WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

georgealxndr
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Dec 19, 2018 5:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Jazz ge8

WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by georgealxndr »

Selamat pagi suhu - suhu otomotif,
maaf mau nanya mungkin suhu2 disini pernah ngalamin...

Honda Jazz saya tahun 2009, belakangan ini lg ada masalah indikator overheat kedip kalau kondisi lg macet (stop & go) yg lumayan parah apalagi klo kondisi panas terik.
tp setelah saya matiin ac, dan jalan udh lancar normal lg...

sudah cek ke beberapa bengkel blm ketemu masalahnya...

kira2 suhu2 disini pernah ngalamin kah, soalnya skr klo bawa mobil jd agak was was nih 😭

mohon bantuannya suhu suhu..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by ChZ »

kipas sudah dicek?

L12-L15 agak lemah di kipas soalnya. apalagi ini mobil 2009.

kalo terjadi hanya pas berhenti itu kayaknya tanda kipas mulai lemah. Kipas fungsinya kan membuang panas sisa dari mesin...

indikator lain kalo kipas bermasalah biasanya tangki cadangan radiator kosong / di bawah minimum.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by ginting »

georgealxndr wrote: Sat Nov 16, 2019 3:14 Selamat pagi suhu - suhu otomotif,
maaf mau nanya mungkin suhu2 disini pernah ngalamin...

Honda Jazz saya tahun 2009, belakangan ini lg ada masalah indikator overheat kedip kalau kondisi lg macet (stop & go) yg lumayan parah apalagi klo kondisi panas terik.
tp setelah saya matiin ac, dan jalan udh lancar normal lg...

sudah cek ke beberapa bengkel blm ketemu masalahnya...

kira2 suhu2 disini pernah ngalamin kah, soalnya skr klo bawa mobil jd agak was was nih 😭

mohon bantuannya suhu suhu..
kalau memang bukan masalah kipas yg lemah, maka masalah lain adalah pelepasan panas dari radiator sudah tidak maksimal.
coba copot radiator, bersihkan dalam maupun di luarnya. kisi kisinya banyak mampet kotoran gak oom ?
pakai coolant atau air oom ?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by Jambangan »

Fan radiator biasanya nih
Tinggal ganti aja motornya
Atau bisa jadi switch fan radiatornya udah rusak
Jailanijailani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sun Jan 21, 2018 0:12

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by Jailanijailani »

Usia segitu kemungkinan motor kipas radiatornya. Ganti baru aja motornya sekitar 350rb.
Atau thermostat udah ga normal juga bisa.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by FU27 »

Cek thermostat, cek extrafan. Banyakan sih karena fannya lemah
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by adityabp »

Dulu di Escudo 1.6 saya yg masih pake viscofan juga begini. Biang keroknya ternyata radiator yg udah mampet berthn2x.
Coba cek ketika overheat, tabung reservoir jadi penuh atau agak jauh di atas garis max. Kalo iya, fix radiator mulai mampet.
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by Shonen »

udah cek radiatornya jgn2 kosong..?saya punya dari 2008 tempur di jalan blom perna overheat sih...paling kalah di coil aja sama electrical...kalo ganti yang kipas rasanya ga begitu efek sih tapi coba aja konsul ke bengkel ada anomali yang laen mungkin di mesin...oli juga jangan lupa pake selalu full synthetic sih jgn yang semi atau yang laen..brand boleh apa aja
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11348
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by Omnibus »

ngeri2 sedap .... jangan dipaksa pake dulu nanti lebih parah rusak mesinnya. ganti bengkel aja yg lbh mahir sampai betul2 diperbaiki.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by Jambangan »

Yup mending bawa ke bengkel dulu
Jangan dipaksa jalan terus
Coba bawa ke honda aja kalo takut ditipu2
Dulu yaris sepupu pernah overheat kalo jalan pelan ternyata cuma fan radiator lemah
georgealxndr
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Dec 19, 2018 5:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Jazz ge8

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by georgealxndr »

Om sorry ga bisa bales satu per satu, tp intinya sama yah
1. Kipas
2. Thermostat
3. Radiator Cap
4. Air Radiator
5. Bongkar Radiator
....
1. untuk kipas nyala normal dua2nya, dan ga nyala terus2an ada waktu jedanya sebentar seperti biasa

2. Thermostat udh di cek normal jg om? cm ada yg saranin coba ganti thermostat low temperature ky yg di pake di mobil2 balap katanya (ini saya masih ragi, butuh masukkan dr om semua)

3. Radiator Cap masih dalam kondisi bagus, karet jg masih utuh & ga ada rembes

4. Air Radiator ga berkurang sama sekali, selama 10 tahun ini selalu pake coolant ga pernah kesentuh air biasa sama sekali

