Mohon saran MPV budget 170 juta

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

v-tec 125
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Apr 11, 2013 22:46

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by v-tec 125 »

yudhisuwandono wrote: Wed Mar 04, 2020 6:07 Kembali ke selera dan kebutuhan om..
Dulu juga pernah galau, freed 2nd atau sienta gress.
Ya udah dijajal dulu aja. Krn ini buat family car , sy tes passenger. Bukan test drive. Si sales suruh nyetir, sy duduk di baris3.
Relatif setiap org selera msh beda2.
Kl sy rasa pas di brs3 sienta agak sempit dan pelipatannya sy agak krg sreg. Freed unggul di captain seat dan tuas persneling.
Betul, tuas persneling di dashboard ternyata asik ya (saya cuma ada pengalaman nyetir Granmax). Praktis dan bikin kabin berasa luas, gampang kalo mau geser ke passenger seat.

Berarti jadinya ambil Freed 2nd ya? Apa yg mesti diperhatikan kalo mau ambil Freed second? (Maaf saya awam otomotif, paling mentok bisa ganti oli aja)
Saya penasaran, apa betul Honda itu perawatannya susah dan mahal
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by supriyadi »

Kalo mengesampingkan gengsi, saya rasa luxio masuk hitungan. Model relatif cakep. Akses keluar masuk gampang, lapang, bagasi luas. Perawatan simple khas toyodai,
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by yudhisuwandono »

Betul, tuas persneling di dashboard ternyata asik ya (saya cuma ada pengalaman nyetir Granmax). Praktis dan bikin kabin berasa luas, gampang kalo mau geser ke passenger seat.

Berarti jadinya ambil Freed 2nd ya? Apa yg mesti diperhatikan kalo mau ambil Freed second? (Maaf saya awam otomotif, paling mentok bisa ganti oli aja)
Saya penasaran, apa betul Honda itu perawatannya susah dan mahal
Sy juga awam mobil. Makanya sy cari di mobil88. Harga mahal dikit tp worry free. Alhamdulillah 5 tahun aman.
Sama cari tahun yg muda an.
Cari yg tipe E PSD
Selama ini ganti oli aja sama kampas rem di shop n drive.
Kl service krn di kota sy ga ada beres honda sy bawa ke suzuki. Murce.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by maastricht889 »

v-tec 125 wrote: Wed Mar 04, 2020 6:09
erwinign wrote: Wed Mar 04, 2020 5:26 Kl ertiga th 2017an itu (sy pake 2014 gx) pintu row kedua gede banget om, seakan2 easy access. Cuma kl ngga butuh row 3 banget (lbh buat bagasi) otomatis row 2 hrs dimajuin. Nah krn begitu pintunya jd terkesan lebar banget dan aksesnya pas2an.
Yang di bold, ini bikin legroom jadi sempit ya. Memang harus dicoba dulu sepertinya masing2 kandidat, paling nggak rental 1 hari.
Oke, om. Makasih banyak masukannya.

Sekarang masih dipake Ertiga nya?
Boleh share jika berkenan problem2 yg dialami selama pemakaian, suka dukanya
:thanks:
Sempitnya enggak om, lbh ke cukupan aja kl pas posisi duduk. Buat saya legroomnya better ertiga drpd livina dan avanza. Avanza di bawah kursi row 2 avanza itu kemakan buat tmpt gardan kayanya, jd agak ngurangin legroomnya (coba taxol avanza mestinya notice yg saya maksud, keliatan gundukan di bawah kursi gt). Kl di ertiga cuma masalah dikit di akses nya om, jadi krn pintunya panjang kl mau masuk kakinya hrs majuan dikit. Ertiga jg bagusnya di layout kabin mereka set kaya theatre om, jd yg duduk di row 2 sama 3 sama2 nggak gitu ketutup headrest/kepala orang yg duduk di dpnnya (ini banyak yang nggak begitu notice, kl udah biasa sama ini trs naik avanza kerasa mestinya).

Masih om, saya pakai dr baru (2014)
Part yg udah diganti:
- Engine mounting kanan (sejajar driver), ini rata2 km 50rb an pd kena. Harga 800rb an+ongkos hampir 200rb
- Shockbreaker depan baru ganti, yg kanan udah lemah sy ganti sepasang. Hrg 1,2jt/pc (agak mahal krn ganti sekalian sama pernya segelondong). Buat sy ttp berani ambil shockbreaker OEM krn bawaannya merk monroe, bantingannya enak banget ini (makanya banyak orang bilang bantingan ertiga enak ya gr2 ini)
- Handle bagasi belakang patah, ganti sktr 135rb (byk yg kena)
- Driveshaft kanan pernah ganti, kena 1,8jt (kepentok sesuatu sy lupa, gejalanya pas belok bunyi kletek2 ketarik)
- Kampas rem udah ganti 2x, harga 400rban asli SGP
- Bubut discbrake, 300rban (maklum pny saya matic, rem lbh banyak main)
- Kuras ATF, habis 5lt metode manual (Pake Q8 Auto JK, comply ke speknya AW1. Ini sering miss disini suzuki)
- Belt2 udah pd ganti, yg muterin kompresor sama ke water pump (sy lupa istilahnya apa) krn waktu itu decit terus pas start pertama kali, ngeganggu. Ganti dua2nya (part asli) sama jasa di beres hampir 200rb, merk mitsuboshi.

