Mobil buat antar jemput anak

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by Clonz »

Iya kenapa jg ya disale abis2an diskonnya sienta. Padahal di kelasnya ga ada kompetitor lgsg.
kunaskun wrote:
Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 4:24 Kurang bagus om, makanya harga segitu bisa dapat secondnya hahaha.. tapi harus hunting sih. Tapi overal enak kok sienta, minus second row ga ada armrest..
dibilang terjun bebas ga juga, ya karena diskon gede banget. tahun lalu kan sampe 50 jutaan, untuk FL 2019 saja kalau ga salah sudah 30 jutaan.
sama kaya ignis seken. harganya dibawah LCGC [emo-yesno] karena diskon gede, minimal belasan juta. tapi pantauan saya Sienta ini harga sekennya merambat naik dibandingkan bulan lalu, mungkin karena jadi banyak yang cari? kebetulan saya juga ada rencana peremajaan kendaraan dengan budget mirip.[/quote]
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by kunaskun »

Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 6:02 Iya kenapa jg ya disale abis2an diskonnya sienta. Padahal di kelasnya ga ada kompetitor lgsg.
karena ini Indonesia. pasarnya unik, kalau ga mau dibilang ajaib. :mky_01:
MPV sliding door kecil, fitur kekinian semua, ga laku karena ga ada captain seat + arm rest. diskon gede ga nolong
LSUV tampilan ala2, bantingan ga enak, duduk di dalem ga enak, sempit, eh laku, karena exterior.
LMPV kekinian, bantingan nyaman, irit, daleman lumayan, ga terlalu laku karena ga ada ac digital + ga adaa arm rest di bangku tengah + kalah sama LSUV
LMPV kekinian, paling senyap, fitur komplit, mesin boyo, ga ada AC digital, paling mahal sendiri, eh laku banget
LMPV kekinian, satu aliansi dengan merek diatas, kembaran plek sama beda merek doang, ga laku, karena mereknya
Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 5:57 Iya sih omm. Kali aja ada yg mendekati avanza bandelnya. Hehe. Pilihan kayaknya mengerucut ke sienta vs ertiga deh kayaknya.

Ertiga all new 2018 saya suka banget sih. Interior kelihatan mewah jg.
Sienta jg menarik karena sliding doornya itu dipikir2 lg ternyata perlu jg sih ya haha.

Kira2 dari kedua mobil itu yg lebih durable dan resale value nya lebih bagus yg mana ya om ? Mgkn tahu.
secara alamiah: lebih durable ertiga tentunya, karena pintu sliding door di kemudian hari pasti bunyi2, begitu juga faktor transmisi CVT. tapi masih pake label yoyota ya.

RV juga unggul ertiga, karena Sienta jelas kelas diatas LMPV, dikasi diskon gede, RV tetap agak anjlok, sedangkan ertiga banyak juga dipake buat taxol.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12551
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by Suryaputra »

Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 5:57
Suryaputra wrote:
Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 4:25 Hehe iya om. Sudah 2x naik crv dan temen2 pny city civic dan mobilio brio jazz. Feelnya sama semua dan udah bosen ama masalah dan bantingannya. Pingin yg lebih error free dan lebih empuk aja.

Honda skrg resale value jg agak kurang kayaknya.
actually semua mbl gak ada yg error free.
list mbl yg om mention di atas, masing2 punya kelemahan dan bukan error free jg.

klo bicara error paling minim ya avanza, hanya limbung dan bantingannya aja yg error :ngacir:
Iya sih omm. Kali aja ada yg mendekati avanza bandelnya. Hehe. Pilihan kayaknya mengerucut ke sienta vs ertiga deh kayaknya.

Ertiga all new 2018 saya suka banget sih. Interior kelihatan mewah jg.
Sienta jg menarik karena sliding doornya itu dipikir2 lg ternyata perlu jg sih ya haha.

Kira2 dari kedua mobil itu yg lebih durable dan resale value nya lebih bagus yg mana ya om ? Mgkn tahu.
sy pernah pake produk toyota (yaris, vios, ipah & avanza), suzuki (swift, baleno) & honda (freed sliding door, jazz gd3 & mobilio)
dr persepsi brand reliability, semua 3 brand tsb sama ajah om.
Gak usah khawatir sm CVT, tergantung pemakaian dan perawatan ajah itu om.
Pintu geser elektrik jg klo mati, bisa manual mode. hahahaha

selama itu brand jepang tipe mainstream, parts-nya mudah dan bengkel non-resmi pada umumnya udah paham,
efeknya adalah re-sale yg mudah (jangan bicara value dulu, karena RV ini relatif)

mobil2 jepang sasis monokok, penyakitnya di kaki2 lemah.
suzuki ertiga jg ditambah steering-racknya lemah (punya sepupu), apalagi mengingat kondisi jalan2 di indonesia yang luar biasa.
intinya, relatif belum ada di kelas harga segitu, mobil yg mendekati durability kaki2-nya avanza dan kijang om.

sasis ladder-frame (avanza pk semi ladder), dirancang dgn baik untuk melibas jalan rusak :mky_01:
impactnya ya mengorbankan kenyamanan.

