KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 516
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Hahahaha kalo saya malah ngerasanya lifespan mobil jepang lebih tinggi dari eropa, terutama engine-nya
Tuh avanza-xenia setelah 12 tahun baru ganti NR engine
Kijang innova malah masih pakai TR buat gasoline-nya
Merc malah ganti terus hahaha, 204 C200 aja ada yg kompressor ada yg CGI
Tuh avanza-xenia setelah 12 tahun baru ganti NR engine
Kijang innova malah masih pakai TR buat gasoline-nya
Merc malah ganti terus hahaha, 204 C200 aja ada yg kompressor ada yg CGI
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
- Location: kolong langit
- Daily Vehicle: supra fit
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
ane setuju banget sama pendapat aganpengendiesel wrote: Tue Aug 07, 2018 5:03 Beberapa minggu yang lalu sempat cek harga ANF dan ANPS.
OTRnya beda antara kedua mobil tsb, tapi hebatnya harga setelah diskon (diskon pembukaan, blm coba ngepush) bisa sama persis sampai di level angka jutaannya.
Dan denger2 2 mobil ini per 1 Agustua harga OTRnya juga sama2 naik.
Hmmm...kebetulan sajakah? Persaingan bisnis? Atau yang lain?![]()
atpm pada janjian mungkin
yang repot ane , makin kagak kebeli itu mobil he he...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Wah kalo masih grup T brand,, mending yg produk globalnya um. Lebih jelas kapan FL, FMC nya, ya macem camry dan corolla lah.adriangaut wrote: Tue Aug 07, 2018 5:36 Hahahaha kalo saya malah ngerasanya lifespan mobil jepang lebih tinggi dari eropa, terutama engine-nya
Tuh avanza-xenia setelah 12 tahun baru ganti NR engine
Kijang innova malah masih pakai TR buat gasoline-nya
Merc malah ganti terus hahaha, 204 C200 aja ada yg kompressor ada yg CGI
jangan lihat yg CKD om. Planning lifespannya enggak jelas
Avanza - xenia : 2004 - 2011 - (2018 ??) yg jelas tahun ini enggak ada FMC, cuma minor FL.
Rush - Terior : 2006 - 2017
Innova : 2004 - 2016
Padahal dlm kalender planningnya, masing2 unit ini memiliki lifespan 7-8 tahun aja.
Memang kalo enginenya japan, sepertinya lebih panjang di banding eropa.
Kalo eropa masih agak mending. Dari lifespan 7-8 tahun. Ketika FL pasti ada ganti engine.
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Nahh iya bener juga Om, dibalik ekspansi diler yg agresif pasti butuh overhead cost yang tinggi juga, apalagi kita tau sendiri bisnis di Indonesia tiap minggu atau bahkan tiap hari ada aja oknum2 pungli yang sowan ke kantor/pabrik/dealer.ChZ wrote: Tue Aug 07, 2018 5:05Kebanyakan yang harganya lumayan stabil mobil-mobil berstatus CBU oom klo menurut pengamatan saya. Korea secara prosentase kenaikan sama tapi karena tax aja. SantaFe CRDi di awal keluar 6 thn lalu 400-an sekarang 500 gede.casabalancas wrote: Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.
Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.
Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Eropa walaupun CKD sifatnya kebanyakan masih SKD... local content nya rendah cm assembling aja.
Ya CKD kayaknya walau local content tinggi tapi ngincer balik modal pabrik dan diler kali ya. blom overhead cost nya juga pasti lebih tinggi jepang si. hal-hal receh seperti gaji sales, bayar iklan, terus transportasi bongkar-muat nya pasti lebih banyak merek jepang si karena volume produksi lebih tinggi, klo diakumulasikan sih lumayan...
Daaaan harus diinget lifespan mobil Jepang gak sepanjang mobil Eropa. Lifespan mobil jepang 4-5 thn, begitu itu mobil ganti mesin ganti transmisi ya mau gak mau pabrik nambah ongkos lagi buat molding baru dll nya. Makanya nilai kenaikannya gak bisa apple to apple. Ibaratnya, dalam jangka waktu 10 thn BMW baru ganti model 1x, CR-V dalam 10 thn udah beda 2 generasi. Kenaikan harga paling tinggi kan waktu ganti model.
