2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Dari awal keluar, ga tertarik sama sekali dengan Xpander. Tapi suatu ketika lihat mobil teman pake xpander, dalamnya keren banget. Kaya MPV kelas innova.
Beberapa hari kemudian dapat kesempatan nyoba xpander punya teman ini, pas masuk dan jadi penumpang langsung amazed, ini mobil nyaman, dan kedap. Tapi begitu coba nyetir langsung males lagi sih, height adjusternya kaya kuda grandia jadul, yang naik turun cuma bagian belakang alas jok. Bikin pinggang sakit klo distel rendah. Pinggang keganjal sandaran jok.
Beberapa hari kemudian dapat kesempatan nyoba xpander punya teman ini, pas masuk dan jadi penumpang langsung amazed, ini mobil nyaman, dan kedap. Tapi begitu coba nyetir langsung males lagi sih, height adjusternya kaya kuda grandia jadul, yang naik turun cuma bagian belakang alas jok. Bikin pinggang sakit klo distel rendah. Pinggang keganjal sandaran jok.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 240
- Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
- Location: Bandung
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Masih bocor, 2018 september/agustus kalau ga salah. Yg 2019 jg masih ko kalau liat di grup FB nya. Emg random ini, untung untungan.ChZ wrote: Fri Aug 30, 2019 16:09 1. Lebar, saya ndak suka visibility beberapa mobil Mitsu. Kap mesin tinggi menghalangi pandangan dan selalu merasa mobilnya lebih lebar dari actualnya. 2x punya Outlander Sport dan xpander kalo parkir trotoar pasti sisa banyak. Bahkan ngepasin parkirnya CR-V lebih gampang.
2. Ni dia saya juga sebagai pengguna sedan dan pecinta posisi duduk rendah gak suka. Yang turun bagian belakang, depannya gak turun.
3. Yup setirnya enteng skali mirip setir Nissan. Tapi masih mending dibanding setir Wuling.
4. Kalo di saya digas dikit lemot, tambah gas lompat. Macem Yaris telor.
5. Ni dia makanya saya blg kalo blg kualitasnya diatas HRV sih lebay, orang grille ACnya aja tipis gitu.
6. Saking kedapnya, nutup pintu harus pake tenaga.
7. Oh ya masih bocor? Keluaran 2019 kah? Saya juga ngerasa suspensi depannya kurang alus kalo lewat poldur.
8. Yup bener ini space pengemudi penumpang jd gak terlalu mepet, apalagi klo penumpangnya gendut dimana kalo pake Avanza senggolan mulu.
9. Faktor FWD vs RWD
10. Seinget saya bukannya panjangnya mirip? Apa panjangan xpander yak? Males buka spec wkwkwkwk. Di carport juga agak mepet, dulu pake Avanza masih sisa space banyak, ini kapnya harus bener bener mepet pintu garasi.
Lebih panjang 4cm dan lebih lebar 5cm om. Dan mengingat body saya yg lumayan dg ada terios aja mau gembok gerbang harus nahan napas. Kalau avanza lebih pendek lagi cuma 4.2m, rushter 4435mm, xpander 4475mm.
Tp emg desain si rushter makin ke atas makin narrow, jadi ruang bahu mirip avanza walaupun secara data lebih lebar. Avanza 1660, rushter 1695, xpander 1750. Padahal kalau diliat dari data serena c24 aja lebarnya 1695. Xpander keliatannta lebih mengotak.
Btw ko rank saya jadi visitor lagi yak, post cuma ada 2 di profile. Ini kenapa dah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Untuk ukuran dimensi panjang dan lebar Xpander setara dgn panjang dan lebar mobil Nissan All New Grand Livina, cuma dari sisi tinggi saja Expander memang lebih tinggi.dari Nissan All New Grand Livina
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

HR15DE 2014
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Ini yang bikin ane jujur ngomong lebih seneng di Ertiga / Mobilio, height adjusternya lebih proper dan kalau ane pribadi seating position bisa jadi deal breaker.FU27 wrote: Fri Aug 30, 2019 16:36 Dari awal keluar, ga tertarik sama sekali dengan Xpander. Tapi suatu ketika lihat mobil teman pake xpander, dalamnya keren banget. Kaya MPV kelas innova.
Beberapa hari kemudian dapat kesempatan nyoba xpander punya teman ini, pas masuk dan jadi penumpang langsung amazed, ini mobil nyaman, dan kedap. Tapi begitu coba nyetir langsung males lagi sih, height adjusternya kaya kuda grandia jadul, yang naik turun cuma bagian belakang alas jok. Bikin pinggang sakit klo distel rendah. Pinggang keganjal sandaran jok.
Tapi yang demen bos besar dan yang pake juga dia... jadi ya sudah.
dan since ini mechanical bukan hal krusial ke safety kayaknya juga agak mustahal di recall, paling kalo kejadian digaransiin. Macem kaki-kaki HR-V.piraku wrote: Fri Aug 30, 2019 17:27
Masih bocor, 2018 september/agustus kalau ga salah. Yg 2019 jg masih ko kalau liat di grup FB nya. Emg random ini, untung untungan.
Lebih panjang 4cm dan lebih lebar 5cm om. Dan mengingat body saya yg lumayan dg ada terios aja mau gembok gerbang harus nahan napas. Kalau avanza lebih pendek lagi cuma 4.2m, rushter 4435mm, xpander 4475mm.
Tp emg desain si rushter makin ke atas makin narrow, jadi ruang bahu mirip avanza walaupun secara data lebih lebar. Avanza 1660, rushter 1695, xpander 1750. Padahal kalau diliat dari data serena c24 aja lebarnya 1695. Xpander keliatannta lebih mengotak.
Btw ko rank saya jadi visitor lagi yak, post cuma ada 2 di profile. Ini kenapa dah.
Xpander designnya boros tempat

