Oli untuk Innova Bensin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 4:16

kl di rebon, aman, mo 0-16 jg kayanya aman


daihatsu ayla tipe m non abs, non airbag, rem blakang tromol, odo 135rb km kasih 0w8 campur gemuk cobra aman nggak?
User avatar
herih09
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
Location: Depok, Jawa Barat
Daily Vehicle: Jupiter MX MT

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by herih09 »

DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 4:16
herih09 wrote: Fri Apr 11, 2025 2:40 Maaf bertanya di thread yang sudah lama :mky_01:

Mohon info apakah ada sudah punya pengalaman menggunakan Oli SAE 0W-20 di Innova matic VVT-i (Non Euro) odo >200K ?
Bagaimana rasanya jika dibandingkan dengan SAE 5W-30 ?

Saya mau ganti tp masih bimbang antara lanjut 5W-30 atau coba 0W-20.
Saat ini enak sih pakai Motul H-Tech 5W-30, tapi lagi pengen coba yang lain.
jawapan nya, belom tentu

ipah gen awal, masi blom tau pake ring piston low tension atau bukan

pengalaman di inofa 1TR non euro, dicekokin 0-20 malah penguapan lmayan banyak, padahal odo masi dibawah 200 rebu

kl 5-30 aman jaya ampe 200 rebu km

kl di rebon, aman, mo 0-16 jg kayanya aman
Terima kasih sharing pengalamannya om DOHC.
Ini yg saya khawatirkan, karena yg saya pakai skrg adalah ipah gen awal.
Mungkin amannya stick di 5w30, tinggal cari yg performanya sesuai selera dan budget ya..
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by azu »

Ipah Gen awal kalau ga salah oli palimg encernya 5W30 deh. Seingat saya jaman itu oli paling encer di pasaran masih 5W20 itu pun harganya mahal banget :mky_01:

Jaman itu ngisi 10W30 aja masih suka dibilang keenceran :big_biglaugh:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Dreamdriver
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Mar 03, 2016 4:53

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by Dreamdriver »

Mumpung lg bahas oli dimobil km tinggi numpang tanya om. Indikator saatnya pindah viskositas oli ke lebih kental apa ya?
Mobil sy accent km 210rb mesinnya sama kayak hyundai avega pake oli 10w-30 kalo kebengkel selalu dibilang keenceran padahal penguapan minim cm emg suara mesin sedikit kasar dibanding visko 40
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by ilhami »

kalau konsumsi oil meningkat, diperiksa dengan dipstick level oli menurun
bisa juga ditandai dengan knalpot berasap atau lengket oli.

Mesin kasar belum tentu dari oli, bisa busi kotor / koil lemah sehingga mesin pincang. Bearing2 sudah mulai aus, engine mounting getas dsb
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Apr 12, 2025 4:39
DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 4:16

kl di rebon, aman, mo 0-16 jg kayanya aman


daihatsu ayla tipe m non abs, non airbag, rem blakang tromol, odo 135rb km kasih 0w8 campur gemuk cobra aman nggak?
ga aman

kcuali vet nya ud dbawa sembayang di gunung kawi dl

pas nuang nya jg wajip kemis pon biar selamet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by DOHC »

herih09 wrote: Sat Apr 12, 2025 4:55
DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 4:16
herih09 wrote: Fri Apr 11, 2025 2:40 Maaf bertanya di thread yang sudah lama :mky_01:

Mohon info apakah ada sudah punya pengalaman menggunakan Oli SAE 0W-20 di Innova matic VVT-i (Non Euro) odo >200K ?
Bagaimana rasanya jika dibandingkan dengan SAE 5W-30 ?