Mungkin yang jadi highlight dari KPPU kenapa tiap2 produsen mobil menyesuaikan harganya di tanggal yang mirip2, mungkin KPPU curiga, " masa sih beda perusahaan tapi tanggal tutup bukunya sama jadinya tanggal naik harganya sering di minggu yang sama."
Tapi CKD jepang walaupun banyak komponen biaya, tapi kan mereka volume maker Om, walaupaun margin kecil tiap mobil pun tapi margin keseluruhan per tahunnya besar, bisa puluhan Milyar-ratusan Milyar, bahkan mungkin Triliyun seperti grup As*ra. Tapi kenapa tidak pernah diinvestasikan untuk mendevelop mobil yang lebih nyaman dan anti Sunatan. Terkadang pemikiran ekstrem saya, apakah karena di Indonesia mayoritasnya Muslim dan Sunat merupakan kewajiban seorang laki-laki muslim, maka mobil yang beredar di Indonesia pun sampai wajib disunat fiturnya ?

Bersykurlah ada produsen China yang bisa mejual seribuan unit mobil per bulannya sehingga saat FMC Rushter, dan facelift Yaris tidak ada penyesuaian harga yang berlebihan, Seandainya Produsen tersebut sudah jual ribuan unit mobil perbulannya dari 2015, mungkin harga Innova V sekarang masih 200 jutaan

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1645
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Caya 150jt.
Venturer 450jt.
Saya sering bertanya2, apa yang bikin 1 venturer bisa dapat 3 calya?
Sama2 4 roda dan 7 seater.
Apakah blok mesin, sistem penggerak, dll dari venturer 3x lipat dari calya?
Venturer 450jt.
Saya sering bertanya2, apa yang bikin 1 venturer bisa dapat 3 calya?
Sama2 4 roda dan 7 seater.
Apakah blok mesin, sistem penggerak, dll dari venturer 3x lipat dari calya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Selama dinaekin harganya tetep masi laku ya bakal naek trus. Justru wuling masuk menurut saya disaat yg tepat. Kalo mbl jepun naek trus pasti ad 1 titik masyarakat berpikir "that's it, uda ga worthed beli mbl Jepang. Mending gw gambling beli wuling" nah titik itu bentar lg bakalan dicapai menurut ane.
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Jgn lupa beberapa model BMW dan M-B ganti engine justru saat facelift atau 1-2 taun setelah mobilnya keluar. Jadi kalo Jepang ganti generasi sekalian ganti engine, Eropa justru overlapping. Makanya buat identify model Eropa lebih susah ketimbang Jepang...gadjahalphien wrote: Tue Aug 07, 2018 6:29Wah kalo masih grup T brand,, mending yg produk globalnya um. Lebih jelas kapan FL, FMC nya, ya macem camry dan corolla lah.adriangaut wrote: Tue Aug 07, 2018 5:36 Hahahaha kalo saya malah ngerasanya lifespan mobil jepang lebih tinggi dari eropa, terutama engine-nya
Tuh avanza-xenia setelah 12 tahun baru ganti NR engine
Kijang innova malah masih pakai TR buat gasoline-nya
Merc malah ganti terus hahaha, 204 C200 aja ada yg kompressor ada yg CGI
jangan lihat yg CKD om. Planning lifespannya enggak jelas
Avanza - xenia : 2004 - 2011 - (2018 ??) yg jelas tahun ini enggak ada FMC, cuma minor FL.
Rush - Terior : 2006 - 2017
Innova : 2004 - 2016
Padahal dlm kalender planningnya, masing2 unit ini memiliki lifespan 7-8 tahun aja.
Memang kalo enginenya japan, sepertinya lebih panjang di banding eropa.
Kalo eropa masih agak mending. Dari lifespan 7-8 tahun. Ketika FL pasti ada ganti engine.
Tp jujur sih bikin engine kalo kita liat costnya sendiri gak mahal kok... karena 1 engine bisa dipake berbagai model, dan dari old engine ke new engine masih bisa pake blok yang sama ganti beberapa hardware, jarang sih skrg yang 100% new.