So far, hampir 6th pakai yg saya rasain kaki2 mulai gluduk2, sy bawa ke bengkel kaki2 langganan di setel lg beres. Bensin shell super/pertamax. Rute lukot full tol/setengah tol setengah jalan biasa (bandung-semarang) AVG 1:13-17. Rekor paling irit bandung-jakarta 1:21 nyetir normal. Banyak puasnya kl ditanya ini om, cost perawatannya khas suzuki yg murah dan problem solvingnya oke. Oli harus yang TBNnya tinggi biar HLA shimnya nggak gampang aus (biasanya bunyi kletek2 kasar kl nggak gini). Steering rack jg masih aman.

Mestinya kl ertiga, peluang dapet unit bagus lbh gede om dibanding avanza2an, ttp ati2 aja krn ertiga jg banyak dipake taxol. Tp sejauh ini taxol kl saya dpt ertiga rata2 terawat unitnya
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 474
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by gadjahalphien »

G coba kembarannya Grand max om.
Alias luxio.

Beda nya di comfort feature yg lebih banyak dibandingkan grand max

walo memang jika dibandingkan Sienta atau freed, saya milih freed
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
v-tec 125
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Apr 11, 2013 22:46

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by v-tec 125 »

supriyadi wrote: Wed Mar 04, 2020 6:39 Kalo mengesampingkan gengsi, saya rasa luxio masuk hitungan. Model relatif cakep. Akses keluar masuk gampang, lapang, bagasi luas. Perawatan simple khas toyodai,
Mesin kolong, berisik om. Dan aspek kenyamanan kayaknya nggak terpenuhi. Kakak saya ada Granmax, betul memang akses mudah untuk ortu, tapi berisik dan nggak nyaman. Abis naik Granmax ortu ngeluh capek, padahal cuma Jkt - Bogor. Naik Avanza lebih nggak capek, cuma kata ortu saya aksesnya enak Granmax. Bingunglah saya om. Jadi dicarilah kombinasi keduanya, saya kepikiran Sienta. Lalu kakak kasih masukan Innova, Ertiga.

SIenta kelas masih nggak jauh dari Avanza (ini opini saya), LMPV PSD
Mesin depan (minimal keheningan mirip Avanza, pasti lebih baik dari mesin kolong), sudah PSD (seperti Granmax), akses keluar mudah (ini masih tanda tanya), (harusnya) nyaman, harga bekasnya jeblok (ini bikin tanda tanya besar)
Jadilah saya bikin thread di SM, cari pencerahan. Begitu kira2 om.
v-tec 125
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Apr 11, 2013 22:46

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by v-tec 125 »

yudhisuwandono wrote: Wed Mar 04, 2020 6:52 Sy juga awam mobil. Makanya sy cari di mobil88. Harga mahal dikit tp worry free. Alhamdulillah 5 tahun aman.
Sama cari tahun yg muda an.
Cari yg tipe E PSD
Selama ini ganti oli aja sama kampas rem di shop n drive.
Kl service krn di kota sy ga ada beres honda sy bawa ke suzuki. Murce.
Termasuk nggak rewel berarti ya. Perawatan standar aja.
Yg masuk budget saya Freed S 2015, yg type E di luar budget.

Hehehe , bisa begitu Honda service di Suzuki. Memang service Suzuki murah, pengalaman punya APV sebelumnya.
:thanks:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by ChZ »

v-tec 125 wrote: Wed Mar 04, 2020 6:18
Berarti jadinya ambil Freed 2nd ya? Apa yg mesti diperhatikan kalo mau ambil Freed second? (Maaf saya awam otomotif, paling mentok bisa ganti oli aja)
Saya penasaran, apa betul Honda itu perawatannya susah dan mahal
Freed, perhatiin kaki-kaki. Kalo odometernya gondrong, tierod ama steering racknya mulai kena pasti. Gw pengalaman 2 Freed odo 70k+ masalahnya muter-muter di seputaran tierod dan steering rack.

Perawatan Freed lumayan basic kok. Ganti oli, tune-up, stelklep (Honda L15 masih pake stelklep, ngga sering-sering amat sih cuma kalo dirasa dari mesin ada bunyi aneh aja di stel klepnya), transmisi ganti ATF periodik sesuai rekomendasi diler (biarpun ane rekomen 1-2 thn sekali tergantung pemakaian krn indo traffic dan kondisi udara tropis).

Mahalnya kalo di BeRes aja kok :mky_01: di luar BeRes mah murmer murmer aja. harga partnya utk kaki-kaki mungkin agak mahal kalo dibandingin kelas LMPV...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
v-tec 125
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Apr 11, 2013 22:46

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by v-tec 125 »

erwinign wrote: Wed Mar 04, 2020 7:07 Sempitnya enggak om, lbh ke cukupan aja kl pas posisi duduk. Buat saya legroomnya better ertiga drpd livina dan avanza. Avanza di bawah kursi row 2 avanza itu kemakan buat tmpt gardan kayanya, jd agak ngurangin legroomnya (coba taxol avanza mestinya notice yg saya maksud, keliatan gundukan di bawah kursi gt). Kl di ertiga cuma masalah dikit di akses nya om, jadi krn pintunya panjang kl mau masuk kakinya hrs majuan dikit. Ertiga jg bagusnya di layout kabin mereka set kaya theatre om, jd yg duduk di row 2 sama 3 sama2 nggak gitu ketutup headrest/kepala orang yg duduk di dpnnya (ini banyak yang nggak begitu notice, kl udah biasa sama ini trs naik avanza kerasa mestinya).

