Butuh masukan mobil pengganti (baru atau bekas)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Butuh masukan mobil pengganti (baru atau bekas)
Kalau upgrade berarti mobil yg lama dijual yah.
Artinya akan jadi 1-1 nya mobil misal dalam waktu 5 thn ke depan.
Nah kalau 5 thn ke depan asumsinya pasti mobil baru jarang rusak sampai 5 thn ke depan.
Kalau mau beli bekas.
1. Coba test drive misal Innova atau Fortuner, suka yang mana.
2. Setelah itu pejajari biaya rutin, mungkin bisa ke bengkel resminya, ambil itu sebagai patokan. Jadi terbayang berapa biaya rutin yang akan dikerluarkan
3. Cari unit bekas apakah tahu cara mencari mobil yg SEGAR. Mesin, Transmisi, Turbo, kaki kaki, AC.
4. Kalau mau mobil bekas yang badak cari track record mobil yang pernah dipakai sampai KM balik NOL lagi spt Innova
Kalau mau merawat sendiri tidak di bengkel resmi, apakah termasuk penghobi mobil tahu apa saja list part yang harus dimantain.
1. Olie Mesin tiap 5 rb atau 7 bulan ganti (semua mobil)
2. Oli Transmisi tiap 20-40 rb KM atau 2-3 thn (semua mobil)
3. Oli Gardan tiap 40 rb atau 2 thn ganti (penggerak roda belakang)
4. Oli Rem tiap 2 thn harus di kuras (semua mobil)
5. Oli power steering tiap 3 thn harus di kuras (yang pakai power steering bukan elektronik power steering)
6. Harus kasih grease propeler shaft biasanya di 3 titik (penggerak roda belakang)
7. Cairan radiator ada yg tahan 3 thn ada yg tahan 5 thn (semua mobil) belt
8. Timing belt tiap 100 rb km atau 5 thn (tidak semua mobil ada, ada yang timing chain)
Semua itu harus dimonitor kalau mau mobil selalu sehat ALIAS tidak keluar biaya yg rusak akibat lupa ganti oli:
1. Mesin ini paling susah benerinnya
2. Transmisi juga tidak mudah betulinnya
3. Gardan lebih mudah tapi tetap saja akan keluar biaya jutaan. Selama ganti oli teratur awet sampai puluhan tahun
4,5,6,7. Kalau tidak diganti keluar duit jutaan untuk ganti part belum lagi JASA
8. Jangan sampai putus, karena akan keluar duit belasan jt
Tapi saya pengalaman beli mobil dr baru macam macam Panther, Innova, Grand Livina, Mobilio,
Semuanya pernah paai diatas 5 thn.
Innova diesel thn ke 7 cuma ganti long tie road, aki tiap 4 -5 thn an
Grand Livina thn ke 3 kaki kaki bunyi ganti total 5 jt an, aki tiap 1.5 thn s/d 2 thn
Mobilio thn ke 4 kaki kaki bunyi tapi saya biarin sampai thn ke 5 (sekarang). Aki tiap 2 thn ganti.
Aki untuk mobil 1500 CC kalau sering kena macet jangka waktu lama maka umur sekitar 2 thn, kalau jarang kena macet bisa 3 sampai 4 thn.
Artinya akan jadi 1-1 nya mobil misal dalam waktu 5 thn ke depan.
Nah kalau 5 thn ke depan asumsinya pasti mobil baru jarang rusak sampai 5 thn ke depan.
Kalau mau beli bekas.
1. Coba test drive misal Innova atau Fortuner, suka yang mana.
2. Setelah itu pejajari biaya rutin, mungkin bisa ke bengkel resminya, ambil itu sebagai patokan. Jadi terbayang berapa biaya rutin yang akan dikerluarkan
3. Cari unit bekas apakah tahu cara mencari mobil yg SEGAR. Mesin, Transmisi, Turbo, kaki kaki, AC.
4. Kalau mau mobil bekas yang badak cari track record mobil yang pernah dipakai sampai KM balik NOL lagi spt Innova
Kalau mau merawat sendiri tidak di bengkel resmi, apakah termasuk penghobi mobil tahu apa saja list part yang harus dimantain.
1. Olie Mesin tiap 5 rb atau 7 bulan ganti (semua mobil)
2. Oli Transmisi tiap 20-40 rb KM atau 2-3 thn (semua mobil)
3. Oli Gardan tiap 40 rb atau 2 thn ganti (penggerak roda belakang)
4. Oli Rem tiap 2 thn harus di kuras (semua mobil)
5. Oli power steering tiap 3 thn harus di kuras (yang pakai power steering bukan elektronik power steering)
6. Harus kasih grease propeler shaft biasanya di 3 titik (penggerak roda belakang)
7. Cairan radiator ada yg tahan 3 thn ada yg tahan 5 thn (semua mobil) belt
8. Timing belt tiap 100 rb km atau 5 thn (tidak semua mobil ada, ada yang timing chain)
Semua itu harus dimonitor kalau mau mobil selalu sehat ALIAS tidak keluar biaya yg rusak akibat lupa ganti oli:
1. Mesin ini paling susah benerinnya
2. Transmisi juga tidak mudah betulinnya
3. Gardan lebih mudah tapi tetap saja akan keluar biaya jutaan. Selama ganti oli teratur awet sampai puluhan tahun
4,5,6,7. Kalau tidak diganti keluar duit jutaan untuk ganti part belum lagi JASA
8. Jangan sampai putus, karena akan keluar duit belasan jt
Tapi saya pengalaman beli mobil dr baru macam macam Panther, Innova, Grand Livina, Mobilio,
Semuanya pernah paai diatas 5 thn.