Desain suspensi, sasis baru, body baru, kayaknya jauh lebih mahal skrg... walaupun ya kalo untuk kasus IMV okelah, tp avanza dari 2003 apa sih yang bener-bener di redesign ulang selain body

Ya tapi bisa jadi memang tadi , yang mahal di mobil Jepangan itu overhead costnya...casabalancas wrote: Tue Aug 07, 2018 6:42
Nahh iya bener juga Om, dibalik ekspansi diler yg agresif pasti butuh overhead cost yang tinggi juga, apalagi kita tau sendiri bisnis di Indonesia tiap minggu atau bahkan tiap hari ada aja oknum2 pungli yang sowan ke kantor/pabrik/dealer.
Mungkin yang jadi highlight dari KPPU kenapa tiap2 produsen mobil menyesuaikan harganya di tanggal yang mirip2, mungkin KPPU curiga, " masa sih beda perusahaan tapi tanggal tutup bukunya sama jadinya tanggal naik harganya sering di minggu yang sama."
Tapi CKD jepang walaupun banyak komponen biaya, tapi kan mereka volume maker Om, walaupaun margin kecil tiap mobil pun tapi margin keseluruhan per tahunnya besar, bisa puluhan Milyar-ratusan Milyar, bahkan mungkin Triliyun seperti grup As*ra. Tapi kenapa tidak pernah diinvestasikan untuk mendevelop mobil yang lebih nyaman dan anti Sunatan. Terkadang pemikiran ekstrem saya, apakah karena di Indonesia mayoritasnya Muslim dan Sunat merupakan kewajiban seorang laki-laki muslim, maka mobil yang beredar di Indonesia pun sampai wajib disunat fiturnya ?![]()
Bersykurlah ada produsen China yang bisa mejual seribuan unit mobil per bulannya sehingga saat FMC Rushter, dan facelift Yaris tidak ada penyesuaian harga yang berlebihan, Seandainya Produsen tersebut sudah jual ribuan unit mobil perbulannya dari 2015, mungkin harga Innova V sekarang masih 200 jutaan![]()
Tapi ya gak salah juga krn mobil-mobil outdated yang dijual dengan harga sedemikian mahal ini kan cash cow baik ATPM maupun prinsipal...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
wooleng cukup gila invest habis2an, saya terkejut saat melihat tiba2 ada d dekat rumahkendibocor wrote: Tue Aug 07, 2018 8:42 Selama dinaekin harganya tetep masi laku ya bakal naek trus. Justru wuling masuk menurut saya disaat yg tepat. Kalo mbl jepun naek trus pasti ad 1 titik masyarakat berpikir "that's it, uda ga worthed beli mbl Jepang. Mending gw gambling beli wuling" nah titik itu bentar lg bakalan dicapai menurut ane.
padahal posisi rumah saya di bukan kota besar, yang dmana cuma ada sijuki, atoyot dan dai
ahond ma mitsu aja belum masuk, walaupun dekat k denpasar hanya 20-30 menit ud sampai
tapi ini merk berani invest service di daerah-daerah macam tempat saya tinggal, luar biasa dah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Emang apa efeknya kalo data penjualan diserahkan ke asosiasi?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Harga naik kan wajar, karena kena inflasi, bahan baku juga naik semua.
Tol aja udah puluhan tahun, naik terus kok. Alasannya inflasi.... Kan aneh....
Harusnya harganya tetap atau kalau perlu turun setelah masa konsesi habis donk....
Tol aja udah puluhan tahun, naik terus kok. Alasannya inflasi.... Kan aneh....