Saya mau ganti tp masih bimbang antara lanjut 5W-30 atau coba 0W-20.
Saat ini enak sih pakai Motul H-Tech 5W-30, tapi lagi pengen coba yang lain.
jawapan nya, belom tentu

ipah gen awal, masi blom tau pake ring piston low tension atau bukan

pengalaman di inofa 1TR non euro, dicekokin 0-20 malah penguapan lmayan banyak, padahal odo masi dibawah 200 rebu

kl 5-30 aman jaya ampe 200 rebu km

kl di rebon, aman, mo 0-16 jg kayanya aman
Terima kasih sharing pengalamannya om DOHC.
Ini yg saya khawatirkan, karena yg saya pakai skrg adalah ipah gen awal.
Mungkin amannya stick di 5w30, tinggal cari yg performanya sesuai selera dan budget ya..
kl mo pake oli encer, coba cek emisi dl, kl stelan nya agak rich, minta ntuh potensiometer di stel agak lean sikit

atau kl males, coba liat busi nya, inofa non euro kdg stelan default nya agak bikin busi cepet fouling, minta stel agak lean sikittt, baru de pakein oli encer

bener, oli mah sesuai selera dan BUDGET aj, ga usa kmakan omongan bengkel, apalagi sales oli, banyak kibul nya itu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by leogalih »

Baru menjadi pengguna Reborn Bensin 1TR, karena saya sadar mesin 1TR ini bukanlah mesin yang canggih, bahkan juga dipakai di mobil niaga, maka Olipun sebenernya ga perlu yang level sultan, asal oli asli dan sesuai anjuran.

Pertama dapat langsung ganti pakai Bardahl S9 5w30, murah meriah harga 95rb/Liter di Cakra Motor BSD. Di ganti di KM 7000, ga terlihat ada pengurangan ketinggian pada dipstik dan masih terasa enak-enak aja sebenernya.

Kedua, iseng nyoba 0w20.
Kata netizen pakai 0w20 membantu bikin konsumsi BBM 1TR jadi lebih irit karena mesin jadi lebih ringan larinya. Coba Pakai Total Quartz 8000 kemasan 3L harga @270rb di Cakra Motor BSD. Kata penjualnya sebenarnya ini Oli untuk mobil LCGC, karena kemasan galonnya pas untuk kapasitas mesin LCGC.
Pas beli 2 Galon, sisa sedikit untuk tambah-tambah just in case ada penguapan.
Kesan pakai Oli 0w20:
- suara tik-tik-tik-tik pada area silinder head pada saat cold start jadi sedikit lebih terdengar dibanding sebelumnya pakai 5w30.
- ga bikin nambah irit juga, masih di range 1:8-10 dalam kota dan 1:10-12 luar kota
- umur pakai lebih pendek. ada penurunan oli pada dipstik pada posisi KM 4500an, tambah dikit pakai sisa waktu ganti kemarin. Sebelumnya akhirnya ganti oli di KM 5500.

Ketiga, balik lagi 5w30 pakai produk Shell Astra 5w30.
Berhuhubung kemarin posisi lagi di kampung dan pilihan meyakinkan cuma Shop and Drive. Akhirnya nyoba oli Shell Astra 5w30, Beli 2 Gratis 2. Berhubung kebutuhannya 5.5 Liter, jadinya beli 4 gratis 4. Kepake 6 Botol dan masih ada sisa 2 botol untuk penggantian berikutnya.
Rasanya, biasa aja sih hampir sama kayak waktu pakai 5w30nya Bardahl S9 walaupun Shell lebih mahal. Penjualnya klaim bisa sampe 10rb KM, tapi sepertinya ga akan sampe 10rb juga deh, 5rb KM nanti mau coba dipantau lagi, kalo terasa ga enak langsung ganti.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by well »

Suhu, mau nanya Mesin innova reborn dengan mesinnya innova biasa kan sama, di bookman innova biasa paling encer di SAE 30, sedangkan di reborn sudah bisa SAE20 pdhl mesinnya sama.
Apakah unt innova biasa dikasih SAE 20 jg ok?
Barang kali ada yg pny pengalaman innova lama pakai SAE20
Dreamdriver
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Mar 03, 2016 4:53

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by Dreamdriver »

ilhami wrote: Sat Apr 12, 2025 9:10 kalau konsumsi oil meningkat, diperiksa dengan dipstick level oli menurun
bisa juga ditandai dengan knalpot berasap atau lengket oli.

