Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Itu kalau dari turunan memang bahaya. Pertama jalur menyempit ke kanan karena sering ada kendaraan dari kiri yg tidak naik jembatan..
Kedua sering ada penyeberang jalan atau motor yg ga sabaran muter di situ..
Ketiga di depan sedikit ada putaran u turn persis depan tvri. Jadi lewat situ memang rada bahaya kalau driver gas pol..
Kedua sering ada penyeberang jalan atau motor yg ga sabaran muter di situ..
Ketiga di depan sedikit ada putaran u turn persis depan tvri. Jadi lewat situ memang rada bahaya kalau driver gas pol..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Tanpa tayangan sebelum video itu mulai, susah ngomongnya kenapa. Yang di video itu sudah hasil tengah dan akhir, pertamanya bagaimana ya tidak jelas.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
keknya sebelom masuk video kena aquaplanning di kec tinggi mungkin ban lari ke kanan supir koreksi ke kiri dgn panik akhirnya mobil lsg melintir ke kiri dulu saya kena kek gini di tol naek gl untung belakang gak ada mobil dibelakang dan gak nabrak apapun sampe malang 2 jalur di tengah jalan soalnya dan larinya emang lagi konstan di 100kmh ujan lebat bgt soalnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Iya dari awal video aja udah kelihatan anehnya
Speednya udah parah banget
Kemungkinan jauh didepan lagi ada mobil pelan2 lagi mau puter balik atau berhenti terutama di jalur paling kanan
lagi mau pindah jalur sambil rem malah berakhir seperti itu
Speednya udah parah banget
Kemungkinan jauh didepan lagi ada mobil pelan2 lagi mau puter balik atau berhenti terutama di jalur paling kanan
lagi mau pindah jalur sambil rem malah berakhir seperti itu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Serem banget, jd ingat 12-13 tahun lalu bawa avanza tol merak hujan deras kena aquaplaning lari 90, untung saya ga reflek injak rem cuma koreksi stir. Semenjak itu jadi sadar dijalanan nyawa itu berharga.
BTT Klo dilihat dr cctv sih keliatan nya selip pas rem pertama kali, lgs oleng driver koreksi stir malah jd terbang. Padahal infonya dimobil penumpang lebih dr 4 tp tetap melayang begitu, kemungkinan speednya diatas 60-70 tuh
BTT Klo dilihat dr cctv sih keliatan nya selip pas rem pertama kali, lgs oleng driver koreksi stir malah jd terbang. Padahal infonya dimobil penumpang lebih dr 4 tp tetap melayang begitu, kemungkinan speednya diatas 60-70 tuh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Udah google cara cegah aquaplaning
Ga ada penjelasan kaya ABS, TRC, ESP buat cegah aquaplaning?
Apa emang ga efektif?
Fokus utama pencegahan selalu di
1. Cek ban
2. Rotasi dan pake ban yg gripnya bagus
3. Jangan ngebut diatas 50, apalagi diatas 80
4. Kalau kena aquaplaning lepas gas, jangan banting setir atau injek rem terlalu dalam
5. Arahin setir searah jalur gelincjr sampai dapat kontrol aetir lagi
Kalau begitu kasus senayan ini banyak faktor kesalahannya?
Ga ada penjelasan kaya ABS, TRC, ESP buat cegah aquaplaning?
Apa emang ga efektif?
Fokus utama pencegahan selalu di
1. Cek ban
2. Rotasi dan pake ban yg gripnya bagus
3. Jangan ngebut diatas 50, apalagi diatas 80
4. Kalau kena aquaplaning lepas gas, jangan banting setir atau injek rem terlalu dalam
5. Arahin setir searah jalur gelincjr sampai dapat kontrol aetir lagi
Kalau begitu kasus senayan ini banyak faktor kesalahannya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Makanya saya cukup takjub kalau ada orang bawa Avxen berani seruntulan apalagi waktu hujan, saya pakai sedan yang wheeltrack lebih lebar, wheelbase lebih panjang plus GC lebih rendah saja kalau kena aquaplaning terasa sekali mobil kehilangan kendali, kalau ada genangan air ya kurangi kecepatan sebelumnya, saat melewati genangan ga digas atau rem.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Mungkin mau ngehindarin sesuatu kali ya
Jadi di depan ada halangan, supir koreksi setir tapi ban depan aquaplanning, pas supir lepas gas atau ngerem tiba tiba ban depan dapet traksi lagi
Jadi di depan ada halangan, supir koreksi setir tapi ban depan aquaplanning, pas supir lepas gas atau ngerem tiba tiba ban depan dapet traksi lagi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1645
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
IMHO...apapun mobilnya, bagaimanapun kondisi jalannya, pengaman pertama dan utama ada di otak kita.