Masih om, saya pakai dr baru (2014)
Part yg udah diganti:
- Engine mounting kanan (sejajar driver), ini rata2 km 50rb an pd kena. Harga 800rb an+ongkos hampir 200rb
- Shockbreaker depan baru ganti, yg kanan udah lemah sy ganti sepasang. Hrg 1,2jt/pc (agak mahal krn ganti sekalian sama pernya segelondong). Buat sy ttp berani ambil shockbreaker OEM krn bawaannya merk monroe, bantingannya enak banget ini (makanya banyak orang bilang bantingan ertiga enak ya gr2 ini)
- Handle bagasi belakang patah, ganti sktr 135rb (byk yg kena)
- Driveshaft kanan pernah ganti, kena 1,8jt (kepentok sesuatu sy lupa, gejalanya pas belok bunyi kletek2 ketarik)
- Kampas rem udah ganti 2x, harga 400rban asli SGP
- Bubut discbrake, 300rban (maklum pny saya matic, rem lbh banyak main)
- Kuras ATF, habis 5lt metode manual (Pake Q8 Auto JK, comply ke speknya AW1. Ini sering miss disini suzuki)
- Belt2 udah pd ganti, yg muterin kompresor sama ke water pump (sy lupa istilahnya apa) krn waktu itu decit terus pas start pertama kali, ngeganggu. Ganti dua2nya (part asli) sama jasa di beres hampir 200rb, merk mitsuboshi.

So far, hampir 6th pakai yg saya rasain kaki2 mulai gluduk2, sy bawa ke bengkel kaki2 langganan di setel lg beres. Bensin shell super/pertamax. Rute lukot full tol/setengah tol setengah jalan biasa (bandung-semarang) AVG 1:13-17. Rekor paling irit bandung-jakarta 1:21 nyetir normal. Banyak puasnya kl ditanya ini om, cost perawatannya khas suzuki yg murah dan problem solvingnya oke. Oli harus yang TBNnya tinggi biar HLA shimnya nggak gampang aus (biasanya bunyi kletek2 kasar kl nggak gini). Steering rack jg masih aman.

Mestinya kl ertiga, peluang dapet unit bagus lbh gede om dibanding avanza2an, ttp ati2 aja krn ertiga jg banyak dipake taxol. Tp sejauh ini taxol kl saya dpt ertiga rata2 terawat unitnya
Wah, lengkap sekali penjelasanya. Bisa buat panduan kalo mau hunting Ertiga.
Harga shockbreaker nya ..... :big_chicken: mematahkan pikiran saya sparepart Suzuki selalu murah.
Innova lebih murah kayaknya ya

Telaten ngerawat mobil ya om. Konsumsi BBM irit banget. APV mah paling bagus 1:12 lukot (Pertamax), dalkot (Pertalite) 1:8-9 udah bagus, malah pernah 1:7.
Oli nggak boleh API SM ya om kalo nggak salah , karena masih flat tappet atau apa isitilahnya pernah baca di trit oli
Makasih banyak sharingnya, berguna sekali :off_good_job:
v-tec 125
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Apr 11, 2013 22:46

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by v-tec 125 »

gadjahalphien wrote: Wed Mar 04, 2020 7:09 G coba kembarannya Grand max om.
Alias luxio.

Beda nya di comfort feature yg lebih banyak dibandingkan grand max

walo memang jika dibandingkan Sienta atau freed, saya milih freed
Menghindari mesin kolong om, kabinnya berisik
Iya, sekarang condong ke Sienta/Freed, mau coba rental 1 hari biar ngerasain langsung
v-tec 125
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Apr 11, 2013 22:46

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by v-tec 125 »

ChZ wrote: Wed Mar 04, 2020 7:59
Freed, perhatiin kaki-kaki. Kalo odometernya gondrong, tierod ama steering racknya mulai kena pasti. Gw pengalaman 2 Freed odo 70k+ masalahnya muter-muter di seputaran tierod dan steering rack.

Siap mod Chz :frm_salut:
Ekstra perhatian ke kaki2, terutama tierod dan steering rack. Noted.
ChZ wrote: Wed Mar 04, 2020 7:59

Perawatan Freed lumayan basic kok. Ganti oli, tune-up, stelklep (Honda L15 masih pake stelklep, ngga sering-sering amat sih cuma kalo dirasa dari mesin ada bunyi aneh aja di stel klepnya), transmisi ganti ATF periodik sesuai rekomendasi diler (biarpun ane rekomen 1-2 thn sekali tergantung pemakaian krn indo traffic dan kondisi udara tropis).