Baru nyadar lipina besar juga, kayaknya liat bentuk ramping gitu kabinnya juga sempitHerman7103 wrote: Fri Aug 30, 2019 23:49 Untuk ukuran dimensi panjang dan lebar Xpander setara dgn panjang dan lebar mobil Nissan All New Grand Livina, cuma dari sisi tinggi saja Expander memang lebih tinggi.dari Nissan All New Grand Livina
Dimensi-xpander-Livina.jpeg

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4900
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Nice review chris
Mau nambahin review aja nih, kebetulan punya Xpander Ultimate AT 2017 pemakaian 2018, beli September 2017,odo hampir 20 rb, inden 3 bulan , dapet di harga 245 jt OTR Jakarta. Impresi gua kurang lebih sama kek yg lu bilang di review:
- Desain exteriornya the best lah buat LMPV, kagak keliatan sama sekali kalau mobil ini kelas avanza, malah dikira sm temen gua ini mobil kelasnya sm kek innova
- Bantingan suspensi agak keras, kaga seempuk ertiga or livina, tapi masih tolerable lah
- Setir enteng pake banget, lebih enteng dariapada old ertiga temen gua
- Fitur lengkap sih, jarang2 LMPV dah ada VSC , keyless sm tombol audio disetir
- Rem gak terlalu pakem, masih jauh lebih bagus feel remnya mobilio, walaupun masih lebih bagus daripada avxen
- Putaran bawah rada bengek, mungkin karena eco modenya kali ya , mesti digas agak dalem dulu baru kerasa terikannya , apalagi kalau di tanjakan full load, mesti dioper ke 2 dulu baru kerasa tarikannya
- 4 AT nya sih surprisingly sigap dan smooth compared with ertiga and avanza
- Road noise sangat baik buat ukuran LMPV, lebih kedap daripada GE8 gua dulu dan CRV Gen 5 dirumah
- Paling lega dikelasnya, row 2 dan 3 cukup nyaman buat didudukin orang dewasa
- Banyak storage, jadi kalau suka nyimpen barang dimobil , mobil ini merupakan salah satu yg terbaik dalam urusan practicality
- Pintu susah ditutup, that's right, peredam pintu dari xpander ini emg lebih tebel daripada GE8 gua dulu dan Grand avanza tante gua
- Fun to drive, bawa mobil ini gak kerasa kek bawa mobil gede, lumayan enak buat selap selip, walaupun masih gak selincah mobilio atau BRV
- Cukup irit sih, kalau kaki sekolah bisa dapet 1: 9-11 dalkot, kalau sruntulan 1:6-8 dalkot
- Interior cukup solid sih ya buat ukuran LMPV, in some part malah lebih bagus daripada CRV gen 5 dirumah, walaupun semuanya didominasi dengan hard plastic and fake stiching, but it's okay, yg penting 1 tahun ini belum ada rattle yang menganggu
- Audio lumayan lah ya, cukup enak buat ukuran LMPV, dan bagusnya HU udah touchscreen di tipe ultimate ini, dan bisa bluetooth juga, interfacenya juga lumayan enak dilihat, lebih enak daripada CRV gen 5 dirumah yg keliatan bgt outdatednya, walaupun akhirnya gua ganti pake Pioneer AVH - A 5150 BT, buat ngincer suara yg lebih bagus lg dan gua hobi modif orangnya
- Easy to tune, that's true, mobil ini enak banget buat dimodif dari segala sisi, kek exterior, interior, mesin , dan kaki - kaki. Part aftermarketnya pun banyak banget di pasaran, dan mesin mobil ini sangat potensial untuk digarap, seperti pasang turbo dan remap. Belum lagi bisa dipasangin autodoorlock , cruise control, PBD, dll. Makin menambah kesan kalau xpander adalah mobil yang gampang dimodif
Untuk problem, no 1 gua pernah ngalamin, pas km 10rb , solusinya cukup ke beres mitsu aja dan direset ulang ECU nya. Untuk no 2 dan 3 sih, untungnya punya gua blm pernah ngalamin dan masih fine2 aja sampe sekarang
Overall cukup puas sih make Xpander, paling worth it buat LMPV, tapi kalau dulu sih pas masih 245 jt , worth2 aja . Tapi kalau disuruh beli sekarang, dengan harga 265 jt sih gua mikir 2x deh, improvementnya cuma CC doang which is bisa diupgrade diluaran , harusnya ditambah jok kulit dan lampu utamanya udh LED, malu sm AN rushter yg headlampnya aja udh LED
Mau nambahin review aja nih, kebetulan punya Xpander Ultimate AT 2017 pemakaian 2018, beli September 2017,odo hampir 20 rb, inden 3 bulan , dapet di harga 245 jt OTR Jakarta. Impresi gua kurang lebih sama kek yg lu bilang di review:
- Desain exteriornya the best lah buat LMPV, kagak keliatan sama sekali kalau mobil ini kelas avanza, malah dikira sm temen gua ini mobil kelasnya sm kek innova
- Bantingan suspensi agak keras, kaga seempuk ertiga or livina, tapi masih tolerable lah
- Setir enteng pake banget, lebih enteng dariapada old ertiga temen gua
- Fitur lengkap sih, jarang2 LMPV dah ada VSC , keyless sm tombol audio disetir
- Rem gak terlalu pakem, masih jauh lebih bagus feel remnya mobilio, walaupun masih lebih bagus daripada avxen
- Putaran bawah rada bengek, mungkin karena eco modenya kali ya , mesti digas agak dalem dulu baru kerasa terikannya , apalagi kalau di tanjakan full load, mesti dioper ke 2 dulu baru kerasa tarikannya
- 4 AT nya sih surprisingly sigap dan smooth compared with ertiga and avanza
- Road noise sangat baik buat ukuran LMPV, lebih kedap daripada GE8 gua dulu dan CRV Gen 5 dirumah
- Paling lega dikelasnya, row 2 dan 3 cukup nyaman buat didudukin orang dewasa
- Banyak storage, jadi kalau suka nyimpen barang dimobil , mobil ini merupakan salah satu yg terbaik dalam urusan practicality
- Pintu susah ditutup, that's right, peredam pintu dari xpander ini emg lebih tebel daripada GE8 gua dulu dan Grand avanza tante gua
- Fun to drive, bawa mobil ini gak kerasa kek bawa mobil gede, lumayan enak buat selap selip, walaupun masih gak selincah mobilio atau BRV
- Cukup irit sih, kalau kaki sekolah bisa dapet 1: 9-11 dalkot, kalau sruntulan 1:6-8 dalkot
- Interior cukup solid sih ya buat ukuran LMPV, in some part malah lebih bagus daripada CRV gen 5 dirumah, walaupun semuanya didominasi dengan hard plastic and fake stiching, but it's okay, yg penting 1 tahun ini belum ada rattle yang menganggu
- Audio lumayan lah ya, cukup enak buat ukuran LMPV, dan bagusnya HU udah touchscreen di tipe ultimate ini, dan bisa bluetooth juga, interfacenya juga lumayan enak dilihat, lebih enak daripada CRV gen 5 dirumah yg keliatan bgt outdatednya, walaupun akhirnya gua ganti pake Pioneer AVH - A 5150 BT, buat ngincer suara yg lebih bagus lg dan gua hobi modif orangnya
- Easy to tune, that's true, mobil ini enak banget buat dimodif dari segala sisi, kek exterior, interior, mesin , dan kaki - kaki. Part aftermarketnya pun banyak banget di pasaran, dan mesin mobil ini sangat potensial untuk digarap, seperti pasang turbo dan remap. Belum lagi bisa dipasangin autodoorlock , cruise control, PBD, dll. Makin menambah kesan kalau xpander adalah mobil yang gampang dimodif
Untuk problem, no 1 gua pernah ngalamin, pas km 10rb , solusinya cukup ke beres mitsu aja dan direset ulang ECU nya. Untuk no 2 dan 3 sih, untungnya punya gua blm pernah ngalamin dan masih fine2 aja sampe sekarang
Overall cukup puas sih make Xpander, paling worth it buat LMPV, tapi kalau dulu sih pas masih 245 jt , worth2 aja . Tapi kalau disuruh beli sekarang, dengan harga 265 jt sih gua mikir 2x deh, improvementnya cuma CC doang which is bisa diupgrade diluaran , harusnya ditambah jok kulit dan lampu utamanya udh LED, malu sm AN rushter yg headlampnya aja udh LED
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Nah, kok saya ngerasa AC nya jauh lebih dingin GNKI drpd Xpander ya. Bener gitu ngga Om?Rezawihardja wrote: Fri Aug 30, 2019 14:24
Sedikit OOT, sebenernya beli xpander ini tadinya utk gantiin innova ane. Udah cobain semua BRV, Sienta, Mobilio, livina non livander, even terois ama rush ya. Mereka semua sempit and yg menurut ane paling deket ke innova ya xpander ini.
Kalo menurut stand point ane, waktu ngedesain xpander ini, mitsu targetnya innova bukan avanza apalagi rush/terios. Begitu kita nyetir baru deh berasa bedanya and kenapa koq mirip2 ya.
Sekian...

