Re: Oli untuk Innova Bensin
Posted: Sat Apr 12, 2025 4:39
daihatsu ayla tipe m non abs, non airbag, rem blakang tromol, odo 135rb km kasih 0w8 campur gemuk cobra aman nggak?
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Terima kasih sharing pengalamannya om DOHC.DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 4:16jawapan nya, belom tentuherih09 wrote: Fri Apr 11, 2025 2:40 Maaf bertanya di thread yang sudah lama![]()
Mohon info apakah ada sudah punya pengalaman menggunakan Oli SAE 0W-20 di Innova matic VVT-i (Non Euro) odo >200K ?
Bagaimana rasanya jika dibandingkan dengan SAE 5W-30 ?
Saya mau ganti tp masih bimbang antara lanjut 5W-30 atau coba 0W-20.
Saat ini enak sih pakai Motul H-Tech 5W-30, tapi lagi pengen coba yang lain.
ipah gen awal, masi blom tau pake ring piston low tension atau bukan
pengalaman di inofa 1TR non euro, dicekokin 0-20 malah penguapan lmayan banyak, padahal odo masi dibawah 200 rebu
kl 5-30 aman jaya ampe 200 rebu km
kl di rebon, aman, mo 0-16 jg kayanya aman
ga aman
kl mo pake oli encer, coba cek emisi dl, kl stelan nya agak rich, minta ntuh potensiometer di stel agak lean sikitherih09 wrote: Sat Apr 12, 2025 4:55Terima kasih sharing pengalamannya om DOHC.DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 4:16jawapan nya, belom tentuherih09 wrote: Fri Apr 11, 2025 2:40 Maaf bertanya di thread yang sudah lama![]()
Mohon info apakah ada sudah punya pengalaman menggunakan Oli SAE 0W-20 di Innova matic VVT-i (Non Euro) odo >200K ?
Bagaimana rasanya jika dibandingkan dengan SAE 5W-30 ?
Saya mau ganti tp masih bimbang antara lanjut 5W-30 atau coba 0W-20.
Saat ini enak sih pakai Motul H-Tech 5W-30, tapi lagi pengen coba yang lain.
ipah gen awal, masi blom tau pake ring piston low tension atau bukan
pengalaman di inofa 1TR non euro, dicekokin 0-20 malah penguapan lmayan banyak, padahal odo masi dibawah 200 rebu
kl 5-30 aman jaya ampe 200 rebu km
kl di rebon, aman, mo 0-16 jg kayanya aman
Ini yg saya khawatirkan, karena yg saya pakai skrg adalah ipah gen awal.
Mungkin amannya stick di 5w30, tinggal cari yg performanya sesuai selera dan budget ya..
Oke makasih infonya om, kalo penurunan level oli masih minim dimobil sy biasa ganti oli 6 bulan sekali di km 3rb - 4rb turun sedikit dibawah titik F & knalpot jg keringilhami wrote: Sat Apr 12, 2025 9:10 kalau konsumsi oil meningkat, diperiksa dengan dipstick level oli menurun
bisa juga ditandai dengan knalpot berasap atau lengket oli.
Mesin kasar belum tentu dari oli, bisa busi kotor / koil lemah sehingga mesin pincang. Bearing2 sudah mulai aus, engine mounting getas dsb
DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 23:27
ga aman
kcuali vet nya ud dbawa sembayang di gunung kawi dl
pas nuang nya jg wajip kemis pon biar selamet
Mau sharing pengalaman sedikit kemarin pas mudik, setting DIY potensio Innova 2.0 G A/T 2004.DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 23:30kl mo pake oli encer, coba cek emisi dl, kl stelan nya agak rich, minta ntuh potensiometer di stel agak lean sikitherih09 wrote: Sat Apr 12, 2025 4:55
Terima kasih sharing pengalamannya om DOHC.
Ini yg saya khawatirkan, karena yg saya pakai skrg adalah ipah gen awal.