Mesin kasar belum tentu dari oli, bisa busi kotor / koil lemah sehingga mesin pincang. Bearing2 sudah mulai aus, engine mounting getas dsb
Oke makasih infonya om, kalo penurunan level oli masih minim dimobil sy biasa ganti oli 6 bulan sekali di km 3rb - 4rb turun sedikit dibawah titik F & knalpot jg kering
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 23:27
ga aman

kcuali vet nya ud dbawa sembayang di gunung kawi dl

pas nuang nya jg wajip kemis pon biar selamet


gunung kawi jauh.....

gunung sahari aja yg deket.
bisa sarapan di bubur kwang tung atau bakmie karet krekot, siangnya ke mangga besar vi makan soto kaki sapi & sumsum bang eman.
menjelang sore beli martabak di pecenongan.
User avatar
herih09
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
Location: Depok, Jawa Barat
Daily Vehicle: Jupiter MX MT

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by herih09 »

DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 23:30
herih09 wrote: Sat Apr 12, 2025 4:55
Terima kasih sharing pengalamannya om DOHC.
Ini yg saya khawatirkan, karena yg saya pakai skrg adalah ipah gen awal.
Mungkin amannya stick di 5w30, tinggal cari yg performanya sesuai selera dan budget ya..
kl mo pake oli encer, coba cek emisi dl, kl stelan nya agak rich, minta ntuh potensiometer di stel agak lean sikit

atau kl males, coba liat busi nya, inofa non euro kdg stelan default nya agak bikin busi cepet fouling, minta stel agak lean sikittt, baru de pakein oli encer

bener, oli mah sesuai selera dan BUDGET aj, ga usa kmakan omongan bengkel, apalagi sales oli, banyak kibul nya itu
Mau sharing pengalaman sedikit kemarin pas mudik, setting DIY potensio Innova 2.0 G A/T 2004.
Pas saya bongkar busi, cek kondisi warna busi normal, namun agak basah. Jadi saya coba bersihin dlu aja terus pasang lagi.
Habis itu potensio saya puter dikit ke arah "L", tp lupa kmrn nilai hambatan berubah jadi berapa ohm-nya gak saya catat. Terus saya bersihin juga MAF sensor-nya sekalian.

Dibawa jalan jauh, berasa lebih smooth (apa lemot ya :big_biglaugh: ) gak nyentak2 seperti sebelumnya untuk gas. Mungkin karena settingan lebih Lean? :big_think:
Just info juga, untuk konsumsi BBM kombinasi yang sebelumnya sekitar 1:7 ~ 1:8, sekarang menjadi 1:9 ~ 1:10

Klo dari pengalaman yang lain, oli encer gak ada pengaruh signifikan.. kayaknya saya lebih cari oli yg diskon aja nanti deh :big_biglaugh:
SAE 0W20 atau 5W30 tergantung harga yang lebih masuk akal :big_peace:
Icidan16
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Oct 24, 2023 1:24

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by Icidan16 »

Oot, SRZ ane jg pake 5w30 yg penting asli dan lagi diskon hehe. Sekarang pke total 5w30 full syn
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by MSU »

herih09 wrote: Mon Apr 14, 2025 1:59
DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 23:30
herih09 wrote: Sat Apr 12, 2025 4:55
Terima kasih sharing pengalamannya om DOHC.
Ini yg saya khawatirkan, karena yg saya pakai skrg adalah ipah gen awal.
Mungkin amannya stick di 5w30, tinggal cari yg performanya sesuai selera dan budget ya..
kl mo pake oli encer, coba cek emisi dl, kl stelan nya agak rich, minta ntuh potensiometer di stel agak lean sikit

atau kl males, coba liat busi nya, inofa non euro kdg stelan default nya agak bikin busi cepet fouling, minta stel agak lean sikittt, baru de pakein oli encer

bener, oli mah sesuai selera dan BUDGET aj, ga usa kmakan omongan bengkel, apalagi sales oli, banyak kibul nya itu
Mau sharing pengalaman sedikit kemarin pas mudik, setting DIY potensio Innova 2.0 G A/T 2004.
Pas saya bongkar busi, cek kondisi warna busi normal, namun agak basah. Jadi saya coba bersihin dlu aja terus pasang lagi.
Habis itu potensio saya puter dikit ke arah "L", tp lupa kmrn nilai hambatan berubah jadi berapa ohm-nya gak saya catat. Terus saya bersihin juga MAF sensor-nya sekalian.