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
kemarin perdana bawa penumpang dewasa lebih dari 5, langsung full 8 orang. duduk baris ketiganya biar 3 orang bisa enak emang harus agak dimajuin yang tengah. innova lama slightly better walau kayaknya lantai tinggian innova.evanbngdor wrote: Mon Sep 02, 2019 2:00Nah, kok saya ngerasa AC nya jauh lebih dingin GNKI drpd Xpander ya. Bener gitu ngga Om?Rezawihardja wrote: Fri Aug 30, 2019 14:24
Sedikit OOT, sebenernya beli xpander ini tadinya utk gantiin innova ane. Udah cobain semua BRV, Sienta, Mobilio, livina non livander, even terois ama rush ya. Mereka semua sempit and yg menurut ane paling deket ke innova ya xpander ini.
Kalo menurut stand point ane, waktu ngedesain xpander ini, mitsu targetnya innova bukan avanza apalagi rush/terios. Begitu kita nyetir baru deh berasa bedanya and kenapa koq mirip2 ya.
Sekian...
![]()
cuma yah itu tarikannya jadi berasa aduhai beletnya

AC kayaknya dari dulu emang toyota selalu juara dinginnya

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Dulu mitsubishi kuda AC nya lebih dingin drpd kijang kapsul lho Om.ChZ wrote: Mon Sep 02, 2019 2:42kemarin perdana bawa penumpang dewasa lebih dari 5, langsung full 8 orang. duduk baris ketiganya biar 3 orang bisa enak emang harus agak dimajuin yang tengah. innova lama slightly better walau kayaknya lantai tinggian innova.evanbngdor wrote: Mon Sep 02, 2019 2:00
Nah, kok saya ngerasa AC nya jauh lebih dingin GNKI drpd Xpander ya. Bener gitu ngga Om?
![]()
cuma yah itu tarikannya jadi berasa aduhai beletnya![]()
AC kayaknya dari dulu emang toyota selalu juara dinginnya![]()
Makanya dulu sempet kepincut beli kuda, secara desain interior&eksterior jg kuda oke sih pada jamannya. #malahOOT


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Kia_rio
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
yang pasti mobil ini menyelamatkan papa saya yg kena stroke, kursi belakang bisa dilipat rata untuk tiduran. tq xpander..
tambahan yg paling menggangu dimata yaitu panel gap di kap gede pake banget.
tambahan yg paling menggangu dimata yaitu panel gap di kap gede pake banget.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
kaki2 depan itu bushing arm depan itu om.....JukeJoken wrote: Fri Aug 30, 2019 4:23 Punya saya udah setahun Shock belakang aman gak bocor , tapi kaki-kaki depannya bunyi-bunyi sepanjang jalan , dari gluduk-gluduk sampe bunyi besi beradu ada semua![]()
https://otodiy.blogspot.com/2019/08/cla ... g-arm.html
https://otodiy.blogspot.com/2019/08/cla ... depan.html
aku malah barusan ambil veloz 1.5 m/tkunaskun wrote: Fri Aug 30, 2019 7:37iya cek data penjualan gaikindo jauh banget bedanya, kalau ga salah ultimate/sport itu bisa separuh lebih. anehnya harga type GLS/Exceed kan setara avanza G/Veloz. tapi entah kenapa harga segitu masih banyak aja yang beli avanza. mungkin benar ada yg blg: avanza itu dibeli buat fleet.ChZ wrote: Fri Aug 30, 2019 7:30 Yang istimewa emang di Xpander yang laku malah tipe Ultimate/Sport, di awal-awal indent paling lama tipe Ultimate/Sport. Kayaknya emang bener orang yang mau upgrade dari Innova lama anggep Innova baru kemahalan, ujungnya ngambil Xpander. Turun kelas tapi gak berasa turun kelas.
mirip juga dengan livina. yang laku malah type VL. dibawahnya minim sekali, kalaupun ada mungkin untuk yg cari transmisi manual. market indo memang unik.
kalau harga sebetulnya ANKI bensin G bekas usia setahun mestinya sudah dapet. tapi ya memang kosong banget. hanya jualan merek innova saja.

![Me Too [emo-me-too]](./images/smilies/2017-metoo.gif)
regards,
singachu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Waduh makasih banyak nih infonya Om.. bisa buat bahan referensi , karena sudah 3 kali ke bengkel resmi gak bener-bener juga , cuma dikenceng kencengin aja jadi gak ilang bunyinya , gak bagus kerja bengkelnya, sampe saya males pake Xpander saya soalnya kayak bawa mobil rongsok bunyi-bunyi. Beda dengan pas Sienta sy waktu klaim kaki bunyi langsung sama Toyota diganti satu set dari Shockbreaker sampe ke Springnya segala digantisingachu wrote: Tue Sep 10, 2019 1:51kaki2 depan itu bushing arm depan itu om.....JukeJoken wrote: Fri Aug 30, 2019 4:23 Punya saya udah setahun Shock belakang aman gak bocor , tapi kaki-kaki depannya bunyi-bunyi sepanjang jalan , dari gluduk-gluduk sampe bunyi besi beradu ada semua![]()
https://otodiy.blogspot.com/2019/08/cla ... g-arm.html
https://otodiy.blogspot.com/2019/08/cla ... depan.html

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
belum ada seminggu pake, denger komen dr orang yg numpang, rata2 bilangnya lega dan empuk. beda ma mobil yg biasa dipake, kecil, sempit. kalau duduk mentok sana sini. apalagi kalu rame2......
kalau menurut sopir, lumayan lah.... akses penyimpanan dr posisi duduk sopir cukup banyak. rekor nyetok minuman 3 sekaligus. 1 cola, 1 buble, 1 akua. semua ada tempatnya dan gampang diakses. belum lagi tempat koin dan kartu etoll yg ada tutupnya, trus kotak ditengah yang muat lumayan banyak. ditambah lagi tombol volume di stir. posisi duduk relatif lah.. tapi tetap lebih nyaman mobil sebelumnya, walau kecil,tapi posisi bisa lumayan rebah.
kalau menurut dompet, not bad. tapi yang jadi masalah, pilihan accs-nya banyak banget. bener-bener bahaya utk dompet. sejauh ini udah abis brp juta buat hu. belum lagi sederet accs yang menggoda. dari yg sekedar tempelan macem sillplate sampe kamera 360 dan power backdoor juga ada. apalagi kalu iseng2 liat yutub. banyak banget racunnya..... ampuunn dahh.....
ups jadi ketauan deh.....................