Mungkin amannya stick di 5w30, tinggal cari yg performanya sesuai selera dan budget ya..
atau kl males, coba liat busi nya, inofa non euro kdg stelan default nya agak bikin busi cepet fouling, minta stel agak lean sikittt, baru de pakein oli encer
bener, oli mah sesuai selera dan BUDGET aj, ga usa kmakan omongan bengkel, apalagi sales oli, banyak kibul nya itu
yang paling penting sekolahin kaki om, management waktu & emosi om, lama idle & tekanan ban juga...herih09 wrote: Mon Apr 14, 2025 1:59Mau sharing pengalaman sedikit kemarin pas mudik, setting DIY potensio Innova 2.0 G A/T 2004.DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 23:30kl mo pake oli encer, coba cek emisi dl, kl stelan nya agak rich, minta ntuh potensiometer di stel agak lean sikitherih09 wrote: Sat Apr 12, 2025 4:55
Terima kasih sharing pengalamannya om DOHC.
Ini yg saya khawatirkan, karena yg saya pakai skrg adalah ipah gen awal.
Mungkin amannya stick di 5w30, tinggal cari yg performanya sesuai selera dan budget ya..
atau kl males, coba liat busi nya, inofa non euro kdg stelan default nya agak bikin busi cepet fouling, minta stel agak lean sikittt, baru de pakein oli encer
bener, oli mah sesuai selera dan BUDGET aj, ga usa kmakan omongan bengkel, apalagi sales oli, banyak kibul nya itu
Pas saya bongkar busi, cek kondisi warna busi normal, namun agak basah. Jadi saya coba bersihin dlu aja terus pasang lagi.
Habis itu potensio saya puter dikit ke arah "L", tp lupa kmrn nilai hambatan berubah jadi berapa ohm-nya gak saya catat. Terus saya bersihin juga MAF sensor-nya sekalian.
Dibawa jalan jauh, berasa lebih smooth (apa lemot ya) gak nyentak2 seperti sebelumnya untuk gas. Mungkin karena settingan lebih Lean?
![]()
Just info juga, untuk konsumsi BBM kombinasi yang sebelumnya sekitar 1:7 ~ 1:8, sekarang menjadi 1:9 ~ 1:10
Klo dari pengalaman yang lain, oli encer gak ada pengaruh signifikan.. kayaknya saya lebih cari oli yg diskon aja nanti deh![]()
SAE 0W20 atau 5W30 tergantung harga yang lebih masuk akal![]()
nah ini emg khas stelan "lean" inofa non euro,tarikan berasa lebi smooth (baca : lemot), dan surprsingly, emg beneran bsa lebi hemat bensinherih09 wrote: Mon Apr 14, 2025 1:59Mau sharing pengalaman sedikit kemarin pas mudik, setting DIY potensio Innova 2.0 G A/T 2004.DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 23:30kl mo pake oli encer, coba cek emisi dl, kl stelan nya agak rich, minta ntuh potensiometer di stel agak lean sikitherih09 wrote: Sat Apr 12, 2025 4:55
Terima kasih sharing pengalamannya om DOHC.
Ini yg saya khawatirkan, karena yg saya pakai skrg adalah ipah gen awal.
Mungkin amannya stick di 5w30, tinggal cari yg performanya sesuai selera dan budget ya..
atau kl males, coba liat busi nya, inofa non euro kdg stelan default nya agak bikin busi cepet fouling, minta stel agak lean sikittt, baru de pakein oli encer
bener, oli mah sesuai selera dan BUDGET aj, ga usa kmakan omongan bengkel, apalagi sales oli, banyak kibul nya itu
Pas saya bongkar busi, cek kondisi warna busi normal, namun agak basah. Jadi saya coba bersihin dlu aja terus pasang lagi.
Habis itu potensio saya puter dikit ke arah "L", tp lupa kmrn nilai hambatan berubah jadi berapa ohm-nya gak saya catat. Terus saya bersihin juga MAF sensor-nya sekalian.
Dibawa jalan jauh, berasa lebih smooth (apa lemot ya) gak nyentak2 seperti sebelumnya untuk gas. Mungkin karena settingan lebih Lean?
