Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Galaxy14 wrote: Mon Jun 24, 2019 2:06
Jadi inget bbrp tahun lalu jaman2 masih gencar isu putu jedug. Ada ANKI 2.4 Q laka di toll. Mobil hancur udah engga berbentuk tapi penumpang selamat semua. Terlihat airbag berfungsi semua sih. Entah adu kambing apa engga. Jadi paling engga ya cari yang airbag lengkap sama jangan lupa pake seat belt aja sih. Soalnya sekarang kebanyakan orang masih suka ngeremehin seat belt mentang2 airbag banyak.
Putu jedug itu apa om?
Wah, beruntung banget itu penumpang ANKInya
cengki308 wrote:Biasakan pakai seatbelt, terutama untuk penumpang belakang yg jarang pakai
Ini bener banget. Ini yang sering dilupakan orang. Mobil nya ada airbag 10, tapi seat belt diganjal pakai adapter supaya tidak perlu pakai seat belt, ya percuma saja, malah lebih berbahaya jadi nya. Fungsi airbag adalah menahan kepala (dan bagian tubuh lainnya) dari benturan ke benda keras di interior. Fungsi ini bisa dijalankan kalo pergerakan kepala bisa jatuh persis di airbag, yang adalah tugas dari seat belt. Kalo tidak pakai seat belt, kepala jatuh kemana, airbag mengembang kemana. Percuma saja airbag banyak.
Justru menurut saya faktor manusia pegang peranan penting di sini. Mau atau tidak nya disiplin pakai seat belt, itu sangat penting. Saya pernah ada pengalaman, keponakan saya pernah kecelakaan sampai mobil terbalik. Temannya yang nyetir tidak apa-apa, hanya lecet2 karena pakai seat belt, keponakan saya patah tulang yang di bawah leher itu, karena dia tidak mau pakai seat belt dan begitu terbalik, dia langsung mental kemana-mana.
Paling gampang, kita mulai dari kita sendiri di sini. Ini kan forum orang-orang yang mengerti otomotif, berapa banyak dari kita yang selalu pakai seat belt waktu duduk di row 2 dan 3?
Pilih yang fitur keselamatannya paling optimal, bodyroll paling minim, bawaan lebih stabil, dan mungkin juga limit odo ga tinggi2 banget.
Fitur keselamatan banyak, tapi bodyroll tinggi (goyang2 pas ngebut) ya rawan juga.
Limit odo sampe 250 kpj itu bikin orang tergoda untuk nyoba nambah speed, dan nambah lagi. Apalagi di tol transjawa yang sepi.
Tapi kalo tabrakan frontal kyk kemarin ya sama aja. Itu Xpander yang ringsek, kurang banyak gimana coba fitur keselamatannya (di kelas LMPV)?
cengki308 wrote:Biasakan pakai seatbelt, terutama untuk penumpang belakang yg jarang pakai
Ini bener banget. Ini yang sering dilupakan orang. Mobil nya ada airbag 10, tapi seat belt diganjal pakai adapter supaya tidak perlu pakai seat belt, ya percuma saja, malah lebih berbahaya jadi nya. Fungsi airbag adalah menahan kepala (dan bagian tubuh lainnya) dari benturan ke benda keras di interior. Fungsi ini bisa dijalankan kalo pergerakan kepala bisa jatuh persis di airbag, yang adalah tugas dari seat belt. Kalo tidak pakai seat belt, kepala jatuh kemana, airbag mengembang kemana. Percuma saja airbag banyak.
Justru menurut saya faktor manusia pegang peranan penting di sini. Mau atau tidak nya disiplin pakai seat belt, itu sangat penting. Saya pernah ada pengalaman, keponakan saya pernah kecelakaan sampai mobil terbalik. Temannya yang nyetir tidak apa-apa, hanya lecet2 karena pakai seat belt, keponakan saya patah tulang yang di bawah leher itu, karena dia tidak mau pakai seat belt dan begitu terbalik, dia langsung mental kemana-mana.