kalau menurut sopir, lumayan lah.... akses penyimpanan dr posisi duduk sopir cukup banyak. rekor nyetok minuman 3 sekaligus. 1 cola, 1 buble, 1 akua. semua ada tempatnya dan gampang diakses. belum lagi tempat koin dan kartu etoll yg ada tutupnya, trus kotak ditengah yang muat lumayan banyak. ditambah lagi tombol volume di stir. posisi duduk relatif lah.. tapi tetap lebih nyaman mobil sebelumnya, walau kecil,tapi posisi bisa lumayan rebah.
kalau menurut dompet, not bad. tapi yang jadi masalah, pilihan accs-nya banyak banget. bener-bener bahaya utk dompet. sejauh ini udah abis brp juta buat hu. belum lagi sederet accs yang menggoda. dari yg sekedar tempelan macem sillplate sampe kamera 360 dan power backdoor juga ada. apalagi kalu iseng2 liat yutub. banyak banget racunnya..... ampuunn dahh.....

ups jadi ketauan deh.....................

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
ciyeeee papihhhh mobil baru..............y_anjasrana wrote: Thu Sep 26, 2019 15:37 belum ada seminggu pake, denger komen dr orang yg numpang, rata2 bilangnya lega dan empuk. beda ma mobil yg biasa dipake, kecil, sempit. kalau duduk mentok sana sini. apalagi kalu rame2......![]()
kalau menurut sopir, lumayan lah.... akses penyimpanan dr posisi duduk sopir cukup banyak. rekor nyetok minuman 3 sekaligus. 1 cola, 1 buble, 1 akua. semua ada tempatnya dan gampang diakses. belum lagi tempat koin dan kartu etoll yg ada tutupnya, trus kotak ditengah yang muat lumayan banyak. ditambah lagi tombol volume di stir. posisi duduk relatif lah.. tapi tetap lebih nyaman mobil sebelumnya, walau kecil,tapi posisi bisa lumayan rebah.
kalau menurut dompet, not bad. tapi yang jadi masalah, pilihan accs-nya banyak banget. bener-bener bahaya utk dompet. sejauh ini udah abis brp juta buat hu. belum lagi sederet accs yang menggoda. dari yg sekedar tempelan macem sillplate sampe kamera 360 dan power backdoor juga ada. apalagi kalu iseng2 liat yutub. banyak banget racunnya..... ampuunn dahh.....![]()
ups jadi ketauan deh.....................![]()

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
- Location: Malang city
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
dari miras ganti ke xpander?y_anjasrana wrote: Thu Sep 26, 2019 15:37 belum ada seminggu pake, denger komen dr orang yg numpang, rata2 bilangnya lega dan empuk. beda ma mobil yg biasa dipake, kecil, sempit. kalau duduk mentok sana sini. apalagi kalu rame2......![]()
kalau menurut sopir, lumayan lah.... akses penyimpanan dr posisi duduk sopir cukup banyak. rekor nyetok minuman 3 sekaligus. 1 cola, 1 buble, 1 akua. semua ada tempatnya dan gampang diakses. belum lagi tempat koin dan kartu etoll yg ada tutupnya, trus kotak ditengah yang muat lumayan banyak. ditambah lagi tombol volume di stir. posisi duduk relatif lah.. tapi tetap lebih nyaman mobil sebelumnya, walau kecil,tapi posisi bisa lumayan rebah.
kalau menurut dompet, not bad. tapi yang jadi masalah, pilihan accs-nya banyak banget. bener-bener bahaya utk dompet. sejauh ini udah abis brp juta buat hu. belum lagi sederet accs yang menggoda. dari yg sekedar tempelan macem sillplate sampe kamera 360 dan power backdoor juga ada. apalagi kalu iseng2 liat yutub. banyak banget racunnya..... ampuunn dahh.....![]()
ups jadi ketauan deh.....................![]()
ckckck....kok sama sih om

4A91 4at - Slow Driver
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
ga ganti koq. miras ane ga sengaja kesiram minyak tanah. eh pagi2 udah mekar jd xpander.......jar-jit-no wrote:dari miras ganti ke xpander?y_anjasrana wrote: Thu Sep 26, 2019 15:37 belum ada seminggu pake, denger komen dr orang yg numpang, rata2 bilangnya lega dan empuk. beda ma mobil yg biasa dipake, kecil, sempit. kalau duduk mentok sana sini. apalagi kalu rame2......![]()
kalau menurut sopir, lumayan lah.... akses penyimpanan dr posisi duduk sopir cukup banyak. rekor nyetok minuman 3 sekaligus. 1 cola, 1 buble, 1 akua. semua ada tempatnya dan gampang diakses. belum lagi tempat koin dan kartu etoll yg ada tutupnya, trus kotak ditengah yang muat lumayan banyak. ditambah lagi tombol volume di stir. posisi duduk relatif lah.. tapi tetap lebih nyaman mobil sebelumnya, walau kecil,tapi posisi bisa lumayan rebah.
kalau menurut dompet, not bad. tapi yang jadi masalah, pilihan accs-nya banyak banget. bener-bener bahaya utk dompet. sejauh ini udah abis brp juta buat hu. belum lagi sederet accs yang menggoda. dari yg sekedar tempelan macem sillplate sampe kamera 360 dan power backdoor juga ada. apalagi kalu iseng2 liat yutub. banyak banget racunnya..... ampuunn dahh.....![]()
ups jadi ketauan deh.....................![]()
ckckck....kok sama sih om