sy prnh pake jazz gd3 CVT, beli second dpt km dah mendekati 100rb,
general checkup di beres, no issue at all.
krn pemilik sebelumnya rajin ganti CVTF sesuai saran manual book :mky_02:
Last edited by Suryaputra on Mon Oct 21, 2019 6:45, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by Fertille »

kunaskun wrote: Mon Oct 21, 2019 6:22
Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 6:02 Iya kenapa jg ya disale abis2an diskonnya sienta. Padahal di kelasnya ga ada kompetitor lgsg.
karena ini Indonesia. pasarnya unik, kalau ga mau dibilang ajaib. :mky_01:
MPV sliding door kecil, fitur kekinian semua, ga laku karena ga ada captain seat + arm rest. diskon gede ga nolong
LSUV tampilan ala2, bantingan ga enak, duduk di dalem ga enak, sempit, eh laku, karena exterior.
LMPV kekinian, bantingan nyaman, irit, daleman lumayan, ga terlalu laku karena ga ada ac digital + ga adaa arm rest di bangku tengah + kalah sama LSUV
LMPV kekinian, paling senyap, fitur komplit, mesin boyo, ga ada AC digital, paling mahal sendiri, eh laku banget
LMPV kekinian, satu aliansi dengan merek diatas, kembaran plek sama beda merek doang, ga laku, karena mereknya
Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 5:57 Iya sih omm. Kali aja ada yg mendekati avanza bandelnya. Hehe. Pilihan kayaknya mengerucut ke sienta vs ertiga deh kayaknya.

Ertiga all new 2018 saya suka banget sih. Interior kelihatan mewah jg.
Sienta jg menarik karena sliding doornya itu dipikir2 lg ternyata perlu jg sih ya haha.

Kira2 dari kedua mobil itu yg lebih durable dan resale value nya lebih bagus yg mana ya om ? Mgkn tahu.
secara alamiah: lebih durable ertiga tentunya, karena pintu sliding door di kemudian hari pasti bunyi2, begitu juga faktor transmisi CVT. tapi masih pake label yoyota ya.

RV juga unggul ertiga, karena Sienta jelas kelas diatas LMPV, dikasi diskon gede, RV tetap agak anjlok, sedangkan ertiga banyak juga dipake buat taxol.
Yang unik itu bukan pasar nya umms.....

Tapi yg laku itu pinter seni geografis yang ajaib dan beragan di indonesia ini....

Barangkali kalo semua kontur jalan mulus,, ga banyak lembah hatori.....

yg laku itu bisa jadi berbalik ga laku.....
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by Clonz »

Fertille wrote:
kunaskun wrote: Mon Oct 21, 2019 6:22
Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 6:02 Iya kenapa jg ya disale abis2an diskonnya sienta. Padahal di kelasnya ga ada kompetitor lgsg.
karena ini Indonesia. pasarnya unik, kalau ga mau dibilang ajaib. :mky_01:
MPV sliding door kecil, fitur kekinian semua, ga laku karena ga ada captain seat + arm rest. diskon gede ga nolong
LSUV tampilan ala2, bantingan ga enak, duduk di dalem ga enak, sempit, eh laku, karena exterior.
LMPV kekinian, bantingan nyaman, irit, daleman lumayan, ga terlalu laku karena ga ada ac digital + ga adaa arm rest di bangku tengah + kalah sama LSUV
LMPV kekinian, paling senyap, fitur komplit, mesin boyo, ga ada AC digital, paling mahal sendiri, eh laku banget
LMPV kekinian, satu aliansi dengan merek diatas, kembaran plek sama beda merek doang, ga laku, karena mereknya
Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 5:57 Iya sih omm. Kali aja ada yg mendekati avanza bandelnya. Hehe. Pilihan kayaknya mengerucut ke sienta vs ertiga deh kayaknya.

Ertiga all new 2018 saya suka banget sih. Interior kelihatan mewah jg.
Sienta jg menarik karena sliding doornya itu dipikir2 lg ternyata perlu jg sih ya haha.

Kira2 dari kedua mobil itu yg lebih durable dan resale value nya lebih bagus yg mana ya om ? Mgkn tahu.
secara alamiah: lebih durable ertiga tentunya, karena pintu sliding door di kemudian hari pasti bunyi2, begitu juga faktor transmisi CVT. tapi masih pake label yoyota ya.

RV juga unggul ertiga, karena Sienta jelas kelas diatas LMPV, dikasi diskon gede, RV tetap agak anjlok, sedangkan ertiga banyak juga dipake buat taxol.
Yang unik itu bukan pasar nya umms.....

Tapi yg laku itu pinter seni geografis yang ajaib dan beragan di indonesia ini....

Barangkali kalo semua kontur jalan mulus,, ga banyak lembah hatori.....

yg laku itu bisa jadi berbalik ga laku.....
Wah ini bener banget om. Saya jg merasa beberapa merk itu memboyong mobil produknya masuk ke indo berasa kalau mobilnya bagus dll, tp ternyata ga cocok ama kondisi di indo.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by kunaskun »

Fertille wrote: Mon Oct 21, 2019 6:39 Yang unik itu bukan pasar nya umms.....

Tapi yg laku itu pinter seni geografis yang ajaib dan beragan di indonesia ini....