Innova diesel thn ke 7 cuma ganti long tie road, aki tiap 4 -5 thn an
Grand Livina thn ke 3 kaki kaki bunyi ganti total 5 jt an, aki tiap 1.5 thn s/d 2 thn
Mobilio thn ke 4 kaki kaki bunyi tapi saya biarin sampai thn ke 5 (sekarang). Aki tiap 2 thn ganti.
Aki untuk mobil 1500 CC kalau sering kena macet jangka waktu lama maka umur sekitar 2 thn, kalau jarang kena macet bisa 3 sampai 4 thn.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Butuh masukan upgrade mobil (baru atau bekas)
Per tulisan ini di post, disc up to 12kingking wrote: Sun Mar 01, 2020 4:37Rush diskon brp gangeofreyap wrote: Sat Feb 29, 2020 16:17 Harga beli unit memang murah, tapi harga perawatan unit tidak akan berubah, kelas ga akan bohong.
Kalau sudah siap soal itu, sikat deh fortuner.
Btw, Rush skrg sudah free parts & jasa sampai dengan 50rb KM atau 4 tahun lho, jadi tinggal isi bensin aja.
Kalo dulu kan cuma free jasa aja.
![]()
![]()
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Butuh masukan upgrade mobil (baru atau bekas)
selama 10 thn pake Avanza 2010, berarti asumsi ane selama ini utk mobil tidak ada pengeluaran berarti, alias kalo boleh dibilang tabungan pasti udah sangat-sangat mencukupi karena mobilnya tidak hobi morotin usernyakingking wrote: Sat Feb 29, 2020 7:04 Siang suhu & senior
Sekarang pake avanza 2010, tahun ini ada rencana mau upgrade. Bingung mau upgrade mobil baru ato mobil bekas, dengan kondisi seperti ini
Baru : LSUV (terios, rush, xl7, xpander cross, brv)
Bekas : big SUV tahun 2015 (fortuner vnt G, pajero exceed, MUX)
Butuh masukan untuk upgrade dari 2 kondisi diatas beserta pertimbangan2nya, merk mobilnya belakangan klo udh pasti mau upgrade baru apa bekas![]()
Pemakaian mobil pada saat libur/weekend saja, lebih sering dipakai dalam kota, sesekali keluar kota
Terima kasih sebelumnya suhu & senior disini![]()

tinggal orientasinya :
mau peremajaan unit,
atau
mau "upgrade" kelas ?
Kalo cuma sekedar peremajaan unit, beli baru akan lebih cenderung worry free dan peace of mind, pilihan mobil di atas jg rawatannya selama 5 thn pertama sangat-sangat dibantu oleh program gratisan ATPM ntah jasa atau full 100% gratis dan ada warranty.
tapi kembali lagi, sdh 10 thn pake Avanza ganti ke LSUV baru, gengsi-meter ngga akan meningkat sedrastis kalo pake PajeTuner

PajeTunerMux untuk upgrade kelas akan lebih berasa gengsi-meter naik. Kalo ngerasa 10 thn kerja keras duit tabungan banyak pengen ngerasain yang "beda", ya mau setua apapun PajeTunerMux nya tetep lebih berasa puasnya. Cuma sesuai yang rekan-rekan disini sebutkan, does not come cheap. Harga akuisisi unitnya mungkin sama malah lebih murah dari LSUV baru.
Tapi dengan catatan :
- Mobil sdh 5 taun, yah walaupun ini mobil SUV ladder frame diesel dengan reputasi badak, tetep seminim-minimnya maintenance di depan mata sdh olinya 7 liter lebih dibanding Avanza yang gak sampe 4 liter. Belum servis lain-lainnya. Nggak ada garansi dan 5 taun pertama servis juga bayarin sendiri. Di luar BBMnya yang murah meriah moncrot, dan konsumsi BBM yang bisa ngisinya sebulan sekali, mobil diesel itu rawatannya lebih costly dari bensin. Purging, ganti filter solar rutin kalo pake biosolar, kalibrasi injektor, part-partnya juga lebih mahal daripada mobil bensin. Belum kita ngomong akinya yang harganya bisa 2x lipet aki Avanza (aki mobil diesel Ah nya gede-gede krn untuk start up juga butuh daya gede).
- Mobil diesel ladderframe itu cenderung dipake "kerja keras" sama pemiliknya, saking kuatnya. Odometernya mayoritas gondrong-gondrong, dan interior pasti kurang terawat. Pasti ada biaya bagusin interior juga.
- Ban, ini juga, Avanza bannya 4 biji mungkin cuma 2 juta gak sampe, sementara PajeTunerMux yah 2juta itu mungkin baru dapet sebiji

- Ya sisanya mobilnya ngga rewel sih, selama udah dibagusin, dipake sampe dunia kiamat juga masih jalan. Sebanding lah dengan pengeluarannya

Jadi tinggal pertimbangannya mau sekedar peremajaan unit atau kepengen ada rasa "hard work paid off" karena sdh 10 taun menguatkan diri dengan tidak ganti mobil. Kepuasannya beda.
Tinggal sebanding nggak biaya yang dikeluarkan berbanding kepuasannya

kalau masih nggak tega dompet dikuras buat manjain mobil mending beli LSUV baru saja

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Butuh masukan upgrade mobil (baru atau bekas)
Setuju nih mod.ChZ wrote: Mon Mar 02, 2020 3:25 -CUT-
PajeTunerMux untuk upgrade kelas akan lebih berasa gengsi-meter naik. Kalo ngerasa 10 thn kerja keras duit tabungan banyak pengen ngerasain yang "beda", ya mau setua apapun PajeTunerMux nya tetep lebih berasa puasnya. Cuma sesuai yang rekan-rekan disini sebutkan, does not come cheap. Harga akuisisi unitnya mungkin sama malah lebih murah dari LSUV baru.