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Indeed bgt Om! Kalo saya sebelumnya pake Fiesta, sangat puas sama kekedapannya, pindah ke Xpander gak berasa downgrade. Dulu sempet mikir ""Kapan ya ada mobil harga jelata tapi bisa kedap kaya mobil mevvah?". Untungnya ada Xpander. Tapi sayang, peredam atap gak setebel Fiesta, kalo ujannya gede2 yang harganya 10rb satu, berisik juga itu Xpander. tapii, namanya juga LMPV 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Nambahin dikit ah kesan2 setelah TD Xpander
Kekedapan Ok lah senyap
Hajar poldur masih ok & ga begitu berasa
Masuk jalanan rusak dihajar pontang panting kedengeran tuh brak brek brok nya hehehe
Stability Control rasanya ga banyak bantu juga deh soalnya udh dibawa tol,lari kenceng zigzag masih guleong2 hehe.mungkin LMPV jg x ya 7 seater
Posisi duduk krg nyaman y seperti terlalu tinggi setirnya.mungkin lbh mending karna ada tilt teleskopic
Sekian test drive dr sy..opini saya ni mobil untuk perkotaan macet2an setiap hr ya lumayan meliat bodinya besar & muat banyak brg & org.
Tapi kalo untuk perjalanan luar kota,agak pegal sepertinya y.dan guleong2 nya itu loh..mengingatkan seperti naek mobil avanza xenia dll.hanya lebih mending dikit