Barangkali kalo semua kontur jalan mulus,, ga banyak lembah hatori.....

yg laku itu bisa jadi berbalik ga laku.....
dibilang faktor geografis menurut saya ngga juga. contoh: SUV Ladder Frame, seluruh Indonesia laku. apa iya kontur seluruh Indonesia ga mulus sampe butuh mobil kaya gitu? kalau dibilang harga segitu ga ada jenis mobil lain menurut saya ngga juga, ada sodara jauh yaitu Mid SUV monokok, medium sedan, MPV boxy. begitu juga avanza xenia, yang sebenernya semakin tidak relevan dengan dulunya yang murmer, tergantikan oleh duo kaleng LCGC yang murmer tapi monokok FWD.

ya ini sekedar sedikit menurut saya ya, makanya menurut saya market indo unik/ajaib
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by Fertille »

kunaskun wrote: Mon Oct 21, 2019 7:27
Fertille wrote: Mon Oct 21, 2019 6:39 Yang unik itu bukan pasar nya umms.....

Tapi yg laku itu pinter seni geografis yang ajaib dan beragan di indonesia ini....

Barangkali kalo semua kontur jalan mulus,, ga banyak lembah hatori.....

yg laku itu bisa jadi berbalik ga laku.....
dibilang faktor geografis menurut saya ngga juga. contoh: SUV Ladder Frame, seluruh Indonesia laku. apa iya kontur seluruh Indonesia ga mulus sampe butuh mobil kaya gitu? kalau dibilang harga segitu ga ada jenis mobil lain menurut saya ngga juga, ada sodara jauh yaitu Mid SUV monokok, medium sedan, MPV boxy. begitu juga avanza xenia, yang sebenernya semakin tidak relevan dengan dulunya yang murmer, tergantikan oleh duo kaleng LCGC yang murmer tapi monokok FWD.

ya ini sekedar sedikit menurut saya ya, makanya menurut saya market indo unik/ajaib
Saya bicara indonesia loh ummss....

Ga ngomongin per region.... belum lagi kalo dikerucutin lagi by city.....

Kalo bicara per region yaa hasil diagram persentase nya pasti bisa aja jadi beda.... asumsi faktor nya pun yaa pasti bisa jadi beda juga.....

dibanding nasional tentu nya..... :mky_08:

Kalo bicara nasional nanti juga keliatan tuh top 3 nya siapa aja....
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by Jindanjun »

kunaskun wrote: Mon Oct 21, 2019 7:27
Fertille wrote: Mon Oct 21, 2019 6:39 Yang unik itu bukan pasar nya umms.....

Tapi yg laku itu pinter seni geografis yang ajaib dan beragan di indonesia ini....

Barangkali kalo semua kontur jalan mulus,, ga banyak lembah hatori.....

yg laku itu bisa jadi berbalik ga laku.....
dibilang faktor geografis menurut saya ngga juga. contoh: SUV Ladder Frame, seluruh Indonesia laku. apa iya kontur seluruh Indonesia ga mulus sampe butuh mobil kaya gitu? kalau dibilang harga segitu ga ada jenis mobil lain menurut saya ngga juga, ada sodara jauh yaitu Mid SUV monokok, medium sedan, MPV boxy. begitu juga avanza xenia, yang sebenernya semakin tidak relevan dengan dulunya yang murmer, tergantikan oleh duo kaleng LCGC yang murmer tapi monokok FWD.

ya ini sekedar sedikit menurut saya ya, makanya menurut saya market indo unik/ajaib
Butuh mobil yg di develop khusus buat pasar indo kalo mau laku jualan disini sepertinya om
Market research nya harus tepat sasaran

Dan yang paling tepat sasaran selama ini ya astra group
Avanza udh kemahalan, bikin calya yg lebih murah

Yg penting sesuai dengan kebutuhan:
Angkut keluarga besar
Bawa galon aqua
Perawatan gampang
Ongkos bensin masih masuk budget buat commute pp dari/ke daerah sub-urban

Urusan kenyamanan dan safety urusan ke sekian
Mau di kritik/bully kyk apapun akan ttp laku karena ya sesuai kebutuhan
Kalo ada yg kritik pun paling responnya: "syukuri aja apa yang ada ini kan rejeki belinya juga mahal"
ap kt nt aj
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: Mon Oct 21, 2019 7:27
Fertille wrote: Mon Oct 21, 2019 6:39 Yang unik itu bukan pasar nya umms.....

Tapi yg laku itu pinter seni geografis yang ajaib dan beragan di indonesia ini....

Barangkali kalo semua kontur jalan mulus,, ga banyak lembah hatori.....

yg laku itu bisa jadi berbalik ga laku.....
dibilang faktor geografis menurut saya ngga juga. contoh: SUV Ladder Frame, seluruh Indonesia laku. apa iya kontur seluruh Indonesia ga mulus sampe butuh mobil kaya gitu? kalau dibilang harga segitu ga ada jenis mobil lain menurut saya ngga juga, ada sodara jauh yaitu Mid SUV monokok, medium sedan, MPV boxy. begitu juga avanza xenia, yang sebenernya semakin tidak relevan dengan dulunya yang murmer, tergantikan oleh duo kaleng LCGC yang murmer tapi monokok FWD.

ya ini sekedar sedikit menurut saya ya, makanya menurut saya market indo unik/ajaib
Semua balik lg ke brand image yang ujung2nya juga bisa berdampak ke gengsi.

Faktor itu yg menentukan banyak orang terutama yg bukan automotive enthusiast dalam membeli mobil. Apalagi kalo bicara merek T itu kan rasanya ngga pernah ada issue yg bikin orang kapok banget buat beli produk dari merek itu. Paling kalau pun ada hanya 1 atau 2 line up nya aja.