Tapi dengan catatan :
- Mobil sdh 5 taun, yah walaupun ini mobil SUV ladder frame diesel dengan reputasi badak, tetep seminim-minimnya maintenance di depan mata sdh olinya 7 liter lebih dibanding Avanza yang gak sampe 4 liter. Belum servis lain-lainnya. Nggak ada garansi dan 5 taun pertama servis juga bayarin sendiri. Di luar BBMnya yang murah meriah moncrot, dan konsumsi BBM yang bisa ngisinya sebulan sekali, mobil diesel itu rawatannya lebih costly dari bensin. Purging, ganti filter solar rutin kalo pake biosolar, kalibrasi injektor, part-partnya juga lebih mahal daripada mobil bensin. Belum kita ngomong akinya yang harganya bisa 2x lipet aki Avanza (aki mobil diesel Ah nya gede-gede krn untuk start up juga butuh daya gede).
- Mobil diesel ladderframe itu cenderung dipake "kerja keras" sama pemiliknya, saking kuatnya. Odometernya mayoritas gondrong-gondrong, dan interior pasti kurang terawat. Pasti ada biaya bagusin interior juga.
- Ban, ini juga, Avanza bannya 4 biji mungkin cuma 2 juta gak sampe, sementara PajeTunerMux yah 2juta itu mungkin baru dapet sebijiban PajeTunerMux ini ban jenis AT (All Terrain) dan profilnya gendut-gendut pasti mahal.
- Ya sisanya mobilnya ngga rewel sih, selama udah dibagusin, dipake sampe dunia kiamat juga masih jalan. Sebanding lah dengan pengeluarannyasampai 10 thn kedepan mungkin pengeluaran hanya di periodic maintenance saja.
-CUT-
Temen ada yg abis ambil Fortuner 2015, kondisi lumayan mint karena odo baru sekitar 56rb an. Cuma ya tetep biaya rekondisi&administratif nya lumayan juga. Kalo gak salah habis sekitar 40 juta tuh.
Bayar pajak&balik nama sekitar 9 jutaan
Ganti ban 4 biji hampir 8 juta
Kuras&ganti semua oli sekitar 4 jutaan
Salon eksterior&interior 2 juta
Ganti part mesin&kaki-kaki 7 jutaan
Apalagi ya, sampe lupa. Masih banyak sih point2 rekondisi lainnya, cuma inget totalnya 40 jutaan

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Feb 24, 2020 6:56
Re: Butuh masukan mobil pengganti (baru atau bekas)
Profith83 wrote: Sun Mar 01, 2020 8:03 Kalau upgrade berarti mobil yg lama dijual yah.
Artinya akan jadi 1-1 nya mobil misal dalam waktu 5 thn ke depan.
Nah kalau 5 thn ke depan asumsinya pasti mobil baru jarang rusak sampai 5 thn ke depan.
Kalau mau beli bekas.
1. Coba test drive misal Innova atau Fortuner, suka yang mana.
2. Setelah itu pejajari biaya rutin, mungkin bisa ke bengkel resminya, ambil itu sebagai patokan. Jadi terbayang berapa biaya rutin yang akan dikerluarkan
3. Cari unit bekas apakah tahu cara mencari mobil yg SEGAR. Mesin, Transmisi, Turbo, kaki kaki, AC.
4. Kalau mau mobil bekas yang badak cari track record mobil yang pernah dipakai sampai KM balik NOL lagi spt Innova
Kalau mau merawat sendiri tidak di bengkel resmi, apakah termasuk penghobi mobil tahu apa saja list part yang harus dimantain.
1. Olie Mesin tiap 5 rb atau 7 bulan ganti (semua mobil)
2. Oli Transmisi tiap 20-40 rb KM atau 2-3 thn (semua mobil)
3. Oli Gardan tiap 40 rb atau 2 thn ganti (penggerak roda belakang)
4. Oli Rem tiap 2 thn harus di kuras (semua mobil)
5. Oli power steering tiap 3 thn harus di kuras (yang pakai power steering bukan elektronik power steering)
6. Harus kasih grease propeler shaft biasanya di 3 titik (penggerak roda belakang)
7. Cairan radiator ada yg tahan 3 thn ada yg tahan 5 thn (semua mobil) belt
8. Timing belt tiap 100 rb km atau 5 thn (tidak semua mobil ada, ada yang timing chain)
Semua itu harus dimonitor kalau mau mobil selalu sehat ALIAS tidak keluar biaya yg rusak akibat lupa ganti oli:
1. Mesin ini paling susah benerinnya
2. Transmisi juga tidak mudah betulinnya
3. Gardan lebih mudah tapi tetap saja akan keluar biaya jutaan. Selama ganti oli teratur awet sampai puluhan tahun
4,5,6,7. Kalau tidak diganti keluar duit jutaan untuk ganti part belum lagi JASA
8. Jangan sampai putus, karena akan keluar duit belasan jt
Tapi saya pengalaman beli mobil dr baru macam macam Panther, Innova, Grand Livina, Mobilio,
Semuanya pernah paai diatas 5 thn.
Innova diesel thn ke 7 cuma ganti long tie road, aki tiap 4 -5 thn an
Grand Livina thn ke 3 kaki kaki bunyi ganti total 5 jt an, aki tiap 1.5 thn s/d 2 thn
Mobilio thn ke 4 kaki kaki bunyi tapi saya biarin sampai thn ke 5 (sekarang). Aki tiap 2 thn ganti.
Aki untuk mobil 1500 CC kalau sering kena macet jangka waktu lama maka umur sekitar 2 thn, kalau jarang kena macet bisa 3 sampai 4 thn.