Contoh, saat ujan, otomatis kecepatan saya max. 60-70% saat kondisi kering...seremmm euy, ngebut pengen cepet sampai juga gak ada hadiahnya
Contoh, saat ujan, otomatis kecepatan saya max. 60-70% saat kondisi kering...seremmm euy, ngebut pengen cepet sampai juga gak ada hadiahnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
mungkin driver nya ngantuk ditambah mungkin pake ban eco-eco an di jalan basah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
kalau liat CCTV kemungkinannya ya 3, driver kurang cakap/mahir, ketemu aquaplaning dan panik, ngantuk atau dibawah pengaruh alkohol/obat terlarang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Ga siap menghadapi musim hujan. Soalnya kemaren2 kan puanas banget. Terbiasa nyetir saat musim kemarau. Begitu tiba2 hujan deres, ga biasa adaptasinya.
Mungkin faktor ini juga yang mnyebabkan pesawat JT610 hilang kontak
Mungkin faktor ini juga yang mnyebabkan pesawat JT610 hilang kontak
Last edited by adhika on Mon Oct 29, 2018 2:57, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
yang bawa avanza kenceng2 ya saya akuin, pdhl ini mbl horsepowernya kecil, pernal di cipali lagi jalan santai 100-120 ditempel bemper to bemper sama avanza dengan dim2, stlh lajur kiri agak lowong dr truk baru saya pindah kiri.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Atau seperti yang dialami basis Navicula, kerusakanannya sama seperti itu. Kejadian di dekat patung bayi raksasa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
aquaplanning yang penting beli bannya yg bagus buat buang air sejak kejadian gw kena di livina sih gw milih ban yg grip basahnya bagus, waktu kejadian gw pake ban bawaan mobil soalnya, sama kalo bawa mobil jg harus belajar ngerasain batas gripnya sampe mana belakangan sih aman2x aja pernah hajar sampe 150kmh pake freed waktu ujan kenceng begitu ngerasain ban mulai licin atau grip mulai gak berasa mendingan ngerem pelan2x jgn di tambahin lagi, faktor safety paling penting dari mobil itu grip tapi orang malah suka sepelein kadangban ud licin aja gak di ganti kalo gw sih ganti ban biasa tapaknya aja masih keliatan tapi grip mulai gak enakSalvanost wrote: Sun Oct 28, 2018 14:02 Udah google cara cegah aquaplaning
Ga ada penjelasan kaya ABS, TRC, ESP buat cegah aquaplaning?
Apa emang ga efektif?
Fokus utama pencegahan selalu di
1. Cek ban
2. Rotasi dan pake ban yg gripnya bagus
3. Jangan ngebut diatas 50, apalagi diatas 80
4. Kalau kena aquaplaning lepas gas, jangan banting setir atau injek rem terlalu dalam
5. Arahin setir searah jalur gelincjr sampai dapat kontrol aetir lagi
Kalau begitu kasus senayan ini banyak faktor kesalahannya?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Ya dulu saya juga gitub0ku wrote: Mon Oct 29, 2018 2:51aquaplanning yang penting beli bannya yg bagus buat buang air sejak kejadian gw kena di livina sih gw milih ban yg grip basahnya bagus, waktu kejadian gw pake ban bawaan mobil soalnya, sama kalo bawa mobil jg harus belajar ngerasain batas gripnya sampe mana belakangan sih aman2x aja pernah hajar sampe 150kmh pake freed waktu ujan kenceng begitu ngerasain ban mulai licin atau grip mulai gak berasa mendingan ngerem pelan2x jgn di tambahin lagi, faktor safety paling penting dari mobil itu grip tapi orang malah suka sepelein kadangban ud licin aja gak di ganti kalo gw sih ganti ban biasa tapaknya aja masih keliatan tapi grip mulai gak enakSalvanost wrote: Sun Oct 28, 2018 14:02 Udah google cara cegah aquaplaning
Ga ada penjelasan kaya ABS, TRC, ESP buat cegah aquaplaning?
Apa emang ga efektif?