Saya pribadi jg misal disuruh pilih camry baru atau accord baru, terlepas dari fitur dll nya pasti saya pilih camry, karena gengsi nya terlihat beda dibanding accord, meskipun kelasnya sama.
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
albertkartono
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Mon Mar 12, 2018 3:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by albertkartono »

Vote sienta om. Buat anak2 jg lebih gmpg mskny, headroom legroom lega. Bagasi jg super lega aplg kursi baris tigany bs dimasukin dbwh kursi baris 2. Dagangan byk pst muat. Cvt jg kekny ga ad masalah deh om di sienta asal rajin gnti oli transmisi aj
:mky_02: :big_exellent: :big_smoking:
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by c4b13 »

setuju sama masukan buat sienta... kalo punya anak udah 2 dan masih kecil yah enakan sliding door, sangat membantu...
kalo budgetnya ada tentu lebih worry free beli baru dan kejar diskon max (mungkin bisa manfaatin disc akhir taon, atau awal taon deal untuk nik thn sebelumnya). Kalao budget terbatas yah boleh hunting 2nd nya sesuai budget yg ada.
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by twa »

Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 5:57
Iya sih omm. Kali aja ada yg mendekati avanza bandelnya. Hehe. Pilihan kayaknya mengerucut ke sienta vs ertiga deh kayaknya.

Ertiga all new 2018 saya suka banget sih. Interior kelihatan mewah jg.
Sienta jg menarik karena sliding doornya itu dipikir2 lg ternyata perlu jg sih ya haha.

Kira2 dari kedua mobil itu yg lebih durable dan resale value nya lebih bagus yg mana ya om ? Mgkn tahu.
di kasus gw, bini pilih sienta, praktis sih.. tempat sempit buka tutup pintu no worry, apalagi buat antar jemput anak.

disuruh pilih ANGL, xpander, ertiga, rush gak mau dia, mau bilang RV pasti xpander lebih bagus tapi berhubung yg pakai dia,
ya turutin ajalah... toh sienta disc gede ini.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by PRBS »

kunaskun wrote: Mon Oct 21, 2019 5:17
Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 4:24 Kurang bagus om, makanya harga segitu bisa dapat secondnya hahaha.. tapi harus hunting sih. Tapi overal enak kok sienta, minus second row ga ada armrest..
dibilang terjun bebas ga juga, ya karena diskon gede banget. tahun lalu kan sampe 50 jutaan, untuk FL 2019 saja kalau ga salah sudah 30 jutaan.
sama kaya ignis seken. harganya dibawah LCGC [emo-yesno] karena diskon gede, minimal belasan juta. tapi pantauan saya Sienta ini harga sekennya merambat naik dibandingkan bulan lalu, mungkin karena jadi banyak yang cari? kebetulan saya juga ada rencana peremajaan kendaraan dengan budget mirip.
[/quote]

Betul bgt..
Sienta awal2 diskonnya udah ngebut bgt.. sempat diskon 40an jt kalau ga salah.. sekarang kurang tahu deh.. nah iya, ignis GL harga dibawah LCGC.. untuk GX after discount, setara LCGC top of the line.. secondnya masih berkutat di 130an .. gara2 diskon bisa up to 15jt secondnya jadi ambyar
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1432
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by mike22 »

Keiritan, perawatan, buat angkut barang : new ertiga om. Cb aja cari yg sekenan 2019, sp tau dapat tipe gx di 180.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Mon Oct 21, 2019 7:40 Semua balik lg ke brand image yang ujung2nya juga bisa berdampak ke gengsi.

Faktor itu yg menentukan banyak orang terutama yg bukan automotive enthusiast dalam membeli mobil. Apalagi kalo bicara merek T itu kan rasanya ngga pernah ada issue yg bikin orang kapok banget buat beli produk dari merek itu. Paling kalau pun ada hanya 1 atau 2 line up nya aja.

Saya pribadi jg misal disuruh pilih camry baru atau accord baru, terlepas dari fitur dll nya pasti saya pilih camry, karena gengsi nya terlihat beda dibanding accord, meskipun kelasnya sama.
:mky_01:
ya ini jadi faktor lain lagi, hanya tadi saya sebutkan diatas itu kan untuk tanggapi soal faktor geografis, dan awalnya menurut saya kenapa market indonesia itu unik/ajaib kenapa sienta bisa ga laku.
Fertille wrote: Mon Oct 21, 2019 7:35 Saya bicara indonesia loh ummss....

Ga ngomongin per region.... belum lagi kalo dikerucutin lagi by city.....