Harusnya harganya tetap atau kalau perlu turun setelah masa konsesi habis donk....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
sama kayak eskrim merek Aice, eskrim china yang menggoyang market eskrim di indon ... sampe ke pelosok kupang aja uda bercokol tuh freezer dan distributor merekaWinz wrote: Tue Aug 07, 2018 9:04wooleng cukup gila invest habis2an, saya terkejut saat melihat tiba2 ada d dekat rumahkendibocor wrote: Tue Aug 07, 2018 8:42 Selama dinaekin harganya tetep masi laku ya bakal naek trus. Justru wuling masuk menurut saya disaat yg tepat. Kalo mbl jepun naek trus pasti ad 1 titik masyarakat berpikir "that's it, uda ga worthed beli mbl Jepang. Mending gw gambling beli wuling" nah titik itu bentar lg bakalan dicapai menurut ane.
padahal posisi rumah saya di bukan kota besar, yang dmana cuma ada sijuki, atoyot dan dai
ahond ma mitsu aja belum masuk, walaupun dekat k denpasar hanya 20-30 menit ud sampai
tapi ini merk berani invest service di daerah-daerah macam tempat saya tinggal, luar biasa dah


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
es krim nya sederhana, tp enak om dan murmermartinnn wrote: Tue Aug 07, 2018 10:12sama kayak eskrim merek Aice, eskrim china yang menggoyang market eskrim di indon ... sampe ke pelosok kupang aja uda bercokol tuh freezer dan distributor merekaWinz wrote: Tue Aug 07, 2018 9:04wooleng cukup gila invest habis2an, saya terkejut saat melihat tiba2 ada d dekat rumahkendibocor wrote: Tue Aug 07, 2018 8:42 Selama dinaekin harganya tetep masi laku ya bakal naek trus. Justru wuling masuk menurut saya disaat yg tepat. Kalo mbl jepun naek trus pasti ad 1 titik masyarakat berpikir "that's it, uda ga worthed beli mbl Jepang. Mending gw gambling beli wuling" nah titik itu bentar lg bakalan dicapai menurut ane.
padahal posisi rumah saya di bukan kota besar, yang dmana cuma ada sijuki, atoyot dan dai
ahond ma mitsu aja belum masuk, walaupun dekat k denpasar hanya 20-30 menit ud sampai
tapi ini merk berani invest service di daerah-daerah macam tempat saya tinggal, luar biasa dah![]()

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 193
- Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
- Daily Vehicle: D4-D and CRDi
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Iyaa bener banget skrg produsen otomotif naikin harga tiap semester dgn alasan bbn naik,pdhl nanti ujung ujungnya jg pembeli yg dibebankan bbn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Merk china paling gila menurut saya ya oppo vivo, niat banget gusur marketleader samsung d hape, dan mmg terbukti berhasil ga salah, promosi’nya gila2an, pasang boneka2 balon segede gaban, tiap toko dari yg kecil sampai besar dsponsori bannermartinnn wrote: Tue Aug 07, 2018 10:12sama kayak eskrim merek Aice, eskrim china yang menggoyang market eskrim di indon ... sampe ke pelosok kupang aja uda bercokol tuh freezer dan distributor merekaWinz wrote: Tue Aug 07, 2018 9:04wooleng cukup gila invest habis2an, saya terkejut saat melihat tiba2 ada d dekat rumahkendibocor wrote: Tue Aug 07, 2018 8:42 Selama dinaekin harganya tetep masi laku ya bakal naek trus. Justru wuling masuk menurut saya disaat yg tepat. Kalo mbl jepun naek trus pasti ad 1 titik masyarakat berpikir "that's it, uda ga worthed beli mbl Jepang. Mending gw gambling beli wuling" nah titik itu bentar lg bakalan dicapai menurut ane.