Fokus utama pencegahan selalu di
1. Cek ban
2. Rotasi dan pake ban yg gripnya bagus
3. Jangan ngebut diatas 50, apalagi diatas 80
4. Kalau kena aquaplaning lepas gas, jangan banting setir atau injek rem terlalu dalam
5. Arahin setir searah jalur gelincjr sampai dapat kontrol aetir lagi
Kalau begitu kasus senayan ini banyak faktor kesalahannya?![]()
Tiap musim hujan ngetes grip ban
Soalnya bawaan ban saya cek google gripnya kurang oke

Cuma ya ga sampai hajar 150kmh
Paling2 liat ada genangan air terabas
Sambil rasain aquaplaning kaya apa
Yg parah sih kalau genangan airnya di belokan
Tapi ini ban dueller walau grip dibilang kurang dikit
Keuntungannya ga cepat gundul
Jadi alurnya pasti masih dalem dan tebal
Datipada pake ban grip bagus tiap 3 tahun botak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
saya kok jadi kepikiran,
walau udah baca teori ini itu soal situasi kayak gini,
amit2 jabang bayi kalo bener2 ngalamin, dalam jeda waktu sepersekian detik ,
apa otak saya bisa inget teori2 itu.. ?
walau udah baca teori ini itu soal situasi kayak gini,
amit2 jabang bayi kalo bener2 ngalamin, dalam jeda waktu sepersekian detik ,
apa otak saya bisa inget teori2 itu.. ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Coba oom di Jalur dari Seberida ke Pekanbaru, dimana aspalnya itu kayak punya rel , cerukan bekas kena injak ban terus menerus.Salvanost wrote:Ya dulu saya juga gitub0ku wrote: Mon Oct 29, 2018 2:51aquaplanning yang penting beli bannya yg bagus buat buang air sejak kejadian gw kena di livina sih gw milih ban yg grip basahnya bagus, waktu kejadian gw pake ban bawaan mobil soalnya, sama kalo bawa mobil jg harus belajar ngerasain batas gripnya sampe mana belakangan sih aman2x aja pernah hajar sampe 150kmh pake freed waktu ujan kenceng begitu ngerasain ban mulai licin atau grip mulai gak berasa mendingan ngerem pelan2x jgn di tambahin lagi, faktor safety paling penting dari mobil itu grip tapi orang malah suka sepelein kadangban ud licin aja gak di ganti kalo gw sih ganti ban biasa tapaknya aja masih keliatan tapi grip mulai gak enakSalvanost wrote: Sun Oct 28, 2018 14:02 Udah google cara cegah aquaplaning
Ga ada penjelasan kaya ABS, TRC, ESP buat cegah aquaplaning?
Apa emang ga efektif?
Fokus utama pencegahan selalu di
1. Cek ban
2. Rotasi dan pake ban yg gripnya bagus
3. Jangan ngebut diatas 50, apalagi diatas 80
4. Kalau kena aquaplaning lepas gas, jangan banting setir atau injek rem terlalu dalam
5. Arahin setir searah jalur gelincjr sampai dapat kontrol aetir lagi
Kalau begitu kasus senayan ini banyak faktor kesalahannya?![]()
Tiap musim hujan ngetes grip ban
Soalnya bawaan ban saya cek google gripnya kurang oke
![]()
Cuma ya ga sampai hajar 150kmh
Paling2 liat ada genangan air terabas
Sambil rasain aquaplaning kaya apa
Yg parah sih kalau genangan airnya di belokan
Tapi ini ban dueller walau grip dibilang kurang dikit
Keuntungannya ga cepat gundul
Jadi alurnya pasti masih dalem dan tebal
Datipada pake ban grip bagus tiap 3 tahun botak
kalo ujan mulai maka itu jadi mirip kayak alur aliran air dan kita nyetir 80 kmpj di sana rasanya kaya maen seluncuran di water boom..
[emoji2] [emoji2]
ngepot ngepot tapi ketahan sama dinding kiri kanan dari alur sungai kecil itu...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Betul, crisis time itu agak tricky..IGedeAmat wrote:saya kok jadi kepikiran,
walau udah baca teori ini itu soal situasi kayak gini,
amit2 jabang bayi kalo bener2 ngalamin, dalam jeda waktu sepersekian detik ,
apa otak saya bisa inget teori2 itu.. ?
Sepintar apapun seseorang, disituasi kaya gitu kebanyakan pasti panik..