Mahalnya kalo di BeRes aja kok :mky_01: di luar BeRes mah murmer murmer aja. harga partnya utk kaki-kaki mungkin agak mahal kalo dibandingin kelas LMPV...
Oke, berarti perawatan standar aja ya, nggak yg gimana2.
Dulu waktu punya APV sih selepas masa garansi, service di bengkel pinggir jalan aja, ganti engine & trans mounting, laher roda, kampas rem, timing belt, drive/v-belt, shockbreaker. Kalo Freed mungkin nggak ya ke bengkel kelas pinggir jalan gitu mod :big_think:
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1437
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by krniawnhdr »

v-tec 125 wrote: Wed Mar 04, 2020 8:18
erwinign wrote: Wed Mar 04, 2020 7:07 Sempitnya enggak om, lbh ke cukupan aja kl pas posisi duduk. Buat saya legroomnya better ertiga drpd livina dan avanza. Avanza di bawah kursi row 2 avanza itu kemakan buat tmpt gardan kayanya, jd agak ngurangin legroomnya (coba taxol avanza mestinya notice yg saya maksud, keliatan gundukan di bawah kursi gt). Kl di ertiga cuma masalah dikit di akses nya om, jadi krn pintunya panjang kl mau masuk kakinya hrs majuan dikit. Ertiga jg bagusnya di layout kabin mereka set kaya theatre om, jd yg duduk di row 2 sama 3 sama2 nggak gitu ketutup headrest/kepala orang yg duduk di dpnnya (ini banyak yang nggak begitu notice, kl udah biasa sama ini trs naik avanza kerasa mestinya).

Masih om, saya pakai dr baru (2014)
Part yg udah diganti:
- Engine mounting kanan (sejajar driver), ini rata2 km 50rb an pd kena. Harga 800rb an+ongkos hampir 200rb
- Shockbreaker depan baru ganti, yg kanan udah lemah sy ganti sepasang. Hrg 1,2jt/pc (agak mahal krn ganti sekalian sama pernya segelondong). Buat sy ttp berani ambil shockbreaker OEM krn bawaannya merk monroe, bantingannya enak banget ini (makanya banyak orang bilang bantingan ertiga enak ya gr2 ini)
- Handle bagasi belakang patah, ganti sktr 135rb (byk yg kena)
- Driveshaft kanan pernah ganti, kena 1,8jt (kepentok sesuatu sy lupa, gejalanya pas belok bunyi kletek2 ketarik)
- Kampas rem udah ganti 2x, harga 400rban asli SGP
- Bubut discbrake, 300rban (maklum pny saya matic, rem lbh banyak main)
- Kuras ATF, habis 5lt metode manual (Pake Q8 Auto JK, comply ke speknya AW1. Ini sering miss disini suzuki)
- Belt2 udah pd ganti, yg muterin kompresor sama ke water pump (sy lupa istilahnya apa) krn waktu itu decit terus pas start pertama kali, ngeganggu. Ganti dua2nya (part asli) sama jasa di beres hampir 200rb, merk mitsuboshi.

So far, hampir 6th pakai yg saya rasain kaki2 mulai gluduk2, sy bawa ke bengkel kaki2 langganan di setel lg beres. Bensin shell super/pertamax. Rute lukot full tol/setengah tol setengah jalan biasa (bandung-semarang) AVG 1:13-17. Rekor paling irit bandung-jakarta 1:21 nyetir normal. Banyak puasnya kl ditanya ini om, cost perawatannya khas suzuki yg murah dan problem solvingnya oke. Oli harus yang TBNnya tinggi biar HLA shimnya nggak gampang aus (biasanya bunyi kletek2 kasar kl nggak gini). Steering rack jg masih aman.

Mestinya kl ertiga, peluang dapet unit bagus lbh gede om dibanding avanza2an, ttp ati2 aja krn ertiga jg banyak dipake taxol. Tp sejauh ini taxol kl saya dpt ertiga rata2 terawat unitnya
Wah, lengkap sekali penjelasanya. Bisa buat panduan kalo mau hunting Ertiga.
Harga shockbreaker nya ..... :big_chicken: mematahkan pikiran saya sparepart Suzuki selalu murah.
Innova lebih murah kayaknya ya

Telaten ngerawat mobil ya om. Konsumsi BBM irit banget. APV mah paling bagus 1:12 lukot (Pertamax), dalkot (Pertalite) 1:8-9 udah bagus, malah pernah 1:7.
Oli nggak boleh API SM ya om kalo nggak salah , karena masih flat tappet atau apa isitilahnya pernah baca di trit oli
Makasih banyak sharingnya, berguna sekali :off_good_job:
btw itu harga shockbreaker yang 1,2 udah include per nya om...hehe
innova ngga dapet om segitu sama per..saya pake anki soalnya :big_deal:
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by kandlcorp »

erwinign wrote: Wed Mar 04, 2020 7:07

Sempitnya enggak om, lbh ke cukupan aja kl pas posisi duduk. Buat saya legroomnya better ertiga drpd livina dan avanza. Avanza di bawah kursi row 2 avanza itu kemakan buat tmpt gardan kayanya, jd agak ngurangin legroomnya (coba taxol avanza mestinya notice yg saya maksud, keliatan gundukan di bawah kursi gt). Kl di ertiga cuma masalah dikit di akses nya om, jadi krn pintunya panjang kl mau masuk kakinya hrs majuan dikit. Ertiga jg bagusnya di layout kabin mereka set kaya theatre om, jd yg duduk di row 2 sama 3 sama2 nggak gitu ketutup headrest/kepala orang yg duduk di dpnnya (ini banyak yang nggak begitu notice, kl udah biasa sama ini trs naik avanza kerasa mestinya).