ChZ wrote: Mon Mar 02, 2020 3:25
selama 10 thn pake Avanza 2010, berarti asumsi ane selama ini utk mobil tidak ada pengeluaran berarti, alias kalo boleh dibilang tabungan pasti udah sangat-sangat mencukupi karena mobilnya tidak hobi morotin usernya![]()
tinggal orientasinya :
mau peremajaan unit,
atau
mau "upgrade" kelas ?
Kalo cuma sekedar peremajaan unit, beli baru akan lebih cenderung worry free dan peace of mind, pilihan mobil di atas jg rawatannya selama 5 thn pertama sangat-sangat dibantu oleh program gratisan ATPM ntah jasa atau full 100% gratis dan ada warranty.
tapi kembali lagi, sdh 10 thn pake Avanza ganti ke LSUV baru, gengsi-meter ngga akan meningkat sedrastis kalo pake PajeTuner![]()
PajeTunerMux untuk upgrade kelas akan lebih berasa gengsi-meter naik. Kalo ngerasa 10 thn kerja keras duit tabungan banyak pengen ngerasain yang "beda", ya mau setua apapun PajeTunerMux nya tetep lebih berasa puasnya. Cuma sesuai yang rekan-rekan disini sebutkan, does not come cheap. Harga akuisisi unitnya mungkin sama malah lebih murah dari LSUV baru.
Tapi dengan catatan :
- Mobil sdh 5 taun, yah walaupun ini mobil SUV ladder frame diesel dengan reputasi badak, tetep seminim-minimnya maintenance di depan mata sdh olinya 7 liter lebih dibanding Avanza yang gak sampe 4 liter. Belum servis lain-lainnya. Nggak ada garansi dan 5 taun pertama servis juga bayarin sendiri. Di luar BBMnya yang murah meriah moncrot, dan konsumsi BBM yang bisa ngisinya sebulan sekali, mobil diesel itu rawatannya lebih costly dari bensin. Purging, ganti filter solar rutin kalo pake biosolar, kalibrasi injektor, part-partnya juga lebih mahal daripada mobil bensin. Belum kita ngomong akinya yang harganya bisa 2x lipet aki Avanza (aki mobil diesel Ah nya gede-gede krn untuk start up juga butuh daya gede).
- Mobil diesel ladderframe itu cenderung dipake "kerja keras" sama pemiliknya, saking kuatnya. Odometernya mayoritas gondrong-gondrong, dan interior pasti kurang terawat. Pasti ada biaya bagusin interior juga.
- Ban, ini juga, Avanza bannya 4 biji mungkin cuma 2 juta gak sampe, sementara PajeTunerMux yah 2juta itu mungkin baru dapet sebijiban PajeTunerMux ini ban jenis AT (All Terrain) dan profilnya gendut-gendut pasti mahal.
- Ya sisanya mobilnya ngga rewel sih, selama udah dibagusin, dipake sampe dunia kiamat juga masih jalan. Sebanding lah dengan pengeluarannyasampai 10 thn kedepan mungkin pengeluaran hanya di periodic maintenance saja.
Jadi tinggal pertimbangannya mau sekedar peremajaan unit atau kepengen ada rasa "hard work paid off" karena sdh 10 taun menguatkan diri dengan tidak ganti mobil. Kepuasannya beda.
Tinggal sebanding nggak biaya yang dikeluarkan berbanding kepuasannya![]()
kalau masih nggak tega dompet dikuras buat manjain mobil mending beli LSUV baru saja![]()
evanbngdor wrote: Mon Mar 02, 2020 4:25
Setuju nih mod.
Temen ada yg abis ambil Fortuner 2015, kondisi lumayan mint karena odo baru sekitar 56rb an. Cuma ya tetep biaya rekondisi&administratif nya lumayan juga. Kalo gak salah habis sekitar 40 juta tuh.
Bayar pajak&balik nama sekitar 9 jutaan
Ganti ban 4 biji hampir 8 juta
Kuras&ganti semua oli sekitar 4 jutaan
Salon eksterior&interior 2 juta
Ganti part mesin&kaki-kaki 7 jutaan
Apalagi ya, sampe lupa. Masih banyak sih point2 rekondisi lainnya, cuma inget totalnya 40 jutaan
![]()
Iya rencana mobil yg ada dijual dulu,
Makasih untuk om2 senior, sangat detail masukan dan saran2nya


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3036
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Butuh masukan upgrade mobil (baru atau bekas)
Budget brapa ya? 300jt ?kingking wrote: Sat Feb 29, 2020 7:04 Pemakaian mobil pada saat libur/weekend saja, lebih sering dipakai dalam kota, sesekali keluar kota
Terima kasih sebelumnya suhu & senior disini![]()
Biasanya harga pasaran 250-270 juta dah dapet yah unitnya. Macem VNT/Dakar tahun tua.
Trus buat rekondisi supaya kondisi ok pajero/fortuner sekelas butuh duit kurang lebih 10-15 juta.
Seputar oli mesin, oli matic, shockbreaker, engine mounting. Trus filter2 solar, udara, oli. Sama masalah klasik bbm busuk, cek injector sama pompa supply solar (tp yg ini jarang kejadian sih buat vnt/dakar lama)
Udah itu doank.....
Urusan ban kalo hoki dpt unit yg masih seger, kalo bannya dah rada busuk minta turunin harga aja dari yg jual tu mobil.
Sisanya tinggal isi solar busuk, stater, gas, jalan..
Ga banyak drama, mau dibawa keliling indonesia juga oke

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
- Location: banten
- Daily Vehicle: wuling confero
Re: Butuh masukan mobil pengganti (baru atau bekas)
mitcu XM sih..
kyknya cocok buat kebutuhan
kyknya cocok buat kebutuhan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Butuh masukan mobil pengganti (baru atau bekas)
Sebaiknya naik kelas jangan ketinggian.