Saya kira driver rem mendadak & banting stir itu tidak bisa disalahkan.. itu alamiah dia sbg manusia.. yg mungkin bisa di salahkan adalah habbit driver soal speed & perawatan ban..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Makanya dipraktekkin om, dimulai dari kbiasaan kalo kaget disalip jgn langsung injek rem dalam + banting setirIGedeAmat wrote: Mon Oct 29, 2018 4:40 saya kok jadi kepikiran,
walau udah baca teori ini itu soal situasi kayak gini,
amit2 jabang bayi kalo bener2 ngalamin, dalam jeda waktu sepersekian detik ,
apa otak saya bisa inget teori2 itu.. ?
Hal hal kecil kek gitu kalo sering dilatih dan diinget tar jadi reflek om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Yg di game game simulator atau racing mirip sama aslinya gue belajar di game need for speed dan sejenisnya jd ga gugup karena sdh di prediksiSalvanost wrote: Sun Oct 28, 2018 14:02 Udah google cara cegah aquaplaning
Ga ada penjelasan kaya ABS, TRC, ESP buat cegah aquaplaning?
Apa emang ga efektif?
Fokus utama pencegahan selalu di
1. Cek ban
2. Rotasi dan pake ban yg gripnya bagus
3. Jangan ngebut diatas 50, apalagi diatas 80
4. Kalau kena aquaplaning lepas gas, jangan banting setir atau injek rem terlalu dalam
5. Arahin setir searah jalur gelincjr sampai dapat kontrol aetir lagi
Kalau begitu kasus senayan ini banyak faktor kesalahannya?
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Lha itu lah,vinchazz wrote: Mon Oct 29, 2018 5:17Makanya dipraktekkin om, dimulai dari kbiasaan kalo kaget disalip jgn langsung injek rem dalam + banting setirIGedeAmat wrote: Mon Oct 29, 2018 4:40 saya kok jadi kepikiran,
walau udah baca teori ini itu soal situasi kayak gini,
amit2 jabang bayi kalo bener2 ngalamin, dalam jeda waktu sepersekian detik ,
apa otak saya bisa inget teori2 itu.. ?
Hal hal kecil kek gitu kalo sering dilatih dan diinget tar jadi reflek om
walau udah ngerti (lagi2 teori) soal pentingnya latihan sampe kebentuk yang namanya muscle reflek,
cuma latihannya gimana...
mo nyewa sirkuit ya gak mampu, mo dijalan umum masa iya...
sayang mobil (satu2nya) juga...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Kalo mau sih sekali sekali main go-kart om untuk ngasah feeling dan ketajaman. Cuma ya kalo mobil nya tinggi ya susah juga di praktekin nyaIGedeAmat wrote:Lha itu lah,vinchazz wrote: Mon Oct 29, 2018 5:17Makanya dipraktekkin om, dimulai dari kbiasaan kalo kaget disalip jgn langsung injek rem dalam + banting setirIGedeAmat wrote: Mon Oct 29, 2018 4:40 saya kok jadi kepikiran,
walau udah baca teori ini itu soal situasi kayak gini,
amit2 jabang bayi kalo bener2 ngalamin, dalam jeda waktu sepersekian detik ,
apa otak saya bisa inget teori2 itu.. ?
Hal hal kecil kek gitu kalo sering dilatih dan diinget tar jadi reflek om
walau udah ngerti (lagi2 teori) soal pentingnya latihan sampe kebentuk yang namanya muscle reflek,
cuma latihannya gimana...
mo nyewa sirkuit ya gak mampu, mo dijalan umum masa iya...
sayang mobil (satu2nya) juga...

Cuma ya sekarang di tengah kota Jakarta udah agak jarang tempat main go-kart.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Betul banget ini pak. Makanya saya waktu kena kejadian aquaplaning bersyukur refleknya ngga rem mendadak. Kalo ngga pasti nasib nya sama kaya video diatas.IGedeAmat wrote: Mon Oct 29, 2018 4:40 saya kok jadi kepikiran,
walau udah baca teori ini itu soal situasi kayak gini,
amit2 jabang bayi kalo bener2 ngalamin, dalam jeda waktu sepersekian detik ,
apa otak saya bisa inget teori2 itu.. ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Kalo bnr aquaplanning, mau pake mobil apapun ya tetep ga bs kontrol.
Cth pembalap f1, kurang jago gmn skill nya? Kena aquaplanning tetep aja melintir.
Cth pembalap f1, kurang jago gmn skill nya? Kena aquaplanning tetep aja melintir.