Masih om, saya pakai dr baru (2014)
Part yg udah diganti:
- Engine mounting kanan (sejajar driver), ini rata2 km 50rb an pd kena. Harga 800rb an+ongkos hampir 200rb
- Shockbreaker depan baru ganti, yg kanan udah lemah sy ganti sepasang. Hrg 1,2jt/pc (agak mahal krn ganti sekalian sama pernya segelondong). Buat sy ttp berani ambil shockbreaker OEM krn bawaannya merk monroe, bantingannya enak banget ini (makanya banyak orang bilang bantingan ertiga enak ya gr2 ini)
- Handle bagasi belakang patah, ganti sktr 135rb (byk yg kena)
- Driveshaft kanan pernah ganti, kena 1,8jt (kepentok sesuatu sy lupa, gejalanya pas belok bunyi kletek2 ketarik)
- Kampas rem udah ganti 2x, harga 400rban asli SGP
- Bubut discbrake, 300rban (maklum pny saya matic, rem lbh banyak main)
- Kuras ATF, habis 5lt metode manual (Pake Q8 Auto JK, comply ke speknya AW1. Ini sering miss disini suzuki)
- Belt2 udah pd ganti, yg muterin kompresor sama ke water pump (sy lupa istilahnya apa) krn waktu itu decit terus pas start pertama kali, ngeganggu. Ganti dua2nya (part asli) sama jasa di beres hampir 200rb, merk mitsuboshi.

So far, hampir 6th pakai yg saya rasain kaki2 mulai gluduk2, sy bawa ke bengkel kaki2 langganan di setel lg beres. Bensin shell super/pertamax. Rute lukot full tol/setengah tol setengah jalan biasa (bandung-semarang) AVG 1:13-17. Rekor paling irit bandung-jakarta 1:21 nyetir normal. Banyak puasnya kl ditanya ini om, cost perawatannya khas suzuki yg murah dan problem solvingnya oke. Oli harus yang TBNnya tinggi biar HLA shimnya nggak gampang aus (biasanya bunyi kletek2 kasar kl nggak gini). Steering rack jg masih aman.

Mestinya kl ertiga, peluang dapet unit bagus lbh gede om dibanding avanza2an, ttp ati2 aja krn ertiga jg banyak dipake taxol. Tp sejauh ini taxol kl saya dpt ertiga rata2 terawat unitnya
nice review om
mestinya dibikinin thread tersendiri nih pengalaman gini jadi orang kl mau nyari next time lgsg dapet
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by ransyah1234 »

v-tec 125 wrote: Wed Mar 04, 2020 4:02 Waduh 3x Ertiga. :big_peace:
Alasannya apa om kalo boleh tau, mobilnya rewel nggak sih?
Apa ada penyakit2 bawaannya?
Saya baca2 di forum sebelah kaki2nya nggak awet, terus Racksteer, Axle Beam ( batch 2018 sblm ganti model masih bermasalah? )
Saya pernah naik taksol sih nyaman mobilnya. Cuma ada bunyi gluduk2 dari roda depan. Odo 60rb-an.
hanya berdasarkan kriteria om vtec nomer 1-3
saya sering naik grab dapet 3 mobil pilihan om
paling hepi ya kalau dapet ertiga itu
paling nyaman

perawatan, saya ga punya data perbandingannya. tapi at least temen yang punya ertiga bilang murah kok mbengkelnya
innova, ya bensinnya relatif lebih boros (bensin to?)
sienta, duduk di baris ke-2 tangan bingung mau taruh mana
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by maastricht889 »

v-tec 125 wrote: Wed Mar 04, 2020 8:18
erwinign wrote: Wed Mar 04, 2020 7:07 Sempitnya enggak om, lbh ke cukupan aja kl pas posisi duduk. Buat saya legroomnya better ertiga drpd livina dan avanza. Avanza di bawah kursi row 2 avanza itu kemakan buat tmpt gardan kayanya, jd agak ngurangin legroomnya (coba taxol avanza mestinya notice yg saya maksud, keliatan gundukan di bawah kursi gt). Kl di ertiga cuma masalah dikit di akses nya om, jadi krn pintunya panjang kl mau masuk kakinya hrs majuan dikit. Ertiga jg bagusnya di layout kabin mereka set kaya theatre om, jd yg duduk di row 2 sama 3 sama2 nggak gitu ketutup headrest/kepala orang yg duduk di dpnnya (ini banyak yang nggak begitu notice, kl udah biasa sama ini trs naik avanza kerasa mestinya).

