Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
pengendiesel wrote: Fri Feb 05, 2021 23:15
Dulu pernah bawa freed saudara beberapa minggu.
Awal2 pakai kaget tuh jarum bensin cepet banget turunnya.
Cobain full to full pemakaian dalkot, dapet 1:8. Emang sejelek itukah fcnya? Atau mobil saudara ane ada yang gak beres? Cuma penasaran aja sih, mobilnya juga udah dilepas
Emg segitu klo dalkot
Rasio giginya kepanjangan (ngetol 100kph cm 2000an rpm), mesinnya jg msh tipikal mesin honda (peaky)... Yaa g irit jdnya... Serasa bw reborn matic tp bodi kecil wkwk
pengendiesel wrote:Dulu pernah bawa freed saudara beberapa minggu.
Awal2 pakai kaget tuh jarum bensin cepet banget turunnya.
Cobain full to full pemakaian dalkot, dapet 1:8. Emang sejelek itukah fcnya? Atau mobil saudara ane ada yang gak beres? Cuma penasaran aja sih, mobilnya juga udah dilepas
Memang betul om, kaki emang bener2 harus di latih. Tapi banyak juga yg sukses om. Saya dulu hanya hanya mentok di 1:9 dalkot. Adik saya kebetulan bisa dapat 1:11 s/d 1:13 ini di rute yg mirip dalkot tapi di freed yg beda ya tapi sama2 standar.
Tapi banyak juga kok yg sukses kakinya.
Kalau masalah lampu belakang, dulu pada jaman nya setiap keluar jalan2 pasti paling ketemu at least 1 freed yg lampu belakangya mati. Hehehee... gak masalah pun harga lampu nya murah.
pengendiesel wrote: Fri Feb 05, 2021 23:15
Dulu pernah bawa freed saudara beberapa minggu.
Awal2 pakai kaget tuh jarum bensin cepet banget turunnya.
Cobain full to full pemakaian dalkot, dapet 1:8. Emang sejelek itukah fcnya? Atau mobil saudara ane ada yang gak beres? Cuma penasaran aja sih, mobilnya juga udah dilepas
Emg segitu klo dalkot
Rasio giginya kepanjangan (ngetol 100kph cm 2000an rpm), mesinnya jg msh tipikal mesin honda (peaky)... Yaa g irit jdnya... Serasa bw reborn matic tp bodi kecil wkwk
Kalau di tol sih enak banget ini mobil, stabil handling enak stiff. Body roll minim untuk mobil boxy kecil. Jadi kangen ini mobil.. sempat menemani keliling pulau jawa - madura 2 kali.
utk pemakaian dalkot saja, mobil ini enak sekali
visibilitas sangat luas
dimensi tergolong kompak tp muatnya bisa banyak, masuk ke jalanan kecil, parkir di gedung yg sempit ok banget mobil ini
cocok utk bawa orang tua renta (akses keluar masuknya mudah)
suspensi nyaman
tenaga halus
evanbngdor wrote: Thu Feb 04, 2021 8:52
Setuju, makanya temen saya yg amatir otomotif juga bilangnya Freed itu setrika balap, karena dr luar biasa aja, tp digenjot abis2an jg mau sama 2KD standar masih berani banget diadu
lawan TR KD atau LMPV 1500cc jaman skrg kecuali adiknya (mobilio) sehh juga brani itu freed. kbanyakan LMPV modern di atas 3000 4000 RPM udah pada kosong L15A masih narik ampe redline. tinggal nyali supirnya aja kuat kuatan
jd inget sempet populer juga upgrade supercharger buat ngakalin rasa lemotnya freed di bawah
Tp meski empuk ntah lah itu Sienta masih stabil dibawa high speed meliuk2 di rute alas baluran.
Sienta lebih irit ketimbang Freed.
Sienta 3 airbag, Freed 2 airbag
Sienta rem belakang cakram, freed masih drum
Sienta tipe V dan Q ACnya sudah autoclimate, Freed belum
Sienta tipe V dan Q sudah keyelss, sedangkan Freed belum
Sienta sudah ada chiller box buat bikin adem minuman, sedangkan Freed belum
Duduk di row ketiga Freed kaki agak gantung, sedangkan di Sienta enggak (ketolong sama kolong bawah row 2 yang dalam).