Kekedapan Ok lah senyap
Hajar poldur masih ok & ga begitu berasa
Masuk jalanan rusak dihajar pontang panting kedengeran tuh brak brek brok nya hehehe
Stability Control rasanya ga banyak bantu juga deh soalnya udh dibawa tol,lari kenceng zigzag masih guleong2 hehe.mungkin LMPV jg x ya 7 seater
Posisi duduk krg nyaman y seperti terlalu tinggi setirnya.mungkin lbh mending karna ada tilt teleskopic
Sekian test drive dr sy..opini saya ni mobil untuk perkotaan macet2an setiap hr ya lumayan meliat bodinya besar & muat banyak brg & org.
Tapi kalo untuk perjalanan luar kota,agak pegal sepertinya y.dan guleong2 nya itu loh..mengingatkan seperti naek mobil avanza xenia dll.hanya lebih mending dikit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
wuihhhy_anjasrana wrote: Thu Sep 26, 2019 15:37 belum ada seminggu pake, denger komen dr orang yg numpang, rata2 bilangnya lega dan empuk. beda ma mobil yg biasa dipake, kecil, sempit. kalau duduk mentok sana sini. apalagi kalu rame2......![]()
kalau menurut sopir, lumayan lah.... akses penyimpanan dr posisi duduk sopir cukup banyak. rekor nyetok minuman 3 sekaligus. 1 cola, 1 buble, 1 akua. semua ada tempatnya dan gampang diakses. belum lagi tempat koin dan kartu etoll yg ada tutupnya, trus kotak ditengah yang muat lumayan banyak. ditambah lagi tombol volume di stir. posisi duduk relatif lah.. tapi tetap lebih nyaman mobil sebelumnya, walau kecil,tapi posisi bisa lumayan rebah.
kalau menurut dompet, not bad. tapi yang jadi masalah, pilihan accs-nya banyak banget. bener-bener bahaya utk dompet. sejauh ini udah abis brp juta buat hu. belum lagi sederet accs yang menggoda. dari yg sekedar tempelan macem sillplate sampe kamera 360 dan power backdoor juga ada. apalagi kalu iseng2 liat yutub. banyak banget racunnya..... ampuunn dahh.....![]()
ups jadi ketauan deh.....................![]()
ngoming2, si mira terakhir udah berapa ratus ribu kilometer om odonya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Makanya saya bilang juga apa oom, mobil ini sarang khilaf... wkwkwkkw. khilaf dikit belanja-belanja aksesorisnya banyak bener.y_anjasrana wrote: Thu Sep 26, 2019 15:37
kalau menurut dompet, not bad. tapi yang jadi masalah, pilihan accs-nya banyak banget. bener-bener bahaya utk dompet. sejauh ini udah abis brp juta buat hu. belum lagi sederet accs yang menggoda. dari yg sekedar tempelan macem sillplate sampe kamera 360 dan power backdoor juga ada. apalagi kalu iseng2 liat yutub. banyak banget racunnya..... ampuunn dahh.....![]()
ups jadi ketauan deh.....................![]()
Udah murah, khilaf-able lagi. Gak heran pasarnya luas banget dari anak muda sampe bapak-bapak.
kemarin baru aja balik semarang-sala3 iseng pake ini karena males keluarin CR-V dari garasi dan perginya gak nginep...Volk wrote: Fri Sep 27, 2019 16:56 Nambahin dikit ah kesan2 setelah TD Xpander
Kekedapan Ok lah senyap
Hajar poldur masih ok & ga begitu berasa
Masuk jalanan rusak dihajar pontang panting kedengeran tuh brak brek brok nya hehehe
Stability Control rasanya ga banyak bantu juga deh soalnya udh dibawa tol,lari kenceng zigzag masih guleong2 hehe.mungkin LMPV jg x ya 7 seater
Posisi duduk krg nyaman y seperti terlalu tinggi setirnya.mungkin lbh mending karna ada tilt teleskopic
Sekian test drive dr sy..opini saya ni mobil untuk perkotaan macet2an setiap hr ya lumayan meliat bodinya besar & muat banyak brg & org.
Tapi kalo untuk perjalanan luar kota,agak pegal sepertinya y.dan guleong2 nya itu loh..mengingatkan seperti naek mobil avanza xenia dll.hanya lebih mending dikit![]()
Saya gak terlalu suka karakter mobil ini untuk luar kota terutama di toll. Setirnya bikin gak pede, ditambah di tol kontur menanjak seperti tol Semarang-Bawen, kerasa banget loyo nya tenaga. Nyalip truk aja saya butuh gaspol itupun lamaaaaaaaaa banget.
Oh ya, ban bawaan mobil ini juga pengaruh banyak. Spek bawaan pabriknya terlalu imut. Mobil ini harusnya pake profil ban ala SUV kompak. Waktu ane 3 hari pakai velg 17 inch dengan ban ATR Sport bekas ukuran 215/55/17 kerasa banget gripnya lebih baik dan feel goyangannya berkurang banget biarpun efeknya larinya jadi sangat-sangat-sangat berat. + fitmentnya jadi bagus gak cingkrang.
Stock nya 205/55/16.
Sekarang udah balik standar lagi krn bokap gak demen.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
