Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: Thu Sep 19, 2019 8:36
klo gt saatnya bisnis mesin kampakan...
lumayan klo mesinnya cm buat genset khan partnya bisa pake part kanibal...
HR12DE kan ? buat scrapyard isinya datgo march livina juke
sekalian mesin L15... legendary tuh, pake turbo pula sekarang
mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09
X-trail gen skrg ga ada versi e-power kalo ga salah. Mungkin gen berikutnya.
Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.
Setelah 2025, baru bisa keliatan nasib tech e-power ini. Di atas kertas ini solusi sempurna buat negara berkembang atau dunia ketiga kaya +62 ini. TAPI kalo justru EV meledak di semua negara maju, e-power ini akan diabaikan nissan
Euforia ttg mobil listrik di indo itu belum tentu akan jd kenyataan loh. EV udah pasti di negara maju tp negara kaya +62 ini justru akan jadi tempat jin jepang buang anak :
Electric motor itu cocok utk gantiin mesin canggih eropa yg kompleks dan mahal. Emisi uni eropa makin ketat.
Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini
Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.
Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09
Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.
Bukan paling low lagi, malah bahkan gak dianggap karena bukan mobil buatan mereka dan cuma dijual di satu negara
mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09
X-trail gen skrg ga ada versi e-power kalo ga salah. Mungkin gen berikutnya.
Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.
Setelah 2025, baru bisa keliatan nasib tech e-power ini. Di atas kertas ini solusi sempurna buat negara berkembang atau dunia ketiga kaya +62 ini. TAPI kalo justru EV meledak di semua negara maju, e-power ini akan diabaikan nissan
Euforia ttg mobil listrik di indo itu belum tentu akan jd kenyataan loh. EV udah pasti di negara maju tp negara kaya +62 ini justru akan jadi tempat jin jepang buang anak :
Electric motor itu cocok utk gantiin mesin canggih eropa yg kompleks dan mahal. Emisi uni eropa makin ketat.
Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini
Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.
Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
Setuju om. Selera org indo itu yg awet, bandel, tahan banting, irit, muat banyak. Mau emisi ngebul hitam jg ga peduli, yg penting bisa isi premium atau biosolar. Makanya mesin ICE yg canggih gak bs masuk ke sini krn standar EURO kita yg kerendahan. Itu jg alasan mesin purba macam dieselnya panther msh laku di pasaran krn irit, bandel, tahan banting dikasih solar murah pun.
Kl kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan msh rendah (polusi udara tinggi, sampah berserakan di mana2), mobil ramah lingkungan susah lakunya karena hargany jg tinggi dan hanya dihargai oleh org yg mengerti pentingnya low emission vehicle. Hyundai jg bikin pabrik di sini untuk ngincer ekspor ke aussie dan singapur di mana mereka termasuk market leader di sana. Pasar domestik indonesia mgkn mereka mau coba2, tp bukan target utamanya IMO
mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09
X-trail gen skrg ga ada versi e-power kalo ga salah. Mungkin gen berikutnya.
Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.
Setelah 2025, baru bisa keliatan nasib tech e-power ini. Di atas kertas ini solusi sempurna buat negara berkembang atau dunia ketiga kaya +62 ini. TAPI kalo justru EV meledak di semua negara maju, e-power ini akan diabaikan nissan
Euforia ttg mobil listrik di indo itu belum tentu akan jd kenyataan loh. EV udah pasti di negara maju tp negara kaya +62 ini justru akan jadi tempat jin jepang buang anak :
Electric motor itu cocok utk gantiin mesin canggih eropa yg kompleks dan mahal. Emisi uni eropa makin ketat.
Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini
Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.
Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
Setuju om. Selera org indo itu yg awet, bandel, tahan banting, irit, muat banyak. Mau emisi ngebul hitam jg ga peduli, yg penting bisa isi premium atau biosolar. Makanya mesin ICE yg canggih gak bs masuk ke sini krn standar EURO kita yg kerendahan. Itu jg alasan mesin purba macam dieselnya panther msh laku di pasaran krn irit, bandel, tahan banting dikasih solar murah pun.
Kl kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan msh rendah (polusi udara tinggi, sampah berserakan di mana2), mobil ramah lingkungan susah lakunya karena hargany jg tinggi dan hanya dihargai oleh org yg mengerti pentingnya low emission vehicle. Hyundai jg bikin pabrik di sini untuk ngincer ekspor ke aussie dan singapur di mana mereka termasuk market leader di sana. Pasar domestik indonesia mgkn mereka mau coba2, tp bukan target utamanya IMO
Iseng aja..
Sebenarnya kalo mau bahas soal isu polusi udara ya, saya pernah baca di mana gitu, polusi udara dari 1 sepeda motor itu lebih beracun dibandingkan 1 mobil yang proper. Entah apakah ini benar atau tidak, tapi memang saya pernah liat di oddysey versi lama, 2001-2003, yang 3.0 itu termasuk ULEV, sedangkan yang 2.3 hanya LEV. Berarti tingkat emisi tidak dipengaruhi dari CC mesin. Bisa saja mesin mobil beremisi lebih rendah dibanding mesin sepeda motor.