Beli saja Innova coba 2-3 thn. Kalau dirasa maintenance nya gak mahal, bisa ganti yang SUV.
Mobil harga barunya semakin mahal PASTI maintenancenya juga mahal.
Cari yang odonya dibawah 100 rb dan yang memakai merawat mesin.
Oli mesin track record harus maks 7-8 bulan ganti, dll yg spt saya sebutkan diatas.
Tanya oli power steering kapan ganti? akan kelihatan kalau bohong. Misal bilang baru ganti 2-3 thn lalu tapi warnanya merah butek sekali atau hampir hitam …. dan jalan gak sampai 40 rb KM pasti bohong
Kelihatan kok kalau pemakai itu merawat mobilnya, pasti mobilnya enak tarikannya. Test drive akan kelihatan. Pas Test drive pastikan mobil dalam keadaan suhu kerja mesin alias sudah dipanasin mungkin 2-3 menit.
Mobil bekas pasti ada saja PR nya. Jarang orang jual mobil bekas.
Tapi kalau Innova harga bekas 250 dapat tuh thn 2015 yang grill depannya gede banget. Sebelum berubah generasi jadi All New Kijang Innova.
Mobil itu terkenal badak. Banyak orang yang pakai 8 thn atau diatas 100rb KM baru ada peremajaaan kaki kaki.
Jadi kalau beli thn 2015 KM 70 rb, maka tahun 2023 atau KM 100 rb nanti baru minta jajan kaki kaki(Asumsi jalan kota standard)
Beli saja Innova coba 2-3 thn. Kalau dirasa maintenance nya gak mahal, bisa ganti yang SUV.
Mobil harga barunya semakin mahal PASTI maintenancenya juga mahal.
Cari yang odonya dibawah 100 rb dan yang memakai merawat mesin.
Oli mesin track record harus maks 7-8 bulan ganti, dll yg spt saya sebutkan diatas.
Tanya oli power steering kapan ganti? akan kelihatan kalau bohong. Misal bilang baru ganti 2-3 thn lalu tapi warnanya merah butek sekali atau hampir hitam …. dan jalan gak sampai 40 rb KM pasti bohong

Kelihatan kok kalau pemakai itu merawat mobilnya, pasti mobilnya enak tarikannya. Test drive akan kelihatan. Pas Test drive pastikan mobil dalam keadaan suhu kerja mesin alias sudah dipanasin mungkin 2-3 menit.
Mobil bekas pasti ada saja PR nya. Jarang orang jual mobil bekas.
Tapi kalau Innova harga bekas 250 dapat tuh thn 2015 yang grill depannya gede banget. Sebelum berubah generasi jadi All New Kijang Innova.
Mobil itu terkenal badak. Banyak orang yang pakai 8 thn atau diatas 100rb KM baru ada peremajaaan kaki kaki.
Jadi kalau beli thn 2015 KM 70 rb, maka tahun 2023 atau KM 100 rb nanti baru minta jajan kaki kaki(Asumsi jalan kota standard)
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Feb 24, 2020 6:56
Re: Butuh masukan upgrade mobil (baru atau bekas)
Iya om klo pun jdnya beli big suv bekas yg versi old bukan all new, thx masukan & saran nyaKielConstantine wrote: Mon Mar 02, 2020 6:53
Budget brapa ya? 300jt ?
Biasanya harga pasaran 250-270 juta dah dapet yah unitnya. Macem VNT/Dakar tahun tua.
Trus buat rekondisi supaya kondisi ok pajero/fortuner sekelas butuh duit kurang lebih 10-15 juta.
Seputar oli mesin, oli matic, shockbreaker, engine mounting. Trus filter2 solar, udara, oli. Sama masalah klasik bbm busuk, cek injector sama pompa supply solar (tp yg ini jarang kejadian sih buat vnt/dakar lama)
Udah itu doank.....
Urusan ban kalo hoki dpt unit yg masih seger, kalo bannya dah rada busuk minta turunin harga aja dari yg jual tu mobil.
Sisanya tinggal isi solar busuk, stater, gas, jalan..
Ga banyak drama, mau dibawa keliling indonesia juga oke![]()

Klo angkut innova rada susah sepertinya om, istri gk suka dgn model nya, terlalu orang tua menurut diaProfith83 wrote: Mon Mar 02, 2020 9:27 Sebaiknya naik kelas jangan ketinggian.
Beli saja Innova coba 2-3 thn. Kalau dirasa maintenance nya gak mahal, bisa ganti yang SUV.
Mobil harga barunya semakin mahal PASTI maintenancenya juga mahal.
Cari yang odonya dibawah 100 rb dan yang memakai merawat mesin.
Oli mesin track record harus maks 7-8 bulan ganti, dll yg spt saya sebutkan diatas.
Tanya oli power steering kapan ganti? akan kelihatan kalau bohong. Misal bilang baru ganti 2-3 thn lalu tapi warnanya merah butek sekali atau hampir hitam …. dan jalan gak sampai 40 rb KM pasti bohong
Kelihatan kok kalau pemakai itu merawat mobilnya, pasti mobilnya enak tarikannya. Test drive akan kelihatan. Pas Test drive pastikan mobil dalam keadaan suhu kerja mesin alias sudah dipanasin mungkin 2-3 menit.
Mobil bekas pasti ada saja PR nya. Jarang orang jual mobil bekas.
Tapi kalau Innova harga bekas 250 dapat tuh thn 2015 yang grill depannya gede banget. Sebelum berubah generasi jadi All New Kijang Innova.
Mobil itu terkenal badak. Banyak orang yang pakai 8 thn atau diatas 100rb KM baru ada peremajaaan kaki kaki.