Pelipatan kursi row 2 dan 3 di Sienta bener2 rata dan bikin lapang. Row ketiga dilipat ke bawah bukan ngegantung kayak freed, row kedua bisa dilipat ke depan. Hasilnya tercipta ruang kosong yang besar mampu masuk motor matic kecil kelas2 Mio.
Kelemahannya Sienta memang jok row duanya yang model Bench bukan captain seat. Jok row kedua nggak ada handrest. Tapi sudah banyak yang bisa modif ada handrestnya meski masih bench type.
Yaa balik lagi ke TSNya, kalo cuman ngejar captain seatnya doank ya pilih Freed.
Kalo perlu fitur2 lainnya, coba pertimbangkan Sienta.
quyquy wrote: Sat Feb 06, 2021 12:21
Pernah naik sienta dan freed
Sienta lebih empuk, freed keras.
Tp meski empuk ntah lah itu Sienta masih stabil dibawa high speed meliuk2 di rute alas baluran.
Sienta lebih irit ketimbang Freed.
Sienta 3 airbag, Freed 2 airbag
Sienta rem belakang cakram, freed masih drum
Sienta tipe V dan Q ACnya sudah autoclimate, Freed belum
Sienta tipe V dan Q sudah keyelss, sedangkan Freed belum
Sienta sudah ada chiller box buat bikin adem minuman, sedangkan Freed belum
Duduk di row ketiga Freed kaki agak gantung, sedangkan di Sienta enggak (ketolong sama kolong bawah row 2 yang dalam).
Pelipatan kursi row 2 dan 3 di Sienta bener2 rata dan bikin lapang. Row ketiga dilipat ke bawah bukan ngegantung kayak freed, row kedua bisa dilipat ke depan. Hasilnya tercipta ruang kosong yang besar mampu masuk motor matic kecil kelas2 Mio.
Kelemahannya Sienta memang jok row duanya yang model Bench bukan captain seat. Jok row kedua nggak ada handrest. Tapi sudah banyak yang bisa modif ada handrestnya meski masih bench type.
Yaa balik lagi ke TSNya, kalo cuman ngejar captain seatnya doank ya pilih Freed.
Kalo perlu fitur2 lainnya, coba pertimbangkan Sienta.
bantu ralatin: freed ada mode auto kok... klo ambil tipe E th 2010keatas kyknya (yg ac digital)
Schweppes wrote: Fri Feb 05, 2021 15:34
Minusnya cuman 1, itu lampu belakang sering banget matik
Ini karena korslet akibat air dari talang ya?
Kemungkinan karena ada retak rambut di lampu rem om, karena persis nempel sama rel sliding door. Jadi mungkin air merembes masuk dari retakan. Masalah ganti bohlamnya lumayan ribet euy. Kalau boyo ya dinikmatin aja sih, namanya juga family car, wkwkwwk. Tapi karena modelnya captain seat, jadi kalau bawa sepeda full size enak, bisa masuk di tengah. Beli meja di Ikea juga gak ribet, tinggal tarok aja di antara kursi tengah. Kalau dibuka semua bangkunya, ruang bagasi sempit bener euy.
Tp meski empuk ntah lah itu Sienta masih stabil dibawa high speed meliuk2 di rute alas baluran.
Sienta lebih irit ketimbang Freed.
Sienta 3 airbag, Freed 2 airbag
Sienta rem belakang cakram, freed masih drum
Sienta tipe V dan Q ACnya sudah autoclimate, Freed belum
Sienta tipe V dan Q sudah keyelss, sedangkan Freed belum
Sienta sudah ada chiller box buat bikin adem minuman, sedangkan Freed belum
Duduk di row ketiga Freed kaki agak gantung, sedangkan di Sienta enggak (ketolong sama kolong bawah row 2 yang dalam).
Pelipatan kursi row 2 dan 3 di Sienta bener2 rata dan bikin lapang. Row ketiga dilipat ke bawah bukan ngegantung kayak freed, row kedua bisa dilipat ke depan. Hasilnya tercipta ruang kosong yang besar mampu masuk motor matic kecil kelas2 Mio.
Kelemahannya Sienta memang jok row duanya yang model Bench bukan captain seat. Jok row kedua nggak ada handrest. Tapi sudah banyak yang bisa modif ada handrestnya meski masih bench type.
Yaa balik lagi ke TSNya, kalo cuman ngejar captain seatnya doank ya pilih Freed.