Masih om, saya pakai dr baru (2014)
Part yg udah diganti:
- Engine mounting kanan (sejajar driver), ini rata2 km 50rb an pd kena. Harga 800rb an+ongkos hampir 200rb
- Shockbreaker depan baru ganti, yg kanan udah lemah sy ganti sepasang. Hrg 1,2jt/pc (agak mahal krn ganti sekalian sama pernya segelondong). Buat sy ttp berani ambil shockbreaker OEM krn bawaannya merk monroe, bantingannya enak banget ini (makanya banyak orang bilang bantingan ertiga enak ya gr2 ini)
- Handle bagasi belakang patah, ganti sktr 135rb (byk yg kena)
- Driveshaft kanan pernah ganti, kena 1,8jt (kepentok sesuatu sy lupa, gejalanya pas belok bunyi kletek2 ketarik)
- Kampas rem udah ganti 2x, harga 400rban asli SGP
- Bubut discbrake, 300rban (maklum pny saya matic, rem lbh banyak main)
- Kuras ATF, habis 5lt metode manual (Pake Q8 Auto JK, comply ke speknya AW1. Ini sering miss disini suzuki)
- Belt2 udah pd ganti, yg muterin kompresor sama ke water pump (sy lupa istilahnya apa) krn waktu itu decit terus pas start pertama kali, ngeganggu. Ganti dua2nya (part asli) sama jasa di beres hampir 200rb, merk mitsuboshi.

So far, hampir 6th pakai yg saya rasain kaki2 mulai gluduk2, sy bawa ke bengkel kaki2 langganan di setel lg beres. Bensin shell super/pertamax. Rute lukot full tol/setengah tol setengah jalan biasa (bandung-semarang) AVG 1:13-17. Rekor paling irit bandung-jakarta 1:21 nyetir normal. Banyak puasnya kl ditanya ini om, cost perawatannya khas suzuki yg murah dan problem solvingnya oke. Oli harus yang TBNnya tinggi biar HLA shimnya nggak gampang aus (biasanya bunyi kletek2 kasar kl nggak gini). Steering rack jg masih aman.

Mestinya kl ertiga, peluang dapet unit bagus lbh gede om dibanding avanza2an, ttp ati2 aja krn ertiga jg banyak dipake taxol. Tp sejauh ini taxol kl saya dpt ertiga rata2 terawat unitnya
Wah, lengkap sekali penjelasanya. Bisa buat panduan kalo mau hunting Ertiga.
Harga shockbreaker nya ..... :big_chicken: mematahkan pikiran saya sparepart Suzuki selalu murah.
Innova lebih murah kayaknya ya

Telaten ngerawat mobil ya om. Konsumsi BBM irit banget. APV mah paling bagus 1:12 lukot (Pertamax), dalkot (Pertalite) 1:8-9 udah bagus, malah pernah 1:7.
Oli nggak boleh API SM ya om kalo nggak salah , karena masih flat tappet atau apa isitilahnya pernah baca di trit oli
Makasih banyak sharingnya, berguna sekali :off_good_job:
Stl megang suzuki sy mikirnya gpp agak mahal buat suzuki om (ini selain M15 ya), penting sy dapet barangnya asli, krn kalo di merk lain harga segitu mungkin aja dpt kw/aftermarketan om (pukul rata semua jenis part). Ada sih kayaba/tokico, pernah pasang di yaris bakpao ya harga nggak kepaut byk sama aslinya jg dan feelnya generic banget, makanya saya decide begitu. Shockbreaker mungkin dibanding honda malah msh lbh murah ini om kl sama2 asli.

Dibandng avanza, soal cari part lbh prefer suzuki sy om, kl toyodai itu ampe pusing pilih yg mana krn ndak bs bedain kw apa asli (buat yg pasaran ini).

Waduh kl apv jangan nanya om, itu borosnya ampuun. Pernah punya yg 2004 bener2 unit awal (nov 2004), jaman itu msh pake premium tiap 1-2 hari ngisi bensin terus. Jarumnya cepet banget turun hahahaha.

Soal oli betul om, antara api SL/SN. Cuma skrg kl ambil oli suzuki yg ecstar (gantiin sgo) itu 0w20nya udah api SN.

Kl ertiga soal cara nyetirnya jg punya karakter sendiri om (maksud sy lelet), alus banget karakternya. Kl udah dpt slahnya, enak ini mobil terutama kl udah lukot
Last edited by maastricht889 on Wed Mar 04, 2020 11:45, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by DOHC »

ChZ wrote: Wed Mar 04, 2020 7:59
v-tec 125 wrote: Wed Mar 04, 2020 6:18
Berarti jadinya ambil Freed 2nd ya? Apa yg mesti diperhatikan kalo mau ambil Freed second? (Maaf saya awam otomotif, paling mentok bisa ganti oli aja)
Saya penasaran, apa betul Honda itu perawatannya susah dan mahal
Freed, perhatiin kaki-kaki. Kalo odometernya gondrong, tierod ama steering racknya mulai kena pasti. Gw pengalaman 2 Freed odo 70k+ masalahnya muter-muter di seputaran tierod dan steering rack.

Perawatan Freed lumayan basic kok. Ganti oli, tune-up, stelklep (Honda L15 masih pake stelklep, ngga sering-sering amat sih cuma kalo dirasa dari mesin ada bunyi aneh aja di stel klepnya), transmisi ganti ATF periodik sesuai rekomendasi diler (biarpun ane rekomen 1-2 thn sekali tergantung pemakaian krn indo traffic dan kondisi udara tropis).