Jadi kalau beli thn 2015 KM 70 rb, maka tahun 2023 atau KM 100 rb nanti baru minta jajan kaki kaki(Asumsi jalan kota standard)

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Wed May 16, 2018 15:48
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: ertiga
Re: Butuh masukan upgrade mobil (baru atau bekas)
Ambil baru aja om,,ga perlu banyak khawatir,,,dipemakaian,,Xl 7 aja om,,,volume cabin lega,,vitur mewah,,,interior sporty,,lg promo free oli pula s/d 50rb km,,more info xl 7 cp on biokingking wrote:Iya om klo pun jdnya beli big suv bekas yg versi old bukan all new, thx masukan & saran nyaKielConstantine wrote: Mon Mar 02, 2020 6:53
Budget brapa ya? 300jt ?
Biasanya harga pasaran 250-270 juta dah dapet yah unitnya. Macem VNT/Dakar tahun tua.
Trus buat rekondisi supaya kondisi ok pajero/fortuner sekelas butuh duit kurang lebih 10-15 juta.
Seputar oli mesin, oli matic, shockbreaker, engine mounting. Trus filter2 solar, udara, oli. Sama masalah klasik bbm busuk, cek injector sama pompa supply solar (tp yg ini jarang kejadian sih buat vnt/dakar lama)
Udah itu doank.....
Urusan ban kalo hoki dpt unit yg masih seger, kalo bannya dah rada busuk minta turunin harga aja dari yg jual tu mobil.
Sisanya tinggal isi solar busuk, stater, gas, jalan..
Ga banyak drama, mau dibawa keliling indonesia juga oke![]()
![]()
Klo angkut innova rada susah sepertinya om, istri gk suka dgn model nya, terlalu orang tua menurut diaProfith83 wrote: Mon Mar 02, 2020 9:27 Sebaiknya naik kelas jangan ketinggian.
Beli saja Innova coba 2-3 thn. Kalau dirasa maintenance nya gak mahal, bisa ganti yang SUV.
Mobil harga barunya semakin mahal PASTI maintenancenya juga mahal.
Cari yang odonya dibawah 100 rb dan yang memakai merawat mesin.
Oli mesin track record harus maks 7-8 bulan ganti, dll yg spt saya sebutkan diatas.
Tanya oli power steering kapan ganti? akan kelihatan kalau bohong. Misal bilang baru ganti 2-3 thn lalu tapi warnanya merah butek sekali atau hampir hitam …. dan jalan gak sampai 40 rb KM pasti bohong
Kelihatan kok kalau pemakai itu merawat mobilnya, pasti mobilnya enak tarikannya. Test drive akan kelihatan. Pas Test drive pastikan mobil dalam keadaan suhu kerja mesin alias sudah dipanasin mungkin 2-3 menit.
Mobil bekas pasti ada saja PR nya. Jarang orang jual mobil bekas.
Tapi kalau Innova harga bekas 250 dapat tuh thn 2015 yang grill depannya gede banget. Sebelum berubah generasi jadi All New Kijang Innova.
Mobil itu terkenal badak. Banyak orang yang pakai 8 thn atau diatas 100rb KM baru ada peremajaaan kaki kaki.
Jadi kalau beli thn 2015 KM 70 rb, maka tahun 2023 atau KM 100 rb nanti baru minta jajan kaki kaki(Asumsi jalan kota standard)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
- Location: kota Surabaya
Re: Butuh masukan mobil pengganti (baru atau bekas)
ikut kasih masukan ya gan...
cerita ini sama seperti ane tahun lalu setelah jual honda city 2008 ane...
banyak pilihan mobil baru diangka segitu namun mindset saya selalu bicara "saya cari mobil enak (power, nyaman) bukan mencari status mobilnya (baru/bekas)"
malah pilihan ane mengerucut ke mobil bekas dengan harga yg sama....
pilihan ane dan istri jatuh ke innova V diesel 2015 kebawah, tapi dalam pikiran ane innova ya tetep innova ga akan naik kelas jadi mobil yg berkelas walaupun secara harga second nya hampir mirip2 dengan CRV 2.0 2013-2014 bahkan bisa lebih mahal...
dalam benak ane, klo emg harga innova disel V 2015 di angka 250an knp ga sekalian ambil fortuner G VNT yg harga nya diatas nya dikit walaupun tahun agak tua an dikit ya namun secara gengsi atau kelas jauh diatas innova bahkan bisa kliatan sedikit lebih berkelas dari CRV...
akhir nya ane coba gali info seputar fortuner VNT dan tanya2 dengan teman2 mekanik soal perwatan dan rewel nya seperti apa karna jujur ane belum pernah sama sekali punya mobil diesel, tp kata teman ane fortuner itu perawatan nya sama kaya innova diesel, lah wong mesin nya aja sama kok... hehehehe... dan mobil ini tidak pernah rewel bisa nenggak biosolar sekalipun tanpa ada kendala asal rajin ganti filter solar, purging dan ganti oli serta pake oli yg bagus misal syntethic oil.
singkat cerita....
akhirnya saya ambil fortuner VNT dengan angka KM masih 67rb an, pertama kali saya kaget dengan pedal gas yg enteng banget dengan body yg segitu gede nyaa...
selama setahun atau 15rb KM lebih pake ini mobil ga ada kendala apapun yaa.. cuman perawatan rutin aja ganti oli, ganti filter solar, purging, ganti oli matic, VET gardan klo ga salah...
yg saya heran dari mobil ini setiap kali masuk bengkel untuk tune up dalam hati selalu bilang, kok cmn gitu doank ya yg dikerjain, ini terjadi di bengkel teman mekanik saya dan juga di bengkel sport terkenal di kota surabaya pengerjaan nyaa hampir sama 'cuman gitu doank' hehehehe...