5. Bongkar radiator, ini yg belum dicoba krn masih takut sama bengkel2 radiator umum, apa ada kenalan yg bisa dipercaya kah om,m di daerah kalimalang & sekitarnya
cruising
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri May 13, 2016 2:22
Location: Bekasi

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by cruising »

Kipas berputar jgn langsung diasumsikan normal, apa lagi kalau sudah 10 tahun umurnya walaupun dia berputar bisa saja putarannya tidak secepat biasanya. Kalau sejak mobil baru belum pernah diganti saran saya ganti saja dgn yang baru dari pada tiba tiba mati total.
Urusan overheat memang tidak gampang cari obatnya, saran saya
1. Kuras radiator
2. Cek waterpump
3. Cek serpentine belt (karena dia yg memutar water pump)
4. Cek kompresor AC, bisa saja berat
5. Carbon clean, karena kerak dan sisa pembakaran bisa bikin kompresi naik yg menyebabkan detonasi dan suhu mesin naik
6. Coba cek oli mesin. Oli mesin selain pelumas juga bantu dinginkan mesin
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by ak4ng »

Kalo saya, pas indikator overheat nya muncul, cek kipas: kalo ga muter ganti motor nya, kalo muter coba pegang pipa bawah, kalo adem berarti termostat mampet, kalo atas bawah panas smuanya berarti tutupnya udh lemah/pecah sehingga menguap smua aer nya, cmiiw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by FU27 »

Coba solusi paling simpel dulu, ganti tutup radiator. Klo selalu coolant, kemungkinan radiator mampet sih kecil ya
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by adityabp »

georgealxndr wrote: Sun Nov 17, 2019 17:11 Om sorry ga bisa bales satu per satu, tp intinya sama yah
1. Kipas
2. Thermostat
3. Radiator Cap
4. Air Radiator
5. Bongkar Radiator
....
1. untuk kipas nyala normal dua2nya, dan ga nyala terus2an ada waktu jedanya sebentar seperti biasa

2. Thermostat udh di cek normal jg om? cm ada yg saranin coba ganti thermostat low temperature ky yg di pake di mobil2 balap katanya (ini saya masih ragi, butuh masukkan dr om semua)

3. Radiator Cap masih dalam kondisi bagus, karet jg masih utuh & ga ada rembes

4. Air Radiator ga berkurang sama sekali, selama 10 tahun ini selalu pake coolant ga pernah kesentuh air biasa sama sekali

5. Bongkar radiator, ini yg belum dicoba krn masih takut sama bengkel2 radiator umum, apa ada kenalan yg bisa dipercaya kah om,m di daerah kalimalang & sekitarnya
Well, kalo poin2x di atas bener, saya kok tetep curiga kalo radiatornya mampet.
:mky_01:
Mungkin tes ini bisa dicoba :
1. Start mesin dlm kondisi dingin (sdh parkir semaleman).
2. Tunggu sampai kipas radiator nyala.
3. Ketika kipas nyala, coba rasakan suhu semburan angin antara sisi kiri dan kanan kipas. Kalo beda, berarti benar radiator mampet.
georgealxndr
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Dec 19, 2018 5:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Jazz ge8

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by georgealxndr »

adityabp wrote: Mon Nov 18, 2019 5:23
georgealxndr wrote: Sun Nov 17, 2019 17:11 Om sorry ga bisa bales satu per satu, tp intinya sama yah
1. Kipas
2. Thermostat
3. Radiator Cap
4. Air Radiator
5. Bongkar Radiator
....
1. untuk kipas nyala normal dua2nya, dan ga nyala terus2an ada waktu jedanya sebentar seperti biasa

2. Thermostat udh di cek normal jg om? cm ada yg saranin coba ganti thermostat low temperature ky yg di pake di mobil2 balap katanya (ini saya masih ragi, butuh masukkan dr om semua)

3. Radiator Cap masih dalam kondisi bagus, karet jg masih utuh & ga ada rembes

4. Air Radiator ga berkurang sama sekali, selama 10 tahun ini selalu pake coolant ga pernah kesentuh air biasa sama sekali

5. Bongkar radiator, ini yg belum dicoba krn masih takut sama bengkel2 radiator umum, apa ada kenalan yg bisa dipercaya kah om,m di daerah kalimalang & sekitarnya
Well, kalo poin2x di atas bener, saya kok tetep curiga kalo radiatornya mampet.
:mky_01:
Mungkin tes ini bisa dicoba :
1. Start mesin dlm kondisi dingin (sdh parkir semaleman).
2. Tunggu sampai kipas radiator nyala.
3. Ketika kipas nyala, coba rasakan suhu semburan angin antara sisi kiri dan kanan kipas. Kalo beda, berarti benar radiator mampet.
udh dicoba om, hembusannya sama...
mungkin ga klo emang kipasnya udh lemah, jd klo udh nyetir agak lama & macet jd hembusannya ga sekenceng awalnya?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11348
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by Omnibus »

Thermostat nya sdh dicek itu ceknya gimana? kl metode rebus berarti kan dibuka trus kenapa ga sekalian diganti aja mumpung dibuka? pake ori ya.