Mahalnya kalo di BeRes aja kok :mky_01: di luar BeRes mah murmer murmer aja. harga partnya utk kaki-kaki mungkin agak mahal kalo dibandingin kelas LMPV...
mods

itu L15 emg stel klep per brapa km seh, ane punya kmaren pas 110an rebu iseng2 mau stel, aneh nya masi blm pd brubah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by maastricht889 »

krniawnhdr wrote: Wed Mar 04, 2020 8:58
v-tec 125 wrote: Wed Mar 04, 2020 8:18
erwinign wrote: Wed Mar 04, 2020 7:07 Sempitnya enggak om, lbh ke cukupan aja kl pas posisi duduk. Buat saya legroomnya better ertiga drpd livina dan avanza. Avanza di bawah kursi row 2 avanza itu kemakan buat tmpt gardan kayanya, jd agak ngurangin legroomnya (coba taxol avanza mestinya notice yg saya maksud, keliatan gundukan di bawah kursi gt). Kl di ertiga cuma masalah dikit di akses nya om, jadi krn pintunya panjang kl mau masuk kakinya hrs majuan dikit. Ertiga jg bagusnya di layout kabin mereka set kaya theatre om, jd yg duduk di row 2 sama 3 sama2 nggak gitu ketutup headrest/kepala orang yg duduk di dpnnya (ini banyak yang nggak begitu notice, kl udah biasa sama ini trs naik avanza kerasa mestinya).

Masih om, saya pakai dr baru (2014)
Part yg udah diganti:
- Engine mounting kanan (sejajar driver), ini rata2 km 50rb an pd kena. Harga 800rb an+ongkos hampir 200rb
- Shockbreaker depan baru ganti, yg kanan udah lemah sy ganti sepasang. Hrg 1,2jt/pc (agak mahal krn ganti sekalian sama pernya segelondong). Buat sy ttp berani ambil shockbreaker OEM krn bawaannya merk monroe, bantingannya enak banget ini (makanya banyak orang bilang bantingan ertiga enak ya gr2 ini)
- Handle bagasi belakang patah, ganti sktr 135rb (byk yg kena)
- Driveshaft kanan pernah ganti, kena 1,8jt (kepentok sesuatu sy lupa, gejalanya pas belok bunyi kletek2 ketarik)
- Kampas rem udah ganti 2x, harga 400rban asli SGP
- Bubut discbrake, 300rban (maklum pny saya matic, rem lbh banyak main)
- Kuras ATF, habis 5lt metode manual (Pake Q8 Auto JK, comply ke speknya AW1. Ini sering miss disini suzuki)
- Belt2 udah pd ganti, yg muterin kompresor sama ke water pump (sy lupa istilahnya apa) krn waktu itu decit terus pas start pertama kali, ngeganggu. Ganti dua2nya (part asli) sama jasa di beres hampir 200rb, merk mitsuboshi.

So far, hampir 6th pakai yg saya rasain kaki2 mulai gluduk2, sy bawa ke bengkel kaki2 langganan di setel lg beres. Bensin shell super/pertamax. Rute lukot full tol/setengah tol setengah jalan biasa (bandung-semarang) AVG 1:13-17. Rekor paling irit bandung-jakarta 1:21 nyetir normal. Banyak puasnya kl ditanya ini om, cost perawatannya khas suzuki yg murah dan problem solvingnya oke. Oli harus yang TBNnya tinggi biar HLA shimnya nggak gampang aus (biasanya bunyi kletek2 kasar kl nggak gini). Steering rack jg masih aman.

Mestinya kl ertiga, peluang dapet unit bagus lbh gede om dibanding avanza2an, ttp ati2 aja krn ertiga jg banyak dipake taxol. Tp sejauh ini taxol kl saya dpt ertiga rata2 terawat unitnya
Wah, lengkap sekali penjelasanya. Bisa buat panduan kalo mau hunting Ertiga.
Harga shockbreaker nya ..... :big_chicken: mematahkan pikiran saya sparepart Suzuki selalu murah.
Innova lebih murah kayaknya ya

Telaten ngerawat mobil ya om. Konsumsi BBM irit banget. APV mah paling bagus 1:12 lukot (Pertamax), dalkot (Pertalite) 1:8-9 udah bagus, malah pernah 1:7.
Oli nggak boleh API SM ya om kalo nggak salah , karena masih flat tappet atau apa isitilahnya pernah baca di trit oli
Makasih banyak sharingnya, berguna sekali :off_good_job:
btw itu harga shockbreaker yang 1,2 udah include per nya om...hehe
innova ngga dapet om segitu sama per..saya pake anki soalnya :big_deal:
Yess bener om, dan buat brand kelas tengah2-bawah sy juga surprised ternyata bawaanya monroe. Pdhl kelas lmpv kebawah biasa kayaba yg b aja. Makanya sy berani walaupun agak mahal. Di tokped ada yg di futz istana lbh murah dan sama2 monroe, cuma liat dr feedback yg dah beli hrs diakalin dikit biar nggak gampang mentok (bunyi "duk").