pas pengerjaan saya lsg tungguin mobil saya ini sampe selesai krn rasa penasaran seperti apa pengerjaan nya dan ternyata "cuman gitu doank" hahaha... saya tanya langsung ke mekaniknya ternyata jawabannya ya "cuman gitu doank"" wkwkwkw...
saya inget baru minggu lalu saya tune up dengan membawa filter solar sendiri cmn kena charge 350rb di bengkel sport terkenal tsb, ini lebih buat kaget saya lagii....wkwkwkwk...
tp negatif nya mobil ini yg saya rasakan adalah suspensinya keras yaa....
harga ban juga lumayan yaa.. paling murah setahu saya merk GT savero harga sekitar 1,050an lah per bijinya..
o ya satu lagi pajak nya untuk wilayah surabaya sekitar 5jt an....
cerita ini sama seperti ane tahun lalu setelah jual honda city 2008 ane...
banyak pilihan mobil baru diangka segitu namun mindset saya selalu bicara "saya cari mobil enak (power, nyaman) bukan mencari status mobilnya (baru/bekas)"
malah pilihan ane mengerucut ke mobil bekas dengan harga yg sama....
pilihan ane dan istri jatuh ke innova V diesel 2015 kebawah, tapi dalam pikiran ane innova ya tetep innova ga akan naik kelas jadi mobil yg berkelas walaupun secara harga second nya hampir mirip2 dengan CRV 2.0 2013-2014 bahkan bisa lebih mahal...
dalam benak ane, klo emg harga innova disel V 2015 di angka 250an knp ga sekalian ambil fortuner G VNT yg harga nya diatas nya dikit walaupun tahun agak tua an dikit ya namun secara gengsi atau kelas jauh diatas innova bahkan bisa kliatan sedikit lebih berkelas dari CRV...
akhir nya ane coba gali info seputar fortuner VNT dan tanya2 dengan teman2 mekanik soal perwatan dan rewel nya seperti apa karna jujur ane belum pernah sama sekali punya mobil diesel, tp kata teman ane fortuner itu perawatan nya sama kaya innova diesel, lah wong mesin nya aja sama kok... hehehehe... dan mobil ini tidak pernah rewel bisa nenggak biosolar sekalipun tanpa ada kendala asal rajin ganti filter solar, purging dan ganti oli serta pake oli yg bagus misal syntethic oil.
singkat cerita....
akhirnya saya ambil fortuner VNT dengan angka KM masih 67rb an, pertama kali saya kaget dengan pedal gas yg enteng banget dengan body yg segitu gede nyaa...
selama setahun atau 15rb KM lebih pake ini mobil ga ada kendala apapun yaa.. cuman perawatan rutin aja ganti oli, ganti filter solar, purging, ganti oli matic, VET gardan klo ga salah...
yg saya heran dari mobil ini setiap kali masuk bengkel untuk tune up dalam hati selalu bilang, kok cmn gitu doank ya yg dikerjain, ini terjadi di bengkel teman mekanik saya dan juga di bengkel sport terkenal di kota surabaya pengerjaan nyaa hampir sama 'cuman gitu doank' hehehehe...
pas pengerjaan saya lsg tungguin mobil saya ini sampe selesai krn rasa penasaran seperti apa pengerjaan nya dan ternyata "cuman gitu doank" hahaha... saya tanya langsung ke mekaniknya ternyata jawabannya ya "cuman gitu doank"" wkwkwkw...
saya inget baru minggu lalu saya tune up dengan membawa filter solar sendiri cmn kena charge 350rb di bengkel sport terkenal tsb, ini lebih buat kaget saya lagii....wkwkwkwk...
tp negatif nya mobil ini yg saya rasakan adalah suspensinya keras yaa....
harga ban juga lumayan yaa.. paling murah setahu saya merk GT savero harga sekitar 1,050an lah per bijinya..
o ya satu lagi pajak nya untuk wilayah surabaya sekitar 5jt an....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Butuh masukan mobil pengganti (baru atau bekas)
kalau mobil lama perlu dijual, lbh baik peremajaan avanza ato rush terios dkk
kalau tidak perlu dijual, bebas mau pilih fortuner pajero mux bekas karena cita2 nya kalo memang itu ya ambil saja
kalau tidak perlu dijual, bebas mau pilih fortuner pajero mux bekas karena cita2 nya kalo memang itu ya ambil saja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Butuh masukan upgrade mobil (baru atau bekas)
saya pake avanza dari 2007-2012 dan 2012-2016kingking wrote: Sat Feb 29, 2020 7:04 Siang suhu & senior
Sekarang pake avanza 2010, tahun ini ada rencana mau upgrade. Bingung mau upgrade mobil baru ato mobil bekas, dengan kondisi seperti ini
Baru : LSUV (terios, rush, xl7, xpander cross, brv)
Bekas : big SUV tahun 2015 (fortuner vnt G, pajero exceed, MUX)
Butuh masukan untuk upgrade dari 2 kondisi diatas beserta pertimbangan2nya, merk mobilnya belakangan klo udh pasti mau upgrade baru apa bekas![]()
Pemakaian mobil pada saat libur/weekend saja, lebih sering dipakai dalam kota, sesekali keluar kota
Terima kasih sebelumnya suhu & senior disini![]()
dan sekarang saya pake BHB (beli baru tahun 2018)
di rumah, Bapak saya pake Innova Diesel 2GD matic 2016
paman saya pake PJS Exceed 2014
sebelom beli BHB, sempet kepikiran mau ngudak Fortuner non-VNT atau PJS Exceed bekas, yang usianya uda 7-8 tahun.
atau beli Innova Diesel Matic lagi yang usianya sudah 5-6 tahun.
cuma saya mikirnya begini:
1. pajak
Fortuner - PJS pajaknya di antara 5 jutaan.
