Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Duvebriliant0 »

Isi nitrogen atau angin biasa gitu ngaruh ga ya?
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by IGedeAmat »

Duvebriliant0 wrote: Wed Dec 26, 2018 6:04 Isi nitrogen atau angin biasa gitu ngaruh ga ya?
Katanya, Nitrogen itu lebih stabil terhadap perubahan suhu,
jadi teorinya, kalo diisi nitrogen, mo panas or dingin, tekanan ban bakal stabil,

tapi ngisinya harus full nitrogen, angin diban dikeluarin dulu semua, baru isi nitrogen sampe penuh..
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by exflowly »

nomnom wrote: Wed Dec 26, 2018 0:08

Belum lama dibahas tol jawa yang sudah tersambung dan kekuatan ban jika digeber terus menerus dengan kecepatan xx km/j ternyata sudah ada kejadiannya :e-think:

monggo silahkan dikomen dan berbagi pengalamanya yang pernah kejadian pecah ban dikecepatan tinggi ataupun pas lagi jalan mobilnya....
Sepertinya om nomnom perlu edukasi ulang. Tolong pikirkan ulang apa yang menjadi sebab dan bukan malah meragukan kekuatan ban... apalagi bukan kondisi karena digeber terus menerus.

Saya sudah mengalami pecah ban, tapi itu karena ada benda tajam. Saya sudah pernah bawa mobil lebih dari 10-20jam dan gak ada keluhan mengenai kekuatan ban. Cek angin selalu rutin, dan gak pernah jalan jauh sebelum cek angin.

Silakan perdalam ilmu sebab musababnya om nomnom supaya lebih jelas melihat duduk permasalahan dan potensi solusinya.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by ak4ng »

Duvebriliant0 wrote: Wed Dec 26, 2018 6:04 Isi nitrogen atau angin biasa gitu ngaruh ga ya?
Logika saya udara bebas nyaris 80% nitrogen, knp perlu yg 99% kalo beda tipis?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
SilentReader
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Mon Jul 15, 2013 7:03

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by SilentReader »

Apakah ban tubless yang bekas kena paku lalu ditambal dengan cara ditusuk itu mempengaruhi kekuatan ban ketika digeber secara terus menerus ?

Berapakah batas maksimum banyaknya tambalan pada sebuah ban tubles
?
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 735
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by bensinsolar »

Joehard30 wrote: Wed Dec 26, 2018 3:59 Ada yg tau g, kl ban pecah gt vsc bisa bantu drivability nya ato sama aja?

Harusnya d indo vsc itu wajib sih, masalah hidup mati soalnya kl keadaan emergency 😩
Ga ada efek sedikitpun Om kalau high speed, bahkan SH-AWDnya Honda NSX terbaru ga akan bisa. Cuma airbag yg bisa menyelamatkan itupun kalau structure dari mobilnya masih utuh [emo-yesno]
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by ginting »

nomnom wrote: Wed Dec 26, 2018 0:08 Madiun - Kecelakaan tunggal terjadi di ruas tol Ngawi Wilangan, tepatnya di KM 610+200 Desa Kuwu Kecamatan Saradan, Madiun. Sebuah mobil Toyota Fortuner dengan nopol B 1724 SJN mengalami pecah ban dan menabrak median jembatan jalan tol. Satu orang meninggal dan dua luka kritis.

"Iya betul, untuk penanganan awal sudah dilakukan oleh PJR dan saat ini kita masih mengumpulkan data identitas korban. Satu meninggal dan dua luka belum sadarkan diri dalam perawatan di RSUD Caruban," terang Kasat Lantas Polres Madiun AKP Imam Mustolih kepada detikcom di RSUD Caruban malam ini Selasa (25/12/2018).

Kecelakaan tunggal tersebut, kata Imam diduga karena kendaraan mengalami ban pecah bagian depan kanan. Hal ini lanjut Imam diketahui dari laporan kamera CCTV yang ada di sekitar lokasi kejadian.


Baca juga: Ada Truk Trailer Terbalik, Tol Jakarta Arah Cikampek Macet 5 Km

"Pantauan dari CCTV untuk kronologinya, saat kendaraan Toyota Fortuner melintas dari timur ke arah barat, atau dari arah Nganjuk ke arah Madiun. Saat dilajur 2 jalur B di KM 610+200 B, mengalami pecah ban depan kanan, kemudian banting stir ke kiri dan menghantam median jembatan," katanya.

Imam mengatakan, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB itu lokasi sedang diguyur hujan deras. Saat ini pihaknya masih mencari identitas korban yang belum diketemukan. Saat ini kendaraan telah dievakuasi oleh petugas derek dan diamankan di Gerbang Tol Caruban.

