Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
georgealxndr wrote: Sat Nov 16, 2019 3:14
Selamat pagi suhu - suhu otomotif,
maaf mau nanya mungkin suhu2 disini pernah ngalamin...
Honda Jazz saya tahun 2009, belakangan ini lg ada masalah indikator overheat kedip kalau kondisi lg macet (stop & go) yg lumayan parah apalagi klo kondisi panas terik.
tp setelah saya matiin ac, dan jalan udh lancar normal lg...
sudah cek ke beberapa bengkel blm ketemu masalahnya...
kira2 suhu2 disini pernah ngalamin kah, soalnya skr klo bawa mobil jd agak was was nih
mohon bantuannya suhu suhu..
Udah solved?
Udah hampir sebulan, semoga udah beres.
Nah....Jika udah beres, ada baiknya TS kasih tahu bagian mana yg bermasalah, dan bagaimana penyelesaiannya.
Sore om semua,
Sampai saat ini Jazz sy udh ga nongol indikator overheat ya, & mudah2an ga akan pernah nongol lg itu indikator laknat... hehee,
sepertinya masalah ky yg di omongin om dibawah ini, kompresor ga cut off krn ga sampe suhu target,
soalnya br sadar setiap overheat itu selalu sy lg buka kaca + ac ttp nyala, sampe 1 ketika pas lg gaspol di tol sambil buka kaca & ac ttp nyala itu indikator kedip lg, lgsng saya tutup kaca, pas saya mau minggir cek fan dll, eh infikator ya mati...
ga tau apa bener2 ada hubungannya apa ngga, tp sampai saat ini udh ga pernah nongol lg itu indikatornya...
mohon masukannya para suhu apa emang ada kemungkinan ky gt?
blunkblunk wrote: Wed Nov 20, 2019 10:45
kemungkinan masalah ac om, klo siang hari nggak tercapai suhu target jadi kompresor nggak cut off, alhasil lama-kelamaan mesin jadi panas karena beban berlebih. klo suhu kabin masih berasa dingin bisa kemungkinan thermistor di evap bacanya dah nggak akurat. klo suhu kabin rada anget kemungkinan sistem ac nya udah kurang maksimal buat ngelawan panas yg masuk ke kabin. baik nya radiator juga coba di flush/korok
georgealxndr wrote: Wed Dec 18, 2019 9:05
Sore om semua,
Sampai saat ini Jazz sy udh ga nongol indikator overheat ya, & mudah2an ga akan pernah nongol lg itu indikator laknat... hehee,
sepertinya masalah ky yg di omongin om dibawah ini, kompresor ga cut off krn ga sampe suhu target,
soalnya br sadar setiap overheat itu selalu sy lg buka kaca + ac ttp nyala, sampe 1 ketika pas lg gaspol di tol sambil buka kaca & ac ttp nyala itu indikator kedip lg, lgsng saya tutup kaca, pas saya mau minggir cek fan dll, eh infikator ya mati...
ga tau apa bener2 ada hubungannya apa ngga, tp sampai saat ini udh ga pernah nongol lg itu indikatornya...
mohon masukannya para suhu apa emang ada kemungkinan ky gt?
blunkblunk wrote: Wed Nov 20, 2019 10:45
kemungkinan masalah ac om, klo siang hari nggak tercapai suhu target jadi kompresor nggak cut off, alhasil lama-kelamaan mesin jadi panas karena beban berlebih. klo suhu kabin masih berasa dingin bisa kemungkinan thermistor di evap bacanya dah nggak akurat. klo suhu kabin rada anget kemungkinan sistem ac nya udah kurang maksimal buat ngelawan panas yg masuk ke kabin. baik nya radiator juga coba di flush/korok
Kalo benar begitu, berarti kemampuan radiator membuang panas agak ngepas. Ketika kompresor AC terus nyala, maka kondensor AC yg di depan radiator akan makin panas. Panas dari kondensor merambat ke radiator. Lama2x radiator gak mampu lagi membuang panas. Jadilah overheat.
georgealxndr wrote: Wed Dec 18, 2019 9:05
Sore om semua,
Sampai saat ini Jazz sy udh ga nongol indikator overheat ya, & mudah2an ga akan pernah nongol lg itu indikator laknat... hehee,
sepertinya masalah ky yg di omongin om dibawah ini, kompresor ga cut off krn ga sampe suhu target,
soalnya br sadar setiap overheat itu selalu sy lg buka kaca + ac ttp nyala, sampe 1 ketika pas lg gaspol di tol sambil buka kaca & ac ttp nyala itu indikator kedip lg, lgsng saya tutup kaca, pas saya mau minggir cek fan dll, eh infikator ya mati...
ga tau apa bener2 ada hubungannya apa ngga, tp sampai saat ini udh ga pernah nongol lg itu indikatornya...
mohon masukannya para suhu apa emang ada kemungkinan ky gt?
blunkblunk wrote: Wed Nov 20, 2019 10:45
kemungkinan masalah ac om, klo siang hari nggak tercapai suhu target jadi kompresor nggak cut off, alhasil lama-kelamaan mesin jadi panas karena beban berlebih. klo suhu kabin masih berasa dingin bisa kemungkinan thermistor di evap bacanya dah nggak akurat. klo suhu kabin rada anget kemungkinan sistem ac nya udah kurang maksimal buat ngelawan panas yg masuk ke kabin. baik nya radiator juga coba di flush/korok
Kalo benar begitu, berarti kemampuan radiator membuang panas agak ngepas. Ketika kompresor AC terus nyala, maka kondensor AC yg di depan radiator akan makin panas. Panas dari kondensor merambat ke radiator. Lama2x radiator gak mampu lagi membuang panas. Jadilah overheat.
Sudah dicheck antara radiator mesin dan pendingin AC adakah tak kresek?
Saya dulu pernah kejadian kalau mobil macet/stop airnya keluar dari selang pembiangan yang ada di reservoir radiator.
Atau bisa juga kotor kisi kisi. beli saja kuas … terus kuasin biar debu hilang, kemudian semprot air tekanan tinggi.
Airnya sedikit saja tapi tekanan agak tinggi, tapi jangan pakai semprotan buat cuci mobil yah … bias rusak tuh