Dibawa jalan jauh, berasa lebih smooth (apa lemot ya :big_biglaugh: ) gak nyentak2 seperti sebelumnya untuk gas. Mungkin karena settingan lebih Lean? :big_think:
Just info juga, untuk konsumsi BBM kombinasi yang sebelumnya sekitar 1:7 ~ 1:8, sekarang menjadi 1:9 ~ 1:10

Klo dari pengalaman yang lain, oli encer gak ada pengaruh signifikan.. kayaknya saya lebih cari oli yg diskon aja nanti deh :big_biglaugh:
SAE 0W20 atau 5W30 tergantung harga yang lebih masuk akal :big_peace:
yang paling penting sekolahin kaki om, management waktu & emosi om, lama idle & tekanan ban juga...
ini faktor terbesar ngirit bbm om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by DOHC »

herih09 wrote: Mon Apr 14, 2025 1:59
DOHC wrote: Sat Apr 12, 2025 23:30
herih09 wrote: Sat Apr 12, 2025 4:55
Terima kasih sharing pengalamannya om DOHC.
Ini yg saya khawatirkan, karena yg saya pakai skrg adalah ipah gen awal.
Mungkin amannya stick di 5w30, tinggal cari yg performanya sesuai selera dan budget ya..
kl mo pake oli encer, coba cek emisi dl, kl stelan nya agak rich, minta ntuh potensiometer di stel agak lean sikit

atau kl males, coba liat busi nya, inofa non euro kdg stelan default nya agak bikin busi cepet fouling, minta stel agak lean sikittt, baru de pakein oli encer

bener, oli mah sesuai selera dan BUDGET aj, ga usa kmakan omongan bengkel, apalagi sales oli, banyak kibul nya itu
Mau sharing pengalaman sedikit kemarin pas mudik, setting DIY potensio Innova 2.0 G A/T 2004.
Pas saya bongkar busi, cek kondisi warna busi normal, namun agak basah. Jadi saya coba bersihin dlu aja terus pasang lagi.
Habis itu potensio saya puter dikit ke arah "L", tp lupa kmrn nilai hambatan berubah jadi berapa ohm-nya gak saya catat. Terus saya bersihin juga MAF sensor-nya sekalian.

Dibawa jalan jauh, berasa lebih smooth (apa lemot ya :big_biglaugh: ) gak nyentak2 seperti sebelumnya untuk gas. Mungkin karena settingan lebih Lean? :big_think:
Just info juga, untuk konsumsi BBM kombinasi yang sebelumnya sekitar 1:7 ~ 1:8, sekarang menjadi 1:9 ~ 1:10

Klo dari pengalaman yang lain, oli encer gak ada pengaruh signifikan.. kayaknya saya lebih cari oli yg diskon aja nanti deh :big_biglaugh:
SAE 0W20 atau 5W30 tergantung harga yang lebih masuk akal :big_peace:
nah ini emg khas stelan "lean" inofa non euro,tarikan berasa lebi smooth (baca : lemot), dan surprsingly, emg beneran bsa lebi hemat bensin

cuman kl stelan lean gini, jadi agak sensitip ama filter udara, wajip yg bersih punya, kotor sikit lgs berasa banget lemot nya

btw

inofa gen awal gt, pipa bypass coolant ud ganti ama yg dari besi ?? trus timing cover, seal2 nya ud di ganti jg ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by ilhami »