padahal posisi rumah saya di bukan kota besar, yang dmana cuma ada sijuki, atoyot dan dai
ahond ma mitsu aja belum masuk, walaupun dekat k denpasar hanya 20-30 menit ud sampai
tapi ini merk berani invest service di daerah-daerah macam tempat saya tinggal, luar biasa dah![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Harga naek kan krn demand nya tinggi
Kalo ga laku mana mungkin naek trus
Org sini kan cari RV nya bagus salah satu cara nya naekin harga tiap taon jd harga bekas nya ikut naek juga
Kalo ga laku mana mungkin naek trus
Org sini kan cari RV nya bagus salah satu cara nya naekin harga tiap taon jd harga bekas nya ikut naek juga
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Sy kok agak kebalik mikirnya, mobil hari ini kok rasa2 ny lebih murah terutama tipe tertentu/berdasar yg sy coba/sodara pake
Mari ambil contoh crv rm . Awal keluar juga udah si prestong kepala 4, now masi kepala 5, tp coba lihat kopongnya rm pas awal, lampu aja halogen, now udah lumayan la gimick juga boleh
Innova v 13 to innova v. 18.duku sekitar 330an, now pricelist sih 400an kecil tp after diskon masi kepala 3 paling tp at least airbag nambah. Immob, engine, transmisi 6sp.. lampu putih.. hmm yg lama kelihatan jadul
Ini blm bicara nvh ya rata2 mobil now yg harganya "melambung" juga lebi enak , ex: pajero. Vrz ..blm ditambah external sprt rate, usdidr, inflasi
Klo bicara mobil murah, rata2 mobil yg dulunya "murah" ya memang kopong airbag aja ngak ada, skrg rata2 juga udah balon an semua, rem juga bbrp udah abs
At least nyawa lebih mahal drpd sekedar nominal.. mungkin ?hehehee
Mari ambil contoh crv rm . Awal keluar juga udah si prestong kepala 4, now masi kepala 5, tp coba lihat kopongnya rm pas awal, lampu aja halogen, now udah lumayan la gimick juga boleh
Innova v 13 to innova v. 18.duku sekitar 330an, now pricelist sih 400an kecil tp after diskon masi kepala 3 paling tp at least airbag nambah. Immob, engine, transmisi 6sp.. lampu putih.. hmm yg lama kelihatan jadul
Ini blm bicara nvh ya rata2 mobil now yg harganya "melambung" juga lebi enak , ex: pajero. Vrz ..blm ditambah external sprt rate, usdidr, inflasi
Klo bicara mobil murah, rata2 mobil yg dulunya "murah" ya memang kopong airbag aja ngak ada, skrg rata2 juga udah balon an semua, rem juga bbrp udah abs
At least nyawa lebih mahal drpd sekedar nominal.. mungkin ?hehehee
engine roaring!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Saya pernah dapat training dari HQ group di perusahaan saya. Perusahaan saya dulunya pemerintah pernah pegang saham tapi dilepas dan saat ini dimiliki oleh perusahaan Jerman.
Salah satu training adalah mengenai Price Agreement,
Di perusahaan saya, pengertian price agreement adalah beberapa badan usaha yang memiliki output produk serupa lalu secara terselubung melakukan pengaturan harga, kenaikan harga, pengendalian penjualan secara bersama sehingga terbentuk harga yang seolah itu adalah harga pasar. Di industri saya juga ada Asosiasi seperti AISI atau Gaikindo.
Price Agreement ini
saja dibagi menjadi beberapa kategori
1. Fixed price Agreement
Secara bersama perusahaan2 menetapkan harga jual suatu produk dalam range harga tertentu selama jangka waktu tertentu dan menaikkan harga dengan nilai tertentu secara beriringan.
2. Price area and stock agreement
Ini adalah kesepakatan antar perusahaan dalam penentuan harga di area tertentu mengatur jumlah stok pada satu waktu. Bisa jadi para perusahaan sepakat untuk area 1 perusahaan A menjual lebih banyak dan harga lebih tinggi dari perusahaan B tapi berlaku sebaliknya di area 2.
3. Cost Agreement
Ini berkaitan dengan raw material dan labor price.
Pemberian data kepada Asosiasi tidak akan memberi direct efect, karena bisnis automotif itu long term dan low respon maka lebih kepada indirect efect seperti
Perencanaan kenaikan harga, jadwal rilis model baru dll.
Kalau mau lebih dalam lagi, tinggal kita lihat saja harga mobil berbagai brand dikelas yang sama, check harga di TPT, OFR dan OTR
Sangat wajar jika KPPU melihat hal ini, karena indikasi ke arah sana memang tampak, hanya apakah bisa dibuktikan atau tidak?
Toh nyatanya Mitshuboy dan Vauksvvagen pernah terbukti ketahuan berbuat curang diluar sana yang katanya pengawasannya lebih ketat, apalagi disini?
