Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sh00t wrote: Thu Jan 30, 2020 7:10Salam kenal om dari newbie.
Bli, mobilku kena tetesan plastik terbakar nih. Jadinya sekarang kayak tumpahan semen di mobil.
halo oom
sepertinya perlu dikerik atau diamplas oom
Akhirnya pake asuransi aja deh om. Katanya sih yang bagian atas lampu rem masih bisa dikerik trus dipoles, tapi sedangkan yang bagian bemper rencananya mau di cat ulang aja. Soalnya sekalian kerjain yang bekas baret.
Omnibus wrote: Fri Jan 31, 2020 10:23
bisa bikin nyala cek engine ahond? Kerennnnn..... ahond jarang CEL nyala
bisa bikin ipah brebet? Kereeennnnnn ...... ipah jarang brebet.
bisa bikin dua2nya kejadian bareng? EPIC!!!
barusan baru kelarrr troubleshooting ntuh 2 cecurut.. asem benerr..
kl si ipah tuwir, baru tau kl karet seal coil ud melar, aer ngerembes masuk ke lobang busi.. buka coil, cpotin busi ama keringin, lgs lancar jaya
si ahond, cabut aki, lgs mati CEL, tp gt matiin dan nyalain lg, nyala lg si CEL
akhirnya copotin socket IAT ama MAF (atau MAP), lap kering ama diangin2 in.. psg lg, lancar jaya
DOHC wrote: Fri Jan 31, 2020 13:08
barusan baru kelarrr troubleshooting ntuh 2 cecurut.. asem benerr..
kl si ipah tuwir, baru tau kl karet seal coil ud melar, aer ngerembes masuk ke lobang busi.. buka coil, cpotin busi ama keringin, lgs lancar jaya
si ahond, cabut aki, lgs mati CEL, tp gt matiin dan nyalain lg, nyala lg si CEL
akhirnya copotin socket IAT ama MAF (atau MAP), lap kering ama diangin2 in.. psg lg, lancar jaya
untung ga koit tuh coil .... bisa jd cuci mesin termahal tuh
itu tandanya hrs beli kompresor angin buat tiup2....
iya MAP itu, L15 skrg udah ga ada MAF lg kaya di GE/GM2
Saya cuci mesin nggak berani kalau pake aer mengalir, modal semprotan yg nyemprotnya mist aja. Sekedar basah, kasih apc kuas2, semprot bilas pake semprotan lagi lap2 pake kaen mf. Ya memang untuk beberapa tempat kurang bersih dan lbh lama dan tangan pegel nyemprot haha.
Jd kasus om DOHC di hrv nya soket jya kena air ya om. Notedlah mana tau nanti apes juga hehe
DOHC wrote:Apess
Hari ini iseng cuci mesin ipah tuwir ama hrv ane.. 2 2 nya jd error, si ipah jd brebet2, hrv cek enjin nyala
DOHC wrote: Fri Jan 31, 2020 13:08
barusan baru kelarrr troubleshooting ntuh 2 cecurut.. asem benerr..
kl si ipah tuwir, baru tau kl karet seal coil ud melar, aer ngerembes masuk ke lobang busi.. buka coil, cpotin busi ama keringin, lgs lancar jaya
si ahond, cabut aki, lgs mati CEL, tp gt matiin dan nyalain lg, nyala lg si CEL
akhirnya copotin socket IAT ama MAF (atau MAP), lap kering ama diangin2 in.. psg lg, lancar jaya
untung ga koit tuh coil .... bisa jd cuci mesin termahal tuh
itu tandanya hrs beli kompresor angin buat tiup2....
iya MAP itu, L15 skrg udah ga ada MAF lg kaya di GE/GM2
kompresor angin ga ad tempat om, garasi pas2an soalnya
indeskey wrote: Fri Jan 31, 2020 14:37
Saya cuci mesin nggak berani kalau pake aer mengalir, modal semprotan yg nyemprotnya mist aja. Sekedar basah, kasih apc kuas2, semprot bilas pake semprotan lagi lap2 pake kaen mf. Ya memang untuk beberapa tempat kurang bersih dan lbh lama dan tangan pegel nyemprot haha.
Jd kasus om DOHC di hrv nya soket jya kena air ya om. Notedlah mana tau nanti apes juga hehe
DOHC wrote:Apess
Hari ini iseng cuci mesin ipah tuwir ama hrv ane.. 2 2 nya jd error, si ipah jd brebet2, hrv cek enjin nyala
Pdahal cuman sirem pake aer mengalir
disirem sehh gpp, cuman bagian atas intake manifold ama air filter bagus nya jgn kena aer dehh, ad 2 sensor laknat tuh
Kalo rutin cuci ato semprot mesin, ada baiknya punya blower.
Daripada beli kompresor khusus utk ini, mending beli vacum cleaner spt karcher wd1 yg relatif terjangkau.
Selain buat nyedot debu interior, selangnya bisa dipindah posisi jadi blower dan tekanan anginnya cukup kuat buat ngusir air di celah².