Kalo bicara per region yaa hasil diagram persentase nya pasti bisa aja jadi beda.... asumsi faktor nya pun yaa pasti bisa jadi beda juga.....

dibanding nasional tentu nya..... :mky_08:

Kalo bicara nasional nanti juga keliatan tuh top 3 nya siapa aja....
iya, maksud saya juga secara nasional. bukan region. indonesia kan ga semuanya naik turun, jalanan rusak? nyatanya LCGC tetep laku kan, walau akhirnya yg kesisa cuma duo kaleng junior, sisanya penggembira. makanya buat saya faktor geografis itu ga relevan lagi. kalo ada yang blg: FWD ga kuat nanjak, ya iyain saja d, karena di gunung pun ada LCGC. LCGC ga kuat terabas jalanan rusak, nyatanya LCGC ada juga di luar jawa yang jalanan banyak rusak. ini baru soal LCGC saja ya, yang faktor: murah makanya dibeli. tapi ketika naik ke LMPV? laku2 saja kan kalau ditotal di luar duo kaleng jumlahnya mirip duo kaleng, apa iya yang beli di luar duo kaleng ga naik turun atau jalanan rusak?. begitu juga hatchback yang sempet menguasai pasar.
Jindanjun wrote: Mon Oct 21, 2019 7:40 Butuh mobil yg di develop khusus buat pasar indo kalo mau laku jualan disini sepertinya om
Market research nya harus tepat sasaran

Dan yang paling tepat sasaran selama ini ya astra group
Avanza udh kemahalan, bikin calya yg lebih murah

Yg penting sesuai dengan kebutuhan:
Angkut keluarga besar
Bawa galon aqua
Perawatan gampang
Ongkos bensin masih masuk budget buat commute pp dari/ke daerah sub-urban

Urusan kenyamanan dan safety urusan ke sekian
Mau di kritik/bully kyk apapun akan ttp laku karena ya sesuai kebutuhan
Kalo ada yg kritik pun paling responnya: "syukuri aja apa yang ada ini kan rejeki belinya juga mahal"
iya setuju. karena market indo unik/ajaib itu salah satu faktor lain ada di market driven by Astra dan pedege mobkas. beli mobil mikir mereknya dulu, belum bayar uda tanya sekennya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Mon Oct 21, 2019 6:22
Clonz wrote: Mon Oct 21, 2019 6:02 Iya kenapa jg ya disale abis2an diskonnya sienta. Padahal di kelasnya ga ada kompetitor lgsg.
karena ini Indonesia. pasarnya unik, kalau ga mau dibilang ajaib. :mky_01:
MPV sliding door kecil, fitur kekinian semua, ga laku karena ga ada captain seat + arm rest. diskon gede ga nolong
LSUV tampilan ala2, bantingan ga enak, duduk di dalem ga enak, sempit, eh laku, karena exterior.
LMPV kekinian, bantingan nyaman, irit, daleman lumayan, ga terlalu laku karena ga ada ac digital + ga adaa arm rest di bangku tengah + kalah sama LSUV
LMPV kekinian, paling senyap, fitur komplit, mesin boyo, ga ada AC digital, paling mahal sendiri, eh laku banget
LMPV kekinian, satu aliansi dengan merek diatas, kembaran plek sama beda merek doang, ga laku, karena mereknya
ane rasa laku/tdk laku nya mobil di indonesia itu bkn karena fitur atau bagus/tidaknya. tapi faktor marketing / branding. Rajin pameran atau tidak, rajin sebar broadcast WA atau tidak. Jemput bola ke konsumennya gimana + reputasi merek selama bertahun-tahun itu yang jadi senjata. merk terkenal seperti daitoyo, ahond, tiga berlian punya modal reputasi bagus selama bertahun-tahun dan fasilitas ke konsumen yang jauh di atas merek2 baru.

Spt ane bilang fitur itu hanya wow di awal, tapi tdk bikin orang beli. Beli mobil tdk seperti beli hp yang memang cari fitur. Berlaku sampai kelas Mercedes. Mau Audi lebih canggih fiturnya, tetep paling laris mobil mewah ya Mercedes. Cap three pointed stars ini sama kayak toyota di kelas mobil mewah, menang image. Orang kaya = Mercedes.

Sialnya lagi, pembeli mobil mayoritas bukan generasi millenial yang melek info di internet. Informasi yang mereka dapet ya karena iseng-iseng berhadiah main ke pameran atau ada WA sales keluar mobil baru.

Sienta niatnya mau ambil market yang ditinggalkan Freed dulu, masalahnya Freed juga gagal krn MPV sliding doors begini jelas gak murah. Di akhir hayatnya Freed penjualannya makin terus menurun, apalagi sejak adiknya si Brio melar muncul.

Dari dulu MPV sliding doors kecil memang tdk pernah masuk buat selera orang indonesia, ukurannya cuma segede LMPV, ground clearance nya rendah (contoh kecil dari sudut pandang awam, mak ane yang gak paham mobil selalu maunya mobil kecil tinggi macem panjah, walau sebenernya jarang juga terjang banjir, jarang main ke medan berat, toh aktivitas 99% di perkotaan jalan datar tdk rawan banjir, rute yang pake mobil ceper macem civic aja lewat), blom ongkos produksi MPV sliding door elektrik gak mungkin bisa semurah panjah.