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
kasus seperti ini emang yang sulit membuktikannya apalagi make praduga tak bersalahPugman wrote: Tue Aug 07, 2018 11:27
Sangat wajar jika KPPU melihat hal ini, karena indikasi ke arah sana memang tampak, hanya apakah bisa dibuktikan atau tidak?
Toh nyatanya Mitshuboy dan Vauksvvagen pernah terbukti ketahuan berbuat curang diluar sana yang katanya pengawasannya lebih ketat, apalagi disini?
![]()
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
- Location: semarang
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Dulu sekitar 2006 BMW E90 harganya mulai 30,000 USD MSRP. Sekarang 320i mulai 35,000 MSRP, standar fiturnya juga lebih lengkap.
Di indo E90 seingat saya 320i 500-600jutaan. Sekarang 800jutaan dengan standar fitur yg lebih baik juga cmiiw


Di indo E90 seingat saya 320i 500-600jutaan. Sekarang 800jutaan dengan standar fitur yg lebih baik juga cmiiw
Last edited by larakifulgura on Tue Aug 07, 2018 13:17, edited 1 time in total.
2017 Toyota Camry 2.5V
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Sy setuju 100% dengan oom walid... Kalo secara "kelas" memang harga naik, tapi secara equipment, Agya paling standar aja skrg lebih lengkap dari Avanza G 2003 yang gak ada balon dan remnya ABS Asal Bisa Setop.walid_007 wrote:Sy kok agak kebalik mikirnya, mobil hari ini kok rasa2 ny lebih murah terutama tipe tertentu/berdasar yg sy coba/sodara pake
Mari ambil contoh crv rm . Awal keluar juga udah si prestong kepala 4, now masi kepala 5, tp coba lihat kopongnya rm pas awal, lampu aja halogen, now udah lumayan la gimick juga boleh
Innova v 13 to innova v. 18.duku sekitar 330an, now pricelist sih 400an kecil tp after diskon masi kepala 3 paling tp at least airbag nambah. Immob, engine, transmisi 6sp.. lampu putih.. hmm yg lama kelihatan jadul
Ini blm bicara nvh ya rata2 mobil now yg harganya "melambung" juga lebi enak , ex: pajero. Vrz ..blm ditambah external sprt rate, usdidr, inflasi
Klo bicara mobil murah, rata2 mobil yg dulunya "murah" ya memang kopong airbag aja ngak ada, skrg rata2 juga udah balon an semua, rem juga bbrp udah abs
At least nyawa lebih mahal drpd sekedar nominal.. mungkin ?hehehee
Yang pd bilang innova overprice apa nggak sadar yak dulu innova G semiskin apa... Wkwkkw... Skrg innova G basicnya dah lebih lengkap daripada V lama.
Saya sempet tulis di blog saya jg mengenai ini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
sekalipun harga naik kualitas turun, brand new car ada major/minor defect.. tp konsumennya ttep pada loyal lho.. bahkan boleh dibilang super loyalChZ wrote: Tue Aug 07, 2018 2:15
Harga naik memang bahan baku (Raw materials) dan USD juga naik, cuma yang bikin kesel kan harga naik kualitas malah turun. Di level pabrikan yang seharusnya sudah puluhan tahun bikin mobil seperti T dan H. Denger mobil baru ada minor / major defects rasanya udah terlalu biasa di kuping...

Etme Bulma Dünyası
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Kalo harga naik resale value ikutan naik rasa2nya jadi "impas". Harga 250jt jual lagi 210jt kan berarti kita cuma beli mobil seharga 40 juta.
Buat merk mainstream kelas avanza kebawah paling rata2 depresinya <50 juta.
Ini asumsi cash ya, kalo kredit ya derita anda, hahaha..
Buat merk mainstream kelas avanza kebawah paling rata2 depresinya <50 juta.