Celah mesin, elektrikal, trim², gril bemper, velg... Semua disapu bersih. Works 4 me
saya rutin cuci mesin, kebetulan mesin tertutup cover dan socket2 & kabel cukup tebal dan waterproof, hanya ditutup kain/plastik saja ECU nya, jangan pakai air bertekanan, dan usahakan tekanan air selang ga terlalu besar, sedang saja....cuci seperti biasa, usahakan punya kuas panjang, sikat gigi dan sikat botol agar memudahkan, cuci sepeti biasa...dsini ketekunan bekerja....gunakan bantuan chemical seperti APC atau engine degreaser jika mesinnya kotor, setelah cuci kalau punya kompresor sendiri silahkan dikeringkan seperti di tukang cuci steam...
ga punya kompresor ? pakai cara tarzan gunakan balon penyemprot debu kamera, cukup disemprot/sedot di socket2, selebihnya keringkan pakai lap....setelah semua berasa kering, hidupkan mobil dan hidupkan ac, supaya extrafan bekerja sehingga mesin kering karena uap panas dan angin extrafan
Hari ini iseng cuci mesin ipah tuwir ama hrv ane.. 2 2 nya jd error, si ipah jd brebet2, hrv cek enjin nyala
Pdahal cuman sirem pake aer mengalir
alhamdulillah ane selalu beruntung mbah, nyuci mesin volvo selalu disemprot pake engine cleaning gun isi bensin biar rembesan oli pada rontok, udah itu semprot pake rinso, trus bilas air.
waktu start mesin langsung tokcer.
pernah sih apes, abis nyuci radiator kelupaan disemprot kompresor, muka keguyur sisaan air yang kesedot kipas visko pas mesin nyala..... asem bener.
Saya juga biasa cuci mesin mobil sendiri di ge8 dan fortuner bensin. Alat2-nya cukup pakai kuas dan sikat gigi, kalo ada kuas yg panjang lebih bagus bisa menjangkau cela-cela kecil. Sedangkan untuk cairan pembersih saya cukup pakai sabun cuci piring, menurut saya ga perlu pakai degreaser dan sejenisnya yg branded2, pakai sunlight aja juga ampuh kok dan murah tentunya, tinggal campur saja pakai air.
Untuk ge8 dan fortuner kadang saya tutup pakai plastik bagian alternator, MAF sensor, kotak sekring, dan intake (khusus ge8). Tapi kadang bagian2 itu juga ga saya tutup aman2 aja, ga pernah ada gejala check engine, brebet dll. Tapi ya amannya emg di tutup. Saya bilas pakai air mengalir dari selang, tidak perlu di semprotkan. Untuk pengeringan saya biasa pakai kanebo yg udh jelek, selesai dehh. Dan saya anti dengan engine dressing, yg penting mesin bersih ga perlu kinclong.
thestoneroses wrote: Thu Jan 30, 2020 4:15
Halo mas, saya kurang tahu kalau innova diesel.
Cuma pengalaman saya, dulu pakai 406 yang dibilang orang2 ngga boleh dicuci mesinnya, sensitif lah. Tetep saya semprot, pakai sabun2 juga. Dipakai baik2 aja. Akhirnya virus cuci mesin pug nyebar juga ke temen2. Saran saya semprot aja mas, hehe
Hari ini iseng cuci mesin ipah tuwir ama hrv ane.. 2 2 nya jd error, si ipah jd brebet2, hrv cek enjin nyala
Pdahal cuman sirem pake aer mengalir
alhamdulillah ane selalu beruntung mbah, nyuci mesin volvo selalu disemprot pake engine cleaning gun isi bensin biar rembesan oli pada rontok, udah itu semprot pake rinso, trus bilas air.
waktu start mesin langsung tokcer.
pernah sih apes, abis nyuci radiator kelupaan disemprot kompresor, muka keguyur sisaan air yang kesedot kipas visko pas mesin nyala..... asem bener.
Bensin ?
Kl yg biasa ane liat supir2 truk atau kdg showroom mobkas biasa pake solar mbah
leonsutanta wrote: Wed Jan 29, 2020 9:53
Halo guys,
Mau tny tips and tricks donk.
Saya mau cuci mesin mbl sy, Innova Reborn diesel. Mesinnya udh kotor banget. Saya rencana mau cuci sendiri itung2 as weekend project lah. Biasa bagian2 apa aja yg hrs ditutup selain aki sama sekring ya? Ada trick Khusus ga ya biar ga rusak
Thanks
Selama punya mobil jepang dan korea sy selalu cuci engine bay sendiri. Caranya pas mesin dingin, semprotkan engine, tgg bbrp saat, kuas2 yg kotor2nya, semprot air pakai gun nya. Kalo msh ada yg kotor ulangi step awal.
Kalo udah dirasa bersih baru dikeringkan pake kanebo sedapetnya.
Dan angin2kan mesin, so far ngk ada yg malfunction.
Tp pas punya w204, kagak berani sirem air, semprot2 engine degreaser, abis itu lap2 pake microfiber.
Saya nyuci mesin langkahnya ngikutin videonya ridwan hanif, tapi gak di dressing dan ga pake lakban2 sm plastik2in intake, aki, box relay fuse. So far aman... pernah segayung racikan air sunlight tumpah keatas aki dan masuk intake dikit, aman...