Paling gampang, kita mulai dari kita sendiri di sini. Ini kan forum orang-orang yang mengerti otomotif, berapa banyak dari kita yang selalu pakai seat belt waktu duduk di row 2 dan 3?
nambahin dikit;
seatbelt juga berfungsi untuk memberi waktu airbag buat mengembang sempurna,
tanpa seatbelt, ada kemungkinan badan/kepala melayang membentur dashboard sebelum airbag sempat terbuka,
jadinya ketabok bolak balik,muka membentur dasboard duluan, lalu dihantam lagi ama airbag,
Maksud dari "mpv teraman" itu adalah teraman saat terjadi tabrakan?
Usul sy cari mobil global yg dijual di eropa
Karena mayoritas orang eropa kalau milih mobil daily ya safety is no 1
Ada lmpv/mpv global yg dijual di indo? Pilih itu aja (kalau concern sama safety)
Galaxy14 wrote: Mon Jun 24, 2019 2:06
Jadi inget bbrp tahun lalu jaman2 masih gencar isu putu jedug. Ada ANKI 2.4 Q laka di toll. Mobil hancur udah engga berbentuk tapi penumpang selamat semua. Terlihat airbag berfungsi semua sih. Entah adu kambing apa engga. Jadi paling engga ya cari yang airbag lengkap sama jangan lupa pake seat belt aja sih. Soalnya sekarang kebanyakan orang masih suka ngeremehin seat belt mentang2 airbag banyak.
Putu jedug itu apa om?
Wah, beruntung banget itu penumpang ANKInya
turbo nya bunyi kayak gerobak tukang kue putu,
transmisinya jedag jedug waktu pindah gigi...
cengki308 wrote:Biasakan pakai seatbelt, terutama untuk penumpang belakang yg jarang pakai
Ini bener banget. Ini yang sering dilupakan orang. Mobil nya ada airbag 10, tapi seat belt diganjal pakai adapter supaya tidak perlu pakai seat belt, ya percuma saja, malah lebih berbahaya jadi nya. Fungsi airbag adalah menahan kepala (dan bagian tubuh lainnya) dari benturan ke benda keras di interior. Fungsi ini bisa dijalankan kalo pergerakan kepala bisa jatuh persis di airbag, yang adalah tugas dari seat belt. Kalo tidak pakai seat belt, kepala jatuh kemana, airbag mengembang kemana. Percuma saja airbag banyak.
Justru menurut saya faktor manusia pegang peranan penting di sini. Mau atau tidak nya disiplin pakai seat belt, itu sangat penting. Saya pernah ada pengalaman, keponakan saya pernah kecelakaan sampai mobil terbalik. Temannya yang nyetir tidak apa-apa, hanya lecet2 karena pakai seat belt, keponakan saya patah tulang yang di bawah leher itu, karena dia tidak mau pakai seat belt dan begitu terbalik, dia langsung mental kemana-mana.
Paling gampang, kita mulai dari kita sendiri di sini. Ini kan forum orang-orang yang mengerti otomotif, berapa banyak dari kita yang selalu pakai seat belt waktu duduk di row 2 dan 3?
nambahin dikit;
seatbelt juga berfungsi untuk memberi waktu airbag buat mengembang sempurna,
tanpa seatbelt, ada kemungkinan badan/kepala melayang membentur dashboard sebelum airbag sempat terbuka,
jadinya ketabok bolak balik,muka membentur dasboard duluan, lalu dihantam lagi ama airbag,
Ketabok..
Jadi inget cerita temen waktu kena kecelakaan, lalu airbag nya mengembang. Dia bilang, itu ditabok airbag itu kayak di tinju petinju. Sakit banget, tapi memang lebih selamat dibanding kepala langsung hantam dashboard atau setir.
cengki308 wrote:Biasakan pakai seatbelt, terutama untuk penumpang belakang yg jarang pakai
Ini bener banget. Ini yang sering dilupakan orang. Mobil nya ada airbag 10, tapi seat belt diganjal pakai adapter supaya tidak perlu pakai seat belt, ya percuma saja, malah lebih berbahaya jadi nya. Fungsi airbag adalah menahan kepala (dan bagian tubuh lainnya) dari benturan ke benda keras di interior. Fungsi ini bisa dijalankan kalo pergerakan kepala bisa jatuh persis di airbag, yang adalah tugas dari seat belt. Kalo tidak pakai seat belt, kepala jatuh kemana, airbag mengembang kemana. Percuma saja airbag banyak.