Sumber : https://m.detik.com/news/berita/d-43586 ... was-2-luka

---------------

Belum lama dibahas tol jawa yang sudah tersambung dan kekuatan ban jika digeber terus menerus dengan kecepatan xx km/j ternyata sudah ada kejadiannya :e-think:

monggo silahkan dikomen dan berbagi pengalamanya yang pernah kejadian pecah ban dikecepatan tinggi ataupun pas lagi jalan mobilnya....
trut berdukacita buat incident ini, baru tadi malam dapat dari grup WA, paginya udah ada tritnya.
Ini ownernya perwira menengah militer yang juga seorang dokter.
Jadi saya dapat dari WAG MUX yg juga dokter di Jatim.

Back to the case, saya termasuk yang jarang periksa tekanan ban.
selama ini cuma saya tendang saja pakai sepatu ke empat ban dan kalau beda suaranya (feel) maka saya tambah.
juga beda ketinggian ban, beda jendolan ke samping, kalau antar ban ada yg gak simetris tandanya kurang angin.
untungnya sih saya jarang ngebut ngebut...

soal merk B, saya juga pakai dan kawan2 MUX juga pakai itu ban std MUX dari Thai.
so far sih yg dirasa adalah ini ban tahan lama, gak mudah tergerus, tapi keras compound-nya...
saya belum pernah pakai merk B buatan Indo di MUX
mungkin nanti kalau sudah saatnya ganti ban, saya akan pakai buatan lokal saja
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by adityabp »

supriyanto98 wrote: Wed Dec 26, 2018 5:51 ban fortuner std merk inisial B mudah meledak. punya saya udah 2x begitu. satu di fortuner 2015 bensin. 1 di vrz baru beli sebulan bannya pecah (posisi markir diem di tempat doang).
temen saya juga kejadian di vw polonya. exit puri tol tangerang. kec +-60kpj meleduk bannya.
dengar" merk B ini karet sintetisny kebanyakan jd getas.
Dueller H/T??
Masak sih??

:big_bored:
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by arsaerescool »

josomba wrote: Wed Dec 26, 2018 5:07
arsaerescool wrote: Wed Dec 26, 2018 3:03
standar kurang tekanan angin di angka berapa om?
kalau di 34-36 rasanya keras
saya di 30-32 psig, empuk pas
Lah.......baru dibahas di atas bukan bagaimana liat rekomendasi tekanan angin? Bukan cuman dirasa2 saja om.... Hehe.

Fyi seperti citycar harian owe, menurut bukman n di pintu, front 36, rear 33 kondisi normal. Kalau full load, belakang direkomendasi naik sampe 38. Kalau depan dah sentuh 34 biasanya lgsg owe naikin ke 36 lg. Owe cek dan tambah angin kalau kurang tiap 2-3 minggu atau tiap mau pergi >100 km in single trip.
iya om yang di pintu standarnya ada yang 34, 36 saya juga melihat ke sana
maksudnya batas 'alert' dan 'danger' low pressnya kan tidak ada di manual book
bisa jadi 28-30 psig juga masih aman2 saja jika pemakaian moderat
di mobil van saya 34, cuma keras bgt memang jadinya, apa bannya yg udah getas ya hehehe
dibanding citycar sya yg 36 tetep empuk depan blkg
User avatar
masione
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Sun Mar 18, 2018 4:14
Location: jatim
Daily Vehicle: mobilio - agya - sienta - civic vtis

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by masione »

Saya pny tpms buatan tiongkok...deviasinya sgt jauh om...di tpms 31psi tp kalo ukuran tkg ban 36
supriyanto98
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Sun Apr 15, 2018 15:36
Location: jakarta barat
Daily Vehicle: Innova 2gd

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by supriyanto98 »

adityabp wrote: Wed Dec 26, 2018 7:35
supriyanto98 wrote: Wed Dec 26, 2018 5:51 ban fortuner std merk inisial B mudah meledak. punya saya udah 2x begitu. satu di fortuner 2015 bensin. 1 di vrz baru beli sebulan bannya pecah (posisi markir diem di tempat doang).
temen saya juga kejadian di vw polonya. exit puri tol tangerang. kec +-60kpj meleduk bannya.
dengar" merk B ini karet sintetisny kebanyakan jd getas.
Dueller H/T??
Masak sih??