![]()
Just info juga, untuk konsumsi BBM kombinasi yang sebelumnya sekitar 1:7 ~ 1:8, sekarang menjadi 1:9 ~ 1:10
Klo dari pengalaman yang lain, oli encer gak ada pengaruh signifikan.. kayaknya saya lebih cari oli yg diskon aja nanti deh![]()
SAE 0W20 atau 5W30 tergantung harga yang lebih masuk akal![]()
Harus rajin-rajin beberesih filter udara nih hehe.. Btw untuk busi nya better pakai Iridium atau biasa aja om?DOHC wrote: Mon Apr 14, 2025 10:08
nah ini emg khas stelan "lean" inofa non euro,tarikan berasa lebi smooth (baca : lemot), dan surprsingly, emg beneran bsa lebi hemat bensin
cuman kl stelan lean gini, jadi agak sensitip ama filter udara, wajip yg bersih punya, kotor sikit lgs berasa banget lemot nya
pipa bypass coolant innova saya sudah ganti pakai stainless sepertinya (ditengok sekilas).DOHC wrote: Mon Apr 14, 2025 10:08 btw
inofa gen awal gt, pipa bypass coolant ud ganti ama yg dari besi ?? trus timing cover, seal2 nya ud di ganti jg ?
Semakin lean apakah lebih baik pake RON lebih tinggi biar gak ngelitik? misal up ke Pertabo..ilhami wrote: Tue Apr 15, 2025 2:04 Semakin lean biasanya mesin jadi panas dan mudah ngelitik.
pipa bypass juga pernah saya ganti, karena bocor. Tapi mesin nya badak nggak rusak.
yg biasa aj tp cari yg nikel twin tip, denso punyaherih09 wrote: Tue Apr 15, 2025 2:17Harus rajin-rajin beberesih filter udara nih hehe.. Btw untuk busi nya better pakai Iridium atau biasa aja om?DOHC wrote: Mon Apr 14, 2025 10:08
nah ini emg khas stelan "lean" inofa non euro,tarikan berasa lebi smooth (baca : lemot), dan surprsingly, emg beneran bsa lebi hemat bensin
cuman kl stelan lean gini, jadi agak sensitip ama filter udara, wajip yg bersih punya, kotor sikit lgs berasa banget lemot nya
pipa bypass coolant innova saya sudah ganti pakai stainless sepertinya (ditengok sekilas).DOHC wrote: Mon Apr 14, 2025 10:08 btw
inofa gen awal gt, pipa bypass coolant ud ganti ama yg dari besi ?? trus timing cover, seal2 nya ud di ganti jg ?
Mungkin owner sebelumnya yang mengganti.
IMG_20250414_210422_916.jpg
cover timing rembes blm saya benerin om wkwkwk.. jadi sekarang jalan dengan kondisi rembes..
IMG_20250415_070320_767.jpg
twin tip yg KH20TT ya om?DOHC wrote: Tue Apr 15, 2025 2:48
yg biasa aj tp cari yg nikel twin tip, denso punya
trus kl emg rajin DIY, copotin belalai intek, sambil bebersih klep masup
dl di inofa non euro kita orang, stelan lean sikit, filter udara plong, saluran intek bersih, busi twin tip nikel... rasain beda nya , pake pertalit jg nonjok itu iritnya, ama buat jalan langsam di tol cipali enak banget di gigi 5
cover rembes emg penyakit inofa 1TR non euro tuh, mending kl ad waktu secepetnya di benahin, kerana itu biasanya sepaket rusak ama O ring seal dari jalur oil pump nya, dannnn O ring seal dr water pump... waktu itu di inofa kita orang, pas dibuka aj, ternjata sil O water pump ud rembes sikitt.. jadinya ad nyampur ke olmes tuh
kl ud buka cover timing, skalian siapin oli buat visco fan, atau skalian diganti, skalian jg cek atau ganti waterpump nya. Bongkar timing cover inofa 1TR tu gampang, cuman pinggang pegel aj, ama wajip tandain tu baut2 mana aj, banyak banget soalnya
iya bener yg ituherih09 wrote: Tue Apr 15, 2025 5:53twin tip yg KH20TT ya om?DOHC wrote: Tue Apr 15, 2025 2:48
yg biasa aj tp cari yg nikel twin tip, denso punya
trus kl emg rajin DIY, copotin belalai intek, sambil bebersih klep masup
dl di inofa non euro kita orang, stelan lean sikit, filter udara plong, saluran intek bersih, busi twin tip nikel... rasain beda nya , pake pertalit jg nonjok itu iritnya, ama buat jalan langsam di tol cipali enak banget di gigi 5
cover rembes emg penyakit inofa 1TR non euro tuh, mending kl ad waktu secepetnya di benahin, kerana itu biasanya sepaket rusak ama O ring seal dari jalur oil pump nya, dannnn O ring seal dr water pump... waktu itu di inofa kita orang, pas dibuka aj, ternjata sil O water pump ud rembes sikitt.. jadinya ad nyampur ke olmes tuh
kl ud buka cover timing, skalian siapin oli buat visco fan, atau skalian diganti, skalian jg cek atau ganti waterpump nya. Bongkar timing cover inofa 1TR tu gampang, cuman pinggang pegel aj, ama wajip tandain tu baut2 mana aj, banyak banget soalnya
saat ini saya pakai IKH20.. tp sepertinya gak lama lagi mau ganti karena dr habis beli dr orang itu busi blm diganti..