Justru menurut saya faktor manusia pegang peranan penting di sini. Mau atau tidak nya disiplin pakai seat belt, itu sangat penting. Saya pernah ada pengalaman, keponakan saya pernah kecelakaan sampai mobil terbalik. Temannya yang nyetir tidak apa-apa, hanya lecet2 karena pakai seat belt, keponakan saya patah tulang yang di bawah leher itu, karena dia tidak mau pakai seat belt dan begitu terbalik, dia langsung mental kemana-mana.
Paling gampang, kita mulai dari kita sendiri di sini. Ini kan forum orang-orang yang mengerti otomotif, berapa banyak dari kita yang selalu pakai seat belt waktu duduk di row 2 dan 3?
Ane termasuk yang ngga pernah pake sabuk pengaman kalau duduk di baris kedua.
djia wrote: Mon Jun 24, 2019 6:59
Pilih yang fitur keselamatannya paling optimal, bodyroll paling minim, bawaan lebih stabil, dan mungkin juga limit odo ga tinggi2 banget.
Fitur keselamatan banyak, tapi bodyroll tinggi (goyang2 pas ngebut) ya rawan juga.
Limit odo sampe 250 kpj itu bikin orang tergoda untuk nyoba nambah speed, dan nambah lagi. Apalagi di tol transjawa yang sepi.
Tapi kalo tabrakan frontal kyk kemarin ya sama aja. Itu Xpander yang ringsek, kurang banyak gimana coba fitur keselamatannya (di kelas LMPV)?
Mungkin poinnya yang lebih penting adalah mencegah jangan sampai terjadi kecelakaan ya om..
djia wrote: Mon Jun 24, 2019 6:59
Pilih yang fitur keselamatannya paling optimal, bodyroll paling minim, bawaan lebih stabil, dan mungkin juga limit odo ga tinggi2 banget.
Fitur keselamatan banyak, tapi bodyroll tinggi (goyang2 pas ngebut) ya rawan juga.
Limit odo sampe 250 kpj itu bikin orang tergoda untuk nyoba nambah speed, dan nambah lagi. Apalagi di tol transjawa yang sepi.
Tapi kalo tabrakan frontal kyk kemarin ya sama aja. Itu Xpander yang ringsek, kurang banyak gimana coba fitur keselamatannya (di kelas LMPV)?
Mungkin poinnya yang lebih penting adalah mencegah jangan sampai terjadi kecelakaan ya om..
Nope, it's not an option for me.
Terus terang, lebih dari 75% kecelakaan yang pernah saya alami, diakibatkan kesalahan orang lain. Entah sepeda motor yang tiba-tiba motong jalan, sampai sopir truk di depan yang mabok dan tidak sadar truk nya mundur dengan jarak yang jauh dan cepat.
Seandainya kita sudah sangat hati-hati pun, tetap orang lain yang melakukan kesalahan. Contohnya Xpander itu, dia sudah hati-hati, tapi bus nya yang melakukan kesalahan.
Buat saya, safety adalah kombinasi dari semua itu, kedisiplinan kita dalam berkendara, termasuk seat belt, no child in row 1, dll, ke awas an kita dengan kondisi sekitar, dan keamanan yang baik dari kendaraan kita, termasuk di dalamnya perawatan yang baik dari kendaraan. Paling tidak, kita sudah berusaha mengurangi resiko dengan drastis dengan semua itu.
liemivan86 wrote: Mon Jun 24, 2019 10:31
Nope, it's not an option for me.
Terus terang, lebih dari 75% kecelakaan yang pernah saya alami, diakibatkan kesalahan orang lain. Entah sepeda motor yang tiba-tiba motong jalan, sampai sopir truk di depan yang mabok dan tidak sadar truk nya mundur dengan jarak yang jauh dan cepat.
Seandainya kita sudah sangat hati-hati pun, tetap orang lain yang melakukan kesalahan. Contohnya Xpander itu, dia sudah hati-hati, tapi bus nya yang melakukan kesalahan.
Buat saya, safety adalah kombinasi dari semua itu, kedisiplinan kita dalam berkendara, termasuk seat belt, no child in row 1, dll, ke awas an kita dengan kondisi sekitar, dan keamanan yang baik dari kendaraan kita, termasuk di dalamnya perawatan yang baik dari kendaraan. Paling tidak, kita sudah berusaha mengurangi resiko dengan drastis dengan semua itu.