Ini asumsi cash ya, kalo kredit ya derita anda, hahaha..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
wow.. 2004 to 2017, ada yg pernah baca artikel "Nasib 4 Penantang Toyota Avanza Hari Ini"?, mungkin ini salah satu alasan kenapa kejayaan Avanza blm bisa diruntuhkan hingga hari ini, dan utk produk yg namanya Avanza Xenia ini, diawal kemunculannya boleh dibilang strategi marketingnya Sukses Besar, saya ingat betul produk pertama dari Avanza Xenia ini.. dibandrol dg harga yg sangat terjangkau, kapasitas penumpang muat banyak, dan produknya terbukti tahan banting (sekalipun ada yg bilang penumpangnya yg kebanting2), ini benar2 meresap di benak konsumen otomotif Indonesia bahwa ini mobil emang murah dan reliable, jd disaat keluarin versi facelift atau all new, dg harga yg terus dikerek naik, naik dan teruuusss naik,, memory bahwa ini mobil harganya terjangkau terus terngiang. Dalam ilmu marketing ada satu hal yg namanya "Kesan Pertama", apapun produknya itu.. ketika sentuhan pertama yg dirasakan konsumen bahwa produk itu memuaskan, sekalipun kedepannya produk tsb mulai terasa ada kekurangan (apapun bentuknya itu), mostly.. konsumen akan cenderung mentolerir hal tsb dan bikin susah utk move on.. hihihihihikramatbatu wrote: Tue Aug 07, 2018 5:00 idem om, dlu ortu sy beli avanza E 2004 akhir 90jt , ganti lg avanza S 2011 di kurleb 150jtan , ganti lg avanza G 2017 di 210jtan nanti lama2 avanza bs >300jtan spti kijang![]()

Etme Bulma Dünyası
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 419
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Kebetulan ada mobil memang tiada duanya tipe tertinggi matik diesel yang dipakai sehari-hari. Sepertinya sudah jadi rahasia umum kalo nilai riil mobil ini cuma separuhnya dari harga on-the-road.
Harga DPP Manufaktur: 220 juta
PPnBM: 44 juta
PPN: 36 juta (10% Harga DPP Dealer)
BBN: 40 juta
Total Pajak: 120 juta
Harga DPP Dealer: 360 Juta
Harga OTR: 360 juta + 36 juta + 40 juta = 436 juta
Selisih Dealer & Manufaktur: 436 Juta - 220 Juta - 120 Juta = 96 Juta
Ada pihak satu lagi yang diuntungkan dari kenaikan harga mobil tiap tahun. Untuk 1 mobil rakyat dengan nilai 220 juta, potensi penerimaan pajaknya sebesar 120 juta (separuh lebih dari nilai mobil tsb).
Harga DPP Manufaktur: 220 juta
PPnBM: 44 juta
PPN: 36 juta (10% Harga DPP Dealer)
BBN: 40 juta
Total Pajak: 120 juta
Harga DPP Dealer: 360 Juta
Harga OTR: 360 juta + 36 juta + 40 juta = 436 juta
Selisih Dealer & Manufaktur: 436 Juta - 220 Juta - 120 Juta = 96 Juta
Ada pihak satu lagi yang diuntungkan dari kenaikan harga mobil tiap tahun. Untuk 1 mobil rakyat dengan nilai 220 juta, potensi penerimaan pajaknya sebesar 120 juta (separuh lebih dari nilai mobil tsb).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Lha ini yg sering dibahas om NR dulu, kita beli mobil itu mahal di pajak, mknya dulu sering kosongan fiturnyaAndhyka wrote:Kebetulan ada mobil memang tiada duanya tipe tertinggi matik diesel yang dipakai sehari-hari. Sepertinya sudah jadi rahasia umum kalo nilai riil mobil ini cuma separuhnya dari harga on-the-road.
Harga DPP Manufaktur: 220 juta
PPnBM: 44 juta
PPN: 36 juta (10% Harga DPP Dealer)
BBN: 40 juta
Total Pajak: 120 juta
Harga DPP Dealer: 360 Juta
Harga OTR: 360 juta + 36 juta + 40 juta = 436 juta
Selisih Dealer & Manufaktur: 436 Juta - 220 Juta - 120 Juta = 96 Juta
Ada pihak satu lagi yang diuntungkan dari kenaikan harga mobil tiap tahun. Untuk 1 mobil rakyat dengan nilai 220 juta, potensi penerimaan pajaknya sebesar 120 juta (separuh lebih dari nilai mobil tsb).
Rocky R ADS CVT 2021