:big_bored:
yep
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 681
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by lamatlancah »

supriyanto98 wrote: Wed Dec 26, 2018 5:51 ban fortuner std merk inisial B mudah meledak. punya saya udah 2x begitu. satu di fortuner 2015 bensin. 1 di vrz baru beli sebulan bannya pecah (posisi markir diem di tempat doang).
temen saya juga kejadian di vw polonya. exit puri tol tangerang. kec +-60kpj meleduk bannya.
dengar" merk B ini karet sintetisny kebanyakan jd getas.
ini kalau memang bener bisa dituntut tuh pabrikannya.
matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by matra »

Joehard30 wrote: Wed Dec 26, 2018 3:59 Ada yg tau g, kl ban pecah gt vsc bisa bantu drivability nya ato sama aja?

Harusnya d indo vsc itu wajib sih, masalah hidup mati soalnya kl keadaan emergency 😩
Sangat membantu om,saya pernah tp low speed 60
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by josomba »

arsaerescool wrote: Wed Dec 26, 2018 7:43

iya om yang di pintu standarnya ada yang 34, 36 saya juga melihat ke sana
maksudnya batas 'alert' dan 'danger' low pressnya kan tidak ada di manual book
bisa jadi 28-30 psig juga masih aman2 saja jika pemakaian moderat
di mobil van saya 34, cuma keras bgt memang jadinya, apa bannya yg udah getas ya hehehe
dibanding citycar sya yg 36 tetep empuk depan blkg
ooo, kalau kawan saya dan saya (jadi mengikuti dia), begitu turun 1-2 psi dari tulisan di chart yg ada sih langsung tambah om. Misal tertulis 34, tapi pas cek dah 32, langsung tambah.
Image
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by adityabp »

supriyanto98 wrote: Wed Dec 26, 2018 8:20
adityabp wrote: Wed Dec 26, 2018 7:35
supriyanto98 wrote: Wed Dec 26, 2018 5:51 ban fortuner std merk inisial B mudah meledak. punya saya udah 2x begitu. satu di fortuner 2015 bensin. 1 di vrz baru beli sebulan bannya pecah (posisi markir diem di tempat doang).
temen saya juga kejadian di vw polonya. exit puri tol tangerang. kec +-60kpj meleduk bannya.
dengar" merk B ini karet sintetisny kebanyakan jd getas.
Dueller H/T??
Masak sih??

:big_bored:
yep
Saya pakai dueller 684 10thn gak pernah meleduk tuh. Yg paling tua umurnya 7thn.
:mky_02:
Selama pakai, ada 2 kejadian aneh yg saya paling ingat sampai hari ini :
1. Pagi sebelum brangkat, saya lihat satu ban kempes. Terpaksa ganti ban dulu. Pas dibawa ke tukang ban, ternyata gak ada yg bocor.
:mky_07:
Setelah itu saya taruh dulu sbg serep selama seminggu buat ngecek anginnya. Ternyata bener gak berkurang. Yaudah, pasang lagi dah.

2. Ban serep dah uzur. Tapak sdh tipis, sepanjang got2xnya dah retak2x. Sebulan 2 kali mesti nambah angin krn dah bocor alus. Giliran dipake selama 2 minggu, kagak kempes2x padahal tiap hari jalan.
:mky_01:
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1437
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by krniawnhdr »

penasaran, merk apa ya bannya.
dan merk ban itu punya pengaruhnya ngga sampe kejadian meledak kayak gini?
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Wistuwis »

Saya juga pernah ada kejadian aneh waktu ban (seperti) meletus di tol kanci-palimanan.
Waktu itu di kecepatan 80an kmph mendadak ada suara glak.. glak.. glak... Keras di bagian belakang. Mobil tetap stabil dan saya langsung menepi.
Setelah berhenti baru ketahuan ban belakang kiri kempes habis. Dan setelah dilepas baru ketahuan ternyata pakai ban dalam.
(Ini mobil innova pinjaman dari asuransi waktu mobil saya opname di bengkel)

Setelah sampai tujuan, ban yg kempes saya bengkelkan di bengkel ban.
Setelah dicek ternyata tidak ada yg bocor. Pentil ban juga baik-baik saja, kondisi masih kencang menurut info tukang bannya.
Cuma dipompa ulang dan langsung bisa dipakai.

Kira-kira penyebabnya apa gerangan ? :big_think:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Duvebriliant0 »

Wistuwis wrote: Wed Dec 26, 2018 9:29 Saya juga pernah ada kejadian aneh waktu ban (seperti) meletus di tol kanci-palimanan.
Waktu itu di kecepatan 80an kmph mendadak ada suara glak.. glak.. glak... Keras di bagian belakang. Mobil tetap stabil dan saya langsung menepi.
Setelah berhenti baru ketahuan ban belakang kiri kempes habis. Dan setelah dilepas baru ketahuan ternyata pakai ban dalam.
(Ini mobil innova pinjaman dari asuransi waktu mobil saya opname di bengkel)

Setelah sampai tujuan, ban yg kempes saya bengkelkan di bengkel ban.
Setelah dicek ternyata tidak ada yg bocor. Pentil ban juga baik-baik saja, kondisi masih kencang menurut info tukang bannya.
Cuma dipompa ulang dan langsung bisa dipakai.