Kayaknya hanya segelintir orang indo yang tau hal ini om. Termasuk pentingnya penggunaan baby/child seat/seat booster yang benar, dll.
Boro2...beberapa kali miris banget liat di jalan tol mobil jalan >100kmh (udah ngelanggar speed limit) + ada anak kecil yang berdiri di tengah row 2 atau di antara bangku depan
Entahlah...tapi buat saya, lebih baik gak coba2 nawar safety di jalan. Baik itu mengoptimalkan semua fitur keselamatan mobil + berkendara secara aman.
Kalo sudah gini tapi masih kena aja...ya mungkin ada kuasa yang lebih besar berkehendak lain
Galaxy14 wrote: Mon Jun 24, 2019 2:06
Jadi inget bbrp tahun lalu jaman2 masih gencar isu putu jedug. Ada ANKI 2.4 Q laka di toll. Mobil hancur udah engga berbentuk tapi penumpang selamat semua. Terlihat airbag berfungsi semua sih. Entah adu kambing apa engga. Jadi paling engga ya cari yang airbag lengkap sama jangan lupa pake seat belt aja sih. Soalnya sekarang kebanyakan orang masih suka ngeremehin seat belt mentang2 airbag banyak.
Putu jedug itu apa om?
Wah, beruntung banget itu penumpang ANKInya
repotnya di indo begitu, kita mau selamat, yang lain malah berlomba buru2 pengen ketemu Tuhan duluan di jalanan... mungkin kaya budaya antre yang kalau ga di kota besar, nyaris mustahil bisa ada, jadi salip2an antrean ketemu Tuhan...
bicara safety, absolute guidance ya NCAP. safety feature apapun ujung2nya pasti balik ke kemampuan chassis.
liemivan86 wrote: Mon Jun 24, 2019 10:31
Nope, it's not an option for me.
Terus terang, lebih dari 75% kecelakaan yang pernah saya alami, diakibatkan kesalahan orang lain. Entah sepeda motor yang tiba-tiba motong jalan, sampai sopir truk di depan yang mabok dan tidak sadar truk nya mundur dengan jarak yang jauh dan cepat.
Seandainya kita sudah sangat hati-hati pun, tetap orang lain yang melakukan kesalahan. Contohnya Xpander itu, dia sudah hati-hati, tapi bus nya yang melakukan kesalahan.
Buat saya, safety adalah kombinasi dari semua itu, kedisiplinan kita dalam berkendara, termasuk seat belt, no child in row 1, dll, ke awas an kita dengan kondisi sekitar, dan keamanan yang baik dari kendaraan kita, termasuk di dalamnya perawatan yang baik dari kendaraan. Paling tidak, kita sudah berusaha mengurangi resiko dengan drastis dengan semua itu.
Kayaknya hanya segelintir orang indo yang tau hal ini om. Termasuk pentingnya penggunaan baby/child seat/seat booster yang benar, dll.
Boro2...beberapa kali miris banget liat di jalan tol mobil jalan >100kmh (udah ngelanggar speed limit) + ada anak kecil yang berdiri di tengah row 2 atau di antara bangku depan
Entahlah...tapi buat saya, lebih baik gak coba2 nawar safety di jalan. Baik itu mengoptimalkan semua fitur keselamatan mobil + berkendara secara aman.
Kalo sudah gini tapi masih kena aja...ya mungkin ada kuasa yang lebih besar berkehendak lain
Betul Om.
Saya pribadi pernah lihat dengan mata kepala sendiri, waktu mobil saya ditabrak mobil dari belakang, anak yang berdiri di row 2, meluncur ke depan, menghantam kaca depan sampai kaca retak. Untung nya kaca itu tidak pecah dan si anak tidak terlempar keluar.