Dulu di awal Freed muncul sebenernya kan diniatkan buat lawan panjah, tapi gak bisa karena harganya sendiri udah selisih jauh banget. Dipaksain lawan GL, eh mokat bareng.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Mon Oct 21, 2019 6:32
sy pernah pake produk toyota (yaris, vios, ipah & avanza), suzuki (swift, baleno) & honda (freed sliding door, jazz gd3 & mobilio)
dr persepsi brand reliability, semua 3 brand tsb sama ajah om.
Gak usah khawatir sm CVT, tergantung pemakaian dan perawatan ajah itu om.
Pintu geser elektrik jg klo mati, bisa manual mode. hahahaha

selama itu brand jepang tipe mainstream, parts-nya mudah dan bengkel non-resmi pada umumnya udah paham,
efeknya adalah re-sale yg mudah (jangan bicara value dulu, karena RV ini relatif)

mobil2 jepang sasis monokok, penyakitnya di kaki2 lemah.
suzuki ertiga jg ditambah steering-racknya lemah (punya sepupu), apalagi mengingat kondisi jalan2 di indonesia yang luar biasa.
intinya, relatif belum ada di kelas harga segitu, mobil yg mendekati durability kaki2-nya avanza dan kijang om.

sasis ladder-frame (avanza pk semi ladder), dirancang dgn baik untuk melibas jalan rusak :mky_01:
impactnya ya mengorbankan kenyamanan.

sy prnh pake jazz gd3 CVT, beli second dpt km dah mendekati 100rb,
general checkup di beres, no issue at all.
krn pemilik sebelumnya rajin ganti CVTF sesuai saran manual book :mky_02:
setujuh sama papih budi :ngacir:

selama formatnya masih jepang monokok FWD, tingkat ketahanannya ya sama-sama aja. permasalahannya ya itu-itu aja. build quality yang CKD ya begitu gitu aja, yang CBU pasti diatas. 2 mobil CUV merek H CKD yang terkenal banyak masalah juga ternyata gak lebih riwil ketimbang merek saingannya. CUV merek N dulu odo baru 25k jajannya malah lbh banyak.

Kalau ngarep ertiga bisa sekuat panjah sebaiknya simpan rapat-rapat itu harapan. Naik ertiga baik pribadi maupun onlen, rata-rata problemnya di shock belakang loyo dan bunyi racksteer, dan terjadi di odometer yang relatif lebih rendah dibanding panjah... sekitar 20-30k... :ngacir:

sampai saat ini kalo ditanya mobil dengan syarat harus kuat yah saya gak pernah suruh orang beli HRV, beli aja panjah atau innova, titik. :ngacir: sampai hari ini blm ada mobil lebih kuat dari tuh 2 benda ajaib toyota yg kayaknya sasisnya cuma cakar adamantium wolverine yang bisa matahin... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12551
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Oct 22, 2019 6:20
Suryaputra wrote: Mon Oct 21, 2019 6:32
sy pernah pake produk toyota (yaris, vios, ipah & avanza), suzuki (swift, baleno) & honda (freed sliding door, jazz gd3 & mobilio)
dr persepsi brand reliability, semua 3 brand tsb sama ajah om.
Gak usah khawatir sm CVT, tergantung pemakaian dan perawatan ajah itu om.
Pintu geser elektrik jg klo mati, bisa manual mode. hahahaha

selama itu brand jepang tipe mainstream, parts-nya mudah dan bengkel non-resmi pada umumnya udah paham,
efeknya adalah re-sale yg mudah (jangan bicara value dulu, karena RV ini relatif)

mobil2 jepang sasis monokok, penyakitnya di kaki2 lemah.
suzuki ertiga jg ditambah steering-racknya lemah (punya sepupu), apalagi mengingat kondisi jalan2 di indonesia yang luar biasa.
intinya, relatif belum ada di kelas harga segitu, mobil yg mendekati durability kaki2-nya avanza dan kijang om.

sasis ladder-frame (avanza pk semi ladder), dirancang dgn baik untuk melibas jalan rusak :mky_01:
impactnya ya mengorbankan kenyamanan.

sy prnh pake jazz gd3 CVT, beli second dpt km dah mendekati 100rb,
general checkup di beres, no issue at all.
krn pemilik sebelumnya rajin ganti CVTF sesuai saran manual book :mky_02:
setujuh sama papih budi :ngacir:

selama formatnya masih jepang monokok FWD, tingkat ketahanannya ya sama-sama aja. permasalahannya ya itu-itu aja. build quality yang CKD ya begitu gitu aja, yang CBU pasti diatas. 2 mobil CUV merek H CKD yang terkenal banyak masalah juga ternyata gak lebih riwil ketimbang merek saingannya. CUV merek N dulu odo baru 25k jajannya malah lbh banyak.

Kalau ngarep ertiga bisa sekuat panjah sebaiknya simpan rapat-rapat itu harapan. Naik ertiga baik pribadi maupun onlen, rata-rata problemnya di shock belakang loyo dan bunyi racksteer, dan terjadi di odometer yang relatif lebih rendah dibanding panjah... sekitar 20-30k... :ngacir:

sampai saat ini kalo ditanya mobil dengan syarat harus kuat yah saya gak pernah suruh orang beli HRV, beli aja panjah atau innova, titik. :ngacir: sampai hari ini blm ada mobil lebih kuat dari tuh 2 benda ajaib toyota yg kayaknya sasisnya cuma cakar adamantium wolverine yang bisa matahin... :ngacir:
:mky_07: :mky_07:

even alphard ajah yg tersohor ituh, kekuatan kakinya gak ada apa2nya dibanding tu 2 benda ajaib toyota bikinan sunter :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Oct 22, 2019 6:29
:mky_07: :mky_07:

even alphard ajah yg tersohor ituh, kekuatan kakinya gak ada apa2nya dibanding tu 2 benda ajaib toyota bikinan sunter :ngacir:
empivi sliding door FWD ini penyakitan selalu di kaki-kaki depannya. dari kelas Freed sampe Alphard.