Kondisi coolant msh bagus? Dan cairannya di radiator ada atau kosong? Tutup radiator ganti aja sm yg ori, kan murah. Jangan2 reservoir ada isinya tp radiatornya kosong krn masalah tutup radiator. (nb: cuma ngingetin buka2 tutup radiator hanya ketika mesin dingin ya. sdh sering menyaksikan org melepuh kena semprot hot coolant)

fan kalau muter tapi pelan terasa kok dr hembusannya. kl kencang anginnya ya berarti msh ok.

kuras coolant sih disarankan apalagi kl terakhir ganti udah lama.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by adityabp »

georgealxndr wrote: Tue Nov 19, 2019 6:20
adityabp wrote: Mon Nov 18, 2019 5:23
georgealxndr wrote: Sun Nov 17, 2019 17:11 Om sorry ga bisa bales satu per satu, tp intinya sama yah
1. Kipas
2. Thermostat
3. Radiator Cap
4. Air Radiator
5. Bongkar Radiator
....
1. untuk kipas nyala normal dua2nya, dan ga nyala terus2an ada waktu jedanya sebentar seperti biasa

2. Thermostat udh di cek normal jg om? cm ada yg saranin coba ganti thermostat low temperature ky yg di pake di mobil2 balap katanya (ini saya masih ragi, butuh masukkan dr om semua)

3. Radiator Cap masih dalam kondisi bagus, karet jg masih utuh & ga ada rembes

4. Air Radiator ga berkurang sama sekali, selama 10 tahun ini selalu pake coolant ga pernah kesentuh air biasa sama sekali

5. Bongkar radiator, ini yg belum dicoba krn masih takut sama bengkel2 radiator umum, apa ada kenalan yg bisa dipercaya kah om,m di daerah kalimalang & sekitarnya
Well, kalo poin2x di atas bener, saya kok tetep curiga kalo radiatornya mampet.
:mky_01:
Mungkin tes ini bisa dicoba :
1. Start mesin dlm kondisi dingin (sdh parkir semaleman).
2. Tunggu sampai kipas radiator nyala.
3. Ketika kipas nyala, coba rasakan suhu semburan angin antara sisi kiri dan kanan kipas. Kalo beda, berarti benar radiator mampet.
udh dicoba om, hembusannya sama...
mungkin ga klo emang kipasnya udh lemah, jd klo udh nyetir agak lama & macet jd hembusannya ga sekenceng awalnya?
Suhunya om, sama gak panasnya antara sisi kiri dan kanan di satu kipas?
georgealxndr
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Dec 19, 2018 5:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Jazz ge8

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by georgealxndr »

Omnibus wrote: Tue Nov 19, 2019 7:03 Thermostat nya sdh dicek itu ceknya gimana? kl metode rebus berarti kan dibuka trus kenapa ga sekalian diganti aja mumpung dibuka? pake ori ya.

Kondisi coolant msh bagus? Dan cairannya di radiator ada atau kosong? Tutup radiator ganti aja sm yg ori, kan murah. Jangan2 reservoir ada isinya tp radiatornya kosong krn masalah tutup radiator. (nb: cuma ngingetin buka2 tutup radiator hanya ketika mesin dingin ya. sdh sering menyaksikan org melepuh kena semprot hot coolant)

fan kalau muter tapi pelan terasa kok dr hembusannya. kl kencang anginnya ya berarti msh ok.

kuras coolant sih disarankan apalagi kl terakhir ganti udah lama.
Thanks responnya om...
iya thermostat pake ori, dicek sistem rebus & katanya masih ok ga perlu ganti,
cairan di radiator jg ada kok om ga kurang / kosong
nanti mau coba korok radiator om cm masih ragu, mungkin om ada rekomendasi bengkel radiator yg bagus & jujur di dekat2 kalimalang, jaktim om?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11044
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by marmut »

georgealxndr wrote: Wed Nov 20, 2019 9:29
-

nanti mau coba korok radiator om cm masih ragu, mungkin om ada rekomendasi bengkel radiator yg bagus & jujur di dekat2 kalimalang, jaktim om?

itu radiator almunium, jangan asal bongkar kecuali mobil anda honda civic hi-deluxe 1978.
selama radiator tidak ada kebocoran dan selalu pakai coolant (bukan air kraan), nggak usah sok tau bongkar-bongkar radiator.
lebih baik ganti saja motor fan-nya. selesai perkara.
mau lebih murah? pretelin sendiri motor fan-nya, ganti carbon brush dan bearing-nya.
blunkblunk
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Nov 20, 2019 10:24
Daily Vehicle: Matiz Daewoo