Kalo memang hal itu benar, sampai kapan pun udara kita tidak akan bersih, sepeda motor nya semakin lama semakin banyak..
Salut gua sama ide beginian
Lebih salut lagi kalau baterainya rusak masih bisa pakai bensin
Tapi...
"Untuk satu liternya bisa menempuh jarak 37,2 kilometer atau sekitar 1.480 kilometer saat full tangki, karena kapasitas tangki mobil ini 40 liter, "
Tp Kona rakitan lokal bakal punya standar global krn jg diekspor,
Terlepas dr tampang keren tidaknya, Kona ckd bakal lebih solid buatannya drpd honda hrv gen berikut rakitan kerawang. Liat aja honda honda skrg yg rakitan kerawang vs yg cbu thailand (civic accord )
Emisi motor, ini yang pernah bikin debat tak berujung di SM. Karena lucunya, gas buang motor yang diukur emisinya di ujung knalpot lebih dulu disuntikan udara bersih di pangkal knalpot, artinya angka emisinya palsu sebenarnya. CMIIW
Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini
Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.
Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
Makanya peraturannya dirancang mengakomodir mobil hibrid dulu
Hibrid, siapa yg punya lineup plg banyak dan murah?
ninodiablo wrote: Thu Sep 19, 2019 6:50
Perkiraan gue jg bukan note yg bakal dikasih e-power, karena note yg ini udh ketuaan ya (dr 2012), bisa jadi next gen note, Serena, X-Trail, or maybe Livina hahahahaha (ngimpi)
Auto pengen kalo ada livina e-power, buat jadi kendaraan nguli sehari2 enak banget
iwing wrote: Fri Sep 20, 2019 1:23
mungkin karena rpm motor jauh lebih cepet dibanding rpm mobil, jadi nya menghasilkan asap yang lebih banyak karena hasil pembakaran
dan teknologi mesin motor pun masih sangat jauh ketinggalan dari mesin mobil.
motor injeksi ? baru rame belakangan.
motor bermesin karbu apalagi 2tak masih belum mati di jalanan. masih berserakan dimana-mana. + teriaknya pun bisa sampe belasan ribu rpm.
ditambah demografi pengguna motor yang mayoritas (maaf) masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah yang belum tentu anggap beli motor baru sebagai sebuah kebutuhan. Rata-rata selama masih bisa diservis dan jalan itu sudah cukup. Wong buat kebutuhan sehari-hari aja berat, ngapain nambah beban nyicil motor baru. nyervis motor tuanya jauh lebih masuk akal dibanding ganti motor baru.
abrof wrote: Fri Sep 20, 2019 2:12
Emisi motor, ini yang pernah bikin debat tak berujung di SM. Karena lucunya, gas buang motor yang diukur emisinya di ujung knalpot lebih dulu disuntikan udara bersih di pangkal knalpot, artinya angka emisinya palsu sebenarnya. CMIIW
IMHO enggak palsu juga om, kan yang dihitung sebagai polutan adalah gas yang dilepas ke udara bebas. bukan gas yang dibuang dari mesin. jadi apapun treatment nya sebelum dilepas ke udara bebas yang berarti sudah mengurangi polutan (emisi).
ChZ wrote: Fri Sep 20, 2019 3:32
dan teknologi mesin motor pun masih sangat jauh ketinggalan dari mesin mobil.
motor injeksi ? baru rame belakangan.
motor bermesin karbu apalagi 2tak masih belum mati di jalanan. masih berserakan dimana-mana. + teriaknya pun bisa sampe belasan ribu rpm.
ditambah demografi pengguna motor yang mayoritas (maaf) masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah yang belum tentu anggap beli motor baru sebagai sebuah kebutuhan. Rata-rata selama masih bisa diservis dan jalan itu sudah cukup. Wong buat kebutuhan sehari-hari aja berat, ngapain nambah beban nyicil motor baru. nyervis motor tuanya jauh lebih masuk akal dibanding ganti motor baru.
IMHO lagi
ini kayanya ga berlaku di jakarta ya, sebagai kota dengan polusi udara terburuk sebenar nya motor2 di jakarta lebih banyak yang baru daripada motor tua. apalagi adanya leasing sehingga mudah bgt dapet motor baru (300rb sudah bisa dapat motor baru ).
menurut saya, tetap penyumbang utama polusi udara adalah karena jumlah kendaraan terutama motor yang terlalu banyak di jalanan. lagi2 transportasi umum yang blm maksimal dijadikan alasan.
Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini
Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.
Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
Makanya peraturannya dirancang mengakomodir mobil hibrid dulu
Hibrid, siapa yg punya lineup plg banyak dan murah?