Nanti Rumor'nya Esblender Cross yang pakai 17"ChZ wrote: Thu Oct 03, 2019 6:23Makanya saya bilang juga apa oom, mobil ini sarang khilaf... wkwkwkkw. khilaf dikit belanja-belanja aksesorisnya banyak bener.y_anjasrana wrote: Thu Sep 26, 2019 15:37
kalau menurut dompet, not bad. tapi yang jadi masalah, pilihan accs-nya banyak banget. bener-bener bahaya utk dompet. sejauh ini udah abis brp juta buat hu. belum lagi sederet accs yang menggoda. dari yg sekedar tempelan macem sillplate sampe kamera 360 dan power backdoor juga ada. apalagi kalu iseng2 liat yutub. banyak banget racunnya..... ampuunn dahh.....![]()
ups jadi ketauan deh.....................![]()
Udah murah, khilaf-able lagi. Gak heran pasarnya luas banget dari anak muda sampe bapak-bapak.
kemarin baru aja balik semarang-sala3 iseng pake ini karena males keluarin CR-V dari garasi dan perginya gak nginep...Volk wrote: Fri Sep 27, 2019 16:56 Nambahin dikit ah kesan2 setelah TD Xpander
Kekedapan Ok lah senyap
Hajar poldur masih ok & ga begitu berasa
Masuk jalanan rusak dihajar pontang panting kedengeran tuh brak brek brok nya hehehe
Stability Control rasanya ga banyak bantu juga deh soalnya udh dibawa tol,lari kenceng zigzag masih guleong2 hehe.mungkin LMPV jg x ya 7 seater
Posisi duduk krg nyaman y seperti terlalu tinggi setirnya.mungkin lbh mending karna ada tilt teleskopic
Sekian test drive dr sy..opini saya ni mobil untuk perkotaan macet2an setiap hr ya lumayan meliat bodinya besar & muat banyak brg & org.
Tapi kalo untuk perjalanan luar kota,agak pegal sepertinya y.dan guleong2 nya itu loh..mengingatkan seperti naek mobil avanza xenia dll.hanya lebih mending dikit![]()
Saya gak terlalu suka karakter mobil ini untuk luar kota terutama di toll. Setirnya bikin gak pede, ditambah di tol kontur menanjak seperti tol Semarang-Bawen, kerasa banget loyo nya tenaga. Nyalip truk aja saya butuh gaspol itupun lamaaaaaaaaa banget.
Oh ya, ban bawaan mobil ini juga pengaruh banyak. Spek bawaan pabriknya terlalu imut. Mobil ini harusnya pake profil ban ala SUV kompak. Waktu ane 3 hari pakai velg 17 inch dengan ban ATR Sport bekas ukuran 215/55/17 kerasa banget gripnya lebih baik dan feel goyangannya berkurang banget biarpun efeknya larinya jadi sangat-sangat-sangat berat. + fitmentnya jadi bagus gak cingkrang.
Stock nya 205/55/16.
Sekarang udah balik standar lagi krn bokap gak demen.
16" Memang kelihatan kekecilan di body gambot'nya
Semoga aja kekurangan2 sekarang diperbaiki di LSUV'nya
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
maksudnya bukan ukuran velg. tapi proporsi ban secara keseluruhan. 205/55/16 itu sama kayak ukuran ban sedan macem Civic. Lha mobil badan gambot gini kok ukurannya ukuran ban sedan.Winz wrote: Thu Oct 03, 2019 6:46
Nanti Rumor'nya Esblender Cross yang pakai 17"
16" Memang kelihatan kekecilan di body gambot'nya
Semoga aja kekurangan2 sekarang diperbaiki di LSUV'nya
Waktu saya upsize pertama kali ke 215/50/17 pake ban standar advan dB nya Civic ya tetep kerasa cingkrang. Ditebelin dikit jd 215/55/17 baru pas. Tapi yah korban di tarikan. Udah bukan ban LRR macem enasave bawaan, lebih tebel lagi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
terakhir 255rb. menuju 260rb. lagi cari joknya nih. kalau baru berapaan ya? rangkanya kyknya patah. abis naik si pander trus naik miras perasaan koq miring joknya.....RVR wrote: Thu Oct 03, 2019 1:35wuihhhy_anjasrana wrote: Thu Sep 26, 2019 15:37 belum ada seminggu pake, denger komen dr orang yg numpang, rata2 bilangnya lega dan empuk. beda ma mobil yg biasa dipake, kecil, sempit. kalau duduk mentok sana sini. apalagi kalu rame2......![]()
kalau menurut sopir, lumayan lah.... akses penyimpanan dr posisi duduk sopir cukup banyak. rekor nyetok minuman 3 sekaligus. 1 cola, 1 buble, 1 akua. semua ada tempatnya dan gampang diakses. belum lagi tempat koin dan kartu etoll yg ada tutupnya, trus kotak ditengah yang muat lumayan banyak. ditambah lagi tombol volume di stir. posisi duduk relatif lah.. tapi tetap lebih nyaman mobil sebelumnya, walau kecil,tapi posisi bisa lumayan rebah.
kalau menurut dompet, not bad. tapi yang jadi masalah, pilihan accs-nya banyak banget. bener-bener bahaya utk dompet. sejauh ini udah abis brp juta buat hu. belum lagi sederet accs yang menggoda. dari yg sekedar tempelan macem sillplate sampe kamera 360 dan power backdoor juga ada. apalagi kalu iseng2 liat yutub. banyak banget racunnya..... ampuunn dahh.....![]()
ups jadi ketauan deh.....................![]()
ngoming2, si mira terakhir udah berapa ratus ribu kilometer om odonya