Freed klo udah km 70k keatas udah deh itu isinya jajan kaki kaki sama steering rack doang :ngacir:

memang kijang tiada duanya di negeri +62 :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by Clonz »

Jadi intinya om2 sini menganjurkan antara ertiga atau sienta kalau di kasus ane ?

Dengan segala kebutuhan ane?
Dan kira2 solusi dari PR yg menghantui apa ya kalau ambil salah satu itu om.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12551
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by Suryaputra »

Clonz wrote: Tue Oct 22, 2019 7:34 Jadi intinya om2 sini menganjurkan antara ertiga atau sienta kalau di kasus ane ?

Dengan segala kebutuhan ane?
Dan kira2 solusi dari PR yg menghantui apa ya kalau ambil salah satu itu om.
Test Drive ajah om keduanya, mana yg paling pas dgn mood & selera keluarga / istri / anak.
Klo segi praktis, Sienta lbh pas krn sliding door, jd bisa parkir yg agak sempit tanpa harus megangin pinggir pintu spy gak kepentok mobil / tembok di samping (apalagi klo dipake anak, bisa lgs main buka pintu ajah gak lihat samping) :mky_01:

Mobil MPV brand jepang dgn sasis monokok, hantunya (biasa) di kaki2 lemah.
Solusi; pelan2 aja klo lwt jalan rusak, apalagi klo mau nginjek lubang

Dua2nya sama2 nyaman dan kedapnya mirip2, namun sienta lbh stiff dikit suspensinya, jadi klo di tol terasa lbh stabil.
& sienta produk global toyota walaupun rakitan indo.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1437
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by krniawnhdr »

Clonz wrote: Tue Oct 22, 2019 7:34 Jadi intinya om2 sini menganjurkan antara ertiga atau sienta kalau di kasus ane ?

Dengan segala kebutuhan ane?
Dan kira2 solusi dari PR yg menghantui apa ya kalau ambil salah satu itu om.
ada yang bilang sienta,
ada yang bilang new ertiga.. budget 180 udah dapet kok all new ertiga 2018.
ya balik lagi ke ente om. test drive dulu aja bawa anak bini ikut naik kedua mobil itu kalo keduanya masuk kriteria..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Tue Oct 22, 2019 6:01 ane rasa laku/tdk laku nya mobil di indonesia itu bkn karena fitur atau bagus/tidaknya. tapi faktor marketing / branding. Rajin pameran atau tidak, rajin sebar broadcast WA atau tidak. Jemput bola ke konsumennya gimana + reputasi merek selama bertahun-tahun itu yang jadi senjata. merk terkenal seperti daitoyo, ahond, tiga berlian punya modal reputasi bagus selama bertahun-tahun dan fasilitas ke konsumen yang jauh di atas merek2 baru.
saya ga sebut fitur sebagai penentu laku atau tidaknya, tapi lebih kearah keunikan/ajaibnya market indo, itu saja. contoh selain xpander, produk china brand, jor2an fitur yang kesannya mewah dan wow di Indo karena kebiasaan beli mobil cuma menang durabilitas saja, sisanya bonus, padahal fitur2 china brand itu sudah jamak, dan boost up sales lumayan banget.

ya soal marketing memang ngaruh banget, kuat2an saja perang budget marketing lawan daitoyo.
Spt ane bilang fitur itu hanya wow di awal, tapi tdk bikin orang beli. Beli mobil tdk seperti beli hp yang memang cari fitur. Berlaku sampai kelas Mercedes. Mau Audi lebih canggih fiturnya, tetep paling laris mobil mewah ya Mercedes. Cap three pointed stars ini sama kayak toyota di kelas mobil mewah, menang image. Orang kaya = Mercedes.
ya ini salah satu penentu lain lagi. brand image. hal umum, dan berlaku banget di market indo. dan menambah unik/ajaibnya market indo. seperti salah tujuan beli mobil untuk diperlihatkan, bukan hanya untuk diutilisasikan, sungguh jadi barang mewah yg ada pajak tahunan dsb.
Sialnya lagi, pembeli mobil mayoritas bukan generasi millenial yang melek info di internet. Informasi yang mereka dapet ya karena iseng-iseng berhadiah main ke pameran atau ada WA sales keluar mobil baru.

Sienta niatnya mau ambil market yang ditinggalkan Freed dulu, masalahnya Freed juga gagal krn MPV sliding doors begini jelas gak murah. Di akhir hayatnya Freed penjualannya makin terus menurun, apalagi sejak adiknya si Brio melar muncul.

Dari dulu MPV sliding doors kecil memang tdk pernah masuk buat selera orang indonesia, ukurannya cuma segede LMPV, ground clearance nya rendah (contoh kecil dari sudut pandang awam, mak ane yang gak paham mobil selalu maunya mobil kecil tinggi macem panjah, walau sebenernya jarang juga terjang banjir, jarang main ke medan berat, toh aktivitas 99% di perkotaan jalan datar tdk rawan banjir, rute yang pake mobil ceper macem civic aja lewat), blom ongkos produksi MPV sliding door elektrik gak mungkin bisa semurah panjah.

