v-tec 125 wrote: Wed Mar 04, 2020 6:09
erwinign wrote: Wed Mar 04, 2020 5:26
Kl ertiga th 2017an itu (sy pake 2014 gx) pintu row kedua gede banget om, seakan2 easy access. Cuma kl ngga butuh row 3 banget (lbh
buat bagasi) otomatis
row 2 hrs dimajuin. Nah krn begitu pintunya jd terkesan lebar banget dan aksesnya pas2an.
Yang di bold, ini bikin legroom jadi sempit ya. Memang harus dicoba dulu sepertinya masing2 kandidat, paling nggak rental 1 hari.
Oke, om. Makasih banyak masukannya.
Sekarang masih dipake Ertiga nya?
Boleh share jika berkenan problem2 yg dialami selama pemakaian, suka dukanya
Sempitnya enggak om, lbh ke cukupan aja kl pas posisi duduk. Buat saya legroomnya better ertiga drpd livina dan avanza. Avanza di bawah kursi row 2 avanza itu kemakan buat tmpt gardan kayanya, jd agak ngurangin legroomnya (coba taxol avanza mestinya notice yg saya maksud, keliatan gundukan di bawah kursi gt). Kl di ertiga cuma masalah dikit di akses nya om, jadi krn pintunya panjang kl mau masuk kakinya hrs majuan dikit. Ertiga jg bagusnya di layout kabin mereka set kaya theatre om, jd yg duduk di row 2 sama 3 sama2 nggak gitu ketutup headrest/kepala orang yg duduk di dpnnya (ini banyak yang nggak begitu notice, kl udah biasa sama ini trs naik avanza kerasa mestinya).
Masih om, saya pakai dr baru (2014)
Part yg udah diganti:
- Engine mounting kanan (sejajar driver), ini rata2 km 50rb an pd kena. Harga 800rb an+ongkos hampir 200rb
- Shockbreaker depan baru ganti, yg kanan udah lemah sy ganti sepasang. Hrg 1,2jt/pc (agak mahal krn ganti sekalian sama pernya segelondong). Buat sy ttp berani ambil shockbreaker OEM krn bawaannya merk monroe, bantingannya enak banget ini (makanya banyak orang bilang bantingan ertiga enak ya gr2 ini)
- Handle bagasi belakang patah, ganti sktr 135rb (byk yg kena)
- Driveshaft kanan pernah ganti, kena 1,8jt (kepentok sesuatu sy lupa, gejalanya pas belok bunyi kletek2 ketarik)
- Kampas rem udah ganti 2x, harga 400rban asli SGP
- Bubut discbrake, 300rban (maklum pny saya matic, rem lbh banyak main)
- Kuras ATF, habis 5lt metode manual (Pake Q8 Auto JK, comply ke speknya AW1. Ini sering miss disini suzuki)
- Belt2 udah pd ganti, yg muterin kompresor sama ke water pump (sy lupa istilahnya apa) krn waktu itu decit terus pas start pertama kali, ngeganggu. Ganti dua2nya (part asli) sama jasa di beres hampir 200rb, merk mitsuboshi.
So far, hampir 6th pakai yg saya rasain kaki2 mulai gluduk2, sy bawa ke bengkel kaki2 langganan di setel lg beres. Bensin shell super/pertamax. Rute lukot full tol/setengah tol setengah jalan biasa (bandung-semarang) AVG 1:13-17. Rekor paling irit bandung-jakarta 1:21 nyetir normal. Banyak puasnya kl ditanya ini om, cost perawatannya khas suzuki yg murah dan problem solvingnya oke. Oli harus yang TBNnya tinggi biar HLA shimnya nggak gampang aus (biasanya bunyi kletek2 kasar kl nggak gini). Steering rack jg masih aman.
Mestinya kl ertiga, peluang dapet unit bagus lbh gede om dibanding avanza2an, ttp ati2 aja krn ertiga jg banyak dipake taxol. Tp sejauh ini taxol kl saya dpt ertiga rata2 terawat unitnya