cuci mencakup :
1. Kit ban
2. Kit body
3. Kanebo
4. Lap handuk kecil
5. Kit interior
Ini yg saya rangkum buat ceklis nanti.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Wheelset 16 inch juga harusnya lebih mahal ya om, apalagi velg alloyalbertusac wrote:iya lha wong selisih 10 jt dapetnya printilan2 gajelaskenop wrote: Wed Mar 17, 2021 4:53 terios X ini kayak nya 1-1 nya mobil yg walopun varian terbawah tapi ngga keliatan kayak varian terbawah..![]()
sayang aja yg X ngga ada matic nya, tapi klo ada matic nya rasa nya X deluxe nya bisa ngga laku![]()
![]()
bener2 menarik sih kalo liat dari harganya, mepet 200 udah dapet 1500cc, ABS airbag lengkap, HU udah 2din touchscreen lumayan, daripada avanza 1.3 mah jauh ini kemana2
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
- Daily Vehicle: RU1
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
hmm ini standard sekali yah.anantairraz wrote: Wed Mar 17, 2021 12:05 Makasih om om semua. G sabar nunggu unit msh rebutan.
Untuk bonusnya
-Pemadam
- kaca film cpf1
- talang air
- karpet bludrue
- paint protection ( psp )
- anti karat
- tatakan plat nomor
- peredam kap mesin
- pengiriman free
- Free pertamax/pertalite
- dongkrak
- tool kit
- segitiga pengaman
- kotak P3K
- Free jasa service 0 - 50.000 km
- perlengkapan cuci mencakup :
1. Kit ban
2. Kit body
3. Kanebo
4. Lap handuk kecil
5. Kit interior
Ini yg saya rangkum buat ceklis nanti.
berarti bonus tambahan memang nggak ada


sama nguliinnk 11 12 worth it nya yahanantairraz wrote: Wed Mar 17, 2021 12:10Wheelset 16 inch juga harusnya lebih mahal ya om, apalagi velg alloyalbertusac wrote:iya lha wong selisih 10 jt dapetnya printilan2 gajelaskenop wrote: Wed Mar 17, 2021 4:53 terios X ini kayak nya 1-1 nya mobil yg walopun varian terbawah tapi ngga keliatan kayak varian terbawah..![]()
sayang aja yg X ngga ada matic nya, tapi klo ada matic nya rasa nya X deluxe nya bisa ngga laku![]()
![]()
bener2 menarik sih kalo liat dari harganya, mepet 200 udah dapet 1500cc, ABS airbag lengkap, HU udah 2din touchscreen lumayan, daripada avanza 1.3 mah jauh ini kemana2
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Jan 28, 2016 3:28
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Congrats untuk mobil barunya om...
untuk hajar jalan pantura cocok ini, dan terios baru justru nyaman kalo isi penumpang banyak om, bantingannya kerasa pas

untuk hajar jalan pantura cocok ini, dan terios baru justru nyaman kalo isi penumpang banyak om, bantingannya kerasa pas
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Ya makanya skrg mending beli terios drpd xenia avanza.albertusac wrote:iya lha wong selisih 10 jt dapetnya printilan2 gajelaskenop wrote: Wed Mar 17, 2021 4:53 terios X ini kayak nya 1-1 nya mobil yg walopun varian terbawah tapi ngga keliatan kayak varian terbawah..![]()
sayang aja yg X ngga ada matic nya, tapi klo ada matic nya rasa nya X deluxe nya bisa ngga laku![]()
![]()
bener2 menarik sih kalo liat dari harganya, mepet 200 udah dapet 1500cc, ABS airbag lengkap, HU udah 2din touchscreen lumayan, daripada avanza 1.3 mah jauh ini kemana2
Tampilan aja kyk beda generasi.
Duit 200 jt pas terios x
Begitu 250an jt bisa ke rush atau pindah ke xpander, xl7 dll yg lbh nyaman wkwkwk
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sun Apr 18, 2021 0:25
- Daily Vehicle: Toyota Mark X 250G
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
vote for Ertiga om, saya pernah pakai tipe GX manual, secara BQ, kekedapan kabin, interior, suspensi sangat refine di kelas nya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
TS udah ambil Terios om...sedangembira wrote: Tue May 04, 2021 0:00 vote for Ertiga om, saya pernah pakai tipe GX manual, secara BQ, kekedapan kabin, interior, suspensi sangat refine di kelas nya.

*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.