Semakin lean biasanya mesin jadi panas dan mudah ngelitik.

pipa bypass juga pernah saya ganti, karena bocor. Tapi mesin nya badak nggak rusak.
User avatar
herih09
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
Location: Depok, Jawa Barat
Daily Vehicle: Jupiter MX MT

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by herih09 »

DOHC wrote: Mon Apr 14, 2025 10:08
nah ini emg khas stelan "lean" inofa non euro,tarikan berasa lebi smooth (baca : lemot), dan surprsingly, emg beneran bsa lebi hemat bensin

cuman kl stelan lean gini, jadi agak sensitip ama filter udara, wajip yg bersih punya, kotor sikit lgs berasa banget lemot nya
Harus rajin-rajin beberesih filter udara nih hehe.. Btw untuk busi nya better pakai Iridium atau biasa aja om?
DOHC wrote: Mon Apr 14, 2025 10:08 btw

inofa gen awal gt, pipa bypass coolant ud ganti ama yg dari besi ?? trus timing cover, seal2 nya ud di ganti jg ?
pipa bypass coolant innova saya sudah ganti pakai stainless sepertinya (ditengok sekilas).
Mungkin owner sebelumnya yang mengganti.
IMG_20250414_210422_916.jpg
cover timing rembes blm saya benerin om wkwkwk.. jadi sekarang jalan dengan kondisi rembes..
IMG_20250415_070320_767.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
herih09
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
Location: Depok, Jawa Barat
Daily Vehicle: Jupiter MX MT

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by herih09 »

ilhami wrote: Tue Apr 15, 2025 2:04 Semakin lean biasanya mesin jadi panas dan mudah ngelitik.

pipa bypass juga pernah saya ganti, karena bocor. Tapi mesin nya badak nggak rusak.
Semakin lean apakah lebih baik pake RON lebih tinggi biar gak ngelitik? misal up ke Pertabo..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by DOHC »

herih09 wrote: Tue Apr 15, 2025 2:17
DOHC wrote: Mon Apr 14, 2025 10:08
nah ini emg khas stelan "lean" inofa non euro,tarikan berasa lebi smooth (baca : lemot), dan surprsingly, emg beneran bsa lebi hemat bensin

cuman kl stelan lean gini, jadi agak sensitip ama filter udara, wajip yg bersih punya, kotor sikit lgs berasa banget lemot nya
Harus rajin-rajin beberesih filter udara nih hehe.. Btw untuk busi nya better pakai Iridium atau biasa aja om?
DOHC wrote: Mon Apr 14, 2025 10:08 btw

inofa gen awal gt, pipa bypass coolant ud ganti ama yg dari besi ?? trus timing cover, seal2 nya ud di ganti jg ?
pipa bypass coolant innova saya sudah ganti pakai stainless sepertinya (ditengok sekilas).
Mungkin owner sebelumnya yang mengganti.
IMG_20250414_210422_916.jpg

cover timing rembes blm saya benerin om wkwkwk.. jadi sekarang jalan dengan kondisi rembes..
IMG_20250415_070320_767.jpg
yg biasa aj tp cari yg nikel twin tip, denso punya

trus kl emg rajin DIY, copotin belalai intek, sambil bebersih klep masup

dl di inofa non euro kita orang, stelan lean sikit, filter udara plong, saluran intek bersih, busi twin tip nikel... rasain beda nya , pake pertalit jg nonjok itu iritnya, ama buat jalan langsam di tol cipali enak banget di gigi 5


cover rembes emg penyakit inofa 1TR non euro tuh, mending kl ad waktu secepetnya di benahin, kerana itu biasanya sepaket rusak ama O ring seal dari jalur oil pump nya, dannnn O ring seal dr water pump... waktu itu di inofa kita orang, pas dibuka aj, ternjata sil O water pump ud rembes sikitt.. jadinya ad nyampur ke olmes tuh

kl ud buka cover timing, skalian siapin oli buat visco fan, atau skalian diganti, skalian jg cek atau ganti waterpump nya. Bongkar timing cover inofa 1TR tu gampang, cuman pinggang pegel aj, ama wajip tandain tu baut2 mana aj, banyak banget soalnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
herih09
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
Location: Depok, Jawa Barat
Daily Vehicle: Jupiter MX MT