Kira-kira penyebabnya apa gerangan ? :big_think:
Bisa jadi bannya lepas dari bibir velg om
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by martinnn »

netizen : azab karena Xxxxxx xxxxx xxxxxx xxxx xxxxxx

Catatan momod Ginting:
Ini komen ditiban momod demi menjaga trit tetap sesuai topik dan tidak flaming yg menjurus SARA.
Mohon pengertiannya. tks.
:big_biglaugh:
deddytok
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Fri Nov 20, 2015 7:26
Location: pekanbaru riau
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by deddytok »

Wistuwis wrote: Wed Dec 26, 2018 9:29 Saya juga pernah ada kejadian aneh waktu ban (seperti) meletus di tol kanci-palimanan.
Waktu itu di kecepatan 80an kmph mendadak ada suara glak.. glak.. glak... Keras di bagian belakang. Mobil tetap stabil dan saya langsung menepi.
Setelah berhenti baru ketahuan ban belakang kiri kempes habis. Dan setelah dilepas baru ketahuan ternyata pakai ban dalam.
(Ini mobil innova pinjaman dari asuransi waktu mobil saya opname di bengkel)

Setelah sampai tujuan, ban yg kempes saya bengkelkan di bengkel ban.
Setelah dicek ternyata tidak ada yg bocor. Pentil ban juga baik-baik saja, kondisi masih kencang menurut info tukang bannya.
Cuma dipompa ulang dan langsung bisa dipakai.

Kira-kira penyebabnya apa gerangan ? :big_think:
Salah timing share ny ini Um..
Mesti ny masuk thread mobil kramat malam Jumat..
He..he..
Agak aneh sih secara logika..
Tapi mungkin ada bener ny apa yang di bilang Om Duve di atas..
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Wistuwis »

deddytok wrote: Wed Dec 26, 2018 11:08 Salah timing share ny ini Um..
Mesti ny masuk thread mobil kramat malam Jumat..
He..he..
Agak aneh sih secara logika..
Tapi mungkin ada bener ny apa yang di bilang Om Duve di atas..
:mky_03: :mky_03: :big_peace:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by ilhami »

Susah banget mengukur tekanan ban. punya tire gauge juga ngga ada yang meyakinkan. Sudah 35-40 psi, ban masih kelihatan gepeng.
Waktu di jakarta dulu, biasa tambah angin di spbu shell, alatnya otomatis dan bisa dipercaya.

Makanya pingin coba isi nitrogen saja, alat ukur tekanannya otomatis, built in di mesin nitrogen dan lebih presisi.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Jambangan »

Kalo ane selalu cek ban pas pagi2 sebelum jalan ban masih dingin biar lebih akurat
Dan selalu bawa pompa ban elektrik di bagasi mobil
Jadi kalo kurang tinggal tambah aja
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by marmut »

ak4ng wrote: Wed Dec 26, 2018 7:00
Duvebriliant0 wrote: Wed Dec 26, 2018 6:04 Isi nitrogen atau angin biasa gitu ngaruh ga ya?
Logika saya udara bebas nyaris 80% nitrogen, knp perlu yg 99% kalo beda tipis?

100% nitrogen atau tidak 100% nitrogen, bukan disitu permasalahannya. tapi kandungan air yang ikut terbawa ke dalam ban yang akan jadi masalah saat high speed dalam waktu yang cukup lama.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Jambangan »

adityabp wrote: Wed Dec 26, 2018 4:33 Waktu masih pegang Escudo 1.6, terus terang saya agak risih dgn tekanan rekomendasi pabrik. Masak ban profil 80 disuruh isi 25psi?
Ya keliatan kempes lah.
:big_bored:
Saya isi aja 32psi utk dlm kota. Kalo ke luar kota saya isi 34psi.

Nah, sekarang ganti C24, tekanan rekomendasi 33psi, saya isi 36psi.
Sialnya, krn ban depan dah botak (BS turanza er60), saya ganti achilles platinum seken. Eh ternyata tekanan maksimumnya 36psi.
:big_biglaugh:
Terpaksa isi 35psi.
Rendah jg ya om max pressure nya :big_think:
Biasaya max press diatas 40 psi/>300 kpa