Dulu di awal Freed muncul sebenernya kan diniatkan buat lawan panjah, tapi gak bisa karena harganya sendiri udah selisih jauh banget. Dipaksain lawan GL, eh mokat bareng.
ah ya Freed terus menurun, hanya laku di pecinta mobil seperti ini, yang ga banyak tentunya.
ya terlalu banyak yang salah dari Sienta ketika dijual, sebetulnya bagus, tapi yoyota seperti nargetnya ketinggian bisa tembus ribuan unit sebulan (well, its daitoyo, bikin brg harus laku). alhasil seperti flop. apalagi tahun pertama penjualan bagus, dan terus menurun, karena hype sudah habis. yang salah bukan mobil, tapi market-nya yang saking unik dan ajaib ga siap dengan mobil seperti ini. mungkin hal seperti ini seperti diatas, akan berlaku juga di produk china brand? setelah hype habis atas fitur2nya.

zaman now, setiap market/negara/region yg pembeli banyak, biasanya ada kebiasaan sendiri2, ga bisa di globalkan, kecuali memang itu produk global yang sudah legendaris. barang laku di India belum tentu laku di Indo/ASEAN, gitu juga dibalik.

salah satu faktor lain: seberapa serius dan berani bakar duit itu pabrikan. mulai dari setup ASS, marketing, perakitan.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by kunaskun »

Clonz wrote: Tue Oct 22, 2019 7:34 Jadi intinya om2 sini menganjurkan antara ertiga atau sienta kalau di kasus ane ?

Dengan segala kebutuhan ane?
Dan kira2 solusi dari PR yg menghantui apa ya kalau ambil salah satu itu om.
ya cari saja yg mana service-nya cocok. dan cek2 saja penyakitnya apa, dan seberapa nyusahin untuk diperbaiki atau buang uang. saya si biasa gitu ya. overall, yg manapun sama bagusnya, hanya ya memang tinggal soal ASS dan durable saja.
Suryaputra wrote: Tue Oct 22, 2019 6:29
:mky_07: :mky_07:

even alphard ajah yg tersohor ituh, kekuatan kakinya gak ada apa2nya dibanding tu 2 benda ajaib toyota bikinan sunter :ngacir:
dan produk ini mestinya sudah boleh masuk Guiness world of Record. saking ga ada lagi mobil penumpang yg pake rangka truk kaya gini. :mky_07: mungkin 20-30 tahun lagi, bisa jadi semacam hilux penumpang, saking tahan bantingnya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Wed Oct 23, 2019 4:33
saya ga sebut fitur sebagai penentu laku atau tidaknya, tapi lebih kearah keunikan/ajaibnya market indo, itu saja. contoh selain xpander, produk china brand, jor2an fitur yang kesannya mewah dan wow di Indo karena kebiasaan beli mobil cuma menang durabilitas saja, sisanya bonus, padahal fitur2 china brand itu sudah jamak, dan boost up sales lumayan banget.

ya soal marketing memang ngaruh banget, kuat2an saja perang budget marketing lawan daitoyo.

ya ini salah satu penentu lain lagi. brand image. hal umum, dan berlaku banget di market indo. dan menambah unik/ajaibnya market indo. seperti salah tujuan beli mobil untuk diperlihatkan, bukan hanya untuk diutilisasikan, sungguh jadi barang mewah yg ada pajak tahunan dsb.


ah ya Freed terus menurun, hanya laku di pecinta mobil seperti ini, yang ga banyak tentunya.
ya terlalu banyak yang salah dari Sienta ketika dijual, sebetulnya bagus, tapi yoyota seperti nargetnya ketinggian bisa tembus ribuan unit sebulan (well, its daitoyo, bikin brg harus laku). alhasil seperti flop. apalagi tahun pertama penjualan bagus, dan terus menurun, karena hype sudah habis. yang salah bukan mobil, tapi market-nya yang saking unik dan ajaib ga siap dengan mobil seperti ini. mungkin hal seperti ini seperti diatas, akan berlaku juga di produk china brand? setelah hype habis atas fitur2nya.

zaman now, setiap market/negara/region yg pembeli banyak, biasanya ada kebiasaan sendiri2, ga bisa di globalkan, kecuali memang itu produk global yang sudah legendaris. barang laku di India belum tentu laku di Indo/ASEAN, gitu juga dibalik.

salah satu faktor lain: seberapa serius dan berani bakar duit itu pabrikan. mulai dari setup ASS, marketing, perakitan.
yah setiap market emang unik oom ga cm di +62 heheheh. india jg unik brio dikasih pantat aja laku pdhl bentuknya bikin mata ane tiba-tiba minus :mky_01:

Freed sempat booming, tp selera marketnya ga kesitu (dianggep ground clearance nya pendek lah, orang INA tinggal di kota aja berasa tinggal di hutan mesti pake SUV lederprem) dan sialnya cost produksi MPV sliding door elektrik ga bisa murah macem panjah, harga mepet Innova yang dianggep "kelas atasnya".

Pdhl Freed IMHO fiturnya dulu sangat-sangat bagus dibanding Innova base trim, practicality juga oke. Jaman itu Innova G aja blom ada ABS :mky_01: Freed all type sudah ABS.

Orang product planning HPM sama TAM ketuker kayaknya waktu mikirin jual Mobilio dan Sienta :big_slap: HPM udah sadar jualan mobil gini ga laku makanya gak dilanjutin, TAM malah coba-coba :big_slap:

Innova dan Avanza memang dari product planning saja sudah mateng di sini sih... gak heran skrg expandir pun mulai tumbang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7