Kl udah kelas innova siiih, udah beda om hahahahaha. Cap "affordable" buat innova-fortuner ya sesuai kelasnya, dan memang kualitasnya bener2 yahud (sy masih ada innova E 2010 bensin, kaki2 belum ada yg ganti dan masih senyap banget. Odo 150rb)
User avatar
pendoli
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by pendoli »

v-tec 125 wrote: Wed Mar 04, 2020 4:02
ransyah1234 wrote: Mon Mar 02, 2020 16:26 kalau saya sih pilih ertiga

lalu ertiga
baru kemudian ertiga

ehehehe
Waduh 3x Ertiga. :big_peace:
Alasannya apa om kalo boleh tau, mobilnya rewel nggak sih?
Apa ada penyakit2 bawaannya?
Saya baca2 di forum sebelah kaki2nya nggak awet, terus Racksteer, Axle Beam ( batch 2018 sblm ganti model masih bermasalah? )
Saya pernah naik taksol sih nyaman mobilnya. Cuma ada bunyi gluduk2 dari roda depan. Odo 60rb-an.
pendoli wrote: Mon Mar 02, 2020 23:15 Sienta Q dapet kayanya asal langsung ke pengguna. Memenuhi semua syarat tapii bagasi sempit kayanya harus lipet satu jok belakang

Nav1 juga dapet n muat harusnya kalo kursi rodanya model lipet

Serena dapet juga tapi ga tau ngerawatnya wkwk
Liat di ol* masih di atas budget sih om yg Sienta Q. Tapi saya type G juga udah cukup, nggak mudeng sama fitur2 begituan om. :big_childish:
Boleh share om tentang Sienta, mungkin pernah ada pengalaman atau malah om user Sienta?

Serena, Nav1 skip om. Nggak siap mental dan finansial. :thanks:
Bean06 wrote: Tue Mar 03, 2020 17:52 Akses mudah ya sliding door : Sienta G/Q
Siap om :big_deal:
Masih ngumpulin informasi kenapa kok harga sekennya ancur banget, takutnya ada masalah besar yg tersembunyi.
Harchi wrote: Tue Mar 03, 2020 21:45 Klo dari kebutuhan ts kayaknya sienta paling pas dari 3 pilihan itu. Tapi klo ada pilihan sienta n innova, kenapa nav 1 ga masuk dlm list? Harusnya nav1 jg masuk kriteria n lebih pas malahan. Naik turun di nav1 jg lebih gampang drppd naik turun ke innova
Nav1 sih emang mobil impian saya om. Cuma saya nggak siap mental dan finansial. Dan bayangan saya mobilnya nggak awet dan rewel. CMIIW
Kalo Innova baca2 SM kayaknya mobil yg badak banget, dan nyaman. Jadi saya masukin list incaran. Tapi kata om bakal di atas, ternyata aksesnya susah buat orang tua.
Tinggal Sienta, Ertiga, atau Freed jadinya sekarang.
krniawnhdr wrote: Wed Mar 04, 2020 2:51 go for serena C24 atau nav1 om....
Mmm anu om, kelasnya udah masuk MPV Premium di mata saya. Takut susah dan mahal ngerawatnya. Bener gak sih om?
Maap di mobile

Dulu user sienta Q om, dan umur setaon++ laku di 168 ke pedagang zzz klo rajin nyari n approach langsung pemilik bisa lsh dapet kayanya :p

Sienta enak si. Ganti ke voxy cuma karena ga muat aja buat kami (gede2 orangnya). Yg kurang enak dari sienta cuma posisi persneling aja... soal harga resale yah karena selera pasar aja si ga cocok designnya

Bunyi dari pintu samping biasanya karena tutup pintu sambil jalan. Klo berhenti sempurna si ngga bunyi

Nav1 ngga rewel kok cuma tampangnya aja jele tapi ya namanya lbh tua pasti jajannya lebih
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by Pboyz97 »

Kalo kemudahan akses buat orang tua sih, sienta juaranya, sliding doornya sm gc rendah udah pasti memudahkan orang tua buat masuk. Pilihan ke 2 saya vote ertiga, paling muda dan buat orang tua msih bisa masuk, cuma gak segampang sienta karena blm pintu geser
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Mohon saran MPV budget 170 juta

Post by quyquy »

Nambahin lagi ya:

Sienta itu 3 airbag. Airbag driver + lutut driver dan airbag penumpang depan.

Lalu yg matic, pas ditanjakan (misal parkiran mall) tiba2 depan berhenti mendadak. Kita injek nih pedal rem. Lalu pas depan jalan lagi, kita lepas pedal rem utk ngegas si mobil nggak ngeloyor kebawah. Pernah coba ada 25 detikan bs maintain mbl di posisi diam. Jd meski nggak ada embel2 hill hold tp faktanya bisa spt itu. Pernah nyoba mobil lain (suv kompak 5 seater tiga berilan 2000cc) dng kondisi sama kudu tarik handbrake.

Lalu sienta ketika row 2 dan row 3 dilipat jok bagian sandaran punggungnya aja, trus gelar cover bed tebal, bisa buat tiduran. Dan asiknya kepala nggak mentok waktu duduk diatas lipatan sandaran jok. Lmyn bisa jadi mini camper van dadakan.

Urusan mesin, buat yg matik, urusan rpm bawah sebenarnya cukup responsif kok. Pernah nyoba cvtnya suv kompak 5 seater 3 berlian rpm bawahnya malah cenderung lebih lemot ketimbang sienta (sienta lebih responsif). Lalu utk nafas rpm atasnya sueer galak dan panjang. Enak buat nyalip panjang. Topspeed mudah sampai 180. Malah rumornya lebih dari itu liat dari gps. Jd jarum tetep di 180 tp diliat di gps narik terus sampe 200an.