Kalo perlu fitur2 lainnya, coba pertimbangkan Sienta.
Setuju sih ini sama Om, semua reviewnya bener. Waktu sebelum kebeli nih mprit, sempet bingung mau ambil sienta (dengan kelebihan teknologi karena lebih muda, lebih irit, ada chiller, dll) kalau suspensi memang saya nggak tahu karena belum pernah test drive sienta. Cmn setelah pemakaian 4-5 bulanan ini, yang bikin saya bersyukur jadinya beli mprid itu fun to drive nya. Ambience kabin menurut saya sangat nyaman, nggak ngebosenin, nggak capek untuk perjalanan jauh & buat macet2an, keunggulan yang paling kelihatan ada pada bentuk mprit yang cantik (endless) mirip honda jazz, dengan konsep dashboard open cafe (luas buat istri & anak2 yang sering makan dimobil), PSD yang sangat praktis (sebelumnya saya pakai grenmex, jadi kalau udah tahu kepraktisan Slidingdoor gak bakalan beralih ke pintu biasa). Oh iya keunggulan lain terletak pada model seat captain, jok terpisah dilengkapi masing2 sandaran tangan (kebetulan freed saya seri SD th 2014 km masih 75rb an) yang memudahkan akomodasi apalagi anak2 seneng banget jalan di lorong seat depan-belakang. Mungkin kalau sienta modelnya captain seat saya bakalan ambil sienta. Oh iya kekurangan slidingdoor sienta itu, kalau posisi dibuka slidingdoornya bakal oversize (monyong ke belakang sekitar 30-40cm an) bagi yang carport/garasinya mefet bakalan kesusahan kalau mau buka psd didalem garasi mungil. Fuelcon mprit untuk dalkot memang terbilang boros 1:8-9, tapi kalau buat luar kota full toll bisa 1:12-13. Menurut saya sih wajar karena basic mesin jazz dengan body bongsor. Tarikan lumayan lemot untuk nanjak atau nyelip, beda lagi kalau udah cruising speed nya tercapai di jalan Toll 100-120kpj - rpm cmn 2000an. Kelebihan mprit lain ialah posisi tuas gigi ada di dasboard jadi jangkauan driver lebih enak. Kalau sienta menurut saya fitur plus ada di keylessSystem (ditipe V & Q) & chiller (buat nyimpen minuman dingin). Sekali lagi pilihan kembali kepada diri masing2, kira2 fitur apa yang dibutuhkan & budget tentunya. CMIIW
Wow harga 2nd nya freed kok bisa nahan banget ya
Budget segini sienta dapet 2017 freed 2013
Saya seneng honda tapi sepertinya di posisi ts akan milih sienta karena faktor usia mobil
Sienta juga banyak yang kebut loh di tol
whitehorse4 wrote: Fri Aug 20, 2021 14:28
Wow harga 2nd nya freed kok bisa nahan banget ya
Budget segini sienta dapet 2017 freed 2013
Saya seneng honda tapi sepertinya di posisi ts akan milih sienta karena faktor usia mobil
Sienta juga banyak yang kebut loh di tol
Sienta apalagi yg manual sih asik itu karakter transmisi dipadukan dengan karakter mesinnya. Kebetulan pernah nyobain temen punya tipe G manual
Kalo yg CVT sih cocoknya untuk cruising santai di tol meskipun bisa jg dibejek dan kalo mau terasa lebih bertenaga ya pake mode manual nya aja
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
saya masih ada freed 2012 dari baru buat istri, asik2 aja , pernah cobain mentok di 170 (iseng). Untuk commuter , antar jemput anak dan belanja ke pasar masih enak. Yang sudah pernah di ganti magnetic clutch AC sama beberapa part kaki2
anu Om, mau coba ngasih saran..
coba aja lirik Sienta, menurut saia hidden gem.
soalnya dia toyota, mesin avanza, lumayan lega tapi harga 2nd nya jatoh.
fitur masih tergolong banyak (tipe V & Q).
kalo patokanya Freed 2013 PSD, mungkin on part dengan Sienta V;
nih contohnya ada yg buka 150 jutaan tahun 2016: https://www.olx.co.id/item/olx-autos-to ... -832263134
Kalo mau fitur kekinian (Lampu depan LED, MID full colour dll), bisa ambil tipe Q.