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by herih09 »

DOHC wrote: Tue Apr 15, 2025 2:48
yg biasa aj tp cari yg nikel twin tip, denso punya

trus kl emg rajin DIY, copotin belalai intek, sambil bebersih klep masup

dl di inofa non euro kita orang, stelan lean sikit, filter udara plong, saluran intek bersih, busi twin tip nikel... rasain beda nya , pake pertalit jg nonjok itu iritnya, ama buat jalan langsam di tol cipali enak banget di gigi 5


cover rembes emg penyakit inofa 1TR non euro tuh, mending kl ad waktu secepetnya di benahin, kerana itu biasanya sepaket rusak ama O ring seal dari jalur oil pump nya, dannnn O ring seal dr water pump... waktu itu di inofa kita orang, pas dibuka aj, ternjata sil O water pump ud rembes sikitt.. jadinya ad nyampur ke olmes tuh

kl ud buka cover timing, skalian siapin oli buat visco fan, atau skalian diganti, skalian jg cek atau ganti waterpump nya. Bongkar timing cover inofa 1TR tu gampang, cuman pinggang pegel aj, ama wajip tandain tu baut2 mana aj, banyak banget soalnya
twin tip yg KH20TT ya om?
saat ini saya pakai IKH20.. tp sepertinya gak lama lagi mau ganti karena dr habis beli dr orang itu busi blm diganti..

patut dicoba nih.. makasih sharingnya om DOHC..
ntar tak coba DIY setelah benerin cover timing.. ini lg cari waktu ama dana dlu buat benerin rembes mesin :mky_01:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by DOHC »

herih09 wrote: Tue Apr 15, 2025 5:53
DOHC wrote: Tue Apr 15, 2025 2:48
yg biasa aj tp cari yg nikel twin tip, denso punya

trus kl emg rajin DIY, copotin belalai intek, sambil bebersih klep masup

dl di inofa non euro kita orang, stelan lean sikit, filter udara plong, saluran intek bersih, busi twin tip nikel... rasain beda nya , pake pertalit jg nonjok itu iritnya, ama buat jalan langsam di tol cipali enak banget di gigi 5


cover rembes emg penyakit inofa 1TR non euro tuh, mending kl ad waktu secepetnya di benahin, kerana itu biasanya sepaket rusak ama O ring seal dari jalur oil pump nya, dannnn O ring seal dr water pump... waktu itu di inofa kita orang, pas dibuka aj, ternjata sil O water pump ud rembes sikitt.. jadinya ad nyampur ke olmes tuh

kl ud buka cover timing, skalian siapin oli buat visco fan, atau skalian diganti, skalian jg cek atau ganti waterpump nya. Bongkar timing cover inofa 1TR tu gampang, cuman pinggang pegel aj, ama wajip tandain tu baut2 mana aj, banyak banget soalnya
twin tip yg KH20TT ya om?
saat ini saya pakai IKH20.. tp sepertinya gak lama lagi mau ganti karena dr habis beli dr orang itu busi blm diganti..

patut dicoba nih.. makasih sharingnya om DOHC..
ntar tak coba DIY setelah benerin cover timing.. ini lg cari waktu ama dana dlu buat benerin rembes mesin :mky_01:
iya bener yg itu

kl budget ad lebih, bsa pake busi inofa reborn koq, cuman sbiji nya 250-300 rebu

benerin cover timing, ga tralu susah cuman makan waktu dan bkin pegel aj, ama baut2 nya banyak banget, musti copot oil pan soalnya buat akses baut cover timing yg bawah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by ilhami »

herih09 wrote: Tue Apr 15, 2025 2:28
ilhami wrote: Tue Apr 15, 2025 2:04 Semakin lean biasanya mesin jadi panas dan mudah ngelitik.