Innova pajaknya 3.5-4 jutaan
BHB cuma 2.5 juta
2. biaya perawatan
yaa oke Fortuner - PJS mobil enak, tapi buat di awal awal pasti ada pre-owning cost dari pemilik sebelomnya yang mesti kita tanggung
seenggaknya buat balancing - spooring sama buat ganti filter-filter dan timing belt, dengan asumsi tidak ada kerusakan berarti
kalo ada yang rusak ya tetep aja lumayan, ban nya sebiji uda ketauan 1.1 juta kelas Savero sama Akiles Akelera.
beli baru tinggal klaim ke BeRes dan kalo klaim ga diterima, kita bisa cari 2nd opinion di BeRes lain, ga bisa juga, pake sistem gebrak meja dan surat pembaca.
3. pemakaian
mobil saya pake hampir setiap hari buat kerja, dalam kota Jakarta yang macet, dan harus siap ke luar kota.
daripada resiko ngebengkel, saya meningan beli baru wkwkwkwk
kalo buat weekend use dan ready ngebengkel sedikit sedikit, go for the second-handed one.
4. gengsi
ya ente dari apansa langsung ke portyuner uda skip innova, akan berasa peningkatan gengsinya
dari naek apansa langsung naik mobil yang barunya dulu 400-500 jutaan
dan temen-temen ente juga pasti ngeliat ente naik portyuner bekas lebih berkelas la daripada naek apansa in heels, ertiga ber make up atau mobilio in long dress.
dari apansa ke rusuh teriyos xl7 sama bierpi yaaa paling cuma dibilang,
mobil baru coi?
5. test drive dulu
coba rental fortuner vnt untuk 2 hari di weekend dan PJS Exceed untuk 2 hari di weekend berikutnya
rasain mana yang lebih enak
kalo uda, coba TD Rush, Terios, BR-V sama XL-7 nya.
kalo saya sih...
meningan Ertiga baru dari semua itu
atau kalo mau naik kelas, saya pilih PJS Exceed
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Butuh masukan mobil pengganti (baru atau bekas)
Klo buat pemakaian lama, jangan lupa masukan biaya balik nama. Bisa 10jt sendiri itu. Lagian seenak2nya mobil bekas umur 5 tahun, tetep enakan mobil baru sih, apalagi incarannya SUV ladderframe mainstream. Fiturnya LMPV/LSUV baru juga mirip2.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Wed Apr 12, 2017 5:52
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Tokinov
Re: Butuh masukan mobil pengganti (baru atau bekas)
Belinya pas mendekati bulan-bulan yang ada pemutihan aja om. Jadi lebih hemat, biasanya Oktober hingga Desember.FU27 wrote:Klo buat pemakaian lama, jangan lupa masukan biaya balik nama. Bisa 10jt sendiri itu. Lagian seenak2nya mobil bekas umur 5 tahun, tetep enakan mobil baru sih, apalagi incarannya SUV ladderframe mainstream. Fiturnya LMPV/LSUV baru juga mirip2.
Biaya pemutihan buat bayar pajak aja plus tambah printilan buat mempercantik unit.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Jan 10, 2019 11:51
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Car
Re: Butuh masukan mobil pengganti (baru atau bekas)
Kalo mau ngambil turbo diesel dicek dulu om komponen krusialnya,injektor nozzle,turbo,dan matic nya
Yg hati-hati turbonya om, udah pernah kemasukan air atau belum (karat), atau pernah heavy tuning atau tidak, atau misal dapet yg turbonya parah habis dibetulin ala kadarnya kemudian dijual, bisa dicoba dibetulin dengan repair kit tapi kalo ga bisa biaya buat ganti segelondong di beres terakhir cek 30jt untuk turbo vnt.
Atau dapet yg unitnya sering pake bio polosan, cek juga nozzle injektor nya kalo bisa di servis ya syukur tp kalo ga bisa dibetulin 1 biji nozzle injektor vnt 10jt (di Beres).
Karena ngerawat dari baru ama second beda, paling ga udah siap aja ama biaya sparepart-nya
Klo om pake maksimal umur mblnya 10 tahun, auto siap biaya rack steer dan shock, di crosscek dulu biayanya, jangan sampe maunya dapet mobil bandel tapi ujung-ujungnya bolak balik bengkel (servis), klo bolak balik bengkel modif beda cerita.
Karena memang tergantung kondisi dapetnya seperti apa barangnya. Kalo bisa general check dan dyno test biar mantep.
Nanti dipertimbangkan dapet harga bekasnya + biaya perbaikan + perawatan
Yg hati-hati turbonya om, udah pernah kemasukan air atau belum (karat), atau pernah heavy tuning atau tidak, atau misal dapet yg turbonya parah habis dibetulin ala kadarnya kemudian dijual, bisa dicoba dibetulin dengan repair kit tapi kalo ga bisa biaya buat ganti segelondong di beres terakhir cek 30jt untuk turbo vnt.
Atau dapet yg unitnya sering pake bio polosan, cek juga nozzle injektor nya kalo bisa di servis ya syukur tp kalo ga bisa dibetulin 1 biji nozzle injektor vnt 10jt (di Beres).
Karena ngerawat dari baru ama second beda, paling ga udah siap aja ama biaya sparepart-nya
Klo om pake maksimal umur mblnya 10 tahun, auto siap biaya rack steer dan shock, di crosscek dulu biayanya, jangan sampe maunya dapet mobil bandel tapi ujung-ujungnya bolak balik bengkel (servis), klo bolak balik bengkel modif beda cerita.
Karena memang tergantung kondisi dapetnya seperti apa barangnya. Kalo bisa general check dan dyno test biar mantep.
Nanti dipertimbangkan dapet harga bekasnya + biaya perbaikan + perawatan