kayanya Sienta ini gak se rewel Freed soal kaki2 nya, CMIIW
FR6 wrote: Mon Aug 30, 2021 4:03
anu Om, mau coba ngasih saran..
coba aja lirik Sienta, menurut saia hidden gem.
soalnya dia toyota, mesin avanza, lumayan lega tapi harga 2nd nya jatoh.
fitur masih tergolong banyak (tipe V & Q).
kalo patokanya Freed 2013 PSD, mungkin on part dengan Sienta V;
nih contohnya ada yg buka 150 jutaan tahun 2016: https://www.olx.co.id/item/olx-autos-to ... -832263134
Kalo mau fitur kekinian (Lampu depan LED, MID full colour dll), bisa ambil tipe Q.
kayanya Sienta ini gak se rewel Freed soal kaki2 nya, CMIIW
FR6 wrote: Mon Aug 30, 2021 4:03
anu Om, mau coba ngasih saran..
coba aja lirik Sienta, menurut saia hidden gem.
soalnya dia toyota, mesin avanza, lumayan lega tapi harga 2nd nya jatoh.
fitur masih tergolong banyak (tipe V & Q).
kalo patokanya Freed 2013 PSD, mungkin on part dengan Sienta V;
nih contohnya ada yg buka 150 jutaan tahun 2016: https://www.olx.co.id/item/olx-autos-to ... -832263134
Kalo mau fitur kekinian (Lampu depan LED, MID full colour dll), bisa ambil tipe Q.
kayanya Sienta ini gak se rewel Freed soal kaki2 nya, CMIIW
FR6 wrote: Mon Aug 30, 2021 4:03
anu Om, mau coba ngasih saran..
coba aja lirik Sienta, menurut saia hidden gem.
soalnya dia toyota, mesin avanza, lumayan lega tapi harga 2nd nya jatoh.
fitur masih tergolong banyak (tipe V & Q).
kalo patokanya Freed 2013 PSD, mungkin on part dengan Sienta V;
nih contohnya ada yg buka 150 jutaan tahun 2016: https://www.olx.co.id/item/olx-autos-to ... -832263134
Kalo mau fitur kekinian (Lampu depan LED, MID full colour dll), bisa ambil tipe Q.
kayanya Sienta ini gak se rewel Freed soal kaki2 nya, CMIIW
Edit:
Kok banyak yg bilang Freed boyo ya? pengalaman nyobain punya temen, ini MPV 1500 CC yang lumayan keceng asal berani kickdown
tuh tiga kata trakir jawabannya...
bwt orang" yg udh kena mesin toyota, apalagi era kijang ohv mah pasti ngerasa freed lemes.. 1-3rb rpm kyk angin doang.. powernya ngumpet di 4-6rb smua
makanya dlu avxen mesin k3ve g ada yg bilang lemot pdhal aslinya cm 68hp, 1-3rbnya ngisi banget, atasnya kempos pos (dan ini dibalik smua di mesin nr)
Dan masih banyak yg ngomel avansa 1NR 1.3 kalo lemot ktnya ga bs sruntulan, saya tiap denger gitu ketawa aja deh krn refinementnya bagus, kaya di tol stabil banget dan rpm atasnya ngisi sampe 150 kmh bisa dan stabil. Power delivery di rpm sampe 3000 pun memang ga gimana2 amat, lebih pas aja jadinya dr power delivery dan lebih irit tapi tarikan tetep ada
Posisi saya lagi mirip TS nih.. kebetulan dirumah lagi ada Odyssey RB1, mau di downsize jadi Freed dengan alasan efisiensi biaya maintenance long-term, dan wajib captain seat supaya penumpang belakang bisa nyaman.
Sempet kepikiran Serena C24, NAV1 sama Biante. Cuman sepertinya running costnya tetep bisa lebih murah Freed. Klo liat competitor terdekatnya Freed si Sienta, seperti yang om2 bilang disini Sienta menang di banyak aspek dari tahun yang lebih muda, lebih nyaman dan pelipatan row ketiga. Cuman (maaf) banyak juga fitur2 tambahan yang saya rasa ga penting seperti chiller (klo perlu saya punya chiller portable sendiri) dan keyless start (maklum lebih seneng puter kunci). Dan captain seat yang menjadi menu wajib kok malah hilang.
