
Baru baca2 di IG, eh nemu threadnya disini.
Ane kok gk percaya ya ginian dari dulu, masih mending nambah grouding yg bener di mobil gw yg low ini
Low MPV

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Sori om mau nanya, maaf kl rada oot.Omnibus wrote: Sat Oct 27, 2018 22:40 sepertinya ini stabilizer tegangan dgn rangkaian capacitor. kl lihat grafik oscilloscope kan memang pas fire dia grafiknya turun dulu ke bawah, mungkin itu yg mau diminimize.
utk cara kerja coil on plug beda2 tergantung dr brp pin sistemnya; ada 2 pin (gm), 3 pin (honda) dan 4 pin (toyota & gm). Yg 2 pin negative control. Yg 3 dan 4 pin constant positive n negative tp pakai 5V trigger, bedanya pada 4 pin ada IGF signal utk feedback ke ecu kl busi ga firing atau kl kabel dicabut dia generate fault code.
Lengkapnya bisa pelajari disini (in English) :
https://www.google.com/url?sa=t&source= ... 0679583862
halo om.....rudyzanetti wrote: Thu Feb 20, 2020 17:53
Sori om mau nanya, maaf kl rada oot.
Di avanza/xenia vvti generasi awal, koilnya pake 3 pin.
Kl baca dari tulisan diatas berarti voltase 12v ama ground nya standby terus ya? Yg trigger koil cm pin 5v?
Di mobil saya xenia vvti 1300, voltase 12v yang masuk koil(waktu mobil idup), beda 0,2 volt ama voltase yg terbaca di aki.
Di aki terbaca 14,2- 14,3 v, sedangkan di koil terbaca di 14,03- 14,06 v.
Andaikata saya pasang relay buat ke 4 koil, agar voltase yg masuk ke koil dan yg terukur di aki bisa sama, ga bakal ada masalah ke depannya kan? Dan rencananya pin ground coil bakal saya lsg direct ke negatif aki.
Kenapa saya mau pasang relay di koil? Anggapan saya kalo voltage drop nya bisa diminimalkan, mudah2an api koil nya bisa besar dan stabil.