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
masa loyo sih? udah matiin ODnya blom? coba iseng2 matiin ODnya, trus gaspol. rpm bisa melonjak sampe 5000. kalau OD nyala emang buat jalan pelan2. makanya ane rada2 kuatir sama display "eco"nya. jelas banget. bikin kuatir tiap gaspol.......ChZ wrote: Thu Oct 03, 2019 6:23Makanya saya bilang juga apa oom, mobil ini sarang khilaf... wkwkwkkw. khilaf dikit belanja-belanja aksesorisnya banyak bener.y_anjasrana wrote: Thu Sep 26, 2019 15:37
kalau menurut dompet, not bad. tapi yang jadi masalah, pilihan accs-nya banyak banget. bener-bener bahaya utk dompet. sejauh ini udah abis brp juta buat hu. belum lagi sederet accs yang menggoda. dari yg sekedar tempelan macem sillplate sampe kamera 360 dan power backdoor juga ada. apalagi kalu iseng2 liat yutub. banyak banget racunnya..... ampuunn dahh.....![]()
ups jadi ketauan deh.....................![]()
Udah murah, khilaf-able lagi. Gak heran pasarnya luas banget dari anak muda sampe bapak-bapak.
kemarin baru aja balik semarang-sala3 iseng pake ini karena males keluarin CR-V dari garasi dan perginya gak nginep...Volk wrote: Fri Sep 27, 2019 16:56 Nambahin dikit ah kesan2 setelah TD Xpander
Kekedapan Ok lah senyap
Hajar poldur masih ok & ga begitu berasa
Masuk jalanan rusak dihajar pontang panting kedengeran tuh brak brek brok nya hehehe
Stability Control rasanya ga banyak bantu juga deh soalnya udh dibawa tol,lari kenceng zigzag masih guleong2 hehe.mungkin LMPV jg x ya 7 seater
Posisi duduk krg nyaman y seperti terlalu tinggi setirnya.mungkin lbh mending karna ada tilt teleskopic
Sekian test drive dr sy..opini saya ni mobil untuk perkotaan macet2an setiap hr ya lumayan meliat bodinya besar & muat banyak brg & org.
Tapi kalo untuk perjalanan luar kota,agak pegal sepertinya y.dan guleong2 nya itu loh..mengingatkan seperti naek mobil avanza xenia dll.hanya lebih mending dikit![]()
Saya gak terlalu suka karakter mobil ini untuk luar kota terutama di toll. Setirnya bikin gak pede, ditambah di tol kontur menanjak seperti tol Semarang-Bawen, kerasa banget loyo nya tenaga. Nyalip truk aja saya butuh gaspol itupun lamaaaaaaaaa banget.
Oh ya, ban bawaan mobil ini juga pengaruh banyak. Spek bawaan pabriknya terlalu imut. Mobil ini harusnya pake profil ban ala SUV kompak. Waktu ane 3 hari pakai velg 17 inch dengan ban ATR Sport bekas ukuran 215/55/17 kerasa banget gripnya lebih baik dan feel goyangannya berkurang banget biarpun efeknya larinya jadi sangat-sangat-sangat berat. + fitmentnya jadi bagus gak cingkrang.
Stock nya 205/55/16.
Sekarang udah balik standar lagi krn bokap gak demen.

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2019 Mitsubishi Xpander Sport AT : Review, Issues ,Problems.
udah matiin OD, tetep aja berasa loyo nya. RPM melonjak karena rasio gigi 1-2 nya sama 3-4 nya agak kejauhan. Kalo nanjak kerasa banget gas dalem dikit kayak "lompat".y_anjasrana wrote: Thu Oct 10, 2019 4:02
masa loyo sih? udah matiin ODnya blom? coba iseng2 matiin ODnya, trus gaspol. rpm bisa melonjak sampe 5000. kalau OD nyala emang buat jalan pelan2. makanya ane rada2 kuatir sama display "eco"nya. jelas banget. bikin kuatir tiap gaspol.......![]()
yah kalok dibanding 1.5L nya Mobilio... jauh enak Mobilio buat salip menyalip...
mungkin faktor kebiasaan kaki juga biasa pegang hatchback cenggo turbo 220hp garapan mbah bebonk...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7