Klo row kedua Sienta ada opsi captain seat dari pabrikan mungkin bakal ngancurin harga secondnya Freed
Edit:
Kok banyak yg bilang Freed boyo ya? pengalaman nyobain punya temen, ini MPV 1500 CC yang lumayan keceng asal berani kickdown
tuh tiga kata trakir jawabannya...
bwt orang" yg udh kena mesin toyota, apalagi era kijang ohv mah pasti ngerasa freed lemes.. 1-3rb rpm kyk angin doang.. powernya ngumpet di 4-6rb smua
makanya dlu avxen mesin k3ve g ada yg bilang lemot pdhal aslinya cm 68hp, 1-3rbnya ngisi banget, atasnya kempos pos (dan ini dibalik smua di mesin nr)
Karena ga semua orang nyaman dengan style mengemudi harian yang harus bejek sampai >4rb rpm om. Ibaratnya mau lari aja kok mesin harus teriak-teriak sampe RPM segitu, mau nanjak kok harus RPM setinggi itu agar enak, bagi orang awam kesannya mesin harus "berisik dan kerja keras" agar bisa lari.
Beda dengan karakter mesin rpm menengah, gaperlu sampe teriak RPM tinggi, tenaga sudah ngisi. Toh ga setiap hari orang lewat tol dan bejek-bejekan sampai >4rb RPM kan. Makanya orang bilang Avanza sebelum NR enak buat sruntulan, yes it is, persetan dengan tenaga RPM atas toh jarang dipakai gaspol, nanjak di pegunungan pun gaperlu sampe harus teriak RPM tinggi. Esensi sebagai MPV terpenuhi di sini.
Beda kasusnya dengan Freed, ini mobil keluarga tapi mesin terlalu peaky, nanjak harus bejek kickdown, nyalip harus kickdown agar bisa "lari", semua harus rpm atas. Padahal sesering apa sih bejek-bejekan di tol? di tol pun kebanyakan Freed ya lari segitu-segitu saja. Jadi kesan mobil boyo nan lemot semakin terasa.
FR6 wrote: Mon Aug 30, 2021 4:03
anu Om, mau coba ngasih saran..
coba aja lirik Sienta, menurut saia hidden gem.
soalnya dia toyota, mesin avanza, lumayan lega tapi harga 2nd nya jatoh.
fitur masih tergolong banyak (tipe V & Q).
kalo patokanya Freed 2013 PSD, mungkin on part dengan Sienta V;
nih contohnya ada yg buka 150 jutaan tahun 2016: https://www.olx.co.id/item/olx-autos-to ... -832263134
Kalo mau fitur kekinian (Lampu depan LED, MID full colour dll), bisa ambil tipe Q.
kayanya Sienta ini gak se rewel Freed soal kaki2 nya, CMIIW
Edit:
Kok banyak yg bilang Freed boyo ya? pengalaman nyobain punya temen, ini MPV 1500 CC yang lumayan keceng asal berani kickdown
tuh tiga kata trakir jawabannya...
bwt orang" yg udh kena mesin toyota, apalagi era kijang ohv mah pasti ngerasa freed lemes.. 1-3rb rpm kyk angin doang.. powernya ngumpet di 4-6rb smua
makanya dlu avxen mesin k3ve g ada yg bilang lemot pdhal aslinya cm 68hp, 1-3rbnya ngisi banget, atasnya kempos pos (dan ini dibalik smua di mesin nr)
Ini benar adanya, kebetulan saya terbiasa bawa mobil yg tenaga nya ngisi mulai dr rpm bawah. CRV R20 saya jg karena manual dan rasio gear nya rapet2 jadi tenaga terasa udah ada dr putaran bawah, meskipun di putaran atas pun ya lebih ngejambak.
pernah coba freed temen punya sih memang kalo nginjek pedal gas nya cuma 10-20% ya otomatis terasa lemot, tp diajak ugal sih bisa juga itu freed, asal berani injek gas aja sebenernya. Oke kok buat main sedikit ugal di jagorawi misalnya, dan ngga usah takut boros karena mau dibawa santai atau ugal kayaknya ini mesin sama2 aja.