pipa bypass juga pernah saya ganti, karena bocor. Tapi mesin nya badak nggak rusak.
Semakin lean apakah lebih baik pake RON lebih tinggi biar gak ngelitik? misal up ke Pertabo..
Saya isi pertamax hanya ketika rute menanjak, tenaga lumayan dan bisa mengurangi grogi ketika stop di tanjakan. Kalau sehari-hari pertalite masih cukup.
User avatar
herih09
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
Location: Depok, Jawa Barat
Daily Vehicle: Jupiter MX MT

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by herih09 »

DOHC wrote: Tue Apr 15, 2025 9:08
herih09 wrote: Tue Apr 15, 2025 5:53
DOHC wrote: Tue Apr 15, 2025 2:48
yg biasa aj tp cari yg nikel twin tip, denso punya

trus kl emg rajin DIY, copotin belalai intek, sambil bebersih klep masup

dl di inofa non euro kita orang, stelan lean sikit, filter udara plong, saluran intek bersih, busi twin tip nikel... rasain beda nya , pake pertalit jg nonjok itu iritnya, ama buat jalan langsam di tol cipali enak banget di gigi 5


cover rembes emg penyakit inofa 1TR non euro tuh, mending kl ad waktu secepetnya di benahin, kerana itu biasanya sepaket rusak ama O ring seal dari jalur oil pump nya, dannnn O ring seal dr water pump... waktu itu di inofa kita orang, pas dibuka aj, ternjata sil O water pump ud rembes sikitt.. jadinya ad nyampur ke olmes tuh

kl ud buka cover timing, skalian siapin oli buat visco fan, atau skalian diganti, skalian jg cek atau ganti waterpump nya. Bongkar timing cover inofa 1TR tu gampang, cuman pinggang pegel aj, ama wajip tandain tu baut2 mana aj, banyak banget soalnya
twin tip yg KH20TT ya om?
saat ini saya pakai IKH20.. tp sepertinya gak lama lagi mau ganti karena dr habis beli dr orang itu busi blm diganti..

patut dicoba nih.. makasih sharingnya om DOHC..
ntar tak coba DIY setelah benerin cover timing.. ini lg cari waktu ama dana dlu buat benerin rembes mesin :mky_01:
iya bener yg itu

kl budget ad lebih, bsa pake busi inofa reborn koq, cuman sbiji nya 250-300 rebu

benerin cover timing, ga tralu susah cuman makan waktu dan bkin pegel aj, ama baut2 nya banyak banget, musti copot oil pan soalnya buat akses baut cover timing yg bawah
sebiji busi nya reborn bisa dapat 2 paket (2x4pcs) busi biasa om hehehe...
dan katanya kalo kejar performa lebih baik busi berbahan nikel? kalo kejar awet baru cari yg Iridium? :big_think:
User avatar
herih09
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
Location: Depok, Jawa Barat
Daily Vehicle: Jupiter MX MT

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by herih09 »

ilhami wrote: Wed Apr 16, 2025 1:06
herih09 wrote: Tue Apr 15, 2025 2:28
ilhami wrote: Tue Apr 15, 2025 2:04 Semakin lean biasanya mesin jadi panas dan mudah ngelitik.

pipa bypass juga pernah saya ganti, karena bocor. Tapi mesin nya badak nggak rusak.
Semakin lean apakah lebih baik pake RON lebih tinggi biar gak ngelitik? misal up ke Pertabo..
Saya isi pertamax hanya ketika rute menanjak, tenaga lumayan dan bisa mengurangi grogi ketika stop di tanjakan. Kalau sehari-hari pertalite masih cukup.
Penumpukan kerak carbon nya aman om?
kalo liat rasio kompresi mesin 1TR jadul memang bisa di range Pertalite ~ Pertamax ya
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Oli untuk Innova Bensin

Post by ilhami »

Innova saya tidak pernah carbon clean.
Kalau idle lama dengan AC bisa agak ngelitik. Tapi dibawa jalan normal lagi.