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by blunkblunk »

kemungkinan masalah ac om, klo siang hari nggak tercapai suhu target jadi kompresor nggak cut off, alhasil lama-kelamaan mesin jadi panas karena beban berlebih. klo suhu kabin masih berasa dingin bisa kemungkinan thermistor di evap bacanya dah nggak akurat. klo suhu kabin rada anget kemungkinan sistem ac nya udah kurang maksimal buat ngelawan panas yg masuk ke kabin. baik nya radiator juga coba di flush/korok
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11348
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by Omnibus »

georgealxndr wrote: Wed Nov 20, 2019 9:29
Thanks responnya om...
iya thermostat pake ori, dicek sistem rebus & katanya masih ok ga perlu ganti,
cairan di radiator jg ada kok om ga kurang / kosong
nanti mau coba korok radiator om cm masih ragu, mungkin om ada rekomendasi bengkel radiator yg bagus & jujur di dekat2 kalimalang, jaktim om?
punya thermometer laser ga? kalau punya pas temp kerja normal ukur aja selang atas dan selang bawah. yg atas harus kira2 85-90an derajat C; yg bawah harus jauh dibawah itu. Sy setuju sm yg lain sptnya motor fan lemah. Kl bisa jangan utak atik radiator termasuk masukin cairan radiator flush kalau selalu pakai coolant. Flushing malah mungkin bisa bikin mampet. Kl mau kuras aja coolant nya.

Terakhir ini yg sering kelewat, yaitu ECT sensor yg membaca suhu coolant sudah ngaco. Jadi dia bikin nyala warning light di dashboard padahal sebetulnya suhu coolant normal. Cara check nya layaknya cek thermistor, pakai mode resistance check di multimeter dan dipanaskan. Atau pakai mode live data reading dr OBD scanner dilihat readingnya masih masuk akal ngga. Hrs ada pengukuran pembanding juga sih, makanya beli thermometer laser tuh skrg worth it, ukur langsung radiatornya.

coba google 'ect sensor jazz' disitu ada bentuk dan lokasi2nya. kl ga salah ada 2 buah dia.

Kl di scan trouble codes ada P2185 ya itu berhubungan dgn ECT error.
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by arsaerescool »

Coba pasang OBD scanner om cek coolant temperature saat mesin sudah di temperatur kerja
bisa beli online dan donlot app nya di hp
Kalau di mobil saya (Nav1) saat cruising maupun macet2an temperatur selalu berkisar antara 87-89 celcius
Redline nya di 110an

Kondisi di atas dengan asumsi sensor coolant temperature kondisi baik
Kalau sensornya error mungkin harus cek manual pake thermohunter

Fan bisa juga lemah motornya seperti kipas angin di rumah
Fan kotor juga berpengaruh karena flow udara tidak maksimal
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by outlaw »

Apa mungkin waterpump baling2nya/impeller keropos shg sirkulasi coolant tidak lancar,karena dr kasusnya kok Hanya terjadi di rpm rendah saat merayap jg mengingat usia mobil jg sdh lumayan...imo
Alexa800055
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Dec 04, 2019 17:28

Re: WTA HONDA JAZZ OVERHEAT

Post by Alexa800055 »

georgealxndr wrote: Sat Nov 16, 2019 3:14 Selamat pagi suhu - suhu otomotif,
maaf mau nanya mungkin suhu2 disini pernah ngalamin...

Honda Jazz saya tahun 2009, belakangan ini lg ada masalah indikator overheat kedip kalau kondisi lg macet (stop & go) yg lumayan parah apalagi klo kondisi panas terik.
tp setelah saya matiin ac, dan jalan udh lancar normal lg...

sudah cek ke beberapa bengkel blm ketemu masalahnya...

kira2 suhu2 disini pernah ngalamin kah, soalnya skr klo bawa mobil jd agak was was nih 😭

mohon bantuannya suhu suhu..
cek motor fan radiator dan extra fan. Diingat2 saja pernah ganti kapan. Biasanya dinamo motor dr bawaan nya pabrik bisa kuat 5 s/d 6th.
Kalau yg aftermarket maksimal 2th putaran sdh kemah.

Kemudian cek coolant, kapan terakhir ganti kuras coolant. Kalau sdh 1th mending kuras ganti coolant.

Dan satu lagi, pengalaman dulu pakai jazz idsi, kipas rad modar dan jalan pakai hidupkan ac dgn harapan kipas extra fan bisa gantikan fungsi yg modar tadi. Dan hasilnya tdk sampai over heat sampai rumah.

Dalam kasus sampeyan, coba reset ecu dahulu.
Cabut kedua kutub aki. Biarkan tdk terpasang 15 menit. Kemudian pasang kembali dan start mbl buat jalan bbrp kilo. Masih nyala kedip2 ndak.