Toyota haha.
Tp perpres ga ngasih insentif buat investasi mbl hybrid. Jadi toyota ga akan inves pabrik baru disini
Ppnbm baru juga belon jelas apakah berlaku utk semua cbu atau cuman buat merk yg berani inves pabrik
Kalo semua dapet ppnbm gratis, lah ngapain repot repot inves pabrik disini? Mendingan di thailand atau china
EOR24 wrote: Fri Sep 20, 2019 3:58
IMHO lagi
ini kayanya ga berlaku di jakarta ya, sebagai kota dengan polusi udara terburuk sebenar nya motor2 di jakarta lebih banyak yang baru daripada motor tua. apalagi adanya leasing sehingga mudah bgt dapet motor baru (300rb sudah bisa dapat motor baru ).
menurut saya, tetap penyumbang utama polusi udara adalah karena jumlah kendaraan terutama motor yang terlalu banyak di jalanan. lagi2 transportasi umum yang blm maksimal dijadikan alasan.
termasuk saya sih
mungkin ane bisa salah, krn ane bukan anak motor
menurut pengamatan ane motor yang masih teknologi karbu pun masih beredar banyak di jalan walaupun motor barunya juga nambah banyak.
ya, karena kalo liat foto-foto dan dokumentasi jam sibuk di negara maju contohnya jepang, liat stasiun MRT atau KRL nya sendiri udah penuh sesak sampe orang di dalem gerbong kayaknya mo gerak aja susah di negara kita orang-orang sebanyak itu ambyar ke jalanan masing-masing pake 1 motor berangkat kerja. gak heran polusi dan macet makin menggila
mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 23:59
Tp Kona rakitan lokal bakal punya standar global krn jg diekspor,
Terlepas dr tampang keren tidaknya, Kona ckd bakal lebih solid buatannya drpd honda hrv gen berikut rakitan kerawang. Liat aja honda honda skrg yg rakitan kerawang vs yg cbu thailand (civic accord )
Kl tucson sm santafe gmn om? Ini SUV jg potensial untuk diproduksi di indonesia dan dijual di lokal dan ekspor ke aussie. Secara tucson sm santa fe lumayan sukses di sana.
Berharap santa fe diesel hargany bs setara sm ANPS / ANF jadi makin rame pasar medium SUV diesel hehe
mpvlover wrote: Fri Sep 20, 2019 4:10
Toyota haha.
Tp perpres ga ngasih insentif buat investasi mbl hybrid. Jadi toyota ga akan inves pabrik baru disini
Ppnbm baru juga belon jelas apakah berlaku utk semua cbu atau cuman buat merk yg berani inves pabrik
Kalo semua dapet ppnbm gratis, lah ngapain repot repot inves pabrik disini? Mendingan di thailand atau china
ya kalau aturan baru bikin hepi, pasti daitoyo udah woro2 duluan soal pabrik, kan daitoyo itu selalu duluan kalau ada yg baru. lah ini santai2 saja, ga ada tanda2 mau bikin. malah di Thailand udah duluan lama itu perakitan hybrid.
mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09
X-trail gen skrg ga ada versi e-power kalo ga salah. Mungkin gen berikutnya.
Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.
Setelah 2025, baru bisa keliatan nasib tech e-power ini. Di atas kertas ini solusi sempurna buat negara berkembang atau dunia ketiga kaya +62 ini. TAPI kalo justru EV meledak di semua negara maju, e-power ini akan diabaikan nissan
Euforia ttg mobil listrik di indo itu belum tentu akan jd kenyataan loh. EV udah pasti di negara maju tp negara kaya +62 ini justru akan jadi tempat jin jepang buang anak :
Electric motor itu cocok utk gantiin mesin canggih eropa yg kompleks dan mahal. Emisi uni eropa makin ketat.
Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini
Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.
Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
Suka banget baca ini. Karena ane ngerasa aturan2 otomotif apa aja selama ini cuman nguntungin buat merek2 yg keluarin mobil purba itu. Selama aturannya ga berubah ya bakalan terus diproduksi tuh mobil dengan standar emisi yg ga ketat
adrianomyman wrote: Sun Sep 22, 2019 1:55
om nanya dong, apakah nama e power nissan ini udah patent milik merk nissan ?? trus, teknologi serupa dipabrikan lain apakah tidak ada??
Kalau naming, "e-Power" memang paten dari brand Nissan.
Teknologi serupa ada pak, seluruh produsen lokomotif diesel electric.
Kalau mobil, yang paling dekat mungkin BMW i3, tapi hanya kalau si pemilik beli opsional tambahan 'range extender' (mesin scooter 650cc untuk jadi genset persis seperti Note e-Power). Jadi dia belinya BMW i3 REx.
Tapi sepertinya kalau yang spec standardnya sudah seperti itu, baru ada Note e-Power pelopor & satu2nya.