patut dicoba nih.. makasih sharingnya om DOHC..
ntar tak coba DIY setelah benerin cover timing.. ini lg cari waktu ama dana dlu buat benerin rembes mesin![]()
Saya isi pertamax hanya ketika rute menanjak, tenaga lumayan dan bisa mengurangi grogi ketika stop di tanjakan. Kalau sehari-hari pertalite masih cukup.herih09 wrote: Tue Apr 15, 2025 2:28Semakin lean apakah lebih baik pake RON lebih tinggi biar gak ngelitik? misal up ke Pertabo..ilhami wrote: Tue Apr 15, 2025 2:04 Semakin lean biasanya mesin jadi panas dan mudah ngelitik.
pipa bypass juga pernah saya ganti, karena bocor. Tapi mesin nya badak nggak rusak.
sebiji busi nya reborn bisa dapat 2 paket (2x4pcs) busi biasa om hehehe...DOHC wrote: Tue Apr 15, 2025 9:08iya bener yg ituherih09 wrote: Tue Apr 15, 2025 5:53twin tip yg KH20TT ya om?DOHC wrote: Tue Apr 15, 2025 2:48
yg biasa aj tp cari yg nikel twin tip, denso punya
trus kl emg rajin DIY, copotin belalai intek, sambil bebersih klep masup
dl di inofa non euro kita orang, stelan lean sikit, filter udara plong, saluran intek bersih, busi twin tip nikel... rasain beda nya , pake pertalit jg nonjok itu iritnya, ama buat jalan langsam di tol cipali enak banget di gigi 5
cover rembes emg penyakit inofa 1TR non euro tuh, mending kl ad waktu secepetnya di benahin, kerana itu biasanya sepaket rusak ama O ring seal dari jalur oil pump nya, dannnn O ring seal dr water pump... waktu itu di inofa kita orang, pas dibuka aj, ternjata sil O water pump ud rembes sikitt.. jadinya ad nyampur ke olmes tuh
kl ud buka cover timing, skalian siapin oli buat visco fan, atau skalian diganti, skalian jg cek atau ganti waterpump nya. Bongkar timing cover inofa 1TR tu gampang, cuman pinggang pegel aj, ama wajip tandain tu baut2 mana aj, banyak banget soalnya
saat ini saya pakai IKH20.. tp sepertinya gak lama lagi mau ganti karena dr habis beli dr orang itu busi blm diganti..
patut dicoba nih.. makasih sharingnya om DOHC..
ntar tak coba DIY setelah benerin cover timing.. ini lg cari waktu ama dana dlu buat benerin rembes mesin![]()
kl budget ad lebih, bsa pake busi inofa reborn koq, cuman sbiji nya 250-300 rebu
benerin cover timing, ga tralu susah cuman makan waktu dan bkin pegel aj, ama baut2 nya banyak banget, musti copot oil pan soalnya buat akses baut cover timing yg bawah
Penumpukan kerak carbon nya aman om?ilhami wrote: Wed Apr 16, 2025 1:06Saya isi pertamax hanya ketika rute menanjak, tenaga lumayan dan bisa mengurangi grogi ketika stop di tanjakan. Kalau sehari-hari pertalite masih cukup.herih09 wrote: Tue Apr 15, 2025 2:28Semakin lean apakah lebih baik pake RON lebih tinggi biar gak ngelitik? misal up ke Pertabo..ilhami wrote: Tue Apr 15, 2025 2:04 Semakin lean biasanya mesin jadi panas dan mudah ngelitik.
pipa bypass juga pernah saya ganti, karena bocor. Tapi mesin nya badak nggak rusak.