Karena itu, mulai dari istri hamil sampai sekarang anak 1.5 tahun, istri selalu duduk di row 2, dan anak duduk di car seat. Orang yang pertama kali lihat selalu bingung, istri koq duduk di belakang, bukan duduk di samping sopir.. Ha2...
ders wrote: Mon Jun 24, 2019 4:03
menurut saya semua mobil saat ini sudah aman kok om TS, saya setuju dng pendapat satu om diatas bahwa faktor manusia is the most important.
seluruh fitur yg ada di mobil, menurut saya .. is only fitur, yg akan menjadi muspro alias ga penting klo user nya ga kapabel to use it.. tapi bgm bisa kapabel lha wong ora ngerti pakainya kok..
nah disinilah .. sekali lagi menurut saya.. increase capability is the most important... bgm caranya ?
sudah saatnya para stake holder (produsen mobil, regulator/pemerintah, atpm dan user/driver itu sendiri) bertanggung jawab memberikan/meningkatkan edukasi pemahaman cara berkendara saat akan terjadi accident.
mungkin saya hampir 100% yakin.. semua driver, om tante suhu SM disini termasuk saya.. bisa kontrol efek penggunaan abs, efek airbag, efek banting stir, efek ga pake sein, efek aquaplanning, decrease blindspot efek, deceleration efek etc etc.. you name it laahh.. itu semua didapat dr pengalaman pribadi atau klo ga boleh disebut otodidak.
masak apabila kita bisa tahu semua itu harus ambil kursus berbayar terlebih dulu.. saya ga pernah diajarin ama sales mobil, samsat saat ambil sim atau saat extend stnk, apalagi di assist sama dishub .. bagaimana menghadapi saat2 berbahaya saat berkendara.. saat kurang dari 1-2 detik yg paling berharga utk mempertahankan nyawa kita, keluarga dan passenger lainnya.
secanggih apapun mobilnya, segesit apapun sang driver dng ratusan tahun pengalaman nyetir, sebanyak apapun rambu di jalan.. klo driver ngantuk atau nasib nerima accident.. ya tetep aja amsiyong om..
thats why saya setuju om.. semua mobil aman.. merupakan nilai plus apbl sang mobil punya fitur lengkap..
si drivernya juga kudu sekolah kepribadian.. plus para stake holder kudu memberi edukasi
[emoji120][emoji478][emoji480]
Ini mantap. Ane sepaham dengan tulisan si om.
Termasuk faktor manusia disini - menurut ane - salah satunya adalah perilaku memilih kendaraan. Hehehe..
Yang mana kurang perhatian untuk fitur-fitur keselamatan dalam kendaraan.
Jujur aja ane ngga terlalu perhatian dengan keberadaan ABS, ECS, Traction Control dll di mobil. Sampai dengan kejadian kemarin ..
Kadang ada yang gara2 ikut asuransi bawaan sruntulan aj
Karena di Hati Pengendara, toh nabrak juga diganti asuransi
Padahal bisa membahayakan nyawa pengendara itu sendiri jg
Sadar ga sadar ini bikin kita kecelakaan, karena mengentengkan
pengendiesel wrote: Mon Jun 24, 2019 12:48
Kayaknya hanya segelintir orang indo yang tau hal ini om. Termasuk pentingnya penggunaan baby/child seat/seat booster yang benar, dll.
Boro2...beberapa kali miris banget liat di jalan tol mobil jalan >100kmh (udah ngelanggar speed limit) + ada anak kecil yang berdiri di tengah row 2 atau di antara bangku depan
Entahlah...tapi buat saya, lebih baik gak coba2 nawar safety di jalan. Baik itu mengoptimalkan semua fitur keselamatan mobil + berkendara secara aman.
Kalo sudah gini tapi masih kena aja...ya mungkin ada kuasa yang lebih besar berkehendak lain
banyak juga yg pegang kemudi sambil pangku anak ....
motormatic wrote: Tue Jun 25, 2019 8:06
Gimana mau aman di tol, pengen jaga jarak 50 - 100 meter, udah diselip ama mobil lain dengan jarak kurang dari 10 meter
Jadi inget dulu pas mudik pemilu..
Dari Semarang mo ke solo lewat tol.. Kecepatan sekitar 90-100 kmh-an, sedang di lajur kanan untuk nyalip truk di lajur kiri..
Ga diduga, dari bahu kanan jalan donk.. sambil klakson panjang.. nyelonong CX-5 merah..
Reflek setir adek ane banting dikit ke kiri agar tidak srempetan..
Ternyata lagi kejar2an sama PJS putih yg nyalip truk dari bahu kiri jalan..