Waktu itu ke puncak PP dari serpong naik freed sih abis setengah tangki aja, padahal full load dan kaki gak sekolah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
FR6 wrote: Mon Aug 30, 2021 4:03
anu Om, mau coba ngasih saran..
coba aja lirik Sienta, menurut saia hidden gem.
soalnya dia toyota, mesin avanza, lumayan lega tapi harga 2nd nya jatoh.
fitur masih tergolong banyak (tipe V & Q).
kalo patokanya Freed 2013 PSD, mungkin on part dengan Sienta V;
nih contohnya ada yg buka 150 jutaan tahun 2016: https://www.olx.co.id/item/olx-autos-to ... -832263134
Kalo mau fitur kekinian (Lampu depan LED, MID full colour dll), bisa ambil tipe Q.
kayanya Sienta ini gak se rewel Freed soal kaki2 nya, CMIIW
slapnuts wrote: Tue Aug 31, 2021 1:26
Karena ga semua orang nyaman dengan style mengemudi harian yang harus bejek sampai >4rb rpm om. Ibaratnya mau lari aja kok mesin harus teriak-teriak sampe RPM segitu, mau nanjak kok harus RPM setinggi itu agar enak, bagi orang awam kesannya mesin harus "berisik dan kerja keras" agar bisa lari.
Beda dengan karakter mesin rpm menengah, gaperlu sampe teriak RPM tinggi, tenaga sudah ngisi. Toh ga setiap hari orang lewat tol dan bejek-bejekan sampai >4rb RPM kan. Makanya orang bilang Avanza sebelum NR enak buat sruntulan, yes it is, persetan dengan tenaga RPM atas toh jarang dipakai gaspol, nanjak di pegunungan pun gaperlu sampe harus teriak RPM tinggi. Esensi sebagai MPV terpenuhi di sini.
Beda kasusnya dengan Freed, ini mobil keluarga tapi mesin terlalu peaky, nanjak harus bejek kickdown, nyalip harus kickdown agar bisa "lari", semua harus rpm atas. Padahal sesering apa sih bejek-bejekan di tol? di tol pun kebanyakan Freed ya lari segitu-segitu saja. Jadi kesan mobil boyo nan lemot semakin terasa.
....
yang masih senang dengar suara rpm atas menjerit itu masih bocah...
gw aja sendiri pusing nyetir mobil 6 silinder di rumah...mulai rpm 3000 tenaga mulai main...brisik amat sih ini mobil....klo disirkuit cocok...
mknya senang nyetir kijang walo diesel tapi suara di dalam kabin gak menjerit..tenaga dr bawah sudah lompat...
gak ada yang seenak diesel untuk harian...kencang irit awet ac dingin kulkas..minum solar goceng pek go...
slapnuts wrote: Tue Aug 31, 2021 1:26
Karena ga semua orang nyaman dengan style mengemudi harian yang harus bejek sampai >4rb rpm om. Ibaratnya mau lari aja kok mesin harus teriak-teriak sampe RPM segitu, mau nanjak kok harus RPM setinggi itu agar enak, bagi orang awam kesannya mesin harus "berisik dan kerja keras" agar bisa lari.
Beda dengan karakter mesin rpm menengah, gaperlu sampe teriak RPM tinggi, tenaga sudah ngisi. Toh ga setiap hari orang lewat tol dan bejek-bejekan sampai >4rb RPM kan. Makanya orang bilang Avanza sebelum NR enak buat sruntulan, yes it is, persetan dengan tenaga RPM atas toh jarang dipakai gaspol, nanjak di pegunungan pun gaperlu sampe harus teriak RPM tinggi. Esensi sebagai MPV terpenuhi di sini.
Beda kasusnya dengan Freed, ini mobil keluarga tapi mesin terlalu peaky, nanjak harus bejek kickdown, nyalip harus kickdown agar bisa "lari", semua harus rpm atas. Padahal sesering apa sih bejek-bejekan di tol? di tol pun kebanyakan Freed ya lari segitu-segitu saja. Jadi kesan mobil boyo nan lemot semakin terasa.
....
yang masih senang dengar suara rpm atas menjerit itu masih bocah...
gw aja sendiri pusing nyetir mobil 6 silinder di rumah...mulai rpm 3000 tenaga mulai main...brisik amat sih ini mobil....klo disirkuit cocok...
mknya senang nyetir kijang walo diesel tapi suara di dalam kabin gak menjerit..tenaga dr bawah sudah lompat...
gak ada yang seenak diesel untuk harian...kencang irit awet ac dingin kulkas..minum solar goceng pek go...
Maklum jiwa muda demennya aliran vtec kicked in yo om